1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Handphone
  6. >
  7. 10 Rekomendasi HP Realme Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi HP Realme Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi HP Realme Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi HP Realme Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi HP Realme Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi HP Realme Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi HP Realme Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Di tengah maraknya persaingan HP, merek Realme hadir menjadi pesaing yang tidak kalah kuat. Meskipun tergolong baru, Realme mampu menghadirkan HP dengan fitur-fitur menarik. Harganya yang cukup terjangkau membuat Realme banyak diminati oleh masyarakat dunia, termasuk konsumen di Indonesia.


Dalam artikel kali ini, kami akan membahas seputar HP Realme dan berbagai kecanggihan fiturnya. Baca tipsnya dan temukan HP Realme yang paling bagus untuk Anda gunakan. Berbagai seri terbaik dari HP Realme juga akan kami rekomendasikan untuk Anda jadikan referensi. Simak terus artikel ini selengkapnya, ya!

Diperbaharui 11-14-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Realme, HP asal Tiongkok yang memiliki banyak peminat di Asia

Realme, HP asal Tiongkok yang memiliki banyak peminat di Asia
Sumber: realme.com

Persaingan HP masa kini makin ketat dengan munculnya berbagai merek asal negeri Tiongkok. Salah satunya adalah Realme yang mulai menjadi pesaing kuat. Realme awalnya merupakan sub-brand dari Oppo. Namun, pada Mei 2018 Realme mulai berdiri sendiri di bawah pimpinan wakil presiden dari Oppo Elektronik. Saat ini Realme menghadirkan HP dengan performa maksimal serta desain yang kekinian.


Produk dari Realme langsung mendapatkan sambutan baik berkat performa dan desainnya, termasuk di Indonesia. Selain itu, Realme juga telah beredar di berbagai negara Asia, seperti India, Vietnam, Thailand, Malaysia, Pakistan, dan Mesir. Setahun setelah peluncurannya, Realme mulai merambah ke pasar Eropa.


Merambahnya Realme di pasar internasional membuatnya makin banyak berinovasi. Inovasi-inovasi yang dihasilkan menjadikan HP ini dapat mengalahkan berbagai merek ternama. Selain itu, harganya yang tergolong bersahabat membuat Realme banyak diminati.

Cara memilih HP Realme

Sama dengan merek HP kebanyakan, Realme juga mengeluarkan HP dengan berbagai pilihan fitur. Berikut ini adalah poin yang harus diperhatikan saat memilih HP Realme.

① Pilih prosesor dan RAM yang besar jika mementingkan performa

Pilih prosesor dan RAM yang besar jika mementingkan performa
Sumber: realme.com

Prosesor atau otak dari HP berfungsi untuk memaksimalkan kinerja HP. Prosesor seperti Qualcomm Snapdragon dapat mendukung penggunaan aplikasi yang berat agar berjalan lebih smooth serta menghemat baterai. Prosesor ini sangat cocok untuk multitasking atau bermain game dengan HP. 


Selain Qualcomm Snapdragon, ada juga Octa-core yang membantu menjalankan aplikasi dengan lebih smooth, tetapi dengan harga lebih terjangkau. Jika Anda hanya menggunakan beberapa aplikasi ringan, pilihlah prosesor yang lebih sederhana dan ramah di kantong, misalnya MediaTek.


Kerja prosesor tentu juga didukung oleh kapasitas RAM. RAM mendukung kinerja grafis yang lebih baik serta berjalannya sistem operasi atau OS. Jika Anda gemar bermain mobile game, pilihlah RAM lebih dari 3 GB. Kapasitas ini akan membuat game yang Anda mainkan berjalan lebih lancar.

② Perhatikan ketahanan baterai dan keberadaan fitur fast charging

Perhatikan ketahanan baterai dan keberadaan fitur fast charging
Sumber: realme.com

Saat memilih HP Realme, ketahanan baterai bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda. Anda bisa memilih besaran daya baterai sesuai aktivitas harian Anda saat menggunakan HP.


Total daya baterai ditandai dengan mAh atau milliampere hour. Daya ini menunjukan seberapa lama perangkat tersebut bisa bertahan sebelum baterainya habis. Contohnya, baterai dengan 3000 mAh dapat bertahan selama 30 jam dengan pemakaian 100 milliampere pada HP. Makin besar angka mAh sebuah baterai, makin lama pula baterai akan habis.


Ketahanan baterai juga dipengaruhi oleh penggunaan HP. Makin banyak dan berat aplikasi yang digunakan, daya yang dibutuhkan juga makin besar sehingga baterai akan lebih cepat habis. Realme melengkapi produk miliknya dengan kapasitas baterai yang cukup besar, mulai dari 40006000 mAh.


Selain ketahanan baterainya, pertimbangkan juga fitur fast charging pada HP Realme. Fitur ini memungkinkan Anda mengisi daya HP lebih cepat. Beberapa tipe HP Realme yang memiliki fitur fast charging adalah Realme Narzo, Realme C15, dan Realme 5 Pro.

③ Sesuaikan ketajaman dan fitur kamera dengan kebutuhan

Kualitas kamera merupakan salah satu fitur yang diangkat oleh Realme. Bukan hanya angka megapiksel yang besar, Realme juga memasang lebih dari satu lensa untuk kamera belakang HP buatannya. Berikut ini adalah tips memilih kamera HP Realme yang mumpuni untuk kebutuhan Anda.

Megapixel besar, untuk menghasilkan kualitas gambar yang bagus

Megapixel besar, untuk menghasilkan kualitas gambar yang bagus
Sumber: realme.com


Besaran angka megapixel (MP) menunjukkan kualitas gambar yang akan dihasilkan, baik digital maupun saat dicetak. Makin tinggi angka megapixel, makin bagus pula hasil cetakannya dalam ukuran yang lebih besar. Namun, ukuran bite gambar yang dihasilkan tentu juga makin tinggi.


HP besutan Realme memiliki ukuran minimum 13 MP untuk kamera belakang dan sudah dapat menghasilkan foto bokeh. Ukuran kamera ini sudah sangat pas untuk Anda yang menggunakannya hanya untuk kegiatan sehari-hari. Namun, jika Anda membutuhkan tangkapan yang lebih tajam, pilihlah ukuran 48 MP atau lebih. Ukuran ini sangat cocok bagi Anda yang senang menangkap pemandangan alam.


Selain kamera, kualitas videonya juga tidak boleh Anda lewatkan. Fitur video di HP merupakan keuntungan tersendiri bagi para vlogger saat membuat konten di luar ruangan. Anda dapat memilih kualitas video full HD atau 4K untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam.

Multiple camera, cocok untuk berbagai kebutuhan fotografi

Multiple camera, cocok untuk berbagai kebutuhan fotografi
Sumber: realme.com

Realme memiliki HP dengan minimal dua lensa kamera di kamera belakang. Lensa utama memiliki fokus beragam dengan bukaan lensa yang cenderung sama serta dibekali dengan optical image stabilizer (OIS). Fitur OIS ini akan membantu Anda untuk merekam video dengan lebih stabil. 


Lensa utama mempunyai ukuran megapixel yang jauh lebih besar dengan tambahan fitur slow motion, hyperlapse, panorama, dan lainnya. Sementara itu, lensa kedua memiliki ukuran yang lebih kecil daripada lensa utama. Biasanya, lensa kedua merupakan lensa wide, zoom, telephoto, atau monochrome.


Jika Anda tertarik pada fotografi menggunakan HP, pilihlah triple atau quad camera. Anda dapat mempelajari berbagai teknik pengambilan gambar yang berbeda. Setiap lensa pun memiliki fitur tersendiri untuk kepentingan fotografi Anda. HP lebih dari satu lensa membantu Anda menghasilkan berbagai jenis foto dengan kualitas terbaik.

④ Cek panel layar untuk kenyamanan mata

Tak kalah dengan pesaing lainnya, Realme juga mengeluarkan HP dengan dua panel layar berbeda, yaitu IPS dan Super AMOLED. Untuk mengetahui perbedaan, keunggulan, serta kekurangannya, simak pembahasan di bawah ini.

Layar IPS: Warna natural dan harganya lebih terjangkau

Layar IPS: Warna natural dan harganya lebih terjangkau
Sumber: realme.com

Sampai sekarang, HP dengan layar IPS banyak digunakan oleh berbagai produsen, begitu juga dengan Realme. Layar ini mampu mengeluarkan warna yang natural mirip dengan aslinya. Ditambah lagi, layar IPS tidak berpotensi meninggalkan bercak pada layar sehingga dapat digunakan lebih lama.


Akan tetapi, HP dengan layar IPS cenderung membutuhkan daya baterai yang lebih besar. Selain itu, layar ini juga kurang begitu kuat untuk menampilkan warna yang kontras. HP berlayar IPS biasanya memiliki ukuran yang lebih tebal daripada HP dengan Super AMOLED. Namun, HP ini dapat Anda pertimbangkan untuk dipilih karena harganya yang lebih murah.

Layar Super AMOLED: Lebih terang dan hemat baterai

Layar Super AMOLED: Lebih terang dan hemat baterai
Sumber: realme.com

Layar super active-matrix organic light-emitting diode atau Super AMOLED merupakan teknologi layar yang dikembangkan oleh Samsung. Namun, teknologi ini sekarang banyak diadopsi oleh merek HP lain termasuk Realme.


Kelebihan dari layar Super AMOLED adalah jauh lebih hemat daya. Hal ini karena panel layar Super AMOLED dapat menampilkan kontras dengan baik. Jadi, saat Anda menggunakan wallpaper berwarna hitam atau dark mode, baterai HP jadi lebih hemat. Selain itu, HP dengan layar Super AMOLED juga memiliki dimensi yang lebih tipis.


Kekurangannya, layar Super AMOLED rentan terkena burn-in. Burn-in merupakan bercak yang tertinggal di dalam layar jika dipakai dalam waktu lama. Apalagi, harga HP dengan layar Super AMOLED lebih mahal daripada IPS. Namun, kebanyakan HP dengan layar ini telah mendukung teknologi sensor in-display fingerprint. Hal ini menjadikan HP Realme dengan layar Super AMOLED lebih canggih.

⑤ Pastikan adanya fitur NFC untuk memudahkan pembayaran

Pastikan adanya fitur NFC untuk memudahkan pembayaran

HP dengan fitur near field communication (NFC) kini banyak sekali diburu orang. Hal ini karena HP dengan NFC dapat memudahkan Anda untuk mengecek dan mengisi saldo kartu e-money. Anda yang sering bepergian melewati tol pun tidak perlu khawatir akan kehabisan dan kesulitan mengisi saldo.


Tak hanya digunakan untuk mengecek dan mengisi kartu e-money, NFC juga dapat menjadi e-money itu sendiri. Anda tinggal mengunduh aplikasi e-money yang telah mendukung pembayaran NFC. Anda pun tidak perlu lagi membawa dompet karena dompet Anda telah menyatu dengan HP.


Selain itu, NFC juga dapat digunakan untuk mentransfer data dan menyambungkannya dengan perangkat lain, lho! Anda hanya cukup menempelkan HP Realme berfitur NFC ke perangkat pasif atau aktif yang juga mendukung NFC. Sangat memudahkan, bukan?

⑥ Pertimbangkan dukungan jaringan 5G untuk kebutuhan masa depan

Pertimbangkan dukungan jaringan 5G untuk kebutuhan masa depan

Di beberapa wilayah Indonesia, khususnya kota-kota besar kini sudah tersedia jaringan 5G. Untuk ke depannya, pemerintah pun terus memperluas jangkauan jaringan 5G tersebut. Jadi, tak heran jika banyak orang yang mulai mencari HP yang sudah mendukung 5G.


Realme sendiri telah meluncurkan HP 5G di Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Apabila Anda menggunakan HP Realme dengan 5G, Anda pun siap menyambut jaringan internet baru yang lebih cepat di kota Anda.

10 Rekomendasi HP Realme terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk HP Realme terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Realme

C21Y

Realme C21Y 1枚目

Low-end smartphone dengan triple camera dan baterai besar

2

Realme

C31

Realme C31 1枚目

Dilengkapi mode hemat daya super untuk aktivitas seharian

3

Realme

9

Realme 9 1枚目

Nikmati fitur fotografi profesional dalam genggaman

4

Realme

C11 2021

Realme C11 2021 1枚目

Lebih aman dengan fitur Face Unlock!

5

Realme

C35

Realme C35 1枚目

Smartphone berdesain stylish dengan sertifikasi kehandalan tinggi

6

Realme

Narzo 50i

Realme Narzo 50i 1枚目

HP terjangkau untuk pemula dengan prosesor powerfull

7

Realme

GT Master Edition

Realme GT Master Edition 1枚目

Nikmati performa GT terkencang untuk bermain game!

8

Realme

9 Pro+

Realme 9 Pro+ 1枚目

Dilengkapi teknologi ProLight Imaging dan Street Photography Mode 2.0

9

Realme

C15

Realme C15 1枚目

Dapat dijadikan power bank pada saat genting

10

Realme

10

Realme 10 1枚目

HP mid-range rasa premium yang tampil cantik depan belakang

Perincian produk
Close
No.1

Low-end smartphone dengan triple camera dan baterai besar

Diluncurkan pada 2021 lalu, smartphone low-end dari Realme ini cukup sukses meraup pasar Indonesia. Dengan budget kurang dari 2 juta rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan HP dengan triple camera dan baterai berkapasitas 5000 mAh.


Namun, HP ini belum mendukung fast charging dan fitur NFC. Dua hal tersebut bukanlah masalah besar jika Anda menggunakan HP untuk kebutuhan standar dan bermain game ringan.

No.2

Dilengkapi mode hemat daya super untuk aktivitas seharian

Memiliki ponsel dengan daya tahan baterai panjang merupakan hal yang penting bagi Anda yang sering mobile. HP Realme C31 ini dilengkapi dengan mode hemat daya super yang menjaga HP Anda bertahan hingga seharian.


Saat baterai tersisa 5%, Anda masih bisa menggunakan HP selama satu jam untuk menggunakan WhatsApp dan Spotify. Jika dalam kondisi offline, Anda bisa menggunakannya selama 4 jam untuk melakukan panggilan telepon. Menarik!

No.3

Nikmati fitur fotografi profesional dalam genggaman

Ingin menikmati fitur-fitur fotografi professional dalam genggaman? Pilihlah Realme 9! Ponsel yang dilengkapi dengan kamera utama 108 MP ini memiliki beragam fitur fotografi yang memanjakan Anda. Menariknya, Anda juga bisa menghasilkan foto ala 90-an dengan filter Pop 90. Namun, Anda perlu berhati-hati saat membawanya karena body HP ini cukup tipis dengan sentuhan glossy di bagian case-nya.

No.4

Lebih aman dengan fitur Face Unlock!

Dijual dengan harga terjangkau, HP ini sudah menggunakan fitur Face Unlock. Fitur ini memudahkan Anda dalam membuka HP dan tentunya meningkatkan keamanan HP Anda. Tidak hanya itu, Realme C11 2021 ini merupakan seri terbaru dari Realme C11 yang keluar tahun 2020 lalu. Anda pun akan mendapatkan fitur splash resistant yang akan menjaga HP Anda dari percikan air.

No.5

Smartphone berdesain stylish dengan sertifikasi kehandalan tinggi

Desain smartphone menjadi pertimbangan penting bagi sebagian orang. Jika Anda termasuk orang yang mementingkan desain, Anda bisa memilih Realme seri C35 ini. Tersedia dalam dua warna dengan dynamic glowing design membuat HP ini tampak stylish.


Masalah performa pun Anda tidak perlu khawatir. Ponsel ini sudah lulus uji sertifikasi keandalan tinggi untuk memberikan pengalaman yang lebih tahan lama bagi pengguna.

No.6

HP terjangkau untuk pemula dengan prosesor powerfull

Anda sedang mencari HP entry level dengan harga terjangkau? Realme Narzo 50i bisa menjadi pilihan! Dengan harga di bawah 2 juta rupiah, Anda bisa mendapat HP dengan prosesor octa-core. Desain HP-nya pun cukup simpel untuk dijadikan HP daily use. Cocok untuk orang tua atau anak Anda yang tidak membutuhkan banyak fitur profesional di HP.

No.7

RealmeGT Master Edition

Mulai dari Rp4.999.000,00

Nikmati performa GT terkencang untuk bermain game!

Bagi pencinta game online, performa HP yang kencang tentu menjadi hal penting dalam memilih HP. Jika Anda memilih HP Realme GT Master Edition ini, Anda hanya perlu mengaktifkan GT mode untuk mendapatkan performa terkencang. Fitur Vapor Chamber Cooling System-nya juga menjaga HP Anda agar tidak overheat. Nge-game pun jadi nyaman tanpa takut HP nge-lag!

No.8

Dilengkapi teknologi ProLight Imaging dan Street Photography Mode 2.0

Memiliki desain kamera terkini, HP ini dilengkapi dua fitur andalan untuk menghasilkan foto ala fotografer profesional. Teknologi ProLight Imaging-nya dilengkapi sensor flagship Sony IMX766 yang mampu menangkap cahaya maksimal untuk hasil foto lebih baik. Fitur street photography di HP ini juga akan memanjakan Anda dengan hasil foto minim noise. Saatnya maksimalkan hobi fotografi Anda dengan HP ini!

No.9

Dapat dijadikan power bank pada saat genting

HP ini memiliki kapasitas baterai yang sangat besar hingga Anda dapat menonton YouTube selama 28 jam nonstop. Tak perlu khawatir lagi akan kehabisan baterai! Anda juga bisa menggunakan produk ini sebagai power bank. Jadi, HP ini akan sangat berguna untuk membantu orang di sekitar Anda saat mereka membutuhkan suplai daya baterai.

No.10

HP mid-range rasa premium yang tampil cantik depan belakang

Anda yang ingin memaksimalkan budget untuk membeli HP baru bisa memilih Realme 10. Dengan harga yang wajar di kelasnya, Anda sudah akan mendapatkan HP yang unggul di berbagai sektor. Produk ini diberi layar Super AMOLED yang memberi display cantik. Selain itu, bodinya tampil menarik dengan permainan gradasi warna yang terlihat dewasa.


Chipset HP Realme 10 juga mumpuni untuk digunakan bermain game. Tampilannya pun smooth dengan refresh rate 90 Hz. Prosesor produk ini bahkan hemat daya sehingga Anda tidak akan mudah kehabisan baterai. Ditambah sistem pengisian dayanya yang cepat, waktu yang Anda habiskan untuk menunggu akan lebih hemat.

Baca juga rekomendasi HP merek lainnya di sini

Selain Realme, masih ada merek HP lainnya dengan performa baik yang dijual dengan harga bersahabat. Merek-merek tersebut mulai menjamur di Indonesia, seperti Xiaomi, Vivo, dan OPPO. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lengkap!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik untuk beralih ke Realme? Realme menghadirkan HP dengan baterai yang tahan lama serta kamera mumpuni dengan harga terjangkau.


Jika Anda tertarik untuk membelinya, perhatikan prosesor, ketahanan baterai, serta fitur kamera. Selain itu, perhatikan juga fitur-fitur lainnya, seperti NFC, fingerprint, dan dukungan 5G. Semoga Anda menemukan HP Realme terbaik untuk kebutuhan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer