• 10 Semprotan Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Semprotan Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Semprotan Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Semprotan Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Semprotan Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Semprotan Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)

Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan semprotan agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Ada banyak semprotan tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi, termasuk sprayer elektrik. 


Kami akan memberikan rekomendasi sprayer tanaman terbaik, fungsional, aesthetic, serta mudah digunakan. Anda bisa memilih merek semprotan tanaman yang bagus dari Lion Star, IKEA, Deli, hingga Kyokan. Artikel ini sudah ditinjau penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Jika Anda dapat menemukan semprotan tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pasti makin menyenangkan! 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Evrina Budiastuti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP
Evrina Budiastuti
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, Evrina bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura.


Evrina telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Evrina juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih semprotan tanaman

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih sprayer tanaman. Secara garis besar, kami akan memaparkan tips memilih sprayer yang mudah digunakan. Selain itu, ada pula rekomendasi semprotan tanaman yang unggul dari segi desain. Ini dia ulasan selengkapnya!

Perhatikan tipe semprotan tanaman

Sprayer atau semprotan tanaman dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu produk fungsional yang mudah digunakan untuk indoor dan outdoor serta produk untuk indoor yang unggul dari segi desain. Tanaman indoor umumnya membutuhkan sprayer kecil hingga sedang dan mudah dibawa-bawa. Sebelum membeli, silakan putuskan tipe mana yang Anda sukai. 

Semprotan plastik, lebih fungsional untuk kebutuhan indoor dan outdoor

Semprotan plastik, lebih fungsional untuk kebutuhan indoor dan outdoor

Tipe sprayer yang fungsional biasanya berbentuk penyemprot plastik dan tuas yang menyambung langsung dengan wadah atau botol plastikSprayer plastik dapat menjadi pilihan bagi gardener agar tangan tidak pegal ketika melakukan penyiraman. 


Tipe semprotan tanaman ini tersedia dalam banyak varian. Beberapa dapat dipakai untuk menyemprot cairan kimia dan ada juga sprayer elektrik yang menggunakan baterai. Secara garis besar, semprotan tanaman ini dapat digunakan untuk indoor dan outdoor. Semprotan plastiknya umumnya berbentuk sederhana. Namun, saat ini sudah banyak semprotan plastik dengan pilihan warna dan bentuk yang menarik.

Semprotan dari botol kaca dan berbentuk aesthetic, bisa jadi penghias interior

Semprotan dari botol kaca dan berbentuk aesthetic, bisa jadi penghias interior

Ada juga sprayer berbahan botol kaca antik dengan beragam motif dan bentuk. Bagi kalangan hobbies yang sangat mementingkan estetika ketika berkebun, sprayer ini dapat digunakan.


Sprayer semacam ini sempurna untuk kebutuhan indoor sekaligus bisa menjadi penghias interior ruangan. Tentunya semprotan tanaman antik ini kurang cocok untuk outdoor atau untuk menyemprot tanaman berjumlah banyak. Tipe ini lebih cocok untuk menyemprot tanaman kecil, seperti kaktus atau tanaman hias daun di dalam ruangan.

Pilih botol semprotan tanaman yang mudah digunakan

Dengan memilih botol yang tepat, Anda akan dimanjakan dengan kemudahan pemakaiannya. Perhatikan poin-poin memilih botol di bawah ini dengan saksama. 

Botol yang kokoh dan antiselip, tidak mudah goyah dan tumpah

Botol yang kokoh dan antiselip, tidak mudah goyah dan tumpah

Air dari sprayer yang terbuat dari bahan kaca biasanya akan tumpah saat dibalik. Jika menjatuhkannya tanpa sengaja, Anda pun harus kerja keras untuk membersihkannya. Terlebih bagi Anda yang memiliki anak kecil, pasti rawan sekali terkena pecahan kaca. Lebih gawat lagi jika sampai ada bahan kimia yang tumpah. 


Jadi, pilihlah botol sprayer yang stabil dan tidak mudah goyah. Pertimbangkan botol silinder atau botol kerucut dengan bagian bawah yang lebar. Permukaan bawah yang lebih lebar daripada bagian lehernya membuat botol lebih stabil ketika diletakkan. Selain itu, Anda juga bisa memilih bagian dasar yang antiselip agar tak mudah tergelincir dan jatuh.

Botol transparan atau botol dengan skala ukur, membuat isinya mudah dilihat

Botol transparan atau botol dengan skala ukur, membuat isinya mudah dilihat

Ada kalanya Anda akan dibuat khawatir dengan jumlah air yang tersisa di dalam botol sprayer tanaman. Namun, Anda pasti akan kerepotan jika harus bolak-balik membuka dan mengecek isinya. Hidup akan jauh lebih mudah jika Anda dapat melihat isi botol semprotan tanaman dari luar. Apabila di badan botol terdapat skala angka, Anda bisa lebih praktis mengukur volume air yang tersisa dalam botol.


Botol sprayer yang transparan dan memiliki skala memudahkan gardener ketika mengaplikasikan sesuatu kepada tanaman, misalnya pemberian pupuk. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencampur di gelas takar terlebih dahulu.

Semprotan dengan selang panjang, bisa menyemprot tanaman dari berbagai sudut

Semprotan dengan selang panjang, bisa menyemprot tanaman dari berbagai sudut

Menyemprot dari berbagai sudut tentu memudahkan gardener agar tidak perlu bersusah payah mengelilingi seluruh bagian tanaman supaya tersiram. Sprayer tanaman umumnya dapat digunakan dalam berbagai sudut atau angle untuk menyemprot bagian belakang daun


Lebih baik lagi jika sprayer dapat dipakai dalam posisi miring atau terbalik tanpa ada air yang tumpah. Perhatikan apakah selang botolnya lunak dan panjang hingga menyentuh dasar botol, serta terdapat beban di bagian ujung. Botol sprayer yang demikian biasanya bisa digunakan untuk menyemprot dari berbagai angle

Perhatikan kapasitas botol semprotan tanaman

Perhatikan kapasitas botol semprotan tanaman

Sebelum membeli, Anda harus memastikan berapa banyak air yang bisa ditampung di dalam botol sprayer. Jika berukuran kurang dari 1 liter, semprotan tanaman akan lebih mudah dipegang dan compact sehingga praktis digunakan. Tipe ini cocok dipakai oleh anak-anak atau perempuan yang bertenaga lemah. 


Di sisi lain, botol berkapasitas besar mencapai 2 liter pasti jauh lebih berat dan sulit digunakan. Namun, semprotan tanaman berkapasitas besar akan memudahkan Anda dalam menyemprot banyak tanaman. Hanya dalam satu waktu saja Anda dapat menyemprot tanaman dengan air dan bahan kimia sekaligus!

Cari yang tahan terhadap bahan kimia

Cari yang tahan terhadap bahan kimia

Tak bisa dimungkiri bahan kimia hortikultura menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari dunia berkebun. Pupuk cair, pembunuh kutu daun, dan bahan kimia lainnya harus diencerkan dengan air sebelum disemprotkan. 


Namun, ada banyak botol sprayer yang tidak tahan terhadap zat kimia. Jika dipaksakan, bahan kimia dapat merusak botol dan semprotan hingga tidak dapat digunakan lagi. Karena itu, pastikan botol sprayer dapat dipakai untuk menyemprot bahan kimia tertentu. Anda dapat membaca deskripsi produk semprotan tanamannya terlebih dahulu untuk melihat ketahanannya jika dipakai untuk mencampur pupuk.

Perhatikan pula nozzle atau bagian semprotannya

Dalam rangka merawat bunga dan sayuran, sangatlah penting untuk menyemprot bagian belakang daun dengan baik. Mulai saat ini Anda harus memperhatikan nozzle atau jenis semprotannya agar bisa menyemprot tanaman sesuai keinginan. 

Pilihan mode mist dan direct, arah sempotan bisa satu arah atau banyak arah

Pilihan mode mist dan direct, arah sempotan bisa satu arah atau banyak arah

Sebuah sprayer tanaman akan makin mudah digunakan jika ujung semprotannya dapat diatur ke mode mist atau embun. Mode pada sprayer tentu diperlukan untuk menyesuaikan semprotan air dengan kondisi tanaman. 


Tanaman yang masih kecil umumnya belum kuat di perakaran sehingga Anda perlu berhati-hati saat menyiram. Pilihan mode ini juga membantu agar media pada pot tanaman tidak mudah tumpah terbawa air saat disiram.


Terdapat dua tipe semprotan tanaman yang kami rekomendasikan, yaitu tipe mist dan direct, serta semprotan dengan stopper. Jika Anda memiliki stopper, kemungkinan bahan kimia tumpah di dalam ruangan sangatlah kecil. Anda pun dapat menyemprot meski terdapat anak kecil di rumah. 


  • Mode direct spray menghasilkan arah semprotan satu arah. Mode direct cocok untuk Anda yang ingin menyemprot di mana pun Anda mau. 

  • Mode mist spray membuat arah semburan menyebar ke segala arah dengan lembut. Mode mist cocok untuk penyemprotan rutin.  

Ujung spray yang panjang, lebih mudah menjangkau area sempit

Ujung spray yang panjang, lebih mudah menjangkau area sempit

Untuk tanaman yang padat populasinya, diperlukan perlakuan tertentu saat penyiraman. Jangan sampai bagian tengah dari suatu populasi tidak tersiram. Karena itu, Anda memerlukan tipe sprayer yang panjang yang dapat menjangkau area sempit hingga ke bawah.


Anda dapat menyemprot bagian belakang daun dengan kuat saat menggunakan spray panjang yang tidak memuntir terbalik saat dipakai. Air yang mengalir dari ujung spray akan mencapai target secara lembut. Tipe ini juga bisa dipakai sebagai spray biasa. Beberapa semprotan tanaman bahkan memiliki ujung spray panjang yang dapat dilepas. 

10 Rekomendasi semprotan tanaman terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk semprotan tanaman terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastusi, SP. 

10

IKEASESAMFRÖN Penyemprot Tanaman, Kaca Bening

604.881.87

Mulai dari Rp 49.900,00

Ukuran16 cm x 8 cm
SkalaX
Mode semprotanMist
BahanKaca
Pilihan kapasitas0,25 L
9

DeliAlat Semprotan Tanaman

DL581005X

Mulai dari Rp 37.000,00

Ukuran31,6 cm x 6 cm x 17,9 cm
SkalaX
Mode semprotanDirect, mist
BahanABS, PP
Pilihan kapasitas0,6 L
8

Botol Penyiram Tanaman Elektrik

Mulai dari Rp 140.000,00

UkuranTidak diketahui
SkalaAda
Mode semprotanDirect, mist
BahanABS, HDPE
Pilihan kapasitas1,5 L
7
Ukuran14,7 cm x 7,5 cm x 22,5 cm
SkalaX
Mode semprotanMist
BahanPlastik
Pilihan kapasitas0,5 L
6
Ukuran13,3 cm x 13,3 cm x 31,5 cm
SkalaAda
Mode semprotanDirect, mist
BahanPlastik
Pilihan kapasitas2 L
5

TaffwareTaffHOME Botol Spray Semprotan Tanaman Flairosol

Mulai dari Rp 75.800,00

Ukuran6 cm x 6 cm x 24,5 cm
SkalaX
Mode semprotanMist
BahanPET
Pilihan kapasitas0,3 L
4
UkuranTidak diketahui
SkalaAda
Mode semprotanDirect, miss
BahanPlastik
Pilihan kapasitas2 L
3
Ukuran13 cm x 13 cm x 29 cm
SkalaAda
Mode semprotanDirect, mist
BahanPlastik
Pilihan kapasitas1 L
2

Botol Spray Semprot Tanaman Serbaguna Shabby

Mulai dari Rp 6.498,00

Ukuran21 cm x 8 cm
SkalaX
Mode semprotanMist
BahanPlastik
Pilihan kapasitas0,4 L
1
UkuranTergantung varian
SkalaX
Mode semprotanDirect, mist
BahanPlastik
Pilihan kapasitas1 L, 1,5 L, 2 L

Tabel perbandingan produk semprotan tanaman terbaik

Gambar produk
1
Kyokan Sprayer 1

Kyokan

2
Botol Spray Semprot Tanaman Serbaguna Shabby 1

3
Lion Star Hand Sprayer 1

Lion Star

4
Procore Hand Sprayer 1

Procore

5
Taffware TaffHOME Botol Spray Semprotan Tanaman Flairosol 1

Taffware

6
Tasco Mist 2 Eco 1

Tasco

7
Claris Misty Spray 1

Claris

8
Botol Penyiram Tanaman Elektrik 1

9
Deli Alat Semprotan Tanaman 1

Deli

10
IKEA SESAMFRÖN Penyemprot Tanaman, Kaca Bening 1

IKEA

Nama produk

Sprayer

Botol Spray Semprot Tanaman Serbaguna Shabby

Hand Sprayer

Hand Sprayer

TaffHOME Botol Spray Semprotan Tanaman Flairosol

Mist 2 Eco

Misty Spray

Botol Penyiram Tanaman Elektrik

Alat Semprotan Tanaman

SESAMFRÖN Penyemprot Tanaman, Kaca Bening

Keunggulan

Aliran air kuat dan deras, banyak pilihan kapasitas

Murah meriah dengan pilihan warna pastel kekinian

Bahan plastik yang kuat untuk wadah aneka cairan

Dapat dipakai untuk menyemprotkan pupuk cair dan pestisida

Bentuk modern, hasil semburan berupa mist yang sangat halus

Penyemprot tanaman dan hama yang tahan panas hingga 35 °C

Bentuknya unik, bodi yang melengkung sangat nyaman digenggam

Tak perlu repot memompa sprayer lagi untuk menyiram tanaman

Sprayer premium berbahan tebal, tampilan kokoh

Semprotan tanaman aesthetic untuk mempercantik taman indoor di rumah!

Harga mulai dariRp 28.000,00Rp 6.498,00Rp 32.200,00Rp 30.000,00Rp 75.800,00Rp 80.000,00Rp 46.000,00Rp 140.000,00Rp 37.000,00Rp 49.900,00
UkuranTergantung varian21 cm x 8 cm13 cm x 13 cm x 29 cmTidak diketahui6 cm x 6 cm x 24,5 cm13,3 cm x 13,3 cm x 31,5 cm14,7 cm x 7,5 cm x 22,5 cmTidak diketahui31,6 cm x 6 cm x 17,9 cm16 cm x 8 cm
SkalaXXAdaAdaXAdaXAdaXX
Mode semprotanDirect, mistMistDirect, mistDirect, missMistDirect, mistMistDirect, mistDirect, mistMist
BahanPlastikPlastikPlastikPlastikPETPlastikPlastikABS, HDPEABS, PPKaca
Pilihan kapasitas1 L, 1,5 L, 2 L0,4 L1 L2 L0,3 L2 L0,5 L1,5 L0,6 L0,25 L
Tautan produk

Pertimbangkan botol berbahan PET untuk menyemprot bahan kimia

Pertimbangkan botol berbahan PET untuk menyemprot bahan kimia

Ketika Anda ingin menyemprot bahan kimia, botol sprayer biasa tidak akan berfungsi dengan baik. Pada kondisi seperti ini kami sarankan Anda untuk membuat botol sprayer sendiri! 


Anda hanya membutuhkan botol semprotan tanaman berbahan PET berukuran 500 ml dan ujung spray berbahan khusus. Bahan PET cocok dipilih karena bisa didaur ulang. Anda hanya perlu mencucinya bersama dengan ujung spray setelah selesai digunakan. 


Tips ini sangat cocok untuk Anda yang sering menggunakan bahan kimia saat berkebun. Anda yang ingin memakai satu sprayer untuk setiap jenis bahan kimia juga bisa mencoba membuatnya.

Baca juga rekomendasi tanaman hias di sini

Apakah Anda tertarik menghias rumah dengan tanaman? Anda dapat memilih aneka jenis tanaman hias yang dapat diletakkan di dalam rumah. Lantas apa saja jenis tanaman hias yang bisa dipilih? Berikut ini rekomendasinya. 

Kesimpulan

Semprotan tanaman atau sprayer tanaman yang dijual di e-commerce sangatlah beragam. Temukan semprotan tanaman berdasarkan tipe, kemudahan pemakaian, dan kapasitas cairan yang dapat ditampung. 


Ada pula sprayer dengan pengaturan mode semprotan yang dapat disesuaikan dengan kondisi tanaman. Sprayer elektrik yang multifungsi juga akan memudahkan pekerjaan menyiram tanaman di rumah. Jadikan tips memilih dan rekomendasi produk dari kami sebagai referensi. Selamat berkebun!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pupuk kalium klorida atau pupuk KCl adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Terdapat beberapa jenis pupuk KCl di pasaran dalam bentuk serbuk kristal atau cair. Fungsi pupuk KCl di antaranya adalah untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan lain-lain.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Harga bibit strawberry beserta jenis strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan berkebun, baik itu menanam buah, bunga, maupun sayur, tidak bisa terlepas dari kebutuhan akan pupuk. Salah satu pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk NPK. Dengan memberikan pupuk NPK secara teratur, tanaman akan subur, cepat berbunga, dan berbuah lebat.Kami akan membahas cara memilih pupuk NPK yang bagus untuk semua jenis tanaman. Beberapa merek juga akan kami rekomendasikan, seperti pupuk merek Pak Tani, Mutiara, DGW, Meroke, dan yang lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Temukan pupuk NPK terbaik untuk tanaman Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori