1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)

Pianika adalah jenis alat musik tiup yang banyak digunakan oleh siswa TK hingga SMP. Sebagai alat musik yang mudah dimainkan, pianika merupakan pilihan tepat bagi Anda yang baru mulai belajar bermain alat musik.

Nah, kali ini, kami akan membahas cara memilih merek pianika yang bagus. Beberapa rekomendasi merek pianika terbaik juga akan diulas, mulai dari Yamaha, Suzuki, dan Marvel. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Tetaplah membaca dan temukan pianika yang bagus dan awet untuk anak Anda!

Diperbaharui 12-23-2022
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pianika

Pianika memungkinkan siapa pun tidak kesulitan dalam menghasilkan melodi yang indah dan suara yang stabil. Bila dilihat sekilas, semua pianika memang tampak sama. Namun, berhati-hatilah saat memilih dan sesuaikan juga dengan kebutuhan anak Anda.

① Cek jumlah tuts pianika

Cek jumlah tuts pianika

Jumlah tuts pada pianika bervariasi dari 25 tuts sampai 44 tuts. Jumlah tuts tidak hanya berpengaruh pada besarnya badan pianika, tetapi juga suara yang dapat dihasilkannya. Namun, pianika yang paling banyak dijual di Indonesia adalah pianika dengan tuts berjumlah 32 dan 37.


  • Untuk anak SD atau pemula, pilih pianika 32 tuts. Pianika jenis ini termasuk pianika standar yang banyak dipakai. Dengan 32 tuts, lagu-lagu yang sederhana sudah bisa dimainkan. Selain itu, bobotnya juga cenderung ringan. Oleh karena itu, pianika 32 tuts sangat direkomendasikan untuk pemula atau anak-anak.

  • Untuk kelompok musik atau yang sudah ahli, pilih pianika 37 tuts. Pianika dengan 37 tuts menghadirkan rentang nada yang lebih panjang. Oleh karena itu, pianika jenis ini banyak digunakan oleh mereka yang tergabung dalam kelompok musik. Beberapa contohnya adalah grup marching band, ansambel, atau bahkan band indie.

② Pilih tipe dan kualitas suara pianika yang berkualitas

Meski terlihat mudah dimainkan, ternyata pianika hadir dengan variasi suara seperti alat musik pada umumnya. Anda dapat memilih tipe suara sesuai kebutuhan dan juga tujuan penggunaan. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kualitas suara yang dihasilkan. Jika Anda membeli pianika secara online, pastikan untuk mengulik informasinya di situs resmi atau sumber lain yang tepercaya.

Alto, sopran, atau bas: Berbagai tipe suara untuk dipilih sesuai kebutuhan

Alto, sopran, atau bas: Berbagai tipe suara untuk dipilih sesuai kebutuhan

Bila Anda membeli pianika untuk anak, pilihlah tipe pianika alto. Siswa SD dan TK umumnya menggunakan pianika alto. Pianika alto cocok digunakan untuk berbagai fungsi seperti ansambel dan iringan paduan suara karena memiliki suara mendekati suara manusia. Untuk itulah, pianika alto sangat mudah ditemukan di Indonesia.


Pada beberapa ansambel, biasanya yang dibutuhkan tidak hanya pianika alto, tetapi juga sopran dan bas. Jika pianika yang digunakan ternyata memiliki model dan merek yang berbeda-beda, suara yang dihasilkan akan terdengar kurang harmonis. Jadi, belilah pianika yang telah diinstruksikan oleh sekolah atau berkonsultasilah dengan guru musik anak Anda.

Kualitas suara: Tergantung kepada setiap merek

Kualitas suara: Tergantung kepada setiap merek

Bila Anda ragu dalam memilih, produk pianika keluaran produsen terkenal, seperti Yamaha atau Suzuki dapat menjadi pilihan. Kedua merek tersebut telah dipercaya dapat menghasilkan alat-alat musik dengan kualitas baik dan juga tahan lama. Namun, keduanya memiliki karakteristik suara yang berbeda.


Pianika merek Yamaha memiliki kualitas suara yang baik. Daya tahannya juga tepercaya sehingga Anda bisa memakainya untuk waktu yang lama. Selain itu, Anda tidak akan kesulitan mencari aksesori tambahan karena banyak yang menjualnya.


Produsen lainnya, yakni Suzuki, memproduksi pianika yang dinamakan Melodion. Tipenya bervariasi, mulai dari yang ditujukan untuk pemula hingga profesional. Jadi Anda bisa pilih yang paling Anda sukai. Selain itu, melalui website resminya, Melodion diklaim sangat awet dan dapat menghasilkan nada yang presisi.

③ Perhatikan case pianika

Jika tidak disimpan dengan baik, pianika jadi lebih mudah rusak. Karena itu, mari pilih case pianika dengan mempertimbangkan kemudahan penyimpanan dan kekokohannya!

Hard case: Kokoh dan tetap aman bila terjatuh

Hard case: Kokoh dan tetap aman bila terjatuh

Apabila anak Anda aktif dan banyak bergerak, pianika dengan hard case layak untuk dipertimbangkan. Case-nya terbuat dari plastik yang kokoh sehingga Anda tidak perlu khawatir jika pianika terjatuh. Selain itu, ada tipe hard case yang berbentuk seperti koper. Pianika akan tetap aman di dalam case dan terlindungi dari kerusakan.


Selain itu, hard case juga dapat digunakan sebagai pengganti stand musik. Jadi, Anda tak perlu repot-repot lagi membeli atau membawa stand musik tambahan. Akan tetapi, pianika jenis ini cukup berat serta memiliki ventilasi yang kurang baik. Pastikan Anda mengetahui cara merawat pianika supaya tidak menimbulkan kerusakan dan bau tak sedap karena lembap.

Soft case: Ringan dan mudah dibawa bepergian

Soft case: Ringan dan mudah dibawa bepergian

Selain enteng, soft case pianika juga tersedia dalam pilihan warna dan desain yang trendi serta menarik. Case yang terbuat dari vinil atau kain ini juga ringkas dan praktis dibawa, sama seperti membawa tas biasa.


Namun, case jenis ini kurang melindungi pianika dari potensi kerusakan akibat cara penyimpanan yang kurang baik. Jadi, Anda sebaiknya menyimpan pianika ini dengan cara yang tepat, jangan menumpuknya dengan benda-benda berat lainnya.

④ Cek kelengkapan aksesorinya

Cek kelengkapan aksesorinya

Agar dapat dimainkan dengan nyaman, pastikan Anda memeriksa kelengkapan aksesori di dalam set pianika yang dibeli. Mouthpiece adalah hal esensial dari pianika. Sayangnya bagian tersebut biasanya mudah rusak dan tidak tahan lama, terutama jika digunakan oleh anak kecil. Tergantung pada produsennya, setiap produk pianika memiliki bentuk dan ukuran mouthpiece yang berbeda.


Karena itu, pastikan bahwa pianika yang Anda beli memiliki mouthpiece yang juga dijual secara terpisah. Dengan begitu, jika mouthpiece-nya rusak, Anda bisa segera menggantinya dengan yang baru. Selain itu, sebaiknya pilih pianika dengan lap pembersih supaya Anda lebih mudah merawatnya.

⑤ Usahakan cari yang mudah dibersihkan

Usahakan cari yang mudah dibersihkan

Salah satu faktor kelanggengan alat musik adalah cara perawatannya, tak terkecuali pada pianika. Sebagai alat musik tiup, bagian dalamnya tentu menyimpan cipratan air liur si pemakai. Untuk itulah pianika perlu dibersihkan secara berkala. Salah satu caranya adalah dengan menekan tombol pembersih yang tersedia sambil meniup pianika.


Jika Anda terpaksa memilih pianika tanpa tombol pembersih, tetap bersihkan pianika secara berkala. Caranya adalah dengan mengelap permukaannya memakai kain lembut yang kering. Cuci selang dan mouthpiece-nya dengan air, lalu jemur hingga kering. Bila perlu, bersihkan bagian dalam pianika menggunakan vacuum berdaya isap ringan.

⑥ Pertimbangkan pianika yang awet dipakai jangka waktu lama

Pertimbangkan pianika yang awet dipakai jangka waktu lama

Hal lain yang mungkin ikut menjadi pertimbangan Anda adalah harga pianika. Untuk merek-merek yang sudah terkenal, harga pianika bisa dikatakan cukup mahal. Memang ada beberapa merek lain yang memiliki harga jual relatif lebih miring, tetapi mungkin kualitasnya tidak sebagus merek terkenal. Stabilitas suara, daya tahan, dan sistem penunjang lainnya mungkin kurang baik.


Apabila hendak menggunakan pianika hanya untuk waktu singkat, pilihlah produk yang lebih terjangkau. Meskipun begitu, Anda tetap perlu membaca review dari pembeli lain agar tidak menyesal. Sebaliknya, jika Anda ingin menggunakannya untuk berlatih secara serius, pilihlah produk dari merek yang menyediakan garansi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba pianika tersebut rusak.

10 Rekomendasi pianika terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pianika terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Speeds

Pianika 32 Tombol

Speeds Pianika 32 Tombol 1枚目

Tersedia 3 warna, salah satunya hitam-merah nan unik

2

Yamaha

Pianica P-32D

Yamaha Pianica P-32D 1枚目

Antikarat, suara tetap jernih selama bertahun-tahun

3

Victoria

Pianika 32 Keys

Victoria Pianika 32 Keys 1枚目

Harga murah, tetapi kualitasnya tidak murahan

4

Joyko

Pianica dengan Hardcase

Joyko Pianica dengan Hardcase 1枚目

Dipakai belajar ataupun mengiringi drumben sekolah? Bisa!

5

Altoz

Pianika 32 Nada dengan Soft Bag

Altoz Pianika 32 Nada dengan Soft Bag 1枚目

Pianika simpel yang pas untuk anak SD

6

DH Melodica

Pianika Tas Koper

DH Melodica Pianika Tas Koper 1枚目

Dilengkapi petunjuk notasi, memudahkan anak mengenal nada

7

Marvel

Pianika

Marvel Pianika 1枚目

Slotnya aman untuk menyimpan pianika, mouthpiece, dan selang

8

Yamaha

P-37D

Yamaha P-37D 1枚目

Kualitas dan intonasi nada yang pas digunakan oleh pemain profesional

9

Paladin

Pianika 37 Tuts

Paladin Pianika 37 Tuts 1枚目

Hasilkan suara maksimal berkat speaker yang menghadap atas

10

Suzuki

Alto Melodion Study 32

Suzuki Alto Melodion Study 32 1枚目

Lebih semangat latihan dengan nada yang indah

Perincian produk
Close
No.1

SpeedsPianika 32 TombolLX 049-01

Mulai dari Rp90.000,00

Tersedia 3 warna, salah satunya hitam-merah nan unik

Kelebihan:

  • Pilihan warnanya hanya tiga, tetapi ada satu varian warna hitam-merah yang unik
  • Tersedia tali panjang untuk diselempangkan di pundak

Kekurangan:

  • Hanya terlindung dengan soft case

Speeds menawarkan pianika dengan varian warna yang lebih beragam. Selain warna biru dan pink, tersedia pula warna hitam. Warna hitam cenderung cocok digunakan oleh orang dewasa yang tergabung dalam kelompok musik.


Sementara itu, untuk dipakai anak-anak, warna biru dan pink terlihat lebih cerah dan ceria. Memilih pianika dengan warna yang sesuai pastinya bisa membuat semangat untuk berlatih musik meningkat.

No.2

Antikarat, suara tetap jernih selama bertahun-tahun

Kelebihan:

  • Awet dan masih bisa digunakan sekalipun jarang dimainkan

Kekurangan:

  • Tas penyimpanan hanya tersedia soft case dengan sekat tipis untuk meletakkan selang dan mouthpiece

Berbicara tentang pianika, tentunya Anda tidak boleh melewatkan pianika pionir dari Yamaha ini. Pianika yang ringan ini dilengkapi dengan bahan antikarat pada pelat penghasil suaranya. Hal ini dapat menjaga pitch tetap jernih dan stabil selama bertahun-tahun.


Ketika Anda memainkan teknik legato ataupun staccato dengan produk ini, semua nada terdengar dengan baik. Jadi, produk ini sesuai jika Anda menginginkan pianika yang tetap bisa menghasilkan suara indah meski sudah lama dipakai.

No.3

VictoriaPianika 32 Keys

Mulai dari Rp84.500,00

Harga murah, tetapi kualitasnya tidak murahan

Kelebihan:

  • Harganya relatif terjangkau dibandingkan pianika lain di rekomendasi produk

Kekurangan:

  • Tidak ada petunjuk notasi sehingga kurang cocok dipakai oleh anak level pemula

Dari segi desain, produk ini tampak sederhana, apalagi tutsnya berjumlah 32. Pianika ini juga dijual dengan harga yang ekonomis. Walaupun harganya terjangkau, kualitas suaranya tidak boleh diremehkan.


Pianika ini juga diklaim lebih enteng saat ditiup sehingga Anda tidak perlu meniup terlalu keras. Di pihak lain, produk ini hadir dengan tas jinjing yang ringan. Hal ini memungkinkan Anda untuk membawa pianika ke mana saja dengan nyaman.

No.4

JoykoPianica dengan Hardcase

Mulai dari Rp183.300,00

Dipakai belajar ataupun mengiringi drumben sekolah? Bisa!

Kelebihan:

  • Terdapat karet tempat penyimpanan selang
  • Speaker terletak di atas sehingga suara lebih nyaring

Kekurangan:

  • Sekilas, cetakan nada di bagian tuts cenderung tidak terlihat

Jika Anda mencarikan pianika yang bisa dipakai belajar musik sekaligus dipakai saat drumben, pianika Joyko ini bisa dicoba. Memiliki 32 buah tuts, anak dapat belajar musik dengan lebih mudah. Ukurannya terbilang ringkas untuk dipegang anak sambil berbaris saat drumben. Speaker-nya juga terletak di bagian atas sehingga terdengar lebih kencang dan cocok dimainkan bersama grup musiknya.

No.5

AltozPianika 32 Nada dengan Soft Bag

Mulai dari Rp100.000,00

Pianika simpel yang pas untuk anak SD

Kelebihan:

  • Cocok untuk anak SD yang sedang belajar alat musik dengan nada sederhana

Kekurangan:

  • Hanya dilengkapi soft case dan juga tidak dilengkapi dengan tombol pembersih

Anda sedang mencarikan pianika untuk mendukung pelajaran musik si kecil di sekolah? Pianika Altoz yang satu ini bisa dipertimbangkan. Jumlah tutsnya 32 buah sehingga cocok untuk anak yang sedang belajar musik karena bisa memainkan beberapa notasi sederhana.


Beberapa seller memang menuliskan bahwa pianika ini lebih lebar. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini justru akan membuat anak-anak lebih leluasa ketika menekan tuts pianika. Di pihak lain, ukuran yang lebih lebar juga diklaim bisa membuat tiupan lebih ringan.

No.6

DH MelodicaPianika Tas Koper

Mulai dari Rp134.999,00

Dilengkapi petunjuk notasi, memudahkan anak mengenal nada

Kelebihan:

  • Terdapat petunjuk notasi yang di-embos di tuts
  • Terdapat petunjuk khusus nada dasar C atau notasi DO yang dapat memudahkan pemain pemula

Kekurangan:

  • Adanya petunjuk notasi membuat pianika ini kurang pas dipakai oleh pemain profesional

Apabila anak Anda belum mengenal nada, DH Melodica dapat menjadi pilihan tepat. Pianika ini dilengkapi dengan huruf timbul sehingga buah hati Anda akan mengetahui nada pada setiap tutsnya dengan mudah. Selain itu, di notasi DO, ada petunjuk khusus yang makin mempermudah anak-anak mengenal nada. Si kecil bisa lebih percaya diri deh karena mampu memainkan musik dengan nada yang tepat.

No.7

Slotnya aman untuk menyimpan pianika, mouthpiece, dan selang

Kelebihan:

  • Hard case dilengkapi slot sehingga selang dan mouthpiece jadi lebih aman (tidak akan tertekan) saat dijinjing

Kekurangan:

  • Anda memerlukan waktu lebih untuk memasukkan selang dan mouthpiece ke dalam slot

Tentunya Anda tidak ingin pianika yang dibeli cepat rusak, bukan? Kalau begitu, Anda sebaiknya mempertimbangkan Pianika Marvel yang sudah dilengkapi hard case ini. Tak hanya pianikanya yang terlindungi, slot khusus untuk selang dan mouthpiece pun membuatnya lebih aman dari guncangan. Jadi, sekalipun ditenteng ke mana-mana, selang tidak mudah rusak akibat kemungkinan tertekan pianika.

No.8

Kualitas dan intonasi nada yang pas digunakan oleh pemain profesional

Kelebihan:

  • Tuts responsif dan halus ketika ditekan
  • Dilengkapi segel karet yang kuat untuk mencegah kebocoran udara
  • Lapisan pelat didesain tahan korosi sehingga nada tetap jernih hingga bertahun-tahun

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu warna
  • Perlu diperhatikan oleh orang dengan alergi lateks karena terdapat segel karet di dalam badan instrumen

Jika Anda mencari pianika dengan kualitas tone dan material yang high-end, produk ini dapat menjadi pilihan tepat. Anda akan mendapatkan artikulasi serta intonasi yang cepat dan bagus menggunakan pianika ini, bahkan dengan sedikit udara sekalipun.


Selain hasil suara yang merdu dan clear, volumenya membuat pianika ini layak untuk dimainkan di ruangan mana pun. Produk ini sesuai bagi Anda yang membeli pianika dengan tujuan bermain solo atau pertunjukan musik di panggung. Jumlah tutsnya sebanyak 37 tuts menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang senang melakukan improvisasi.

No.9

PaladinPianika 37 Tuts

Mulai dari Rp165.000,00

Hasilkan suara maksimal berkat speaker yang menghadap atas

Kelebihan:

  • Suaranya diklaim kencang

Kekurangan:

  • Tuts agak keras ketika ditekan sehingga harus ditiup agak kencang

Pianika ini cocok untuk Anda yang mengikuti kelompok marching band. Pasalnya, pianika Paladin memiliki speaker suara yang menghadap atas. Alhasil, suara yang dihasilkan akan lebih maksimal meski Anda sedang bermain di area terbuka.


Selain itu, pianika ini juga sudah memiliki perangkat komplet yang pasti Anda butuhkan. Dibalut tas kopernya yang keren, Anda pun siap membawa pianika ini bersenang-senang!

No.10

SuzukiAlto Melodion Study 32

Mulai dari Rp333.000,00

Lebih semangat latihan dengan nada yang indah

Kelebihan:

  • Tersedia dua ukuran mouthpiece yang bisa dipilih sesuai penggunanya
  • Tersedia dalam empat pilihan warna menarik dan klasik
  • Dilengkapi hard case sehingga lebih aman dari benturan

Kekurangan:

  • Bobotnya 750 gram sehingga cukup berat bila dibawa anak kecil, khususnya TK

Suzuki Melodion Study 32 kerap dijadikan pilihan untuk edukasi musik pada anak. Berkat case dan badan yang terbuat dari ABS plastik, pianika ini kokoh sehingga tak mudah rusak bila terbentur. Produk ini juga diklaim mudah untuk menghasilkan suara yang indah, bahkan saat dimainkan oleh anak-anak.


Dengan 32 tuts, anak Anda akan mendapatkan kualitas bunyi yang baik serta kenyamanan ketika memainkannya. Dengan demikian, anak Anda akan lebih termotivasi dalam berlatih.

Pianika juga bisa menjadi hobi yang menarik untuk orang dewasa

Pianika juga bisa menjadi hobi yang menarik untuk orang dewasa

Sebagai alat musik pengenal yang umumnya dipakai siswa TK hingga SMP, image kenakak-kanakan pada pianika memang sudah melekat. Namun, sebenarnya pianika tidak memandang usia dan dapat digunakan oleh siapa saja. Bahkan, ada beberapa musisi yang memainkan pianika sebagai pelengkap aksi mereka di panggung, lho! Jadi, tidak perlu ragu menjadikan pianika sebagai hobi baru Anda.


Untuk orang dewasa, kami merekomendasikan pianika yang rentang nadanya lebih lengkap sehingga bisa memainkan musik yang lebih kompleks. Selain itu, mungkin Anda juga bisa mencari pianika dengan desain yang lebih netral.

Tips dari produser musik kami, Satrio Arwanto

Tips dari produser musik kami, Satrio Arwanto

Pilihlah pianika dengan tuning yang baik. Jika Anda datang ke toko musik, cobalah memainkan pianika. Caranya cukup dengan menekan satu nada A pada pianika dan piano/keyboard. Pilihlah pianika yang nada A-nya sama dengan piano/keyboard. Selain itu, pilihlah pianika dengan bahan yang aman dan memiliki sertifikasi. Hal ini demi kesehatan Anda. Pastikan juga selangnya tidak bocor.

Pertanyaan umum seputar pianika

Pertanyaan umum seputar pianika

Setelah menyimak ulasan di atas, mungkin Anda masih memiliki beberapa pertanyaan tentang pianika. Berikut ini jawaban ringkas yang bisa membantu Anda untuk memutuskan membeli pianika.

Pianika berasal dari negara mana?

Pianika yang ada saat ini diciptakan oleh Hohner, perusahaan alat musik asal Jerman. Perusahaan tersebut didirikan oleh Matthias Hohner.

Bagaimana cara memainkan alat musik pianika?

Pianika adalah alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditiup pada bagian selangnya dan ditekan tutsnya. Ketika selang pianika ditiup akan keluar getaran udara yang beresonansi dengan dinding di dalam pianika. Resonansi inilah yang membuat pianika bisa mengeluarkan nada-nada yang indah.

Apa fungsi pianika dalam permainan musik?

Karena termasuk alat musik melodis, pianika memegang peranan penting dalam sebuah permainan musik. Pianika dapat memainkan melodi pokok ataupun kontra melodi yaitu iringan melodi dalam sebuah musik. Dengan adanya pianika, rangkaian alat musik makin lengkap dan indah didengar.

Baca juga rekomendasi produk alat musik lainnya di sini

Bila ingin menantang diri Anda lebih jauh, kami menyarankan Anda mencoba instrumen musik lainnya. Kami memiliki berbagai rekomendasi alat musik yang cocok juga untuk dimainkan bersama pianika. Simak selengkapnya di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Dari produk-produk pianika yang telah kami rekomendasikan di atas, manakah yang menjadi favorit Anda? Agar makin yakin, Anda juga bisa melihat review pianika pilihan Anda di internet. Ada juga review yang berbentuk video sehingga Anda bisa mendengar suara yang dihasilkan pianika tersebut.


Seiring mahirnya Anda, bermain alat musik akan menjadi makin menyenangkan. Jadi, jangan lupa terus berlatih, ya. Semoga Anda bisa menemukan pianika yang paling tepat. Semoga berhasil!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer