• 10 Pembersih Velg Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pembersih Velg Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pembersih Velg Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pembersih Velg Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pembersih Velg Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pembersih Velg Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Velg adalah bagian dari mobil yang paling mudah kotor akibat debu jalanan atau debu dari percikan kampas rem. Kebanyakan orang ingin velg mobilnya tetap berkilau, tetapi kesulitan merawatnya. Maka dari itu, cairan pembersih velg mobil sangatlah berguna.

 
Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pembersih velg terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari sejumlah merek, seperti 3M dan Turtle Wax. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Dengan menemukan produk yang bagus, mencuci mobil tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ayi Adiana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 23 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ayi Adiana, S.T.

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ayi Adiana, S.T.
Ayi Adiana
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif.


Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pembersih velg mobil

Pertama-tama, simaklah tips cara memilih pembersih velg terbaik sebelum Anda menelusuri rekomendasi produknya dari kami. Disimak dengan saksama, ya.

Cek kecocokan pembersih dengan velg kendaraan

Cek kecocokan pembersih dengan velg kendaraan

Sebelum membeli pembersih velg, periksalah apakah kandungannya cocok dengan bahan velg mobil Anda. Pada dasarnya, pembersih velg sama saja dengan pembersih noda besi. Kotoran yang membandel di velg biasanya terjadi akibat serpihan asbes kampas rem yang terkikis. Selanjutnya, serpihan ini tepercik ke badan velg dan mengering.


Sayangnya pembersih velg yang menggunakan reaksi kimia untuk membersihkan noda membandel sering kali bukannya membersihkan. Jenis ini justru bisa menyebabkan kerusakan velg, bahkan mengubah warna asli velg. Sebelum memilih, pastikan Anda mengetahui kandungannya dan risiko jika menggunakannya.


Velg mobil biasanya terbuat dari berbagai macam bahan, seperti aluminium, besi, baja, dan resin. Ketika menggunakan pembersih velg untuk pertama kali, pastikan Anda memilih yang kandungannya cocok dengan bahan velg. Berhati-hatilah agar tidak memercik bagian lain dari mobil untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.


Proses pembersihan antara velg warna chrome, warna glossy, dan warna doff juga berbeda. Ketiganya punya pembersih masing-masing. Anda tidak bisa menggunakan pembersih velg warna chrome untuk velg warna glossy ataupun doff. Pasalnya, pembersih velg warna chrome biasanya mengandung kompon yang bisa mengikis bagian cat biasa.

Agar tidak merusak velg, gunakan bahan yang tidak mengandung kompon

Jika khawatir velg Anda tergores akibat kandungan abrasif, pilihlah pembersih yang tidak mengandung kompon. Pada umumnya bahan abrasif tidak dicantumkan secara langsung dalam tabel komposisi. Namun, produsen biasanya mencantumkan tulisan “tidak mengandung kompon” di kemasannya.


Pembersih dengan kandungan abrasif boleh saja sesekali dipakai untuk membersihkan noda membandel, seperti percikan kampas rem. Velg warna chrome malah tidak masalah dibersihkan dengan produk yang mengandung kompon. Alasannya, lapisan chrome tidak mudah terkikis seperti lapisan cat biasa.


Akan tetapi, selalu bersihkanlah velg dengan perlahan dan hati-hati. Pastikan Anda mengetahui risiko pemakaiannya sebelum menggunakan pembersih velg mobil, ya!

Jika Anda sensitif akan bau-bauan, jangan pilih cairan pembersih berbau menyengat

Jika Anda sensitif akan bau-bauan, jangan pilih cairan pembersih berbau menyengat

Bagi Anda yang sensitif terhadap bau menyengat, pembersih yang tidak berbau bisa menjadi pilihan tepat. Banyak pembersih velg yang memiliki bau menyengat seperti amonia. Anda yang sensitif terhadap bau-bauan akan merasa kesulitan menggunakannya.


Dengan pembersih yang baunya sedikit netral, pasti Anda bisa membersihkan mobil dengan lebih nyaman. Ada beberapa pilihan produk pembersih tanpa aroma dan ada juga yang memiliki aroma harum. Pastinya, pilihlah produk yang memudahkan Anda saat mengaplikasikannya.


Meskipun begitu, produk khusus untuk membersihkan kotoran berupa serbuk besi atau yang cenderung bersifat keras biasanya memiliki bau yang lebih menyengat. Berbeda jika produk tersebut memiliki kandungan detergen yang tinggi. Banyaklah berdiskusi dengan mereka yang sudah berpengalaman memakai pembersih velg agar Anda bisa menemukan produk yang sesuai.


Namun, tidak banyak produk yang menyediakan keterangan mengenai baunya di toko online. Untuk itu, Anda perlu mencobanya secara langsung atau bertanya kepada pengguna lainnya. Anda juga bisa bertanya kepada penjual atau membaca review pembeli sebelumnya untuk mendapatkan informasi yang valid.

Spray atau cairan? Pilih jenis yang sesuai keadaan!

Selain ketiga poin di atas, faktor selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah bentuk pembersih velg. Bentuk yang umum digunakan adalah spray, tetapi ada juga bentuk yang berupa cairan. Kemasan bentuk spray lebih praktis digunakan karena tinggal disemprotkan ke bagian yang ingin dibersihkan.


Di sisi lain, bentuk cairan harus dituangkan secara manual ke permukaan velg. Proses pembersihan dengan bentuk cairan memang sedikit lebih lama. Namun, hasilnya lebih detail karena semua bagian velg bisa lebih merata terkena cairan pembersihnya.


Meski tidak sepraktis bentuk spray, pembersih velg bentuk cairan mungkin lebih irit penggunaannya. Pasalnya, beberapa produk perlu dicampur dengan air untuk bisa digunakan. Selain itu, cairan pembersih yang terbuang tidak sebanyak yang spray. Bentuk cairan juga bisa digunakan sebagai isi ulang untuk kemasan spray.

Gunakan pembersih serbaguna agar lebih efektif!

Ketika Anda memiliki cairan pembersih yang hanya spesifik membersihkan satu bagian mobil saja, hal itu tentu akan mempersulit Anda. Jika ingin membersihkan mobil secara keseluruhan, Anda jadi harus mempersiapkan banyak macam cairan pembersih. Maka dari itu, ada beberapa produk yang ditulis sebagai pembersih velg, tetapi nyatanya bersifat serbaguna. Jenis ini bisa membersihkan seluruh bagian mobil Anda.


Dengan produk serbaguna ini, Anda bisa merasa tenang meskipun cairan menyebar ke bagian lain mobil. Namun, waktu untuk membersihkan velg akan lebih lama karena kandungan pembersihnya tidak sekeras cairan pembersih khusus velg. Anda tetap harus ingat bahwa cairan yang dibuat khusus untuk membersihkan velg biasanya lebih kuat. 


Jadi, apabila Anda ingin membuat velg bersih dan berkilau, gunakanlah cairan khusus pembersih velg. Akan tetapi, jika tujuannya hanya untuk membersihkan dan Anda tidak mau repot, pilihlah pembersih serbaguna.

10 Rekomendasi pembersih velg mobil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cairan pembersih velg mobil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ayi Adiana.

10
Jenis velg yang dibersihkanSemua tipe velg
Ukuran400 ml
TipeSpray
Dapat digunakan untuk bagian mobil lainVelg dan rem
9
Jenis velg yang dibersihkanSemua tipe velg
Ukuran250 ml
TipeSpray
Dapat digunakan untuk bagian mobil lainPermukaan cat, polish pada bagian mobil lainnya
8
Jenis velg yang dibersihkanSemua tipe velg
Ukuran709 ml
TipeSpray
Dapat digunakan untuk bagian mobil lainVelg, rem, dan ban
7
Jenis velg yang dibersihkanSemua tipe velg
Ukuran250 ml
TipeSpray
Dapat digunakan untuk bagian mobil lainVelg dan ban
6
Jenis velg yang dibersihkanChrome
Ukuran355 ml
TipeCairan
Dapat digunakan untuk bagian mobil lainBumber, velg, aksesori, dan bagian lainnya yang dilapisi chrome.
5
Jenis velg yang dibersihkanSemua tipe velg
Ukuran20 ml
TipeCairan
Dapat digunakan untuk bagian mobil lainVelg dan ban mobil atau motor
4
Jenis velg yang dibersihkanSemua tipe velg
Ukuran250 ml, 1.000 ml
TipeSpray
Dapat digunakan untuk bagian mobil lainVelg, roda, ban
3
Jenis velg yang dibersihkanSemua tipe velg
Ukuran375 ml
TipeSpray
Dapat digunakan untuk bagian mobil lainVelg, cakram, cat, dan bagian mobil lainnya
2

SabusaWaterspot & Crust Remover

Mulai dari Rp 120.000,00

Jenis velg yang dibersihkanSemua tipe velg
Ukuran500 ml, 1.000 ml
TipeCair
Dapat digunakan untuk bagian mobil lainVelg, kaca, bodi mobil
1
Jenis velg yang dibersihkanSemua tipe velg
Ukuran350 ml
TipeSpray
Dapat digunakan untuk bagian mobil lainVelg, dashboard, jok, karpet, mesin, ban, seluruh bagian eksterior dan interior mobil

Tabel perbandingan produk cairan pembersih velg terbaik

Gambar produk
1
3M All Purpose Cleaner 1

3M

2
Sabusa Waterspot & Crust Remover 1

Sabusa

3
Nanotech Premium Wheel Cleaner 1

Nanotech

4
Care & Detail Wheel Cleaner 1

Care & Detail

5
HGKJ Car Wheel Rim Cleaner 1

HGKJ

6
Turtle Wax Chrome Polish and Rust Remover 1

Turtle Wax

7
Sabusa All Wheel & Tire Cleaner 1

Sabusa

8
Meguiar's Ultimate All Wheel Cleaner 1

Meguiar's

9
Otobi Wheel Cleaner 1

Otobi

10
HSR Formula Wheel Master 1

HSR Formula

Nama produk

All Purpose Cleaner

Waterspot & Crust Remover

Premium Wheel Cleaner

Wheel Cleaner

Car Wheel Rim Cleaner

Chrome Polish and Rust Remover

All Wheel & Tire Cleaner

Ultimate All Wheel Cleaner

Wheel Cleaner

Wheel Master

Keunggulan

Pembersih velg serbaguna dan paling populer

Spesialis mengusir kerak dan jamur membandel

Velg chrome bersih dan mulus berkat formula antigores

Velg terlindungi, kinclong lebih lama

Harganya ekonomis, tetapi kemampuannya fantastis!

Menghilangkan karat di semua lapisan chrome pada mobil

Ampuh mengangkat kerak hingga ke sela-sela terkecil

Terdapat gel aktif yang cepat melarutkan kotoran pada velg

Bebas asam sehingga aman untuk segala jenis velg

Membersihkan sekaligus melapisi velg agar tetap kinclong

Harga mulai dariRp 43.900,00Rp 120.000,00Rp 70.000,00Rp 70.000,00Rp 13.500,00Rp 87.500,00Rp 120.000,00Rp 266.000,00Rp 55.000,00Rp 75.000,00
Jenis velg yang dibersihkanSemua tipe velgSemua tipe velgSemua tipe velgSemua tipe velgSemua tipe velgChromeSemua tipe velgSemua tipe velgSemua tipe velgSemua tipe velg
Ukuran350 ml500 ml, 1.000 ml375 ml250 ml, 1.000 ml20 ml355 ml250 ml709 ml250 ml400 ml
TipeSprayCairSpraySprayCairanCairanSpraySpraySpraySpray
Dapat digunakan untuk bagian mobil lainVelg, dashboard, jok, karpet, mesin, ban, seluruh bagian eksterior dan interior mobilVelg, kaca, bodi mobilVelg, cakram, cat, dan bagian mobil lainnyaVelg, roda, banVelg dan ban mobil atau motorBumber, velg, aksesori, dan bagian lainnya yang dilapisi chrome.Velg dan banVelg, rem, dan banPermukaan cat, polish pada bagian mobil lainnyaVelg dan rem
Tautan produk

Cara membersihkan velg mobil

Cara membersihkan velg mobil

Velg adalah salah satu bagian mobil yang mudah kotor. Saat pemakaian, biasanya velg terkena kotoran di jalan, air hujan, dan lainnya yang tidak terduga. Nah, Anda perlu menyiapkan cairan pembersih velg dan kain microfiber ataupun sikat berbulu lembut untuk membersihkannya. Selanjutnya, perhatikan cara membersihkan velg mobil berikut.


  1. Semprotkan cairan pembersih pada velg sampai terlihat basah lalu diamkan beberapa saat.
  2. Gosok menggunakan kain dengan tekanan sedang hingga kotoran yang menempel pada permukaan velg hilang. 
  3. Gunakan sikat berbulu lembut untuk kotoran membandel dan permukaan yang tidak terjangkau dengan kain.
  4. Apabila kotoran atau noda sudah terangkat dari permukaan velg, lap dengan kain atau bilas dengan air bersih.

Sebelum proses pembersihan, sebaiknya velg dicuci terlebih dahulu dengan detergen cair. Hal ini supaya kotoran ringan bisa terangkat sehingga akan menghemat penggunaan cairan pembersih velg. Selamat mencoba tips dari kami!

Tips membersihkan velg dengan mudah dari guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana, S.T.

Tips membersihkan velg dengan mudah dari guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana, S.T.

Untuk membersihkan velg yang terkena cipratan aspal, Anda bisa memanfaatkan solar dan detergen. Setelah itu, Anda bisa menggunakan wax pasta yang banyak dijual di minimarket terdekat untuk mengilapkannya. Agar hasilnya maksimal, jangan gunakan satu kain untuk semua bagian.

Baca juga rekomendasi produk pembersih mobil lainnya di sini

Anda mungkin membutuhkan produk lain untuk membersihkan mobil selain bagian velg. Di bawah ini kami juga sudah mengulas tentang pembersih kaca mobil, shampo mobil, dan cairan pembersih karat. Silakan pilih yang sesuai kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Membersihkan velg merupakan bagian dari perawatan mobil agar senantiasa tampil prima. Orang-orang yang tidak terganggu dengan kotoran sekalipun mungkin akan menggunakan cairan pembersih untuk menjaga velg mobilnya tetap mengilap. Tunggu apa lagi, mulaliah mencuci velg mobil Anda secara rutin.


Kami telah menyajikan tips cara memilih dan merekomendasikan sejumlah produk cairan pembersih velg terbaik. Nikmatilah hari indah berjalan-jalan menggunakan mobil dengan velg yang bersih. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Shampo Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Sampo mobil adalah produk yang esensial untuk menjaga mobil tetap bersih dan terawat. Berbagai jenis produk sudah dihasilkan oleh merek-merek ternama, seperti Meguiar's dan 3M. Ada produk yang mengandung wax untuk mencegah noda air menempel, ada juga yang memberikan kilau ekstra pada cat mobil Anda.Hal ini tentunya membuat konsumen bingung dalam memilih sampo mobil yang paling sesuai. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sampo mobil yang bagus. Kemudian, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Penghilang Goresan Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Penghilang Goresan Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Goresan pada mobil dapat terjadi karena benturan, gesekan, atau akibat batu dan pasir yang terlempar mengenai mobil. Untungnya, ada produk penghilang goresan mobil untuk mengatasi hal tersebut. Ada banyak produk penghilang goresan terbaik yang beredar, seperti merek Maxglow, Zerone, dan Turtle Wax.Kali ini, kami akan merekomendasikan produk penghilang goresan mobil yang bagus berjenis compound, wax, serta touch pen. Simak juga cara memilih penghilang goresan mobil agar Anda bisa mendapatkan produk yang paling sesuai. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Pembersih Debu Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pembersih Debu Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2022)
    Debu yang menempel pada mobil Anda tidak selalu terlihat oleh mata. Untuk itu, Anda perlu memberi perhatian lebih pada kebersihan mobil agar Anda dan para penumpang lain lebih nyaman berada di dalam mobil Anda. Pembersih debu atau dust cleaner yang berkualitas tentu akan mempermudah Anda dalam menjaga kebersihan mobil.Kali ini, kami menjelaskan cara memilih sekaligus memperkenalkan sepuluh rekomendasi pembersih debu terbaik untuk mobil. Merek Sonax, Bagus, Carrera, dan sebagainya telah kami bahas untuk Anda. Simak terus artikel ini dan semoga Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Vacuum Cleaner Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vacuum Cleaner Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Abu rokok, remah-remah biskuit, tanah, dan pengotor lainnya sering membuat suasana dalam mobil tidak nyaman. Selain mengotori mobil, baunya juga terkadang mengganggu. Vacuum cleaner mobil adalah solusi jitu untuk membersihkan bagian dalam mobil hingga ke sudut-sudut tak terjangkau tangan. Berbagai merek vacuum cleaner mobil terbaik dengan beragam harga banyak dijual di pasaran, seperti Baseus, Vivan, dan lainnya. Di samping untuk mobil, sebagian produk bisa dipakai di rumah. Cari tahu selengkapnya mengenai vacuum cleaner mobil yang bagus di sini, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Fungsi oli motor sangatlah penting. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi mengurangi gesekan, mendinginkan, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih oli untuk motornya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang bagus dan tahan panas. Selain itu, kami juga mengulas berbagai merek oli motor terbaik, seperti Yamalube, Shell, ataupun Enduro. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Pembersih Kaca Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembersih Kaca Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Kotoran yang menempel di kaca mobil terkadang sulit dihilangkan hanya dengan dicuci, contohnya jamur, debu, serta lapisan minyak. Untuk membersihkan jenis-jenis kotoran tersebut, gunakanlah pembersih kaca mobil. Terdapat beragam jenis pembersih untuk kaca mobil bagian dalam dan luar, baik dalam bentuk cairan maupun lembaran.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pembersih kaca mobil. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek yang bagus, seperti Kit, 3M, dan Waxco. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Yuk, temukan pembersih kaca mobil terbaik untuk Anda di artikel ini!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Castrol Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Castrol Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Castrol merupakan salah satu merek yang memproduksi berbagai jenis oli, seperti Castrol Magnatec, Castrol Power1 Racing, Castrol Go!, dan Castrol Activ Matic. Oli-oli tersebut dibuat untuk mesin mobil, motor, dan kendaraan niaga. Oli Castrol memiliki tingkat kekentalan yang beragam, mulai dari 0W-20, 5W-30, 10W-40, hingga 20W-40 pun ada.Untuk membantu Anda menemukan oli Castrol yang bagus, kami telah membuat tips memilih oli Castrol terbaik. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh oli Castrol terbaik bagi kendaraan Anda lengkap dengan harganya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Perawatan kendaraan
  • 9 Pelumas Rantai Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    9 Pelumas Rantai Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah motor Anda mengalami tarikan yang berat, suara berisik ketika berjalan, dan rantainya cepat panas? Mungkin saja itu karena rantainya butuh pelumas. Ada banyak pilihan pelumas motor, sebut saja merek Carrera, Yamalube, dan AHM. Namun, manakah dari merek-merek tersebut yang bagus untuk motor Anda?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pelumas rantai motor terbaik berdasarkan jenis motor, ukuran, hingga cara pemakaiannya. Sembilan produk pelumas rantai untuk motor matic hingga motor sport akan kami ulas untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Semir Ban Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Semir Ban Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Semir ban mobil berfungsi untuk menjaga tampilan ban mobil agar tetap hitam dan mengilap. Jenis semir ban mobil ada banyak, seperti cair, busa, dan wax. Pilihan merek semir ban pun beragam, mulai dari Kit, 3M, Sonax, dan lainnya. Namun, manakah yang bagus dan aman untuk mobil Anda?Kami akan memperkenalkan cara memilih semir ban terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Jadikanlah ban mobil Anda superkinclong dengan semir ban mobil yang tepat!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Para pengguna sepeda motor, tahukah bahwa oli shock depan harus diganti secara berkala? Idealnya, penggantian oli shock depan dilakukan ketika speedometer mencapai 15.000 km atau sekitar 1 tahun lebih pemakaian. Itu pun asumsi jika kendaraan digunakan dengan pemakaian normal.Apakah kendaraan Anda sudah waktunya ganti oli shock depan? Jika iya, Anda menemukan artikel yang tepat. Kami akan membahas cara memilih oli shock depan yang bagus, misalnya merek Yamalube, Top 1, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan kendaraan
  • Artikel populer

  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Selain sebagai pelumas, oli berfungsi merawat dan menjaga mesin motor agar dapat bekerja secara maksimal. Supaya motor matic Anda memiliki usia yang awet, jangan sampai telat melakukan penggantian oli. Lantas, berapa bulan sekali Anda harus mengganti oli motor? Kami akan mengulas oli motor matic dengan tips memilihnya. Ada juga produk oli motor matic yang bagus dari berbagai merek, seperti Castrol, Enduro, dan Evalube. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Temukan oli motor matic murah untuk Honda Scoopy, Vario 150, Beat, motor Yamaha, dan sebagainya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Fungsi oli motor sangatlah penting. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi mengurangi gesekan, mendinginkan, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih oli untuk motornya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang bagus dan tahan panas. Selain itu, kami juga mengulas berbagai merek oli motor terbaik, seperti Yamalube, Shell, ataupun Enduro. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Merek pengharum mobil yang bagus, seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Oli mesin sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, apakah Anda sudah tahu produk mana yang harus dipilih?Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mobil yang bagus, seperti Shell, Castrol, dan Pertamina. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Disimak, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Para pengguna sepeda motor, tahukah bahwa oli shock depan harus diganti secara berkala? Idealnya, penggantian oli shock depan dilakukan ketika speedometer mencapai 15.000 km atau sekitar 1 tahun lebih pemakaian. Itu pun asumsi jika kendaraan digunakan dengan pemakaian normal.Apakah kendaraan Anda sudah waktunya ganti oli shock depan? Jika iya, Anda menemukan artikel yang tepat. Kami akan membahas cara memilih oli shock depan yang bagus, misalnya merek Yamalube, Top 1, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Kanebo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kanebo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Produk yang paling dicari saat mencuci kendaraan adalah lap, salah satunya lap chamois. Lap chamois ini lebih dikenal dengan nama kanebo. Kanebo memiliki kemampuan menyerap air yang tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mengeringkan motor atau mobil yang sudah dicuci dengan lebih efisien. Tak hanya kendaraan, kanebo juga bisa untuk mengelap perabotan atau furnitur rumah. Produk yang serbaguna, bukan?Kami akan memberikan tips memilih kanebo beserta merekomendasikan merek kanebo yang bagus untuk Anda. Beberapa contoh merek kanebo terbaik tersebut adalah AION, 3M, dan Kenmaster. Yuk, simak selengkapnya untuk mendapatkan kanebo terbaik!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Pembersih Debu Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pembersih Debu Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2022)
    Debu yang menempel pada mobil Anda tidak selalu terlihat oleh mata. Untuk itu, Anda perlu memberi perhatian lebih pada kebersihan mobil agar Anda dan para penumpang lain lebih nyaman berada di dalam mobil Anda. Pembersih debu atau dust cleaner yang berkualitas tentu akan mempermudah Anda dalam menjaga kebersihan mobil.Kali ini, kami menjelaskan cara memilih sekaligus memperkenalkan sepuluh rekomendasi pembersih debu terbaik untuk mobil. Merek Sonax, Bagus, Carrera, dan sebagainya telah kami bahas untuk Anda. Simak terus artikel ini dan semoga Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perawatan kendaraan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori