• 10 Rekomendasi Kwitansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kwitansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kwitansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kwitansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kwitansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kwitansi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kwitansi adalah suatu alat bukti pembayaran uang yang penting dalam transaksi jual beli. Anda dapat membuat kwitansi sendiri menggunakan template yang bisa di-download lewat internet. Namun, akan lebih praktis jika Anda memakai kwitansi yang dijual di pasaran.


Kali ini, kami akan mengulas tentang cara memilih kwitansi untuk keperluan bisnis Anda. Kami juga akan mengenalkan sepuluh kwitansi yang bagus pilihan kami. Kwitansi dari merek Bamboo, Gelatik Kembar, Paperline dan sebagainya akan kami hadirkan di sini. Baca sampai selesai, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu kwitansi?

    Kuitansi adalah dokumen atau kertas tanda bukti pembayaran atau penerimaan uang yang telah dilakukan. Pada transaksi jual beli, umumnya kuitansi ditandatangani oleh penjual dan diserahkan kepada pembeli. Selain transaksi produk, selembar kuitansi juga sering digunakan untuk bukti pembayaran, transaksi uang, serah terima uang, dan lain sebagainya.

Menariknya, cukup banyak orang yang salah menuliskan kata "kuitansi" menjadi "kwitansi". Padahal, penulisan yang benar dan sesuai dengan KBBI adalah "kuitansi". Hal tersebut dapat terjadi karena kata "kwitansi" dan "kuitansi" memiliki persamaan pengucapan. Bahkan, karena lebih dikenal dengan "kwitansi", beberapa produsen pun menamai produknya dengan "kwitansi".

Cara memilih kwitansi

Dengan adanya kuitansi, Anda dapat menghindari adanya sengketa di kemudian hari. Lalu, apa saja yang harus Anda perhatikan saat memilih kuitansi? Lebih lengkapnya, akan kami ulas dalam uraian berikut ini.

Periksa kolom untuk tujuh hal ini

Periksa kolom untuk tujuh hal ini

Secara umum, ada tujuh hal yang harus tertera pada kuitansi. Ketujuh hal tersebut akan kami ulas dari nomor satu sampai tujuh di bawah ini. Selain itu, kami juga akan menjelaskan mengenai cara mengisi kuitansi sesuai dengan ketujuh kolom tersebut. Jadi, simaklah sampai akhir, ya!

1. Nomor kuitansi

Hal pertama yang perlu dituliskan dalam kuitansi adalah nomor kuitansi. Anda dapat mengurutkan kuitansi, baik menggunakan angka maupun huruf. Dengan memberikan nomor, Anda dapat membedakan satu kuitansi dengan kuitansi lainnya. Nomor ini juga akan membantu Anda untuk merapikan kuitansi pada saat tutup buku.

2. Nama orang atau instansi yang menyerahkan uang

Dalam pembuatan kuitansi, pihak yang membayar atau menyerahkan uang harus dijelaskan. Hal ini dikarenakan orang atau instansi tersebut adalah pihak yang menerima kuitansi. Menulis nama penerima kuitansi dengan lengkap adalah manner dalam pembuatan kuitansi.


Jika penerima kuitansi adalah sebuah instansi, Anda harus menuliskan nama instansi tersebut. Namun, terkadang Anda juga perlu menuliskan nama dan jabatan penanggung jawab instansi tersebut. Untuk itu, Anda akan memerlukan kuitansi dengan kolom nama penerima kuitansi yang besar. Karena itu, jangan lupa mengecek kolom nama penerima kuitansi Anda, ya!

3. Jumlah uang

Sebagai bukti serah terima uang, nominal uang dalam transaksi harus ditunjukkan dalam kuitansi. Kuitansi yang dijual di pasaran biasanya memiliki dua kolom untuk menuliskan format nominal uang. 


Kolom pertama biasanya terletak di antara kolom nama penerima dan kolom guna pembayaran. Pada kolom ini, Anda harus menuliskan jumlah uang dalam huruf.


Kolom kedua biasanya terletak di bawah kolom guna pembayaran. Pada kolom ini, jumlah uang dituliskan dalam format angka sehingga ukurannya lebih sempit dibandingkan dengan kolom pertama.

4. Tujuan pembayaran

Kuitansi juga harus menjelaskan transaksi apa yang dilakukan. Anda bisa menuliskan hal tersebut dengan ringkas, seperti "pembayaran alat tulis", "pembayaran sepatu", dan sebagainya. Namun, hal ini berlaku jika ada faktur atau invois yang berisi keterangan lengkap daftar barang yang diperjualbelikan.


Jika tidak ada faktur, daftar barang yang diperjualbelikan dapat dituliskan di kolom ini. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya sengketa pada waktu mendatang. Jadi, pilihlah kuitansi dengan kolom tujuan pembayaran yang cukup untuk transaksi Anda, ya!

5. Kota dan tanggal

Tempat dan waktu terjadinya transaksi juga hal yang perlu dijelaskan pada kuitansi. Untuk itu, pilihlah kuitansi dengan kolom kota dan tanggal yang simpel. Dengan begitu, kapan dan di mana transaksi dilakukan akan tertera dengan jelas. Jadi, kuitansi tersebut dapat menjadi alat bukti pembayaran yang kuat.

6. Nama dan tanda tangan penerima uang

Sama seperti pihak yang menyerahkan uang, pihak yang menerima uang juga harus tertera dalam kuitansi. Pihak penerima uang adalah pihak yang menerbitkan kuitansi dalam hal ini. Tidak hanya nama, pihak penerima uang juga harus mencantumkan tanda tangannya di kuitansi.


Jika penerima uang adalah instansi, Anda memerlukan kuitansi dengan kolom yang lebih besar. Sebab, jabatan orang yang mewakili instansi tersebut juga perlu dituliskan dalam kuitansi. Apabila ada, cap atau stempel instansi juga dicantumkan. Jadi, pastikan kolom kuitansi yang Anda pakai memiliki ruang yang cukup, ya!

7. Ruang untuk menempelkan materai

Ada kalanya Anda harus menempelkan materai tergantung nominal transaksi Anda. Berdasarkan Pasal 3 UU Nomor 10 Tahun 2020, Anda perlu menambahkan materai senilai Rp10.000 ketika nominal transaksi lebih dari Rp5.000.000. 


Namun, hingga 31 Desember 2021, Anda bisa menempelkan materai edisi tahun 2014 dengan jumlah nilai minimal Rp9.000. Caranya, yaitu Anda bisa menempelkan tiga materai senilai Rp3.000, dua materai senilai Rp6.000, atau menempelkan materai senilai Rp3.000 dan Rp6.000.


Tanda tangan penerima uang harus mengenai materai yang ditempelkan. Dengan adanya materai, kuitansi dengan nominal tersebut di atas akan memiliki nilai hukum yang sah. Apabila Anda sering bertransaksi dalam nominal cukup besar, pastikan kuitansi memiliki ruang untuk materai.

Pertimbangkan ukuran kwitansi untuk kemudahan penyimpanan

Pertimbangkan ukuran kwitansi untuk kemudahan penyimpanan

Kuitansi umumnya berbentuk kertas yang memanjang ke samping. Ukurannya bisa berbeda tergantung produsen dan tipe produknya. Pilihlah kuitansi dengan ukuran yang mudah disimpan di buku keuangan Anda.


Selain itu, pilihlah ukuran kuitansi yang memudahkan penerima kuitansi untuk menyimpannya. Dengan begitu, penerima kuitansi akan lebih senang dan tidak ragu untuk bertransaksi kembali dengan Anda.

Pilih kwitansi sesuai cara pengisiannya

Pilih kwitansi sesuai cara pengisiannya

Saat membuat kuitansi, pihak yang mengeluarkan kuitansi tentunya memerlukan copy dari kuitansi tersebut. Cara pembuatan copy kuitansi ini berbeda tergantung tipe kuitansinya. Secara umum, kuitansi dapat dibagi menjadi kuitansi tanpa rangkap dan kuitansi dengan rangkap.


  • Kuitansi tanpa rangkap memiliki dua sisi yaitu sisi kiri dan sisi kanan 
Sisi kiri yang disebut juga dengan subkuitansi biasanya lebih kecil dari sisi kanan. Subkuitansi inilah copy yang dipegang oleh pihak yang menerima uang. Sementara itu, sisi kanan diberikan kepada pihak yang menyerahkan uang. Anda harus menuliskan data-data transaksi di kedua sisi saat menggunakan kuitansi ini.

  • Kuitansi dengan rangkap terdiri dari dua atau tiga lembar yang ditumpuk 
Data transaksi yang dituliskan di lembar teratas otomatis tersalin di lembar bawahnya. Anda hanya perlu menuliskan data transaksi satu kali saja. Agar data tersebut tersalin dengan jelas, Anda harus menekan bolpoin saat menulis. 

Kuitansi ini mempunyai dua tipe. Pertama, kuitansi yang membutuhkan kertas karbon yang terpisah. Kedua, kuitansi yang menggunakan kertas yang tembus tanpa karbon atau NCR (no carbon required).

10 Rekomendasi kwitansi terbaik

Sekarang saatnya kami akan merekomendasikan sepuluh produk kuitansi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Bamboo Indo MakmurKwitansi NCR 1/3 Folio (2 Ply)

BKW 04

Mulai dari Rp 107.600,00

TipeDengan rangkap (NCR)
Warna sampulPutih-biru
Ukuran21,5 cm x 11 cm
Isi per buku25 set
9

Explora PrintBuku Kwitansi 100 Halaman Custom

Mulai dari Rp 17.500,00

TipeTidak ada keterangan
Warna sampulHitam-putih
Ukuran21 cm x 10 cm
Isi per buku100 lembar
8

Bamboo Indo MakmurKwitansi NCR 1/2 Folio (2 Ply)

BKW 05

Mulai dari Rp 81.000,00

TipeDengan rangkap (NCR)
Warna sampulPutih-hijau muda
Ukuran21,5 cm x 16 cm
Isi per buku25 set
7
TipeTanpa rangkap
Warna sampulHijau, cokelat
UkuranJumbo: 32 cm x 10 cm・Medium: 28,5 cm x 9 cm・Mini: 21,5 cm x 7,5 cm
Isi per buku36 lembar
6
TipeTanpa rangkap
Warna sampulOranye, biru, dan hijau
UkuranBesar: 28 cm x 10,5 cm・ Mini: ukuran tidak diketahui
Isi per bukuUkuran besar: tidak ada keterangan・Ukuran mini: 50 lembar
5
TipeTanpa rangkap
Warna sampulHijau, merah, biru, dan cokelat
UkuranBusiness: 12 x 19,5 cm・Sedang: 29 cm x 9,5 cm・Mini: 21,5 cm x 7,5 cm
Isi per buku100 lembar dan 50 lembar
4
TipeTanpa rangkap
Warna sampulBiru, ungu, dan hijau
UkuranBesar: 32 cm x 10,5 cm・Sedang: 24 cm x 10 cm・Kecil: 20 cm x 8 cm
Isi per buku70 lembar (ukuran besar), 40 lembar (ukuran sedang), 25 lembar (ukuran kecil)
3

Bintang MasKwitansi Non Carbon NCR 2 Rangkap

Mulai dari Rp 7.500,00

TipeDengan rangkap (NCR)
Warna sampulBiru-putih
Ukuran21 cm x 16 cm
Isi per bukuTidak ada keterangan
2

MercyKwitansi Kertas NCR

Mulai dari Rp 4.800,00

TipeDengan rangkap (NCR)
Warna sampulPutih
Ukuran23,5 cm x 10,5 cm
Isi per buku23 set (69 lembar)
1
TipeTanpa rangkap
Warna sampulHijau-putih
UkuranBesar: 31,5 cm x 10 cm・Sedang: 28,5 cm x 9 cm・Kecil: 21,5 cm x 7,5 cm
Isi per buku50 lembar (ukuran besar) dan 40 lembar (ukuran sedang dan kecil)

Tabel perbandingan produk kwitansi terbaik

Gambar produk
1
Paperline Buku Kuitansi 1

Paperline

2
Mercy Kwitansi Kertas NCR 1

Mercy

3
Bintang Mas Kwitansi Non Carbon NCR 2 Rangkap 1

Bintang Mas

4
Gelatik Kembar Kwitansi 1

Gelatik Kembar

5
Solo Murni Kiky Buku Kwitansi 1

Solo Murni

6
Prima Buku Kwitansi 1

Prima

7
Bamboo Indo Makmur Buku Kwitansi 1

Bamboo Indo Makmur

8
Bamboo Indo Makmur Kwitansi NCR 1/2 Folio (2 Ply) 1

Bamboo Indo Makmur

9
Explora Print Buku Kwitansi 100 Halaman Custom  1

Explora Print

10
Bamboo Indo Makmur Kwitansi NCR 1/3 Folio (2 Ply) 1

Bamboo Indo Makmur

Nama produk

Buku Kuitansi

Kwitansi Kertas NCR

Kwitansi Non Carbon NCR 2 Rangkap

Kwitansi

Kiky Buku Kwitansi

Buku Kwitansi

Buku Kwitansi

Kwitansi NCR 1/2 Folio (2 Ply)

Buku Kwitansi 100 Halaman Custom

Kwitansi NCR 1/3 Folio (2 Ply)

Keunggulan

Simpel, tetapi tetap berkesan profesional

Sering bertransaksi dengan cek bernominal besar? Gunakan ini saja!

Pembayaran dengan cek? Tidak masalah!

Menulis pada kolom kota dan tanggal jadi lebih efisien

Ada empat pilihan warna bermotif marmer

Tiga pilihan warna sampul untuk satu kuartal

Sampul cantik berdesain batik!

Praktis untuk pembayaran dengan cek atau giro

Bisa custom desain sesuka hati Anda!

<em>Border</em> ragam hias yang manis di sampulnya

Harga mulai dariRp 4.000,00Rp 4.800,00Rp 7.500,00Rp 3.300,00Rp 5.300,00Rp 3.000,00Rp 4.200,00Rp 81.000,00Rp 17.500,00Rp 107.600,00
TipeTanpa rangkapDengan rangkap (NCR)Dengan rangkap (NCR)Tanpa rangkapTanpa rangkapTanpa rangkapTanpa rangkapDengan rangkap (NCR)Tidak ada keteranganDengan rangkap (NCR)
Warna sampulHijau-putihPutihBiru-putihBiru, ungu, dan hijauHijau, merah, biru, dan cokelatOranye, biru, dan hijauHijau, cokelatPutih-hijau mudaHitam-putihPutih-biru
UkuranBesar: 31,5 cm x 10 cm・Sedang: 28,5 cm x 9 cm・Kecil: 21,5 cm x 7,5 cm23,5 cm x 10,5 cm21 cm x 16 cmBesar: 32 cm x 10,5 cm・Sedang: 24 cm x 10 cm・Kecil: 20 cm x 8 cmBusiness: 12 x 19,5 cm・Sedang: 29 cm x 9,5 cm・Mini: 21,5 cm x 7,5 cmBesar: 28 cm x 10,5 cm・ Mini: ukuran tidak diketahuiJumbo: 32 cm x 10 cm・Medium: 28,5 cm x 9 cm・Mini: 21,5 cm x 7,5 cm21,5 cm x 16 cm21 cm x 10 cm21,5 cm x 11 cm
Isi per buku50 lembar (ukuran besar) dan 40 lembar (ukuran sedang dan kecil)23 set (69 lembar)Tidak ada keterangan70 lembar (ukuran besar), 40 lembar (ukuran sedang), 25 lembar (ukuran kecil)100 lembar dan 50 lembar Ukuran besar: tidak ada keterangan・Ukuran mini: 50 lembar36 lembar25 set100 lembar25 set
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat tulis kantor lainnya di sini

Keperluan untuk kantor Anda tentu tak hanya kuitansi. Agar bekerja jadi lebih semangat dan hasilnya memuaskan, ada baiknya Anda memilih alat tulis yang berkualitas. Yuk, simak produk-produk pilihannya pada artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Demikian cara memilih kuitansi dan ulasan tentang kuitansi terbaik rekomendasi dari kami. Apakah Anda sudah menemukan kuitansi yang sesuai kebutuhan dan selera Anda? 


Jangan lupa memperhatikan kolom-kolom untuk mengisi data penting saat memilih kuitansi. Periksa juga ukuran dan cara mengisi kuitansinya. Jadi, Anda akan mendapatkan kuitansi yang efisien dan memiliki desain yang Anda sukai!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kertas Print dan Fotokopi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kertas Print dan Fotokopi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kertas print dan fotokopi merupakan item yang sangat dibutuhkan untuk kegiatan bekerja sehari-hari. Sebagian orang mungkin memilih kertas dari harga yang termurah saja. Namun, jika dilihat lebih jauh, jenis kertas, ketebalan, serta gramatur kertas yang dijual di pasaran begitu beragam. Apakah Anda bingung menentukan kertas yang sesuai?Karena itu, kali ini kami akan membagikan tips memilih kertas print dan fotokopi yang tepat untuk Anda. Rekomendasi produk-produk kertas terbaik juga kami ulas. Ada kertas print dan fotokopi yang bagus dari merek PaperOne, SiDU, Bola Dunia, dan sebagainya. Jangan lewatkan artikelnya, ya!
    Kertas & buku catatan
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2022)
    Bagaimanakah buku catatan yang bagus menurut Anda? Tentunya, buku catatan yang nyaman dipakai harian, baik untuk sekolah, kuliah, maupun bekerja. Sejumlah merek buku catatan keren, seperti Deli, Joyko, dan Bantex telah menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, tipe garis, dan motif sampul yang menarik.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan sepuluh produk buku catatan yang bagus untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis, ya!
    Kertas & buku catatan
  • 10 Sketchbook Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sketchbook Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang gemar menggambar atau menggeluti dunia seni rupa, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Meski tampak sama, jenis kertas sketchbook ada bermacam-macam, seperti drawing paper, watercolor paper, dan charcoal paper. Produsen alat tulis seperti Reeves, Canson, dan Lyra memiliki produk sketchbook dengan spesifikasi dan kualitas yang beragam.Kali ini, kami akan mengenalkan cara memilih sketchbook yang dapat dijadikan referensi baik oleh pemula maupun profesional. Untuk memudahkan Anda, kami akan menghadirkan komentar watercolorist dan illustrator, Karina Doniho, di artikel ini. Simak tips pemilihan serta rekomendasi produk terbaiknya di bawah ini!
    Kertas & buku catatan
  • 10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat buku kesayangan, salah satunya dengan menyampul. Para bibliophile atau penggemar buku pasti merasa senang bila koleksinya bisa rapi dan awet. Namun, produk di pasaran memiliki ragam bahan, ukuran, dan desain. Tak hanya buku catatan, buku cerita rakyat yang besar atau novel yang kecil pun bisa disampul.Kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan sampul buku yang bagus. Ada sampul buku merek BIO, Five Star, dan lainnya. Anda bisa memilih sampul buku cokelat atau sampul buku plastik. Yuk, temukan sampul buku terbaik untuk Anda!
    Kertas & buku catatan
  • 10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Kuliah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Kuliah (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini kebanyakan orang menyimpan catatan atau mengatur jadwal menggunakan smartphone. Namun, masih ada juga yang memakai buku agenda biasa. Alasannya, buku agenda lebih rapi dan lebih mudah dilihat berkat ukurannya yang lebih besar daripada smartphone. Nah, apakah Anda salah satunya?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih buku agenda yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan buku agenda dari beberapa merek, seperti Bukuqu, Paperie Lab, dan Peekmybook. Semoga dengan artikel ini, Anda bisa menemukan buku agenda yang cocok. Selamat membaca!
    Kertas & buku catatan
  • 10 Rekomendasi Buku Diary Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Diary Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang lahir sebelum era digital pasti sangat akrab dengan kata "dear diary", bukan? Menulis buku harian atau diary merupakan hal yang biasa dilakukan orang-orang karena memberikan efek lega setelah menulis. Selain itu, Anda dapat menyimpan memori Anda, baik yang menyenangkan maupun yang tidak.Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi buku diary yang bagus. Anda akan menemukan buku harian berkualitas dari merk Peekmybook, Ponybrown, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca dan memilih buku diary!
    Kertas & buku catatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori