• 10 Rekomendasi Shampo Lidah Buaya Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Shampo Lidah Buaya Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Shampo Lidah Buaya Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Shampo Lidah Buaya Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Shampo Lidah Buaya Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Shampo Lidah Buaya Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Lidah buaya merupakan salah satu primadona dalam bahan perawatan rambut. Gel tumbuhan ini menawarkan manfaat yang sungguh dahsyat, termasuk membuat rambut lebat dan menguatkannya. Dengan popularitasnya ini, shampo lidah buaya menjadi produk yang diminati banyak orang. 


Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara memilih shampo lidah buaya untuk Anda. Simak juga sepuluh rekomendasi shampo lidah buaya yang telah kami susun untuk Anda. Beberapa merek shampo lidah buaya yang bagus di pasaran, seperti Wardah, Emeron, dan Natur, juga akan kami ulas. Selamat membaca dan memilih produk idaman!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Diah Fara Dilla
  • Pembaharuan terakhir: 31 Agustus 2021
  • 16.583 Views
Daftar isi

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Anda tentu sudah tidak asing dengan Aloe vera alias lidah buaya. Khasiat dari tanaman ini sangat populer dalam perawatan badan, kulit, hingga rambut. Dalam produk perawatan rambut, ekstrak lidah buaya bisa Anda temukan dalam sampo. Sebenarnya, apa yang menyebabkan lidah buaya berkhasiat untuk rambut?


Lidah buaya kaya akan asam amino, materi yang menyusun protein. Asam amino dapat merangsang pembentukan keratin yang menjadi komponen rambut. Pembentukan keratin yang optimal kemudian dapat menguatkan rambut serta membuatnya tumbuh lebih cepat


Lidah buaya juga mengandung mineral dan air yang baik untuk kulit kepala. Kadar air yang tinggi tersebut membuatnya ampuh untuk melembapkan kulit kepala dan helaian rambut. Bila kulit kepala mengalami iritasi, lidah buaya juga dapat memberikan efek menenangkan.


Khasiat memukau lidah buaya lainnya yakni membersihkan minyak. Ekstraknya dapat menyingkirkan sebum dan residu produk yang menempel pada rambut. Dengan segenap manfaat ini, lidah buaya menjadi holy grail untuk pria dan wanita yang mengidamkan rambut sehat.

Cara memilih shampo lidah buaya

Ada banyak sampo lidah buaya yang bisa Anda beli. Namun, Anda harus cermat memilihnya agar cocok dengan kondisi rambut Anda. Kami akan membahas cara memilih sampo lidah buaya agar Anda tak salah pilih. Mari simak ulasannya!

Sesuaikan dengan kondisi rambut

Setiap tipe rambut memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk memilih sampo lidah buaya yang tepat, Anda harus menyesuaikannya dengan jenis rambut.

Rambut kering, bersahabat dengan formula yang melembapkan

Rambut kering, bersahabat dengan formula yang melembapkan

Pada dasarnya, sampo lidah buaya sangat cocok untuk rambut kering. Bahan ini mampu menjaga kelembapan dan meningkatkan kandungan air pada kulit kepala. Kandungan dalam lidah buaya juga membantu menutrisi rambut.


Untuk mendapatkan kelembapan ekstra, Anda bisa mencari sampo lidah buaya yang ditemani bahan pelembap lain. Gunakan sampo yang mengandung gliserin, ekstrak seledri, dan wheat protein. Anda juga bisa mencari sampo dengan kandungan minyak, seperti minyak alpukat, minyak argan, dan minyak passiflora. 

Rambut berminyak, cari yang bisa membersihkan sebum

Rambut berminyak, cari yang bisa membersihkan sebum

Lidah buaya tak sekadar dapat melebatkan dan menguatkan rambut. Sampo lidah buaya pun menawarkan manfaat untuk menghilangkan minyak serta residu sebum berlebih. Bila Anda memiliki rambut berminyak, sampo lidah buaya tetap bisa digunakan.


Walau begitu, tak semua sampo lidah buaya cocok untuk kulit berminyak. Hindari produk sampo yang dirancang untuk menghidrasi rambut. Pilih juga sampo lidah buaya yang dipadukan dengan bahan-bahan seperti tea tree dan teh hijau. Keduanya dapat mengusir minyak membandel dari kulit kepala.

Rambut normal, gunakan bahan yang merangsang pertumbuhan rambut

Rambut normal, gunakan bahan yang merangsang pertumbuhan rambut

Pemilik rambut normal bisa menggunakan sampo lidah buaya? Tentu saja bisa! Kandungan antioksidan pada lidah buaya membuat rambut menjadi sehat dan lebat. Lidah buaya juga berkhasiat untuk merangsang rambut tumbuh lebih cepat. 


Untuk rambut normal, pertimbangkan sampo yang memiliki formula volumizing atau melebatkan. Sampo Aloe vera dengan tambahan kandungan minyak kemiri dapat dicari dalam produk yang Anda beli. Pertimbangkan pula sampo lidah buaya yang mengandung minyak alpukat, minyak pepermin, dan urang-aring.

Pilih berdasarkan tekstur rambut Anda

Tekstur rambut Anda juga menjadi penentu dalam memilih sampo lidah buaya. Bila Anda memiliki rambut keriting, fokuslah pada produk yang memiliki bahan berpelembap ekstra. Sementara itu, pemilik rambut lurus bisa mencari produk berformula ringan.

Rambut keriting, gunakan yang mengandung pelembap ekstra

Rambut keriting, gunakan yang mengandung pelembap ekstra

Sampo lidah buaya menjadi pilihan tepat jika Anda mencari produk yang dapat mencegah rambut kusut. Kandungan dalam lidah buaya membantu membentuk film polimer pada permukaan rambut. Khasiat ini kemudian dapat menghaluskan kutikula rambut dan menyehatkannya. 


Selain lidah buaya, temukan pula kandungan pelembap lain untuk mencegah rambut kusut. Anda bisa mempertimbangkan produk yang mengandung minyak argan, gliserin, dan minyak jojoba. Minyak kelapa juga menjadi bahan yang dapat memberi kelembapan pada rambut.

Rambut lurus, pakai shampo berformula ringan

Rambut lurus, pakai shampo berformula ringan

Mencari produk untuk rambut lurus memang menimbulkan kesulitan tersendiri. Rambut lurus cenderung rata saat ditata dan malah kadang terlihat tipis. Untuk Anda yang tidak ingin repot, pilihlah sampo lidah buaya dengan formula ringan, tetapi tetap melebatkan. Sampo berformula ringan lebih lembut di kulit kepala dan tidak menyebabkan kerusakan. 


Untuk komposisi, Anda bisa mencari produk yang memadukan lidah buaya dengan ekstrak daun kelor (moringa). Ekstrak daun kelor memiliki khasiat untuk menyehatkan folikel rambut. Bahan lain yang bisa dipertimbangkan untuk kebutuhan ini yaitu ekstrak beras.

Temukan bahan lainnya yang bermanfaat bagi rambut dan kulit kepala

Sampo lidah buaya kerap dipadukan dengan bahan lain untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala Anda. Ketahui beberapa bahan yang bermanfaat agar rambut Anda sehat, kuat, dan bebas masalah.

Ekstrak teh hijau, merangsang pertumbuhan rambut

Ekstrak teh hijau, merangsang pertumbuhan rambut

Teh hijau menawarkan beragam manfaat untuk rambut. Teh hijau mengandung senyawa khusus yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Menurut riset Phytomedicine, EGCG memiliki potensi untuk merangsang pertumbuhan rambut. Khasiat ini dimiliki EGCG dengan merangsang folikel rambut serta mencegah kerusakan sel rambut.


Telah banyak merek yang mengeluarkan produk sampo dengan kandungan teh hijau. Naturals by Watsons Aloe Vera Shampoo, misalnya, bisa Anda coba karena memadukan lidah buaya dengan teh hijau.

Keratin, menguatkan rambut dan melembutkannya

Keratin merupakan protein dalam tubuh yang menyusun rambut, kulit, dan kuku. Saat ini, keratin pun sering dicampur sebagai kandungan dalam produk perawatan rambut karena potensi khasiatnya. Keratin dalam sampo berpotensi untuk menguatkan dan melembutkan rambut. Riset dalam Biotehcnology Reports menyebutkan, jenis keratin yang disebut K31 dapat menambah kekuatan tarik rambut serta melembutkannya.


Di Indonesia, Anda mungkin jarang menemukan sampo lidah buaya yang memadukan lidah buaya dan keratin. Salah satu produk yang mengombinasikan kandungan ini yaitu Makarizo Fibertherapy Conditioning Shampoo. Bila Anda penasaran dengan review produk Makarizo ini, baca terus artikel ini sampai habis, ya. 

Wheat protein, memperbaiki rambut yang rusak

Wheat protein merupakan protein nonhewani yang didapatkan dari mata gandum. Meski belum begitu populer, wheat protein menawarkan manfaat yang amat memukau untuk rambut. Kandungan ini membantu memperbaiki rambut yang rusak dan membuat rambut lebih berkilau.


Beberapa merek sudah mencampurkan wheat protein dalam berbagai produk sampo, termasuk sampo lidah buaya. Di Indonesia, Anda bisa mencoba Wardah Daily Fresh yang memadukan lidah buaya dengan wheat protein.

Hindari bahan pemicu iritasi untuk kulit kepala sensitif

Hindari bahan pemicu iritasi untuk kulit kepala sensitif

Tak sedikit sampo lidah buaya yang memiliki iritan dan alergen. Iritan dan alergen perlu dihindari oleh orang dengan kulit kepala sensitif. Penggunaan iritan berkepanjangan juga berisiko merusak rambut. Kami menyarankan agar Anda senantiasa jeli dalam mengecek daftar komposisi produk sampo apa pun.


Ada beragam iritan dan alergen yang biasa terkandung dalam sampo. Beberapa di antaranya adalah paraben dan sodium lauryl sulfate (SLS). Hindari pula produk yang mengandung pewarna dan pewangi sintetis. Pada sebagian orang, pewarna dan pewangi dapat memicu iritasi. Produk yang mengandung isopropyl alcohol juga sebaiknya dihindari.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Segara NaturalsSunshine – 2in1 Shampoo & Conditioner Batang

Mulai dari Rp 115.000,00

10 Rekomendasi shampo lidah buaya terbaik

Di bawah ini, kami akan mengulas sepuluh sampo lidah buaya yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Mari simak dengan saksama dan temukan sampo lidah buaya yang bagus untuk rambut Anda!

10
Kandungan lainnyaAsam sitrat
KeunggulanMelembapkan, mengharumkan, dan menyejukkan kulit kepala
Tipe rambutRontok, lepek, dan berminyak
Isi250 ml
9

UnileverZwitsal Baby Shampoo Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri

Mulai dari Rp 12.200,00

Kandungan lainnyaKemiri dan ekstrak seledri
KeunggulanTidak pedih di mata dan cocok untuk kulit kepala sensitif
Tipe rambutRambut bayi
Isi100ml, refill 250ml, 300ml, dan refill 450ml
8

Lion WingsEmeron Nutritive Shampoo Hair Fall Control

Mulai dari Rp 15.800,00

Kandungan lainnyaActiv profit amino, asam sitrat
KeunggulanMenyuburkan rambut dan mengurangi kerontokan
Tipe rambutRontok
Isi70 ml, 170 ml, dan 340 ml
7
Kandungan lainnyaEkstrak selada laut, ekstrak pepermin, wheat protein, dan asam sitrat
KeunggulanMenambah volume rambut dan tidak mengandung silikon
Tipe rambutLepek
Isi170 ml
6
Kandungan lainnyaEkstrak ginseng, asam sitrat
KeunggulanMemperkuat akar rambut dan mengatasi kerontokan
Tipe rambutSemua jenis rambut
Isi400 ml
5

WatsonsNaturals by Watsons Aloe Vera Shampoo

Mulai dari Rp 19.900,00

Kandungan lainnyaEkstrak teh hijau organik, minyak avokad organik, ekstrak timun
KeunggulanBebas paraben, mineral oil, silikon, sodium lauryl sulfate, soap, dan isothiazolinone (MIT, CMIT, BIT)
Tipe rambutRambut berminyak dan rambut rentan berketombe
Isi100 ml dan 490 ml
4
Kandungan lainnyaUrang-aring, daun mangkokan, cabe rawit, daun mint
KeunggulanMemberikan kesejukan pada rambut, terutama bagi wanita berhijab
Tipe rambutSemua jenis rambut
Isi180 ml
3

Colgate-Palmolive Palmolive Healthy & Smooth Shampoo

Mulai dari Rp 19.900,00

Kandungan lainnyaVitamin
KeunggulanTidak mengandung paraben, gluten, pewarna, dan ftalat
Tipe rambutKering dan susah diatur
Isi180 ml
2

MakarizoFibertherapy Conditioning Shampoo With Aloe & Melon Extract

Mulai dari Rp 11.900,00

Kandungan lainnyaEkstrak melon, keratin, omega-6 (passiflora plant oil)
KeunggulanFormula ringan, mengembalikan kilau, dan ideal untuk masalah rambut rontok
Tipe rambutSemua jenis rambut
Isi10 ml, 170 ml, dan 330 ml
1
Kandungan lainnyaEsktrak buah legundi, ekstrak daun kelor, ekstrak murbei putih, Swertia japonica extract
KeunggulanMenyehatkan folikel rambut dan mencegah kerontokan
Tipe rambutRontok
Isi80 ml, 140 ml dan 270 ml

Tabel perbandingan produk shampo lidah buaya terbaik

Gambar produk
1
Natur Natural Extract Shampoo Aloe Vera 1

Natur

2
Makarizo Fibertherapy Conditioning Shampoo With Aloe & Melon Extract 1

Makarizo

3
Colgate-Palmolive  Palmolive Healthy & Smooth Shampoo 1

Colgate-Palmolive

4
Martina Berto Sariayu Shampoo Hijab  1

Martina Berto

6
Viva Shampoo Lidah Buaya Estrak Ginseng 1

Viva

7
Wardah Daily Fresh Shampoo 1

Wardah

8
Lion Wings Emeron Nutritive Shampoo Hair Fall Control 1

Lion Wings

9
Unilever Zwitsal Baby Shampoo Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri 1

Unilever

10
Herborist Aloe Vera Gel Shampoo 1

Herborist

Nama produk

Natural Extract Shampoo Aloe Vera

Fibertherapy Conditioning Shampoo With Aloe & Melon Extract

Palmolive Healthy & Smooth Shampoo

Sariayu Shampoo Hijab

Shampoo Lidah Buaya Estrak Ginseng

Daily Fresh Shampoo

Emeron Nutritive Shampoo Hair Fall Control

Zwitsal Baby Shampoo Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri

Aloe Vera Gel Shampoo

Keunggulan

Kaya ekstrak tanaman untuk rambut yang terawat

Rambut menjadi kuat berkat hydrolyzed keratin

Saking lembutnya, sisir tergelincir!

Perpaduan Aloe vera dan cabe rawit, rambut sehat bebas ketombe

Rambut lebat, akarnya kuat!

Rambut bebas lepek, wangi sepanjang hari

Disempurnakan dengan teknologi Jepang, hadirkan rambut kuat

Rawat rambut si kecil sejak dini agar lebat dan sehat

Kulit kepala sejuk dan bebas lepek, cocok untuk hijabers!

Harga mulai dariRp 28.000,00Rp 11.900,00Rp 19.900,00Rp 25.500,00Rp 17.400,00Rp 25.000,00Rp 15.800,00Rp 12.200,00Rp 29.080,00
Kandungan lainnyaEsktrak buah legundi, ekstrak daun kelor, ekstrak murbei putih, Swertia japonica extractEkstrak melon, keratin, omega-6 (passiflora plant oil)VitaminUrang-aring, daun mangkokan, cabe rawit, daun mintEkstrak ginseng, asam sitratEkstrak selada laut, ekstrak pepermin, wheat protein, dan asam sitratActiv profit amino, asam sitratKemiri dan ekstrak seledriAsam sitrat
KeunggulanMenyehatkan folikel rambut dan mencegah kerontokanFormula ringan, mengembalikan kilau, dan ideal untuk masalah rambut rontokTidak mengandung paraben, gluten, pewarna, dan ftalatMemberikan kesejukan pada rambut, terutama bagi wanita berhijabMemperkuat akar rambut dan mengatasi kerontokanMenambah volume rambut dan tidak mengandung silikonMenyuburkan rambut dan mengurangi kerontokanTidak pedih di mata dan cocok untuk kulit kepala sensitifMelembapkan, mengharumkan, dan menyejukkan kulit kepala
Tipe rambutRontokSemua jenis rambutKering dan susah diaturSemua jenis rambutSemua jenis rambutLepekRontokRambut bayiRontok, lepek, dan berminyak
Isi80 ml, 140 ml dan 270 ml10 ml, 170 ml, dan 330 ml180 ml180 ml400 ml170 ml70 ml, 170 ml, dan 340 ml100ml, refill 250ml, 300ml, dan refill 450ml250 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi shampo lainnya di sini

Sampo sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk merawat kesehatan rambut. Selain sampo lidah buaya, ada banyak produk sampo lain yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai produk sampo lainnya. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Kesimpulan

Lidah buaya memang terkenal untuk menjaga kesehatan rambut. Pilihlah sampo lidah buaya yang sekiranya sesuai dengan kondisi rambut Anda. Perhatikan pula bahan lain dalam produk untuk mengoptimalkan perawatan rambut.


Selain rutin keramas, penting bagi Anda untuk mengevaluasi kebiasaan dalam merawat rambut. Misalnya, hindari mandi dengan air yang terlalu dingin atau panas. Anda juga harus berhati-hati dengan produk perawatan rambut lain. Semoga artikel di atas memberikan manfaaat untuk Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut rontok berlebih merupakan masalah yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sampo terbaik yang bagus untuk mengatasi rambut rontok.Mulai dari sampo yang menguatkan rambut dari akar, sampai sampo yang mengatasi kerontokan disertai ketombe akan kami bahas. Simak juga sepuluh rekomendasi sampo antirontok terbaik mulai dari merk L'oreal Paris, Kérastase, hingga Pantene. Mari pelajari penyebab rambut rontok berlebih dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
    224.783 Views
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masalah kerontokan, ketombe, kulit kepala gatal, dan beragam masalah rambut lainnya memerlukan lebih dari sekadar shampo. Menambahkan hair tonic yang bagus akan mengoptimalkan perawatan yang Anda butuhkan. Pemakaian hair tonic yang tepat menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan berkilau. Namun, dengan banyaknya merek hair tonic saat ini, manakah produk yang tepat untuk mengatasi masalah rambut Anda? Kali ini, kami akan berbagi tips memilih hair tonic terbaik untuk Anda. Beragam review hair tonic dari merek ternama, seperti ERHA, Natur, dan Dove ada di sini. Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Simak artikel ini!
    Perawatan rambut
    340.107 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut sehat yang berkilau merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, tentu Anda harus merawat rambut dengan baik. Salah satu produk perawatan rambut yang dapat Anda gunakan adalah serum rambut. Serum rambut yang bagus akan melindungi rambut Anda sehingga tak mudah patah, serta bebas kusam.Tenang saja jika Anda masih tergolong baru dalam menggunakan serum rambut karena kami akan memberikan tips mudah untuk memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk serum rambut terbaik, seperti merk L'Oreal, Kérastase, Kiehl's, dan lainnya. Yuk, segera simak pembahasan kami berikut ini!
    Perawatan rambut
    63.999 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Keberadaan ketombe dapat memunculkan masalah lain pada rambut, misalnya gatal dan rambut rontok. Ketombe sendiri bisa muncul karena kulit kepala yang kering, sekresi sebum berlebih, atau hal lainnya. Untungnya, sekarang telah banyak merek shampo anti ketombe di pasaran, seperti Pantene, Dove, hingga CLEAR. Jenisnya pun makin beragam, mulai dari shampo medicated, shampo khusus untuk hijab, dan lainnya.Supaya Anda tidak kebingungan, kali ini kami akan menjelaskan cara menemukan shampo terbaik untuk menghilangkan ketombe. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik yang dapat dibeli secara online. Yuk, baca artikelnya hingga selesai!
    Perawatan rambut
    196.728 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menggunakan sampo dengan formula penumbuh rambut merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah rambut tipis dan rontok. Saat ini, ada banyak sampo penumbuh rambut yang dijual di marketplace. Banyaknya produk dengan kualitas baik yang dijual terkadang membuat Anda bingung menentukan pilihan.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi informasi cara memilih sampo penumbuh rambut. Selain itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sampo penumbuh rambut terbaik dari merek terkenal, seperti shampo Metal, Kelaya, Pura D'or, Erhair, dan shampo kuda, Mane 'n Tail. Simak ulasan kami sampai akhir, ya!
    Perawatan rambut
    139.495 Views
  • 10 Shampo Terbaik untuk Rambut Rusak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Shampo Terbaik untuk Rambut Rusak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Ciri-ciri rambut rusak biasanya adalah rambut kering, mengembang, dan rontok. Salah satu cara untuk memperbaiki rambut rusak adalah dengan mengganti shampo. Sudah banyak merk shampo untuk perawatan rambut rusak, seperti Pantene, Natur, dan Dove.Di artikel ini kami akan membagikan cara memilih shampoo terbaik untuk rambut rusak. Anda juga bisa menemukan tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Mengatasi masalah rambut rontok, mengembang, dan kering memang memerlukan waktu. Agar bisa mendapatkan rekomendasi produk shampo yang bagus, ayo baca review-nya di artikel ini!
    Perawatan rambut
    172.826 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Perawatan Rambut Dikeriting (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Perawatan Rambut Dikeriting (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut yang dikeriting membutuhkan perawatan ekstra. Penggunaan sampo khusus untuk rambut yang dikeriting akan mampu mempertahankan gelombang rambut lebih lama dibandingkan sampo biasa. Beberapa produk juga dilengkapi dengan formula yang mampu merawat rambut dikeriting. Produk mana yang paling pas untuk Anda? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sampo untuk mempertahankan gelombang rambut, serta merawatnya. Tidak lupa, kami juga akan memperkenalkan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek ternama, seperti L'Oreal, Makarizo, hingga Kerastase. Simak terus artikel ini dan dapatkan produk yang sesuai!
    Perawatan rambut
    22.485 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori