1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Masker Mentimun Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Masker Mentimun Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Masker Mentimun Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Masker Mentimun Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Masker Mentimun Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Masker Mentimun Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Masker Mentimun Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang kerap digunakan sebagai masker wajah. Kandungan air di dalamnya berguna untuk melembapkan dan mengurangi iritasi pada kulit. Masker mentimun yang dijual di e-commerce sangatlah praktis untuk Anda yang tak sempat meracik masker dari mentimun segar.


Kami akan memberikan tips memilih masker metimun terbaik. Temukanlah rekomendasi merek masker mentimun yang bagus, seperti Freeman, Holika Holika, dan Nature Republic. Kami juga mengulas manfaat masker mentimun serta waktu yang tepat untuk memakainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Selamat membaca!

Diperbaharui 07-14-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Manfaat mentimun untuk wajah dan kecantikan kulit

Manfaat mentimun untuk wajah dan kecantikan kulit

Tak hanya sebagai lalapan, mentimun juga sangat bermanfaat untuk kulit. Oleh karena itu, mentimun kerap dijadikan sebagai masker untuk perawatan wajah. Mentimun merupakan astringent ringan yang menyegarkan kulit dan mengurangi iritasi ringan.


Karena terbuat dari bahan alami, masker mentimun cenderung aman dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk pada kulit. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mentimun.


  • Melembapkan dan meredakan iritasi

Dengan kandungan air sebanyak 95%, mentimun mampu melembapkan dan menyegarkan kulit wajah Anda dengan baik. Mentimun juga dapat memberikan efek dingin atau soothing pada wajah serta mengurangi kemerahan dan iritasi. Wajah Anda akan terlihat lebih segar, lembap, dan glowing setelah menggunakan masker mentimun.


  • Mencerahkan dan meratakan warna kulit

Mentimun disebut berperan sebagai zat pemutih alami atau natural bleaching agent. Karenanya, masker dari mentimun ideal untuk mengatasi kulit kecokelatan (tanned skin) dan menyamarkan bekas luka. Masker dari tumbuhan ini juga bermanfaat untuk mencerahkan atau memutihkan wajah serta memperbaiki dan meratakan warna kulit.


  • Merawat kulit berminyak dan berjerawat

Tumbuhan berwarna hijau ini kaya akan vitamin A, C, dan asam folat yang berguna sebagai antiradang dan antioksidan. Mentimun mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengontrol minyak berlebih sehingga cocok untuk wajah berminyak dan berjerawat. Kandungan vitamin C dan asam folatnya juga berguna untuk mengurangi kantong mata, mata panda, dan puffy eyes


  • Melawan tanda-tanda penuaan

Manfaat lain dari mentimun adalah sebagai antiaging. Kandungan manganese dan potassium di dalamnya mampu mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit wajah Anda. Penggunaan masker mentimun secara rutin mampu melawan tanda-tanda penuaan, seperti munculnya garis halus, kerutan, dan kulit kusam.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker mentimun

Berikut ini adalah tips memilih masker mentimun terbaik. Baca tips ini dengan teliti supaya tidak ada poin yang terlewat, ya!

① Perhatikan jenis masker

Masker mentimun tersedia dalam berbagai jenis dan bentuk. Setiap jenis masker memiliki efek yang berbeda dan tentunya ditujukan untuk permasalahan kulit yang berbeda pula. Oleh karena itu, pilihlah masker sesuai dengan jenis kulit Anda!

Clay mask: Untuk menyerap minyak berlebih

Clay mask: Untuk menyerap minyak berlebih


Clay mask terbuat dari tanah liat yang kaya akan mineral alami. Kandungan mineral ini mampu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah. Clay mask mentimun sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Sebaliknya, pemilik kulit kering dan sensitif harus menghindari jenis masker ini karena berpotensi membuat wajah makin kering.


Untuk memakainya, oleskan clay mask mentimun pada wajah secara merata dan tunggu beberapa menit. Setelah masker mengering, Anda tinggal membilasnya hingga bersih. Efek yang didapatkan setelah menggunakan masker jenis ini adalah wajah bebas minyak dan lebih segar. Cukup gunakan masker ini satu kali dalam seminggu agar kulit wajah Anda tidak menjadi terlalu kering.

Sheet mask: Untuk melembapkan secara maksimal

Sheet mask: Untuk melembapkan secara maksimal

Sheet mask mentimun merupakan jenis masker yang banyak digemari dan mudah ditemukan. Masker ini berbentuk lembaran yang direndam menggunakan esens tertentu. Pemakaiannya mudah, Anda cukup membuka kemasannya dan menempelkannya ke wajah. Anda pun dapat memakainya di mana saja dan kapan saja karena sheet mask ini tak perlu dibilas.


Kandungan esens pada sheet mask mentimun bermanfaat untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit wajah Anda. Masker jenis ini sangat cocok bagi pemilik kulit kering dan sensitif. Selain melembapkan, esensnya juga dapat menenangkan kulit iritasi. Namun, perlu diingat untuk tidak menggunakan masker ini semalaman karena akan membuat kulit Anda gatal-gatal keesokan harinya.

Peel-off mask: Untuk membersihkan pori secara mendalam

Peel-off mask: Untuk membersihkan pori secara mendalam


Peel off mask mentimun digunakan layaknya clay mask. Namun, bukannya dibilas, jenis masker ini perlu dikelupas setelah mengering. Masker ini akan menempel pada pori-pori Anda dan mengangkat kotoran ketika dilepaskan. Pengelupasan inilah yang membuat peel-off mask mentimun mampu membersihkan pori-pori secara mendalam.


Jika Anda memiliki masalah komedo atau pori tersumbat, gunakanlah masker ini. Serupa dengan clay mask, cukup gunakan masker ini sekali dalam seminggu. Penggunaan peel-off mask yang berlebihan dapat membuat kulit menjadi iritasi.

② Sesuaikan kandungan masker dengan kebutuhan kulit

Selain kandungan mentimun yang bagus untuk kulit, beberapa masker memiliki bahan tambahan. Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan kulit yang sedang dihadapi.

Bagi pemilik kulit sensitif, hindari kandungan mineral oil dan pewangi

Bagi pemilik kulit sensitif, hindari kandungan mineral oil dan pewangi

Pemilik kulit sensitif harus lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah. Sebisa mungkin hindari masker dengan kandungan mineral oil serta pewangi. Kedua bahan tersebut mungkin dapat memperparah atau menimbulkan reaksi alergi pada kulit Anda.


Mentimun sendiri memang sudah memiliki soothing effect yang memberikan sensasi relaks pada kulit wajah. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, silakan pilih masker mentimun dengan kandungan Aloe vera. Bahan ini dapat meringankan efek iritasi serta memberikan kelembapan. Tambahan madu dan chamomile pada masker mentimun juga dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit.

Untuk mencegah kerutan, pilih yang dilengkapi kandungan antioksidan

Untuk mencegah kerutan, pilih yang dilengkapi kandungan antioksidan

Bagi Anda yang ingin mencegah kerutan pada wajah, pilihlah masker mentimun yang mengandung bahan antioksidan. Ekstrak tanaman, seperti teh hijau, dapat berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerutan dan garis-garis halus pada wajah. Pilih juga kandungan Centella asiatica yang mampu meningkatkan produksi kolagen pada wajah.


Selain itu, Anda juga dapat memilih masker yang sudah mengandung kolagen dan hyaluronic acid untuk meningkatkan kekenyalan kulit wajah Anda. Keduanya merupakan penyusun kulit alami agar lebih kenyal, kencang, dan tampak awet muda.

Untuk mengurangi jerawat, cari yang mengandung panthenol dan vitamin E

Untuk mengurangi jerawat, cari yang mengandung panthenol dan vitamin E

Jika kulit wajah Anda berjerawat, pilih masker mentimun yang mengandung panthenol dan vitamin E. Selain melembapkan, kedua bahan ini berperan sebagai antiinflamasi untuk mencegah iritasi, kemerahan, dan melindungi kulit dari sinar UV. Panthenol juga mampu menyembuhkan luka sehingga baik untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat.


Kandungan bahan ini akan mencegah munculnya jerawat dengan mengurangi pertumbuhan bakteri di wajah Anda. Di samping itu, Anda juga dapat memilih tambahan witch hazel yang dapat membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat. Witch hazel mampu mengurangi iritasi akibat jerawat sehingga wajah tidak kemerahan.

③ Pertimbangkan masker yang mengandung bahan alami atau organik

Pertimbangkan masker yang mengandung bahan alami atau organik

Memperhatikan komposisi masker sangat penting untuk mencegah iritasi pada wajah. Sebisa mungkin, pilihlah masker dengan bahan-bahan alami atau organik. Hindari masker dengan bahan iritan, seperti paraben, phenoxyethanol, hydroquinone, polyethylene, dan retinol.


Bahan-bahan di atas dapat membuat kulit makin kering dan menyebabkan iritasi pada wajah. Selain bahan tersebut, sebisa mungkin hindari kandungan alkohol pada masker bagi pemilik kulit kering. Kandungan alkohol pada masker berpotensi membuat kulit Anda makin kering.

10 Rekomendasi masker mentimun terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker mentimun terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Holika Holika

Pure Essence Mask Sheet - Cucumber

Holika Holika Pure Essence Mask Sheet - Cucumber 1枚目

Satu lembar, beribu manfaat untuk kulit

2

Everwhite

Peel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera)

Everwhite Peel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera) 1枚目

Mengatasi penyebab kulit kusam dan membuat kulit tampak lebih cerah

3

Nature Republic

Real Nature Cucumber Mask Sheet

Nature Republic Real Nature Cucumber Mask Sheet 1枚目

Kulit lebih segar dan terhindar dari garis-garis halus

4

Beauty Formulas

Cucumber Cool Moist 3 Minute Clay Mask

Beauty Formulas Cucumber Cool Moist 3 Minute Clay Mask 1枚目

Rawat kulit hanya dalam tiga menit

5

The Face Shop

Real Nature Cucumber Face Mask

The Face Shop Real Nature Cucumber Face Mask 1枚目

Multifungsi, dapat digunakan sebagai masker kaki juga!

6

Freeman

Renewing Cucumber Peel-Off Gel Mask

Freeman  Renewing Cucumber Peel-Off Gel Mask 1枚目

Kupas peel-off mask tanpa khawatir wajah kemerahan

7

Celebon

Cucumber Collagen Essence Mask

Celebon Cucumber Collagen Essence Mask 1枚目

Mengandung kolagen untuk bantu cegah kerutan sedari dini

8

Oh K!

Soothing Cucumber Sheet Mask

Oh K! Soothing Cucumber Sheet Mask 1枚目

Jadi lebih cantik dan ikut serta menjaga lingkungan

9

Kino

Ovale Facial Mask Cucumber Sachet

Kino Ovale Facial Mask Cucumber Sachet 1枚目

Harga ekonomis, hasil maksimal

10

The Saem

Natural Cucumber Mask Sheet

The Saem Natural Cucumber Mask Sheet 1枚目

Ekstra lembap, bebas iritasi

Perincian produk
Close
No.1

Holika HolikaPure Essence Mask Sheet - Cucumber

Mulai dari Rp22.000,00

Satu lembar, beribu manfaat untuk kulit

Selain Centella asiatica, masker mentimun dari Holika Holika ini juga mengandung berbagai ekstrak tanaman lainnya. Anda dapat merasakan manfaat dari ekstrak lavender, Viola tricolor, chamomile, Centaurea cyanus, serta Paeonia suffruticosa. Perpaduan mentimun dan ekstrak tanaman ini memberikan antioksidan untuk kulit Anda.


Masker ini juga mengandung allantoin yang bermanfaat bagi pemilik kulit sensitif. Allantoin membantu mengurangi reaksi alergi pada kulit sehingga kulit Anda tidak terasa panas dan gatal. Produk ini ideal untuk Anda yang sering terpapar polusi.

No.2

EverwhitePeel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera)Cucumber & Aloe Vera

Mulai dari Rp98.000,00

Mengatasi penyebab kulit kusam dan membuat kulit tampak lebih cerah

Kulit kusam disebabkan oleh berbagai hal, seperti tumpukan sel kulit mati, kotoran, hingga minyak. Untuk mengatasinya, gunakan masker mentimun dan lidah buaya yang satu ini. Produk ini diklaim mampu mengangkat kotoran dan komedo membandel sehingga wajah tampak lebih bersih dan cerah.


Baiknya lagi, masker mentimun ini juga mampu mengecilkan pori. Bagi Anda yang bermasalah dengan pori-pori besar, kulit kusam, dan komedo, produk ini dapat menjadi solusi. Kandungannya sangat aman sehingga ibu hamil dan menyusui juga boleh menggunakan masker mentimun ini.

No.3

Nature RepublicReal Nature Cucumber Mask Sheet

Mulai dari Rp18.000,00

Kulit lebih segar dan terhindar dari garis-garis halus

Ekstrak mentimun pada Real Nature Cucumber Mask Sheet berasal dari kota Namwon, Korea Selatan. Kandungan hyaluronic acid yang dimilikinya mampu membuat kulit lebih kencang dan bebas kerutan. Desain terbaru dari sheet mask-nya juga akan menempel dan menyalurkan esens lebih baik pada kulit wajah Anda.


Gunakan masker ini setelah beraktivitas seharian atau saat bersantai di akhir pekan. Sensasi dinginnya akan membuat Anda lebih relaks. Anda pun akan lebih bersemangat memulai hari yang baru. Jadikan masker mentimun dari Nature Republic ini sebagai teman me time di akhir pekan.

No.4

Beauty FormulasCucumber Cool Moist 3 Minute Clay Mask

Mulai dari Rp54.000,00

Rawat kulit hanya dalam tiga menit

Cucumber mask dari Beauty Formulas ini dirancang untuk Anda yang sibuk dan tak memiliki banyak waktu merawat kulit. Produk ini hanya membutuhkan waktu tiga menit untuk mengering dan siap Anda bilas. Setelah memakainya, wajah Anda pun akan terasa segar.


Face mask ini mampu menyerap minyak berlebih dari kulit Anda tanpa membuatnya terasa kering. Selain menghidrasi, masker mentimun ini juga dipercaya mampu meremajakan kulit. Namun, pemilik kulit sensitif harus berhati-hati karena produk ini mengandung pewangi di dalamnya.

No.5

The Face ShopReal Nature Cucumber Face Mask

Mulai dari Rp25.000,00

Multifungsi, dapat digunakan sebagai masker kaki juga!

Tak hanya sebagai perawatan wajah, cucumber mask berikut ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain. Sisa serumnya bisa Anda gunakan untuk melembapkan area leher dan kaki. Setelah selesai dipakai, Anda juga dapat memanfaatkan sisi lain dari masker sebagai foot mask.


Bukan itu saja, produk ini juga ideal untuk Anda yang mendambakan wajah glowing. Formulanya akan menembus ke dalam lapisan kulit dan memberi Anda efek glowing yang cantik dan sehat secara instan.

No.6

Freeman Renewing Cucumber Peel-Off Gel Mask

Mulai dari Rp96.800,00

Kupas peel-off mask tanpa khawatir wajah kemerahan

Anda tidak perlu khawatir kulit menjadi kemerahan setelah menggunakan peel-off mask ini. Masker mentimun ini berbentuk gel sehingga tidak akan menarik kulit Anda terlalu kencang. Kulit Anda pun tidak akan menjadi iritasi.


Kandungannya juga akan melembapkan kulit dan mencegah kemerahan setelah menggunakan masker. Pori-pori wajah Anda pun menjadi bebas kotoran dan lebih kenyal sepanjang hari. Bagi Anda yang ingin mencoba peel-off mask, tetapi khawatir kulit jadi iritasi, mulailah dari masker ini.

No.7

CelebonCucumber Collagen Essence Mask

Mulai dari Rp17.900,00

Mengandung kolagen untuk bantu cegah kerutan sedari dini

Menginjak akhir usia 20-an, kulit Anda membutuhkan perawatan ekstra agar tetap kenyal di usia berikutnya. Kandungan kolagen di dalam masker mentimun Celebon ini dapat membuat kulit wajah Anda lebih kencang.


Tidak hanya itu, kolagen juga membantu mengurangi garis-garis halus pada wajah Anda. Jika Anda ingin menjaga penampilan supaya tetap awet muda, Celebon Cucumber Collagen Essence Mask bisa membantu!

No.8

Oh K!Soothing Cucumber Sheet Mask

Mulai dari Rp30.000,00

Jadi lebih cantik dan ikut serta menjaga lingkungan

Produk ini bisa memberikan efek dingin untuk merawat kulit yang stres dan lelah. Mentimunnya akan menghidrasi, sementara chamomile-nya akan menenangkan kulit wajah Anda. Perpaduan dua bahan tersebut juga mampu membuat wajah tampak lebih putih serta mengurangi kemerahan.


Di samping mempercantik kulit, masker mentimun ini juga ramah lingkungan. Lembaran maskernya berbahan dasar tumbuhan yang mudah terurai atau biodegradable. Untuk Anda yang ingin mempercantik wajah tanpa merusak lingkungan, produk ini jangan sampai terlewatkan.

No.9

KinoOvale Facial Mask Cucumber Sachet

Mulai dari Rp11.700,00

Harga ekonomis, hasil maksimal

Masa puber sangat identik dengan wajah berjerawat. Libas breakouts pada wajah Anda dengan clay mask dari Ovale. Kandungan witch hazel-nya membantu mengurangi iritasi akibat jerawat, mencegah jerawat datang kembali, serta mengontrol minyak berlebih. Harganya juga sangat terjangkau sehingga ramah untuk kantong para pelajar.


Formulasi mentimun ditambah dengan vitamin C dan E akan membuat kulit wajah makin ternutrisi dan lembap. Vitamin ini juga memberikan asupan antioksidan bagi kulit wajah Anda. Dapatkan kulit mulus, bebas jerawat, dan ternutrisi secara sempurna tanpa menguras isi dompet.

No.10

The SaemNatural Cucumber Mask Sheet

Mulai dari Rp39.000,00

Ekstra lembap, bebas iritasi

Jika Anda memiliki kulit yang cenderung sangat kering, coba gunakan masker mentimun dari The Saem. Selain mentimun, di dalamnya juga terkandung castor oil. Aksi ganda mentimun dan castor oil memberikan kelembapan maksimal pada kulit Anda serta meringankan iritasi karena kulit kering.


Esensnya juga mengandung ekstrak teh hijau yang berperan sebagai antioksidan dan mampu menjaga kulit tetap awet muda. Ditambah dengan hyaluronic acid, garis-garis halus pada wajah Anda akan lebih tersamarkan berkat masker mentimun ini.

Waktu yang tepat untuk memakai masker mentimun

Waktu yang tepat untuk memakai masker mentimun

Serupa dengan masker wajah lainnya, masker mentimun sebaiknya tidak digunakan setiap hari. Masker bermanfaat menyerap minyak serta membersihkan wajah dari kotoran. Jika digunakan setiap hari, masker dapat mengikis minyak alami kulit Anda dan membuat wajah menjadi kering.


Terkait hal di atas, penggunaan masker mentimun yang disarankan adalah sekitar dua sampai tiga kali dalam seminggu. Apabila Anda memakai masker lainnya, intensitas tersebut juga berlaku untuk total masker yang Anda pakai dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk memberi jeda waktu bagi kulit wajah Anda agar bisa beregenerasi dan mengembalikan kelembapannya.


Selanjutnya, waktu terbaik untuk memakai masker mentimun ialah saat pagi hari sebelum memakai makeup. Selain melembapkan, memakai masker di pagi hari juga bermanfaat untuk menyiapkan kulit supaya makeup dapat menempel lebih sempurna. Meski begitu, ada juga masker yang didesain untuk dipakai di malam hari, misalnya overnight atau sleeping mask.

Tips perawatan wajah menggunakan masker mentimun untuk hasil yang optimal

Tips perawatan wajah menggunakan masker mentimun untuk hasil yang optimal

Guna memperoleh hasil yang optimal dari masker mentimun, terdapat tahapan memakai masker yang perlu Anda ikuti. Berikut kami ringkas tips memakai masker mentimun yang tepat untuk Anda.


  1. Sebelum memakai masker mentimun, bersihkanlah wajah terlebih dahulu menggunakan sabun cuci muka atau facial wash. Bila diperlukan, lakukan double cleansing dengan bantuan micellar water atau cleansing oil untuk membersihkan makeup yang menempel.
  2. Setelah wajah bersih, lakukan penguapan untuk membuka pori-pori kulit. Hal ini dilakukan supaya kandungan masker mentimun dapat meresap ke dalam pori-pori dan mengangkat kotoran sampai tuntas. Anda bisa melakukan penguapan menggunakan alat steamer atau dengan air hangat yang disimpan pada mangkuk.
  3. Jika Anda memilih jenis clay mask atau peel-off mask, gunakanlah kuas khusus untuk mengaplikasikan masker ke kulit. Selain memudahkan pengaplikasian, penggunakan kuas juga untuk mencegah masker terkontaminasi bakteri yang berasal dari tangan Anda. Apabila memakai sheet mask, pastikan tangan Anda telah bersih sempurna sebelum memegang masker dan menempelkannya ke wajah.
  4. Untuk jenis masker mentimun yang perlu dibilas, bersihkan wajah Anda menggunakan air hangat. Setelah bersih, keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut. Hindari menggosok wajah terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan.
  5. Untuk hasil yang lebih optimal, aplikasikan toner setelah memakai masker mentimun. Toner berguna untuk melembapkan dan mengunci manfaat dari masker yang dipakai. Bila diperlukan, Anda juga boleh menambahkan pelembap dan sunscreen setelahnya.

Baca juga rekomendasi produk masker wajah alami lainnya di sini

Selain mentimun, bahan alami lain, seperti Aloe vera, madu, dan beras juga banyak digunakan sebagai bahan dasar masker. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi menarik seputar masker wajah berbahan dasar alami lainnya!

Kesimpulan

Sekian ulasan masker mentimun yang kami berikan. Setelah membaca artikel ini, mencari masker mentimun yang cocok untuk Anda jadi lebih gampang, bukan? Untuk memperoleh hasil terbaik, sesuaikanlah jenis masker mentimun dengan tipe kulit Anda. 


Tak lupa, periksa juga bahan-bahan tambahan lainnya untuk mengatasi masalah kulit yang Anda miliki. Terakhir, hindari produk yang mengandung bahan berbahaya dan berpotensi membuat kulit iritasi. Selamat merawat kulit memakai masker mentimun!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer