• 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)

Pianika adalah jenis alat musik tiup yang biasanya digunakan oleh siswa TK hingga SMP. Sebagai alat musik yang mudah dimainkan, pianika merupakan pilihan tepat bagi Anda yang baru mulai belajar bermain alat musik. 


Kali ini, kami akan membahas cara memilih pianika yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasi produk pianika terbaik bagi Anda. Berbagai merek terkenal seperti Yamaha dan Suzuki akan kami hadirkan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Tetaplah membaca dan temukan pianika yang paling pas untuk anak Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Satriyo Arwanto
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto
Satriyo Arwanto
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik.


Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pianika

Pianika memungkinkan siapa pun tidak kesulitan dalam menghasilkan melodi yang indah dan suara yang stabil. Bila dilihat sekilas, semua pianika memang tampak sama. Namun, berhati-hatilah saat memilih dan sesuaikan juga dengan kebutuhan anak Anda.

Perhatikan jumlah tuts pianika

Perhatikan jumlah tuts pianika

Jumlah tuts pada pianika bervariasi dari 25 tuts sampai 44 tuts. Jumlah tuts tidak hanya berpengaruh pada besarnya badan pianika, tetapi juga suara yang dapat dihasilkannya. Namun, pianika yang paling banyak dijual di Indonesia adalah pianika dengan tuts berjumlah 32 dan 37.


  • Untuk anak SD atau pemula, pilih pianika 32 tuts. Pianika jenis ini termasuk pianika standar yang banyak dipakai. Dengan 32 tuts, lagu-lagu yang sederhana sudah bisa dimainkan. Selain itu, bobotnya juga cenderung ringan. Oleh karena itu, pianika 32 tuts sangat direkomendasikan untuk pemula atau anak-anak.

  • Untuk kelompok musik atau yang sudah ahli, pilih pianika 37 tuts. Pianika dengan 37 tuts menghadirkan rentang nada yang lebih panjang. Oleh karena itu, pianika jenis ini banyak digunakan oleh mereka yang tergabung dalam kelompok musik. Beberapa contohnya adalah grup marching band, ansambel, atau bahkan band indie.

Pilih tipe dan kualitas suara pianika yang berkualitas

Meski terlihat mudah dimainkan, ternyata pianika hadir dengan variasi suara seperti alat musik pada umumnya. Anda dapat memilih tipe suara sesuai kebutuhan dan tujuan penggunaan. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kualitas suara yang dihasilkan. Jika Anda membeli pianika secara online, pastikan untuk mengulik informasinya pada situs resmi atau sumber lain yang tepercaya.

Alto, sopran, atau bas, tipe suara manakah yang Anda butuhkan?

Alto, sopran, atau bas, tipe suara manakah yang Anda butuhkan?

Bila Anda membeli pianika untuk anak, pilihlah tipe pianika alto. Siswa SD dan TK umumnya menggunakan pianika alto. Pianika alto cocok digunakan untuk berbagai fungsi seperti ansambel dan iringan paduan suara karena memiliki suara mendekati suara manusia. Untuk itulah, pianika alto sangat mudah ditemukan di Indonesia.


Pada beberapa ansambel, biasanya yang dibutuhkan tidak hanya pianika alto, tetapi juga sopran dan bas. Jika pianika yang digunakan ternyata memiliki model dan merek yang berbeda-beda, suara yang dihasilkan akan terdengar kurang harmonis. Jadi, belilah pianika yang telah diinstruksikan oleh sekolah atau berkonsultasilah dengan guru musik anak Anda.

Cermati kualitas suara yang dihasilkan dari setiap merk

Cermati kualitas suara yang dihasilkan dari setiap merk

Bila anda ragu dalam memilih, produk pianika keluaran produsen terkenal seperti Yamaha atau Suzuki dapat menjadi pilihan. Kedua merek tersebut telah dipercaya dapat menghasilkan alat-alat musik dengan kualitas baik dan juga tahan lama. Namun, keduanya memiliki karakteristik suara yang berbeda.


Pianika merek Yamaha memiliki kualitas suara yang baik. Daya tahannya juga tepercaya sehingga Anda bisa memakainya untuk waktu yang lama. Selain itu, Anda tidak akan kesulitan mencari aksesori tambahan karena banyak yang menjualnya.


Produsen lainnya, yakni Suzuki, memproduksi pianika yang dinamakan Melodion. Tipenya bervariasi, mulai dari yang ditujukan untuk pemula hingga profesional. Jadi Anda bisa pilih yang paling Anda sukai. Selain itu, melalui website resminya, Melodion diklaim sangat awet dan dapat menghasilkan nada yang presisi.

Perhatikan case pianika

Jika tidak disimpan dengan baik, pianika jadi lebih mudah rusak. Oleh karena itu, mari pilih case pianika dengan mempertimbangkan kemudahan penyimpanan dan kekokohannya!

Hard case, kokoh dan tetap aman bila terjatuh

Hard case, kokoh dan tetap aman bila terjatuh

Bila anak Anda aktif dan banyak bergerak, pianika dengan hard case patut dipertimbangkan. Case-nya terbuat dari plastik yang kokoh sehingga Anda tidak perlu khawatir jika pianika terjatuh. Selain itu, ada juga tipe hard case yang berbentuk seperti koper. Pianika akan tetap aman di dalam case dan terlindungi dari kerusakan.


Selain itu, hard case juga dapat digunakan sebagai pengganti stand musik. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot lagi membeli atau membawa stand musik tambahan. Akan tetapi, pianika jenis ini cukup berat dan memiliki ventilasi yang kurang baik. Pastikan Anda mengetahui cara merawat pianika agar tidak menimbulkan kerusakan dan bau tak sedap karena lembap.

Soft case, ringan dan mudah dibawa bepergian

Soft case, ringan dan mudah dibawa bepergian

Selain enteng, soft case pianika juga tersedia dalam pilihan warna dan desain yang trendi, serta menarik. Case yang terbuat dari vinil atau kain ini juga ringkas dan praktis dibawa, sama seperti membawa tas biasa.


Namun, case jenis ini kurang melindungi pianika dari potensi kerusakan akibat cara penyimpanan yang kurang baik. Jadi, Anda sebaiknya menyimpan pianika ini dengan cara yang tepat, jangan menumpuknya dengan benda-benda berat lainnya.

Cek kelengkapan aksesorinya

Cek kelengkapan aksesorinya

Agar dapat dimainkan dengan nyaman, pastikan Anda memeriksa kelengkapan aksesori di dalam set pianika yang Anda beli. Mouthpiece adalah hal esensial dari pianika. Namun sayangnya, bagian tersebut biasanya mudah rusak dan tidak tahan lama, terutama jika digunakan oleh anak kecil. Tergantung pada produsennya, setiap produk pianika memiliki bentuk dan ukuran mouthpiece yang berbeda.


Karena itu, pastikan bahwa pianika yang Anda beli memiliki mouthpiece yang juga dijual secara terpisah. Dengan begitu, jika mouthpiece-nya rusak, Anda bisa segera menggantinya dengan yang baru. Selain itu, sebaiknya pilih pianika dengan lap pembersih supaya Anda lebih mudah merawatnya.

Pilih yang mudah dibersihkan

Pilih yang mudah dibersihkan

Salah satu faktor kelanggengan alat musik adalah cara perawatannya, tak terkecuali pada pianika. Sebagai alat musik tiup, bagian dalamnya tentu menyimpan cipratan air liur si pemakai. Untuk itulah pianika perlu dibersihkan secara berkala. Salah satu caranya adalah dengan menekan tombol pembersih yang tersedia sambil meniup pianika.


Jika Anda terpaksa memilih pianika tanpa tombol pembersih, usahakan tetap membersihkan pianika secara berkala. Caranya adalah dengan mengelap permukaannya dengain kain lembut yang kering. Cuci selang dan mouthpiece-nya menggunakan air lalu jemur hingga kering. Bila perlu, bersihkan bagian dalam pianika menggunakan vacuum berdaya isap ringan.

Pilih pianika yang bisa dipakai dalam waktu lama

Pilih pianika yang bisa dipakai dalam waktu lama

Hal lain yang mungkin ikut menjadi pertimbangan Anda adalah harga pianika. Untuk merek-merek yang sudah terkenal, harga pianika bisa dikatakan cukup mahal. Memang ada beberapa merek lain yang memiliki harga jual relatif lebih miring, tetapi mungkin kualitasnya tidak sebagus merek terkenal. Stabilitas suara, daya tahan, dan sistem penunjang lainnya mungkin kurang baik.


Apabila Anda hendak menggunakan pianika hanya untuk waktu yang singkat, Anda bisa memilih produk yang lebih terjangkau. Meski begitu, Anda tetap perlu membaca review dari pembeli lain agar tidak menyesal. Sebaliknya, jika Anda ingin menggunakannya untuk berlatih secara serius, pilihlah produk dari merek yang menyediakan garansi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba pianika tersebut rusak.

10 Rekomendasi pianika terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pianika terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.

10
Jumlah tuts37
BahanTidak disebutkan
CaseHard case (koper)
AksesoriSelang, mouthpiece, case, buku petunjuk, strap
WarnaBiru
DimensiTidak disebutkan
Tombol pembersihTidak ada
9

AltozPianika 32 Nada dengan Soft Bag

Mulai dari Rp 72.000,00

Jumlah tuts32
BahanTidak disebutkan
CaseSoft case
AksesoriSelang, mouthpiece, case
WarnaBiru, merah muda
DimensiTidak disebutkan
Tombol pembersihTidak ada
8
Jumlah tuts32
BahanABS Plastic material
CaseHard case
AksesoriSelang, mouthpiece, case, buku petunjuk
WarnaHijau
Dimensi41,5 cm x 10 cm x 3 cm
Tombol pembersihAda
7
Jumlah tuts37
BahanTidak disebutkan
CaseHard case
AksesoriSelang, mouthpiece, case
WarnaMerah marun
Dimensi48,3 cm x 10,2 cm x 4,9 cm
Tombol pembersihAda
6
Jumlah tuts32
BahanPlastik
CaseHard case (koper)
AksesoriSelang, mouthpiece, case, brosur petunjuk, kain pembersih, strap
WarnaBiru, merah muda
Dimensi45 cm x 15 cm x 8 cm
Tombol pembersihTidak ada
5
Jumlah tuts32
BahanTidak disebutkan
CaseSoft case
AksesoriSelang, mouthpiece, tas
WarnaBiru, merah muda
Dimensi42,2 cm x 10,3 cm x 5 cm
Tombol pembersihAda
4

JoykoPianica dengan Hardcase

PNC-20

Mulai dari Rp 135.000,00

Jumlah tuts32
BahanTidak disebutkan
CaseHard case
AksesoriSelang, mouthpiece, case
WarnaBiru
Dimensi42 cm x 10 cm
Tombol pembersihTidak ada
3
Jumlah tuts32
BahanPlastik
CaseHard case
AksesoriSelang, mouthpiece, case
WarnaBiru, pink
Dimensi41 cm x 11 cm x 3 cm
Tombol pembersihAda
2
Jumlah tuts32
BahanTidak disebutkan
CaseSoft case
AksesoriSelang, mouthpiece, case, buku petunjuk
WarnaBiru
Dimensi42,5 cm x 9,6 cm x 4,9 cm
Tombol pembersihAda
1
Jumlah tuts32
BahanABS Plastic casing material
CaseSoft case
AksesoriSelang, mouthpiece, case
WarnaBiru, pink, hitam-merah
DimensiTidak disebutkan
Tombol pembersihAda

Tabel perbandingan produk pianika terbaik

Gambar produk
1
Speeds LX 049-01 1

Speeds

2
Yamaha Pianica P-32D 1

Yamaha

3
Marvel Pianika Hard Cover 1

Marvel

4
Joyko Pianica dengan Hardcase 1

Joyko

5
Montana Pianika 32 Tuts 1

Montana

6
DH Melodica Pianika Tas Koper 1

DH Melodica

7
Yamaha P-37D 1

Yamaha

8
Suzuki Alto Melodion 1

Suzuki

9
Altoz Pianika 32 Nada dengan Soft Bag 1

Altoz

10
Paladin Pianika 37 Tuts 1

Paladin

Nama produk

LX 049-01

Pianica P-32D

Pianika Hard Cover

Pianica dengan Hardcase

Pianika 32 Tuts

Pianika Tas Koper

P-37D

Alto Melodion

Pianika 32 Nada dengan Soft Bag

Pianika 37 Tuts

Keunggulan

Pianika dengan tuts yang mempermudah anak mengenal nada

Antikarat, suara tetap jernih selama bertahun-tahun

Mudah dibersihkan, lebih higienis!

Tak khawatir pianika akan rusak meski terjatuh

Pianika tak mudah jatuh berkat strap tangan yang muat hingga empat jari

Sangat praktis, tas pianika ini bisa dijinjing atau disampirkan ke pundak!

Sesuai untuk dimainkan di mana saja

Lebih semangat latihan dengan nada yang indah

Pianika simpel yang ekonomis untuk pemula

Hasilkan suara maksimal berkat speaker yang meghadap atas

Harga mulai dariRp 69.000,00Rp 279.000,00Rp 130.000,00Rp 135.000,00Rp 127.400,00Rp 110.000,00Rp 729.000,00Rp 374.000,00Rp 72.000,00Rp 165.000,00
Jumlah tuts32323232323237323237
BahanABS Plastic casing materialTidak disebutkanPlastikTidak disebutkanTidak disebutkanPlastikTidak disebutkanABS Plastic materialTidak disebutkanTidak disebutkan
CaseSoft caseSoft caseHard caseHard caseSoft caseHard case (koper)Hard caseHard caseSoft caseHard case (koper)
AksesoriSelang, mouthpiece, caseSelang, mouthpiece, case, buku petunjukSelang, mouthpiece, caseSelang, mouthpiece, caseSelang, mouthpiece, tasSelang, mouthpiece, case, brosur petunjuk, kain pembersih, strapSelang, mouthpiece, caseSelang, mouthpiece, case, buku petunjukSelang, mouthpiece, caseSelang, mouthpiece, case, buku petunjuk, strap
WarnaBiru, pink, hitam-merahBiruBiru, pinkBiruBiru, merah mudaBiru, merah mudaMerah marunHijauBiru, merah mudaBiru
DimensiTidak disebutkan42,5 cm x 9,6 cm x 4,9 cm41 cm x 11 cm x 3 cm42 cm x 10 cm42,2 cm x 10,3 cm x 5 cm45 cm x 15 cm x 8 cm48,3 cm x 10,2 cm x 4,9 cm41,5 cm x 10 cm x 3 cmTidak disebutkanTidak disebutkan
Tombol pembersihAdaAdaAdaTidak adaAdaTidak adaAdaAdaTidak adaTidak ada
Tautan produk

Pianika juga bisa menjadi hobi yang menarik untuk orang dewasa

Pianika juga bisa menjadi hobi yang menarik untuk orang dewasa

Sebagai alat musik pengenal yang umumnya dipakai siswa TK hingga SMP, image kenakak-kanakan pada pianika memang sudah melekat. Namun, sebenarnya pianika tidak memandang usia dan dapat digunakan oleh siapa saja. Bahkan, ada beberapa musisi yang memainkan pianika sebagai pelengkap aksi mereka di panggung, lho! Jadi, tidak perlu ragu menjadikan pianika sebagai hobi baru Anda.


Untuk orang dewasa, kami merekomendasikan pianika yang rentang nadanya lebih lengkap sehingga Anda bisa memainkan musik yang lebih kompleks. Selain itu, mungkin Anda juga bisa mencari pianika dengan desain yang lebih netral.

Tips dari produser musik kami, Satrio Arwanto

Tips dari produser musik kami, Satrio Arwanto

Pilihlah pianika dengan tuning yang baik. Jika Anda datang ke toko musik, cobalah memainkan pianika. Caranya cukup dengan menekan satu nada A pada pianika dan piano/keyboard. Pilihlah pianika yang nada A-nya sama dengan piano/keyboard.


Selain itu, pilihlah pianika dengan bahan yang aman dan memiliki sertifikasi. Hal ini demi kesehatan Anda. Pastikan juga selangnya tidak bocor.

Baca juga rekomendasi produk alat musik lainnya di sini

Bila ingin menantang diri Anda lebih jauh, kami menyarankan Anda juga mencoba instrumen musik lainnya. Kami memiliki berbagai rekomendasi alat musik yang cocok juga untuk dimainkan bersama pianika. Simak selengkapnya di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Dari produk-produk pianika yang telah kami rekomendasikan di atas, manakah yang menjadi favorit Anda? Agar makin yakin, Anda juga bisa melihat review pianika pilihan Anda di internet. Ada juga review yang berbentuk video sehingga Anda bisa mendengar suara yang dihasilkan pianika tersebut.


Seiring mahirnya Anda, bermain alat musik akan menjadi makin menyenangkan. Jadi, jangan lupa terus berlatih, ya. Semoga Anda bisa menemukan pianika yang paling tepat. Semoga berhasil!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, ada yang murah ada juga yang mahal. Hal ini tergantung dari merek dan kualitas dari gitar listrik itu sendiri.Apakah Anda sedang mencari gitar listrik terbaik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kami juga memberikan sederet produk yang direkomendasikan. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai panduan sebelum membeli. 
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar merupakan alat musik yang menarik untuk dipelajari. Suaranya yang merdu dapat menjadi melodi utama sampai melodi pengisi dalam sebuah lagu. Di antara banyaknya merek gitar, Yamaha menjadi pilihan top of mind bagi konsumen. Gitar Yamaha original memiliki berbagai jenis serta seri gitar untuk kebutuhan Anda.Kami akan berbagi tips memilih gitar dari Yamaha. Simak juga daftar rekomendasi gitar Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Gitar Yamaha C315, Yamaha F310, dan Yamaha APX600 ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bukan hanya  di tempat hiburan atau studio musik saja, kini Anda pun dapat karaoke di rumah. Agar suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah microphone karaoke.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih microphone karaoke yang bagus dari berbagai merk. Kami juga akan memberikan rekomendasi microphone karaoke mulai dari tipe wireless, Bluetooth, kabel, dan tipe kids atau anak. Microphone karaoke buatan Behringer, Sennheiser, dan SHURE pun akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Senar memberikan pengaruh pada kualitas suara gitar akustik sehingga penting untuk memilih senar terbaik. Senar gitar akustik sendiri terdiri dari beberapa jenis. Ada senar nylon yang digunakan pada gitar klasik. Ada juga senar baja antikarat untuk memainkan musik genre rock, blues, dan country.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih senar untuk menemukan senar terbaik yang original untuk gitar akustik Anda. Kami juga merekomendasikan beragam merek senar gitar akustik yang bagus, seperti Elixir, D'addario, Yamaha, dan Martin & Co. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Cajon merupakan instrumen perkusi berbentuk kotak yang biasa digunakan untuk mengiringi musik akustik. Banyak orang yang kagum dengan instrumen ini karena keunikan dan kepraktisannya. Ada banyak produk cajon dengan beragam material, ukuran, hingga harga. Karena itu, memilih cajon yang sesuai mungkin sedikit sulit bagi seorang pemula.Jadi, kali ini kami akan memberitahukan kepada Anda cara memilih cajon yang tepat untuk pemula. Setelah itu, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk cajon seperti Pearl, MEINL Percussion, Latin Percussion, dan lainnya. Silakan simak dan pilih cajon yang sesuai dengan keinginan Anda.
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori