1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Produk susu
  6. >
  7. 10 Yoghurt Plain Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Yoghurt Plain Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Yoghurt Plain Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Yoghurt Plain Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Yoghurt Plain Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Yoghurt Plain Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Yoghurt Plain Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Yoghurt memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Yoghurt hadir dengan banyak rasa. Namun, kali ini kami akan membahas plain yoghurt secara khusus. Dari sekian banyak produk yang beredar di pasaran, manakah plain yoghurt yang terenak dan terfavorit?


Temukan tips memilih yoghurt plain terbaik dalam artikel kali ini. Kami juga akan me-review dan merekomendasikan merek yoghurt plain yang enak, seperti Greenfields, Cimory, dan Biokul. Yoghurt plain yang rendah gula, rendah kalori, dan bebas lemak juga ada, lho. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. So, jangan lewatkan pembahasannya!

Diperbaharui 01-07-2023
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ulil Maulida

Ulil Maulida merupakan seorang culinary enthusiast. Menurutnya, makanan yang enak akan membuat orang bahagia secara instan. Hobi kulineran dan eksplorasi rasa membawanya untuk membangun brand roti dengan ragi alami bersama suaminya yang diberi nama “Rotibati”. Selain itu, dirinya juga memiliki ketertarikan terhadap fragrance atau dunia wewangian. Sama halnya seperti makanan, wewangian juga dapat membangkitkan mood lewat aroma yang dihirup indra penciuman.

Profil Ulil Maulida
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Yoghurt, probiotik untuk kesehatan

Yoghurt, probiotik untuk kesehatan

Yoghurt, atau yang dahulu dikenal dengan sebutan susu basi, merupakan hasil fermentasi dari susu. Sementara itu, yoghurt plain adalah yoghurt yang memiliki cita rasa asli karena belum diberi tambahan perasa. Rasa yoghurt plain cenderung lebih asam dibandingkan yoghurt yang telah diberi perasa tambahan.


Bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt, seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, dapat mengubah laktosa menjadi asam laktat. Hal inilah yang membuat yoghurt lebih bisa diterima penderita lactose intolerance atau yang mengalami alergi susu. Selain itu, bakteri dalam yoghurt sangat baik untuk kesehatan karena dapat mengurangi masalah pencernaan dan meningkatkan imunitas.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih yoghurt plain

Ada begitu banyak merek yoghurt plain yang saat ini beredar di pasaran. Simak tips memilih yoghurt plain berikut ini agar Anda tidak salah pilih!

① Temukan bentuk yoghurt sesuai selera Anda

Ada dua jenis yoghurt, yakni ready to drink yang berbentuk cair dan yoghurt set yang teksturnya lebih kental. Meskipun sama-sama baik untuk kesehatan, kedua jenis yoghurt tersebut mempunyai kelebihan masing-masing. Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Ready to drink, mudah dikonsumsi di mana saja

Ready to drink, mudah dikonsumsi di mana saja

Yoghurt ini dibuat dari yoghurt set ditambah dengan susu bubuk atau susu cair untuk mengurangi kekentalan yoghurt. Jika tanpa tambahan pemanis, rasa yoghurt ini tentu lebih tawar. 


Yoghurt drink yang beredar di pasaran biasanya diberi tambahan gula atau pemanis agar rasanya tidak tawar atau terlalu asam. Terlepas dari itu, yoghurt ready to drink merupakan pilihan yang lebih praktis karena dapat diminum di mana saja. 


Meskipun berkonsep ready to drink, secara umum yoghurt punya saran penyajian tertentu. Misalnya, membutuhkan tempat penyimpanan suhu dingin dan batas konsumsi 1–2 hari. Beberapa produk yoghurt bisa disimpan pada suhu ruang, tetapi tetap perlu memperhatikan instruksi penyimpanan tertentu yang tertera di label kemasannya.


Kami memiliki artikel terpisah yang me-review tentang yoghurt drink. Silakan akses tautan di bawah ini untuk membacanya.

Yoghurt set, dapat dijadikan sebagai masker

Yoghurt set, dapat dijadikan sebagai masker

Yoghurt set merupakan yoghurt plain padat dengan tekstur sangat kental. Yoghurt ini merupakan produk fermentasi langsung dari susu dan tidak diencerkan. Anda dapat menggunakan yoghurt ini sebagai camilan atau sebagai salad dressing.


Selain itu, yoghurt set tanpa gula bisa dijadikan sebagai masker wajah. Tambahan lagi, yoghurt set dapat digunakan sebagai biakan bakteri untuk membuat yoghurt batch selanjutnya. Anda tinggal mencampurkan susu cair tawar hangat dengan yoghurt set, lalu biarkan selama beberapa waktu agar terfermentasi.

② Pertimbangkan yoghurt plain rendah lemak dan bebas gula untuk diet

Pertimbangkan yoghurt plain rendah lemak dan bebas gula untuk diet

Yoghurt merupakan kudapan sehat yang manfaatnya telah diketahui secara luas, khususnya untuk diet. Namun, tidak semua yoghurt plain bebas gula sehingga Anda perlu mengecek komposisi bahannya. Agar manfaat yoghurt lebih maksimal, pilihlah produk yang rendah gula atau bahkan bebas gula.


Beberapa produk plain yoghurt juga ada yang rendah lemak dan rendah kalori. Untuk Anda yang sedang diet, produk tersebut akan jadi pilihan yang lebih baik.


Beberapa produk plain yoghurt juga ada yang rendah lemak dan rendah kalori. Untuk Anda yang sedang diet dalam program penurunan berat badan, produk tersebut akan jadi pilihan yang lebih baik.

③ Pilih ukuran kemasan sesuai kebutuhan

Pilih ukuran kemasan sesuai kebutuhan

Selain bentuknya yang beragam, ukuran kemasan yoghurt juga bermacam-macam. Silakan pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Jika ingin mengonsumsi habis dalam sekali makan, pilihlah yoghurt set ukuran cup


Jika ingin menyajikan yoghurt sebagai campuran minuman atau makanan, Anda dapat memilih kemasan yang lebih besar. Ukuran ini dapat disajikan lebih dari sekali dan cocok untuk dikonsumsi sekeluarga. Dari segi harga, kemasan besar juga akan terasa lebih ekonomis.


Namun, jika Anda memiliki produk yoghurt dalam kemasan besar, jangan lupa senantiasa menjaga kemasannya agar tetap tertutup rapat. Letakkan yoghurt sesuai dengan saran penyimpanan yang tertera pada label kemasan. Hal ini untuk mencegah kerusakan kandungan zat gizi di dalam yoghurt.

10 Rekomendasi yoghurt plain terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk yoghurt plain terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

KIN

Bulgarian Yogurt Original

KIN Bulgarian Yogurt Original 1枚目

Rahasia awet muda dari Bulgaria

2

Nutragen

Delicyo Coconut Yogurt Plain Unsweetened

Nutragen  Delicyo Coconut Yogurt Plain Unsweetened 1枚目

Yoghurt vegan-friendly dan bebas laktosa!

3

Greenfields

Yogurt No Sugar (Plain)

Greenfields Yogurt No Sugar (Plain) 1枚目

Plain yoghurt tanpa gula, cocok untuk diet

4

Nutrimart

Heavenly Blush Yogurt Drink To Go Wholesome Original

Nutrimart Heavenly Blush Yogurt Drink To Go Wholesome Original 1枚目

Yoghurt low fat dan tinggi kalsium untuk Anda yang aktif

5

Diamond

Biokul Greek Yogurt Plain

Diamond  Biokul Greek Yogurt Plain 1枚目

Dapat diandalkan sebagai camilan sehat saat diet

6

Elle & Vire

Dairy Dessert - Plain Sweet

Elle & Vire Dairy Dessert - Plain Sweet 1枚目

Dengan tambahan gula, cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka yoghurt asam

7

The Good Gut

Greek Yogurt

The Good Gut Greek Yogurt 1枚目

Tanpa pemanis alami ataupun buatan, aman untuk diabetes

8

Cimory

Yogurt Drink Original

Cimory Yogurt Drink Original 1枚目

Praktis, tinggal teguk dan mudah dibawa bepergian

9

Diamond

Biokul Set Yogurt Plain

Diamond Biokul Set Yogurt Plain 1枚目

Bisa dijadikan masker wajah hingga bibit yoghurt

10

Yummy

Skim Plain Yoghurt

Yummy  Skim Plain Yoghurt 1枚目

Bebas lemak, low sugar, dan rendah kalori, andalan untuk diet

Perincian produk
Close
No.1

KINBulgarian Yogurt Original

Mulai dari Rp8.900,00

Rahasia awet muda dari Bulgaria

Bulgarian Yogurt bukan hanya sekedar nama produk ini. Yoghurt ini menggunakan kultur bakteri Lactobacillus bulgaricus asal Bulgaria. Kultur bakteri ditambah dengan resep tradisional asal Bulgaria memberikan rasa yang khas dari minuman ini.


Bukan hanya memberikan rasa yang khas, yoghurt ini juga dapat membuat mood lebih baik. Resep ini merupakan rahasia hidup sehat dan awet muda penduduk Bulgaria. Produk ini merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin merasakan rahasia awet muda layaknya penduduk Bulgaria.

No.2

Nutragen Delicyo Coconut Yogurt Plain Unsweetened

Mulai dari Rp112.000,00

Yoghurt vegan-friendly dan bebas laktosa!

Delicyo Coconut Yogurt berbeda dari yoghurt pada umumnya karena terbuat dari bahan nabati, yakni kelapa. Coyo alias coconut yoghurt ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang memiliki intoleransi laktosa atau mencari yoghurt vegan. 


Selain itu, coyo dikatakan memiliki indeks glikemik rendah sehingga aman untuk penderita diabetes. Jika Anda atau anggota keluarga memiliki concern serupa, Anda dapat menikmati yoghurt tanpa khawatir lagi.

No.3

GreenfieldsYogurt No Sugar (Plain)

Mulai dari Rp43.500,00

Plain yoghurt tanpa gula, cocok untuk diet

Bagi Anda yang sedang mengurangi asupan gula, plain yoghurt ini bisa menjadi andalan. Pasalnya, yoghurt ini tidak mengandung gula dan pemanis tambahan. Kalori dan asupan gula harian Anda pun lebih terjaga. Yoghurt dengan tekstur thick dan creamy ini hadir dalam kemasan lumayan besar. Anda bisa mengandalkannya sebagai stok camilan sehat untuk keluarga.

No.4

NutrimartHeavenly Blush Yogurt Drink To Go Wholesome Original

Mulai dari Rp9.900,00

Yoghurt low fat dan tinggi kalsium untuk Anda yang aktif

Apabila Anda penggemar produk yoghurt merek Heavenly Blush, silakan coba varian yoghurt rasa original ini. Produk ini menggunakan bakteri pembuat yoghurt generasi terbaru sehingga menghasilkan rasa asam yang pas di mulut. 


Selain baik untuk pencernaan, yoghurt ini juga dikatakan tinggi kalsium dan rendah lemak. Dalam satu kemasan isi 200 ml, takaran lemaknya hanya sekitar 2 gram! Dikemas dalam kemasan siap minum, produk ini cocok untuk Anda yang aktif!

No.5

Diamond Biokul Greek Yogurt Plain

Mulai dari Rp69.610,00

Dapat diandalkan sebagai camilan sehat saat diet

Apakah Anda ingin makan es krim saat diet? Ganti saja dengan produk yang satu ini. Penggunaan metode penyaringan membuat tekstur Biokul Greek Yogurt lebih kental dan creamy. Anda juga dapat menjadikannya campuran smoothies bowl sebagai sarapan yang lebih mengenyangkan. Alhasil, diet terjaga, makan pun tetap nikmat.

No.6

Elle & VireDairy Dessert - Plain Sweet

Mulai dari Rp13.900,00

Dengan tambahan gula, cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka yoghurt asam

Jika Anda ingin mencoba yoghurt yang rasanya tidak terlalu asam, Anda dapat mencoba Elle & Vire Plain Sweet ini. Meski dikatakan plain, produk ini memiliki kandungan gula yang membuat rasanya bisa ditoleransi oleh penyuka yoghurt manis. Dari segi nutrisi, kandungan kalsium dalam dua cup yoghurt ini setara dengan kalsium dari 150 ml susu, lho!

No.7

The Good GutGreek Yogurt

Mulai dari Rp70.000,00

Tanpa pemanis alami ataupun buatan, aman untuk diabetes

Untuk Anda yang sedang berusaha mengurangi konsumsi gula, bukan berarti Anda tidak bisa makan yoghurt, lho. Pilih saja greek yogurt ini yang diklaim tanpa pemanis alami buatan. Rasanya yang plain sangat pas dijadikan campuran buah apel, anggur, atau jeruk yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, jika Anda suka mengonsumsinya tanpa campuran apa pun juga bisa!

No.8

CimoryYogurt Drink Original

Mulai dari Rp8.500,00

Praktis, tinggal teguk dan mudah dibawa bepergian

Anda pasti sudah tidak asing dengan merek dalam negeri yang satu ini. Selain susu, Cimory juga mengeluarkan produk yoghurt. Sama seperti produk susunya, yoghurt Cimory terbuat dari susu sapi segar. Hadir dalam kemasan ready to drink, produk ini cocok untuk Anda yang punya mobilitas tinggi. 


Selain itu, di dalamnya juga terkandung vitamin A, D, B2, B12, serta serat pangan. Perpaduan bakteri, asam laktat, dan serat pangan membantu sistem pencernaan dan tingkatkan imunitas tubuh. Namun, karena kandungan gulanya lebih tinggi dibanding yoghurt original lainnya, harap konsumsi produk ini dalam porsi bijak.

No.9

DiamondBiokul Set Yogurt Plain

Mulai dari Rp40.750,00

Bisa dijadikan masker wajah hingga bibit yoghurt

Produk Biokul Set Yogurt Plain dapat Anda gunakan untuk berbagai hal. Selain sebagai campuran dressing salad, Anda bisa menggunakan plain yoghurt ini sebagai masker wajah. 


Selain itu, jika Anda ingin membuat yoghurt sendiri, Anda pun bisa memakai yoghurt ini sebagai kultur atau bibitnya, lho. Produk ini cukup populer di kalangan pelajar yang belajar praktik membuat yoghurt.

No.10

Bebas lemak, low sugar, dan rendah kalori, andalan untuk diet

Yummy Yoghurt terbuat dari skim milk untuk menghasilkan produk bebas lemak. Jika Anda sedang menjalankan program diet, yoghurt fat-free ini wajib masuk ke dalam daftar belanja Anda. 


Selain tidak mengandung lemak, yoghurt ini juga rendah gula dan rendah kalori sehingga makin layak dijadikan camilan diet andalan. Jika bosan dimakan begitu saja, Anda dapat mencampurkan yoghurt ini dengan granola atau buah kering.

Buat sendiri masker dari yoghurt, yuk!

Buat sendiri masker dari yoghurt, yuk!

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, yoghurt banyak diganderungi sebagai masker wajah. Penasaran bagaimana membuat masker dari yoghurt? Anda dapat mencampurkan yoghurt plain dengan berbagai bahan lainnya. Tentu caranya juga sederhana.


  • Campurkan satu sendok teh yoghurt plain, 1/4 sendok teh perasan lemon, serta satu sendok teh lidah buaya. Campuran ini bermanfaat bagi pemilik wajah berjerawat. Ekstrak lidah buaya dapat menenangkan kulit iritasi dan lemon membantu mengontrol produksi minyak berlebih, serta mencerahkan kulit.

Selain resep masker wajah di atas, Anda juga dapat menggunakan oat. Berikut langkah-langkahnya:


  • Rendam 1/2 oat dalam air panas hingga matang selama 2–3 menit.
  • Campurkan dengan yoghurt, dua sendok makan madu, dan 1/2 putih telur mentah, aduk merata. Campuran ini berfungsi untuk menghaluskan dan mengencangkan wajah Anda.
  • Gunakan selama 10–15 menit, bilas, dan dapatkan kulit wajah yang lebih sehat.

Pertanyaan umum seputar yoghurt plain

Pertanyaan umum seputar yoghurt plain

Kami sudah membagikan tips memilih yoghurt plain dan mengulas produk-produk yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Kini, kami akan menjawab beberapa hal yang cukup sering ditanyakan seputar yoghurt. Yuk, simak!

Kapan bayi boleh diberikan yoghurt?

Pada dasarnya, bayi sudah boleh diberi yoghurt saat mulai mengonsumsi MPASI (makanan pendamping ASI), yaitu umur 6 bulan. Namun, sebelum memutuskan untuk memberikan yoghurt sebagai pilihan MPASI, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.


Hal ini dikarenakan yoghurt bisa menyebabkan reaksi alergi atau intoleran bagi bayi. Apabila dokter memperbolehkan yoghurt sebagai bahan tambahan MPASI, pastikan pula Anda memilih produk yoghurt tanpa perasa tambahan dan bebas gula. Dengan begitu, yoghurt tidak merusak gigi serta menyebabkan obesitas.

Berapa banyak konsumsi yoghurt dalam sehari?

Sebetulnya tidak ada batasan spesifik dalam mengonsumsi yoghurt. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati karena beberapa produk yoghurt memiliki kandungan gula hingga kalori yang tinggi. 


Sesuaikan konsumsi dengan kebutuhan asupan harian Anda dan pilih produk rendah lemak serta bebas gula. Perlu diperhatikan bahwa bagi sebagian orang, konsumsi yoghurt terlalu banyak dapat menimbulkan sakit perut dan diare. Apabila terjadi keluhan, hentikan konsumsi yoghurt dan konsultasikan ke dokter bila perlu.

Apa efek samping dari yoghurt?

Efek samping dari yoghurt dapat berupa reaksi alergi. Alergi yoghurt umumnya disebabkan oleh alergi protein susu. Pada orang yang tidak mempunyai alergi, yoghurt mungkin menimbulkan efek samping berupa keluhan mual, muntah, diare, akibat terlalu banyak mengkonsumsi yoghurt.

Baca juga rekomendasi produk olahan susu lainnya di sini

Selain yoghurt plain, kami juga memiliki beberapa rekomendasi produk plahan susu lainnya. Sebut saja whipped cream dan juga cream cheese. Silakan simak melalui link di bawah ini untuk membacanya lebih lanjut.

Kesimpulan

Yoghurt bisa dijadikan alternatif camilan yang lebih sehat dan kaya manfaat. Selain baik untuk pencernaan, yoghurt juga baik untuk kesehatan kulit Anda. Pilihlah bentuk dan ukuran yoghurt sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 


Bagi Anda yang sedang berdiet atau ingin hidup lebih sehat, pilihlah yoghurt plain tanpa gula atau yang rendah lemak. Nah, semoga penjelasan kami membantu Anda menemukan produk yang Anda butuhkan. Selamat menemukan plain yoghurt terenak!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer