10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Nyeri otot merupakan kondisi umum dan bisa terjadi pada semua orang. Kondisi ini banyak terjadi di semua bagian tubuh, seperti bagian leher, punggung, kaki, tangan dan lainnya. Mungkin banyak orang yang mencoba menyembuhkan nyeri otot dengan melakukan pijat, latihan peregangan, bekam, atau melakukan terapi ke ahlinya.

Namun, sebelum itu ada baiknya Anda mencoba membeli obat penghilang nyeri otot yang sudah banyak dijual di pasaran. Di sini kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan beserta cara memilih obat penghilang nyeri otot yang efektif. Berikut penjelasan dari kami!

Daftar isi

Cara memilih obat penghilang nyeri otot

Berbagai macam jenis obat penghilang nyeri otot dijual di pasaran. Jenis obat penghilang nyeri otot antara lain, obat minum, obat oles dan plester kompres (koyo).

Obat minum masih dibagi lagi jenisnya, yaitu obat untuk melemaskan otot, meredakan nyeri, melancarkan peredaran darah serta obat herbal china yang berbentuk pil atau tablet. Untuk obat oles biasanya berbentuk krim yang dioleskan langsung pada area yang nyeri.

Di sini kami akan menjelaskan berbagai jenis obat penghilang nyeri otot dan cara memilih obat yang sesuai dengan kondisi Anda. Simak penjelasannya dan nyeri otot Anda akan hilang!

Pilih obat yang dapat merelaksasi otot yang tegang

Pilih obat yang dapat merelaksasi otot yang tegang

Obat yang dapat merelaksasi otot yang tegang digunakan untuk melemaskan otot. Obat tipe oral banyak dijual di pasaran. Namun, sebaiknya Anda memilih obat yang memiliki kandungan chlorzoxazone. Chlorzoxazone efektif untuk mengurangi gejala nyeri akut pada otot. Hal yang harus dilakukan saat Anda meminum obat untuk relaksasi otot dengan kandungan chlorzoxazone yaitu Anda harus banyak beristirahat, terapi fisik dan pengobatan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa minum obat dengan kandungan methocarbamol. Methocarbamol ini digunakan untuk mengobati nyeri otot yang terjadi karena reaksi saraf yang berlebihan, misalnya seperti kejang otot. Methocarbamol digunakan untuk menekan reaksi saraf tersebut sehingga nyeri otot bisa diatasi.

Pilih obat untuk meredakan nyeri

Pilih obat untuk meredakan nyeri

Saat nyeri otot terjadi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meredakan nyeri tersebut. Obat pereda nyeri biasa disebut dengan analgesik yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit tanpa menghilangkan kesadaran Anda.

Obat analgesik termasuk dalam obat anti radang non-steroid, seperti aspirin dan ibuprofen. Obat analgesik ini seringkali digabungkan dengan obat yang lain. Contohnya paracetamol dengan ibuprofen sehingga tidak hanya meredakan nyeri, tetapi juga bisa menyembuhkan demam, sakit kepala dan lainnya.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah efek samping yang ditimbulkan. Efek samping ini biasanya sudah tertera pada kemasan produk. Anda bisa membacanya sebelum mengonsumsi obat pereda nyeri ini.

Pilih obat herbal china

Pilih obat herbal China

Mengonsumsi obat-obatan herbal dilakukan sebagai alternatif pelengkap dari obat sintetik baik itu obat resep maupun non-resep. Obat herbal merupakan obat yang terbuat dari bahan-bahan alami. Salah satu obat herbal yang terkenal adalah obat herbal china.

Obat herbal china juga banyak dikonsumsi untuk menyembuhkan nyeri otot yang kaku akibat dari aktivitas berat yang Anda lakukan atau sebagainya. Beberapa kandungan pada obat herbal bermanfaat untuk membantu meredakan nyeri otot akibat sirkulasi darah yang tersumbat.

Konsumsi obat herbal sesuai kondisi Anda dan pilih yang terjamin keamanannya.

Pilih obat untuk melancarkan peredaran darah

Pilih obat untuk melancarkan peredaran darah

Salah satu penyebab nyeri otot adalah tersumbatnya sirkulasi atau peredaran darah. Misalnya saat Anda duduk atau berdiri dengan postur yang sama dalam waktu yang cukup lama, leher dan bahu Anda akan terasa kaku. Aliran darah yang tidak lancar akan membuat pasokan nutrisi dan oksigen berkurang sehingga mengakibatkan otot Anda mudah lelah.

Dengan mengonsumsi obat yang mengandung vitamin E maka peredaran darah Anda akan menjadi lancar. Selain meminum obat-obatan, Anda bisa melancarkan peredaran darah dengan meluruskan tangan dan kaki setelah duduk berlama-lama. Kemudian, mulailah menerapkan pola makan sehat dan olahraga secara teratur yang akan membuat sirkulasi darah Anda lancar.

Gunakan plester kompres atau obat oles

Gunakan plester kompres atau obat oles

Plester kompres (koyo) merupakan jenis obat luar yang ditempelken di atas permukaan kulit yang kemudian kandungan obatnya meresap ke kulit. Koyo dikenal sebagai obat untuk menghilangkan nyeri otot dan pegal-pegal. Efek samping dari penggunaan koyo mungkin hanya akan membuat kulit Anda sedikit kasar, namun ini lebih aman dibandingkan konsumsi obat yang menimbulkan efek samping seperti masalah pada lambung atau membuat Anda mengantuk.

Koyo dingin

Koyo ini memberikan rasa yang dingin jika Anda tempelkan pada otot yang nyeri. Koyo ini juga bisa digunakan untuk kompres saat Anda demam atau saat ada pembengkakan di kaki. Koyo dingin ini mengandung diclofenac yang mampu menghilangkan nyeri otot. Kandungan diclofenac akan memberikan sensasi dingin jika dicampur dengan bahan menthol. 

Koyo panas

Koyo panas efektif digunakan untuk melancarkan peredaran darah dan otot yang tegang. Kandungan yang ada dalam obat pereda nyeri otot ini adalah ibuprofen dan indomethacin. Kedua kandungan dalam obat ini termasuk dalam jenis obat anti inflamasi yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit.

Selain itu, koyo panas ini mengandung menthol atau methyl salycilate yang akan memberikan efek panas lebih tahan lama. Sebaiknya, Anda jangan terburu-buru mengonsumsi obat penghilang nyeri otot minum sebelum mencoba menggunakan koyo ini terlebih dahulu. Dengan menggunakan koyo bisa mengurangi efek samping yang ditimbulkan dari obat nyeri tipe minum.

Obat oles

Obat oles atau biasa disebut obat topikal merupakan obat yang berbentul salep, gel dan juga krim. Cara penggunaan obat ini yaitu dengan mengoleskannya pada area yang nyeri untuk mengurangi rasa sakit. Kebanyakan obat oles pereda nyeri ini dapat dibeli tanpa resep dokter. Obat nyeri otot tipe oles biasanya mengandung natrium diklofenak yang termasuk dalam kelompok obat anti inflamasi yang bekerja dengan cara menghentikan produksi zat penyebab rasa sakit dan peradangan.

Obat oles ini biasanya mengandung fragrance yang menyegarkan. Namun, terkadang obat oles ini disertai dengan bau menyengat yang mungkin mengganggu orang di sekitar Anda. Selain itu, obat oles juga mengandung methyl salicylate yang memberikan efek panas serta langsung membantu meredakan nyeri otot.

Hal yang perlu Anda ingat adalah obat oles tidak membantu menyembuhkan, tetapi hanya meredakan nyeri dan memberikan rasa nyaman saat menggunakannya.

10 Rekomendasi obat penghilang nyeri otot terbaik

Di sini kami akan memberikan rekomendasi merek-merek obat penghilang nyeri otot terbaik dari berbagai jenis obat yang sudah kami jelaskan pada ulasan di atas. Simaklah ulasan berikut ini !

10. Tong Mai Dan

10. Tong Mai Dan

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 148.500

Obat herbal alami melancarkan peredaran darah

Untuk Anda yang ingin mencoba menyembuhkan nyeri dengan obat alternatif, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi obat herbal china ini. Tong Mai Dan merupakan obat minum berbentuk pil yang aman dan mampu melancarkan peredaran darah penyebab nyeri otot karena tersumbatnya aliran oksigen dan nutrisi ke dalam darah.

Selain itu, Tong Mai Dan ini terbuat dari bahan-bahan alami yang sangat berkhasiat. Sebaiknya Anda mengonsumsinya dengan air hangat dan diminum 3 kali sehari. Jika Anda mengonsumsi obat herbal ini dengan  obat sintetik Anda, sebaiknya berikan jarak 2 jam di antara pemakaian keduanya agar khasiatnya bekerja dengan baik.

9. Salonpas Gel Patch

9. Salonpas Gel Patch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Koyo dengan kombinasi cold & warm

Dengan menggunakan koyo ini, Anda bisa merasakan sensasi dingin dan hangat yang terasa nyaman di kulit. Koyo ini dikombinasi dari dua bahan yang efektif meredakan nyeri otot, yaitu capsaicin dan menthol. Efek dingin dari bahan menthol efektif untuk meredakan nyeri, sedangkan capsaicin membantu mempertahankan efek hangat agar lebih lama.

Efek hangat yang ditimbulkan koyo ini terasa seperti saat Anda mengompres, sehingga nyaman di kulit. Selain itu, dua kombinasi bahan ini bisa bertahan hingga berjam-jam. Karena efeknya yang tahan lama ini, sehingga produk ini cocok untuk Anda yang sering nyeri punggung dikarenakan duduk berlama-lama di depan komputer.

8. Panadol Panaflex Patch

8. Panadol Panaflex Patch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Koyo modern dengan hydrogel technology

Mungkin banyak penderita nyeri otot yang ingin memakai koyo, namun takut karena saat dicabut biasanya terasa seperti waxing yang rasanya sakit dan tentu melukai kulit. Anda tidak perlu khawatir lagi, mulai sekarang Anda bisa mencoba Panadol Panaflex Patch.

Produk ini menggunakan teknologi hydrogel yang membuatnya memiliki kadar air yang tinggi sehingga teksturnya lembut dan elastis. Sehingga saat dicabut, koyo ini tidak akan menimbulkan rasa sakit dan melukai kulit sensitif Anda. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

7. Paramex Nyeri Otot

7. Paramex Nyeri Otot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500

Dengan kombinasi bahan yang cepat meredakan nyeri

Produk ini mengandung paracetamol dan ibuprofen yang keduanya memiliki fungsi sebagai obat analgesik untuk meredakan nyeri. Selain itu, kandungan paracetamol pada obat ini juga dapat meredakan demam, sakit kepala, dan juga sakit gigi.

Biasanya ketika Anda kelelahan, tubuh tidak hanya merasakan nyeri otot, tetapi bisa juga sedikit demam, sakit kepala, atau flu sebagai tanda perlawanan tubuh terhadap penyakit. Jadi, untuk Anda menderita nyeri otot yang disertai demam, kami merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi obat ini. Namun, jika Anda alergi terhadap kandungan paracetamol dan ibuprofen kami tidak menyarankan Anda untuk mengonsumsi obat ini.

6. Balsem Otot Geliga

6. Balsem Otot Geliga

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.200

Hilangkan nyeri otot dengan panas berganda

Balsem Otot Geliga merupakan obat tipe oles yang berbentuk krim dengan efek panas yang tahan lama dan nyaman saat dioleskan pada bagian tubuh yang nyeri. Setelah Anda mengoleskannya, efek panasnya akan terasa selama berjam-jam.

Produk ini mengandung methyl salicylate, peppermint oil, white champhor oil yang kombinasinya dapat memberikan efek panas berbeda dibandingkan produk balsem lain. Produk ini cocok untuk Anda yang menyukai efek panas tahan lama untuk meredakan nyeri otot.

5. Panadol Extend For Muscle & Joint Pain

5. Panadol Extend For Muscle & Joint Pain

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 207.000

 Memberikan efek analgesic hingga 8 jam

Produk ini diformulasikan bersama dengan paracetamol yang bisa meredakan nyeri otot dalam waktu yang lama. Setelah meminum obat ini efek analgesic atau pereda nyeri akan bekerja dengan cepat meredakan nyeri otot Anda tahan lama hingga 8 jam. Bentuk tabletnya yang oval membuat mudah ditelan dan tidak meninggalkan rasa pahit.

Selain itu, tabletnya bilayer caplet, sehingga lapisan pertama langsung bekerja cepat meredakan nyeri, sedangkan lapisan kedua meredakan nyeri lebih lambat dan bertahan lama. Untuk Anda yang nyeri otot dan tidak punya waktu untuk berobat atau terapi, sebaiknya Anda mencoba produk rekomendasi dari kami ini. Nyeri otot Anda cepat hilang dan Anda bisa beraktivitas dengan nyaman hingga 8 jam.

4. Neo Rheumacyl Oralinu

4. Neo Rheumacyl Oralinu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.850

Mengandung tanaman herbal & praktis dikonsumsi

Untuk Anda yang lebih menyukai cara-cara sederhana untuk mengobati nyeri otot, misalnya menghangatkan diri dengan makan dan minum minuman hangat, kami merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi obat herbal alami Neo Rheumacyl Oralinu. Produk ini mengandung berbagai macam tanaman herbal, seperti Bupleurum falcatum, kunyit dan pala yang efektif untuk menghilangkan nyeri otot Anda.

Selain itu, produk ini dikemas dalam bentuk sachet yang membuatnya praktis untuk dikonsumsi dimana saja. Dengan mengonsumsi obat herbal ini suhu tubuh Anda akan hangat dan peredaran darah menjadi lancar sehingga nyeri otot dapat diatasi.

3. Hotin Cream Aromatherapy

3. Hotin Cream Aromatherapy

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Dengan aromatherapy yang menyegarkan

Jika Anda tidak menyukai aroma menyengat dari kebanyakan obat oles untuk nyeri otot, Anda bisa mencoba produk rekomendasi dari kami berikut ini. Produk ini berbentuk krim dengan aromatherapy serta panas yang pas. Ketika Anda mengoleskannya pada area yang sakit, nyeri otot Anda akan menjadi reda serta wangi aromatherapy akan membuat Anda nyaman.

Krim produk ini tidak mengandung alkohol, sehingga aman digunakan pada kulit. Selain itu, produk ini diformulasi dengan bahan krim yang mudah meresap dan tidak lengket di kulit. Ketika Anda gunakan saat tidur pun tidak akan mengotori seprai. Selamat mencoba!

2. Salonpas Hot

2. Salonpas Hot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 7.500

Koyo dengan rasa panas yang lebih

Produk ini adalah rekomendasi dari kami untuk Anda yang ingin rasa panas lebih, namun tidak menyukai obat nyeri otot bentuk krim yang lengket di badan. Produk dari Salonpas ini dapat memberikan rasa panas yang tahan lama dan juga praktis digunakan.

Koyo ini efektif untuk merelaksasi otot yang tegang serta membuat aliran darah Anda menjadi lancar. Koyo ini berbeda dengan koyo lain karena mengandung ekstrak cabe sehingga memberikan panas yang lebih. Tempelkan produk pada area yang nyeri, lepas setelah pemakaian 8 jam.

1. Counterpain Cool Analgesic Gel

1. Counterpain Cool Analgesic Gel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 10.710

Gel sejuk dan tidak lengket

Untuk Anda yang tidak menyukai rasa panas seperti obat oles lain, produk ini merupakan alternatif pilihan bagi Anda. Obat penghilang nyeri otot ini hadir dalam bentuk gel transparan. Dengan menggunakan produk ini, area yang Anda oleskan gel tidak akan terasa panas, berminyak dan tidak lengket di badan Anda.

Rasa sakit pada otot akibat olahraga, keseleo, dan nyeri punggung akan reda dengan kandungan menthol yang memberikan sensasi sejuk dan nyaman. Dengan sensasi dingin yang ditimbulkannya, kulit Anda tidak akan terasa gatal akibat iritasi kulit karena panas.

Kesimpulan

Nyeri otot merupakan kondisi saat otot Anda terasa nyeri akibat aktivitas sehari-hari seperti duduk terlalu lama di depan komputer, keseleo saat olahraga atau salah posisi tidur. Sebelum membawa ke dokter untuk terapi atau sejenisnya, ada baiknya Anda mencoba memberikan pertolongan pertama dengan menggunakan obat penghilang nyeri otot.

Setelah membaca produk-produk rekomendasi di atas, kami berharap nyeri otot Anda akan hilang dan bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa. Jadi, Anda sudah tahu akan membeli produk yang mana bukan?