1. TOP
  2. >
  3. Gaming
  4. >
  5. Aksesori mobile gaming
  6. >
  7. 10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)

Menggunakan headphone saja tentu belum terasa cukup sebagai perangkat audio saat bermain game. Anda perlu menggunakan headset gaming untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Produknya memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan teman satu tim saat bermain game FPS, seperti PUBG.


Merek headset gaming terbaik, seperti Logitech, ASUS, Razer, dan lainnya, banyak digunakan para gamer. Ada yang menggunakan kabel, ada juga wireless via Bluetooth. Kami akan menjelaskan cara memilihnya untuk Anda. Rekomendasi headset gaming yang bagus beserta ulasannya juga sudah kami siapkan. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. 

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang. Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Profil Joshua Pandu
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Perbedaan headset dengan headphone

Perbedaan headset dengan headphone

Sebelum membahas cara memilih headset terbaik untuk bermain game, sebaiknya Anda mengetahui perbedaan headset dengan headphone. Keduanya memang memiliki bentuk serupa. Namun, fitur kedua perangkat tersebut berbeda. Mari cari tahu lebih lanjut melalui poin-poin di bawah ini.


  • Headset

Headset merupakan perangkat audio untuk mendengarkan suara dengani tambahan fitur mikrofon yang terlihat jelas. Fitur tersebut membantu penggunanya untuk bisa berkomunikasi dua arah. Selain bermain game, headset juga dapat digunakan untuk menerima panggilan, melakukan video call, dan lainnya. 


  • Headphone

Sementara itu, headphone adalah perangkat audio untuk mendengarkan suara saja tanpa fitur untuk berkomunikasi. Akan tetapi, ada beberapa headphone yang juga memiliki integrated microphone yang tidak terlihat bentuknya.


Sebagai informasi tambahan, beberapa model headset yang beredar saat ini memiliki mikrofon yang detachable atau bisa dilepas. Ketika mikrofon tersebut dilepas, penggunaan dan fungsi headset menjadi sama seperti headphone.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih headset gaming

Dengan menggunakan headset gaming terbaik, Anda akan mendapatkan pengalaman bermain game yang maksimal. Berikut ini adalah poin cara memilihnya agar Anda bisa menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Disimak baik-baik, ya.

① Sesuaikan konektivitasnya dengan perangkat

Saat memilih headset gaming, pastikan konektivitasnya sesuai dengan perangkat dan preferensi Anda. Ada tiga tipe yang umum dijumpai di pasaran, yaitu wired, wireless, dan hybrid. Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskannya secara singkat. Simak terus, ya.

Wired: Menghadirkan transmisi suara yang lebih lancar

Wired: Menghadirkan transmisi suara yang lebih lancar

Headset gaming yang banyak dijumpai di pasaran dilengkapi dengan kabel analog 3,5 mm. Port tersebut umum digunakan sebagai output audio perangkat. Akan tetapi, pada saat ini, tidak semua perangkat dilengkapi port audio 3,5 mm.


Sebagai alternatif, Anda bisa memilih produk dengan konektivitas kabel USB, baik yang Type-A maupun yang Type-C. Keduanya sama-sama dilengkapi kabel. Perlu diketahui, tipe konektivitas wired akan mentransmisikan suara dengan lebih lancar.

Wireless: Lebih praktis, tidak perlu khawatir kabel menjadi kusut

Wireless: Lebih praktis, tidak perlu khawatir kabel menjadi kusut

Apabila Anda tidak ingin direpotkan dengan kabel, pilihlah produk dengan konektivitas wireless. Anda dapat mengaktifkan headset gaming lewat koneksi Bluetooth. Namun, koneksi tersebut dapat mengalami gangguan atau terputus di tengah jalan.


Jika Anda ingin menghindari hal tersebut, gunakan produk dengan konektivitas USB wireless receiver. Produknya memiliki koneksi yang lebih stabil dibandingkan Bluetooth, meskipun sama-sama tidak menggunakan kabel. Hal lain yang perlu Anda perhatikan saat memilih tipe wireless adalah daya baterainya.

Hybrid: Penggunaannya lebih fleksibel

Hybrid: Penggunaannya lebih fleksibel

Seiring berkembangnya teknologi, sekarang ada juga seller yang menawarkan headset gaming yang fleksibel soal konektivitas. Produknya dapat dihubungkan dengan atau tanpa kabel. Saat digunakan untuk bermain game PC, konektivitas kabel bisa dipilih untuk mendapatkan koneksi yang lancar. Sementara itu, konektivitas wireless akan memudahkan Anda saat menggunakan produknya secara mobile. Menarik, bukan?

② Ketahui fitur yang ditawarkan headset gaming

Audio bukan satu-satunya teknologi yang dikembangkan untuk headset gaming. Masih ada fitur lain yang patut Anda pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan. Yuk, kenali beberapa fiturnya berikut ini.

Surround sound, untuk mendapatkan suara berkualitas

Surround sound, untuk mendapatkan suara berkualitas
Sumber: razer.com

Fitur surround sound akan meningkatkan kualitas suara yang Anda dapatkan. Brand-brand umumnya menggunakan fitur surround sound 7.1. Fitur tersebut merupakan teknologi yang membagi suara menjadi satu sumber suara bass dan tujuh titik suara lain. Dengan fitur ini, headset gaming menyajikan suara lebih detail dan luas dengan suara bass yang mantap.


Bagi gamer, produk dengan fitur surround sound 7.1 akan menambah pengalaman immersive ketika bermain game. Beberapa brand juga menggunakan teknologi audio lebih mutakhir, seperti DTS Headphone:X v2.0. Teknologi tersebut dapat memberikan pengalaman 3D audio yang membuat permainan game Anda lebih immersive lagi.

Noise cancelling, untuk meredam suara dari luar

Noise cancelling, untuk meredam suara dari luar

Banyak game yang bisa dimainkan secara multiplayer. Tipe game tersebut biasanya akan memberikan fasilitas voice chatting untuk pemainnya. Apabila perangkat audio Anda tidak dilengkapi dengan mikrofon, tentunya Anda hanya bisa berkomunikasi melalui pesan teks. Namun, jika dilengkapi dengan mikrofon, Anda dapat berkomunikasi langsung melalui pesan suara.


Fitur active noise cancelling pada mikrofon akan membuatnya mampu memfilter gangguan suara eksternal. Alhasil, teman Anda akan mendengar pesan suara yang lebih jernih. Selain soal komunikasi, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mendengar suara game dengan lebih jernih. Dengan fitur passive noise cancelling, telinga Anda akan terisolasi dengan baik sehingga suara game terdengar lebih jelas.

Bantalan memory foam, untuk kenyamanan telinga

Bantalan memory foam, untuk kenyamanan telinga
Sumber: razer.com

Selain soal kualitas suara, kenyamanan headset gaming juga patut dipertimbangkan, terlebih apabila akan digunakan berlama-lama. Anda tentu membutuhkan produk yang nyaman di telinga. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih produk dengan bantalan memory foam.


Bantalannya akan terasa nyaman karena mengikuti bentuk telinga Anda. Alhasil, telinga Anda tidak akan terasa pegal saat memakai headset gaming dalam durasi panjang. Meskipun demikian, tidak semua produk dilengkapi bantalan memory foam. Namun, tiap-tiap brand biasanya menggunakan material yang tidak akan mencederai telinga Anda.

RGB LED, untuk tampilan makin keren

RGB LED, untuk tampilan makin keren
Sumber: razer.com

Fitur ini memang tidak memengaruhi performa, tetapi sudah melekat dengan headset gaming. RGB LED merupakan fitur yang memberikan efek cahaya pada headset gaming. Cahayanya bisa saja menyesuaikan dengan ritme game yang Anda mainkan.


Sayangnya, RGB LED akan menguras daya headset gaming dengan koneksi wireless. Namun, Anda bisa mematikannya saat membutuhkan daya lebih panjang. Jika Anda merasa headset gaming kurang lengkap tanpa efek cahaya, pilihlah produk dengan fitur ini.

③ Perhatikan bobot headset gaming

Perhatikan bobot headset gaming

Headset gaming umumnya dibuat dengan bobot yang ringan. Hampir tidak ada produk yang bobotnya mencapai 700 gram. Sementara itu, produk dengan bobot di bawah 300 gram biasanya digolongkan sangat ringan.


Apabila kepala Anda pernah mengalami kelelahan setelah menggunakan headset, pilihlah produk yang ultraringan. Dengan demikian, rasa pusing ataupun pegal tak akan Anda rasakan saat bermain game dalam jangka waktu yang cukup lama. 

④ Pertimbangkan untuk memilih merek headset gaming ternama

Beberapa brand sudah dikenal sebagai produsen periferal gaming terbaik oleh dunia. Produknya tidak hanya dipercaya oleh kalangan gamer, tetapi juga pemain profesional. Beberapa merek headset gaming yang populer adalah Logitech dan Razer.


Kedua brand tersebut sudah banyak dipakai di turnamen gaming internasional. Selain memiliki kemampuan yang telah diakui, pelayanan garansinya juga lebih tepercaya. Jadi, sebaiknya Anda pertimbangkan headset gaming dari merek andalan para gamer, ya!

10 Rekomendasi headset gaming terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk headset gaming terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

TACOO

Headset Gaming Ear Cat

TACOO Headset Gaming Ear Cat 1枚目

Menghadirkan nuansa pink dengan detail hiasan telinga yang menggemaskan

2

ROBOT

Gaming Headset

ROBOT Gaming Headset 1枚目

Headset gaming ekonomis dengan fitur RGB LED

3

Rexus

Headset Gaming Thundervox Stream

Rexus Headset Gaming Thundervox Stream 1枚目

Dilengkapi surround sound 7.1, permainan PUBG pun makin seru

4

Logitech

Pro X Gaming Headset with Blue VO!CE

Logitech Pro X Gaming Headset with Blue VO!CE 1枚目

Suara komunikasi jernih untuk MMORPG setiap hari

5

CORSAIR

HS50 PRO STEREO Gaming Headset

CORSAIR HS50 PRO STEREO Gaming Headset 1枚目

Bantalan ekstra nyaman untuk penggunaan jangka panjang

6

HyperX

Cloud Flight Wireless Gaming Headset

HyperX Cloud Flight Wireless Gaming Headset 1枚目

Baterainya tahan hingga 30 jam nonstop!

7

ASUS

ROG Strix Go 2.4

ASUS ROG Strix Go 2.4 1枚目

Kompatibel dengan berbagai perangkat terkini

8

SteelSeries

Arctis Pro Wireless

SteelSeries Arctis Pro Wireless 1枚目

Atur detail audionya dari base station

9

Razer

BlackShark V2

Razer BlackShark V2 1枚目

Nge-game FPS makin lancar berkat pengaturan audio dan mikrofon yang mudah

10

Audio-Technica

Premium Gaming Headset

Audio-Technica Premium Gaming Headset 1枚目

Bobotnya ultra ringan, suaranya tajam

Perincian produk
Close
No.1

TACOOHeadset Gaming Ear CatTEH0408

Mulai dari Rp529.900,00

Menghadirkan nuansa pink dengan detail hiasan telinga yang menggemaskan

Berbeda dari produk-produk sebelumnya, headset gaming produksi TACOO ini menghadirkan tampilan yang menggemaskan. Kombinasi warna pink dan putih, ditambah hiasan telinga kucing membuatnya tampak begitu unik. Tentunya, produk ini sangat cocok dipilih oleh para wanita yang tetap ingin tampil cute saat bermain game.


Tak hanya tampilannya yang menarik, produk ini juga dilengkapi dengan tujuh warna LED. Selain itu, karena menggunakan Bluetooth 5.0, produk ini mampu bertransmisi hingga jarak 15 meter. Anda juga bisa menjadikannya sebagai hadiah untuk putri tercinta yang gemar bermain game.

No.2

ROBOTGaming HeadsetRH-G10

Mulai dari Rp249.000,00

Headset gaming ekonomis dengan fitur RGB LED

ROBOT yang banyak menghadirkan periferal PC dan smartphone dengan harga ekonomis telah merambah ranah e-sports. Kini, Anda dapat memiliki headset gaming dari brand satu ini dengan harga ekonomis. Produk ini akan cocok untuk gamer kasual yang ingin meningkatkan pengalaman bermain game.


Sebagai informasi, produk ini dilengkapi mikrofon yang cukup sensitif. Bagian tersebut dapat menangkap suara dari segala arah. Jadi, ada baiknya Anda berada di tempat yang relatif tenang saat menggunakan produk ini untuk berkomunikasi. Jika Anda mencari headset gaming ekonomis, pertimbangkanlah produk ini. Terlebih, ROBOT RH-G10 sudah dilengkapi fitur RGB LED, lho.

No.3

RexusHeadset Gaming Thundervox StreamHX20

Mulai dari Rp449.000,00

Dilengkapi surround sound 7.1, permainan PUBG pun makin seru

Teknologi surround sound tentu akan membuat sebuah produk memiliki harga lebih tinggi. Namun, tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam, Anda dapat menikmati fitur tersebut lewat produk Rexus ini. Harganya relatif terjangkau untuk headset gaming dengan fitur surround sound 7.1. Jadi, jangan lewatkan produk ini bila Anda mencari audio berkualitas dengan bujet terbatas.


Anda pun dapat mendeteksi suara dengan tepat dari berbagai arah saat bermain PUBG berkat surround sound  yang ada. Selain itu, earpad-nya didesain oval supaya terasa pas pada telinga. Bantalannya juga dibuat tebal agar suara dapat terisolasi. Ditambah lagi, Anda bisa mengatur sendiri detail audio yang dihasilkan produk ini!

No.4

LogitechPro X Gaming Headset with Blue VO!CE981-000820

Mulai dari Rp2.399.000,00

Suara komunikasi jernih untuk MMORPG setiap hari

Logitech Pro Series hadir untuk memenuhi kebutuhan para hardcore gamer. Deretan produknya merupakan hasil kerja sama dengan para pemain profesional ternama. Menariknya, produknya sendiri banyak digunakan dalam turnamen tingkat dunia, termasuk Pro X Gaming Headset with Blue VO!CE. Produk ini akan membawa Anda merasakan panasnya berkompetisi layaknya gamer profesional.


Produk ini dilengkapi teknologi mikrofon Blue VO!CE yang menjamin suara Anda menjadi lebih jernih didengar teman. Suara bisingnya game tidak akan mampu menutupi kejelasan suara yang dihasilkan mikrofonnya. Dengan keunggulan tersebut, produk ini cocok untuk Anda yang rutin memainkan game MMORPG.

No.5

CORSAIRHS50 PRO STEREO Gaming Headset

Mulai dari Rp699.000,00

Bantalan ekstra nyaman untuk penggunaan jangka panjang

Kenyamanan adalah faktor yang diutamakan dari produk ini. Selain menggunakan bantalan memory foam, material sarungnya terbuat dari bahan plush yang halus dan lembut. Kulit Anda tidak akan terasa gatal-gatal dan iritasi meskipun menggunakan produk ini berlama-lama. Jika Anda sering menggunakan headset dalam jangka panjang, segeralah beralih ke produk ini.


Earpad pun bukan satu-satunya bagian produk ini yang dibuat nyaman. Headband pada produk ini diberikan bantalan sehingga kepala Anda juga akan terasa nyaman. Bagian tersebut dilengkapi jahitan berwarna kontras yang membuat tampilannya makin manis. Secara keseluruhan, produk dari CORSAIR ini memiliki desain yang minimalis.

No.6

HyperXCloud Flight Wireless Gaming Headset

Mulai dari Rp1.749.000,00

Baterainya tahan hingga 30 jam nonstop!

Wireless headset yang kehabisan daya pada tengah permainan dapat mengganggu momen bermain game Anda. Apabila Anda ingin menghindari hal tersebut, pertimbangkanlah produk dari HyperX ini. Wireless headset ini mampu bertahan hingga 30 jam saat digunakan secara terus-menerus! Anda pun tidak perlu khawatir kehabisan daya headset pada tengah serunya permainan.


Sebagai informasi, durasi tersebut hanya dapat Anda peroleh ketika fitur RGB LED pada produk ini tidak digunakan. Dengan pencahayaan minimalis, baterainya akan bertahan hingga 18 jam. Sementara itu, penggunaan fitur RGB LED yang maksimal akan menurunkan daya tahan baterainya hingga 13 jam.

No.7

ASUSROG Strix Go 2.4

Mulai dari Rp2.559.000,00

Kompatibel dengan berbagai perangkat terkini

Perangkat Anda memiliki port USB Type-C saja? Tenang, produk ASUS ini dapat memenuhi kebutuhan Anda. Fleksibilitas penggunaan adalah keunggulan ROG Strix Go 2.4. Produk ini dilengkapi USB-C wireless receiver sehingga cocok untuk banyak perangkat mobile. Baterainya pun mampu bertahan hingga 25 jam. Selain itu, produk ini dilengkapi kabel analog 3,5 mm untuk kompatibilitas dengan berbagai konsol.


Meskipun mikrofonnya tidak terpasang, teknologi noise cancelling pada headset ini tetap berjalan. Anda juga akan mendapatkan tas kantong dengan kompartemen-kompartemen khusus. Alhasil, headset gaming ini cocok untuk Anda yang ingin bermain game kapan saja dan di mana saja.

No.8

SteelSeriesArctis Pro Wireless

Mulai dari Rp6.099.000,00

Atur detail audionya dari base station

Detail audio headset gaming umumnya diatur dari perangkat lunak. Namun, tidak demikian dengan produk ini. SteelSeries Arctis Pro Wireless dilengkapi base station yang dapat mentransmisikan pengaturan audio ke headset. Anda tidak perlu mengakses perangkat lunak untuk mengatur detail audionya. Selain itu, base station produk ini dapat mengatur volume suara game dan mikrofon. 


Terlebih lagi, produk ini memiliki konektivitas yang unik. USB wireless receiver dan Bluetooth dapat digunakan bersamaan untuk perangkat berbeda. Anda pun dapat bermain game sambil mengangkat panggilan dari smartphone. Pilihlah produk ini jika Anda mengutamakan kemudahan pengaturan audio sambil bermain game.

No.9

Nge-game FPS makin lancar berkat pengaturan audio dan mikrofon yang mudah

Gunakan headset gaming ini untuk membebaskan ekspresi Anda. Produk Razer ini memiliki fleksibilitas suara yang tinggi. Audionya dapat diatur lewat teknologi THX Spatial Audio. Sementara itu, Razer™ Hyperclear memungkinkan output mikrofonnya dapat Anda atur sendiri sesuai kebutuhan. Produk ini menghasilkan suara natural dari game dengan sangat jernih. 


Selain itu, Anda dapat mengatur beberapa suara untuk terdengar lebih jelas. Suara ledakan saat bermain game first person shooter (FPS) pun bisa diperkecil. Alhasil, Anda mampu mendeteksi arah gerakan lawan dari langkah kakinya. Soal komunikasi, Anda dapat mengatur sendiri arah pengambilan suara dari mikrofonnya. Jika Anda mengutamakan kustomisasi, jangan lewatkan produk ini.

No.10

Audio-TechnicaPremium Gaming HeadsetATH-G1

Mulai dari Rp2.490.000,00

Bobotnya ultra ringan, suaranya tajam

Apabila Anda sering merasa terbebani saat menggunakan headset, segeralah ganti dengan produk ini. Headset gaming ini memiliki bobot 257 gram saja! Dengan bobot tersebut, produk ini termasuk salah satu headset paling ringan yang bisa Anda miliki. Meskipun ringan, headset gaming ini memiliki struktur yang kokoh.


Sebagai brand audio ternama, kualitas suara Audio-Technica tidak perlu diragukan lagi. Produk ini menggunakan teknologi Immerse yang kompatibel untuk berbagai gaming devices. Tidak hanya mendeteksi arah gerakan lawan, Anda juga dapat membedakan suara jauh dan dekat dengan sangat baik.

Baca juga rekomendasi periferal gaming lainnya di sini

Selain headset gaming, kami telah menyiapkan beberapa rekomendasi periferal gaming lainnya yang dapat dijadikan referensi. Produk-produknya tentu akan melengkapi daftar periferal gaming milik Anda. Pengalaman bermain game pun akan makin maksimal. Yuk, telusuri artikelnya di bawah ini. Produknya juga sudah kami ulas khusus untuk Anda, lho.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan headset gaming yang sesuai pilihan? Pertama-tama, Anda bisa menentukan tipe konektivitasnya berdasarkan perangkat yang Anda gunakan. Selanjutnya, periksa fitur-fitur yang Anda butuhkan. Headset gaming juga bisa Anda pilih berdasarkan bobot dan mereknya.


Selain audio, kualitas mikrofon juga perlu dipastikan sebelum menjatuhkan pilihan. Apabila Anda akan banyak menggunakannya, pilihlah produk dengan output mikrofon sejernih mungkin. Dengan headset gaming terbaik, Anda akan mendapatkan pengalaman bermain game yang maksimal!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer