1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 7 Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)
  • 7 Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 7 Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 7 Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 7 Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 7 Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 5

7 Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)

Minyak alpukat adalah salah satu jenis minyak nabati yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Minyak ini memiliki rasa yang ringan sehingga nikmat saat digunakan untuk memasak atau dikonsumsi secara langsung. Tidak heran, banyak masyarakat yang mulai tertarik mengonsumsi minyak alpukat.


Saat ini, telah terdapat banyak merek minyak alpukat di pasaran, seperti Tamba Sanji Wani, IBEX, dan Mantova. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih minyak alpukat yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Yuk, simak artikel yang sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.

Diperbaharui 01-26-2023
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa fungsi minyak alpukat?

Apa fungsi minyak alpukat?
Sebenarnya, ada dua jenis minyak alpukat, yaitu untuk dikonsumsi dan untuk kosmetik. Minyak yang dirancang sebagai kosmetik dapat digunakan pada rambut dan kulit. Minyak alpukat yang kami jelaskan pada artikel ini merupakan produk-produk yang ditujukan untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, bila ingin merawat kulit dan rambut, silakan gunakan minyak alpukat yang ditujukan khusus untuk kecantikan.

Namun, terlepas dari bagaimana minyak alpukat digunakan, minyak alpukat yang kaya akan vitamin dan mineral memiliki banyak manfaat, lho. Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak alpukat untuk kesehatan Anda.

  • Menjaga kesehatan jantung: Asam oleat yang terkandung dalam alpukat diyakini dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Maka, mengonsumsi minyak alpukat dalam jumlah yang wajar dan rutin dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

  • Merawat kesehatan kulit: Minyak alpukat diketahui dapat mempercepat penyembuhan luka luar. Hal ini karena kandungan vitamin E dan lutein pada minyak alpukat mampu memperbaiki dan merawat skin barrier Anda. Selain itu, minyak alpukat juga dikenal dapat membantu mengobati penyakit proriasis.

  • Mengurangi ketegangan pada mata: Minyak alpukat mengandung vitamin A yang terkenal dengan fungsinya menjaga kesehatan mata. Ditambah lagi, kekuatan duo karotenoid lutein dan zeaxanthin yang bersifat antioksidan akan membuat mata Anda menjadi lebih sehat.

  • Meringankan gejala radang sendi: Sejumlah penelitian membuktikan, minyak alpukat dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan akibat osteoarthritis.

  • Menurunkan risiko terkena penyakit kronis: Berbagai nutrisi yang dimiliki minyak alpukat diketahui bersifat antioksidan. Antioksidan dipercaya dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti kanker dan gagal ginjal. Penelitian juga membuktikan minyak alpukat dapat menurunkan risiko kerusakan ginjal pada penderita diabetes.

Cara memilih minyak alpukat untuk memasak

Ada tiga poin utama yang harus Anda perhatikan saat memilih minyak alpukat untuk memasak. Silakan perhatikan poin-poin yang akan kami jabarkan di bawah ini untuk menghindari kesalahan saat membeli minyak alpukat.

① Ketahui metode ekstraksi minyak alpukat

Ada dua metode pengekstraksian minyak dari buah alpukat, yaitu cold pressed dan hot pressed. Apabila Anda ingin membeli minyak alpukat untuk konsumsi, disarankan untuk memilih produk yang diekstrak dengan metode cold pressed. Hal ini dikarenakan minyak yang dihasilkan dari metode tersebut lebih kaya manfaat kesehatan.

Cold pressed, kaya nutrisi dan berkualitas tinggi

Cold pressed, kaya nutrisi dan berkualitas tinggi

Cold pressed merupakan metode pemerasan minyak secara perlahan pada suhu rendah sehingga tidak menimbulkan panas. Sayangnya, metode ini hanya mampu menghasilkan minyak dengan jumlah lebih sedikit. Dibandingkan hasil metode hot pressed, metode cold pressed  hanya memberi hasil sekitar setengahnya sehingga harga jualnya menjadi lebih mahal. Namun, nutrisi dan kualitas minyak alpukat yang diekstraksi dengan metode cold pressed bisa dipastikan lebih terjaga.


Selain mempertimbangkan proses pengekstraksian, Anda juga disarankan untuk memilih minyak alpukat yang tidak dimurnikan. Dengan begitu, Anda tetap bisa menikmati warna dan aroma unik dari minyak alpukat. Tentu saja produk dengan jenis ini juga memiliki nilai gizi yang lebih tinggi saat dikonsumsi secara langsung.


Sayangnya, di pasaran ada pula minyak alpukat yang telah mengalami pemurnian sehingga warna dan rasanya telah berubah. Jika memungkinkan, silakan hindari jenis minyak seperti ini karena biasanya kandungan gizinya sudah berkurang. Terlebih, produk seperti ini umumnya banyak mengandung zat aditif.

Hot pressed, lebih murni dan mengandung sedikit air

Hot pressed, lebih murni dan mengandung sedikit air

Pada dasarnya, ekstraksi alpukat dengan suhu tinggi (hot pressed) lebih efisien karena dapat menghasilkan lebih banyak minyak. Namun, nutrisi pada minyak alpukat yang melalui proses ini akan rusak sehingga cenderung lebih cepat teroksidasi. Jadi, untuk menutupi kekurangan ini biasanya produsen menambahkan banyak bahan aditif ke dalam minyak alpukat.

② Periksa keamanan bahan yang terkandung dalam minyak alpukat

Periksa keamanan bahan yang terkandung dalam minyak alpukat
Penggunaan minyak alpukat yang tidak murni dalam jangka panjang tentu tidak baik bagi tubuh Anda. Karena itu, berhati-hatilah saat memilih produk. Saat akan mengonsumsi minyak alpukat, tentu Anda ingin menggunakan produk dengan kualitas terbaik, bukan? Silakan periksa kembali beberapa hal berikut ini sebelum membeli produk minyak alpukat.

  • Komposisi bahan: Daftar ingredients biasanya tercantum pada kemasan produk. Anda bisa memeriksa kembali daftar tersebut untuk meghindari bahan-bahan yang tidak cocok untuk Anda.

  • Zat aditif: Keberadaan bahan aditif dan kimia pada minyak alpukat adalah hal penting yang harus diperhatikan. Sebagian minyak alpukat mengandung bahan aditif dan kimia untuk memperlambat oksidasi, serta meningkatkan efisiensi ekstraksi.

  • Sertifikasi dari lembaga terkait: Pastikan produk telah disetujui oleh lembaga terkait. Hal ini penting agar Anda pun makin yakin bahwa minyak alpukat aman untuk di konsumsi. Pastikan produk pilihan sudah memegang sertifikat seperti BPOM, USDA, BIO, FDA, atau sertifikasi organik lainnya.

③ Pertimbangkan asal produk minyak alpukat

Pertimbangkan asal produk minyak alpukat

Faktor penting yang menentukan kualitas minyak alpukat adalah seberapa cepat waktu yang dibutuhkan sejak panen hingga pengekstraksian alpukat. Jadi, bisa dikatakan keberadaan lokasi produksi dan area perkebunan sangat berpengaruh terhadap kualitas minyak. Di banyak perkebunan alpukat, setelah panen biasanya alpukat dikirim ke tempat pengekstraksian yang berada di lokasi lain.


Tentu saja alpukat dapat mengalami oksidasi selama pengiriman sehingga berakibat pada turunnya kualitas minyak alpukat yang dihasilkan. Untuk itu, akan lebih baik bila kebun dan tempat ekstraksi berada di lokasi yang sama. Dengan demikian, alpukat dapat dikelola secara terpusat untuk menghasilkan minyak alpukat berkualitas tinggi.


Selain itu, karena alpukat merupakan jenis buah, akan lebih baik bila petani mengetahui waktu matangnya. Dengan begitu, kualitas minyak yang dihasilkan akan lebih baik. Bila Anda ingin mendapatkan minyak dengan kualitas terbaik, silakan memilih produk dari produsen yang memperhatikan kualitas buahnya secara ketat.

④ Pilih minyak alpukat dengan kemasan botol kedap cahaya atau wadah stainless steel

Pilih minyak alpukat dengan kemasan botol kedap cahaya atau wadah stainless steel

Minyak alpukat akan teroksidasi saat terkena sinar matahari. Untuk menjaga kualitas minyak alpukat, sebaiknya Anda memilih produk yang dikemas dalam botol kedap cahaya. Bila Anda telanjur membeli minyak alpukat dalam botol transparan, pindahkanlah ke dalam botol kedap cahaya. Anda juga bisa menutup botol transparan dengan aluminium foil untuk mencegahnya terkena sinar matahari. 


Pada dasarnya, semua minyak sangat sensitif terhadap udara, panas, dan cahaya. Oleh karena itu, pastikan botol minyak Anda tertutup dengan sempurna. Sebaiknya Anda juga menghindari penggunaan botol plastik karena zat kimianya bisa ikut larut dalam minyak. Jadi, jangan lupa untuk memastikan penggunaan botol kedap cahaya atau wadah stainless steel sejak awal, ya.


Penting untuk diingat bahwa minyak alpukat akan memulai proses oksidasi sejak hari pertama kemasan dibuka. Alhasil, kualitas rasa, phytochemicals, dan vitamin di dalamnya akan menurun. Jadi, sebaiknya gunakan minyak alpukat dalam rentang waktu satu bulan hingga tiga bulan setelah kemasan dibuka.

7 Rekomendasi minyak alpukat terbaik untuk memasak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan tujuh produk minyak alpukat terbaik untuk memasak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastuti, SP.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

La Tourangelle

Avocado Oil

La Tourangelle Avocado Oil 1枚目

Produk multifungsi untuk kesehatan dan kecantikan

2

Tamba Sanji Wani

TSb Minyak Alpukat 100% Murni & Alami

Tamba Sanji Wani TSb Minyak Alpukat 100% Murni & Alami 1枚目

Produk lokal yang tidak kalah hebat

3

Fratelli Mantova

100% Pure Avocado Oil

Fratelli Mantova 100% Pure Avocado Oil 1枚目

Kepala spray-nya memudahkan penggunaan

4

IBEX

Virgin Avocado Oil

IBEX Virgin Avocado Oil 1枚目

Titik asap yang tinggi, pilihan aman untuk menggoreng daging

5

Chosen Foods

Virgin Avocado Oil

Chosen Foods Virgin Avocado Oil 1枚目

Hasilkan makanan yang lebih enak dan sehat

6

Green Tosca

Avocado Oil

Green Tosca Avocado Oil 1枚目

Cegah si kecil mogok makan dengan keunikan rasa minyak alpukat

7

Chosen Foods

100% Pure Avocado Oil Spray

Chosen Foods 100% Pure Avocado Oil Spray 1枚目

100% minyak alpukat murni yang serbaguna

Perincian produk
Close
No.1

Produk multifungsi untuk kesehatan dan kecantikan

Bila Anda mencari minyak alpukat multifungsi, La Tourangelle Avocado Oil adalah jawabannya. Penggunaan alpukat premium menjadikan produk ini berkualitas tinggi dan murni. Minyak yang 100% alami ini kaya rasa dan lezat sehingga secara otomatis dapat meningkatkan rasa masakan Anda. 


Tidak hanya itu, nutrisi di dalamnya pun dapat digunakan untuk perawatan kulit dan rambut. Jadi, selain dapat dikonsumsi sebagai makanan, produk ini dapat diaplikasikan pada kulit Anda. Yuk, segera coba!

No.2

Tamba Sanji WaniTSb Minyak Alpukat 100% Murni & Alami

Mulai dari Rp205.700,00

Produk lokal yang tidak kalah hebat

Jika Anda lebih menyukai produk lokal, minyak alpukat ini adalah salah satu opsinya. Meski merupakan produk lokal, kualitas minyak ini tidak main-main, lho. Produk ini menggunakan 100% minyak alpukat tanpa tambahan bahan kimia atau aditif. Selain itu, TSb Minyak Alpukat kaya akan lutein yang berfungsi untuk merawat kesehatan mata. 

No.3

Fratelli Mantova100% Pure Avocado Oil

Mulai dari Rp90.000,00

Kepala spray-nya memudahkan penggunaan

Bagi Anda pencinta kepraktisan, Fratelli Mantova 100% Pure Avocado Oil paling pas untuk dipilih. Dengan kepala botol berbentuk spray, minyak alpukat ini lebih mudah dan bisa cepat digunakan. Saat Anda berada di luar rumah, kemasan produk ini pasti akan sangat membantu. Anda pun tak perlu khawatir lagi akan mengotori meja atau menuangkan minyak terlalu banyak ke masakan.

No.4

IBEXVirgin Avocado Oil

Mulai dari Rp225.000,00

Titik asap yang tinggi, pilihan aman untuk menggoreng daging

Salah satu keunggulan minyak alpukat dari IBEX ini adalah titik asapnya yang tinggi. Karena itu, kini Anda dapat menggoreng daging dengan cara yang sehat. Tidak perlu lagi merasa khawatir dan bersalah karena lemak akan menumpuk. Minyak alpukat yang rendah lemak dan bebas kolesterol ini bisa jadi solusi Anda yang ingin tetap makan gorengan kesukaan. Bye-bye kolesterol tinggi!

No.5

Chosen FoodsVirgin Avocado Oil

Mulai dari Rp249.900,00

Hasilkan makanan yang lebih enak dan sehat

Setiap botol minyak alpukat dari Chosen Foods dibuat dari alpukat terbaik yang matang di bawah matahari. Produk ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang sedang mulai menjalani gaya hidup sehat. Anda dapat menggunakan minyak alpukat ini sebagai salad dressing atau saus cocolan. Untuk Anda yang suka memasak, jangan khawatir karena produk ini bisa juga digunakan untuk menumis dan memanggang. 

No.6

Cegah si kecil mogok makan dengan keunikan rasa minyak alpukat

Saat memasuki usia pertumbuhan, terkadang anak-anak lebih rewel dalam mengonsumsi makanan. Untuk mengakalinya, Anda dapat menggunakan Green Tosca Avocado Oil sebagai tambahan nutrisi untuk si kecil. Selain lezat, minyak alpukat ini juga memiliki nilai gizi dan kadar antioksidan yang tinggi. Anda tinggal mengoleskan minyak ini sebagai salad dressing atau pengganti mentega pada roti, kue, hingga cake.

No.7

Chosen Foods100% Pure Avocado Oil Spray

Mulai dari Rp239.000,00

100% minyak alpukat murni yang serbaguna

Apakah Anda sedang mencari minyak alpukat yang serbaguna? Nah, 100% Pure Avocado Oil Spray ini bisa jadi partner sempurna untuk Anda berkreasi di dapur. Mengandung 100% minyak alpukat murni tanpa campuran minyak lain membuat produk ini lebih sehat dan punya rasa yang khas. Anda juga tidak perlu lagi khawatir soal keamanannya karena produk ini sudah dilengkapi sertifikat dari non-GMO project!

Pertanyaan umum mengenai minyak alpukat

Meski kaya akan manfaat, ternyata ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan minyak alpukat. Silakan baca pertanyaan seputar minyak alpukat ini dengan saksama agar Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari minyak alpukat.

Apa manfaat minyak alpukat untuk wajah dan efek samping lainnya pada kulit?

Apa manfaat minyak alpukat untuk wajah dan efek samping lainnya pada kulit?

Minyak alpukat untuk tujuan kecantikan merupakan minyak dengan kemurnian yang lebih tinggi. Kemurnian ini didapatkan dengan cara menghilangkan seluruh kotoran yang menempel pada minyak alpukat. Namun sayangnya, banyak orang justru merawat kulitnya dengan memakai minyak alpukat yang ditujukan untuk konsumsi. Sebaiknya hal itu tidak Anda lakukan karena dapat menyebabkan masalah pada kulit. 


Agar tidak menimbulkan masalah pada kulit, sebaiknya Anda pastikan dulu apakah minyak alpukat pilihan Anda adalah untuk kepentingan kosmetik. Kulit Anda bisa makin bermasalah bila ada bahan aditif dan kimia yang ditambahkan selama proses pembuatan minyak alpukat


  • Mempercepat proses penuaan: Keberadaan lipid peroxide pada minyak alpukat juga dapat menyebabkan masalah kulit dan mempercepat proses penuaan. Oleh sebab itu, jika memungkinkan, silakan campurkan minyak alpukat dengan minyak jojoba yang mengandung wax ester.

  • Dermatitis atopik: Minyak alpukat memiliki kadar asam linoleat yang tinggi. Oleh karena itu, orang yang sudah memiliki dermatitis atopik tidak diizinkan untuk menggunakan minyak alpukat.

  • Iritasi dan reaksi alergi: Asosiasi minyak kecantikan dari Jepang tidak merekomendasikan penggunaan minyak alpukat pada kulit tanpa campuran produk lain. Hal ini dikarenakan reaksi minyak alpukat yang berubah pada kulit saat terkena panas, udara, dan cahaya.

Hasil yang didapat setiap orang setelah menggunakan minyak alpukat dapat berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh cara mengonsumsi dan kondisi tubuhnya. Jadi, bila Anda menderita dermatitis atopik dan pemilik kulit sensitif, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu tentang penggunaan minyak alpukat.

Bagaimana cara menyimpan produk minyak alpukat?

Bagaimana cara menyimpan produk minyak alpukat?

Agar dapat menggunakan minyak alpukat dalam kondisi terbaiknya, simpanlah produk di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Hindari juga menaruhnya di tempat yang terlalu dingin karena akan memadat saat suhu udara sekitar 10°C atau kurang. Namun, minyak dapat kembali ke dalam bentuk cair pada suhu kamar. Meski tidak ada masalah dalam kualitas, biasanya aromanya akan memudar dan rasanya akan berubah.


Perlu diketahui, tergantung pada produknya, minyak alpukat dapat disimpan sekitar enam bulan hingga satu tahun. Namun, batas tersebut berlaku saat botol belum dibuka. Setelah dibuka, minyak akan bersentuhan dengan udara dan mulai teroksidasi. Setelah Anda buka, gunakanlah minyak alpukat tersebut dalam waktu tiga bulan saja.

Apa efek samping dari mengonsumsi minyak alpukat secara berlebihan?

Apa efek samping dari mengonsumsi minyak alpukat secara berlebihan?

Minyak alpukat sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan, bahkan memiliki efek untuk diet. Namun, minyak alpukat tetap memiliki kalori yang tinggi. Satu sendok makan minyak alpukat menyimpan 124 kalori.


Jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, bisa jadi Anda malah akan kelebihan kalori. Asupan harian minyak alpukat yang disarankan adalah sekitar satu sendok makan (10-20 gr).

Baca juga rekomendasi minyak untuk memasak lainnya di sini

Selain minyak alpukat, masih ada minyak nabati lain yang nikmat saat digunakan untuk memasak. Minyak kelapa dan minyak wijen merupakan beberapa contohnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang minyak-minyak ini, segera cek artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Minyak alpukat merupakan salah satu minyak yang kaya akan kandungan gizi. Tidak heran bila banyak orang mulai beralih ke minyak alpukat. Jika Anda ingin memberikan hidangan terbaik bagi orang tersayang, silakan coba menambahkan minyak alpukat. Rasanya yang ringan dan aromanya yang nikmat pasti akan menambah kelezatan hidangan Anda.


Nah, bagaimana menurut Anda tentang artikel minyak alpukat kami? Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat menemukan minyak alpukat yang paling cocok!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer