• 10 Rekomendasi Pelindung Puting Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pelindung Puting Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pelindung Puting Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pelindung Puting Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pelindung Puting Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pelindung Puting Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Wanita memiliki ketakutan tersendiri dalam hal menyusui. Beberapa hal yang dikhawatirkan adalah kelancaran ASI, sakitnya puting hingga luka saat menyusui, kesulitan menyusui karena depresi, atau karena masalah puting yang rata. Untuk membantu mengatasi masalah-masalah tersebut, pelindung puting sangat kami rekomendasikan untuk Anda coba. 


Kami akan menjelaskan cara memilih pelindung puting yang tepat, mulai dari cara memilih berdasarkan tipe hingga ukurannya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik di pasaran seperti dari merek Medela dan Pigeon. Pilihlah yang paling cocok dan sesuai sehingga Anda dapat menikmati bonding dengan bayi Anda.

  • Pembaharuan terakhir: 26 Desember 2019
  • 264 Views
Daftar isi

Apa keuntungan menggunakan pelindung puting?

Pelindung puting adalah alat berbentuk silikon yang berguna untuk melindungi puting. Ketika bayi mengisap dan menggigit puting saat menyusui, puting Anda tentu akan terasa sangat sakit. Menggunakan pelindung bisa melindungi puting Anda yang terluka supaya tidak terlalu sakit saat menyusui. Di samping itu, produk ini juga dapat menjaga agar bayi tidak mengisap darah dari puting yang terluka.


Banyak wanita mengalami kesulitan saat menyusui. Penyebabnya bisa karena puting yang rata hingga puting yang terlalu besar atau terlalu kecil sehingga sulit menyusui. Menggunakan pelindung puting dapat menjadi salah satu alternatif agar bayi mudah mengisap puting dengan lebih baik. Setelah menggunakan pelindung, beberapa orang dengan tipe puting yang masuk ke dalam menyatakan mereka mengalami perubahan. Puting sedikit demi sedikit akan menonjol keluar, berubah bentuk, dan membuat bayi dapat menyusu secara langsung setelahnya.


Pelindung puting adalah produk yang direkomendasikan untuk direct breastfeeding karena sifatnya hanya digunakan untuk sementara saja. Bagi Anda yang tidak ingin memberikan dot kepada anak, gunakanlah pelindung puting.

Cara memilih pelindung puting

Pertama-tama, kami akan memperkenalkan cara memilih pelindung puting yang tepat. Pastikan Anda mengecek baik ukuran maupun jenis pelindung puting sebelum membelinya. Pilihlah yang mudah digunakan sehingga membuat menyusui menjadi hal yang menyenangkan!

Pilih berdasarkan tipenya

Ada dua tipe pelindung puting yaitu lembut dan tebal. Tipe pelindung puting yang umum di pasaran adalah tipe lembut. Namun, terkadang tipe ini terasa menyakitkan atau ukurannya kurang pas di puting Anda. Jadi, pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe lembut membuat bayi merasa seperti menyusu langsung

Tipe lembut biasanya terbuat dari bahan yang tipis dan sangat pas diletakkan di puting. Desainnya lembut, tipis, dan benar-benar terasa seperti puting asli. Alhasil, bayi tidak akan merasa terganggu dan akan menyusu seperti biasa.


Tipe lembut memiliki karakteristik semicircular shape. Bentuk ini menyerupai setengah lingkaran yang ujungnya berlekuk sehingga hidung bayi tidak akan tertutup oleh pelindung puting. Bayi pun masih bisa mencium kulit sang ibu karena efek lekuk tersebut. Menyusui pun menjadi lebih mudah dan payudara ibu tetap dapat terstimulasi untuk terus menghasilkan ASI. 

Namun, karena tipe ini biasanya menempel erat ke puting, sangat disarankan untuk memilih ukuran yang tepat. Perlu diingat juga, tipe ini tidak terlalu tebal dan hanya melindungi dasar puting saja. Jadi, Anda mungkin masih akan merasakan nyeri jika ada luka di bagian puting. Jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki luka ringan di bagian puting atau masalah puting rata.

Tipe tebal untuk mengurangi rasa sakit

Pelindung puting tipe tebal biasanya memiliki bentuk seperti dot botol. Teksturnya pun lebih tebal dibandingkan tipe lembut. Tipe ini memiliki lubang ventilasi untuk menahan pelindung puting terlepas dari puting saat bayi mengisap cukup keras.


Tipe ini membuat mulut bayi tidak akan terasa saat menyentuh puting Anda. Dengan demikian, rasa sakit akan berkurang dan membantu puting yang lecet atau terluka lebih cepat pulih. Selain itu, tipe tebal juga biasanya tidak memiliki ukuran atau free size. Tipe ini umumnya memiliki ukuran yang cukup besar dan fleksibel, cocok digunakan oleh Anda yang berputing kecil maupun besar.

Namun, karena ketebalannya, mungkin saja bayi Anda merasa tidak nyaman dan merasakan perbedaan dengan puting yang sebenarnya. Hal ini bisa menyebabkan bayi bingung puting dan menolak menyusu. Selain itu, mengisap pelindung puting tipe tebal memerlukan tenaga lebih. Jadi, bayi akan merasa cepat lelah dan membuat mereka sedikit-sedikit ingin menyusu terus. Maka dari itu, gunakan produk ini hanya untuk sementara saja dan bukan untuk jangka panjang. Anda dapat menggunakan produk ini saat puting sedang sakit. 

Tentukan produk yang tepat untuk Anda

Sangat penting untuk memilih ukuran yang tepat jika Anda memilih pelindung puting tipe lembut. Hal ini dikarenakan tipe lembut melekat sempurna di ujung puting. Ukuran yang tersedia di pasaran biasanya adalah S, M, dan L. Namun, diameternya bisa berbeda-beda tergantung pada produsennya sendiri.


Contohnya, produsen buatan Jepang seperti Pigeon memiliki produk dengan ukuran L yang berdiameter 13 mm. Beda lagi dengan produsen Medela yang memiliki diameter 24 mm untuk ukuran L. Jadi, saat membeli, periksalah ukuran pelindung puting yang akan Anda beli. Jika tidak ada satu pun ukuran yang cocok dengan puting Anda, beli saja tipe tebal yang memiliki ukuran free size.

Cek keamanan bahan yang digunakan

Pelindung puting biasanya terbuat dari bahan silikon yang lembut dan tipis. Namun, karena akan digunakan untuk bayi, keamanan bahan yang digunakan menjadi sangat penting. Belakangan ini, bahan kimia yang biasa disebut BPA menjadi hal yang ditakutkan karena banyak ditemukan pada produk plastik. Salah satu jenis bahan mentah dari plastik ini jika termakan akan sangat membahayakan, terutama bagi bayi.


Berdasarkan hal tersebut, Kementerian Kesehatan sendiri juga sudah memperingatkan jika BPA dapat memengaruhi kesehatan jika sampai termakan. Maka dari itu, produk yang berlabel BPA-free sangat menarik perhatian di Eropa dan Amerika. 

Oleh karena itu, kebanyakan produsen pelindung puting rata-rata sudah menggunakan bahan BPA-free untuk produknya. Jika Anda peduli terhadap hal ini, jangan lupa untuk memeriksa bahannya saat membeli pelindung puting.

Carilah yang dilengkapi case agar mudah dibawa bepergian

Untuk mempermudah Anda saat bepergian, akan lebih baik jika Anda mencari pelindung puting yang memiliki wadah atau case. Dengan adanya case, Anda dapat membawa pelindung puting yang sudah disterilkan tanpa pusing memikirkan harus ditaruh di mana. Beberapa produk juga bisa disterilkan di dalam microwave sehingga sangat cocok untuk ibu yang sibuk.


Sebenarnya, Anda cukup membutuhkan satu pelindung puting saja. Namun, jika Anda berada di luar rumah atau pergi menginap di suatu tempat untuk waktu yang lama, bawalah dua pelindung puting sebagai cadangan. Jadi, pastikan Anda mencari produk yang memiliki case.

10 Rekomendasi pelindung puting terbaik

Selanjutnya, kami akan mengulas rekomendasi pelindung puting terbaik yang bisa Anda simak. Jangan lupa untuk memastikan juga ukuran dan bentuk pelindung putingnya, ya!

10
TipeTebal
UkuranFree size (13 mm)
Jumlah1
Keamanan bahanBPA-free
Casex
9
TipeLembut
UkuranTidak diketahui
Jumlah1
Keamanan bahanBPA-free, DEHP-free
Casex
8
TipeLembut
UkuranS (12 mm) dan M (21 mm)
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free
Case✔︎
7
TipeTebal
UkuranFree size (18 mm)
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free
Case✔︎
6
TipeLembut
UkuranM (20 mm) dan L (24 mm)
Jumlah2
Keamanan bahanLatex-free
Case✔︎
5
TipeLembut
UkuranLarge dan small
Jumlah2
Keamanan bahanSuitable for contact with food
Case✔︎
4
TipeTebal
UkuranFree size
Jumlah1
Keamanan bahanBPA-free
Casex
3
TipeLembut
UkuranSize 1 (17 mm) dan size 2 (23 mm)
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free, BPS-free
Case✔︎
2
TipeLembut
UkuranTidak diketahui
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free
Casex
1
TipeLembut
UkuranS (16 mm) , M (20 mm) , dan L (24 mm)
Jumlah2
Keamanan bahanBPA-free
Case✔︎

Tabel perbandingan produk pelindung puting terbaik

Gambar produk
1
Medela Contact Nipple Shields 1

Medela

2
Dr. Brown's Nipple Shield 1

Dr. Brown's

3
MAM Nipple Shields 1

MAM

4
Pigeon Nipple Shield Rubber 1

Pigeon

5
Chicco Natural Feeling Nipple Shield 1

Chicco

6
Ardo Tulips Nipple Shields 1

Ardo

7
Little Baby Nipple Shield 1

Little Baby

8
Philips Avent Nipple Shield 1

Philips Avent

9
Ninio Silicone Nipple Shield 1

Ninio

10
Young Nipple Shield 1

Young

Nama produk

Contact Nipple Shields

Nipple Shield

Nipple Shields

Nipple Shield Rubber

Natural Feeling Nipple Shield

Tulips Nipple Shields

Nipple Shield

Nipple Shield

Silicone Nipple Shield

Nipple Shield

KeunggulanMembantu ibu dengan permasa...Tetap nyaman selama menyusu...Bebas khawatir dari bahan b...Solusi bagi puting yang ter...Desain khusus yang buat bon...Terasa sama seperti menyusu...Bentuknya fleksibel, bisa u...Produk rekomendasi bagi bay...Aman, tanpa bau, dan tidak ...Bahannya yang elastis lebih...
HargaRp 121.000,00Rp 171.600,00Rp 110.000,00Rp 158.000,00Rp 146.000,00Rp 190.000,00Rp 47.000,00Rp 129.000,00Rp 15.000,00Rp 22.313,00
TipeLembutLembutLembutTebalLembutLembutTebalLembutLembutTebal
UkuranS (16 mm) , M (20 mm) , dan L (24 mm)Tidak diketahuiSize 1 (17 mm) dan size 2 (23 mm)Free size Large dan smallM (20 mm) dan L (24 mm)Free size (18 mm)S (12 mm) dan M (21 mm)Tidak diketahuiFree size (13 mm)
Jumlah2221222211
Keamanan bahanBPA-freeBPA-freeBPA-free, BPS-freeBPA-freeSuitable for contact with foodLatex-freeBPA-freeBPA-freeBPA-free, DEHP-freeBPA-free
Case✔︎x✔︎x✔︎✔︎✔︎✔︎xx
Tautan produk

Cara menggunakan pelindung puting

Cara menggunakan pelindung puting

Sebelum menempelkan pelindung puting, pompa sedikit bagian areola Anda menggunakan jari untuk memudahkan ASI keluar. Setelah ASI keluar sedikit, barulah pasangkan pelindung puting ke puting Anda. 


Ketika menggunakan tipe lembut, usahakan bagian yang setengah lingkaran menghadap ke atas supaya tidak menutupi hidung bayi. Jika menggunakan tipe tebal, lubang ventilasi harus menghadap ke atas supaya tidak menutupi jalan masuk dan keluar udara. Sesekali, pijat payudara dengan tangan dan condongkan badan agak ke depan untuk mengumpulkan ASI di ujung pelindung puting.


Ketika ASI sudah terkumpul di ujung pelindung puting, berikan langsung ke mulut bayi. Saat bayi mulai mengisap ASI yang ada di ujungnya, tekanan pelindung puting akan turun dan ASI akan keluar saat distimulasi. Sambil menyusui, gunakan ibu jari dan keempat jari lainnya untuk menahan pelindungnya lebih kuat. Meski terlihat sulit pada awalnya, menyusui akan lebih lancar setelah Anda terbiasa. 

Baca juga rekomendasi produk untuk ibu menyusui lainnya di sini!

Selain pelindung puting, baca juga rekomendasi lainnya untuk ibu menyusui di sini. Anda bisa menemukan banyak produk menarik yang tentunya tidak kalah penting untuk Anda miliki. Silakan simak baik-baik!

Kesimpulan

Kami sudah membahas sepuluh rekomendasi pelindung puting terbaik yang bisa Anda gunakan saat sedang mengalami masalah menyusui. Pelindung puting juga dapat digunakan sebagai tindakan pencegahan ketika bayi mulai memiliki gigi dan suka menggigit. Gunakanlah pelindung puting secara bijak untuk menyusui yang lebih nyaman dan tetap dukung ASI eksklusif. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Bak mandi bayi sangat diperlukan untuk memandikan bayi yang baru saja lahir. Terdapat beberapa jenis produk dari produsen terkenal, seperti Munchkin, IKEA, dan Richell. Ada yang bisa digunakan pada wastafel dan ada juga bak mandi vinyl yang bisa dilipat. Namun, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat memilih bak mandi?Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan tips untuk memilih bak mandi bayi secara detail dari segi kemudahan penggunaan hingga kemudahan penyimpanannya. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi bak mandi bayi yang dapat Anda jadikan referensi ketika membeli bak mandi untuk bayi Anda. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    7.691 Views
  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat moms berada di tempat umum, ada kalanya bayi tiba-tiba ingin menyusu. Dengan kondisi nursery room di Indonesia yang belum mudah ditemukan pasti membuat moms enggan memberikan ASI. Kini, moms tidak perlu repot lagi karena sudah banyak dijual beragam apron menyusui atau nursing cover yang nyaman.Jika Anda masih bingung apron menyusui seperti apa yang terbaik untuk kebutuhan, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan membagikan tips memilih apron menyusui beserta produk-produk rekomendasi terbaik seperti dari merek Mooimom dan Baa Baa Sheepz. Yuk, disimak penjelasan lengkapnya!
    Ibu & anak
    2.572 Views
  • 10 Rekomendasi Bedak Bayi Terbaik, Bisa untuk Makeup (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bedak Bayi Terbaik, Bisa untuk Makeup (Terbaru Tahun 2020)
    Bedak bayi sudah lama diminati sebagai perlengkapan perawatan kulit bayi. Karena formulanya yang aman untuk kulit, beberapa orang dewasa juga menggunakan bedak bayi sebagai bedak yang digunakan untuk tubuh dan dipakai untuk makeup. Merek Pigeon, Cussions, Johnson & Johnson, dan lainnya yang terkenal sebagai bedak khusus bayi ternyata dapat dipakai oleh orang dewasa.Artikel kali ini membahas bedak bayi yang dapat digunakan untuk tubuh dan wajah orang dewasa. Kami juga akan memberitahukan bagaimana cara memilih dengan tepat dan cara aman menggunakannya. Simaklah artikel berikut ini untuk mendapatkan bedak bayi terbaik baik untuk bayi Anda maupun Anda sendiri!
    Ibu & anak
    21.325 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mainan Gantung Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Selain disenangi oleh bayi, mainan gantung juga bermanfaat bagi tumbuh kembang mereka. Hal itu disebabkan oleh gerak dinamis yang dihasilkan oleh mainan gantung. Gerak tersebut dapat merangsang perkembangan otak dan juga penglihatan bayi.Terdapat beberapa merek mainan gantung seperti IKEA, Fisher Price, dan Playgro yang dapat Anda temukan dengan mudah di toko online Indonesia. Untuk membantu Anda memilih, kami akan memberikan rekomendasi mainan gantung yang memiliki bentuk dan warna menarik bagi bayi. Silakan pilih produk favorit Anda!
    Ibu & anak
    1.713 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Perlengkapan Bayi Model Backpack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Perlengkapan Bayi Model Backpack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk membawa perlengkapan bayi yang banyak, Anda harus menggunakan tas perlengkapan bayi atau diaper bag berukuran besar. Salah satu model diaper bag yang populer adalah backpack. Dengan tas model backpack, tangan Anda tetap dapat bergerak leluasa. Jadi, Anda bisa beraktivitas dengan bebas.Selain itu, tas perlengkapan bayi model backpack umumnya terasa nyaman saat digunakan, serta memiliki ukuran yang besar, banyak kantong, dan beragam desain. Rekomendasi produk dari merek Petunia, Anello, Okiedog, dan sebagainya akan kami berikan untuk Anda setelah kami menjelaskan tips memilihnya terlebih dahulu. Selamat menyimak!
    Ibu & anak
    5.186 Views
  • 10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi bayi, berada dalam dekapan dan pelukan ibu akan memberikan rasa nyaman dan tenang. Selain merasa hangat, mereka juga bisa mendengarkan detak jantung ibu yang menenteramkan. Oleh karena itu, para ibu rata-rata menggendong bayi mereka di depan. Dengan menggendong di depan, ibu bisa terus melakukan aktivitasnya sembari menjaga buah hati.Masalahnya, menggendong bayi terlalu lama bisa membuat bayi merasa gerah dan tidak nyaman, terutama saat cuaca panas. Untuk itu, diperlukan gendongan bayi yang berkualitas. Melalui artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi gendongan bayi terbaik tipe depan yang nyaman untuk ibu dan buah hati. Simak ulasan kami!
    Ibu & anak
    13.554 Views
  • 10 Rekomendasi Teether Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teether Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika bayi sedang mengalami tumbuh gigi, gusi mereka biasanya terasa gatal dan tidak nyaman. Akibatnya, mereka kerap kali menggigit dan mengisap benda-benda di sekitarnya. Bahkan, beberapa bayi juga menjadi lebih rewel. Untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman tersebut, Anda dapat memberikan teether kepada bayi Anda.Namun, agar tidak salah memilih, akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu mengenal berbagai hal penting dari teether bayi. Semuanya akan diulas secara lengkap di dalam artikel ini. Plus, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik, mulai dari merek Pigeon, Dr. Brown’s, Nuby, dan sebagainya. Mari kita mulai!
    Ibu & anak
    4.738 Views
  • 10 Rekomendasi Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020)
    Saat hamil, kulit lebih sering bermasalah karena perubahan hormon. Kulit juga akan lebih rentan terhadap sinar UV sehingga Anda membutuhkan sunblock sebagai pelindung. Ada berbagai jenis sunblock yang dijual di pasaran dan membuat Anda bingung ketika memilih.Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi sunblock untuk ibu hamil dari brand seperti Shiseido, Innisfree, dan Kiehl’s. Tidak ketinggalan cara memilihnya pun akan kami jelaskan secara rinci supaya Anda tidak salah pilih. Temukan produk yang tepat bersama kami!
    Ibu & anak
    7.699 Views
  • 10 Rekomendasi Pakaian Formal Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pakaian Formal Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Pakaian formal untuk bayi cocok dikenakan pada acara spesial, seperti upacara pernikahan, hari raya, dan upacara adat. Namun, memilih pakaian formal untuk bayi dan balita tidak boleh asal. Apakah Anda masih kesulitan dalam menentukan pakaian bayi yang akan dikenakan?Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pakaian formal untuk bayi dan rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Beberapa merek terkenal seperti Paulette Kids, Cool Baby, dan Janie and Jack juga ada dalam rekomendasi produk. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak artikel di bawah ini!
    Ibu & anak
    243 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sneakers Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Sneakers Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Semua orang tua tentunya ingin memilih sepatu yang nyaman dipakai oleh bayi atau anak balita, terutama untuk anak yang baru belajar berjalan. Produsen sepatu ternama Nike, New Balance, dan Converse pun menjual sneakers bayi bergaya modis. Selain itu, terdapat juga sepatu lokal asli Indonesia yang berharga terjangkau.Jika Anda masih bingung dalam memilih, kami akan mengulas beberapa produk sneakers bayi yang paling banyak direkomendasikan. Anda bisa memilih mulai dari sepatu yang nyaman di kaki hingga sepatu yang mudah dipasang dan dilepas sendiri oleh anak. Mari disimak!
    Ibu & anak
    339 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    117.734 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    57.791 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    49.289 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    37.865 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    36.683 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Ibu & anak
    28.302 Views
  • 10 Rekomendasi Kelambu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kelambu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika bayi tidur, kelambu dapat menjaga mereka dari nyamuk atau serangga lainnya. Dengan begitu, bayi pun dapat tidur dengan nyaman dan aman. Orang tua juga dapat lebih tenang melakukan aktivitas yang lain karena yakin bayi terjaga dengan baik.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi kelambu bayi terbaik. Anda akan menemukan beragam kelambu bayi berkualitas dalam artikel ini. Apa saja rekomendasi kelambu yang baik tersebut? Mari baca lebih lanjut!
    Ibu & anak
    1.759 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori