mybest
Apron & celemek

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Rekomendasi Celemek Pinggang Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Celemek Pinggang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Celemek Pinggang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Celemek Pinggang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Celemek Pinggang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Celemek Pinggang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Celemek Pinggang Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Celemek atau apron pinggang tak hanya berfungsi untuk menjaga pakaian tetap bersih saat memasak. Ada kalanya orang memakai apron pinggang karena alasan estetis. Anda yang bekerja di kafe atau restoran bisa menyempurnakan penampilan dengan memakai apron pinggang yang profesional dan trendy.  


Namun, saat scrolling di online shop, pasti banyak sekali tipe apron pinggang yang muncul di  Anda. Tak perlu bingung, kami akan memberikan daftar rekomendasi apron pinggang terbaik dari pelbagai merek yang bagus. Di antaranya, ada IKEA, MUCHEF, dan masih banyak lagi. Silakan memilih apron pinggang yang sesuai selera Anda!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu apron?

Apa itu apron?

Apron atau celemek adalah kain yang dilingkarkan pada badan, fungsinya untuk melindungi pakaian dari noda. Apron tidak hanya dipakai untuk memasak, melainkan juga digunakan oleh pengrajin tanah liat, barista, hairstylist di salon, dan sebagainya


Apron memiliki beragam bentuk. Ada yang menutupi seluruh badan bagian depan, ada juga yang hanya menutupi area pinggang ke bawah. Lalu, produk yang bentuknya menyerupai rompi pun akan Anda temukan. Akan tetapi, pada kesempatan ini secara khusus kami akan membahas apron pinggang. 

Cara memilih celemek pinggang

Bisa jadi Anda membutuhkan apron untuk memasak, berkebun, atau bekerja di kafe. Jadikan tips kami berikut ini sebagai panduan menemukan apron pinggang yang sesuai dengan tujuan Anda!

1

Kenali bahannya

Bahan apron pinggang adalah hal penting yang perlu Anda cermati. Dengan memilih bahan yang tepat, Anda akan merasa nyaman mengenakan apron pinggang selama berjam-jam.

Katun/poliester: mudah dicuci

Katun/poliester: mudah dicuci
Sumber: ikea.co.id

Katun atau poliester merupakan bahan yang paling sering digunakan oleh produsen untuk membuat pakaian. Tidak aneh mengingat apron pinggang dengan bahan ini mudah dicuci, baik dengan cara manual maupun dengan menggunakan mesin cuci.


Meskipun kedua bahan ini sering dikombinasikan, tetapi katun dan poliester memiliki sedikit perbedaan. Bahan poliester tidak mudah berkerut dan bersifat hydrophobic alias cepat kering ketika dicuci. Sementara itu, bahan katun dapat menyerap air serta memiliki tekstur yang halus.

Denim/kanvas: Kuat dan tampak elegan

Denim/kanvas: Kuat dan tampak elegan

Selanjutnya, ada juga bahan denim atau kanvas. Kedua bahan ini merupakan bahan yang tidak mudah robek. Selain itu, bahan denim atau kanvas juga tampak fashionable ketika dipakai. 


Pada umumnya, bahan denim identik dengan warna biru atau hitam, sedangkan bahan kanvas memiliki pilihan warna yang colorful. Jadi, bila Anda ingin memiliki apron pinggang yang terlihat menawan, pilihlah yang bahannya kanvas atau denim. 

Kulit: Tahan panas, fleksibel dipakai di indoor atau outdoor

Kulit: Tahan panas, fleksibel dipakai di indoor atau outdoor

Memiliki tekstur yang kasar merupakan ciri khas dari bahan kulit. Meski begitu, bahan kulit cenderung lebih tebal dibandingkan bahan lainnya. Jadi, apron pinggang dengan bahan ini tergolong kuat dan dapat dipakai untuk jangka panjang


Selain itu, bahan kulit juga tahan terhadap panas sehingga dapat dipakai di dalam ataupun luar ruangan. Bahan kulit yang paling sering digunakan adalah kulit sintetis, tetapi ada juga apron pinggang yang menggunakan kulit kerbau. 

2

Ketahui panjangnya

Ketahui panjangnya

Berdasarkan panjangnya, ada tiga jenis apron pinggang yaitu apron pinggang pendek, medium, dan panjang. Perbedaan ukuran tentu akan memengaruhi kenyamanan Anda dalam mengenakan apron. Oleh sebab itu, pastikan panjangnya sesuai dengan tujuan penggunaan.


  • Apron pendek (panjang sekitar 40 cm)

Apron tipe ini cocok dipakai untuk memasak di rumah atau bekerja seharian di dapur. Ukurannya yang pendeknya memungkinkan Anda bergerak lebih bebas. 


  • Apron medium (panjang sekitar 60 cm)

Aron pinggang ukuran medium lebih cocok untuk melindungi celana Anda dari percikan air kotor. Sebagai contoh, untuk berkebun, mengerjakan kerajinan tanah liat, dan sebagainya.


  • Apron panjang (panjang sekitar 80 cm)

Apron pinggang tipe panjang biasanya banyak dipakai oleh koki atau chef restoran. Selain untuk melindungi pakaian dari noda, apron panjang juga membuat pemakai tampak lebih profesional


Saat memilih apron pinggang tipe panjang, carilah produk yang mudah dan nyaman dipakai bergerak. Jika ukurannya cukup panjang, ruang gerak Anda pun akan terbatas. Jadi, jika Anda memilih yang berbahan stretch, pasti akan lebih leluasa untuk bergerak.

3

Sesuaikan fungsionalitasnya dengan tujuan penggunaan

Apron pinggang memiliki banyak keunggulan. Sebagai contoh, ada apron pinggang yang memiliki banyak kantong, cantelan untuk menggantung kain lap, berbahan waterproof, dan sebagainya. Pilihlah apron pinggang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk barista, pilih apron yang ada kantongnya

Untuk barista, pilih apron yang ada kantongnya
Sumber: muchef.com

Pekerjaan barista biasanya tidak hanya sekadar meracik kopi, melainkan juga merangkap tugas sebagai kasir, bahkan sekaligus menyajikan minuman. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memilih apron pinggang yang memiliki banyak kantong. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menyimpan catatan pesanan pelanggan, bolpoin, dan sebagainya

Untuk seragam pegawai resto/hotel, cari yang bisa custom nama usaha

Untuk seragam pegawai resto/hotel, cari yang bisa custom nama usaha

Lain halnya apabila Anda membutuhkan apron pinggang untuk pramusaji di resto atau hotel Anda. Ada baiknya Anda menggunakan apron pinggang yang bisa dicetak logo atau nama perusahaan Anda. Dengan adanya nama atau logo perusahaan Anda, pelayan Anda pasti akan tampak lebih kredibel. 

Untuk masak, pertimbangkan yang mudah dibersihkan

Untuk masak, pertimbangkan yang mudah dibersihkan

Apabila Anda membutuhkan apron pinggang untuk memasak di rumah, sebaiknya pilihlah yang bahannya mudah dicuci. Jadi, noda yang menempel pada apron pinggang akan dapat segera hilang ketika dibersihkan dengan air.


Namun, bila Anda berprofesi sebagai koki dengan tingkat intensitas memasak yang tinggi, sebaiknya pilih apron pinggang waterproof dan tahan api. Dengan demikian, apron pinggang Anda tidak akan cepat kotor dan tidak mudah terbakar. 


Selain itu, untuk memasak pertimbangkan juga apron pinggang dengan kait untuk menggantung serbet atau sapu tangan. Dijamin kegiatan masak-memasak Anda akan makin praktis. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi celemek pinggang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk apron pinggang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Enyway

Half Apron Canvas and Synthetic Leather

Enyway Half Apron Canvas and Synthetic Leather  1

Mulai dari Rp85.000,00

Menengah

Produk anak bangsa dengan banyak keunggulan, inovatif!

2

Monolog Half Waist Pocket Apron

 Monolog Half Waist Pocket Apron 1

Mulai dari Rp35.000,00

Agak Murah

Tampil lebih stylish dengan apron berpita

3

Waist Apron Long

 Waist Apron Long 1

Mulai dari Rp52.000,00

Agak Murah

Efektif melindungi hingga mata kaki

4

Chef Series

Opal Parasut Half Pendek Apron

Chef Series Opal Parasut Half Pendek Apron 1

Mulai dari Rp32.000,00

Agak Murah

Cepat kering ketika dicuci berkat bahan antiair

5

Apron Waist Custom Logo

 Apron Waist Custom Logo 1

Mulai dari Rp75.000,00

Menengah

Bisa custom aneka desain, keren!

6

Apron Half Model Salur

 Apron Half Model Salur 1

Mulai dari Rp44.000,00

Agak Murah

Atur tali hingga ukuran XXL, tubuh besar pun muat

7

MUCHEF

Basic Short Apron

MUCHEF Basic Short Apron  1

Mulai dari Rp90.000,00

Menengah

Mulai dari warna soft sampai mencolok, semuanya ada!

8

MOKHASTOCK

Denim Apron Barista Half Reverse

MOKHASTOCK Denim Apron Barista Half Reverse 1

Mulai dari Rp180.000,00

Agak Mahal

Bahan denimnya timeless, dilengkapi kantong pula

9

IKEA

SANDVIVA Celemek Pinggang704.679.43

IKEA SANDVIVA Celemek Pinggang 1

Mulai dari Rp99.900,00

Agak Mahal

Ada cantelan untuk menggantungkan apron, praktis!

10

Weldas

24″ Waist Apron44-2124

Weldas 24″ Waist Apron 1

Mulai dari Rp196.000,00

Lebih Mahal

Antiabrasi dan tahan panas, sempurna untuk segala aktivitas

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

EnywayHalf Apron Canvas and Synthetic Leather

Half Apron Canvas and Synthetic Leather  1
Sumber: shopee.co.id
Half Apron Canvas and Synthetic Leather  2
Sumber: shopee.co.id
Half Apron Canvas and Synthetic Leather  3
Sumber: shopee.co.id
Half Apron Canvas and Synthetic Leather  4
Sumber: shopee.co.id
Half Apron Canvas and Synthetic Leather  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp85.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp85.000,00
Menengah

Produk anak bangsa dengan banyak keunggulan, inovatif!

Apron pinggang dari Enyway ini punya banyak pilihan warna berikut desain yang kreatif dan fungsional. Pertama, apron ini memiliki dua slot untuk pena, satu saku untuk note, dan satu saku besar multifungsi. Kedua, produk ini memiliki tali berbentuk ikat pinggang yang mudah diatur. 

Tak hanya kuat, Anda juga bebas bergerak karena apron ini tak mudah bergeser. Terakhir, ada kait di bagian sisi apron yang bisa dipakai untuk menggantungkan serbet atau semprotan. Bila Anda ingin memiliki apron pinggang serbaguna, produk berkualitas buatan Indonesia yang satu ini layak Anda jadikan pilihan.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Monolog Half Waist Pocket Apron

Monolog Half Waist Pocket Apron 1
Sumber: shopee.co.id
Monolog Half Waist Pocket Apron 2
Sumber: shopee.co.id
Monolog Half Waist Pocket Apron 3
Sumber: shopee.co.id
Monolog Half Waist Pocket Apron 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp35.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp35.000,00
Agak Murah

Tampil lebih stylish dengan apron berpita

Monolog menghadirkan apron pinggang dengan dua saku yang memiliki tali panjang. Tali panjang ini dapat dijadikan pemanis penampilan jika dibuat tali simpul di bagian depan atau di belakang. Dengan tampil menarik, Anda akan memberikan kenyamanan ekstra bagi setiap konsumen yang datang. Bagi Anda yang ingin tampil outstanding termasuk saat menggunakan apron, pertimbangkanlah produk ini.

No.3

Waist Apron Long

Harga referensi
Mulai dari Rp52.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp52.000,00
Agak Murah

Efektif melindungi hingga mata kaki

Mempunyai panjang hingga mata kaki merupakan ciri khas dari apron pinggang ini. Karena terlihat lebih rapi, apron ini lebih cocok digunakan untuk acara formal atau berkelas. Sebagai contoh, untuk melayani pelanggan di kapal pesiar, menjadi pegawai katering di gedung penikahan, dan sebagainya. 


Selain itu, ukurannya yang sangat panjang membuat tubuh terlindungi bahkan hingga mata kaki. Anda yang tidak ingin celana panjang kesayangan terpapar noda atau kotoran sebaiknya membeli produk ini. Tak perlu khawatir terlalu panjang, apron pinggang ini dapat digulung seperti sarung agar sesuai dengan tinggi badan pemakainya. 

No.4

Chef SeriesOpal Parasut Half Pendek Apron

Harga referensi
Mulai dari Rp32.000,00
Agak Murah

Cepat kering ketika dicuci berkat bahan antiair

Produk ini terbuat dari bahan parasut yang gampang dicuci dan cepat kering. Alhasil, apron pinggang ini tidak akan berbau karena proses pengeringan yang kilat. Terlebih lagi, apron pinggang keluaran Chef Series ini diciptakan antiair, air pun sulit merembes. Bila Anda membutuhkan apron pinggang yang tidak perlu dijemur terlalu lama, jangan lewatkan produk yang satu ini. 

No.5

Apron Waist Custom Logo

Harga referensi
Mulai dari Rp75.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp75.000,00
Menengah

Bisa custom aneka desain, keren!

Menggunakan apron pinggang untuk tampil seragam di cafe tentu akan menjadi nilai plus tersendiri. Apalagi, jika apron tersebut dapat dicetak logo atau nama cafe Anda, pasti akan terlihat lebih estetik.


Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sedang mencari apron pinggang yang bisa di-custom tulisan atau logo. Jumlah warna cetakan logo pun tidak dibatasi, Anda dapat membuat desain multicolor sekaligus. 

No.6

Apron Half Model Salur

Harga referensi
Mulai dari Rp44.000,00
Agak Murah

Atur tali hingga ukuran XXL, tubuh besar pun muat

Menemukan apron pinggang untuk karyawan yang bertubuh besar merupakan hal yang gampang-gampang susah. Oleh sebab itu, produk ini hadir sebagai solusinya. Memiliki panjang tali sekitar 138 cm, apron pinggang ini bisa dipakai baik oleh orang yang bertubuh kurus maupun big size. Tidak hanya itu, apron pinggang ini juga memiliki desain salur yang menarik sehingga tidak terkesan monoton.

No.7

MUCHEFBasic Short Apron

Basic Short Apron  1
Sumber: muchef.com
Basic Short Apron  2
Sumber: muchef.com
Basic Short Apron  3
Sumber: muchef.com
Basic Short Apron  4
Sumber: muchef.com
Basic Short Apron  5
Sumber: muchef.com
Harga referensi
Mulai dari Rp90.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp90.000,00
Menengah

Mulai dari warna soft sampai mencolok, semuanya ada!

Jika Anda mencari apron pinggang dengan opsi warna melimpah, produk ini layak diperhitungkan. Pasalnya, apron ini memiliki banyak sekali pilihan warna yang memudahkan Anda menemukan warna kesukaan. 


Kerennya lagi, terdapat logo koki kecil pada bagian depan kantongnya yang makin mempermanis penampilan Anda. Ditambah dengan adanya saku dan cantelan, fungsionalitas produk ini pun tak perlu diragukan.

No.8

MOKHASTOCKDenim Apron Barista Half Reverse

Harga referensi
Mulai dari Rp180.000,00
Agak Mahal

Bahan denimnya timeless, dilengkapi kantong pula

Apron barista berukuran 56 cm x 42 cm ini terbuat dari bahan denim yang kuat. Jika dirawat dengan tepat, Anda bisa memakainya dalam waktu lama. Jadi, Anda bisa lebih menghemat uang karena tidak perlu sering mengganti apron yang usang.  


Bagi Anda yang sedang belajar menjadi barista, pastikan untuk memakai apron barista dari MOKHASTOCK ini. Produk ini dilengkapi dengan saku tengah yang bisa dipakai untuk menyimpan note dan pena. Anda yang harus mencatat resep atau order pun bisa langsung mengambilnya dari saku.

No.9

IKEASANDVIVA Celemek Pinggang704.679.43

SANDVIVA Celemek Pinggang 1
Sumber: ikea.co.id
SANDVIVA Celemek Pinggang 2
Sumber: ikea.co.id
SANDVIVA Celemek Pinggang 3
Sumber: ikea.co.id
SANDVIVA Celemek Pinggang 4
Sumber: ikea.co.id
SANDVIVA Celemek Pinggang 5
Sumber: ikea.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp99.900,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp99.900,00
Agak Mahal

Ada cantelan untuk menggantungkan apron, praktis!

Anda sering kesulitan menggantung apron setelah selesai digunakan? Jika ya, produk yang satu ini bisa jadi sokusinya. Pasalnya, apron pinggang ini dilengkapi dengan tali simpul kecil pada bagian sampingnya. Selain berfungsi sebagai cantelan, simpul tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk menggantung kain lap, penjepit makanan, dan lain-lain.

No.10

Weldas24″ Waist Apron44-2124

Harga referensi
Mulai dari Rp196.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp196.000,00
Lebih Mahal

Antiabrasi dan tahan panas, sempurna untuk segala aktivitas

Tahan panas dan tidak mudah terkikis merupakan keunggulan dari apron pinggang ini. Tak hanya berfungsi untuk memasak, produk ini juga mumpuni untuk melindungi tubuh Anda misalnya saat mengelas.


Untuk Anda yang mencari apron multifungsi, waist apron dari Weldas ini adalah partner terbaik. Produk buatan USA ini terbuat dari 100% kulit punggung kerbau. Dengan demikian, apron ini pun menjadi sangat durable.

Baca juga rekomendasi produk apron lainnya di sini!

Tak disangka-sangka, apron banyak sekali jenisnya! Terlebih lagi jika Anda mengklasifikasikannya berdasarkan tujuan pemakaian. Yuk, baca artikel di bawah ini untuk mengenali beragam jenis apron yang beredar di pasaran.

Kesimpulan

Kami telah memberikan sepuluh rekomendasi apron pinggang terbaik yang bisa dibeli di online shop. Adakah produk yang Anda sukai? Selain fungsional, apron pinggang juga punya desain trendy yang cocok untuk menunjang penampilan Anda. 


Sebelum membeli apron pinggang, jangan lupa untuk mempertimbangkan bahan, ukuran, serta keunggulannya. Silakan memilih produk yang cocok untuk bekerja atau menjalankan hobi. Apron pinggang yang bisa Anda pakai untuk kedua kebutuhan tersebut pun menarik dimiliki. Selamat memasak!

5 Rekomendasi Celemek Pinggang terbaik

No. 1: EnywayHalf Apron Canvas and Synthetic Leather

No. 2: Monolog Half Waist Pocket Apron

No. 3: Waist Apron Long

No. 4: Chef SeriesOpal Parasut Half Pendek Apron

No. 5: Apron Waist Custom Logo

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Rekomendasi Celemek Pinggang Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.