10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Nyeri otot merupakan kondisi umum yang dapat menyerang di semua bagian tubuh dengan pemijatan sebagai alternatif pengobatan yang umum dilakukan. Bila tak juga reda, sebagian orang akan berkonsultasi ke dokter.

Namun, sebelum pergi ke dokter, ada baiknya Anda mencoba obat pereda nyeri otot terlebih dahulu. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Counterpain, Panadol, dan sebagainya, serta cara memilih obat pereda nyeri otot yang efektif sesuai kondisi Anda.

Daftar isi

Cara memilih obat penghilang nyeri otot

Ada berbagai jenis obat penghilang nyeri otot yang dijual di pasaran dilihat dari cara penggunaannya, seperti obat minum, obat oles, dan obat plester. Berdasarkan cara kerjanya, obat minum sendiri dibagi menjadi empat jenis, yaitu obat untuk mengendurkan otot tegang, meredakan sakit dan nyeri, melancarkan peredaran darah, serta obat herbal Tiongkok.

Kemudian, obat plester yang dikenal praktis, ada yang memiliki efek menghangatkan atau mendinginkan bagian yang sakit. Selain itu, ada pula obat oles berwujud krim atau gel yang bisa dioleskan langsung pada area yang terasa nyeri.

Di sini kami akan menjelaskan berbagai jenis obat penghilang nyeri otot dan cara memilih obat yang sesuai dengan kondisi Anda. Simak penjelasannya agar nyeri otot Anda bisa disembuhkan dengan cara yang efektif!

Pilihlah obat yang dapat mengendurkan otot tegang Anda

Pilihlah obat yang dapat mengendurkan otot tegang Anda

Banyak obat yang dijual di pasaran memiliki fungsi untuk melemaskan otot. Salah satu kandungan dalam obat pereda nyeri otot adalah chlorzoxazone yang efektif untuk mengurangi gejala nyeri akut pada otot. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati setelah mengonsumsinya karena dapat menyebabkan kantuk.

Selain itu, Anda juga bisa minum obat dengan kandungan methocarbamol. Methocarbamol digunakan untuk mengobati nyeri otot yang terjadi karena reaksi saraf yang berlebihan, seperti kejang otot. Zat ini bekerja dengan menekan reaksi saraf tersebut.

Obat pereda nyeri dapat menjadi pilihan saat Anda sedang beraktivitas

Obat pereda nyeri dapat menjadi pilihan saat Anda sedang beraktivitas

Saat nyeri otot terjadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meredakan nyeri tersebut. Obat pereda nyeri atau biasa disebut dengan analgesik, termasuk dalam obat antiradang nonsteroid. Cara kerjanya sama seperti aspirin dan ibuprofen yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit tanpa menghilangkan kesadaran Anda.

Obat pereda nyeri ini sebenarnya hanya dapat mengurangi rasa nyeri, tetapi tidak menyembuhkan sumber rasa nyeri itu sendiri. Sebaiknya minumlah obat pereda nyeri hanya saat rasa nyeri mengganggu aktivitas Anda. Akan tetapi, obat analgesik cenderung memiliki efek samping sehingga Anda perlu berhati-hati menggunakannya.

Obat herbal Tiongkok dapat menjadi alternatif yang aman

Obat herbal Tiongkok dapat menjadi alternatif yang aman

Mengonsumsi obat herbal Tiongkok dapat menjadi alternatif dari obat sintetik, baik itu obat resep maupun nonresep. Bahan-bahannya yang alami cenderung aman untuk berbagai kondisi. Dikenal bekerja cepat dalam menyembuhkan, obat herbal Tiongkok juga banyak dikonsumsi untuk meredakan nyeri pada otot yang kaku akibat aktivitas berat.

Beberapa kandungan pada obat herbal tiongkok juga bermanfaat untuk membantu meredakan nyeri otot akibat sirkulasi darah yang kurang lancar. Meski begitu, Anda harus benar-benar memilih obat herbal Tiongkok yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Selain itu, pilihlah yang jelas terjamin keamanannya.

Gunakanlah obat plester atau obat oles untuk menghindari efek samping dari dalam tubuh

Obat plester, plester kompres, atau koyo merupakan jenis obat luar yang ditempelkan di atas permukaan kulit. Kandungan obatnya dapat meresap ke dalam kulit secara langsung.

Efek samping dari penggunaan koyo mungkin hanya akan membuat kulit Anda sedikit kasar. Akan tetapi, hal ini lebih aman dibandingkan konsumsi obat yang menimbulkan efek samping seperti masalah pada lambung atau menimbulkan kantuk.

Koyo dingin untuk kenyamanan Anda dalam beraktivitas

Koyo dingin untuk kenyamanan Anda dalam beraktivitas

Memberikan rasa yang dingin ketika ditempelkan pada otot yang nyeri, koyo jenis ini juga bisa digunakan untuk kompres saat Anda demam atau mengalami pembengkakan di berbagai bagian tubuh. Koyo dingin ini mengandung diclofenac, bahan pereda nyeri otot yang akan memberikan sensasi dingin jika dicampur dengan menthol.

Koyo panas dapat membantu melancarkan sirkulasi darah

Koyo panas dapat membantu melancarkan sirkulasi darah

Koyo panas efektif untuk melancarkan sirkulasi darah, sekaligus mengendurkan otot yang tegang. Koyo jenis ini umumnya dilengkapi kandungan yang berfungsi meredakan rasa sakit, seperti ibuprofen, indomethacin, dan sebagainya. Selain itu, koyo panas juga mengandung menthol atau methyl salycilate yang akan membuat efek panasnya lebih tahan lama.

Selanjutnya, penambahan vitamin E pada produk tertentu dapat semakin memperlancar peredaran darah. Dengan komposisi utama berupa anti-inflamasi nonsteroid, khasiatnya cukup efektif meredakan nyeri, tetapi dengan efek samping yang minimum. Tidak heran koyo jenis ini begitu populer digunakan.

Obat oles yang dapat menangani nyeri otot secara langsung

Obat oles yang dapat menangani nyeri otot secara langsung

Obat oles yang berwujud salep, gel, dan juga krim juga biasa disebut dengan obat topikal. Obat ini digunakan dengan mengaplikasikannya pada area yang nyeri untuk mengurangi rasa sakit. Formulanya utamanya yang berupa anti-inflamasi dan analgesik akan menyerap ke dalam kulit, dan bekerja menghangatkan area yang sakit, sekaligus melancarkan sirkulasi darah.

Obat oles biasanya mengandung fragrance yang menyegarkan, tetapi ada pula yang berbau menyengat sehingga mungkin akan mengganggu Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Ingatlah bahwa obat oles umumnya tidak membantu menyembuhkan, tetapi hanya meredakan nyeri dan memberikan rasa nyaman saat digunakan.

10 Rekomendasi obat penghilang nyeri otot terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk obat penghilang nyeri otot terbaik dari berbagai jenis obat yang sudah kami jelaskan pada ulasan di atas. Ketahuilah karakteristik nyeri otot yang sering Anda alami, kemudian pilihlah obat yang sesuai kebutuhan Anda!

10. Tongsheng Pharmaceutical – Gingseng Leaf Brand Tong Mai Dan

10. Tongsheng Pharmaceutical - Gingseng Leaf Brand Tong Mai Dan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.000

Redakan nyeri dengan ramuan herbal yang lebih aman bagi tubuh

Obat herbal yang satu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin meredakan nyeri tak tertahankan secepatnya. Dibuat tanpa bahan kimia, ramuan herbalnya lebih aman bagi tubuh sehingga Anda bisa mengonsumsinya dengan lebih yakin.

Bersifat sebagai analgesik alami, produk ini mengandung perpaduan cordyceps dan gingseng yang dipercaya ampuh meredakan nyeri otot serta peradangan akibat peredaran darah yang tidak lancar. Nyeri pun sembuh hingga ke pusatnya!

Isi 48 pil per botol
Dosis dan cara penggunaan 3 kali sehari, 3 pil setiap kali minum, diminum dengan air hangat.
Jenis Obat minum (pil herbal tiongkok)

9. Hisamitsu Pharma Indonesia – Salonpas Hot

9. Hisamitsu Pharma Indonesia - Salonpas Hot

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.750

Kendurkan otot tegang dengan ekstrak cabai, lebih awet panasnya!

Koyo yang satu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sering mengalami nyeri saat menggerakkan otot dengan frekuensi tinggi, seperti berlari. Dibuat dengan kandungan ekstrak cabai dan methyl salicylate yang memberikan sensasi panas tahan lama, produk ini segera memberi kenyamanan pada bagian tubuh yang nyeri.

Selain itu, sensasi panasnya melancarkan peredaran darah sehingga menurunkan risiko nyeri kembali lagi. Tidak menimbulkan efek samping pada sistem kinerja tubuh, Anda bisa langsung melanjutkan kembali aktivitas dengan lebih nyaman.

Isi 5 x 2 lembar (10 lembar koyo), ukuran 4,2 x 6,5 cm
Dosis dan cara penggunaan Dewasa dan anak di atas 12 tahun : 2 – 3 kali sehari. Anak-anak di bawah 12 tahun : konsultasikan ke dokter. Tempelkan di area nyeri yang kering dan telah dibersihkan. Jauhkan dari area kulit yang memiliki luka atau kulit yang terkelupas.
Jenis Obat plester (koyo panas)

8. Panadol Extend

8. Panadol Extend

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Cepat meredakan nyeri, khasiatnya pun berlanjut hingga beberapa jam ke depan

Anda yang memiliki aktvitas luar ruangan dengan intensitas tinggi, cobalah produk yang satu ini. Bilayer caplet-nya memiliki dua lapisan yang bekerja secara bergantian. Lapisan pertama akan langsung bekerja meredakan nyeri dan lapisan kedua meredakan nyeri secara bertahap. Nyeri pun tak akan menyerang Anda kembali selama beberapa jam ke depan.

Isi 18 kaplet per pak
Dosis dan cara penggunaan Dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun : 2 kapsul setiap 6-8 jam. Tidak lebih dari 6 kapsul per hari.
Jenis Obat minum (kaplet)

7. Konimex – Paramex Nyeri Otot

7. Konimex - Paramex Nyeri Otot

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.870

Redakan nyeri tanpa sebabkan kantuk, lebih aman diminum saat beraktivitas

Selain meredakan nyeri, formula obat seri terbaru dari Konimex ini juga efektif meredakan demam, sakit kepala, dan sakit gigi. Bagi Anda yang mengalami nyeri otot, nyeri sendi, atau pegal linu saat dikejar waktu, tak perlu ragu mengonsumsinya. Apalagi, produk ini tidak menyebabkan kantuk.

Selalu sediakan produk ini di dalam tas Anda untuk solusi nyeri di berbagai bagian tubuh saat melakukan aktivitas yang memerlukan konsentrasi, seperti menyetir kendaraan. Tak perlu lagi menahan sakit, keamanan dalam beraktivitas pun lebih terjamin.

Isi 4 tablet per setrip
Dosis dan cara penggunaan 1 tablet, diminum 3-4 kali dalam sehari sesudah makan.
Jenis Obat minum (tablet)

6. Taisho Pharmaceutical Indonesia  – Counterpain Cool Analgesic Gel

6. Taisho Pharmaceutical Indonesia  - Counterpain Cool Analgesic Gel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 38.500

Bebas nyeri dan tetap percaya diri dengan gel transparan yang cepat meresap

Bila Anda bekerja di bidang yang harus selalu memperhatikan penampilan, cobalah produk ini saat nyeri menyerang. Sensasi dingin dan khasiatnya sebagai analgesik dapat meredakan nyeri sesaat setelah Anda mengoleskannya sehingga aktivitas tak akan terganggu. Gel transparannya yang tidak lengket dan berminyak pun tak akan meninggalkan noda di pakaian Anda.

Isi 30 gram
Dosis dan cara penggunaan Oleskan 3-4 kali sehari atau ketika dibutuhkan di bagian tubuh yang terasa nyeri.
Jenis Obat oles (gel dingin)

5. Hisamitsu Pharma Indonesia – Salonpas Pain Relief Patch

5. Hisamitsu Pharma Indonesia - Salonpas Pain Relief Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 16.660

Helaian koyonya selembut kulit, tidak terasa risih saat digunakan

Koyo berikut ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin meredakan nyeri dari luar, tetapi sering kali merasa risih dengan obat yang menempel pada kulit Anda. Dibuat dengan helaian yang tipis dan lebih lentur, Anda akan merasa lebih nyaman. Nyaris tak terasa di kulit, Anda pun bisa lebih bebas bergerak.

Selain itu, formulanya yang menimbulkan sensasi panas, mampu bertahan hingga belasan jam dalam menyembuhkan nyeri Anda. Tak perlu berganti-ganti koyo terlalu sering, lebih irit dan praktis, bukan? Selalu sediakan produk ini untuk melancarkan berbagai aktivitas!

Isi 3 lembar, ukuran 7 x 10 cm
Dosis dan cara penggunaan Dewasa dan anak-anak >12 tahun : maksimal 2 lembar perhari. Biarkan menempel selama 12 jam. Sebaiknya tidak digunakan berturut-turut selama 5 hari.
Jenis Obat plester (koyo panas)

4. Tempo Scan Group – Neo Rheumacyl Oralinu

4. Tempo Scan Group - Neo Rheumacyl Oralinu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.875

Redakan nyeri dengan khasiat delapan jenis rempah alami yang diproses secara modern

Bila Anda terbiasa minum jamu tradisional, tetapi kini tidak lagi memiliki waktu untuk membuat sendiri, atau membelinya di pasar, cobalah obat ini. Ramuan dengan kemasan praktis ini dibuat dengan teknologi modern dan berbahan tanaman obat tradisional, seperti kunyit, yang telah lama dipercaya memiliki efek anti-inflamasi.

Produk ini juga mengandung tanaman jahe yang dapat meredakan nyeri dan mint yang menyegarkan saat diminum. Analgesik alami yang berasal dari ekstrak cabai jawa pun dapat membuat Anda segera merasa nyaman setelah meminumnya.

Isi sachet per pak (15 ml per sachet)
Dosis dan cara penggunaan Dewasa 1-2 sachet per hari setelah melakukan aktivitas.
Jenis Obat minum (cair, herbal)

3. Panadol – PanaFlex Patch

3. Panadol - PanaFlex Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 99.000

Kulit tetap lembut dengan formula water based yang ramah di kulit

Ragu menggunakan koyo karena kulit menjadi kering? Kalau begitu, cobalah produk ini. Dibuat dengan formula water based dan berteknologi hidrogel, teksturnya begitu lembut, bahkan diklaim rendah iritan. Plester dengan efek mendinginkan ini pun lebih elastis sehingga tidak terasa sakit ketika dicabut. Nah, tak ada alasan lagi untuk enggan menggunakan koyo, kan?

Isi 4 lembar, ukuran 10 cm x 14 cm
Dosis dan cara penggunaan Dewasa dan anak >12 tahun : 3 kali sehari
Jenis Obat plester (koyo dingin)

2. Hisamitsu Pharma Indonesia – Salonpas Gel Patch

2. Hisamitsu Pharma Indonesia - Salonpas Gel Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.385

Bebaskan nyeri Anda dengan sensasi dingin dan hangat yang nyaman di kulit!

Tidak semua orang tahan dengan efek panas pada kulit yang ditimbulkan oleh koyo. Bila Anda mencari koyo yang pas hangatnya, pilihlah produk yang satu ini. Selain terasa pas di kulit, perekatnya lekat menempel sehingga tak mudah terkelupas. Tak masalah langsung aktif bergerak setelah plester ditempelkan.

Formulanya juga menghadirkan sensasi dingin yang dipercaya dapat meredakan nyeri. Bersamaan dengan sensasi hangat yang juga terasa di kulit, koyo ini dapat melancarkan peredaran darah dan melegakan otot Anda. Semuanya pas, tak ada lagi sensasi cekit-cekit karena koyo terlalu panas di kulit!

Isi 2 lembar koyo ukuran 10 cm x 14 cm
Dosis dan cara penggunaan Dewasa dan anak >12 tahun : 3-4 kali sehari. Anak <12 tahun : konsultasikan ke dokter. Pakaikan pada area yang nyeri dalam keadaan kulit kering dan bersih.
Jenis Obat plester (koyo hangat)

1. Ultra Sakti – Hotin’ DCL Emulsi Gel Diclofenac Sodium

1. Ultra Sakti - Hotin' DCL Emulsi Gel Diclofenac Sodium

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 18.000

Kulit bebas iritasi, redakan hingga ke pemicu nyeri hanya dengan dioleskan

Sebagian orang lebih memilih obat luar daripada obat minum karena dinilai lebih aman dan rendah efek samping. Namun, salah satu keluhan penggunaan obat oles adalah efek kemerahan pada kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, produk ini bisa dijajal khasiatnya.

Kandungan anti-inflamasi nonsteroidnya bekerja dengan cara menghentikan produksi zat penyebab nyeri pada bagian kulit yang diolesi. Dengan kata lain, nyeri reda dari sumbernya. Formula yang lembut terasa dingin di kulit sehingga tak membuat kulit jadi kemerahan.

Isi 30 gram
Dosis dan cara penggunaan 3-4 kali sehari dioleskan secara perlahan di area nyeri, atau sesuai kebutuhan.
Jenis Obat oles (emulsi gel)

Kesimpulan

Nyeri otot yang bisa terjadi kapan saja, harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas. Meski nyeri otot dapat dicegah dengan rutin berolahraga atau melakukan peregangan, obat-obatan dapat menjadi solusi ketika nyeri otot terlanjur menyerang.

Dalam memilih obat pun tak boleh asal. Pastikan obat pilihan Anda tepat dengan jenis nyeri yang dialami agar pengobatan dapat lebih efektif. Kami berharap masalah nyeri otot Anda dapat teratasi dengan salah satu produk rekomendasi di atas.