• 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Cover mobil dapat melindungi mobil Anda dari berbagai kondisi. Misalnya paparan air hujan, debu, dan kotoran yang dapat menggores permukaan cat mobil. Selain itu, cover mobil juga mampu melindungi mobil dari sinar UV. Dengan demikian, cat mobil Anda lebih terlindungi dan tidak cepat kusam.


Untuk mendapatkan cover mobil yang bagus, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek cover mobil terbaik. Anda akan menemukan cover mobil Krisbow, Durable, Urban dan sebagainya. Semoga Anda menemukan cover mobil yang tepat setelah membaca artikel ini, ya.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih cover mobil

Jenis cover mobil yang tepat bagi setiap mobil tentu berbeda. Hal ini akan bergantung pada ukuran mobil, penggunaan indoor atau outdoor, dan sebagainya. Berikut ini kami akan jelaskan lebih detail poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih cover mobil.

Pilih produk sesuai ukuran mobil Anda

Pilih produk sesuai ukuran mobil Anda

Poin penting pertama saat memilih cover mobil adalah memastikan ukurannya sesuai dengan ukuran mobil Anda. Cover mobil tersedia dalam beragam ukuran, mulai dari yang besar, medium, dan kecil. Jika cover-nya terlalu kecil, maka akan ada bagian bodi mobil yang tidak tertutupi. Bagian tersebut berisiko terkena baret, kusam, atau mengalami penurunan kualitas akibat debu, sinar matahari, hujan, dan lainnya.


Sebaliknya, bila cover-nya terlalu besar akan ada celah antara cover dengan mobil Anda. Ketika angin bertiup, debu bisa masuk dan menimbulkan goresan pada mobil. Selain itu, angin yang bertiup kencang juga dapat menerbangkan cover mobil. Oleh karena itu, pilihlah cover yang pas dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran mobil Anda.

Sesuaikan cover mobil dengan tujuan pemakaian

Secara umum, ada dua tipe cover mobil yang tersedia di pasaran, yaitu full cover dan half cover. Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kami akan menjelaskannya lebih terperinci pada paparan berikut ini.

Half cover: Untuk mobil yang diparkir di garasi indoor atau semi outdoor

Half cover: Untuk mobil yang diparkir di garasi indoor atau semi outdoor

Cover mobil dengan tipe half cover bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang parkir di garasi semi tertutup. Cover mobil ini juga cocok untuk menutupi bagian hidung mobil yang lebih sering terpapar sinar matahari.


Produk ini hanya menutupi bagian tertentu saja sehingga mudah dilepas pasang. Harga cover mobil ini cukup terjangkau. Bila menggunakan mobil secara rutin, Anda bisa dengan mudah melepas dan memasangnya kapan pun dibutuhkan.


Berhubung tipe ini menutupi sebagian, sisi mobil yang tidak tertutup dapat terpapar kotoran saat diparkir di luar. Jadi, hindari memilih cover mobil tipe ini jika Anda sering parkir di luar ruangan.


Cover mobil semacam ini menggunakan pengait karet sehingga Anda perlu cermat dalam memilih karet penahannya. Dikhawatirkan, karet yang kurang berkualitas akan berisiko merusak kaca spion. Apalagi bila Anda tidak berhati-hati saat memasang dan melepas cover mobil tipe seperti ini.

Full cover: Memberi perlindungan menyeluruh saat parkir di luar ruangan

Full cover: Memberi perlindungan menyeluruh saat parkir di luar ruangan

Produk dengan tipe full cover menutupi seluruh bagian mobil dan sempurna digunakan jika mobil parkir di luar. Saat parkir outdoor, sinar matahari, hujan, debu, kotoran burung, cakaran kucing, dan sebagainya bisa merusak permukaan mobil. Tipe full cover ini mampu melindungi mobil Anda dari hal-hal tersebut. 


Cover mobil ini juga dapat menutupi seluruh permukaan mobil sehingga orang lain sulit mengenali model mobil Anda. Dengan begitu, tindak kriminal seperti pencurian atau perusakan terutama terhadap mobil mahal dapat dicegah.


Meski lebih aman digunakan, tipe cover semacam ini juga memiliki kekurangan. Cover mobil ini membutuhkan waktu pemasangan yang lebih lama dan bobot yang lebih berat. Tak jarang, beberapa orang mengalami kesulitan saat ingin memasangnya seorang diri. Selain itu, cover mobil ini juga cenderung lebih mahal dibanding tipe half cover.

Pilih cover sesuai bahan

Cover mobil dibuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Oleh karena itu, Anda perlu memilih bahan cover mobil sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda memilih produk yang justru dapat merusak bagian eksterior mobil Anda.


  • Polipropilena. Bahan cover mobil ini menawarkan perlindungan sangat baik untuk penggunaan indoor dan outdoor. Bahan ini juga breathable sehingga dapat mencegah jamur dan debu terperangkap pada permukaan mobil. Cover mobil yang terbuat dari polipropilena juga mampu menjaga kelembapan dengan baik.

  • Satin imitasi. Cover mobil dengan style satin sempurna untuk perlindungan dalam ruangan yang lembut. Bahan ini dapat mencegah eksterior mobil tergores dengan melindungi lapisan clear coat yang sensitif. Sifatnya yang tahan lama dan ringan membuat cover mobil ini cocok untuk mobil yang diparkir indoor.

  • Plastik. Penutup plastik adalah solusi jangka pendek untuk melindungi mobil dari debu dan kotoran. Cover mobil plastik tidak cocok untuk penggunaan outdoor. Hal ini disebabkan karena bahan dari plastik mudah sobek dan mudah diterbangkan angin bila tidak menempel kuat.

  • Woven polyester. Produk ini memberi perlindungan outdoor dengan lapisan poliuretan yang dapat mengalihkan air hujan dari mobil. Bahan woven polyester juga memiliki fitur jahitan ganda, tahan lama dan anti bocor. Cover mobil seperti ini dapat melindungi mobil dari kotoran burung dan kerusakan akibat panas. Bahan perak reflektif UV-nya akan meminimalkan kerusakan akibat sinar UV dan mengatur suhu interior tetap dingin. Bahan ini cocok dipakai untuk melindungi mobil yang parkir di luar sepanjang hari.

  • Ultra soft fleece. Produk ini menampilkan bagian luar dari woven polyester dengan lapisan dalam dari poly blend fleece (bulu) lembut. Produk ini dapat meregang agar pas dengan mobil Anda. Memilih cover mobil dari bahan bulu dapat melindungi cat mobil agar terhindar dari goresan.

Pertimbangkan kualitas cover mobil

Menggunakan cover mobil dengan kualitas buruk hanya akan membahayakan bagian eksterior mobil. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan membeli produk berkualitas tinggi agar dapat melindungi mobil Anda secara optimal. 

Produk dengan bagian dalam halus dapat mengurangi risiko timbul goresan

Produk dengan bagian dalam halus dapat mengurangi risiko timbul goresan

Untuk mengurangi risiko timbulnya baret pada mobil, pertimbangkanlah produk yang sisi dalamnya halus agar tahan terhadap benturan. Meskipun mobil Anda tertutup, permukaan mobil tetap bisa tergores. Apalagi bila Anda parkir mobil di luar ruangan. Angin bisa menggesek cover ke permukaan mobil hingga timbul baret. 


Agar dapat menghindari masalah tersebut, Anda bisa memilih produk yang sisi dalamnya bertekstur halus. Kain yang telah melalui proses brushed atau sejenis menjadi sangat halus sehingga minim menimbulkan goresan pada mobil.


Harga cover mobil dengan sisi dalam halus lebih mahal dibanding cover biasa. Meski begitu, cover seperti ini dapat meminimalkan kerusakan cat mobil dan memiliki ketahanan sangat baik. Bila tidak ingin merawat cat mobil secara rutin, Anda disarankan membeli produk dengan sisi dalam halus.

Produk genuine untuk ukuran yang 100% cocok

Produk genuine untuk ukuran yang 100% cocok

Apakah Anda membutuhkan cover mobil yang 100% cocok dengan model mobil Anda? Jika iya, produk genuine yang dijual oleh dealer atau produsen mobil bisa dijadikan pilihan. Ukuran dan bentuk cover mobil ini pasti sesuai dengan mobil Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut ada celah yang membuat debu masuk dan menimbulkan goresan pada mobil. 


Saat ingin membeli produk genuine, perhatikanlah deskripsi serta review pembeli, ya. Hal ini dikarenakan, tidak semua produk genuine memiliki sisi dalam yang brushed atau halus.

Pilih produk yang dilengkapi pengencang agar dapat melekat kuat

Saat memilih cover mobil, pastikan produk pilihan Anda menempel kuat di mobil dengan fitur pengencang. Fitur pengencang ini dapat berupa belt atau strap. Dengan begitu, cover mobil tidak akan mudah lepas saat tertiup angin. Jika cover-nya hanya dikencangkan dengan karet, karet tersebut lama-lama akan kendur. Cover pun makin mudah terlepas.


Tali pengencang, strap, belt, atau benda sejenis lainnya tidak mengendur sehingga tidak mengalami penurunan kualitas. Selain itu, ada juga pengencang yang dijahit pada sekeliling pinggiran cover. Cukup Anda serut talinya untuk mengencangkan cover. Dengan cover yang melekat kuat, angin pun sulit untuk masuk ke sela-sela bodi dan cover mobil.

10 Rekomendasi cover mobil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cover mobil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

AuMoHallHalf Car Cover Medium Size

Mulai dari Rp 278.600,00

Model yang kompatibelMobil berukuran 330 cm x 165 cm
TipeHalf cover
Sisi dalamnya halusYa
PengencangTali dan pengait
Jenis bahanAluminium film
9
Model yang kompatibelToyota Innova Reborn
TipeFull cover
Sisi dalamnya halusYa
PengencangKancing karet
Jenis bahanPoliester
8
Model yang kompatibelMobil berukuran medium (457 cm x 172 cm x 138 cm)
TipeFull cover
Sisi dalamnya halusYa
PengencangTidak disebutkan
Jenis bahanTidak disebutkan
7

Foi-ZSarung Body Cover Mobil Premium

Mulai dari Rp 220.000,00

Model yang kompatibelCustom fit on sesuai ukuran mobil
TipeFull cover
Sisi dalamnya halusTidak disebutkan
PengencangPengait ke velg 4 pcs
Jenis bahanTaffeta
6
Model yang kompatibelSedan, mobil kecil, mobil ukuran sedang, SUV
TipeFull cover
Sisi dalamnya halusTidak disebutkan
PengencangTidak disebutkan
Jenis bahanPolyester taffeta
5
Model yang kompatibelCity car (panjang sampai 4 m)
TipeFull cover
Sisi dalamnya halusTidak disebutkan
PengencangKaret tepi bagian bawah
Jenis bahanTidak disebutkan
4

CoverSuperCover Mobil Superior Xtra Bodyfit

Mulai dari Rp 749.000,00

Model yang kompatibelNissan X-Trail dan SUV seukuran lainnya
TipeFull cover
Sisi dalamnya halusYa
PengencangTidak disebutkan
Jenis bahanPoliester Dobby
3
Model yang kompatibelCity car, small MPV (ukuran 4,5 meter)
TipeFull cover
Sisi dalamnya halusTidak disebutkan
PengencangKaret tepi bagian bawah
Jenis bahanPlastik PVC
2
Model yang kompatibelSmall sedan
TipeFull cover
Sisi dalamnya halusYa
PengencangTali serut
Jenis bahanTidak disebutkan
1
Model yang kompatibelCity car (panjang: 400 cm)
TipeFull cover
Sisi dalamnya halusTidak disebutkan
PengencangKaret dan buckle slop
Jenis bahanTaffeta

Tabel perbandingan produk cover mobil terbaik

Gambar produk
1
Fusion R Cover Mobil 1

Fusion R

2
Otocover Cover Mobil Antiluntur 1

Otocover

3
Dayata Cover Mobil Outdoor 1

Dayata

4
CoverSuper Cover Mobil Superior Xtra Bodyfit 1

CoverSuper

5
Urban Car Cover 1

Urban

6
Mobeo Cover Body Mobil 1

Mobeo

7
Foi-Z Sarung Body Cover Mobil Premium 1

Foi-Z

8
Krisbow Prestige Car Cover SUV C 1

Krisbow

9
Durable Car Cover Rubik 1

Durable

10
AuMoHall Half Car Cover Medium Size 1

AuMoHall

Nama produk

Cover Mobil

Cover Mobil Antiluntur

Cover Mobil Outdoor

Cover Mobil Superior Xtra Bodyfit

Car Cover

Cover Body Mobil

Sarung Body Cover Mobil Premium

Prestige Car Cover SUV C

Car Cover Rubik

Half Car Cover Medium Size

Keunggulan

Ketat terpasang pada city car Anda

Warnanya antiluntur! Tidak perlu khawatir lagi akan menodai cat mobil Anda

Antigores dan aman untuk cat mobil berwarna putih

Pelindung SUV yang ramah di kantong

Menjangkau mobil berukuran empat meter

Cocok untuk penggunaan indoor dan outdoor

Memberi proteksi maksimal dalam cuaca ekstrim apa pun

Melindungi mobil dengan lima lapisan dan fitur water-resistant

Mudah dipasang dan dikencangkan pada Innova Reborn

Tutupi setengah body mobil tanpa makan waktu

Harga mulai dariRp 198.000,00Rp 325.000,00Rp 345.000,00Rp 749.000,00Rp 275.000,00Rp 550.000,00Rp 220.000,00Rp 1.675.000,00Rp 1.504.000,00Rp 278.600,00
Model yang kompatibelCity car (panjang: 400 cm)Small sedanCity car, small MPV (ukuran 4,5 meter)Nissan X-Trail dan SUV seukuran lainnyaCity car (panjang sampai 4 m)Sedan, mobil kecil, mobil ukuran sedang, SUVCustom fit on sesuai ukuran mobilMobil berukuran medium (457 cm x 172 cm x 138 cm)Toyota Innova RebornMobil berukuran 330 cm x 165 cm
TipeFull coverFull coverFull coverFull coverFull coverFull coverFull coverFull coverFull coverHalf cover
Sisi dalamnya halusTidak disebutkanYaTidak disebutkanYaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanYaYaYa
PengencangKaret dan buckle slopTali serutKaret tepi bagian bawahTidak disebutkanKaret tepi bagian bawahTidak disebutkanPengait ke velg 4 pcsTidak disebutkanKancing karetTali dan pengait
Jenis bahanTaffeta Tidak disebutkanPlastik PVCPoliester DobbyTidak disebutkanPolyester taffetaTaffeta Tidak disebutkanPoliesterAluminium film
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar cover mobil

Selain membahas cara memilih dan merekomendasikan produk, kami juga sudah mengumpulkan berbagai pertanyaan menarik seputar cover mobil. Apakah Anda penasaran? Mari simak jawabannya berikut ini.

Apakah sarung mobil merusak cat?

Ya, cover mobil yang digunakan sebagai penutup dapat merusak cat bila Anda tidak berhati-hati memperlakukan mobil Anda. Kelembapan dapat terjebak di bawah cover mobil. Serpihan dan kotoran pun dapat menggores cat mobil. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan cover mobil yang pas, memiliki pengikat, dan dibuat dari bahan berkualitas.

Apakah cover mobil bisa dicuci?

Ya, Anda dapat mencuci cover mobil yang dipakai untuk melindungi kendaraan dari debu, kelembapan, dan kotoran lainnya. Anda bisa mencucinya dengan tangan atau mesin cuci. Biasanya, setiap produk cover mobil memberikan instruksi bagaimana cara merawat cover mobil tersebut.

Apakah cover mobil dapat mencegah karat?

Cara terbaik untuk mencegah mobil berkarat adalah dengan menggunakan cover mobil yang memiliki fitur breathable. Produk ini dapat meresap kelembapan agar menguap pada permukaan, sekaligus memberi lapisan penghalang agar air tidak kemana-mana. Dengan begitu, cat mobil akan tetap kering dan terbebas dari karat.

Baca juga rekomendasi produk untuk menjaga tampilan mobil lainnya di sini

Sebagai pemilik kendaraan, Anda tentu ingin agar mobil kesayangan selalu terlihat menawan, bukan? Agar dapat terwujud, Anda bisa menggunakan pelindung cat, sampo, penghilang goresan, pembersih kaca mobil dan lainnya. Silakan buka tautan berikut ini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Kesimpulan

Dengan menggunakan cover mobil, mobil Anda akan lebih terlindungi dari debu, hujan, cahaya matahari, dan sebagainya. Hasilnya, mobil Anda pun akan lebih terlihat menawan sekaligus minim goresan.


Anda bisa memilih tipe full cover atau half cover tergantung tempat parkir dan preferensi pribadi. Sesuaikan dengan dana yang Anda miliki dan pilihlah cover mobil terbaik untuk melindungi mobil kesayangan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Kenaikan suhu dalam kabin mobil karena paparan sinar matahari dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Terlebih, sinar matahari yang menyilaukan mata dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Karena itu, penting untuk memasang kaca film yang bagus, baik di kaca depan, samping, maupun belakang. Kali ini, kami akan membahas cara memilih kaca film, mulai dari yang murah sampai premium. Kami juga akan mengulas beberapa pilihan kaca film mobil terbaik dari merek-merek ternama, seperti 3M, V-Kool, dan Solar Gard. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Selamat membaca!
    Aksesori mobil
  • 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, dan Kenwood. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Mari temukan speaker mobil untuk menemani Anda berkendara!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover jok mobil berguna untuk mencegah kotoran menempel, serta mempercantik interior mobil. Produknya juga dikenal sebagai sarung jok mobil. Anda bisa memilih tipe universal atau yang khusus untuk mobil Anda, misalnya Avanza atau Brio. Meskipun demikian, material dan fiturnya beragam. Jadi, produk seperti apa yang bagus untuk mobil Anda?Simak artikel ini agar Anda memahami cara memilih cover jok mobil terbaik. Rekomendasi beserta ulasan produknya juga sudah kami siapkan untuk Anda. Ada produk dari merk Nobleman, Sparco, dan lainnya. Baik untuk Xenia, Calya, atau Sigra, semuanya ada. Yuk, dimulai!
    Aksesori mobil
  • 10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Wiper mobil adalah alat yang memiliki peran penting bagi pengendara agar pandangan tetap maksimal kala hujan turun. Di gerai online, Anda dapat menemukan variasi wiper mobil dengan berbagai bentuk dan merek. Akan tetapi, di antara bermacam-macam wiper yang dijual di pasaran, produk manakah yang tepat untuk Anda?Kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wiper mobil yang bagus, seperti Bosch, DENSO, dan ASPIRA. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Simak informasinya sampai akhir, ya!
    Aksesori mobil
  • 10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Menikmati musik di dalam mobil bisa membuat Anda relaks, terlebih saat terjebak kemacetan. Nah, ada aksesori tambahan pada mobil yang bisa Anda gunakan untuk menikmati musik dengan maksimal, yaitu subwoofer kolong. Subwoofer kolong yang bagus akan membuat suara musik dalam mobil lebih jernih dan berkualitas.Terdapat banyak merek subwoofer kolong yang patut dipertimbangkan, seperti Pioneer, JBL, dan Venom. Kami akan merekomendasikan sepuluh produk unggulan untuk Anda. Tak lupa, kami juga menyiapkan panduan cara memilih subwoofer kolong terbaik. Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Asbak Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Asbak Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2022)
    Apabila Anda seorang perokok, mengisap rokok di dalam mobil mungkin sering Anda lakukan. Saat merokok, sering kali abu rokok jatuh mengotori interior mobil. Penggunaan asbak di dalam mobil dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih asbak rokok yang tepat untuk digunakan di dalam mobil. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk asbak untuk mobil seperti dari merek Butt Bucket dan Car Mate. Selamat membaca!
    Aksesori mobil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori