• 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. 


Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Rina Susanti
  • Pembaharuan terakhir: 10 November 2020
  • 24.881 Views
Daftar isi

Cara memilih sprayer tanaman

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih sprayer tanaman. Secara garis besar, kami akan memaparkan tips memilih sprayer yang mudah digunakan. Selain itu, ada pula rekomendasi produk yang unggul dari segi desain. Ini dia ulasan selengkapnya!

Perhatikan tipe sprayer tanaman

Sprayer tanaman dibedakan menjadi dua jenis yaitu produk fungsional yang mudah digunakan untuk indoor dan outdoor, serta produk untuk indoor yang unggul dari segi desain. Sebelum membeli, silakan putuskan tipe mana yang Anda sukai. 

Jika ingin multifungsi, pilih sprayer plastik yang fungsional

Jika ingin multifungsi, pilih sprayer plastik yang fungsional

Tipe sprayer yang fungsional biasanya berbentuk penyemprot plastik dan tuas yang menyambung langsung dengan wadah atau botol plastik. Tipe ini tersedia dalam banyak varian. Beberapa dapat dipakai untuk menyemprot cairan kimia dan ada juga yang menggunakan baterai. Secara garis besar, tipe ini dapat digunakan untuk indoor dan outdoor. Namun, tak ada gading yang tak retak. Tipe ini biasanya kurang menarik dipandang mata karena desainnya lebih condong ke fungsi daripada estetika.

Jika mengutamakan desain, pilih sprayer berdesain stylish yang bagus untuk interior

Jika mengutamakan desain, pilih sprayer berdesain stylish yang bagus untuk interior

Ada juga sprayer berbentuk botol kaca antik yang dirancang modis dengan beragam warna. Sprayer semacam ini sempurna untuk kebutuhan indoor sekaligus bisa menjadi penghias interior ruangan. Tentunya, tipe ini kurang cocok untuk outdoor atau untuk menyemprot tanaman berjumlah banyak. Tipe ini lebih cocok untuk menyemprot tanaman kecil seperti kaktus atau tanaman hias daun di dalam ruangan. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang mengutamakan desain.

Pilih botol sprayer yang mudah digunakan

Dengan memilih botol yang tepat, Anda akan dimanjakan dengan kemudahan pemakaiannya. Perhatikan poin-poin memilih botol di bawah ini dengan saksama. 

Cari botol yang stabil dan tidak mudah goyah

Cari botol yang stabil dan tidak mudah goyah

Air dari sprayer yang terbuat dari bahan kaca biasanya akan tumpah saat dibalik. Jika menjatuhkannya tanpa sengaja, Anda pun harus kerja keras untuk membersihkannya. Terlebih lagi, bagi Anda yang memiliki anak kecil pasti rawan sekali terkena pecahan kaca. Lebih gawat lagi jika sampai ada bahan kimia yang tumpah. 


Oleh karenanya, pilihlah botol sprayer yang stabil dan tidak mudah goyah. Anda bisa mempertimbangkan botol silinder atau botol kerucut dengan bagian bawah yang lebar. Pasalnya, botol jenis ini jauh lebih stabil dibandingkan botol pada umumnya. 

Agar isinya mudah dilihat, pilih yang transparan atau memiliki skala

Agar isinya mudah dilihat, pilih yang transparan atau memiliki skala

Ada kalanya, Anda akan dibuat khawatir dengan jumlah air yang tersisa di dalam botol sprayer tanaman. Namun, Anda pasti akan kerepotan jika harus bolak-balik membuka dan mengecek isinya. Namun, hidup akan jauh lebih mudah jika Anda dapat melihat isi botol dari luar. Jika di badan botol terdapat skala angka, Anda bisa lebih praktis mengukur jumlah volume air yang tersisa di dalam botol.

Cek apakah sprayer bisa menyemprot dari berbagai sudut

Cek apakah sprayer bisa menyemprot dari berbagai sudut

Sprayer tanaman umumnya dapat digunakan dalam berbagai sudut atau angle untuk menyemprot bagian belakang daun. Lebih baik lagi jika sprayer dapat dipakai dalam posisi miring atau terbalik tanpa ada air yang tumpah. Perhatikan apakah selang botolnya lunak dan panjang hingga menyentuh dasar botol, serta terdapat beban di bagian ujung. Apabila demikian, biasanya botol sprayer tersebut bisa digunakan untuk menyemprot dari berbagai angle

Perhatikan kapasitas botol

Perhatikan kapasitas botol

Sebelum membeli, Anda harus memastikan berapa banyak air yang bisa ditampung di dalam botol sprayer. Jika hanya sedikit air, botol akan lebih mudah dipegang dan compact sehingga praktis digunakan. Tipe ini cocok dipakai oleh anak-anak atau perempuan yang bertenaga lemah. 


Di sisi lain, botol dengan kapasitas besar mencapai 1 liter pasti jauh lebih berat dan sulit digunakan. Namun, tipe yang berkapasitas besar akan memudahkan Anda dalam menyemprot banyak tanaman. Hanya dalam satu waktu saja, Anda dapat menyemprot tanaman dengan air dan bahan kimia sekaligus!

Cari yang tahan terhadap bahan kimia

Cari yang tahan terhadap bahan kimia

Tak bisa dimungkiri, bahan kimia hortikultura menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari dunia berkebun. Pupuk cair, pembunuh kutu daun, dan bahan kimia lainnya harus diencerkan dengan air sebelum disemprotkan. 


Namun, ada banyak botol sprayer yang tidak tahan terhadap zat kimia. Jika dipaksakan, bahan kimia ini dapat merusak botol dan semprotan hingga tidak dapat digunakan lagi. Oleh karena itu, pastikan botol sprayer pilihan Anda dapat dipakai untuk menyemprot bahan kimia tertentu. 

Perhatikan pula nozzle atau bagian semprotannya

Dalam rangka merawat bunga dan sayuran, sangatlah penting untuk menyemprot bagian belakang daun dengan baik. Mulai saat ini, Anda harus memperhatikan nozzle atau jenis semprotannya agar bisa menyemprot tanaman sesuai keinginan. 

Pilih yang ujung semprotannya bisa diubah ke mode mist

Pilih yang ujung semprotannya bisa diubah ke mode mist

Sebuah sprayer tanaman akan makin mudah digunakan jika ujung semprotan dapat diatur ke mode mist atau embun. Secara garis besar, terdapat dua tipe semprotan yang kami rekomendasikan yaitu tipe mist dan direct, serta produk dengan stopper


Terlebih lagi, jika Anda memiliki stopper, kemungkinan bahan kimia tumpah di dalam ruangan sangatlah kecil. Anda pun dapat menyemprot meski terdapat anak kecil di rumah. Di sisi lain, mode direct spray cocok untuk Anda yang ingin menyemprot di mana pun Anda mau. Sementara itu, mode mist spray cocok untuk penyemprotan rutin.  

Pilih ujung spray yang panjang untuk menjangkau area sempit

Pilih ujung spray yang panjang untuk menjangkau area sempit

Anda dapat menyemprot bagian belakang daun dengan kuat saat menggunakan spray panjang yang tidak akan memuntir terbalik saat dipakai. Air yang mengalir dari ujung spray akan mencapai target secara lembut. Tipe ini juga bisa dipakai sebagai spray biasa dan beberapa memiliki ujung spray panjang yang dapat dilepas. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sprayer tanaman terbaik

Berikut ini daftar produk sprayer tanaman terbaik yang praktis digunakan. Beberapa produk bahkan memiliki desain yang memanjakan mata. Anda pun bebas memilih sesuai dengan keperluan. Apakah lebih fokus pada fungsi atau hanya pada desain? Kalau memungkinkan, silakan memilih keduanya! 

10

H.D. HudsonPlanter Mist Sprayer

69141

Rp 188.000,00

UkuranTidak diketahui
Skala✔︎
Mode semprotanMist
BahanHDPE
Kapasitas1,25 L
9
Ukuran19,5 cm x 5 cm
SkalaX
Mode semprotanTidak diketahui
BahanPlastik
KapasitasTidak diketahui
8

Pressure Gardening Bottle Tool Sprayer

Rp 262.060,00

UkuranTinggi 28,5 cm
Skala✔︎
Mode semprotanStrong pressure, adjustable
BahanPlastik PP
Kapasitas2 L
7
Ukuran15 cm x 8,5 cm
SkalaX
Mode semprotanMist
BahanPlastik PP + PET
Kapasitas0,35 L
6

Green LandSprayer Perlengkapan Taman 1 L

GL 05-602

Rp 120.000,00

Ukuran30 cm x 15 cm x 15 cm
SkalaX
Mode semprotanPressure, adjustable
BahanPlastik
Kapasitas1 L
5
Ukuran38 cm x 9,5 cm x 29 cm
Skala✔︎
Mode semprotanMist
BahanPlastik
Kapasitas1,8 L
4
UkuranTidak diketahui
Skala✔︎
Mode semprotanPressure
BahanPlastik
Kapasitas0,946 L
3

XiaomiYoupin Yijie Time-lapse Sprayer Bottle

YG-01

Rp 71.000,00

Ukuran25 cm x 5,3 cm x 5,3 cm
SkalaTidak diketahui
Mode semprotanMist
BahanPET
Kapasitas0,3 L
2
Ukuran15 cm x 6 cm x 6 cm
SkalaX
Mode semprotanTidak diketahui
BahanKaca
Kapasitas0,25 L
1
Ukuran17,5 cm x 17,5 cm x 54 cm
Skala✔︎
Mode semprotanDirect, mist
BahanPlastik
Kapasitas2 L

Tabel perbandingan produk sprayer tanaman terbaik

Gambar produk
1
Tasco Mist 2 Eco Sprayer 1

Tasco

2
Retro Style Watering Kettle 1

3
Xiaomi Youpin Yijie Time-lapse Sprayer Bottle 1

Xiaomi

4
Epic Heavy Duty Spray Botol Plastik 1

Epic

5
Claris Pot Siram Vita Hydration  1

Claris

6
Green Land Sprayer Perlengkapan Taman 1 L 1

Green Land

7
ABH Retro Pumpkin Shape Watering Bottle  1

8
Pressure Gardening Bottle Tool Sprayer 1

9
Bella Spina Sprayer with Lock System 1

Bella Spina

10
H.D. Hudson Planter Mist Sprayer 1

H.D. Hudson

Nama produk

Mist 2 Eco Sprayer

Retro Style Watering Kettle

Youpin Yijie Time-lapse Sprayer Bottle

Heavy Duty Spray Botol Plastik

Pot Siram Vita Hydration

Sprayer Perlengkapan Taman 1 L

ABH Retro Pumpkin Shape Watering Bottle

Pressure Gardening Bottle Tool Sprayer

Sprayer with Lock System

Planter Mist Sprayer

Keunggulan

Produk bestseller Tasco yang tahan panas hingga 35°C

Desainnya fancy untuk mempercantik dekorasi rumah!

Hanya dengan usaha minimal, dapatkan hasil maksimal

Tahan kimia solven! Dapat dipakai untuk menyemprot aneka jenis bahan kimia

Bentuknya unik banget! Cocok juga untuk hadiah ultah!

Meski kapasitas besar, beratnya ringan, lho!

Not just a pretty face, bisa untuk semprot tanaman dan rambut!

Dilengkapi pressure bar berbentuk lingkaran yang gampang diatur

Bisa dikunci dan tak rawan tumpah

Lebih dari sekadar menyemprot bunga!

HargaRp 65.000,00Rp 97.000,00Rp 71.000,00Rp 153.000,00Rp 46.000,00Rp 120.000,00Rp 32.400,00Rp 262.060,00Rp 25.000,00Rp 188.000,00
Ukuran17,5 cm x 17,5 cm x 54 cm15 cm x 6 cm x 6 cm25 cm x 5,3 cm x 5,3 cm Tidak diketahui38 cm x 9,5 cm x 29 cm30 cm x 15 cm x 15 cm15 cm x 8,5 cmTinggi 28,5 cm19,5 cm x 5 cm Tidak diketahui
Skala✔︎XTidak diketahui✔︎✔︎XX✔︎X✔︎
Mode semprotanDirect, mistTidak diketahuiMistPressureMistPressure, adjustableMistStrong pressure, adjustableTidak diketahuiMist
BahanPlastikKacaPETPlastikPlastikPlastikPlastik PP + PETPlastik PPPlastikHDPE
Kapasitas2 L0,25 L0,3 L0,946 L1,8 L1 L0,35 L2 LTidak diketahui1,25 L
Tautan produk

Pertimbangkan botol berbahan PET untuk menyemprot bahan kimia

Pertimbangkan botol berbahan PET untuk menyemprot bahan kimia

Ketika Anda ingin menyemprot bahan kimia, botol sprayer biasa tidak akan berfungsi dengan baik. Pada kondisi seperti ini, kami sarankan Anda untuk membuat botol sprayer sendiri! Anda hanya membutuhkan botol berbahan PET berukuran 500 ml dan ujung spray berbahan khusus. Botol jenis ini dapat dipakai ulang, lho. Anda hanya perlu mencucinya bersama dengan ujung spray setelah selesai digunakan. Tips ini sangat cocok untuk Anda yang sering menggunakan bahan kimia saat berkebun, terutama jika Anda ingin memakai satu sprayer untuk setiap jenis bahan kimia.  

Baca juga rekomendasi produk tanaman hias terbaik di sini!

Apakah Anda tertarik menghias rumah dengan tanaman? Anda dapat memilih aneka jenis tanaman hias yang dapat diletakkan di dalam rumah. Lantas, apa saja jenis tanaman hias yang bisa dipilih? Berikut ini rekomendasinya. 

Kesimpulan

Sprayer tanaman yang dijual di online shop sangatlah beragam. Entah berorientasi pada fungsi ataupun tampilan, pastikan Anda memilih yang terbaik. Sebelum itu, tanyakan pada diri sendiri produk seperti apa yang paling Anda butuhkan? 


Selain untuk semprotan tanaman, cobalah mencari tahu fungsi lainnya dari sprayer yang Anda incar. Siapa tahu, sprayer yang Anda sukai ternyata sangat multifungsi, bukan? 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    156.814 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
    59.399 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2020)
    Tanaman hias yang mudah dirawat seperti sikas dan monstera sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?
    Kebun & luar ruangan
    33.458 Views
  • 10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jemuran baju merupakan barang yang mudah ditemukan di tiap rumah. Dengan menggunakan jemuran baju, Anda bisa mengeringkan beragam cucian tanpa memakan banyak tempat. Meski begitu, ada juga orang yang merasa tidak puas terhadap produk jemuran baju pilihannya karena berbagai faktor.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jemuran baju kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi jemuran baju terbaik, seperti merek IKEA, LIVEO, dan Krisbrow. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai jemuran baju dengan ukuran, harga, bentuk, dan spesifikasi berbeda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    39.651 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Janda Bolong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Janda Bolong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Belakangan ini, masyarakat sedang dihebohkan dengan tanaman hias bernama janda bolong. Sebenarnya, nama tanaman ini sudah mulai naik dari 2018. Namun, puncak kehebohannya bisa dibilang baru mulai akhir-akhir ini. Harganya bahkan bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah di pasaran. Lalu, apa sebenarnya tanaman janda bolong itu?Agar Anda bisa membedakan jenis tanaman janda bolong, kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Beberapa jenis tanaman janda bolong, seperti Monstera adansonii, Monstera borsigiana, dan Monstera deliciosa juga ada di rekomendasinya. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak kelewatan!
    Kebun & luar ruangan
    2.092 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Merambat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Merambat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Popularitas tanaman merambat terus meningkat saat hunian bergaya minimalis muncul. Selain dijadikan hiasan, tanaman merambat biasanya difungsikan sebagai penyaring udara dan penghalang sinar matahari. Beberapa jenis tanaman merambat bahkan dapat berfungsi sebagai apotek hidup, lho!Sirih, dolar rambat, dan Syngonium wendlandii merupakan beberapa contoh tanaman merambat yang disukai banyak orang. Jenisnya pun banyak, mulai dari tanaman rambat gantung, rambat dinding, dan rambat hias. Namun, sebelum memutuskan membeli tanaman rambat, ketahui cara memilih tanaman merambat terbaik, yuk!
    Kebun & luar ruangan
    434 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori