1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2023)

Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.


Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Pura, Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Simak juga tips dan komentar dari Cook Debbie Ariesthea, ya. Simak terus artikelnya!

Diperbaharui 11-07-2022
Pakar
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Debbie adalah pemilik akun Instagram @debbie_ariesthea yang banyak diikuti oleh pehobi masak ataupun baking. Awalnya, Debbie memotret hasil baking atau masakannya sebagai hobi. Foto dan resep yang dibagikannya di Instagram ternyata mendapat respons positif dari orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Sejak itu, Debbie pun aktif melakukan sharing foto dan resep masakannya. Sedikit demi sedikit, akun Instagram-nya di-follow banyak orang hingga saat ini sudah mencapai 46,4K.

Profil Debbie Ariesthea
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Sekilas tentang MSG, apakah aman?

Sekilas tentang MSG, apakah aman?

MSG atau monosodium glutamate merupakan bentuk garam dari asam glutamat. Bahan ini berfungsi untuk membuat rasa makanan jadi lebih gurih. Asam glutamat itu sendiri merupakan asam amino alami yang terdapat dalam berbagai bahan makanan, seperti tomat, jamur, rumput laut, dan kecap.


Rasa gurih yang diciptakan oleh MSG dikenal juga dengan sebutan umami. Memang tidak ada standar baku tentang batas konsumsi MSG, tetapi berhati-hatilah agar tidak mengonsumsi MSG secara berlebihan. Apalagi jika Anda memiliki alergi atau sensitif terhadap MSG, hindari penyedap rasa yang mengandung MSG, ya.


Orang dahulu percaya mengonsumsi MSG terlalu banyak dapat menyebabkan Chinese restaurant syndrome. Gejalanya sakit kepala, mual, mati rasa dari belakang leher hingga ke seluruh lengan, dada sesak, jantung berdebar, dan tubuh lemas. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa efek tersebut terjadi karena alergi terhadap bahan makanan tertentu dan bukan disebabkan oleh MSG.

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Selama dikonsumsi dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan, MSG layak dikonsumsi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih penyedap rasa

Produk penyedap rasa banyak terdapat di pasaran, tetapi mungkin tidak semua produk cocok di lidah. Agar Anda menemukan yang pas di lidah, perhatikan tips berikut ini.

① Pilih penyedap rasa MSG atau penyedap rasa non MSG sesuai selera

Tidak semua penyedap rasa menggunakan MSG. Ada beberapa merek dengan klaim tidak menggunakan MSG tambahan. Kami akan menjelaskan keunggulan tiap-tiap produk penyedap tersebut.

Penyedap rasa MSG, menghasilkan rasa yang lebih gurih dan lezat

Penyedap rasa MSG, menghasilkan rasa yang lebih gurih dan lezat

Penyedap rasa yang sering kali ditemui adalah yang mengandung MSG. Penyedap rasa dengan kandungan MSG membuat rasa masakan jauh lebih gurih meskipun hanya ditambahkan sedikit. Anda dapat menemukan penyedap rasa MSG di mana saja, termasuk di warung dekat rumah Anda.


Harganya pun cenderung lebih murah karena penggunaan bahan alami yang lebih sedikit. Hal ini yang menyebabkan penyedap rasa ini sering digunakan oleh pengusaha kuliner.


Makanan dengan penyedap rasa yang mengandung MSG sayangnya dapat meninggalkan rasa haus setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, hindari penggunaan penyedap rasa dengan MSG secara berlebihan, ya.

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

MSG atau lebih dikenal dengan istilah micin merupakan bumbu penyedap masakan yang berasal dari asam glutamat. Asam glutamat adalah asam amino yang diubah menjadi garam natrium untuk memberikan rasa gurih dan lebih enak pada masakan yang dibuat.


Anda dapat menemukan MSG pada makanan, termasuk bumbu instan, buah-buahan kalengan, keripik, makanan siap saji, dan sup kemasan. Bahkan, tidak sedikit para ibu yang menambahkan MSG ke dalam masakannya untuk mempertajam rasa. Namun, ternyata penambahan MSG secara berlebihan pada makanan berdampak kurang baik bagi kesehatan, terutama pada anak-anak.

Penyedap rasa non MSG, untuk rasa yang lebih alami dan segar

Penyedap rasa non MSG, untuk rasa yang lebih alami dan segar

Ada juga penyedap rasa yang tidak menggunakan tambahan MSG atau non-MSG. Penyedap rasa ini menggunakan bahan-bahan alami sebagai penyedap rasa. Jenis ini cocok jika Anda memiliki alergi terhadap MSG ataupun digunakan sebagai bumbu makanan pendamping ASI (MPASI).


Apabila Anda sedang dalam program diet, penyedap tanpa MSG juga pas sekali untuk dikonsumsi. Kandungan sodiumnya tentu lebih rendah dan membuat makanan Anda lebih sehat. Selain itu, penyedap tanpa MSG lebih menonjolkan rasa yang alami dan terasa lebih segar di lidah. Namun, harganya lebih mahal dibandingkan penyedap rasa ber-MSG.


Ada banyak merek penyedap rasa non-MSG yang tersedia di e-commerce, yakni Pura, Pawon Ibun, dan Lemonilo. Rasanya pun beragam, mulai dari rasa ayam dan sapi sampai rasa udang yang gurih. Jika Anda secara khusus mencari bumbu kaldu non-MSG, cek tautan berikut untuk tahu lebih lengkapnya.

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Walaupun tanpa MSG, masakan tetap bisa mengeluarkan rasa umami yang sedap. Beberapa bahan yang bisa menghasilkan rasa umami tersebut adalah tomat, jamur, rumput laut, dan kedelai. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan kandungan asam amino pada daging merah, daging unggas, kedelai, dan keju.


Makanan laut, seperti udang, ikan, kepiting, dan tiram juga sering dimanfaatkan untuk menghasilkan rasa umami. Anda bisa menemukan penyedap rasa berbahan makanan laut dalam bentuk yang sudah dikeringkan, seperti udang kecil kering. Ada pula yang berbentuk saus, seperti saus tiram dan fish sauce, serta yang diolah melalui proses fermentasi seperti terasi.


Saya sendiri biasanya menggunakan kaldu jamur sebagai pengganti MSG. Jamur yang terkaramelisasi akan memberikan rasa gurih. Dengan begitu, saya bisa mendapatkan cita rasa masakan yang alami.

② Periksa bahan baku penyedap rasa

Periksa bahan baku penyedap rasa
Sumber: royco.co.id

Poin ini penting untuk diperhatikan jika Anda seorang vegan atau vegetarian. Sebagai vegan tentu Anda juga menginginkan rasa umami pada makanan Anda. Bumbu penyedap rasa biasanya terbuat dari ayam atau sapi untuk menambah cita rasa masakan.


Untuk vegan dan vegetarian, hindarilah bahan-bahan hewani dengan melihat komposisinya. Pilih penyedap rasa khusus vegan atau yang terbuat dari jamur sebagai penggantinya. Jika Anda mencari kaldu jamur, kami juga punya artikel khusus untuk Anda!

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

MSG merupakan bubuk kristal berwarna putih yang menyerupai garam atau gula. Penyedap rasa ini terbuat dari campuran natrium dan asam glutamat. Namun, MSG hanya mengandung sepertiga dari jumlah natrium garam meja.


Sementara itu, asam glutamat sebenarnya adalah asam amino yang ditemui dalam berbagai makanan. Asam amino dapat ditemui dalam daging sapi, daging unggas, tomat, rumput laut, kacang, keju, hingga jamur.

③ Pertimbangkan rasa yang Anda sukai dan sesuaikan dengan masakan

Pertimbangkan rasa yang Anda sukai dan sesuaikan dengan masakan

Varian dari penyedap rasa yang banyak Anda temui kemungkinan adalah ayam dan sapi. Varian rasa ini dapat Anda jadikan pelengkap sup atau tumisan sesuai dengan bahan utama penyedap rasa. Gunakan penyedap rasa ayam untuk masakan berbahan ayam, begitu juga dengan penyedap rasa sapi. Tentu akan terasa aneh jika Anda menggunakan penyedap rasa ayam untuk masakan berbahan sapi.


Namun, ada juga varian rasa lain yang dapat Anda temui, seperti sayur. Varian rasa sayur dapat Anda gunakan juga sebagai kaldu sup. Selain rasa tersebut, rasa gurih original khas rasa MSG murni juga merupakan varian rasa yang cukup populer. Rasa gurih original dapat Anda campurkan ke dalam makanan apa saja.

Debbie Ariesthea
Baking & Cooking
Debbie Ariesthea

Saya pribadi lebih suka menggunakan MSG rasa ayam dibandingkan rasa sapi saat memasak di rumah. Menurut saya, MSG rasa ayam lebih cocok digunakan di berbagai jenis masakan, seperti sup, soto, gulai, perkedel, dan sebagainya.

10 Rekomendasi penyedap rasa terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk penyedap rasa terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Unilever

Royco Bumbu Kaldu

Unilever Royco Bumbu Kaldu 1枚目

Bumbu kaldu bubuk dari daging yang direbus lama, rasa gurih mantap!

2

Totole

Kaldu Rasa Jamur

Totole Kaldu Rasa Jamur 1枚目

Kaldu jamur dengan rasa gurih maksimal

3

Sasa

Gourmet Powder

Sasa Gourmet Powder 1枚目

Cukup setengah sendok teh untuk melezatkan sajian Anda

4

Pawon Ibun

Kaldu Tempe

Pawon Ibun Kaldu Tempe 1枚目

Kaldu bubuk vegan bebas gula dan garam untuk diet sehat dan MPASI

5

Pura

Seasoning Powder Bumbu Penyedap Non MSG

Pura Seasoning Powder Bumbu Penyedap Non MSG 1枚目

Bumbu penyedap yang lebih sehat! Bebas MSG, GMO, gluten, dan filler!

6

Lemonilo

Kaldu Pelezat

Lemonilo Kaldu Pelezat 1枚目

Variasi penyedap kaldu ayam, sapi, dan jamur yang non MSG

7

Ajinomoto

Masako

Ajinomoto Masako 1枚目

Kualitas daging terbaik untuk rasa yang lezat dan khas rumahan

8

Jay's Kitchen

All Purpose Seasoning

Jay's Kitchen All Purpose Seasoning 1枚目

Penyedap rasa non MSG serbaguna, bisa untuk memanggang juga!

9

Nestle

Maggi Seasoning Cair

Nestle Maggi Seasoning Cair 1枚目

Takaran dan rasa lebih pas dengan bumbu penyedap cair!

10

Unilever

Knorr Bumbu Pelezat Rasa Ayam Rostip

Unilever Knorr Bumbu Pelezat Rasa Ayam Rostip 1枚目

Rasa dan aroma bawang putihnya sangat terasa

Perincian produk
Close
No.1

UnileverRoyco Bumbu Kaldu

Mulai dari Rp10.300,00

Bumbu kaldu bubuk dari daging yang direbus lama, rasa gurih mantap!

Penyedap Royco diolah dengan perebusan daging ayam ataupun sapi dalam jangka waktu lama. Pengolahannya membuat rasanya sangat sedap. Selain itu, penyedap rasa Royco lebih cepat larut di dalam air. Produk ini pas sekali dipilih jika Anda sering memasak dalam jumlah besar.


Banyak orang bertanya soal perbedaan Royco dan Knorr. Keduanya memang sama-sama produk Unilever. Namun, Royco adalah produk penyedap makanan pertama dari Unilever Indonesia. Royco mengandung rasa MSG yang lebih gurih dibandingkan Knorr. Selain itu, Royco juga menawarkan pilihan rasa yang lebih beragam, termasuk varian kaldu jamur dan ayam spesial yang non-MSG.

No.2

Kaldu jamur dengan rasa gurih maksimal

Totole merupakan merek penyedap rasa yang sedang banyak diminati. Kaldu ini terbuat dari jamur dan protein sayuran yang sehat. Keduanya melengkapi rasa gurih dari MSG. Tekstur penyedap rasa ini merupakan granule yang juga dapat larut dalam air hangat. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai makanan, termasuk membumbui saus mayo dan oatmeal favorit Anda.

No.3

Cukup setengah sendok teh untuk melezatkan sajian Anda

Sasa Gourmet Powder terbuat dari fermentasi molasses tebu. Penyedap rasa dari Sasa ini merupakan murni MSG sehingga penggunaannya tidak perlu terlalu banyak. Cukup gunakan setengah sendok teh untuk melezatkan masakan Anda. Jika Anda membutuhkan penyedap rasa ekonomis untuk bisnis kuliner, Sasa Gourmet Powder adalah jawabannya!

No.4

Kaldu bubuk vegan bebas gula dan garam untuk diet sehat dan MPASI

Kami merekomendasikan kaldu tempe non-MSG dari Pawon Ibun untuk keluarga vegan yang ingin hidup sehat. Produk ini juga cocok untuk Anda yang sedang diet sehat mengurangi asupan garam dan gula.


Penyedap non-MSG dari Pawon Ibun juga bisa menjadi solusi untuk permasalahan anak yang mogok makan. Meski tanpa garam dan gula, rasa kaldu bubuk Pawon Ibun tetap gurih. Karena itu, kaldu bubuk dari Pawon Ibu ini juga sering direkomendasikan untuk bumbu MPASI.

No.5

PuraSeasoning Powder Bumbu Penyedap Non MSG

Mulai dari Rp15.900,00

Bumbu penyedap yang lebih sehat! Bebas MSG, GMO, gluten, dan filler!

Pura terkenal dengan produk garam himalaya dan sea salt yang sehat untuk diet. Selain garam, Pura juga merilis bumbu penyedap non-MSG yang rendah garam, bebas gula dan gluten, serta non-GMO. Tidak hanya itu, Pura Seasoning juga no filler yang artinya tidak mengandung bahan-bahan maltodex, dextrin, dan tepung.


Di samping varian rasa ayam dan sapi yang best seller, Pura juga menawarkan penyedap rasa khusus untuk vegan. Anda bisa menggunakan penyedap rasa Pura untuk meningkatkan nilai gizi makanan, terutama untuk MPASI.

No.6

Variasi penyedap kaldu ayam, sapi, dan jamur yang non MSG

Lemonilo merupakan merek yang lekat dengan produk makanan sehat. Di antara makanan sehatnya, Lemonilo memiliki penyedap rasa yang sehat. Kaldu non-MSG Lemonilo ini dijamin bebas bahan pengawet, perasa, dan pewarna buatan. Penyedap ini aman untuk si anak dan juga seluruh anggota keluarga.


Lemonilo memiliki penyedap rasa dari sari ayam negeri dan sapi berkualitas terbaik. Kaldu pelezat non-MSG ini pas sekali untuk Anda yang menyukai cita rasa ayam dan sapi alami. Rasa kaldunya nikmat dicampurkan ke dalam sup bening. Selain kaldu ayam dan sapi, Lemonilo juga punya varian kaldu jamur yang paling best seller karena rasa gurih alaminya.

No.7

Kualitas daging terbaik untuk rasa yang lezat dan khas rumahan

Rahasia kenikmatan rasa Masako adalah dari bahan bakunya yang merupakan daging terbaik. Ayamnya merupakan ayam pedaging dengan kualitas terbaik. Sapinya juga tidak kalah berkualitas dengan menggunakan sapi jenis Brahman, sapi lokal, dan sapi dari Australia.


Memasak dengan Masako menghasilkan aroma yang khas rumahan. Warnanya pun mirip dengan kaldu olahan rumahan. Bagi Anda yang sedang merantau, menggunakan Masako akan mengobati rasa rindu kampung halaman. 

No.8

Jay's KitchenAll Purpose Seasoning

Mulai dari Rp23.700,00

Penyedap rasa non MSG serbaguna, bisa untuk memanggang juga!

Anda mungkin membutuhkan bumbu tambahan saat harus memanggang daging. Nah, untuk memudahkan kegiatan memasak Anda, kami merekomendasikan bumbu serbaguna dari Jay's Kitchen. Bumbu serbaguna ini terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas MSG. Rasanya bisa menambah cita rasa masakan Anda, mulai dari tumisan sampai untuk memanggang steik.

No.9

NestleMaggi Seasoning Cair

Mulai dari Rp16.000,00

Takaran dan rasa lebih pas dengan bumbu penyedap cair!

"Masak jadi beda" adalah tagline dari produk Maggi Seasoning ini. Apabila bumbu penyedap rasa kebanyakan berbentuk bubuk, tidak dengan produk yang satu ini. Maggi merupakan seasoning dalam bentuk cair yang bebas MSG.


Aroma dan rasanya dikenal khas karena terbuat dari fermentasi gandum. Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti bumbu kecap asin dan kecap inggris. Karena berbentuk cair, Anda juga bisa menakar bumbu dengan lebih pas. Mulai dari menu sate maranggi hingga sup ikan patin, berbagai masakan pasti lezat dengan bumbu penyedap cair Maggi!

No.10

UnileverKnorr Bumbu Pelezat Rasa Ayam Rostip

Mulai dari Rp77.000,00

Rasa dan aroma bawang putihnya sangat terasa

Knorr awalnya merupakan produk dari Bestfoods asal Amerika Serikat. Bestfoods setelahnya diakuisisi oleh Unilever dan Knorr menjadi milik Unilever. Penyedap rasa Knorr ada yang mengandung MSG dan ada yang tanpa MSG.


Nah, untuk Anda yang menyukai makanan dengan cita rasa bawang putih yang kuat, Knorr Rostip adalah jawabannya. Rasa bawang putihnya begitu enak dan juga harum. Knorr Rostip sangat cocok dijadikan sebagai penyedap masakan oriental dan Nusantara.

Tips memasak dengan lezat tanpa perlu menggunakan penyedap rasa dari cook, Debbie Ariesthea

Tips memasak dengan lezat tanpa perlu menggunakan penyedap rasa dari cook, Debbie Ariesthea

Apabila Anda khawatir menggunakan penyedap rasa secara berlebihan, Anda bisa mengikuti tips berikut ini. Tips ini juga tepat dilakukan jika Anda ingin mengurangi penggunaan penyedap rasa saat memasak.


  • Memasak dalam waktu yang tepat.
  • Menggunakan garam dan gula dalam setiap masakan.
  • Memperhatikan teknik memasak.
  • Menambahkan tomat untuk membuat masakan lebih sedap dan segar.
  • Mengganti MSG dengan bahan penyedap alami, seperti kaldu jamur.

Baca juga rekomendasi bumbu instan lainnya di sini

Selain penyedap rasa, Anda juga dapat menemukan bumbu instan lainnya untuk berbagai jenis masakan. Bumbu instan memudahkan Anda menyajikan masakan enak untuk orang-orang terkasih. Jika Anda sedang mencari bumbu masakan lainnya, klik tautan di bawah ini dan dapatkan informasinya.

Kesimpulan

Penyedap rasa berfungsi untuk membuat rasa masakan Anda makin lezat. Ada penyedap rasa yang menggunakan MSG dan non-MSG. Perhatikan bahan-bahannya, terutama jika Anda menjalani gaya hidup vegetarian. Selain itu, sesuaikan pilihan varian rasa sesuai dengan masakan Anda.


Anda pun bisa menggunakan penyedap untuk MPASI bayi. Pastikan produknya benar-benar aman, ya. Semoga Anda sudah menemukan penyedap rasa yang cocok bagi seluruh anggota keluarga. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer