• 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)

Nyeri otot dan sendi, pegal linu, serta otot kaku merupakan kondisi umum yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh. Pada umumnya, kondisi ini bisa diobati dengan terapi atau dengan obat pegal linu di apotik. Namun, apakah Anda tahu cara memilih obat penghilang nyeri otot yang tepat?

Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Counterpain, Panadol, dan Salonpas. Temukan juga tips tambahan dari dokter spesialis kedokteran dan olahraga, dr. Andhika Raspati. Baca juga cara memilih obat pereda nyeri otot yang sesuai dengan kondisi Anda. Silakan disimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Andhika Raspati
Winny Alna Marlina
Widyanti Yuliandari
  • Pembaharuan terakhir: 23 Agustus 2021
  • 260.733 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kedokteran olahraga, dr. Andhika Raspati

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kedokteran olahraga, dr. Andhika Raspati

dr. Andhika Raspati atau yang sering dipanggil dokter Dhika merupakan seorang dokter spesialis kedokteran olahraga. Dokter Dhika aktif praktik di berbagai tempat, seperti Klinik Utama Eminence Jakarta, KONI DKI Jakarta, dan RS Bethsaida Serpong, Tangerang.


Selain itu, pria ini juga aktif menangani atlet nasional seperti anggota tim nasional balap sepeda. Saat ini dokter Dhika juga aktif mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan dengan caranya yang khas melalui akun Instagram @dhika.dr.

Cara memilih obat penghilang nyeri otot

Pertama-tama, kami akan menjabarkan tips memilih obat penghilang nyeri otot yang efektif menghilangkan rasa tegang pada otot. Karena kondisi nyeri otot tiap orang berbeda, Anda perlu memperhatikan produk yang tepat, ya. Silakan simak penjelasannya di bawah ini!

Pilihlah produk berdasarkan jenis kandungannya

Obat nyeri otot dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis berdasarkan kandungannya, yaitu obat yang dapat mengendurkan otot tegang, pain killer, dan obat tradisional Cina. Pilihlah produk berdasarkan kandungan yang Anda butuhkan.

Jenis yang dapat mengendurkan otot tegang

Jenis yang dapat mengendurkan otot tegang

Ada banyak kasus terkait otot yang tegang. Jika rasa tegang berasal dari otot yang nyeri, Anda mungkin memerlukan obat yang dapat mengendurkan otot tegang. Sebagai contoh, Anda dapat memilih obat nyeri dengan kandungan chlorzoxazone yang efektif mengurangi gejala nyeri akut pada otot. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati setelah mengonsumsinya karena kandungan ini dapat menyebabkan kantuk.

dr. Andhika Raspati
Dokter spesialis kedokteran olahraga
dr. Andhika Raspati

Sering kali, otot yang tegang dapat menimbulkan rasa nyeri. Untuk mengatasi kondisi ini, banyak orang yang mengonsumsi obat-obatan yang bersifat relaksan. Obat-obat relaksan berfungsi sebagai pengendur otot sehingga dapat mengurangi keluhan pada kondisi ini. 


Namun, ketahuilah bahwa tidak selamanya sumber utama nyeri otot berasal dari ketegangan otot. Karena itu, mengonsumsi obat relaksan otot saja mungkin tidak cukup untuk mengatasi keluhan nyeri pada kasus ini.

Jenis pain killer atau yang memberikan efek analgesia

Jenis pain killer atau yang memberikan efek analgesia
Saat nyeri otot terjadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meredakan nyeri tersebut. Nyeri otot tidak hanya membuat sakit, tetapi juga menimbulkan pusing kepala. Jadi, obat pereda sakit diperlukan untuk mengurangi sakit kepala dan mengendurkan otot yang tegang.

Akan tetapi, meski rasa nyeri dapat berkurang, obat analgesik tidak dapat menyembuhkan gejala otot yang tegang. Selain itu, obat analgesik dengan dosis tinggi yang sangat efektif sebagai pain killer cenderung memiliki efek samping. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

dr. Andhika Raspati
Dokter spesialis kedokteran olahraga
dr. Andhika Raspati

Obat pereda nyeri atau pain killer memang dapat mengurangi bahkan menghilangkan nyeri, termasuk nyeri otot. Namun, perhatikan bahwa sering kali rasa nyeri tersebut hanya sekadar ditutupi dan penyebab nyeri sebenarnya belum hilang atau pulih. Perhatikan juga bahwa beberapa pain killer dengan kandungan seperti asam mefenamat atau diklofenak dapat menyebabkan efek samping berupa nyeri lambung.

Obat herbal Tiongkok sebagai alternatif yang aman

Obat herbal Tiongkok sebagai alternatif yang aman

Belakangan ini, terdapat obat herbal Tiongkok yang dipakai sebagai resep obat di rumah sakit. Mengonsumsi obat herbal Tiongkok dapat menjadi alternatif lain obat sintetik, baik itu obat resep maupun nonresep. Bahan-bahannya yang alami cenderung lebih aman untuk berbagai kondisi pemakainya. Obat jenis ini pun disinyalir dapat menghilangkan rasa tegang pada otot secara efektif, lho. 


Dengan obat herbal Tiongkok, sakit kepala akibat otot tegang, rasa nyeri di leher hingga bahu akan sembuh. Tak hanya itu, ada pula obat herbal untuk Anda yang mengalami anemia, flu, hingga otot tegang diakibatkan oleh menopause. Karena ada begitu banyak varian, Anda harus benar-benar memilih obat herbal Tiongkok yang sesuai dengan kondisi tubuh. Pastikan pula produk yang Anda pilih jelas terjamin keamanannya.

dr. Andhika Raspati
Dokter spesialis kedokteran olahraga
dr. Andhika Raspati

Obat herbal memang banyak dicari karena sering kali dianggap natural dan aman. Namun, harus dipastikan bahwa obat herbal yang ingin dikonsumsi telah teruji berkhasiat secara klinis. Selain itu, obat tersebut juga tidak boleh dicampur dengan zat-zat kimia tertentu yang justru dapat berdampak buruk untuk tubuh.

Pilihlah obat luar untuk menghindari efek samping

Koyo panas, koyo dingin, dan obat oles merupakan jenis obat luar yang diaplikasikan di permukaan kulit. Karena langsung ditempel atau dioles, kandungan obat nyeri otot dapat meresap ke dalam kulit secara langsung. Obat luar seperti ini diperlukan bagi Anda yang ragu akan efek samping dari obat minum. Berikut ini ulasan kelebihan dari masing-masing jenis obat luar.

Koyo dingin, untuk kenyamanan Anda beraktivitas

Koyo dingin, untuk kenyamanan Anda beraktivitas
Koyo dingin merupakan obat nyeri otot yang memberikan rasa dingin ketika dipakai. Jenis ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mengalami demam, peradangan, atau rasa nyeri yang tiba-tiba muncul. Koyo dingin terbuat dari bahan aktif diclofenac dengan campuran menthol sehingga memberikan sensasi sejuk di kulit Anda.
dr. Andhika Raspati
Dokter spesialis kedokteran olahraga
dr. Andhika Raspati

Koyo yang mengandung obat-obatan seperti menthol memang dapat mengurangi sensasi rasa nyeri. Namun, untuk kondisi yang cukup berat, sering kali penggunaan koyo tidak akan menyelesaikan masalah.

Koyo panas, membantu melancarkan sirkulasi darah

Koyo panas, membantu melancarkan sirkulasi darah

Jika Anda mengalami sirkulasi darah yang kurang lancar akibat nyeri otot, koyo panas adalah pilihan yang tepat. Jenis ini efektif melancarkan sirkulasi darah, mengurangi peradangan, serta mengendurkan otot yang tegang. Koyo panas umumnya dilengkapi kandungan yang berfungsi meredakan rasa sakit, seperti ibuprofen, indomethacin, dan sebagainya. 


Beberapa koyo panas diformulasikan dengan obat anti-inflamasi nonsteroid yang dapat mengurangi rasa sakit. Beberapa produknya juga dilengkapi dengan kandungan vitamin E yang efektif meningkatkan sirkulasi darah.

dr. Andhika Raspati
Dokter spesialis kedokteran olahraga
dr. Andhika Raspati

Sama seperti koyo dingin, koyo panas pun tidak selamanya dapat mengurangi keluhan. Meski begitu, tipe koyo ini diklaim dapat melancarkan aliran darah. Namun, ketahuilah bahwa tidak semua nyeri otot terjadi akibat aliran darah yang tidak lancar. Karena itu, usahakanlah untuk mengetahui akar dari masalah nyeri otot yang dialami.

Obat oles, ampuh menangani nyeri otot secara langsung

Obat oles, ampuh menangani nyeri otot secara langsung
Jika Anda khawatir mengonsumsi obat telan atau koyo yang memiliki efek samping, pilihlah obat oles. Jenis ini biasa pula disebut dengan obat topikal. Obat ini dapat diaplikasikan langsung pada area yang nyeri untuk mengurangi rasa sakit. 

Formula utamanya yang berupa bahan anti-inflamasi dan analgesik akan menyerap ke dalam kulit. Selanjutnya, kandungan tersebut bekerja menghangatkan area yang sakit sekaligus melancarkan sirkulasi darah.


Obat oles biasanya mengandung fragrance yang menyegarkan sehingga aman digunakan ketika Anda sedang di kantor. Selain obat oles bertekstur cair, tetapi ada pula produk bertekstur gel. Kandungan menthol yang terdapat di dalam gel tersebut, dapat mengobati otot tegang hingga cedera otot, lho!


Sebagai informasi tambahan, beberapa obat oles memiliki bahan pereda nyeri sangat kuat yang menyerupai poultice. Namun, efek dari obat oles tidak begitu lama terasa sehingga cocok untuk Anda yang hanya ingin mengaplikasikan sekadarnya.

dr. Andhika Raspati
Dokter spesialis kedokteran olahraga
dr. Andhika Raspati

Obat oles memiliki keterbatasan dalam hal konsentrasi zat aktif yang dapat masuk menembus kulit dan mencapai otot yang cedera. Karena itu, untuk kasus cedera yang cukup berat dan dalam, sering kali penggunaan obat oles tidak begitu efektif.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi obat penghilang nyeri otot

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk obat penghilang nyeri otot. Ketahuilah karakteristik nyeri otot yang sering dialami, kemudian pilihlah obat yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Isi48 pil
Dosis3 kali sehari, 3 pil setiap kali minum
Cara penggunaanDiminum dengan air hangat
JenisObat minum (pil herbal Tiongkok)
Isi10-12 lembar
DosisDewasa dan anak di atas 12 tahun: 2-3 kali sehari・Anak-anak di bawah 12 tahun: konsultasikan ke dokter
Cara penggunaanTempelkan pada area yang nyeri dalam keadaan kulit kering dan bersih. Jauhkan dari area kulit yang memiliki luka atau kulit yang terkelupas
JenisKoyo panas
Isi18 kapsul
DosisDewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun: 2 kapsul per 6-8 jam・Tidak lebih dari 6 kapsul per hari
Cara penggunaanDiminum
JenisObat minum (tablet)
Isi4 tablet per 3 setrip
Dosis1 tablet diminum 3-4 kali sehari sesudah makan
Cara penggunaanDiminum
JenisObat minum (tablet)
Isi30 gram
DosisOleskan 3-4 kali sehari
Cara penggunaanOles di bagian tubuh yang terasa nyeri
JenisObat oles (gel)
Isi3 lembar
DosisDewasa dan anak-anak usia lebih dari 12 tahun: maksimal 2 lembar perhari
Cara penggunaanBiarkan menempel selama 12 jam. Sebaiknya tidak digunakan berturut-turut selama 5 hari
JenisKoyo panas
Isi5 saset per pak (15 ml per saset)
DosisDewasa 1-2 saset per hari
Cara penggunaanDiminum setelah melakukan aktivitas
JenisObat minum (cair, herbal)
Isi4 lembar
DosisDewasa dan anak lebih dari 12 tahun: 3 kali sehari
Cara penggunaanTempelkan di area yang nyeri
JenisKoyo dingin
Isi2 lembar
DosisDewasa dan anak lebih dari 12 tahun: 3-4 kali sehari・Anak kurang dari 12 tahun: konsultasikan ke dokter
Cara penggunaanTempelkan pada area yang nyeri dalam keadaan kulit kering dan bersih
JenisKoyo panas
Isi120 gram
Dosis3-4 kali sehari
Cara penggunaanDioleskan secara perlahan di area nyeri atau sesuai kebutuhan
JenisObat oles (gel)

Tabel perbandingan produk obat penghilang nyeri otot

Gambar produk
Ultra Sakti Hotin Cream DCL 1

Ultra Sakti

Hisamitsu Salonpas Gel Patch 1

Hisamitsu

Panadol PanaFlex Patch 1

Panadol

Tempo Scan Pacific Neo Rheumacyl Oralinu 1

Tempo Scan Pacific

Hisamitsu Salonpas Pain Relief Patch 1

Hisamitsu

Taisho Counterpain Cool Analgesic Gel 1

Taisho

Konimex Paramex Nyeri Otot 1

Konimex

Panadol  Extend 1

Panadol

Hisamitsu Salonpas Hot 1

Hisamitsu

Sinar Herba Radix Tong Mai Dan (Mai Pill) 1

Sinar Herba Radix

Nama produk

Hotin Cream DCL

Salonpas Gel Patch

PanaFlex Patch

Neo Rheumacyl Oralinu

Salonpas Pain Relief Patch

Counterpain Cool Analgesic Gel

Paramex Nyeri Otot

Extend

Salonpas Hot

Tong Mai Dan (Mai Pill)

Keunggulan

Kulit bebas iritasi, redakan hingga ke pemicu nyeri hanya dengan dioleskan

Bebaskan nyeri Anda dengan sensasi dingin dan hangat yang nyaman di kulit!

Kulit tetap lembut berkat formula water based yang ramah di kulit

Tumpas pegal linu dengan khasiat delapan jenis rempah alami

Lembaran koyonya selembut kulit, tidak risi saat digunakan

Bebas nyeri dan tetap percaya diri dengan gel transparan yang cepat meresap

Dijamin tidak sebabkan kantuk, aman diminum saat beraktivitas

Cepat atasi nyeri, khasiatnya tahan lama hingga berjam-berjam

Kendurkan otot tegang dengan ekstrak cabai, lebih awet panasnya!

Usir nyeri otot dengan ramuan herbal yang lebih aman bagi tubuh

Harga mulai dariRp 30.000,00Rp 15.000,00Rp 130.000,00Rp 10.000,00Rp 16.660,00Rp 45.000,00Rp 6.000,00Rp 225.000,00Rp 6.500,00Rp 25.000,00
Isi120 gram2 lembar4 lembar5 saset per pak (15 ml per saset)3 lembar30 gram4 tablet per 3 setrip18 kapsul10-12 lembar48 pil
Dosis3-4 kali sehari Dewasa dan anak lebih dari 12 tahun: 3-4 kali sehari・Anak kurang dari 12 tahun: konsultasikan ke dokterDewasa dan anak lebih dari 12 tahun: 3 kali sehariDewasa 1-2 saset per hariDewasa dan anak-anak usia lebih dari 12 tahun: maksimal 2 lembar perhariOleskan 3-4 kali sehari1 tablet diminum 3-4 kali sehari sesudah makanDewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun: 2 kapsul per 6-8 jam・Tidak lebih dari 6 kapsul per hariDewasa dan anak di atas 12 tahun: 2-3 kali sehari・Anak-anak di bawah 12 tahun: konsultasikan ke dokter3 kali sehari, 3 pil setiap kali minum
Cara penggunaanDioleskan secara perlahan di area nyeri atau sesuai kebutuhanTempelkan pada area yang nyeri dalam keadaan kulit kering dan bersihTempelkan di area yang nyeriDiminum setelah melakukan aktivitasBiarkan menempel selama 12 jam. Sebaiknya tidak digunakan berturut-turut selama 5 hariOles di bagian tubuh yang terasa nyeriDiminumDiminumTempelkan pada area yang nyeri dalam keadaan kulit kering dan bersih. Jauhkan dari area kulit yang memiliki luka atau kulit yang terkelupasDiminum dengan air hangat
JenisObat oles (gel)Koyo panasKoyo dinginObat minum (cair, herbal)Koyo panasObat oles (gel)Obat minum (tablet)Obat minum (tablet)Koyo panasObat minum (pil herbal Tiongkok)
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Andhika Raspati

Tips dari dokter spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Andhika Raspati

Nyeri otot setelah berolahraga dapat terjadi akibat “kaget otot” semata. Hal ini bisa terjadi contohnya setelah pertama kali berolahraga. Namun, tidak jarang nyeri disebabkan oleh cedera yang lebih serius. 


Penggunaan pain killer untuk kasus cedera memang dapat mengurangi nyeri. Meskipun begitu, pain killer atau obat lainnya sering juga tidak mengatasi akar masalah penyebab nyeri tersebut. Untuk itu, apabila terjadi cedera, Anda sangat disarankan untuk menjalani terapi yang sesuai dengan cedera atau masalah yang terjadi.

Baca juga rekomendasi obat untuk tubuh lainnya di sini

Anda telah mengetahui lebih detail mengenai obat penghilang nyeri otot. Namun, obat untuk tubuh tidak hanya berfokus kepada otot, bukan? Untuk memperkenalkan varian obat berdasarkan tujuan pengobatannya, kami sudah menulis rekomendasi berbagai macam obat untuk tubuh. Silakan Anda baca pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Nyeri otot bisa terjadi kapan saja dan harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas. Meski nyeri otot dapat dicegah dengan rutin berolahraga, obat-obatan dapat menjadi solusi ketika nyeri otot terlanjur menyerang.

Dalam memilih obat pun tak boleh asal. Pastikan obat pilihan Anda sesuai dengan jenis nyeri yang dialami agar pengobatan lebih efektif. Kami berharap masalah nyeri otot Anda dapat teratasi dengan salah satu produk rekomendasi di atas, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek, antara lain Rhinos Junior, Proris, serta Purekids. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
    71.263 Views
  • 10 Rekomendasi Salep Luka Bakar (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Salep Luka Bakar (Terbaru Tahun 2021)
    Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Untuk itu, menyediakan salep luka bakar di kotak obat merupakan hal penting untuk dilakukan. Lantas, salep luka bakar seperti apakah yang sebaiknya Anda beli?Untuk mengetahui lebih banyak tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar serta rekomendasi produk pilihannya. Salep dari berbagai merk terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo juga akan kami bahas. Temukan produk yang tepat untuk mengatasi luka bakar Anda!
    Obat-obatan
    48.391 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
    153.793 Views
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
    544.653 Views
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit merupakan pelindung tubuh dari lingkungan sekitar sehingga rentan mengalami luka. Bila Anda menjalani operasi, proses operasi juga biasanya meninggalkan luka di kulit. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka.Salep penghilang bekas luka memiliki berbagai bahan aktif untuk membuat kulit kembali mulus. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih salep dengan bahan yang pas untuk Anda, serta memberi rekomendasi produk pilihan. Berbagai produk, seperti merk Dermatix, Mederma, dan Laderma, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Obat-obatan
    94.902 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Sembelit (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Sembelit (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang memiliki masalah lambung, seperti sembelit atau konstipasi, susah buang air besar, dan perut kembung. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan penyakit berbahaya pada saluran pencernaan jika dibiarkan. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan obat sembelit.Di pasaran sendiri, banyak sekali obat sembelit yang bisa Anda temukan, seperti merk Dulcolax, Laxadine, dan Microlax. Namun, tentu Anda harus memilih obat yang tepat dan sesuai dengan gejala yang dialami. Karena itu, artikel ini akan mengulas tentang cara memilih obat sembelit beserta cara memilihnya. Silakan simak ulasannya berikut ini!
    Obat-obatan
    289.992 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori