• 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Nyeri otot merupakan kondisi umum yang dapat menyerang di semua bagian tubuh dengan pemijatan sebagai alternatif pengobatan yang umum dilakukan. Bila tak juga reda, sebagian orang akan berkonsultasi ke dokter.

Namun, sebelum pergi ke dokter, ada baiknya Anda mencoba obat pereda nyeri otot terlebih dahulu. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Counterpain, Panadol, dan sebagainya, serta cara memilih obat pereda nyeri otot yang efektif sesuai kondisi Anda.

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Winny Alna Marlina
  • Pembaharuan terakhir: 08 Mei 2020
  • 114.506 Views
Daftar isi

Cara memilih obat penghilang nyeri otot

Ada berbagai jenis obat penghilang nyeri otot yang dijual di pasaran dilihat dari cara penggunaannya, seperti obat minum, obat oles, dan obat plester. Berdasarkan cara kerjanya, obat minum sendiri dibagi menjadi empat jenis, yaitu obat untuk mengendurkan otot tegang, meredakan sakit dan nyeri, melancarkan peredaran darah, serta obat herbal Tiongkok.
Kemudian, obat plester yang dikenal praktis, ada yang memiliki efek menghangatkan atau mendinginkan bagian yang sakit. Selain itu, ada pula obat oles berwujud krim atau gel yang bisa dioleskan langsung pada area yang terasa nyeri.
Di sini kami akan menjelaskan berbagai jenis obat penghilang nyeri otot dan cara memilih obat yang sesuai dengan kondisi Anda. Simak penjelasannya agar nyeri otot Anda bisa disembuhkan dengan cara yang efektif!

Pilihlah obat yang dapat mengendurkan otot tegang Anda

Pilihlah obat yang dapat mengendurkan otot tegang Anda
Banyak obat yang dijual di pasaran memiliki fungsi untuk melemaskan otot. Salah satu kandungan dalam obat pereda nyeri otot adalah chlorzoxazone yang efektif untuk mengurangi gejala nyeri akut pada otot. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati setelah mengonsumsinya karena dapat menyebabkan kantuk.
Selain itu, Anda juga bisa minum obat dengan kandungan methocarbamol. Methocarbamol digunakan untuk mengobati nyeri otot yang terjadi karena reaksi saraf yang berlebihan, seperti kejang otot. Zat ini bekerja dengan menekan reaksi saraf tersebut.

Obat pereda nyeri dapat menjadi pilihan saat Anda sedang beraktivitas

Obat pereda nyeri dapat menjadi pilihan saat Anda sedang beraktivitas
Saat nyeri otot terjadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meredakan nyeri tersebut. Obat pereda nyeri atau biasa disebut dengan analgesik, termasuk dalam obat antiradang nonsteroid. Cara kerjanya sama seperti aspirin dan ibuprofen yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit tanpa menghilangkan kesadaran Anda.
Obat pereda nyeri ini sebenarnya hanya dapat mengurangi rasa nyeri, tetapi tidak menyembuhkan sumber rasa nyeri itu sendiri. Sebaiknya minumlah obat pereda nyeri hanya saat rasa nyeri mengganggu aktivitas Anda. Akan tetapi, obat analgesik cenderung memiliki efek samping sehingga Anda perlu berhati-hati menggunakannya.

Obat herbal Tiongkok dapat menjadi alternatif yang aman

Obat herbal Tiongkok dapat menjadi alternatif yang aman
Mengonsumsi obat herbal Tiongkok dapat menjadi alternatif dari obat sintetik, baik itu obat resep maupun nonresep. Bahan-bahannya yang alami cenderung aman untuk berbagai kondisi. Dikenal bekerja cepat dalam menyembuhkan, obat herbal Tiongkok juga banyak dikonsumsi untuk meredakan nyeri pada otot yang kaku akibat aktivitas berat.
Beberapa kandungan pada obat herbal tiongkok juga bermanfaat untuk membantu meredakan nyeri otot akibat sirkulasi darah yang kurang lancar. Meski begitu, Anda harus benar-benar memilih obat herbal Tiongkok yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Selain itu, pilihlah yang jelas terjamin keamanannya.

Gunakanlah obat plester atau obat oles untuk menghindari efek samping dari dalam tubuh

Obat plester, plester kompres, atau koyo merupakan jenis obat luar yang ditempelkan di atas permukaan kulit. Kandungan obatnya dapat meresap ke dalam kulit secara langsung.
Efek samping dari penggunaan koyo mungkin hanya akan membuat kulit Anda sedikit kasar. Akan tetapi, hal ini lebih aman dibandingkan konsumsi obat yang menimbulkan efek samping seperti masalah pada lambung atau menimbulkan kantuk.

Koyo dingin untuk kenyamanan Anda dalam beraktivitas

Koyo dingin untuk kenyamanan Anda dalam beraktivitas
Memberikan rasa yang dingin ketika ditempelkan pada otot yang nyeri, koyo jenis ini juga bisa digunakan untuk kompres saat Anda demam atau mengalami pembengkakan di berbagai bagian tubuh. Koyo dingin ini mengandung diclofenac, bahan pereda nyeri otot yang akan memberikan sensasi dingin jika dicampur dengan menthol.

Koyo panas dapat membantu melancarkan sirkulasi darah

Koyo panas dapat membantu melancarkan sirkulasi darah
Koyo panas efektif untuk melancarkan sirkulasi darah, sekaligus mengendurkan otot yang tegang. Koyo jenis ini umumnya dilengkapi kandungan yang berfungsi meredakan rasa sakit, seperti ibuprofen, indomethacin, dan sebagainya. Selain itu, koyo panas juga mengandung menthol atau methyl salycilate yang akan membuat efek panasnya lebih tahan lama.
Selanjutnya, penambahan vitamin E pada produk tertentu dapat semakin memperlancar peredaran darah. Dengan komposisi utama berupa anti-inflamasi nonsteroid, khasiatnya cukup efektif meredakan nyeri, tetapi dengan efek samping yang minimum. Tidak heran koyo jenis ini begitu populer digunakan.

Obat oles yang dapat menangani nyeri otot secara langsung

Obat oles yang dapat menangani nyeri otot secara langsung
Obat oles yang berwujud salep, gel, dan juga krim juga biasa disebut dengan obat topikal. Obat ini digunakan dengan mengaplikasikannya pada area yang nyeri untuk mengurangi rasa sakit. Formulanya utamanya yang berupa anti-inflamasi dan analgesik akan menyerap ke dalam kulit, dan bekerja menghangatkan area yang sakit, sekaligus melancarkan sirkulasi darah.
Obat oles biasanya mengandung fragrance yang menyegarkan, tetapi ada pula yang berbau menyengat sehingga mungkin akan mengganggu Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Ingatlah bahwa obat oles umumnya tidak membantu menyembuhkan, tetapi hanya meredakan nyeri dan memberikan rasa nyaman saat digunakan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi obat penghilang nyeri otot terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk obat penghilang nyeri otot terbaik dari berbagai jenis obat yang sudah kami jelaskan pada ulasan di atas. Ketahuilah karakteristik nyeri otot yang sering Anda alami, kemudian pilihlah obat yang sesuai kebutuhan Anda!
10
Tongsheng Pharmaceutical Gingseng Leaf Brand Tong Mai Dan 1

Tongsheng PharmaceuticalGingseng Leaf Brand Tong Mai Dan

Rp 45.000,00

Isi48 pil per botol
Dosis dan cara penggunaan3 kali sehari, 3 pil setiap kali minum, diminum dengan air hangat.
JenisObat minum (pil herbal tiongkok)
9
Isi5 x 2 lembar (10 lembar koyo), ukuran 4,2 x 6,5 cm
Dosis dan cara penggunaanDewasa dan anak di atas 12 tahun : 2 – 3 kali sehari. Anak-anak di bawah 12 tahun : konsultasikan ke dokter. Tempelkan di area nyeri yang kering dan telah dibersihkan. Jauhkan dari area kulit yang memiliki luka atau kulit yang terkelupas.
JenisObat plester (koyo panas)
8
Isi18 kaplet per pak
Dosis dan cara penggunaanDewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun : 2 kapsul setiap 6-8 jam. Tidak lebih dari 6 kapsul per hari.
JenisObat minum (kaplet)
7
Isi4 tablet per setrip
Dosis dan cara penggunaan1 tablet, diminum 3-4 kali dalam sehari sesudah makan.
JenisObat minum (tablet)
6

Taisho Pharmaceutical IndonesiaCounterpain Cool Analgesic Gel

Rp 38.500,00

Isi30 gram
Dosis dan cara penggunaanOleskan 3-4 kali sehari atau ketika dibutuhkan di bagian tubuh yang terasa nyeri.
JenisObat oles (gel dingin)
5

Hisamitsu Pharma IndonesiaSalonpas Pain Relief Patch

Rp 16.660,00

Isi3 lembar, ukuran 7 x 10 cm
Dosis dan cara penggunaanDewasa dan anak-anak >12 tahun : maksimal 2 lembar perhari. Biarkan menempel selama 12 jam. Sebaiknya tidak digunakan berturut-turut selama 5 hari.
JenisObat plester (koyo panas)
4
Isi5 sachet per pak (15 ml per sachet)
Dosis dan cara penggunaanDewasa 1-2 sachet per hari setelah melakukan aktivitas.
JenisObat minum (cair, herbal)
3
Isi4 lembar, ukuran 10 cm x 14 cm
Dosis dan cara penggunaanDewasa dan anak >12 tahun : 3 kali sehari
JenisObat plester (koyo dingin)
2
Isi2 lembar koyo ukuran 10 cm x 14 cm
Dosis dan cara penggunaanDewasa dan anak >12 tahun : 3-4 kali sehari. Anak <12 tahun : konsultasikan ke dokter. Pakaikan pada area yang nyeri dalam keadaan kulit kering dan bersih.
JenisObat plester (koyo hangat)
1

Ultra SaktiHotin’ DCL Emulsi Gel Diclofenac Sodium

Rp 18.000,00

Isi30 gram
Dosis dan cara penggunaan3-4 kali sehari dioleskan secara perlahan di area nyeri, atau sesuai kebutuhan.
JenisObat oles (emulsi gel)

Tabel perbandingan produk obat penghilang nyeri otot terbaik

Gambar produk
1
Ultra Sakti Hotin’ DCL Emulsi Gel Diclofenac Sodium 1

Ultra Sakti

2
Hisamitsu Pharma Indonesia Salonpas Gel Patch 1

Hisamitsu Pharma Indonesia

3
Panadol PanaFlex Patch 1

Panadol

4
Tempo Scan Group Neo Rheumacyl Oralinu 1

Tempo Scan Group

5
Hisamitsu Pharma Indonesia Salonpas Pain Relief Patch 1

Hisamitsu Pharma Indonesia

6
Taisho Pharmaceutical Indonesia Counterpain Cool Analgesic Gel 1

Taisho Pharmaceutical Indonesia

7
Konimex Paramex Nyeri Otot 1

Konimex

8
Panadol  Extend 1

Panadol

9
Hisamitsu Pharma Indonesia Salonpas Hot 1

Hisamitsu Pharma Indonesia

10
Tongsheng Pharmaceutical Gingseng Leaf Brand Tong Mai Dan 1

Tongsheng Pharmaceutical

Nama produk

Hotin’ DCL Emulsi Gel Diclofenac Sodium

Salonpas Gel Patch

PanaFlex Patch

Neo Rheumacyl Oralinu

Salonpas Pain Relief Patch

Counterpain Cool Analgesic Gel

Paramex Nyeri Otot

Extend

Salonpas Hot

Gingseng Leaf Brand Tong Mai Dan

KeunggulanKulit bebas iritasi, redaka...Bebaskan nyeri Anda dengan ...Kulit tetap lembut dengan f...Redakan nyeri dengan khasia...Helaian koyonya selembut ku...Bebas nyeri dan tetap perca...Redakan nyeri tanpa sebabka...Cepat meredakan nyeri, khas...Kendurkan otot tegang denga...Redakan nyeri dengan ramuan...
HargaRp 18.000,00Rp 15.385,00Rp 99.000,00Rp 11.875,00Rp 16.660,00Rp 38.500,00Rp 1.870,00Rp 120.000,00Rp 5.750,00Rp 45.000,00
Isi30 gram2 lembar koyo ukuran 10 cm x 14 cm4 lembar, ukuran 10 cm x 14 cm5 sachet per pak (15 ml per sachet)3 lembar, ukuran 7 x 10 cm30 gram4 tablet per setrip18 kaplet per pak5 x 2 lembar (10 lembar koyo), ukuran 4,2 x 6,5 cm48 pil per botol
Dosis dan cara penggunaan3-4 kali sehari dioleskan secara perlahan di area nyeri, atau sesuai kebutuhan.Dewasa dan anak >12 tahun : 3-4 kali sehari. Anak <12 tahun : konsultasikan ke dokter. Pakaikan pada area yang nyeri dalam keadaan kulit kering dan bersih.Dewasa dan anak >12 tahun : 3 kali sehariDewasa 1-2 sachet per hari setelah melakukan aktivitas.Dewasa dan anak-anak >12 tahun : maksimal 2 lembar perhari. Biarkan menempel selama 12 jam. Sebaiknya tidak digunakan berturut-turut selama 5 hari.Oleskan 3-4 kali sehari atau ketika dibutuhkan di bagian tubuh yang terasa nyeri.1 tablet, diminum 3-4 kali dalam sehari sesudah makan.Dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun : 2 kapsul setiap 6-8 jam. Tidak lebih dari 6 kapsul per hari.Dewasa dan anak di atas 12 tahun : 2 – 3 kali sehari. Anak-anak di bawah 12 tahun : konsultasikan ke dokter. Tempelkan di area nyeri yang kering dan telah dibersihkan. Jauhkan dari area kulit yang memiliki luka atau kulit yang terkelupas.3 kali sehari, 3 pil setiap kali minum, diminum dengan air hangat.
JenisObat oles (emulsi gel)Obat plester (koyo hangat)Obat plester (koyo dingin)Obat minum (cair, herbal)Obat plester (koyo panas)Obat oles (gel dingin)Obat minum (tablet)Obat minum (kaplet)Obat plester (koyo panas)Obat minum (pil herbal tiongkok)
Tautan produk

Kesimpulan

Nyeri otot yang bisa terjadi kapan saja, harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas. Meski nyeri otot dapat dicegah dengan rutin berolahraga atau melakukan peregangan, obat-obatan dapat menjadi solusi ketika nyeri otot terlanjur menyerang.
Dalam memilih obat pun tak boleh asal. Pastikan obat pilihan Anda tepat dengan jenis nyeri yang dialami agar pengobatan dapat lebih efektif. Kami berharap masalah nyeri otot Anda dapat teratasi dengan salah satu produk rekomendasi di atas.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    399.324 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk mengatasi flu, terdapat beberapa obat yang dapat Anda beli tanpa harus pergi berobat ke dokter. Namun, Anda mungkin bingung memilih yang paling tepat di antara banyaknya merek dan varian. Efek terbaik dari obat tersebut bisa diperoleh jika Anda memilih obat yang sesuai dengan simtom yang muncul.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak membeli obat flu, serta menjelaskan varian yang cocok dengan gejala yang Anda alami. Setelahnya, Anda juga dapat membaca rekomendasi obat flu terbaik, mulai dari Panadol, Bodrex, Rhinos SR, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    274.166 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    245.629 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    309.918 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    317.181 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    333.048 Views
  • 10 Rekomendasi Push Up Bra Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Push Up Bra Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Push up bra dapat membuat payudara wanita terlihat lebih besar dan indah. Saat ini, push up bra telah dirancang dengan banyak keunggulan, seperti busa ganda, bertali lebar untuk menutupi lemak di sekitar payudara, dan lainnya. Ada juga produk tanpa kawat yang cocok untuk ibu menyusui dan nyaman dipakai tidur.Di bawah ini, kami akan membagikan tips memilih push up bra terbaik. Kami juga memilihkan produk dari merek ternama, seperti Wacoal, Victoria’s Secret, Mooimom, Pierre Cardin, dan lainnya. Temukan model push up bra yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    18.736 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori