• 10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan dan dapat menurunkan kepercayaan diri Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat penghilang bekas jerawat agar kulit wajah kembali bersih. Saat ini sudah tersedia banyak skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus dan efektif.


Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih cream penghilang bekas jerawat terbaik. Simaklah juga tips menghilangkan bekas jerawat dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Temukan berbagai rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti COSRX, Everwhite, Safi, Zoya, dan lainnya. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Indah Maharani
  • Pembaharuan terakhir: 09 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Indah Maharani

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Indah Maharani

Dokter Indah Maharani merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman di bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor dan bedah kulit, serta dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center Kemanggisan dan RS Premier Jatinegara. 


Dokter Rani juga menjadi owner dan menjadi salah satu dokter aktif di klink Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani juga merupakan founder dari komunitas olahraga Derm Runners dan Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Kenali jenis bekas jerawat Anda

Kenali jenis bekas jerawat Anda

Kebanyakan bekas jerawat hilang begitu saja setelah beberapa waktu, tetapi ada juga yang meninggalkan noda pada wajah. Ada berbagai jenis bekas jerawat, misalnya ice pick scar, boxed scar, rolling scar, dan hiperpigmentasi. Beberapa perawatan seperti laser, punch excision, punch elevation, dan dermal filler banyak digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.


Untuk bekas jerawat karena hiperpigmentasi, dapat Anda atasi dengan menggunakan krim. Hiperpigmentasi merupakan perubahan warna kulit dan dapat terjadi karena peradangan. Perawatan kulit dengan krim penghilang noda akan mempercepat proses penghilangan hiperpigmentasi. Akan tetapi, perlu diingat bahwa bekas jerawat lainnya tidak dapat ditangani dengan pemberian krim semata.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Bentuk bekas jerawat bisa beraneka macam, baik berupa skar maupun jaringan parut. Ada yang berbentuk hipotrofi (mencekung), eutrofi (datar rata kulit), ataupun hipertrofi (menonjol). Skar atau jaringan parut pada prinsipnya tidak sama dengan kulit normal akibat konsistensi kulit yang berubah. Karena itu, skar memiliki tampilan yang tidak sama seperti area kulit normal di sekitarnya. 


Untuk mengatasinya, diperlukan terapi medis oleh tenaga medis atau dokter spesialis kulit dan kelamin yang ahli di bidang ini. Bekas jerawat yang lain bisa berupa warna kemerahan yang menetap dalam jangka waktu cukup lama. Tipe ini sering dikenal dengan istilah post-acne erythema (PAE). Masalah kulit ini juga biasanya bisa diatasi melalui tindakan perawatan oleh tenaga medis yang kompeten.


Bekas jerawat yang lain adalah bercak warna kecokelatan atau kehitaman tanpa adanya kelainan struktur kulit. Hal ini umum dikenal dengan istilah hiperpigmentasi. Penggunaan krim yang sesuai dapat membantu mengurangi masalah ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih krim penghilang bekas jerawat

Agar mendapatkan krim yang tepat, setidaknya ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli produk. Simak tipsnya dan pilih krim penghilang bekas jerawat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih bahan aktif yang efektif menghilangkan bekas jerawat

Pilih bahan aktif yang efektif menghilangkan bekas jerawat

Saat memilih krim yang diklaim dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat, perhatikanlah kandungan bahan aktifnya. Pilih bahan aktif yang dapat mencerahkan bekas jerawat serta memberikan efek eksfoliasiRetinol atau retinoid adalah salah satu bahan aktif yang memiliki kedua fungsi tersebut. 


Selain itu, retinol juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Bahan-bahan lain yang juga efektif menghilangkan noda adalah vitamin C, glycolic acid, niacinamide, dan azelaic acid. Bahan-bahan ini dapat membantu mengurangi produksi melanin serta berperan sebagai anti-inflamasi


Selain bahan-bahan di atas, ada juga salicylic acid yang memberikan efek eksfoliasi ringan untuk mengangkat sel kulit mati. Bukan hanya itu, salicylic acid juga dapat mencegah jerawat membandel muncul kembali. Jika Anda memiliki kulit berjerawat, sebaiknya pilih krim yang mengandung bahan aktif seperti ini, ya.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Tindakan medis seperti terapi laser, intense pulsed light (IPL), dan lainnya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Selain terapi tersebut, Anda juga bisa menggunakan bahan aktif untuk menghilangkan hiperpigmentasi. Bahan aktif ini dapat memperbaiki regenerasi sel kulit dan mengurangi pigmentasi.


Bahan aktif golongan beta hydroxy acid (BHA) merupakan pilihan yang baik untuk mengatasi masalah kulit berjerawat dan bekasnya. Kandungan yang termasuk dalam golongan BHA adalah salicylic acid atau asam salisilat.


Asam salisilat memiliki efek exfoliating yang berfungsi mengangkat lapisan sel kulit mati sehingga membantu memperbaiki regenerasi sel kulit. Dengan demikian, deposit pigmen yang menyebabkan masalah kulit hiperpigmentasi dapat lebih cepat teratasi. Selain itu, asam salisilat memiliki sifat anti-inflamasi, dapat mengurangi produksi sebum, dan antibakteri yang sesuai dengan kebutuhan kulit berjerawat.


Skincare dengan kandungan azelaic acid juga dapat menjadi pilihan bagi acne fighters yang kulitnya cenderung mengalami hiperpigmentasi. Selain memiliki efek anti-inflamasi untuk mengatasi jerawat, kandungan ini juga memiliki sifat anti-tyrosinase sehingga dapat menghambat pembentukan pigmen. Azelaic acid juga memiliki efek exfoliating ringan


Selain itu, bahan aktif niacinamide juga mampu membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi karena sifatnya dapat menstabilkan aktivitas melanosome. Ditambah lagi, niacinamide memiliki sifat melembapkan dan membuat pori menjadi lebih samar.

Pastikan kandungan pelembap di dalam krim

Pastikan kandungan pelembap di dalam krim

Area di sekitar kulit yang berjerawat sering kali mengering hingga membuat kulit terlihat kasar. Jika seperti itu, sebaiknya jangan kelupas kulit kering tersebut karena justru akan menyebabkan iritasi. Hal yang bisa Anda lakukan adalah mengoleskan pelembap agar regenerasi kulit dapat berjalan dengan cepat.


Sehubungan dengan hal di atas, kami merekomendasikan krim penghilang noda yang mengandung pelembap. Bahan-bahan seperti Aloe vera dan madu dapat memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit Anda. Selain itu, bahan ini juga dapat mengurangi iritasi jerawat sehingga kulit tidak menjadi kemerahan

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Bahan aktif yang memiliki efek exfoliating dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kulit terasa kering. Kombinasi produk yang mengandung pelembap akan membantu mengurangi risiko kulit kering dan iritasi.


Niacinamide juga dapat menjadi salah satu pilihan bahan aktif yang berfungsi sebagai pelembap. Kandungan ini dapat meningkatkan sintesis ceramide yang berperan sebagai pelembap kulit sekaligus berperan untuk mengurangi hiperpigmentasi.

Gunakan produk berukuran kemasan kecil pada penggunaan pertama

Gunakan produk berukuran kemasan kecil pada penggunaan pertama

Ada begitu banyak merek krim penghilang bekas jerawat yang tersedia di pasaran. Bila belum yakin dengan pilihan Anda, kami menyarankan Anda memilih produk berukuran kecil terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat menilai keefektifan produk tersebut sebelum memutuskan untuk membeli ukuran normalnya.


Selain harganya lebih terjangkau, produk berukuran kecil juga praktis dibawa bepergian dan tidak memakan banyak tempat. Produk berukuran kecil tentu akan menjadi pilihan terbaik untuk mengetahui kecocokan produk dengan kulit Anda. Nah, silakan pilih merek favorit Anda dan gunakan produk berukuran kecil terlebih dahulu, ya.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Berbagai bahan aktif dapat memberikan reaksi yang berbeda pada jenis kulit yang berbeda. Skincare dengan bahan aktif yang memiliki efek exfoliating secara umum akan memberikan efek pengelupasan ringan. Namun, pada sebagian orang dengan tipe kulit sensitif, reaksi yang dihasilkan bisa berbeda-beda atau lebih hebat.


Jika hendak mencoba suatu produk baru, Anda sebaiknya memilih produk dengan kemasan berukuran kecil. Tujuannya adalah untuk mencoba produk tersebut apakah sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. Apabila Anda menemukan reaksi yang tidak sesuai, produk tersebut setidaknya tidak menjadi mubazir.

10 Rekomendasi krim penghilang bekas jerawat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk krim penghilang bekas jerawat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Indah Maharani.

10

Lacoco En NatureLacoco 2% Bakuchiol Night Cream

Mulai dari Rp 180.000,00

Isi20 gr
Retinol x
Vitamin C x
Glycolic acid x
Niacinamide
Azelaic acidx
Salicylic acid x
Beta hydroxy acid x
Bahan aktif lainnya Bakuchiol, Centella asiatica
Bahan pelembapGlycerin, sodium hyaluronate, bamboo stem extract
9
Isi15 ml
Retinol x
Vitamin C x
Glycolic acid ✓ (Allantoin)
Niacinamidex
Azelaic acidx
Salicylic acid
Beta hydroxy acid
Bahan aktif lainnya Tea tree oil
Bahan pelembapGlycerin
8

L'OréalGarnier Sensitive Anti-Acne Serum Cream

Mulai dari Rp 51.900,00

Isi30 ml
Retinol x
Vitamin C x
Glycolic acid x
Niacinamidex
Azelaic acidx
Salicylic acid
Beta hydroxy acid x
Bahan aktif lainnya Zinc, witch hazel extract
Bahan pelembapGlycerin, tocopherol
7

COSRXAdvanced Snail 92 All in One Cream

Mulai dari Rp 305.000,00

Isi100 gr
Retinol x
Vitamin C x
Glycolic acid ✓ (Allantoin)
Niacinamidex
Azelaic acidx
Salicylic acid x
Beta hydroxy acid x
Bahan aktif lainnya Snail secretion filtrate, adenosine, arginine, panthenol
Bahan pelembapSodium hyaluronate, glycine soja oil
6
Isi25 gr
Retinol x
Vitamin C x
Glycolic acid
Niacinamidex
Azelaic acidx
Salicylic acid
Beta hydroxy acid
Bahan aktif lainnya Rice bran oil, galactomyces ferment filtrate, dan lainnya
Bahan pelembapJojoba oil, sodium hyaluronate, tocopheryl acetate, dan lainnya
5

BIOAQUAAcne Scar Removal Rejuvenation Cream

Mulai dari Rp 12.000,00

Isi30 gr
Retinol x
Vitamin C x
Glycolic acid x
Niacinamidex
Azelaic acidx
Salicylic acid x
Beta hydroxy acid x
Bahan aktif lainnya Collagen, alpha arbutin, cucumber seed extract, vitamin E
Bahan pelembapAloe barbadensis, olive oil, jojoba oil, dan lainnya
4
Isi15 gr
Retinol x
Vitamin C
Glycolic acid ✓ (Allantoin)
Niacinamide
Azelaic acidx
Salicylic acid
Beta hydroxy acid x
Bahan aktif lainnya Sulfur, calamine, CICA (Centella asiatica)
Bahan pelembapGlycerin, tocopheryl acetate, collagen, dan lainnya
3

Medikon Prima LaboratoriesVerile Acne Blemish Cream

Mulai dari Rp 32.000,00

Isi10 gr
Retinol x
Vitamin C x
Glycolic acid ✓ (Allantoin)
Niacinamide
Azelaic acidx
Salicylic acid
Beta hydroxy acid x
Bahan aktif lainnya Ekstrak Centella asiatica, ekstrak licorice, vitamin E
Bahan pelembapEkstrak Aloe vera
2
Isi18 gr
Retinol x
Vitamin C ✓ (Ascobyl glucocide)
Glycolic acid ✓ (Allantoin)
Niacinamidex
Azelaic acidx
Salicylic acid x
Beta hydroxy acid x
Bahan aktif lainnya Vitamin B6, vitamin E
Bahan pelembapGlycerine
1

Unza VitalisSafi White Expert Oil Control & Anti Acne Cream

Mulai dari Rp 55.000,00

Isi15 gr
Retinol x
Vitamin C x
Glycolic acid x
Niacinamidex
Azelaic acidx
Salicylic acid x
Beta hydroxy acid x
Bahan aktif lainnya Zinc, lactic acid, Nigella sativa seed oil, phytosphingosine
Bahan pelembapBorago officinalis seed oil (jojoba oil), glycerin, lecithin

Tabel perbandingan produk krim penghilang bekas jerawat terbaik

Gambar produk
1
Unza Vitalis Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Cream 1

Unza Vitalis

2
Mentholatum OXY Anti-Pimple Mark 1

Mentholatum

3
Medikon Prima Laboratories Verile Acne Blemish Cream 1

Medikon Prima Laboratories

4
Everwhite Acnepair Cream 1

Everwhite

5
BIOAQUA Acne Scar Removal Rejuvenation Cream 1

BIOAQUA

6
Mineral Botanica Purifying Acne - Night Cream  1

Mineral Botanica

7
COSRX Advanced Snail 92 All in One Cream 1

COSRX

8
L'Oréal Garnier Sensitive Anti-Acne Serum Cream 1

L'Oréal

9
Zoya Cosmetics Acne Daily Cream CT 1

Zoya Cosmetics

10
Lacoco En Nature Lacoco 2% Bakuchiol Night Cream  1

Lacoco En Nature

Nama produk

Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Cream

OXY Anti-Pimple Mark

Verile Acne Blemish Cream

Acnepair Cream

Acne Scar Removal Rejuvenation Cream

Purifying Acne - Night Cream

Advanced Snail 92 All in One Cream

Garnier Sensitive Anti-Acne Serum Cream

Acne Daily Cream CT

Lacoco 2% Bakuchiol Night Cream

Keunggulan

Perbaiki bekas jerawat dengan dua kali olesan setiap hari

Atasi bintik hitam dan tekstur kasar akibat jerawat

Kombinasi dengan bahan alami efektif memperbaiki bekas jerawat

Selamat tinggal berbagai jenis jerawat!

Dapatkan empat manfaat sekaligus di dalam satu produk!

Tampil lebih percaya diri setelah penggunaan selama 10 hari

Krim serbaguna yang sesuai digunakan setelah kulit breakout

Formula tanpa minyak yang relatif aman untuk kulit sensitif dan mudah berjerawat

Babat habis noda hitam dan kemerahan dengan tea tree oil-nya

Merawat kulit berjerawat sambil mencegah timbulnya tanda penuaan

Harga mulai dariRp 55.000,00Rp 58.000,00Rp 32.000,00Rp 75.000,00Rp 12.000,00Rp 43.500,00Rp 305.000,00Rp 51.900,00Rp 38.000,00Rp 180.000,00
Isi15 gr18 gr10 gr15 gr30 gr25 gr100 gr30 ml15 ml20 gr
Retinol xxxxxxxxxx
Vitamin C x✓ (Ascobyl glucocide)xxxxxxx
Glycolic acid x✓ (Allantoin)✓ (Allantoin)✓ (Allantoin)x✓ (Allantoin)x✓ (Allantoin)x
Niacinamidexxxxxxx
Azelaic acidxxxxxxxxxx
Salicylic acid xxxxx
Beta hydroxy acid xxxxxxxx
Bahan aktif lainnya Zinc, lactic acid, Nigella sativa seed oil, phytosphingosineVitamin B6, vitamin EEkstrak Centella asiatica, ekstrak licorice, vitamin ESulfur, calamine, CICA (Centella asiatica)Collagen, alpha arbutin, cucumber seed extract, vitamin ERice bran oil, galactomyces ferment filtrate, dan lainnyaSnail secretion filtrate, adenosine, arginine, panthenolZinc, witch hazel extractTea tree oil Bakuchiol, Centella asiatica
Bahan pelembapBorago officinalis seed oil (jojoba oil), glycerin, lecithinGlycerineEkstrak Aloe veraGlycerin, tocopheryl acetate, collagen, dan lainnyaAloe barbadensis, olive oil, jojoba oil, dan lainnyaJojoba oil, sodium hyaluronate, tocopheryl acetate, dan lainnyaSodium hyaluronate, glycine soja oilGlycerin, tocopherolGlycerinGlycerin, sodium hyaluronate, bamboo stem extract
Tautan produk

Gunakan krim secara berkala untuk hasil yang efektif

Gunakan krim secara berkala untuk hasil yang efektif

Tidak ada hasil yang instan ketika menyangkut perawatan wajah. Munculnya noda hitam bekas jerawat terjadi akibat meningkatnya produksi melanin di area kulit tersebut. Penggunaan krim dalam kurun waktu beberapa hari mungkin belum dapat memberikan hasil seperti yang Anda inginkan. Untuk itu, pakailah krim secara berkala sampai noda hitam memudar.


Agar noda hitam cepat hilang, gunakan juga sunscreen. Paparan UV (ultraviolet) dapat meningkatkan produksi melanin pada kulit sehingga noda hitam sulit dihilangkan. Penggunaan sunscreen dapat membantu mengurangi noda hitam pada wajah selama perawatan.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, terapi hiperpigmentasi memerlukan waktu. Untuk penggunaan azelaic acid, Anda memerlukan waktu sekitar 6–8 minggu untuk mendapatkan hasil. Untuk niacinamide, kira-kira diperlukan waktu sekitar 8–12 minggu untuk mendapatkan hasil perbaikan. Diperlukan konsistensi dalam merawat kulit untuk mendapatkan hasil seperti yang diharapkan.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Jangan lupa gunakan sunblock saat sedang melakukan perawatan terhadap masalah hiperpigmentasi. Bahan aktif yang digunakan untuk masalah hiperpigmentasi dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Karena itu, kulit perlu dilindungi dengan menggunakan sunblock.


Kadar UV yang rendah sekalipun dapat menstimulasi pembentukan pigmen dan menimbulkan masalah hiperpigmentasi baru. Karena itu, proteksi terhadap sinar UV akan membantu keberhasilan terapi dan mencegah terbentuknya hiperpigmentasi yang baru. Gunakanlah sunblock yang bersifat broad spectrum dengan SPF minimal 30.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk kulit berjerawat di sini

Jangan hanya menangani bekas jerawat, tetapi rawatlah kulit Anda sejak jerawat muncul. Berbagai produk dirancang untuk mengempiskan dan mengeringkan jerawat serta menutrisi kulit Anda. Silakan simak link di bawah ini untuk mengetahui berbagai produk lainnya. Tidak ketinggalan, ada juga produk serum untuk mengurangi noda jerawat Anda.

Kesimpulan

Kulit dengan noda hitam ataupun kemerahan akibat jerawat memang dapat mengganggu penampilan. Untuk itu, gunakan produk krim yang bahan aktifnya dirancang untuk menghilangkan noda bekas jerawat.


Pilihlah produk yang bisa melembapkan sekaligus mencegah jerawat datang kembali. Jangan lupa gunakan produk berukuran kecil bila baru pertama kali mencoba, ya. Selamat memilih dan dapatkan kulit bersih tanpa bekas jerawat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Skincare Bioderma Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Skincare Bioderma Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    Seperti kita ketahui, pemilihan produk skincare harus disesuaikan dengan jenis dan permasalahan kulit. Bioderma termasuk merek yang sangat memperhatikan kesesuaian tersebut. Tidak heran, semua produknya dibagi berdasarkan masalah dan jenis kulit, salah satunya adalah untuk kulit berminyak. Dalam rangkaian produk perawatan kulit tersebut, Bioderma menyediakan semua jenis skincare, dari facial wash sampai sunscreen. Meski tersedia beragam pilihan, Anda tidak perlu bingung memilihnya. Berikut ini, kami akan memberikan tips memilih produk Bioderma beserta rekomendasi produknya. Simak sampai tuntas, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori