• 7 Rekomendasi Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 7 Rekomendasi Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 7 Rekomendasi Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 7 Rekomendasi Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 7 Rekomendasi Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021) 5

7 Rekomendasi Minyak Alpukat Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2021)

Minyak alpukat adalah salah satu jenis minyak nabati yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Minyak ini memiliki rasa yang ringan sehingga nikmat saat digunakan untuk memasak atau dikonsumsi secara langsung. Tidak heran, banyak masyarakat yang mulai tertarik mengonsumsi minyak alpukat.


Saat ini telah terdapat banyak merek minyak alpukat di pasaran, seperti Olitalia, Green Tosca, La Tourangelle, dan lainnya. Namun, merek manakah yang terbaik? Tak perlu bingung karena kali ini kami akan menjelaskan cara memilih minyak alpukat. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik yang bisa dijadikan referensi. Jadi, mari disimak!

  • Pembaharuan terakhir: 26 Januari 2021
Daftar isi

Cara memilih minyak alpukat untuk memasak

Ada tiga poin utama yang harus Anda perhatikan saat memilih minyak alpukat untuk memasak. Silakan perhatikan poin-poin yang akan kami jabarkan di bawah ini untuk menghindari kesalahan saat membeli minyak alpukat.

Pilih produk yang diekstrak dengan metode cold pressed dan tidak dimurnikan

Pilih produk yang diekstrak dengan metode cold pressed dan tidak dimurnikan

Ada dua metode pengekstraksian minyak dari buah alpukat yaitu cold pressed dan hot pressed. Apabila Anda ingin membeli minyak alpukat, disarankan untuk memilih produk yang diekstrak dengan metode cold pressed. Hal ini dikarenakan minyak yang dihasilkan dari metode tersebut lebih kaya nutrisi, serta berkualitas tinggi.


Pada dasarnya, ekstraksi alpukat dengan suhu tinggi (hot pressed) lebih efisien karena dapat menghasilkan lebih banyak minyak. Namun, nutrisi pada minyak alpukat akan rusak sehingga cenderung lebih cepat teroksidasi. Untuk menutupi kekurangan ini, biasanya produsen menambahkan banyak bahan aditif ke dalam minyak alpukat.


Di sisi lain, cold pressed merupakan metode pemerasan minyak secara perlahan pada suhu rendah sehingga tidak menimbulkan panas. Sayangnya, metode ini hanya mampu menghasilkan minyak dengan jumlah lebih sedikit. Dibandingkan hasil yang didapat dari metode hot pressed, metode cold pressed hanya memberi hasil sekitar setengahnya. Otomatis harga jualnya menjadi lebih mahal akibat tingkat efisiensi yang rendah. Namun, nutrisi dan kualitas minyak alpukat yang diekstraksi dengan metode cold pressed bisa dipastikan lebih terjaga.


Menurut para ahli, suhu rendah yang paling pas digunakan untuk mengekstraksi minyak adalah di bawah 40℃. Meski terkesan terlalu dingin, sebaiknya Anda tetap menghindari mengekstraksi minyak di atas suhu tersebut.


Selain mempertimbangkan proses pengekstraksian, Anda juga disarankan untuk memilih minyak alpukat yang tidak dimurnikan. Dengan begitu, Anda tetap bisa menikmati warna dan aroma unik dari minyak alpukat. Tentu saja produk dengan jenis ini juga memiliki nilai gizi yang lebih tinggi saat dikonsumsi secara langsung.


Sayangnya, di pasaran ada pula minyak alpukat yang telah mengalami pemurnian sehingga warna dan rasanya telah berubah. Jika memungkinkan, silakan hindari jenis minyak seperti ini karena biasanya kandungan gizinya sudah berkurang. Terlebih, produk seperti ini umumnya banyak mengandung zat aditif.

Periksa sertifikasinya, pastikan tidak ada bahan aditif atau kimia yang digunakan

Periksa sertifikasinya, pastikan tidak ada bahan aditif atau kimia yang digunakan

Saat akan mengonsumsi minyak alpukat, tentu Anda ingin menggunakan produk dengan kualitas terbaik, bukan? Untuk itu, silakan Anda periksa daftar komposisi bahan yang biasanya tercantum pada kemasan produk. Selain itu, pastikan juga keberadaan tanda sertifikasi dari lembaga sertifikasi organik.


Pada dasarnya, alpukat dapat dibudidayakan dan diimpor/diekspor tanpa menggunakan banyak pestisida. Bisa dikatakan bahwa buah ini sangat aman untuk dimakan. Namun, sebagian minyak alpukat mengandung bahan aditif dan kimia untuk memperlambat oksidasi, serta meningkatkan efisiensi ekstraksi. Jadi, keamanan buah alpukat dan minyak alpukat merupakan dua hal yang berbeda.


Penggunaan minyak alpukat yang tidak murni dalam jangka panjang tentu tidak baik bagi tubuh Anda. Hal tersebut bisa membahayakan kesehatan Anda. Karena itu, berhati-hatilah saat memilih produk.


Keberadaan bahan aditif dan kimia pada minyak alpukat adalah hal penting yang harus diperhatikan. Untuk produk impor, akan lebih aman jika Anda memilih produk dengan tanda sertifikasi organik. Beberapa sertifikasi organik tersebut antara lain JAS dari Jepang, USDA dari Amerika, dan BIO dari Eropa. Meski memakan lebih banyak waktu dan uang untuk mendapatkan sertifikasi organik, hal tersebut dapat menunjukkan komitmen produsen.


Meski begitu, ada beberapa produk yang kesegarannya terjaga walau tidak memiliki tanda sertifikasi organik. Sayangnya, produk tanpa sertifikasi tetap sulit untuk dipercaya keasliannya. Jadi, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi kualitas suatu produk bila terdapat tanda sertifikasi.

Area produksi minyak sebaiknya berdekatan dengan area perkebunan

Area produksi minyak sebaiknya berdekatan dengan area perkebunan

Faktor penting yang menentukan kualitas minyak alpukat adalah seberapa cepat waktu yang dibutuhkan sejak panen hingga pengekstraksian alpukat. Di banyak perkebunan alpukat, setelah panen biasanya alpukat dikirim ke tempat pengekstraksian yang berada di lokasi lain.


Tentu saja alpukat dapat mengalami oksidasi selama pengiriman sehingga berakibat pada turunnya kualitas minyak alpukat yang dihasilkan. Untuk itu, akan lebih baik bila kebun dan tempat ekstraksi berada di lokasi yang sama. Dengan demikian, alpukat dapat dikelola secara terpusat untuk menghasilkan minyak alpukat berkualitas tinggi.


Permasalahan ini mirip dengan proses pengekstaksian buah zaitun. Pada buah zaitun, rentang waktu antara panen dan pengekstraksian sangat memengaruhi rasa, aroma, dan kesegaran minyak zaitun. Jadi, bisa dikatakan keberadaan lokasi produksi dan area perkebunan sangat berpengaruh terhadap kualitas minyak.


Selain itu, karena alpukat merupakan jenis buah, akan lebih baik bila petani mengetahui waktu matangnya. Dengan begitu, kualitas minyak yang dihasilkan akan lebih baik. Bila Anda ingin mendapatkan minyak dengan kualitas terbaik, silakan memilih produk dari produsen yang memperhatikan kualitas buahnya secara ketat.

Usahakan untuk memilih kemasan dari botol kedap cahaya atau wadah stainless steel

Usahakan untuk memilih kemasan dari botol kedap cahaya atau wadah stainless steel

Minyak alpukat akan teroksidasi saat terkena sinar matahari. Untuk menjaga kualitas minyak alpukat, sebaiknya Anda memilih produk yang dikemas dalam botol kedap cahaya. Bila Anda telanjur membeli minyak alpukat dalam botol transparan, pindahkanlah ke dalam botol kedap cahaya. Anda juga bisa menutup botol transparan dengan aluminium foil untuk mencegahnya terkena sinar matahari. Agar lebih praktis digunakan, silakan pilih ukuran minyak alpukat yang sesuai kebutuhan. Jangan lupa, pastikan penggunaan botol kedap cahaya atau wadah stainless steel sejak awal, ya.


Pada dasarnya, semua minyak sangat sensitif terhadap udara, panas, dan cahaya. Oleh karena itu, pastikan botol minyak Anda tertutup dengan sempurna. Sebaiknya Anda juga menghindari penggunaan botol plastik karena zat kimianya bisa ikut larut dalam minyak.


Penting untuk diingat bahwa minyak alpukat akan memulai proses oksidasi sejak hari pertama kemasan dibuka. Alhasil, kualitas rasa, phytochemicals, dan vitamin di dalamnya akan menurun. Jadi, sebaiknya gunakan minyak alpukat dalam rentang waktu satu bulan hingga tiga bulan setelah kemasan dibuka.

7 Rekomendasi minyak alpukat terbaik untuk memasak

Setelah menjelaskan cara pemilihan minyak alpukat, sekarang saatnya kami memberikan rekomendasi produk terbaik. Pilihlah minyak alpukat yang paling sesuai dengan selera Anda!

7
Metode ekstraksiTidak disebutkan
Bahan kimia/aditif×
Negara asalMeksiko
KemasanBotol kaleng
Volume147 ml
6
Metode ekstraksiTidak disebutkan
Bahan kimia/aditifTidak disebutkan
Negara asalMeksiko
KemasanBotol kaca
Volume1000 ml
5

Tamba Sanji WaniTSb Minyak Alpukat 100% Murni & Alami

Mulai dari Rp 170.000,00

Metode ekstraksiCold pressed
Bahan kimia/aditif×
Negara asalIndonesia
KemasanBotol kaca
Volume500 ml, 1.000 ml
4
Metode ekstraksiExpeller pressed
Bahan kimia/aditif×
Negara asalMeksiko
KemasanBotol kaca
Volume500 ml
3
Metode ekstraksiCold pressed
Bahan kimia/aditif×
Negara asalSelandia Baru
KemasanBotol kaca
Volume250 ml
2
Metode ekstraksiExpeller pressed
Bahan kimia/aditif×
Negara asalAmerika/Meksiko
KemasanBotol kaleng
Volume250 ml
1
Metode ekstraksiCold pressed
Bahan kimia/aditif×
Negara asalItalia
KemasanBotol kaca
Volume250 ml

Tabel perbandingan produk minyak alpukat terbaik untuk memasak

Gambar produk
1
Olitalia Avocado Oil 1

Olitalia

2
La Tourangelle Avocado Oil 1

La Tourangelle

3
Green Tosca Avocado Oil 1

Green Tosca

4
Chosen Foods 100% Pure Avocado Oil 1

Chosen Foods

5
Tamba Sanji Wani TSb Minyak Alpukat 100% Murni & Alami 1

Tamba Sanji Wani

6
Golden Leaves Avocado Oil 1

Golden Leaves

7
Fratelli Mantova 100% Pure Avocado Oil 1

Fratelli Mantova

Nama produk

Avocado Oil

Avocado Oil

Avocado Oil

100% Pure Avocado Oil

TSb Minyak Alpukat 100% Murni & Alami

Avocado Oil

100% Pure Avocado Oil

Keunggulan

Paling nikmat dengan rasa dan aroma yang kuat

Produk multifungsi untuk kesehatan dan kecantikan

Tak ada lagi cerita si kecil mogok makan

Hasilkan gorengan yang lebih enak dan sehat

Produk lokal yang tidak kalah hebat

Ukuran besar dengan kualitas terjaga

Kepala spray-nya memudahkan penggunaan

Harga mulai dariRp 215.000,00Rp 149.900,00Rp 300.000,00Rp 369.000,00Rp 170.000,00Rp 428.000,00Rp 110.000,00
Metode ekstraksiCold pressedExpeller pressedCold pressedExpeller pressedCold pressedTidak disebutkanTidak disebutkan
Bahan kimia/aditif×××××Tidak disebutkan×
Negara asalItaliaAmerika/MeksikoSelandia BaruMeksikoIndonesiaMeksikoMeksiko
KemasanBotol kacaBotol kalengBotol kacaBotol kacaBotol kacaBotol kacaBotol kaleng
Volume250 ml250 ml250 ml500 ml500 ml, 1.000 ml1000 ml147 ml
Tautan produk

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan minyak alpukat

Meski kaya akan manfaat, ternyata ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan minyak alpukat. Silakan baca dengan saksama agar Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari minyak alpukat.

Untuk pemilik dermatitis atopik, konsultasikan pada dokter sebelum penggunaan

Untuk pemilik dermatitis atopik, konsultasikan pada dokter sebelum penggunaan

Asupan asam linoleat yang berlebihan tidak hanya menyebabkan alergi, tetapi juga dapat menyebabkan dermatitis atopik. Oleh karena itu, orang yang sudah memiliki dermatitis atopik tidak diizinkan untuk menggunakan minyak alpukat. Hal ini dikarenakan minyak alpukat memiliki kadar asam linoleat yang tinggi.


Hasil yang didapat setiap orang setelah menggunakan minyak alpukat dapat berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh cara mengonsumsi dan kondisi tubuhnya. Jadi, bila Anda menderita dermatitis atopik, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu tentang dosis dan penggunaan minyak alpukat.

Pilih minyak khusus untuk kecantikan bila diaplikasikan pada kulit atau rambut

Pilih minyak khusus untuk kecantikan bila diaplikasikan pada kulit atau rambut

Sebenarnya, ada dua jenis minyak alpukat yaitu untuk dikonsumsi dan untuk kosmetik. Minyak yang dirancang sebagai kosmetik dapat digunakan pada rambut dan kulit. Minyak alpukat yang kami jelaskan pada artikel ini merupakan produk-produk yang ditujukan untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, bila ingin merawat kulit dan rambut, silakan gunakan minyak alpukat yang ditujukan khusus untuk kecantikan.


Minyak alpukat untuk tujuan kecantikan merupakan minyak dengan kemurnian yang lebih tinggi. Kemurnian ini didapatkan dengan cara menghilangkan seluruh kotoran yang menempel pada minyak alpukat. Namun sayangnya, banyak orang justru merawat kulitnya dengan memakai minyak alpukat yang ditujukan untuk konsumsi. Sebaiknya hal itu tidak Anda lakukan karena dapat menyebabkan masalah pada kulit. Kulit Anda bisa makin bermasalah bila ada bahan aditif dan kimia yang ditambahkan selama proses pembuatan minyak alpukat. Jadi, jangan samapi salah pakai, ya.


Anda bisa saja tidak memiliki reaksi alergi setelah melakukan tes patch pada minyak alpukat. Namun, merawat kulit dengan mamakai minyak alpukat untuk konsumsi tetap tidak diperbolehkan, terutama bila kulit Anda sensitif. Pada kulit sensitif, kandungan nutrisi dari tanaman dapat menyebabkan iritasi sehingga menimbulkan dermatitis. Untuk itu, pastikan Anda hanya menggunakan minyak alpukat setelah memahami kondisi kulit Anda.


Bahkan, asosiasi minyak kecantikan dari Jepang tidak merekomendasikan penggunaan minyak alpukat pada kulit tanpa campuran produk lain. Hal ini dikarenakan reaksi minyak alpukat yang berubah pada kulit saat terkena panas, udara, dan cahaya.


Keberadaan lipid peroxide pada minyak alpukat juga dapat menyebabkan masalah kulit dan mempercepat proses penuaan. Oleh sebab itu, jika memungkinkan, silakan campurkan minyak alpukat dengan minyak jojoba yang mengandung wax ester.

Perhatikan penyimpanan dan masa kedaluwarsa produk

Perhatikan penyimpanan dan masa kedaluwarsa produk

Agar dapat menggunakan minyak alpukat dalam kondisi terbaiknya, simpanlah produk di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Hindari juga menaruhnya di tempat yang terlalu dingin.


Minyak alpukat memiliki karakteristik akan memadat saat suhu udara sekitar 10°C atau kurang. Namun, minyak dapat kembali ke dalam bentuk cair pada suhu kamar. Meski tidak ada masalah dalam kualitas, biasanya aromanya akan memudar dan rasanya akan berubah.


Perlu diketahui, tergantung pada produknya, minyak alpukat dapat disimpan sekitar enam bulan hingga satu tahun. Namun, batas tersebut berlaku saat botol belum dibuka. Setelah dibuka, minyak akan bersentuhan dengan udara dan mulai teroksidasi. Setelah Anda buka, gunakanlah minyak alpukat tersebut dalam waktu tiga bulan saja.

Hati-hati, jangan dikonsumsi berlebihan

Hati-hati, jangan dikonsumsi berlebihan

Minyak alpukat sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan, bahkan memiliki efek untuk diet. Namun, minyak alpukat tetap memiliki kalori yang tinggi. Jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, bisa jadi Anda malah akan kelebihan kalori. Asupan harian minyak alpukat yang disarankan adalah sekitar satu sendok makan (10-20 gr).

Baca juga rekomendasi minyak untuk memasak lainnya di sini

Selain minyak alpukat, masih ada minyak nabati lain yang nikmat saat digunakan untuk memasak. Minyak kelapa dan minyak wijen merupakan beberapa contohnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang minyak-minyak ini, segera cek artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Minyak alpukat merupakan salah satu minyak yang kaya akan kandungan gizi. Tidak heran bila banyak orang mulai beralih ke minyak alpukat. Jika Anda ingin memberikan hidangan terbaik bagi orang tersayang, silakan coba menambahkan minyak alpukat. Rasanya yang ringan dan aromanya yang nikmat pasti akan menambah kelezatan hidangan Anda.


Nah, bagaimana menurut Anda tentang artikel minyak alpukat kami? Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat menemukan minyak alpukat yang paling cocok!

Artikel terkait

  • 10 Merk Mayonnaise Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Mayonnaise Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mayones adalah makanan serbaguna yang sering dipakai sebagai saus penyedap rasa, salad dressing, dan bahan memasak untuk berbagai resep. Bahan utamanya terbuat dari telur, minyak, dan cuka. Mayones sangat populer digunakan oleh para chef dan disukai segala usia.Berbagai produsen telah menjual mayones berkualitas terbaik yang enak dan bergizi. Sebut saja Kewpie, Kraft, Praise, hingga merek terbaik asal Indonesia, yaitu Mamasuka, Prochiz, dan Maestro. Manakah mayones terbaik? Simak artikel dari kami sampai selesai!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gula sering digunakan dalam masakan, camilan, teh, dan kopi sebagai penambah rasa manis. Meskipun akhir-akhir ini banyak ditemukan pemanis tanpa kalori, hanya gula yang bisa memberikan rasa manis yang kuat. Anda mungkin sering melihat berbagai jenis gula, seperti gula pasir, gula merah, gula rendah kalori, dan lain-lain.Pada artikel ini, kami akan membantu Anda dalam menemukan produk gula yang bagus. Kami tidak hanya memberitahu cara memilihnya, tetapi juga merekomendasikan produk dari berbagai merk, seperti Tropicana Slim, GULAKU, ataupun Ricoman. Temukan gula dengan rasa dan karakteristik yang cocok dengan selera Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2021)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bumbu Soto Instan Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bumbu Soto Instan Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Soto merupakan makanan khas Indonesia yang menjadi favorit banyak orang. Untuk memasak soto, Anda memerlukan bumbu serta rempah yang beragam. Namun, kini memasak soto bisa menjadi lebih praktis karena sudah banyak tersedia bumbu soto instan.Untuk membantu Anda menemukan bumbu soto jadi yang enak, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan beberapa merk terbaik. Mulai dari bumbu soto sachet merk Bamboe, Sajiku, serta Indofood, semuanya akan kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Yuk, simak terus artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Saus Teriyaki Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Saus Teriyaki Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Saus teriyaki adalah salah satu bumbu asal Jepang yang terbuat dari kecap asin, gula, dan sake. Rasanya cenderung gurih, asin, dan manis. Saus instan yang enak ini biasa digunakan untuk memasak daging sapi, ayam, atau ikan. Anda juga dapat menambahkannya pada berbagai resep masakan.Kami akan memberikan tips memilih saus teriyaki yang bagus. Sepuluh rekomendasi saus teriyaki dari merek terbaik, seperti Saori, Kikkoman, dan My Taste, juga telah disiapkan. Selain harga yang beragam, kemasannya pun bervariasi, mulai dari sachet hingga botol. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Seperti namanya, unsalted butter merupakan mentega yang tidak ditambahkan garam sehingga rasanya lebih tawar. Unsalted butter banyak digunakan ibu rumah tangga untuk memasak dan sebagai lemak tambahan saat memberikan MPASI bayi. Namun, apakah Anda yakin sudah memilih unsalted butter yang tepat?Karena itu, kali ini kami akan membagikan tips untuk Anda bagaimana memilih unsalted butter yang bagus. Rekomendasi produk-produknya juga akan kami ulas untuk Anda. Anda dapat memilih produk dari merk Anchor, Blue Triangle, dan Elle & Vire. Baca artikel ini sampai habis dan temukan produk yang tepat!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Baking Soda yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Baking Soda yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Baking soda atau soda kue adalah bahan yang diperlukan dalam pembuatan kue agar hasilnya mengembang sempurna. Meski dikenal sebagai bahan untuk kue, baking soda kian populer di kalangan masyarakat karena manfaatnya yang luas. Ada beragam merk yang tersedia di pasaran, seperti Koepoe Koepoe, Asahi, dan Nonik. Namun, produk manakah yang tepat untuk dipilih?Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan tips memilih baking soda yang bagus. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi baking soda terbaik yang bisa dijadikan referensi. Simak terus informasinya dan temukan produk yang menjadi favorit Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda pasti sudah tidak asing dengan salah satu jenis gorengan ini, bukan? Bakwan dibuat dari campuran tepung terigu, sayuran, jagung, dan bumbu. Kini membuat bakwan tidaklah sulit berkat adanya tepung bakwan instan. Tepung bakwan ini sudah diracik dengan bumbu-bumbu lengkap, Anda hanya perlu menyiapkan bahan, kemudian bakwan siap digoreng.Kobe, Sasa, Mamasuka dan Sajiku adalah beberapa merek tepung bakwan yang populer. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih tepung bakwan untuk Anda. Rekomendasi produk terbaik dan tips membuat bakwan goreng juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakso Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tepung Bakso Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menyantap bakso kuah yang hangat atau bakso goreng yang renyah pasti jadi kenikmatan tersendiri. Jika Anda tiba-tiba ingin menikmati bakso Kota Cak Man atau bakso Solo Samrat, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar rumah. Berkat tepung bakso, Anda bisa membuat bakso kenyal sendiri di rumah.Saat ini banyak merek tepung bakso yang dijual di pasaran. Anda akan menemukan tepung bakso MamaSuka, tepung bakso goreng Sasa, hingga tepung bakso Raja Sapi. Tidak perlu bingung memilihnya karena kami akan mengulasnya. Di akhir artikel, bacalah juga tips membuat bakso yang kenyal dan enak.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Gula Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Gula Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gula batu adalah pemanis berbentuk seperti bongkahan kristal yang biasanya berwarna kuning atau putih. Pemanis ini terbuat dari larutan gula yang mengalami proses kristalisasi. Banyak orang beranggapan gula batu ampuh untuk meringankan batuk, serta mengatasi asam lambung. Namun, benarkah gula batu lebih sehat dan aman dibandingkan gula pasir, termasuk untuk penderita diabetes?Khusus untuk Anda, kami akan membahas tentang manfaat gula batu, serta memberi tips memilih gula batu yang bagus. Sepuluh rekomendasi produk terbaik dari beragam merek, seperti Lingkar Organik, Javara, dan Mama Kamu, juga telah kami siapkan. Yuk, disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Truffle oil adalah bahan kuliner yang digunakan untuk memberi rasa dan aroma truffle pada hidangan. Bahan ini biasa dipakai sebagai finishing oil dalam berbagai hidangan. Ada dua jenis jamur truffle yang digunakan dalam minyak ini, yaitu black truffle dan white truffle.Merek Geofoods truffle oil, Urbani truffle oil dan Casa Rinaldi truffle oil cukup populer di dunia kuliner. Bila ini pertama kalinya Anda mencoba, Anda tentu ingin mendapatkan truffle oil yang bagus, bukan?  Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh truffle oil terbaik. Disimak, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori