mybest
Perawatan jerawat

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024)

Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan dan dapat menurunkan kepercayaan diri Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat penghilang bekas jerawat agar kulit wajah kembali bersih. Saat ini sudah tersedia banyak skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus dan efektif.


Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih cream penghilang bekas jerawat terbaik. Simaklah juga tips menghilangkan bekas jerawat dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Temukan berbagai rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Lacoco, COSRX, NPure, Wardah, dan Somethinc. Selamat membaca!

Diperbaharui 14/07/2023
dr. Indah Maharani, SpKK
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani, SpKK

dr. Margaretha Indah Maharani, SpKK, FINSDV, FAADV merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman di bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor dan bedah kulit, serta dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center dan RS Premier Jatinegara. Dokter Rani juga menjadi owner dan menjadi salah satu dokter aktif di klinik Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani juga merupakan founder dari komunitas olahraga Derm Runners dan Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Indah Maharani, SpKK
Lanjut membaca
Reni Suhapsari
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Reni Suhapsari

Reni Suhapsari adalah lulusan Universitas Gadjah Mada jurusan ilmu komunikasi. Semasa kuliah, Reni pernah bekerja paruh waktu sebagai research assistant di fakultasnya. Ia juga magang sebagai reporter di radio dan televisi. Setelah lulus, penyuka fotografi ini bekerja sebagai video journalist dan news anchor di sebuah televisi lokal. Setelah memutuskan resign karena harus pindah ke Jepang bersama suaminya, kini Reni fokus dengan hal-hal baru. Reni yang memang hobi menulis saat ini menjadi content writer di mybest Indonesia. Fashion and skincare enthusiast ini suka menulis tentang produk perawatan tubuh dan kecantikan. Baru-baru ini, ia juga terlibat dalam pembuatan konten Youtube mybest Indonesia.

Profil Reni Suhapsari
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Kenali jenis bekas jerawat Anda

Kenali jenis bekas jerawat Anda

Kebanyakan bekas jerawat hilang begitu saja setelah beberapa waktu, tetapi ada juga yang meninggalkan noda pada wajah. Jenis bekas jerawat yang sering ditemui adalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi sendiri merupakan perubahan warna kulit yang dapat terjadi karena peradangan.


Hiperpigmentasi seperti bekas jerawat hitam di area pipi bisa menghilang dalam waktu 3 bulan hingga 2 tahun. Untuk membantu mengatasi hiperpigmentasi, Anda bisa menggunakan krim. Perawatan kulit dengan krim penghilang noda akan mempercepat proses hilangnya hiperpigmentasi.


Selain hiperpigmentasi, jenis bekas jerawat lainnya yang biasa ditemui adalah ice pick scar, boxed scar, dan rolling scar. Jenis bekas jerawat ini tidak dapat ditangani dengan pemberian krim saja. Dibutuhkan beberapa perawatan seperti laser, punch excision, punch elevation, dan dermal filler untuk menghilangkan jenis bekas jerawat tersebut.

dr. Indah Maharani, SpKK
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani, SpKK

Bentuk bekas jerawat bisa beraneka macam, baik berupa skar maupun jaringan parut. Ada yang berbentuk hipotrofi (mencekung), eutrofi (datar rata kulit), ataupun hipertrofi (menonjol). Skar atau jaringan parut pada prinsipnya tidak sama dengan kulit normal akibat konsistensi kulit yang berubah.


Karena itu, skar memiliki tampilan yang tidak sama seperti area kulit normal di sekitarnya. Untuk mengatasinya, diperlukan terapi medis oleh tenaga medis atau dokter spesialis kulit dan kelamin yang ahli di bidang ini.


Bekas jerawat yang lain bisa berupa warna kemerahan yang menetap dalam jangka waktu cukup lama. Tipe ini sering dikenal dengan istilah post-acne erythema (PAE). Masalah kulit ini juga biasanya bisa diatasi melalui tindakan perawatan oleh tenaga medis yang kompeten.


Bekas jerawat yang lain adalah bercak warna kecokelatan atau kehitaman tanpa adanya kelainan struktur kulit. Hal ini umum dikenal dengan istilah hiperpigmentasi. Penggunaan krim yang sesuai dapat membantu mengurangi masalah ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih krim penghilang bekas jerawat

Agar mendapatkan krim yang tepat, setidaknya ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli produk. Simak tipsnya dan pilih krim penghilang bekas jerawat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1

Pilih bahan aktif yang efektif menghilangkan bekas jerawat

Pilih bahan aktif yang efektif menghilangkan bekas jerawat

Saat memilih krim yang diklaim dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat, perhatikanlah kandungan bahan aktifnya.


  • Retinol atau retinoid adalah bahan aktif yang dapat mencerahkan bekas jerawat serta memberikan efek eksfoliasi. Retinol juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit.

  • Bahan lain yang juga efektif menghilangkan noda adalah vitamin C, glycolic acid, niacinamide, dan azelaic acid. Bahan-bahan ini dapat membantu mengurangi produksi melanin serta berperan sebagai anti-inflamasi.

  • Ada juga salicylic acid yang memberikan efek eksfoliasi ringan untuk mengangkat sel kulit mati. Salicylic acid juga dapat mencegah jerawat membandel muncul kembali. Jika Anda memiliki kulit berjerawat, sebaiknya pilih krim yang mengandung bahan aktif ini, ya.
dr. Indah Maharani, SpKK
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani, SpKK

Tindakan medis seperti terapi laser, intense pulsed light (IPL), dan lainnya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Selain terapi tersebut, Anda juga bisa menggunakan bahan aktif untuk menghilangkan hiperpigmentasi. Bahan aktif ini dapat memperbaiki regenerasi sel kulit dan mengurangi pigmentasi.


Bahan aktif golongan beta hydroxy acid (BHA) merupakan pilihan yang baik untuk mengatasi masalah kulit berjerawat dan bekasnya. Kandungan yang termasuk dalam golongan BHA adalah salicylic acid atau asam salisilat.


Asam salisilat memiliki efek exfoliating yang berfungsi mengangkat lapisan sel kulit mati sehingga membantu memperbaiki regenerasi sel kulit. Dengan demikian, deposit pigmen yang menyebabkan masalah kulit hiperpigmentasi dapat lebih cepat teratasi. Selain itu, asam salisilat memiliki sifat anti-inflamasi, dapat mengurangi produksi sebum, dan antibakteri yang sesuai dengan kebutuhan kulit berjerawat.


Skincare dengan kandungan azelaic acid juga dapat menjadi pilihan bagi acne fighters yang kulitnya cenderung mengalami hiperpigmentasi. Selain memiliki efek anti-inflamasi untuk mengatasi jerawat, kandungan ini juga memiliki sifat anti-tyrosinase sehingga dapat menghambat pembentukan pigmen. Azelaic acid juga memiliki efek exfoliating ringan.


Selain itu, bahan aktif niacinamide juga mampu membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi karena sifatnya dapat menstabilkan aktivitas melanosome. Ditambah lagi, niacinamide memiliki sifat melembapkan dan membuat pori menjadi lebih samar.

2

Pastikan kandungan pelembap di dalam krim

Pastikan kandungan pelembap di dalam krim

Area di sekitar kulit yang berjerawat sering kali mengering hingga membuat kulit terlihat kasar. Sebaiknya jangan kelupas kulit kering tersebut karena justru akan menyebabkan iritasi. Hal yang bisa dilakukan adalah mengoleskan pelembap agar regenerasi kulit berjalan dengan cepat.


Untuk itu, kami merekomendasikan krim penghilang noda yang mengandung pelembap. Bahan-bahan seperti Aloe vera dan madu dapat memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit. Selain itu, bahan ini juga dapat mengurangi iritasi jerawat sehingga kulit tidak menjadi kemerahan.

dr. Indah Maharani, SpKK
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani, SpKK

Bahan aktif yang memiliki efek exfoliating dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kulit terasa kering. Kombinasi produk yang mengandung pelembap akan membantu mengurangi risiko kulit kering dan iritasi.


Niacinamide juga dapat menjadi salah satu pilihan bahan aktif yang berfungsi sebagai pelembap. Kandungan ini dapat meningkatkan sintesis ceramide yang berperan sebagai pelembap kulit sekaligus berperan untuk mengurangi hiperpigmentasi.

3

Gunakan produk berukuran kemasan kecil pada penggunaan pertama

Gunakan produk berukuran kemasan kecil pada penggunaan pertama

Ada begitu banyak merek krim penghilang bekas jerawat yang tersedia di pasaran. Bila belum yakin dengan pilihan Anda, kami sarankan untuk memilih produk berukuran kecil terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat menilai keefektifan produk sebelum memutuskan untuk membeli ukuran normalnya.


Selain harganya lebih terjangkau, produk berukuran kecil juga praktis dibawa bepergian dan tidak memakan banyak tempat. Produk berukuran kecil akan menjadi pilihan terbaik untuk mengetahui kecocokan produk dengan kulit. Silakan pilih merek favorit Anda dan gunakan produk berukuran kecil terlebih dahulu.

dr. Indah Maharani, SpKK
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani, SpKK

Berbagai bahan aktif dapat memberikan reaksi yang berbeda pada jenis kulit yang berbeda. Skincare dengan bahan aktif yang memiliki efek exfoliating secara umum akan memberikan efek pengelupasan ringan. Namun, pada sebagian orang dengan tipe kulit sensitif, reaksi yang dihasilkan bisa berbeda-beda atau lebih hebat.


Jika hendak mencoba suatu produk baru, Anda sebaiknya memilih produk dengan kemasan berukuran kecil. Tujuannya adalah untuk mencoba produk tersebut apakah sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. Apabila Anda menemukan reaksi yang tidak sesuai, produk tersebut setidaknya tidak menjadi mubazir.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi krim penghilang bekas jerawat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk krim penghilang bekas jerawat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Indah Maharani.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Wardah

Lightening Night Cream Advanced Niacinamide

Wardah Lightening Night Cream Advanced Niacinamide 1

Rp32.000

Agak Murah

Flek dan noda hitam bekas jerawat tersamarkan berkat kandungan advance niacinamide

2

N'Pure

Dark Spot Treatment

N'Pure Dark Spot Treatment 1

Rp79.000

Agak Mahal

Penghilang noda hitam yang bumil dan busui friendly

3

Somethinc

ACNEDOT Treatment Moisturizer Gel

Somethinc ACNEDOT Treatment Moisturizer Gel 1

Rp29.000

Agak Murah

Vegan friendly, krim penghilang bekas jerawat yang cocok untuk remaja

4

Mentholatum

OXY Anti-Pimple Mark

Mentholatum OXY Anti-Pimple Mark 1

Rp59.000

Menengah

Atasi bintik hitam dan tekstur kasar akibat jerawat

5

Everwhite

Acnepair Cream

Everwhite Acnepair Cream 1

Rp76.000

Menengah

Ampuh atasi jerawat pustule dan papule beserta bekasnya

6

Medikon Prima Laboratories

Verile Acne Blemish Cream

Medikon Prima Laboratories Verile Acne Blemish Cream 1

Rp33.200

Agak Murah

Kombinasi bahan alaminya efektif memperbaiki bekas jerawat

7

Unza Vitalis

Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Cream

Unza Vitalis Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Cream 1

Rp45.900

Menengah

Hempas jerawat tanpa bekas dengan dua kali olesan setiap hari

8

Mineral Botanica

Perfect Purifying-Night Cream

Mineral Botanica Perfect Purifying-Night Cream  1

Rp46.000

Menengah

Membantu sembuhkan jerawat dalam 10 hari pemakaian

9

COSRX

Advanced Snail 92 All in One Cream

COSRX Advanced Snail 92 All in One Cream 1

Rp329.000

Lebih Mahal

Moisturizer serbaguna! Tenangkan kulit dan buat kulit tampak lebih muda

10

Lacoco En Nature

Lacoco 2% Bakuchiol Night Cream

Lacoco En Nature Lacoco 2% Bakuchiol Night Cream  1

Rp210.000

Agak Mahal

Merawat kulit berjerawat sambil mencegah timbulnya tanda penuaan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

WardahLightening Night Cream Advanced Niacinamide

Lightening Night Cream Advanced Niacinamide 1
Sumber: wardahbeauty.com
Harga referensi
Rp32.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp32.000
Agak Murah

Flek dan noda hitam bekas jerawat tersamarkan berkat kandungan advance niacinamide

Kelebihan:

  • Tersedia dalam dua pilihan kemasan, jar dan tube
  • Non-comedogenic dan non-acnegenic

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer kurang suka dengan wangi produk yang cukup menyengat
  • Sejumlah pengguna yang tidak cocok dengan kandungan krim ini merasakan sensasi panas saat krim diaplikasikan

Warna kulit tidak merata karena bekas jerawat yang membandel? Produk Wardah ini solusinya. Kandungan advanced niacinamide-nya akan membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, licorice extract di dalamnya juga akan menjaga kelembapan kulit sehingga kulit lebih kenyal dan lembut. Karena diklaim non-comedogenic dan non-acnegenic, krim ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

N'PureDark Spot Treatment

Harga referensi
Rp79.000
Agak Mahal

Penghilang noda hitam yang bumil dan busui friendly

Memilih produk untuk ibu hamil dan menyusui memang harus selektif. Nah, bagi Anda yang ingin menghilangkan dark spot, tetapi tengah hamil atau menyusui, tak perlu khawatir lagi!


N'Pure menghadirkan Dark Spot Treatment yang formulanya dari bahan-bahan natural sehingga aman digunakan. Kandungan Centella asiatica leaf water, vitamin C, dan vitamin E-nya akan menghapus noda hitam bekas jerawat lebih cepat.

No.3

SomethincACNEDOT Treatment Moisturizer Gel

Harga referensi
Rp29.000
Agak Murah

Vegan friendly, krim penghilang bekas jerawat yang cocok untuk remaja

Kelebihan:

  • Cocok untuk kulit remaja mulai usia 11 tahun
  • Bisa diaplikasikan sebagai krim pagi dan malam
  • Tube dilengkapi aplikator roll yang mempermudah pengaplikasian

Kekurangan:

  • Hanya disarankan untuk pemilik kulit acne prone dan berminyak
  • Beberapa reviewer merasakan sensasi panas saat menggunakannya

Kami merekomendasikan produk dari Somethinc sebagai solusi masalah jerawat dan bekasnya. Pelembap wajah vegan ini menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman untuk kulit remaja. Ada sejumlah bahan aktif yang efektif melawan jerawat meradang, di antaranya succinic acid, folic acid, dan sea buckthorn. Produk ini juga dilengkapi postbiotic untuk mendukung proses regenerasi kulit.

No.4

MentholatumOXY Anti-Pimple Mark

Harga referensi
Rp59.000
Menengah

Atasi bintik hitam dan tekstur kasar akibat jerawat

Kelebihan:

  • Efektif memudarkan bekas jerawat dengan pemakaian rutin
  • Kemasan kecil dan travel friendly


Kekurangan:

  • Tekstur gelnya cukup lengket
  • beberapa reviewer mengatakan muncul jerawat baru setelah penggunaan

Anda kesal dengan bintik hitam dan tekstur kasar pada kulit karena bekas jerawat? Produk ini bisa menjadi solusi! Kandungan vitamin C dalam produk ini berwujud ascorbyl glucoside yang lebih stabil dan mudah diserap kulit. Karena itu, produk ini efektif mencerahkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, kandungan allantoin dapat membantu memperbaiki tekstur kulit sehingga terasa lebih lembut.

No.5

EverwhiteAcnepair Cream

Harga referensi
Rp76.000
Menengah

Ampuh atasi jerawat pustule dan papule beserta bekasnya

Kelebihan:

  • Desain kemasan berujung lancip memudahkan pengaplikasian
  • Krim mudah di-blend dan cepat meresap di kulit

Kekurangan:

  • Karena mengandung BHA, produk ini dapat membuat kulit kering

Pilih produk ini jika Anda bermasalah dengan jerawat pustule (bernanah) dan papule (beruntusan)! Krim ini mempunyai tiga kandungan utama. Pertama, sulfur yang mampu mengeringkan jerawat serta menyerap minyak berlebih. Kedua, calamine yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Terakhir, Centella asiatica yang menenangkan kulit sekaligus meningkatkan regenerasi kulit.

No.6

Medikon Prima LaboratoriesVerile Acne Blemish Cream

Harga referensi
Rp33.200
Agak Murah

Kombinasi bahan alaminya efektif memperbaiki bekas jerawat

Kelebihan:

  • Harga tergolong ekonomis untuk pelajar
  • Ukuran produk minimalis dan praktis untuk dibawa-bawa
  • Mengandung bahan aktif natural yang aman untuk kulit

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer yang memiliki fungal acne mengaku tidak cocok dengan produk ini
  • Sejumlah reviewer menyebut krim memiliki aroma yang cukup mengganggu

Verile bekerja efektif menyamarkan noda hitam bekas jerawat berkat kandungan niacinamide. Selain itu, ekstrak Aloe vera-nya dapat melembutkan tekstur kulit yang berubah karena jerawat meradang. Bekas jerawat pun terasa lebih halus dan samar. Produk ini kami rekomendasikan jika Anda mencari krim penghilang bekas jerawat dengan harga terjangkau. Gunakanlah secara teratur untuk hasil maksimal!

No.7

Unza VitalisSafi White Expert Oil Control & Anti Acne Cream

Harga referensi
Rp45.900
Menengah

Hempas jerawat tanpa bekas dengan dua kali olesan setiap hari

Kelebihan:

  • Meredakan jerawat tanpa meninggalkan bekas
  • Ukurannya kecil, praktis dibawa bepergian
  • Bisa digunakan sebelum makeup, tidak membuat kulit kering

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer yang tidak cocok dengan krim ini merasakan sensasi gatal dan perih saat pemakaian

Ingin hempas jerawat tanpa meninggalkan bekas? Produk dari Safi ini layak Anda pertimbangkan. Oleskan krim ini setiap pagi dan malam! Cukup dengan sedikit krim, jerawat akan lebih cepat mereda pada hari berikutnya.


Kandungan aktif phytosphingosine di dalamnya berfungsi sebagai anti-aging serta mendukung sistem pertahanan alami kulit. Sementara itu, jintan hitamnya ampuh melawan radikal bebas dan berperan sebagai antibakteri. Selain memberikan sensasi sejuk pada kulit, krim ini mampu mengontrol sebum sehingga kulit wajah Anda akan bebas kilap.

No.8

Mineral BotanicaPerfect Purifying-Night Cream

Harga referensi
Rp46.000
Menengah

Membantu sembuhkan jerawat dalam 10 hari pemakaian

Kelebihan:

  • Efektif meredakan jerawat sekaligus melembapkan
  • Kemasan fliptop lebih praktis dan higienis untuk diaplikasikan

Kekurangan:

  • Membuat kulit makin oily bagi sejumlah reviewer dengan jenis kulit kombinasi dan berminyak

Cobalah produk ini jika Anda ingin menghempas jerawat lebih cepat! Dengan kombinasi salicylic acid dan bahan aktif lain, krim ini akan menyembuhkan sekaligus mencegah timbulnya jerawat baru.


Tak perlu waktu lama, Mineral Botanica mengeklaim jerawat dapat reda setelah sepuluh hari pemakaian. Gunakan produk ini setiap malam. Bahan aktifnya akan bekerja sambil menjaga kelembapan kulit saat Anda tidur.

No.9

COSRXAdvanced Snail 92 All in One Cream

Advanced Snail 92 All in One Cream 1
Sumber: cosrx.com
Advanced Snail 92 All in One Cream 2
Sumber: cosrx.com
Advanced Snail 92 All in One Cream 3
Sumber: cosrx.com
Advanced Snail 92 All in One Cream 4
Sumber: cosrx.com
Advanced Snail 92 All in One Cream 5
Sumber: cosrx.com
Harga referensi
Rp329.000
Lebih Mahal

Moisturizer serbaguna! Tenangkan kulit dan buat kulit tampak lebih muda

Krim ini layak dicoba jika kulit Anda sensitif setelah breakout. Produk ini diklaim aman di kulit karena telah lulus uji dermatologi, bebas paraben, sulfat, dan bahan pemicu iritasi. Produk ini juga mengandung snail mucin yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk kulit kemerahan akibat jerawat. 


Di pihak lain, moisturizer ini juga dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Setelah penggunaan rutin, tidak hanya bekas jerawat yang membaik, kulit pun terasa lembap dan lebih elastis. Jika kelembapan kulit terjaga dengan baik, tanda-tanda penuaan, contohnya garis halus, bisa tersamarkan sehingga wajah tampak lebih muda.

No.10

Lacoco En NatureLacoco 2% Bakuchiol Night Cream

Harga referensi
Rp210.000
Agak Mahal

Merawat kulit berjerawat sambil mencegah timbulnya tanda penuaan

Kelebihan:

  • Krim mudah menyerap, melembapkan tanpa memberi efek greasy
  • Efektif menghaluskan tektur kulit, memudarkan bekas jerawat dan kerutan halus

Kekurangan:

  • Aromanya cukup menyengat bagi sebagian orang
  • Harganya cukup pricey, kurang cocok untuk kantong pelajar

Anda mencari krim yang dapat mengatasi masalah jerawat serta mencegah munculnya tanda penuaan? Ini jawabannya! Produk ini mampu meningkatkan kekencangan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi, termasuk noda hitam bekas jerawat. Kandungan bakuchiol-nya memiliki manfaat yang mirip seperti retinol, tetapi risiko iritasinya lebih rendah.


Didukung oleh kandungan niacinamide serta Centella asiatica, produk ini makin efektif merawat kulit berjerawat. Kulit kemerahan karena peradangan jerawat pun dapat mereda. Selain itu, perpaduan bahan aktifnya juga membantu mencegah jerawat timbul kembali.

Gunakan krim secara berkala untuk hasil yang efektif

Gunakan krim secara berkala untuk hasil yang efektif

Tak ada hasil yang instan dalam perawatan wajah. Munculnya noda hitam bekas jerawat terjadi akibat meningkatnya produksi melanin di area kulit. Penggunaan krim dalam kurun waktu beberapa hari mungkin belum dapat memberikan hasil seperti yang Anda inginkan. Untuk itu, pakailah krim secara berkala sampai noda hitam memudar.


Agar noda hitam cepat hilang, gunakan juga sunscreen. Paparan UV (ultraviolet) dapat meningkatkan produksi melanin pada kulit sehingga noda hitam sulit dihilangkan. Penggunaan sunscreen dapat membantu mengurangi noda hitam pada wajah selama perawatan.


Sudah menggunakan skincare, tetapi bekas jerawat susah hilang? Perlu dipahami bahwa hilangnya bekas jerawat pada setiap orang berbeda-beda. Ada sejumlah faktor yang memengaruhinya, seperti tingkat peradangan, peradangan berulang, dan proses regenerasi kulit yang lambat.


Menghilangkan bekas jerawat memang membutuhkan proses. Untuk itu, agar jerawat tidak membekas, jangan memecahkannya secara paksa. Hindari juga terlalu kasar menggosok kulit berjerawat saat mencuci muka.

dr. Indah Maharani, SpKK
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani, SpKK

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, terapi hiperpigmentasi memerlukan waktu. Untuk penggunaan azelaic acid, Anda memerlukan waktu sekitar 6–8 minggu untuk mendapatkan hasil. Untuk niacinamide, kira-kira diperlukan waktu sekitar 8–12 minggu untuk mendapatkan hasil perbaikan. Diperlukan konsistensi dalam merawat kulit untuk mendapatkan hasil seperti yang diharapkan.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Jangan lupa gunakan sunblock saat sedang melakukan perawatan terhadap masalah hiperpigmentasi. Bahan aktif yang digunakan untuk masalah hiperpigmentasi dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Karena itu, kulit perlu dilindungi dengan menggunakan sunblock.


Kadar UV yang rendah sekalipun dapat menstimulasi pembentukan pigmen dan menimbulkan masalah hiperpigmentasi baru. Karena itu, proteksi terhadap sinar UV akan membantu keberhasilan terapi dan mencegah terbentuknya hiperpigmentasi baru. Gunakanlah sunblock yang bersifat broad spectrum dengan SPF minimal 30.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk kulit berjerawat di sini

Kesimpulan

Kulit dengan noda hitam ataupun kemerahan akibat jerawat memang dapat mengganggu penampilan. Untuk itu, gunakan produk krim yang bahan aktifnya dirancang untuk menghilangkan noda bekas jerawat.


Pilihlah produk yang bisa melembapkan sekaligus mencegah jerawat datang kembali. Jangan lupa gunakan produk berukuran kecil bila baru pertama kali mencoba, ya. Selamat memilih dan dapatkan kulit bersih tanpa bekas jerawat!

5 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat terbaik

No. 1: WardahLightening Night Cream Advanced Niacinamide

No. 2: N'PureDark Spot Treatment

No. 3: SomethincACNEDOT Treatment Moisturizer Gel

No. 4: MentholatumOXY Anti-Pimple Mark

No. 5: EverwhiteAcnepair Cream

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.