1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Peralatan kebersihan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2023)

Bagi Anda yang tinggal sendiri, memiliki vacuum cleaner akan memudahkan hidup. Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan debu dan kotoran pada kain, seperti karpet dan selimut, hingga celah pada furnitur. Karena jenis vacuum cleaner untuk Anda yang tinggal sendiri cukup beragam, mungkin Anda akan kebingungan saat memilihnya.


Pada kesempatan ini, kami akan memperkenalkan cara memilih vacuum cleaner yang cocok untuk Anda yang tinggal sendiri. Tak lupa, rekomendasi produk dari merek ternama seperti Samsung, Philips, IDEALIFE, dan Panasonic juga akan kami berikan. Jadi, simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 08-16-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih vacuum cleaner untuk Anda yang tinggal sendiri

Dari berbagai jenis vacuum cleaner, produk seperti apa yang ideal untuk Anda yang tinggal sendiri? Kami akan mengulas tips memilih vacuum cleaner yang baik terlebih dahulu. Berikut penjelasannya!

① Pilih tipe yang sesuai dengan kebiasaan bersih-bersih Anda

Setiap vacuum cleaner memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan mengulas tiga tipe vacuum cleaner yaitu tipe stick, canister, dan handheld. Pilihlah produk yang sesuai dengan gaya hidup dan frekuensi bersih-bersih Anda.

Tipe stick: Mudah dipakai untuk pembersihan yang cepat dan ringkas

Tipe stick: Mudah dipakai untuk pembersihan yang cepat dan ringkas

Vacuum cleaner tipe stick direkomendasikan untuk Anda yang suka bersih-bersih secara singkat setiap saat. Tipe ini juga dikenal dengan sebutan tipe stand atau upright. Kelebihan vacuum cleaner tipe ini yaitu bisa diletakkan secara vertikal sehingga tidak memakai banyak tempat. Jika Anda tidak memiliki banyak space untuk menyimpannya, Anda bisa meletakkan vacuum cleaner tersebut di pojok ruangan.


Sayangnya, tipe ini cenderung memiliki daya isap yang lemah dibandingkan vacuum cleaner tipe lain. Meski begitu, akhir-akhir ini sudah banyak vacuum cleaner tipe stick yang memiliki daya isap kuat. Namun, harganya juga akan makin tinggi tergantung kekuatan daya isapnya.

Tipe handheld: Mudah untuk membersihkan area tertentu

Tipe handheld: Mudah untuk membersihkan area tertentu

Tipe handheld ideal untuk Anda yang mencari vacuum cleaner yang lebih ringan dari tipe stick. Saat Anda melihat debu dan kotoran di rak, Anda bisa langsung membersihkannya dengan segera. Beberapa produk bahkan bisa digunakan seperti tipe stick dengan memasang gagang tambahan. Dengan begitu, Anda bisa memakainya dalam dua tipe. Ini sangat ideal untuk Anda yang tinggal sendiri.


Akan tetapi, karena bentuknya yang kecil dan sederhana, tipe ini kurang disarankan untuk membersihkan rumah secara keseluruhan. Anda bisa membersihkan lantai menggunakan sapu dan memakai vacuum cleaner untuk membersihkan area tertentu saja. Jika Anda memiliki mobil, handheld vacuum cleaner juga sangat berguna untuk membersihkan bagian dalam mobil Anda.

Tipe canister: Memiliki daya isap kuat, ideal untuk Anda yang bersih-bersih seminggu sekali

Tipe canister: Memiliki daya isap kuat, ideal untuk Anda yang bersih-bersih seminggu sekali

Bagi Anda yang sibuk dan hanya bisa bersih-bersih di akhir pekan saja, tipe canister adalah opsi yang tepat. Berkat daya isapnya yang kuat, alat ini akan membersihkan debu yang telah menumpuk berhari-hari hingga tuntas. Meski vacuum cleaner tipe stick mulai populer, tipe canister masih lebih unggul dalam hal kekuatan daya isap.


Tipe ini juga sering digunakan untuk membersihkan karpet atau permadani karena dapat mengisap debu halus yang tak kasatmata. Tipe canister juga direkomendasikan untuk Anda yang memiliki hewan peliharan. Sayangnya, dibandingkan tipe stick, penyimpanan vacuum cleaner tipe canister agak merepotkan. Karenanya, pertimbangkanlah space penyimpanan yang Anda miiliki dan pilih produk yang paling sesuai.

② Lebih mudah bergerak dengan vacuum cleaner cordless (nirkabel)

Lebih mudah bergerak dengan vacuum cleaner cordless (nirkabel)

Vacuum cleaner yang umum dijual di pasaran tersedia dalam dua tipe, yaitu tipe kabel dan nirkabel (cordless). Bagi Anda yang tinggal sendiri di indekos atau apartemen tipe studio, vacuum cleaner tipe cordless lebih direkomendasikan. Karena tanpa kabel, Anda bisa lebih leluasa bergerak tanpa khawatir ada kabel-kabel yang mengganggu.


Umumnya, tipe cordless bisa digunakan selama 20–30 menit tanpa henti. Namun, ada juga produk yang harus diisi daya selama lima jam dan hanya bisa bekerja selama sepuluh menit saja. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa dengan teliti terkait durasi pemakaian dari produk yang akan dibeli.


Jika baterai vacuum cleaner tipe cordless habis, pengisiannya bisa memakan waktu berjam-jam. Apabila Anda memiliki banyak ruangan dan memerlukan lebih banyak waktu untuk bersih-bersih, produk dengan kabel tetap lebih baik.

③ Perhatikan tipe wadah penampungan debunya


Saat memilih vacuum cleaner, perhatikan juga tipe wadah penampungan debunya. Tersedia dua tipe penampungan debu, yaitu paper-pack (paper bag) dan cyclone. Kedua tipe ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Pilihlah yang menurut Anda paling sesuai dengan kebiasaan Anda.


Tipe paper-pack mampu menampung kotoran dalam kemasan kertas sehingga Anda tidak perlu membuang kotoran setiap selesai pemakaian. Namun, kemampuan daya isapnya akan menurun dan mengeluarkan aroma tak sedap jika debu di dalamnya sudah menumpuk. Selain itu, biaya operasionalnya juga lebih tinggi karena kertas penampungan harus dibuang dan diganti setelah terisi penuh.


Di sisi lain, wadah penampungan tipe cyclone cenderung lebih bersih dengan daya isap yang lebih stabil. Akan tetapi, Anda memerlukan waktu dan tenaga ekstra karena wadahnya harus selalu dibersihkan secara berkala.


Jika Anda sangat memperhatikan tentang kebersihan udara dan tak keberatan dengan pembersihan berkala, tipe cyclone paling direkomendasikan. Sebaliknya, kami merekomendasikan tipe paper-pack untuk Anda yang ingin praktis dan bersedia mengeluarkan biaya lebih.

④ Periksa tingkat kenyaringan suara yang dihasilkannya

Periksa tingkat kenyaringan suara yang dihasilkannya

Anda yang tinggal sendiri biasanya memilih indekos atau apartemen sebagai tempat tinggal. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan tingkat kenyaringan (desibel) dari vacuum cleaner agar tidak mengganggu penghuni lainnya. Jika Anda sering bersih-bersih di pagi hari atau saat larut malam, sebaiknya pilih produk yang tidak terlalu berisik.


Saat ini, terdapat beberapa produk yang mendukung mode diam, mode hemat daya, hingga mode pengurangan volume suara. Jika tempat tinggal Anda tidak kedap suara, belilah produk yang memiliki beberapa pilihan mode yang disebutkan tadi.

⑤ Pertimbangkan pula bobot vacuum cleaner dan kemudahan penyimpanannya

Pertimbangkan pula bobot vacuum cleaner dan kemudahan penyimpanannya

Ketika tinggal sendiri, kita hanya bisa mengandalkan diri sendiri dalam segala hal, termasuk saat membersihkan rumah. Karenanya, disarankan untuk memilih vacuum cleaner dengan bobot yang ringan agar Anda tak mudah lelah saat bersih-bersih. Hal ini juga akan memudahkan Anda saat harus membersihkan tempat-tempat tertentu seperti bagian atas lemari, langit-langit rumah, dan lain-lain.


Selain itu, biasanya orang yang tinggal sendiri memilih hunian yang tidak terlalu besar. Tentu saja hal ini membuat Anda harus ekstra cermat saat memilih perlengkapan rumah tangga yang akan dibeli. Sebagai contoh, belilah vacuum cleaner yang bisa digantung di dinding rumah atau yang berukuran kecil dan mudah disimpan. Dengan begitu, tempat tinggal Anda akan terasa lapang dan terlihat rapi.

10 Rekomendasi vacuum cleaner terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vacuum cleaner terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Philips

SpeedPro Cordless Stick Vacuum Cleaner

Philips SpeedPro Cordless Stick Vacuum Cleaner 1枚目

Membersihkan kotoran hingga 98% dalam sekali tarikan

2

Samsung

POWERStick Vacuum with Cyclone Force

Samsung POWERStick Vacuum with Cyclone Force 1枚目

Membersihkan wadah penampungan jadi lebih mudah berkat teknologi EZClean

3

Panasonic

Vacuum cleaner

Panasonic Vacuum cleaner 1枚目

Hemat listrik, tidak membuat tagihan membengkak

4

BLACK+DECKER

Dustbuster Vacuum Cleaner

BLACK+DECKER Dustbuster Vacuum Cleaner 1枚目

Mudah disimpan dan harganya ekonomis

5

IDEALIFE

Dust UV Mite Vacuum Cleaner

IDEALIFE Dust UV Mite Vacuum Cleaner 1枚目

Dilengkapi UV Light Function, efektif untuk membasmi tungau dan bakteri

6

UMEDA

Turbo Cyclone Technology Vacuum Cleaner

UMEDA Turbo Cyclone Technology Vacuum Cleaner 1枚目

Lebih aman, produk akan mati secara otomatis saat overheating

7

Xiaomi

Deerma 2-In-1 Handheld Vacuum Cleaner

Xiaomi Deerma 2-In-1 Handheld Vacuum Cleaner 1枚目

Pegangan ergonomis yang nyaman dan mudah dioperasikan

8

CIJI

Penyedot Debu

CIJI Penyedot Debu 1枚目

Praktis, dapat bekerja sendiri dan bisa digunakan untuk mengepel

9

Kurumi

Cordless Stick Vacuum Cleaner

Kurumi Cordless Stick Vacuum Cleaner 1枚目

Dilengkapi lampu LED, debu terlihat lebih jelas saat membersihkan di tempat gelap

10

Baseus

Desktop Capsule Vacuum Cleaner

Baseus Desktop Capsule Vacuum Cleaner 1枚目

Berukuran mini, mudah dibawa ke mana pun Anda pergi

Perincian produk
Close
No.1

PhilipsSpeedPro Cordless Stick Vacuum CleanerFC6723/01

Mulai dari Rp4.499.000,00

Membersihkan kotoran hingga 98% dalam sekali tarikan

Beberapa dari Anda mungkin tinggal sendiri di apartemen yang luas atau rumah pribadi. Jika demikian, produk satu ini sangat ideal untuk Anda. Philips SpeedPro ini dilengkapi dengan nozel hisap 180° yang mampu membersihkan kotoran di sudut-sudut yang sulit dijangkau. Bahkan, ia juga mampu membersihkan hingga 98% kotoran dan debu dalam sekali tarikan.


Kelebihan lainnya, fitur Power Cyclone 7 yang dimilikinya mampu mempertahankan kinerja yang kuat dan lebih lama. Ada juga Power Blade yang dirancang untuk kecepatan udara tinggi, filter yang dapat dicuci, dan wadah penampungan yang mudah dibersihkan. Meski harganya cukup tinggi, Anda tak akan menyesal telah membelinya.

No.2

SamsungPOWERStick Vacuum with Cyclone ForceVS6000

Mulai dari Rp2.700.000,00

Membersihkan wadah penampungan jadi lebih mudah berkat teknologi EZClean

Membersihkan wadah penampungan debu pada vacuum cleaner memang agak merepotkan. Bahkan, seringkali debu kotor tersebut justru mengenai tangan atau pakaian kita saat sedang dibersihkan. Jika Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, gunakanlah vacuum cleaner Samsung VS6000 POWERStick.


Teknologi EZClean yang dimilikinya memungkinkan Anda untuk membuang kotoran yang tertampung di wadah penampungan secara mudah. Anda hanya perlu menarik tuasnya, EZClean Brush pun akan keluar dan debu di dalamnya mudah dibersihkan tanpa tercecer ke mana-mana. Alat ini juga memiliki daya isap yang diklaim tiga kali lebih kuat dibandingkan vacuum cleaner konvensional.

No.3

PanasonicVacuum cleanerMC-CG300

Mulai dari Rp1.090.000,00

Hemat listrik, tidak membuat tagihan membengkak

Untuk Anda yang khawatir tagihan listrik membengkak saat menggunakan vacuum cleaner, pilihlah produk dari Panasonic ini. Vacuum cleaner MC-CG300 diklain hemat listrik karena hanya memerlukan maksimal input power sebesar 850 W dan suction power sebesar 250 W.


Alat ini juga memiliki fitur blower sehingga Anda bisa membersihkan debu dari sudut-sudut yang sulit dijangkau. Tak hanya itu, Anda juga akan lebih mudah merapikan alat sesudah dipakai berkat tombol penggulung kabel otomatis yang dimilikinya.

No.4

BLACK+DECKERDustbuster Vacuum CleanerNVB115JM-B1

Mulai dari Rp356.000,00

Mudah disimpan dan harganya ekonomis

Hunian berukuran kecil terkadang menjadi kendala saat ingin membeli peralatan rumah tangga. Alasannya tentu saja karena Anda bingung hendak menyimpan perkakas di sebelah mana. Namun, jika Anda membeli vacuum cleaner ini, Anda bisa menyimpan dengan mudah karena ukurannya compact.


Vacuum cleaner BLACK+DECKER memiliki wadah penampungan debu transparan. Anda bisa melihat dengan jelas saat debu sudah penuh dan harus dibersihkan. Menariknya lagi, produk ini harganya cukup ekonomis sehingga tidak akan menguras kantong Anda.

No.5

IDEALIFEDust UV Mite Vacuum CleanerIL-132

Mulai dari Rp715.000,00

Dilengkapi UV Light Function, efektif untuk membasmi tungau dan bakteri

Tak hanya membersihkan debu, alat ini hadir dengan fungsi UV light yang ampuh membasmi tungau dan bakteri. Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, memiliki IDEALIFE IL-132 ini adalah opsi yang tepat. Fitur direct suction pada alat ini akan membuat tungau tersedot dengan sangat cepat.


Selain itu, vibrating tip-nya juga membuat bulu hewan kesayangan tak mudah terbelit saat dibersihkan. Alat ini juga dilengkapi HEPA filter untuk menyaring debu, abu rokok, bulu hewan, dan partikel lain di dalam udara.

No.6

UMEDATurbo Cyclone Technology Vacuum CleanerDX208E

Mulai dari Rp1.299.000,00

Lebih aman, produk akan mati secara otomatis saat overheating

Apabila digunakan terlalu lama, mesin vacuum cleaner akan mengalami overheating yang berpotensi merusak produk tersebut. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, pilihlah produk yang dilengkapi fitur pengaman seperti produk dari UMEDA ini.


Fitur auto shutdown overheating protection yang disematkan pada alat ini akan mematikan mesin secara otomatis saat mengalami overheating. Dengan begitu, Anda tak lagi khawatir penyedot debu Anda mudah rusak karena kepanasan. Produk ini juga dilengkapi tiga nozel yaitu flat suction, round brush, dan floor vacuum head untuk berbagai kebutuhan Anda.

No.7

XiaomiDeerma 2-In-1 Handheld Vacuum CleanerDX700

Mulai dari Rp600.000,00

Pegangan ergonomis yang nyaman dan mudah dioperasikan

Xiaomi Deerma DX700 mampu membersihkan seluruh bagian rumah dengan sempurna. Hal ini berkat pegangannya yang didesain ergonomis sehingga nyaman digenggam dan mudah dioperasikan. Anda bisa memakainya dalam mode genggam (handheld) ataupun vertikal (stick) sesuai dengan tempat yang akan dibersihkan. 


Vacuum cleaner ini juga dilengkapi pengait untuk melilitkan kabel agar terlihat rapi saat disimpan. Bagi Anda yang mencari vacuum cleaner dengan dua mode pemakaian, jatuhkanlah pilihan pada produk ini.

No.8

Praktis, dapat bekerja sendiri dan bisa digunakan untuk mengepel

Bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk bersih-bersih, pilihlah vacuum cleaner robot seperti penyedot debu CIJI. Setelah dinyalakan, alat ini akan secara otomatis membersihkan debu sekaligus mengepel lantai rumah, apartemen, ataupun indekos Anda. Karena desibelnya kecil, alat ini juga aman dipakai di malam hari dan tak akan mengganggu tetangga Anda.

No.9

KurumiCordless Stick Vacuum CleanerKV 05

Mulai dari Rp1.575.000,00

Dilengkapi lampu LED, debu terlihat lebih jelas saat membersihkan di tempat gelap

Saat membersihkan tempat gelap seperti bagian bawah kasur atau sofa, Anda mungkin agak kesulitan untuk melihat debunya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Kurumi KV 05 bisa dijadikan sebagai solusi. Lampu LED di bagian nozelnya akan membantu Anda melihat debu lebih jelas saat membersihkan tempat yang gelap. 


Fitur tersebut membuat vacuum cleaner ini sangat cocok untuk Anda yang memakai ranjang tipe divan bed atau jenis lain yang memiliki kolong. Alat ini juga dilengkapi brush dengan dua tipe bulu berbeda yang dikhususkan untuk lantai keramik dan karpet.

No.10

BaseusDesktop Capsule Vacuum CleanerC2

Mulai dari Rp398.000,00

Berukuran mini, mudah dibawa ke mana pun Anda pergi

Dengan ukuran 110 mm x 60 mm x 60 mm, Anda bisa membawa alat ini ke mana-mana. Meski ukurannya mini, produk ini bisa membersihkan keyboard laptop, peralatan sekolah atau kantor, hingga meja belajar serta rak buku.


Baseus C2 ini pasti akan berguna untuk Anda yang sangat teliti terhadap kebersihan. Produk ini tersedia dalam empat pilihan warna yaitu hitam, pink, putih, dan hijau. Anda bebas memilih warna mana pun yang Anda sukai.

Baca juga rekomendasi vacuum cleaner lainnya di sini

Selain vacuum cleaner untuk Anda yang tinggal sendiri, kami juga memiliki artikel rekomendasi tentang beragam jenis vacuum cleaner. Rekomendasi ini kami bagi berdasarkan tipe dan jenis vacuum cleaner. Jika Anda penasaran serta ingin mengetahui produk-produk rekomendasi kami, silakan klik dan baca tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kali ini, kami telah memperkenalkan cara memilih dan merekomendasikan vacuum cleaner untuk Anda yang tinggal sendiri. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai?


Saat sibuk berkegiatan, kadang kita malas untuk bersih-bersih rumah. Namun, jika Anda memiliki vacuum cleaner yang ringan dan mudah digunakan, membersihkan rumah menjadi lebih menyenangkan. Meski tinggal sendiri, Anda pun tidak akan capek bersih-bersih. Rumah nyaman, hati pun senang.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer