• 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Lalu, harus pilih yang mana? 


Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Mulai dari desain sederhana yang bisa dipakai dalam waktu lama sampai desain antik berkelas ada di sini. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!

  • Pembaharuan terakhir: 09 Januari 2020
  • 10.876 Views
Daftar isi

Cara memilih sprayer tanaman

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih sprayer tanaman. Secara garis besar, kami akan memaparkan tips memilih sprayer yang mudah digunakan. Selain itu, ada pula rekomendasi produk yang unggul dari segi desain. Ini dia ulasan selengkapnya!

Perhatikan tipe sprayer tanaman

Sprayer tanaman dibedakan menjadi dua jenis yaitu produk fungsional yang mudah digunakan untuk indoor dan outdoor, serta produk untuk indoor yang unggul dari segi desain. Sebelum membeli, silakan putuskan tipe mana yang Anda sukai. 

Jika ingin multifungsi, pilih sprayer plastik yang fungsional

Tipe sprayer yang fungsional biasanya berbentuk penyemprot plastik dan tuas yang menyambung langsung dengan wadah atau botol plastik. Tipe ini tersedia dalam banyak varian. Beberapa dapat dipakai untuk menyemprot cairan kimia dan ada juga yang menggunakan baterai. Secara garis besar, tipe ini dapat digunakan untuk indoor dan outdoor. Namun, tak ada gading yang tak retak. Tipe ini biasanya kurang menarik dipandang mata karena desainnya lebih condong ke fungsi daripada estetis.

Jika mengutamakan desain, pilih sprayer berdesain stylish yang bagus untuk interior

Jika mengutamakan desain, pilih sprayer berdesain stylish yang bagus untuk interior

Ada juga sprayer berbentuk botol kaca antik yang dirancang modis dengan beragam warna. Sprayer semacam ini sempurna untuk kebutuhan indoor sekaligus bisa menjadi penghias interior ruangan. Tipe ini kurang cocok untuk outdoor atau untuk menyemprot tanaman berjumlah banyak. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang mengutamakan desain dan untuk menyemprot tanaman kecil seperti kaktus atau houseplants di dalam ruangan.   

Pilih botol sprayer yang mudah digunakan

Dengan memilih botol yang tepat, Anda akan dimanjakan dengan kemudahan pemakaiannya. Perhatikan poin-poin memilih botol di bawah ini dengan saksama. 

Cari botol yang stabil dan tidak mudah goyah

Cari botol yang stabil dan tidak mudah goyah

Air dari sprayer yang terbuat dari bahan kaca biasanya akan tumpah saat dibalik. Jika Anda menjatuhkannya tanpa sengaja, Anda pun harus kerja keras untuk membersihkannya. Ditambah lagi jika Anda memiliki anak kecil, pasti rawan sekali terkena pecahan kaca. Lebih gawat lagi, jika sampai ada bahan kimia yang tumpah. 


Oleh karenanya, pilihlah botol sprayer yang stabil dan tidak mudah goyah. Anda bisa mempertimbangkan botol silinder atau botol kerucut dengan bagian bawah yang lebar. Pasalnya, botol jenis ini jauh lebih stabil dibandingkan botol pada umumnya. 

Agar isinya mudah dilihat, pilih yang transparan atau memiliki skala

Ada kalanya, Anda akan dibuat khawatir dengan jumlah air yang tersisa di sprayer tanaman. Namun, pasti akan sangat merepotkan jika Anda harus bolak-balik mengecek isinya. Hidup Anda akan jauh lebih mudah jika dapat melihat isi botol. Jika di badan botolnya terdapat skala angka, Anda bisa lebih praktis mengukur jumlah volume air yang tersisa di dalam botol.

Cek apakah bisa menyemprot dari berbagai sudut

Sprayer tanaman umumnya dapat digunakan dalam berbagai sudut atau angle untuk menyemprot bagian belakang daun. Lebih baik lagi jika sprayer tersebut dapat dipakai meski dalam posisi miring atau terbalik tanpa ada air yang tumpah. Perhatikan apakah selang botolnya lunak dan panjang hingga menyentuh dasar botol, serta terdapat beban di bagian ujung. Apabila demikian, biasanya botol sprayer tersebut bisa digunakan untuk menyemprot dari berbagai angle

Perhatikan kapasitas botol

Perhatikan kapasitas botol

Sebelum membeli, pastikan berapa banyak air yang bisa ditampung di dalam botol sprayer. Jika hanya sedikit air, botol akan lebih mudah dipegang dan compact sehingga praktis digunakan. Tipe ini cocok dipakai oleh anak-anak atau perempuan yang bertenaga lemah. Di sisi lain, botol dengan kapasitas besar mencapai 1 liter pasti jauh lebih berat dan sulit digunakan. Namun, tipe yang berkapasitas besar akan lebih membantu Anda saat harus menyemprot banyak tanaman. Hanya dalam satu waktu saja, Anda dapat menyemprot tanaman dengan air dan bahan kimia sekaligus!

Cari yang tahan terhadap bahan kimia

Cari yang tahan terhadap bahan kimia

Tak bisa dimungkiri, bahan kimia hortikultura menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari dunia berkebun. Pupuk cair, pembunuh kutu daun, dan bahan kimia lainnya harus diencerkan dengan air sebelum disemprotkan. Namun, ada banyak botol sprayer yang tidak tahan terhadap zat kimia. Jika dipaksakan maka dapat merusak botol dan semprotan tidak lagi dapat digunakan. Oleh karena itu, pastikan botol sprayer pilihan Anda dapat dipakai untuk menyemprot bahan kimia tertentu. 

Perhatikan pula nozzle atau bagian semprotannya

Dalam rangka merawat bunga dan sayuran, sangatlah penting untuk menyemprot bagian belakang daun dengan baik. Mulai saat ini, Anda harus memperhatikan nozzle atau jenis semprotannya agar bisa menyemprot tanaman sesuai keinginan. 

Pilih yang ujung semprotannya bisa diubah ke mode mist

Sebuah sprayer tanaman akan makin mudah digunakan jika ujung semprotannya dapat diatur ke mode mist atau embun. Khususnya, terdapat beberapa tipe semprotan yaitu jenis mist dan direct, serta stopper yang kami rekomendasikan. Terlebih lagi, jika Anda memiliki stopper, kemungkinan bahan kimia tumpah di dalam ruangan sangatlah kecil. Anda pun dapat menyemprot meski terdapat anak kecil di rumah. Di sisi lain, mode direct spray cocok untuk Anda yang ingin menyemprot di mana pun Anda mau, sedangkan mode mist spray cocok untuk penyemprotan rutin.  

Pilih ujung spray yang panjang untuk menjangkau area sempit

Anda dapat menyemprot bagian belakang daun dengan kuat saat menggunakan spray panjang yang tidak akan memuntir terbalik dalam keadaan disemprotkan. Air yang mengalir dari ujung spray akan mencapai target secara lembut. Sebagai informasi tambahan, tipe ini juga bisa dipakai sebagai spray biasa dan beberapa juga dapat dilepas. 

10 Rekomendasi sprayer tanaman terbaik

Berikutnya, terdapat daftar produk sprayer tanaman yang praktis digunakan. Sebagian memiliki desain yang memanjakan mata. Anda pun bebas memilih sesuai dengan keperluan, apakah lebih fokus pada fungsi atau hanya pada desain. Kalau memungkinkan, silakan memilih keduanya! 

10
Ukuran45 cm x 15 cm x 15 cm
Skala×
Mode semprotanMist, direct
BahanPlastik
9

Pressure Gardening Bottle Tool Sprayer

Rp 229.000,00

UkuranTinggi 28,5 cm
Skala✔︎
Mode semprotanStrong pressure, adjustable
BahanPP
8
Ukuran12 cm x 8 cm x 20 cm
Skala×
Mode semprotanMist, direct
BahanPlastik
7
Ukuran13,3 cm x 13,3 cm x 31,5 cm
Skala×
Mode semprotanMist
BahanPlastik
6
Ukuran 9,5 cm x 6 cm x 21 cm
Skala×
Mode semprotanTidak diketahui
BahanPlastik
5

Green LandSprayer Perlengkapan Taman 1 L

GL 05-602

Rp 96.000,00

Ukuran30 cm x 15 cm x 15 cm
Skala×
Mode semprotanPressure, adjustable
BahanPlastik
4

ClarisPot Siram Vita Hydration Alat Semprot Tanaman

5959

Rp 38.610,00

Ukuran38 cm x 9,5 cm x 29 cm
Skala✔︎
Mode semprotanTidak diketahui
BahanPlastik
3
Ukuran15 cm x 6 cm x 6 cm
Skala×
Mode semprotanTidak diketahui
BahanKaca
2
Ukuran21,5 cm x 9,1 cm
Skala×
Mode semprotanTidak diketahui
BahanPlastik HDPE
1
UkuranPanjang 19 cm dan diameter 6,5 cm
Skala×
Mode semprotanSemprotan uap dan semprotan air yang agak besar
BahanPET Plastik Karet

Tabel perbandingan produk sprayer tanaman terbaik

Gambar produk
1
Water Sprayer  1

2
D-R Original  Sprayer  1

D-R Original

3
Retro Style Watering Kettle 1

4
Claris Pot Siram Vita Hydration Alat Semprot Tanaman 1

Claris

5
Green Land Sprayer Perlengkapan Taman 1 L 1

Green Land

6
Kenmaster Bottle Sprayer (500 ML) 1

Kenmaster

7
Tasco Sprayer 2 L 1

Tasco

8
Master Sprayer 1/2 L 1

Master

9
Pressure Gardening Bottle Tool Sprayer 1

10
KENMASTER Botol Sprayer 2000 ml 1

KENMASTER

Nama produk

Water Sprayer

Sprayer

Retro Style Watering Kettle

Pot Siram Vita Hydration Alat Semprot Tanaman

Sprayer Perlengkapan Taman 1 L

Bottle Sprayer (500 ML)

Sprayer 2 L

Sprayer 1/2 L

Pressure Gardening Bottle Tool Sprayer

Botol Sprayer 2000 ml

KeunggulanCapek bolak-balik ganti spr...Bisa beli banyak botol seka...Desainnya fancy untuk mempe...Bentuknya unik banget! Coco...Meski kapasitas besar, bera...Tak hanya untuk berkebun, s...Bukan abal-abal! Semprotan ...Pilihan terbaik untuk menye...Dilengkapi pressure bar ber...Sprayer multifungsi yang di...
HargaRp 14.000,00Rp 10.000,00Rp 62.560,00Rp 38.610,00Rp 96.000,00Rp 8.900,00Rp 55.000,00Rp 12.232,00Rp 229.000,00Rp 57.000,00
UkuranPanjang 19 cm dan diameter 6,5 cm 21,5 cm x 9,1 cm 15 cm x 6 cm x 6 cm38 cm x 9,5 cm x 29 cm30 cm x 15 cm x 15 cm 9,5 cm x 6 cm x 21 cm13,3 cm x 13,3 cm x 31,5 cm12 cm x 8 cm x 20 cmTinggi 28,5 cm45 cm x 15 cm x 15 cm
Skala×××✔︎××××✔︎×
Mode semprotanSemprotan uap dan semprotan air yang agak besar Tidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiPressure, adjustableTidak diketahuiMistMist, directStrong pressure, adjustableMist, direct
BahanPET Plastik KaretPlastik HDPEKacaPlastikPlastikPlastikPlastikPlastikPPPlastik
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk tanaman hias terbaik di sini!

Apakah Anda tertarik untuk menghias rumah dengan tanaman? Anda dapat memilih aneka jenis tanaman hias yang dapat diletakkan di dalam rumah. Lantas, apa saja jenis tanaman hias yang bisa dipilih? Berikut ini rekomendasinya. 

Kesimpulan

Sprayer tanaman yang dijual di online shop sangatlah beragam. Entah berorientasi pada fungsi ataupun tampilan, pastikan Anda memilih yang terbaik. Sebelum itu, tanyakan pada diri sendiri produk seperti apa yang paling Anda butuhkan. Selain untuk semprotan tanaman, cobalah mencari tahu fungsi lainnya dari sprayer yang Anda incar. Mungkin saja sprayer yang Anda sukai ternyata sangat multifungsi, bukan? 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself (DIY).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!
    DIY & tools
    78.926 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi mungkin kurang kuat dibanding memakai lem logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Merek yang sudah populer seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, dan Dextone pun ada, lho. Selamat membaca!
    DIY & tools
    60.612 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    DIY & tools
    33.837 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, terdapat banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    DIY & tools
    8.609 Views
  • 10 Rekomendasi Pengasah Pisau Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengasah Pisau Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat pisau yang Anda miliki mulai tumpul, Anda memerlukan pengasah pisau untuk mengembalikan ketajamannya. Pada zaman dahulu, pengasah pisau hanya berupa batu asahan. Namun, kini juga ada pengasah pisau dalam bentuk stick, portable, bahkan elektrik.Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan berbagai pengasah pisau yang populer seperti Kleva, Tanica, Sharp, Surmene, Ikea, Victorinox, dengan membandingkan harga dan jenisnya. Pengasah pisau ini bisa Anda dapatkan secara mudah di online store langganan Anda. Mari buat momen memasak menjadi menyenangkan karena pisau-pisau Anda sudah kembali tajam!
    DIY & tools
    19.081 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin serut kayu yang biasa disebut juga mesin ketam atau planer berguna untuk menghaluskan permukaan kayu yang tidak rata. Dengan begitu, proses finishing kayu pun menjadi lebih mudah. Meski begitu, banyaknya mesin serut kayu yang berbeda spesifikasi satu sama lain mungkin bisa membuat Anda bingung memilih.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi mesin serut kayu terbaik. Anda akan menemukan berbagai produk keluaran Bosch, AEG, Makita, dan sebagainya di sini. Pilihlah produk yang paling sesuai kebutuhan agar pekerjaan Anda semakin cepat selesai!
    DIY & tools
    19.873 Views
  • 10 Rekomendasi Gunting Potong Rambut Terbaik untuk Dipakai Sendiri (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gunting Potong Rambut Terbaik untuk Dipakai Sendiri (Terbaru Tahun 2020)
    Mungkin agak merepotkan bila harus pergi ke salon atau barbershop misalnya hanya untuk memotong poni saja. Apalagi bagi Anda yang tidak begitu terbiasa atau bahkan tidak punya waktu untuk menyempatkan pergi ke salon, memotong rambut sendiri di rumah tentu lebih ekonomis.Namun, jenis gunting seperti apa yang cocok digunakan? Nah, kali ini kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh gunting potong rambut terbaik untuk dipakai sendiri. Gunting yang mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun kini telah banyak dijual di pasaran, lho!
    DIY & tools
    15.901 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori