• 10 Pelindung Puting Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Pelindung Puting Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Pelindung Puting Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Pelindung Puting Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Pelindung Puting Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Pelindung Puting Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)

Pelindung puting merupakan alat yang sangat bermanfaat untuk mengatasi beragam masalah saat menyusui bayi. Wanita biasanya memiliki ketakutan tersendiri dalam hal menyusui. Ada yang khawatir akan kelancaran ASI, ada juga yang putingnya terasa sakit atau terluka saat menyusui. Kesulitan menyusui juga dapat dikarenakan depresi atau masalah puting yang rata.


Karena itu, kini kami akan menjelaskan cara memilih pelindung puting yang tepat. Bidan Ony Christy juga turut memberikan komentarnya di artikel ini. Beberapa produk rekomendasi yang bagus, dari merek Medela, Bevavar, dan Pigeon, pun akan kami ulas. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ony Christy
  • Pembaharuan terakhir: 20 Oktober 2021
  • 11.476 Views
Daftar isi

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Silakan tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Apa keuntungan menggunakan pelindung puting?

Pelindung puting atau nipple shield adalah alat berbentuk silikon yang bermanfaat untuk melindungi puting. Ketika bayi mengisap dan menggigit puting saat menyusui, puting akan terasa sangat sakit. Menggunakan nipple shield bisa melindungi puting yang terluka supaya tidak terlalu sakit saat menyusui. Produk ini juga dapat menjaga agar bayi tidak mengisap darah dari puting yang terluka.


Banyak wanita mengalami kesulitan saat menyusui. Penyebabnya bisa karena puting yang rata hingga puting yang terlalu besar atau terlalu kecil sehingga sulit menyusui. Menggunakan pelindung puting dapat menjadi salah satu cara agar bayi mudah mengisap puting dengan lebih baik. 


Setelah menggunakan nipple shield, beberapa orang yang putingnya masuk ke dalam menyatakan adanya perubahan. Puting sedikit demi sedikit akan menonjol keluar, berubah bentuk, dan membuat bayi dapat menyusu secara langsung setelahnya.


Pelindung puting adalah produk yang direkomendasikan untuk direct breastfeeding karena hanya digunakan untuk sementara saja. Bagi Anda yang tidak ingin memberikan dot kepada anak, gunakanlah alat pelindung puting.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Beberapa ibu bisa mengalami kesulitan saat menyusui. Kondisi ini bisa disebabkan karena pelekatan bayi yang kurang tepat atau posisi bayi yang kurang benar. Puting yang datar (flat nipple), puting yang masuk ke dalam (inverted nipple), atau puting yang terlalu besar juga bisa menyebabkan kesulitan ini.


Jika tidak segera diatasi, kondisi ini dapat menyebabkan masalah seperti sumbatan ASI, mastitis (peradangan jaringan payudara), ataupun puting lecet. Hal ini bisa berujung menjadi nursing strike atau bayi kesulitan menyusu. Akibatnya, bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup dan berat badannya kurang. Salah satu cara mengatasi masalah puting besar, puting datar, atau tenggelam adalah dengan menggunakan pelindung puting.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pelindung puting

Kami akan memperkenalkan cara memilih pelindung puting yang tepat. Pilihlah yang mudah digunakan sehingga menyusui menjadi terasa menyenangkan!

Pilih berdasarkan tipenya

Ada dua tipe pelindung puting yaitu lembut dan tebal. Tipe yang umum di pasaran adalah tipe lembut. Namun, terkadang tipe ini terasa menyakitkan atau ukurannya kurang pas di puting Anda. Jadi, pilihlah yang sesuai kebutuhan.

Tipe lembut membuat bayi merasa seperti menyusu langsung

Tipe ini terbuat dari bahan yang tipis dan sangat pas diletakkan di puting. Desainnya lembut, tipis, dan benar-benar terasa seperti puting asli. Jadi, bayi tidak akan merasa terganggu dan dapat menyusu seperti biasa.


Tipe lembut memiliki bentuksemicircular shape. Bentuk ini menyerupai setengah lingkaran yang ujungnya berlekuk sehingga hidung bayi tidak akan tertutup oleh pelindung puting. Hasilnya, bayi masih bisa mencium kulit sang ibu. Menyusui pun menjadi lebih mudah sehingga payudara ibu tetap dapat terstimulasi untuk terus menghasilkan ASI. 

Namun, karena tipe ini biasanya menempel erat ke puting, sangat disarankan untuk memilih ukuran yang tepat. Perlu diingat, tipe ini tidak terlalu tebal, serta hanya melindungi dasar puting saja. Jadi, Anda mungkin masih akan merasakan nyeri jika ada luka di bagian puting. Tipe lembut direkomendasikan untuk Anda yang memiliki luka ringan di bagian puting atau masalah puting rata.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Tipe lembut sangat cocok untuk ibu yang memiliki puting datar (flat nipple) atau puting tenggelam (inverted nipple). Tipe ini pun bisa digunakan oleh ibu yang memang berencana menggunakan pelindung puting dalam jangka waktu lama. 


Terasa nyaris seperti puting sungguhan, bayi masih bisa merasakan kedekatan dengan ibu dan tidak terlalu sulit saat mengisap puting. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan bayi mengalami nursing strike atau bingung puting. 

Tipe tebal untuk mengurangi rasa sakit

Pelindung puting tipe tebal memiliki bentuk seperti dot botol. Teksturnya lebih tebal dibandingkan tipe lembut. Tipe ini memiliki lubang ventilasi untuk menahan pelindung puting terlepas dari puting saat bayi mengisap cukup keras.


Tipe tebal membuat mulut bayi tidak akan terasa saat menyentuh puting sehingga rasa sakit akan berkurang. Puting yang lecet atau terluka pun akan lebih cepat pulih. Selain itu, tipe ini biasanya tidak memiliki ukuran atau free size. Ukurannya biasanya cukup besar dan fleksibel sehingga cocok untuk berbagai ukuran puting.

Namun, karena ketebalannya, mungkin saja bayi merasa tidak nyaman dan merasakan perbedaan dengan puting yang sebenarnya. Hal ini bisa menyebabkan bayi bingung puting dan menolak menyusu. 


Selain itu, mengisap pelindung puting tipe tebal memerlukan tenaga lebih. Jadi, bayi akan merasa cepat lelah dan membuat mereka sedikit-sedikit ingin menyusu terus. Karena itu, gunakan produk ini hanya untuk sementara, bukan untuk jangka panjang. Anda dapat menggunakannya saat puting sedang sakit. 

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Puting lecet merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu menyusui. Beberapa penyebabnya antara lain adanya infeksi jamur, perlekatan dan posisi menyusui yang kurang tepat, serta lip tie pada bayi. 


Penggunaan pelindung puting akan melindungi puting yang terluka sehingga dapat mempercepat penyembuhan. Pelindung puting juga akan mengurangi rasa nyeri akibat luka pada puting sehingga ibu lebih nyaman saat menyusui. 


Namun, penggunaan pelindung puting tipe tebal ini sebaiknya tidak dalam jangka panjang karena biasanya tipe ini kurang nyaman diisap bayi. Hal ini juga dapat menyebabkan bayi mengalami bingung puting atau tidak mau menyusu ibu lagi.

Pastikan ukurannya sesuai untuk puting Anda

Jika Anda memilih pelindung puting tipe lembut, sangat penting untuk menentukan ukuran yang tepat. Pasalnya, tipe lembut melekat sempurna di ujung puting. Ukuran yang tersedia di pasaran biasanya adalah S, M, dan L. Namun, tergantung pada produsennya, diameternya bisa berbeda-beda.


Contohnya, pelindung puting Pigeon yang merupakan buatan Jepang memiliki produk dengan ukuran L berdiameter 13 mm. Beda lagi dengan produsen Medela yang memiliki diameter 24 mm untuk ukuran L. Saat membeli, periksalah ukuran produk yang akan Anda beli. Jika tidak ada satu pun ukuran yang cocok dengan puting Anda, belilah tipe tebal yang memiliki ukuran free size.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pemilihan pelindung puting yang tepat dapat meningkatkan kenyamanan ibu saat menyusui. Pelindung puting yang tepat tidak akan mudah terlepas atau tidak akan terlalu kecil hingga menekan puting ibu. Pastikan ibu memilih pelindung puting yang sesuai dengan kebutuhan dan pastikan memilih ukuran yang pas.

Cek keamanan bahan yang digunakan

Pelindung puting biasanya terbuat dari bahan silikon yang lembut dan tipis. Namun, karena akan dipakai oleh bayi, keamanan bahan yang digunakan menjadi sangat penting.


Belakangan ini, bahan kimia yang disebut BPA menjadi hal yang ditakutkan karena banyak ditemukan pada produk plastik. Salah satu jenis bahan mentah dari plastik ini jika termakan akan sangat membahayakan, terutama bagi bayi.


Berdasarkan hal tersebut, Kementerian Kesehatan sudah memperingatkan bahwa BPA dapat memengaruhi kesehatan jika sampai termakan. Karena itu, produk yang berlabel BPA-free sangat menarik perhatian di Eropa dan Amerika. 

Untungnya, kebanyakan produsen pelindung puting susu sudah menggunakan bahan BPA-free untuk produknya. Jangan lupa untuk memeriksa bahannya saat membeli pelindung puting, ya.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pelindung puting nantinya akan masuk ke mulut bayi dan tentunya tidak hanya digunakan satu dua kali. Oleh karena itu, pastikan bahannya aman bagi bayi dan mudah dibersihkan. Cari produk yang bahannya BPA-free dan sudah mendapat ijin resmi atau sertifikasi keamanan. 

Carilah yang dilengkapi case agar mudah dibawa bepergian

Untuk mempermudah Anda saat bepergian, carilah pelindung puting yang memiliki wadah atau case. Dengan adanya case, Anda dapat membawa pelindung puting yang sudah disterilkan tanpa pusing memikirkan tempat penyimpanannya. Beberapa pelindung nipple juga bisa disterilkan di dalam microwave sehingga cocok untuk ibu yang sibuk.


Sebenarnya, Anda hanya membutuhkan satu pelindung puting. Namun, jika Anda berada di luar rumah atau pergi menginap untuk waktu yang lama, bawalah dua pelindung payudara sebagai cadangan. Jadi, pastikan produknya memiliki case.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Peralatan yang digunakan oleh bayi tentunya harus diperhatikan kebersihannya. Imunitas bayi belum terbentuk sempurna sehingga bayi cenderung mudah sakit atau alergi jika lingkungannya tidak bersih. Alat yang tidak bersih juga akan menimbulkan masalah kesehatan bagi ibu dan bayi misalnya infeksi jamur.


Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan pelindung puting dengan cara membersihkan, mensterilkan, dan menyimpannya dengan benar. Jika perlu, gunakan pembersih khusus untuk membersihkan peralatan bayi.

10 Rekomendasi pelindung puting terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pelindung puting terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari bidan Ony Christy.

10

ArdoTulips Contact Nipple Shields

Mulai dari Rp 150.000,00

TipeLembut
UkuranS (16 mm), M (20 mm), dan L (24 mm)
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free, latex-free
Case✔︎
Cara mensterilkanRebus dengan air, lalu cuci dengan air sabun
9

Philips AventNipple Shield

SCF153/03

Mulai dari Rp 125.000,00

TipeLembut
UkuranS (14 mm) dan M (21 mm)
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free
Case✔︎
Cara mensterilkanDirebus, microwave
8
TipeLembut
UkuranS dan L
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free
Case✔︎
Cara mensterilkanTidak disebutkan
7

LansinohContact Nipple Shields (with Case)

Mulai dari Rp 110.000,00

TipeLembut
Ukuran20 mm dan 24 mm
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free, BPS-free
Case✔︎
Cara mensterilkanCuci dengan air sabun
6
TipeLembut
UkuranSize 1 (17 mm) dan size 2 (23 mm)
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free, BPS-free
Case✔︎
Cara mensterilkanMicrowave
5
TipeTebal
UkuranFree size (18 mm)
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free
Case✔︎
Cara mensterilkanCuci dengan air sabun
4
TipeLembut
UkuranS (16 mm), M (20 mm), dan L (24 mm)
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free
Case✔︎
Cara mensterilkanCuci dengan air sabun
3
TipeTebal
UkuranFree size (13 mm)
Jumlah1
Keamanan bahanBPA-free
CaseX
Cara mensterilkanTidak disebutkan
2
TipeLembut
Ukuran8,5 cm x 9,4 cm
Jumlah1
Keamanan bahanBPA-free
Case✔︎
Cara mensterilkanDirebus
1

PigeonNatural Fit Nipple Shield - Silicone

Mulai dari Rp 111.100,00

TipeLembut
UkuranL (13 mm) dan LL (17 mm)
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free, BPS-free
Case✔︎
Cara mensterilkanCuci dengan air sabun

Tabel perbandingan produk pelindung puting terbaik

Gambar produk
1
Pigeon Natural Fit Nipple Shield - Silicone 1

Pigeon

2
Bevavar Pelindung Puting 1

Bevavar

3
Young Young Nipple Shield 1

Young Young

4
Medela Contact Nipple Shields 1

Medela

5
Little Baby Nipple Shield 1

Little Baby

6
MAM Nipple Shields 1

MAM

7
Lansinoh Contact Nipple Shields (with Case) 1

Lansinoh

8
Chicco Silicone Nipple Shields 1

Chicco

9
Philips Avent Nipple Shield 1

Philips Avent

10
Ardo Tulips Contact Nipple Shields 1

Ardo

Nama produk

Natural Fit Nipple Shield - Silicone

Pelindung Puting

Nipple Shield

Contact Nipple Shields

Nipple Shield

Nipple Shields

Contact Nipple Shields (with Case)

Silicone Nipple Shields

Nipple Shield

Tulips Contact Nipple Shields

Keunggulan

Antikaget saat menyusui pada malam hari

Bentuk kepala memudahkan peralihan ke dot

Solusi bagi puting yang terluka parah

Membantu ibu dengan permasalahan puting rata

Desain fleksibel dengan harga terjangkau

Sterilisasi cepat, tak perlu buang-buang waktu

Rekomendasi nipple shield untuk bayi dengan TTLT

Mampu mempererat bonding ibu dan bayi

Desain khusus untuk puting mudah lecet

Bantu ibu meningkatkan produksi ASI

Harga mulai dariRp 111.100,00Rp 39.900,00Rp 24.800,00Rp 230.000,00Rp 46.000,00Rp 113.500,00Rp 110.000,00Rp 71.500,00Rp 125.000,00Rp 150.000,00
TipeLembutLembutTebalLembutTebalLembutLembutLembutLembutLembut
UkuranL (13 mm) dan LL (17 mm)8,5 cm x 9,4 cmFree size (13 mm)S (16 mm), M (20 mm), dan L (24 mm)Free size (18 mm)Size 1 (17 mm) dan size 2 (23 mm)20 mm dan 24 mmS dan LS (14 mm) dan M (21 mm)S (16 mm), M (20 mm), dan L (24 mm)
Jumlah2112222222
Keamanan bahanBPA-free, BPS-freeBPA-freeBPA-freeBPA-freeBPA-freeBPA-free, BPS-freeBPA-free, BPS-freeBPA-freeBPA-freeBPA-free, latex-free
Case✔︎✔︎X✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
Cara mensterilkanCuci dengan air sabunDirebusTidak disebutkanCuci dengan air sabunCuci dengan air sabunMicrowaveCuci dengan air sabunTidak disebutkanDirebus, microwaveRebus dengan air, lalu cuci dengan air sabun
Tautan produk

Cara menggunakan pelindung puting

Cara menggunakan pelindung puting

Sebelum menempelkan pelindung puting, pompa sedikit bagian areola Anda menggunakan jari untuk memudahkan ASI keluar. Setelah ASI keluar sedikit, pasangkan pelindung puting ke puting Anda. 


Ketika menggunakan tipe lembut, usahakan bagian yang setengah lingkaran menghadap ke atas supaya tidak menutupi hidung bayi. Jika menggunakan tipe tebal, lubang ventilasi harus menghadap ke atas supaya tidak menutupi jalan masuk dan keluar udara. Sesekali, pijat payudara dengan tangan dan condongkan badan agak ke depan untuk mengumpulkan ASI di ujung pelindung puting.


Ketika ASI sudah terkumpul di ujung alat pelindung puting, berikan langsung ke mulut bayi. Saat bayi mulai mengisap ASI yang ada di ujungnya, tekanan pelindung puting akan turun dan ASI akan keluar saat distimulasi. Sambil menyusui, gunakan ibu jari dan keempat jari lainnya untuk menahan pelindungnya lebih kuat. Meski terlihat sulit pada awalnya, menyusui akan lebih lancar setelah Anda terbiasa. 

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pastikan pelindung puting, payudara, dan tangan ibu dalam keadaan bersih sebelum ibu menggunakan pelindung puting. Pompa perlahan payudara atau perah dengan tangan sampai ASI keluar sedikit kemudian pasang pelindung puting. 


Pastikan ujung puting berada pada ujung pelindung puting dan pelindung puting tidak bergeser. Jika perlu, ibu bisa memerah sedikit ASI hingga mengisi ujung puting. Ibu juga bisa mengolesi ujung pelindung puting dengan ASI untuk memudahkan bayi menyusu. Pastikan juga ibu membaca petunjuk dalam kemasan sehingga ibu tahu posisi pemasangan pelindung puting yang benar. 

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Pelindung puting bisa Anda gunakan saat mengalami puting lecet. Pastikan posisi menyusui serta pelekatan bayi sudah benar. Apabila puting lecet tidak kunjung sembuh, silahkan cek apakah terdapat infeksi jamur atau tongue tie pada mulut bayi. Segera periksa ke dokter jika payudara memerah, bengkak, dan makin nyeri. 

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk ibu menyusui di sini

Selain pelindung puting, masih banyak produk penunjang lainnya untuk ibu menyusui. Kami sudah menyiapkan artikel-artikel lainnya yang mungkin Anda butuhkan. Silakan klik tautan di bawah ini, ya.

Kesimpulan

Kami sudah membahas sepuluh rekomendasi pelindung puting terbaik yang bisa Anda gunakan saat sedang mengalami masalah menyusui. Pelindung puting juga dapat digunakan sebagai tindakan perlindungan ketika bayi mulai memiliki gigi dan suka menggigit. Gunakanlah pelindung puting secara bijak demi menyusui yang lebih nyaman. Tetap dukung ASI eksklusif, ya! Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Bantal Guling Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bantal Guling Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Bantal guling untuk ibu hamil sangatlah berguna bagi Anda yang sudah memasuki masa kehamilan tua. Saat perut makin membesar, ibu akan merasakan beban pada perut yang menimbulkan rasa sakit pada pinggang. Dengan menggunakan bantal guling untuk ibu hamil, Anda dapat mengurangi rasa sakit ini dan akan merasa lebih nyaman saat berbaring.Merek-merek ternama, seperti Omiland, Mothercare, hingga Theraline menawarkan beragam bantal guling untuk ibu hamil. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menyuguhkan informasi tentang bantal guling khusus ibu hamil. Simak juga rekomendasi produknya dan temukan yang pas di hati!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    8.972 Views
  • 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2021)
    Breastfeeding atau menyusui adalah kesempatan para ibu untuk memperkuat ikatan dengan si kecil. Akan tetapi, ada kalanya Anda direpotkan dengan ASI yang sering bocor sehingga membuat bra cepat kotor. Payudara juga mudah iritasi karena sisa-sisa ASI yang menempel. Pada saat seperti itu, breast pad adalah solusinya.Terdapat dua tipe breast pad yaitu disposable dan washable. Namun, mana yang sebaiknya Anda pilih? Kami akan mengulasnya di sini sekaligus memperkenalkan rekomendasi produknya, mulai dari Pigeon, MOOIMOM, Medela, dan lainnya. Buatlah waktu Anda dengan si kecil makin menyenangkan dengan breast pad yang tepat!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    24.727 Views
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Perubahan hormon yang terjadi saat hamil sering kali membuat kulit lebih sensitif. Akibatnya, kulit jadi mudah berjerawat, serta lebih rentan saat terkena sinar matahari. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengaplikasikan sunscreen untuk ibu hamil, terutama ketika keluar rumah.Nah, kali ini kami akan membahas tentang kandungan sunscreen yang aman untuk ibu hamil. Tips memilih sunscreen yang bagus untuk bumil, serta rekomendasi produk dari merek terbaik juga telah kami siapkan. Ada Sensatia Botanicals, Mama's Choice, serta CeraVe. Mari disimak supaya Anda bisa mendapatkan sunscreen yang cocok untuk ibu hamil!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    58.833 Views
  • 10 Rekomendasi Piyama Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Piyama Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Piama hamil yang nyaman sekaligus fungsional merupakan salah satu pakaian penting bagi ibu hamil sebelum dan setelah melahirkan. Pilihan modelnya pun sangat beragam. Ada piama hamil yang busui friendly, berlengan panjang atau pendek, serta ada pula yang bersaku.Karena terdapat beragam pilihan piama hamil, manakah kira-kira yang paling tepat untuk Anda? Kami membagikan tips memilih piama hamil terbaik di bawah ini. Anda juga bisa menemukan rekomendasi piama hamil modis dari merek MOOIMOM, Sare Studio, dan lainnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    2.766 Views
  • 10 Rekomendasi Celana Legging Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Celana Legging Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Leggings adalah salah satu item yang populer dan dibutuhkan di kalangan ibu hamil. Di artikel ini, kami merekomendasikan leggings hamil yang bisa digunakan dalam berbagai kondisi, baik dalam cuaca panas maupun dingin. Kelenturan, keawetan, dan jenis bahan tentu merupakan faktor terpenting yang dibutuhkan untuk pakaian wanita hamil. Untuk membantu Anda memilih leggings hamil yang tepat, kami akan membahas tips memilihnya di bawah ini. Selain itu, kami juga akan mengulas berbagai merek leggings hamil yang bagus, seperti Mooimom, Uniqlo, dan MamiBelle. Selamat menyimak hingga akhir!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    3.333 Views
  • 10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Anda baru melahirkan sang buah hati, tetapi khawatir produksi ASI kurang mencukupi? Tenang saja, kini banyak produk ASI booster yang aman untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Ada berbagai bentuk dan rasa produk ASI booster yang dijual di pasaran.Bingung mau pilih yang mana? Simak tips dari kami untuk mendapatkan produk ASI booster sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan Anda. Jangan lewatkan juga komentar dari bidan Ony Christy. Produk yang bagus dari berbagai merk, seperti Asifit, Mom Uung, dan Herbs of Gold, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    178.293 Views
  • 10 Rekomendasi Mobil Mainan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mobil Mainan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Mobil mainan merupakan salah satu mainan kegemaran anak-anak zaman sekarang. Anak Anda bisa asyik memainkannya sendiri atau bersama teman-temannya. Mobil mainan sendiri memiliki spesifikasi, fitur, desain, dan harga yang berbeda satu sama lain. Apakah hal itu jadi membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan?Kali ini, kami akan membantu Anda memilih mobil mainan yang tepat. Anda akan menemukan cara memilih dan rekomendasi mobil mainan terbaik untuk anak dalam artikel ini. Pilih saja yang paling cocok untuk anak Anda!
    Ibu & anak
    8.134 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat proses menyusui, tidak hanya bayi saja yang membutuhkan nutrisi. Ibu pun harus memenuhi tubuhnya dengan gizi seimbang. Hal ini penting dilakukan agar nantinya bayi Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi dari ASI. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi susu khusus ibu menyusui.Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih susu ibu menyusui yang bagus. Temukan juga beberapa rekomendasi merk susu ibu menyusui, seperti Prenagen, Anmum, atau Lactamil. Yuk, temukan produk susu ibu menyusui pilihan Anda dan berikanlah yang terbaik bagi si buah hati!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    40.500 Views
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Essential oil adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak tanaman tertentu. Minyak ini biasanya didapatkan dari akar, batang, bunga, atau buah-buahan. Essential oil dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan cocok pula digunakan untuk ibu hamil.Ibu hamil membutuhkan ketenangan fisik dan mental supaya bisa menjalani proses kehamilannya dengan bahagia. Untuk itu, ibu hamil disarankan memakai essential oil. Ada banyak merek yang beredar di pasaran, seperti Young Living, Organic Supply Co, dan sebagainya. Kami akan mengulasnya untuk Anda. Namun, bacalah dahulu manfaat essential oil untuk ibu hamil.
    Perlengkapan & perawatan ibu
    4.145 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bantal Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat memasuki masa kehamilan, bentuk tubuh wanita akan berubah seiring dengan tumbuh kembang janin. Perubahan bentuk tubuh ini akan membuat para ibu hamil sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Nah, agar para ibu hamil bisa tidur dengan nyaman, kami sarankan untuk menggunakan bantal hamil. Banyak merek bantal hamil yang nyaman untuk ibu hamil, seperti Omiland, Mooimom, dan Mothercare yang bisa dijumpai di pasaran. Dari sekian banyak tipe dan merek bantal hamil, manakah bantal hamil yang tepat untuk Anda? Kami akan mengulas secara lengkap dan menyeluruh mengenai bantal hamil. Silakan disimak!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    1.206 Views
  • Artikel populer

  • 10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Anda baru melahirkan sang buah hati, tetapi khawatir produksi ASI kurang mencukupi? Tenang saja, kini banyak produk ASI booster yang aman untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Ada berbagai bentuk dan rasa produk ASI booster yang dijual di pasaran.Bingung mau pilih yang mana? Simak tips dari kami untuk mendapatkan produk ASI booster sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan Anda. Jangan lewatkan juga komentar dari bidan Ony Christy. Produk yang bagus dari berbagai merk, seperti Asifit, Mom Uung, dan Herbs of Gold, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    178.284 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat proses menyusui, tidak hanya bayi saja yang membutuhkan nutrisi. Ibu pun harus memenuhi tubuhnya dengan gizi seimbang. Hal ini penting dilakukan agar nantinya bayi Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi dari ASI. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi susu khusus ibu menyusui.Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih susu ibu menyusui yang bagus. Temukan juga beberapa rekomendasi merk susu ibu menyusui, seperti Prenagen, Anmum, atau Lactamil. Yuk, temukan produk susu ibu menyusui pilihan Anda dan berikanlah yang terbaik bagi si buah hati!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    40.495 Views
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Perubahan hormon yang terjadi saat hamil sering kali membuat kulit lebih sensitif. Akibatnya, kulit jadi mudah berjerawat, serta lebih rentan saat terkena sinar matahari. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengaplikasikan sunscreen untuk ibu hamil, terutama ketika keluar rumah.Nah, kali ini kami akan membahas tentang kandungan sunscreen yang aman untuk ibu hamil. Tips memilih sunscreen yang bagus untuk bumil, serta rekomendasi produk dari merek terbaik juga telah kami siapkan. Ada Sensatia Botanicals, Mama's Choice, serta CeraVe. Mari disimak supaya Anda bisa mendapatkan sunscreen yang cocok untuk ibu hamil!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    58.826 Views
  • 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2021)
    Breastfeeding atau menyusui adalah kesempatan para ibu untuk memperkuat ikatan dengan si kecil. Akan tetapi, ada kalanya Anda direpotkan dengan ASI yang sering bocor sehingga membuat bra cepat kotor. Payudara juga mudah iritasi karena sisa-sisa ASI yang menempel. Pada saat seperti itu, breast pad adalah solusinya.Terdapat dua tipe breast pad yaitu disposable dan washable. Namun, mana yang sebaiknya Anda pilih? Kami akan mengulasnya di sini sekaligus memperkenalkan rekomendasi produknya, mulai dari Pigeon, MOOIMOM, Medela, dan lainnya. Buatlah waktu Anda dengan si kecil makin menyenangkan dengan breast pad yang tepat!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    24.727 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bantal Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat memasuki masa kehamilan, bentuk tubuh wanita akan berubah seiring dengan tumbuh kembang janin. Perubahan bentuk tubuh ini akan membuat para ibu hamil sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Nah, agar para ibu hamil bisa tidur dengan nyaman, kami sarankan untuk menggunakan bantal hamil. Banyak merek bantal hamil yang nyaman untuk ibu hamil, seperti Omiland, Mooimom, dan Mothercare yang bisa dijumpai di pasaran. Dari sekian banyak tipe dan merek bantal hamil, manakah bantal hamil yang tepat untuk Anda? Kami akan mengulas secara lengkap dan menyeluruh mengenai bantal hamil. Silakan disimak!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    1.206 Views
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Essential oil adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak tanaman tertentu. Minyak ini biasanya didapatkan dari akar, batang, bunga, atau buah-buahan. Essential oil dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan cocok pula digunakan untuk ibu hamil.Ibu hamil membutuhkan ketenangan fisik dan mental supaya bisa menjalani proses kehamilannya dengan bahagia. Untuk itu, ibu hamil disarankan memakai essential oil. Ada banyak merek yang beredar di pasaran, seperti Young Living, Organic Supply Co, dan sebagainya. Kami akan mengulasnya untuk Anda. Namun, bacalah dahulu manfaat essential oil untuk ibu hamil.
    Perlengkapan & perawatan ibu
    4.144 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori