1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Topi Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Topi Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Topi Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Topi Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Topi Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Topi Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Topi Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Topi merupakan salah satu perlengkapan yang diperlukan saat mendaki gunung. Selain menjaga kepala dari kemungkinan terluka, topi juga berfungsi melindungi wajah dari sinar UV dan terpaan angin. Topi untuk naik gunung biasanya didesain dengan kelebihan khusus, contohnya waterproof. Namun, Anda mungkin ingin tetap tampil fashionable saat mendaki gunung.


Kami akan membahas topi yang bagus untuk mendaki gunung beserta cara memilihnya. Beragam rekomendasi topi yang bagus dari merek Eiger, CONSINAColumbia, dan lainnya juga ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!

Diperbaharui 10-20-2022
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih topi untuk mendaki gunung

Fungsi utama dari topi untuk mendaki gunung adalah melindungi kepala dari hujan maupun sengatan matahari. Sebelum membeli topinya, Anda perlu mempertimbangkan berbagai kelebihan yang ditawarkan. Kami akan mengulas lebih lanjut melalui poin-poin berikut ini.

① Ketahui modelnya terlebih dahulu

Ketahui modelnya terlebih dahulu

Model topi untuk mendaki gunung sangat beragam. Supaya Anda tidak salah memilih, kami akan memberi tahu beberapa di antaranya dan menjelaskan karakternya juga. Simak setiap poinnya dengan saksama, ya!


  • Beanie

Sebenarnya, topi jenis ini hampir sama dengan kupluk. Hal yang membedakan beanie dengan kupluk adalah dua buah tali yang berada di kedua sisi topi. Inilah yang menjadi ciri khas beanie. Topi jenis ini biasanya terbuat dari bahan yang tebal karena digunakan saat musim dingin atau ketika sedang dingin. Tambahan lagi, bahan untuk membuat topi beanie biasanya tidak elastis seperti kupluk.


  • Topi Rimba

Topi jenis ini cukup mudah ditemui dan dianggap nyaman untuk mendaki gunung. Topi rimba juga dapat dilipat sehingga tidak akan memenuhi tas saat mendaki gunung. Topi ini juga cocok dibawa ke pantai karena memberikan perlindungan ke sekeliling kepala.


Ciri khas dari topi rimba adalah adanya tali dan brim di sekeliling topi untuk melindungi wajah serta tengkuk. Anda mungkin akan menemukan topi yang mirip topi rimba, tetapi potongannya lebih sederhana. Nama topi gunung ini adalah bucket hat.


  • Baseball

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan topi yang memiliki brim di bagian depan ini. Ya, topi ini juga sering digunakan untuk mendaki gunung. Namun, para produsen topi biasanya memodifikasi topi jenis ini dengan cara menambahkan penutup tengkuk dan penutup telinga.


Apapun bentuk topi yang Anda suka, pastikan bahwa topi memiliki ukuran yang pas. Topi yang terlalu kecil akan mengikat kepala. Sementara topi yang terlalu besar malah akan mengganggu atau malah menutup mata, atau topi menjadi mudah terbang tertiup angin.

② Pastikan bahannya sesuai dengan cuaca di gunung

Pastikan bahannya sesuai dengan cuaca di gunung

Hal selanjutnya yang harus diperiksa ialah bahan topi. Karena cuaca di gunung mudah berubah, sebaiknya pilih topi yang dapat melindungi kepala dari hujan. Akan lebih bagus jika topinya terbuat dari bahan antiair sehingga air tidak akan mudah merembes ke kepala AndaBahan topi juga sebaiknya cepat kering dan dapat menguapkan keringatJadi, kepala terhindar dari gerah, Anda pun merasa nyaman mengenakannya.


Anda bisa memilih topi yang terbuat dari Gore-Tex. Bahan yang sering dipakai untuk jaket outdoor ini dikenal antiair dan cepat kering. Sementara itu, saat cuaca sedang dingin, sebaiknya Anda memilih topi berbahan rajut yang bisa memberikan kehangatan. Anda juga dapat memilih bahan fleece yang nyaman dan mudah dicuci.


Khusus untuk pendakian saat musim panas, pastikan topi dapat melindungi kepala dari sinar UV. Jika kepala terlalu banyak terpapar sinar matahari, Anda akan cepat merasa lelah. Beberapa produsen secara spesifik menuliskan persentase kemampuan topi buatannya dalam menangkal sinar UV.

③ Jangan lupa cek bagian berikut ini

Topi untuk mendaki gunung memiliki model yang bervariasi. Anda dapat menyesuaikan dengan selera pribadi. Namun, empat hal yang berhubungan dengan model atau desain topi berikut ini sebaiknya diperhatikan dengan saksama, ya!

Brim, berguna untuk mencegah silau

Brim, berguna untuk mencegah silau

Saat mendaki gunung, direkomendasikan untuk mengenakan topi yang memiliki tepian atau brim guna memaksimalkan pandangan Anda. Selain melindungi pandangan agar tidak silau, brim juga mencegah debu dan hujan masuk ke mata.


Jika Anda ingin memasukkan topi ke dalam backpack, pilihlah brim yang dapat dilipat. Namun, apabila Anda merasa brim membatasi pandangan, pilihlah topi yang brimnya dilengkapi kancing supaya bisa melihat pemandangan dengan puas.


Untuk topi jenis cap, pastikan bagian belakangnya bisa diatur kekencangannya. Hal ini memungkinkan Anda untuk menggantungkan topi pada backpack. Walaupun brim pada topi jenis cap cenderung sulit dilipat karena berbahan keras, bagian tudung biasanya lentur dan dapat dilipat. Jadi, pastikan hal-hal tersebut sebelum membeli, ya!


Selain topi dengan brim yang lebar, penggunaan kacamata antisilau (hitam) juga sangat disarankan. Hal ini penting saat Anda berada di puncak gunung karena pantulan awan yang sudah berada di bawah Anda. Juga apabila Anda berkunjung ke daerah bersalju.

Tali dagu, topi tidak mudah terbawa angin

Tali dagu, topi tidak mudah terbawa angin

Saat angin bertiup kencang, akan sulit dan berbahaya jika Anda terus memegangi topi. Jika topi memiliki tali dagu, Anda dapat mendaki dengan nyaman karena tidak khawatir topi akan terbawa angin. Selain itu, adanya tali dagu juga membuat topi melekat dengan pas dan kencang di kepala Anda.


Selain untuk naik gunung, topi jenis ini juga cocok dipakai saat menghadiri acara outdoor lainnya. Jika tidak dilengkapi tali dagu, pastikan topi mempunyai bahan yang elastis dan dapat disesuaikan ukurannya dengan kepala Anda.


Topi dengan tali dagu sangat direkomendasikan untuk digunakan pada daerah terbuka. Daerah terbuka, seperti di lembah, pantai, atau di puncak gunung cenderung berangin kencang.

Penutup tengkuk, mencegah kulit leher terbakar

Penutup tengkuk, mencegah kulit leher terbakar

Ketika mendaki gunung kulit leher bisa terbakar karena paparan sinar matahari yang lebih tinggi. Anda bisa saja tidak merasakan paparan sinar UV karena udara gunung yang sejuk, bukan? Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah topi dengan penutup tengkuk yang dapat melindungi leher bagian belakang. 


Di pihak lain, keberadaan penutup tengkuk membuat Anda tidak perlu membawa penutup leher terpisah sehingga mengurangi barang bawaan. Ada beberapa produk yang penutup tengkuknya bisa dilipat maupun dilepas. Jadi, Anda dapat memakainya sesuai kebutuhan dan style.

Penutup telinga, melindungi dari cuaca dingin

Penutup telinga, melindungi dari cuaca dingin

Jika Anda mendaki gunung di luar negeri saat musim dingin, kami rekomendasikan untuk memilih topi yang dilengkapi penutup telinga. Bagian tubuh seperti kepala (kecuali hidung dan daun telinga) lebih cepat terpapar dingin karena tidak adanya jaringan otot.


Ketika telinga terkena udara dingin, seluruh tubuh akan kedinginan. Dengan adanya penutup telinga di bagian samping topi, Anda dapat merasa lebih hangat. 


Terdapat model topi yang penutup telinganya dapat dilepas sehingga terlihat seperti topi cap biasa. Model topi ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin memakai satu topi untuk berbagai cuaca dan musim.

10 Rekomendasi topi terbaik untuk mendaki gunung

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh topi terbaik untuk mendaki gunung yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cozmeed

Topi Rimba Snail

Cozmeed Topi Rimba Snail 1枚目

Desain retro bolak-balik, bisa disesuaikan dengan outfit Anda!

2

ELFS

Active - Outdoor Hat

ELFS Active - Outdoor Hat 1枚目

Beri perlindungan maksimal pada setiap aktivitas outdoor

3

Antarestar

Topi Rimba Gunung

Antarestar Topi Rimba Gunung 1枚目

Bebas ribet! Bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam kantong

4

BlindWear

Topi Rimba Tali Anak Polos

BlindWear Topi Rimba Tali Anak Polos 1枚目

Pilihan warnanya banyak, bisa untuk putra & putri Anda

5

Eiger

Arendal Peruvian Beanie

Eiger Arendal Peruvian Beanie 1枚目

Melindungi kepala dan telinga secara maksimal

6

Naturehike

Anti UV Double Sun Cap

Naturehike Anti UV Double Sun Cap 1枚目

Efektif menahan paparan sinar UV hingga 99,9%

7

Arei

Topi Catania 01 Bucket

Arei Topi Catania 01 Bucket 1枚目

Desainnya kekinian, pas untuk para petualang muda

8

Decathlon

FORCLAZ - Topi Anti Air Trekking Gunung Trek 900

Decathlon FORCLAZ - Topi Anti Air Trekking Gunung Trek 900 1枚目

Dapat digunakan pada saat panas ataupun hujan

9

Naturehike

Topi Hiking Hat Thermal Ear Cover 11

Naturehike Topi Hiking Hat Thermal Ear Cover 11 1枚目

Desain simpel, bobot ringan, serta cocok untuk wanita & pria

10

Columbia

Polar Power II Beanie

Columbia Polar Power II Beanie 1枚目

Makin hangat saat malam hari dengan kupluk ini

Perincian produk
Close
No.1

Desain retro bolak-balik, bisa disesuaikan dengan outfit Anda!

Salah satu keunggulan dari topi buatan Cozmeed ini adalah dapat dibolak-balik. Desainnya yang polos membuat topi ini terlihat retro dan minimalis. Dengan begitu, Anda tidak akan mati gaya saat melakukan perjalanan travelling, camping, maupun hiking.


Produk ini tentu sangat direkomendasikan untuk Anda yang mudah bosan dan suka gonta-ganti gaya. Anda pun dapat berfoto menggunakan topi berwarna hitam atau berwarna krem. Sesuaikan saja dengan warna pakaian Anda! Dengan begitu, unggahan foto di media sosial Anda akan terlihat lebih beragam.

No.2

ELFSActive - Outdoor Hat910004836

Mulai dari Rp59.000,00

Beri perlindungan maksimal pada setiap aktivitas outdoor

Apakah Anda sering keluar masuk hutan dan melakukan kegiatan outdoor pada siang hari, seperti hiking hingga memancing? Jika demikian, pertimbangkanlah untuk menggunakan produk ini. Topi ini telah dilengkapi fitur anti UV serta penutup leher, telinga, dan detachable masker.


Inovasi ini tentunya sangat berguna untuk menjaga kulit wajah dan leher supaya tidak akan terbakar sinar matahari. Tambahan lagi, topi ini memang dilengkapi brim di bagian depannya. Meskipun demikian, Anda tetap bisa melipatnya sehingga topi bisa diselipkan di kompartemen tas.

No.3

AntarestarTopi Rimba Gunung

Mulai dari Rp99.000,00

Bebas ribet! Bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam kantong

Sebenarnya, topi dari merek Antarestar ini tidak jauh berbeda dengan topi rimba pada umumnya. Hal yang membedakan topi rimba ini dengan yang lain adalah desainnya yang praktis dan simpel. Topi ini memiliki kantong penyimpanan di dalam topinya.


Kantong tersebut memungkinkan Anda untuk melipat topi dan memasukkannya ke dalam saku saat tidak digunakan. Anda juga bisa mengaitkannya pada ritsleting karena kantongnya dilengkapi pengait. Anda yang menyukai kepraktisan sepertinya akan menyukai produk ini.

No.4

BlindWearTopi Rimba Tali Anak Polos

Mulai dari Rp30.000,00

Pilihan warnanya banyak, bisa untuk putra & putri Anda

Pertimbangkan topi ini jika Anda berencana mengajak buah hati pergi jalan-jalan ke kawasan pegunungan. Bahan yang digunakan diklaim nyaman dan awet. Selain itu, desainnya trendy dan pilihan warnanya juga mencapai delapan varian. Banyak, bukan? Agar si kecil betah memakainya, tidak ada salahnya memberikan mereka kesempatan memilih warna yang diinginkan.

No.5

EigerArendal Peruvian Beanie910003580

Mulai dari Rp79.000,00

Melindungi kepala dan telinga secara maksimal

Bagi Anda yang sangat sensitif terhadap cuaca dingin, gunakanlah produk ini. Penutup di bagian sampingnya akan melindungi telinga dari udara dingin. Supaya kehangatan yang dirasakan lebih maksimal, lining bagian dalamnya dibuat lebih penuh. Anda tidak perlu khawatir beanie akan mudah terlepas karena kedua sisinya dilengkapi tali yang bisa diikatkan di bawah dagu.

No.6

NaturehikeAnti UV Double Sun CapNH21FS503

Mulai dari Rp165.000,00

Efektif menahan paparan sinar UV hingga 99,9%

Apakah Anda sering keluar masuk hutan dan melakukan kegiatan outdoor pada siang hari? Kalau begitu, pertimbangkanlah untuk menggunakan produk ini. Topi ini telah dilengkapi UPF 50+ yang dapat menahan paparan sinar UV hingga 99,9%! Jadi, kulit Anda tidak akan terbakar saat terkena sinar matahari langsung.


Adanya cape di bagian belakang dapat melindungi tengkuk Anda dari gigitan serangga hutan. Bagian brimnya membuat Anda tidak merasa silau saat melakukan hiking atau trekking pada siang hari. Bahannya juga ringan dan sejuk, lho. Banyak kelebihannya, kan?

No.7

AreiTopi Catania 01 Bucket

Mulai dari Rp119.000,00

Desainnya kekinian, pas untuk para petualang muda

Bertualang ke alam seperti hiking, trekking, dan camping memang sangat menyenangkan. Namun, jangan biarkan perlengkapan pendakian Anda terlihat biasa-biasa saja. Karena itu, selain harus fungsional, pilihlah produk yang dapat menunjang penampilan Anda.


Bucket hat memiliki desain yang lebih modern dibandingkan topi rimba pada umumnya. Desain petualangnya dikombinasikan dengan motif dan warna yang kekinian. Topi ini cocok untuk para wanita yang ingin bertualang dengan tetap fashionable.

No.8

DecathlonFORCLAZ - Topi Anti Air Trekking Gunung Trek 9008526271

Mulai dari Rp330.000,00

Dapat digunakan pada saat panas ataupun hujan

Ingin memiliki topi dengan bahan berkualitas yang dapat digunakan, baik saat panas maupun hujan? Topi produksi Decathlon ini adalah pilihan yang tepat. Beberapa kelebihannya adalah perlindungan antiair yang diklaim mampu melindungi kepala dari hujan selama dua jam.


Bahannya telah memiliki perlindungan UV. Tambahan lagi, topi ini juga mampu melepaskan uap yang dihasilkan oleh tubuh sehingga kenyamanan Anda makin bertambah. Topi ini sangat direkomendasikan untuk dibawa ke pantai maupun gunung karena cukup ringkas. Bagaimana? Anda tertarik untuk memilikinya?

No.9

NaturehikeTopi Hiking Hat Thermal Ear Cover 11NH12M011-Z

Mulai dari Rp230.000,00

Desain simpel, bobot ringan, serta cocok untuk wanita & pria

Topi yang dilengkapi banyak fitur mungkin sangat berguna, tetapi kenyamanan juga tidak boleh dilupakan. Jika Anda mencari topi yang nyaman dengan beragam fitur, produk ini adalah jawabannya. Mulai dari anti UV hingga waterproof, topi buat naik gunung ini sudah dilengkapi hal tersebut.


Dari segi kenyamanan, Anda tak perlu khawatir karena topi ini sangat ringan! Bobotnya hanya sekitar 20 gram. Selain itu, area bagian dalamnya dilengkapi mesh supaya topi lebih empuk saat digunakan. Bentuknya yang trendy dan lain dari topi pada umumnya, menjadikan topi ini banyak disukai orang baik pria maupun wanita.

No.10

ColumbiaPolar Power II Beanie

Mulai dari Rp449.000,00

Makin hangat saat malam hari dengan kupluk ini

Ketika malam tiba, cuaca di gunung akan lebih dingin dari biasanya. Untuk itu, Anda harus mengenakan pakaian hangat, termasuk penutup kepala. Sebagai rekomendasi, pilihlah topi buatan Columbia ini.


Dengan topi ini, telinga Anda akan terasa lebih hangat. Meski tidak anti-air, bahan topi ini dapat menahan hawa dingin (bukan angin kencang). Tidur di tenda pun akan lebih nyaman. Sebagai tambahan, produk ini dilengkapi dengan Omni-Heat™ yang akan membuat Anda 20% lebih hangat. Menarik, kan?

Baca juga rekomendasi topi lainnya di sini

Selain topi untuk mendaki gunung, Anda mungkin tertarik untuk membeli topi jenis lainnya. Sebut saja topi untuk bersepeda dan topi baseball. Tak hanya untuk pria, ada pula topi untuk wanita. Jika Anda ingin membaca informasinya secara lengkap, silakan klik tautan berikut ini!

Kesimpulan

Memakai topi gunung sangat diperlukan untuk membuat pendakian berjalan lebih aman. Kami telah memperkenalkan beberapa produk terbaik untuk Anda. Setiap produk memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Apakah Anda telah menemukan produk yang disukai?


Agar lebih nyaman, Anda bisa membeli beberapa produk berbeda untuk dipakai bergantian sesuai dengan cuaca. Semoga ulasan ini bisa membantu Anda. Selamat mendaki gunung dan ingatlah untuk tetap berhati-hati!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer