1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023)

Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.


Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!

Diperbaharui 02-06-2023
Pakar
Cooking influencer
Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun. Kegemarannya terhadap dunia masak memasak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun media sosialnya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa posting-annya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu lainnya.

Profil Inov Pelawi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 04 Februari 2023)

Perbedaan butter dan margarin

Perbedaan butter dan margarin

Butter dan margarin adalah dua produk yang berbeda. Perbedaan keduanya terletak pada bahan dasar dan warnanya. 


  • Butter atau mentega terbuat dari susu sapi, kambing, atau dombaButter cenderung memiliki warna kuning pucat dengan kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan margarin.
  • Margarin terbuat dari minyak kelapa sawit. Warna margarin adalah warna kuning terang. 

Tekstur butter lebih lembut sehingga cocok digunakan untuk membuat bolu, kue, atau roti. Tidak hanya itu, aroma butter yang khas juga membuatnya dapat digunakan untuk menumis makanan dan olesan roti. Temukan tips memilih butter yang sesuai dengan kebutuhan Anda pada pembahasan berikutnya.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Dibandingkan butter, margarin memiliki tekstur yang lebih padat atau kaku. Selain itu, margarin lebih stabil pada suhu ruang sehingga tidak mudah meleleh. Dari segi aroma, margarin tidak sewangi butter. Untuk rasa, butter memiliki rasa yang lebih gurih jika dibandingkan margarin.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih butter

Ada berbagai merek butter yang dapat Anda temui di pasaran. Namun, butter seperti apa yang Anda butuhkan? Simak tips berikut untuk mendapatkan butter yang Anda butuhkan.

① Temukan jenis butter yang Anda butuhkan

Ada berbagai jenis butter yang beredar di pasaran. Cari tahu penjelasannya di bawah ini sehingga Anda bisa memilih butter yang paling sesuai untuk Anda.

Salted butter, menjadikan makanan lebih gurih

Salted butter, menjadikan makanan lebih gurih

Sesuai dengan namanya, salted butter merupakan mentega dengan tambahan garam. Jenis butter ini memiliki rasa yang lebih gurih. Cita rasa salted butter yang gurih membuatnya sering digunakan sebagai olesan martabak, roti, dan untuk tumisan makanan.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Seperti yang diketahui sejak zaman dahulu, garam merupakan bahan yang dipakai sebagai pengawet alami. Karena itu, kandungan garam yang ada di dalam salted butter membuatnya lebih tahan lama.

Unsalted butter, menonjolkan rasa alami makanan

Unsalted butter, menonjolkan rasa alami makanan

Jenis butter ini memiliki rasa susu saja. Biasanya butter ini lebih banyak digunakan untuk membuat kue, seperti kue bolu, brownies, dan banyak kue lainnya. Rasa butter yang tawar membantu menonjolkan rasa makanan yang alami. 


Makanan akan terasa lebih creamy saat disantap menggunakan unsalted butter. Selain itu, unsalted butter juga lebih direkomendasikan untuk MPASI bayi. Hal ini lantaran konsumsi garam berlebihan pada bayi dikhawatirkan dapat membebani ginjalnya. 


Jika Anda tertarik untuk melihat tips memilih dan rekomendasi unsalted butter yang enak, silakan melihat tautan berikut!

Light butter, mentega rendah lemak dan rendah kalori

Light butter, mentega rendah lemak dan rendah kalori

Light butter adalah jenis butter yang lebih rendah lemak dan juga rendah kalori dibandingkan butter biasa. Jenis butter ini bisa digunakan sebagai salah satu pilihan menu untuk diet


Akan tetapi, kandungan air pada light butter mencapai 25% sehingga tidak cocok digunakan untuk memasak. Light butter akan cepat menguap jika terkena panas. Light butter biasanya digunakan sebagai olesan roti. Produk light butter sendiri juga terbagi lagi menjadi salted dan unsalted.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Perbedaan paling jelas antara unsalted butter dan salted butter adalah pada kandungan sodiumnya. Bagi orang-orang yang sedang membatasi asupan sodium, unsalted butter merupakan pilihan terbaik. Dengan menggunakan unsalted butter, Anda bisa mengontrol kandungan garam yang akan Anda konsumsi.

② Pilihlah ukuran butter sesuai kebutuhan Anda

Pilihlah ukuran butter sesuai kebutuhan Anda

Butter juga hadir dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kiloan sampai ukuran mini block. Jika Anda memiliki usaha katering, butter dalam ukuran kiloan bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis. Bagi Anda yang ingin membuat sajian untuk keluarga, cukup memilih butter dengan ukuran 200–500 gram. 


Butter juga tersedia dalam ukuran kecil atau mini block. Ukuran ini cocok Anda gunakan sebagai olesan di atas roti untuk sarapan atau makan siang. Hotel atau penginapan biasanya lebih suka menyediakan butter berukuran kecil ini untuk para tamu. Penggunaan butter mini block sangat praktis untuk porsi satu orang.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Kemasan besar pasti lebih ekonomis. Namun, karena ukurannya besar dan isinya banyak, butter jadi lebih mudah tersisa. Untuk itu, Anda bisa menyimpannya ke dalam wadah plastik buram kedap udara dan cahaya, lalu masukkan ke dalam kulkas.

10 Rekomendasi butter terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk butter terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Fonterra

Anchor Unsalted Butter

Fonterra Anchor Unsalted Butter 1枚目

Unsalted butter dengan rasa creamy yang enak

2

Nourish Kitchen

Ghee (Grass Fed Ghee Clarified Butter) 100 gr

Nourish Kitchen Ghee (Grass Fed Ghee Clarified Butter) 100 gr 1枚目

Butter lezat tanpa laktosa dan kasein

3

Wijsman

Dutch Butter

Wijsman  Dutch Butter 1枚目

Butter terkenal di kalangan penikmat kuliner, untuk nastar dan cake lebih enak

4

Landkrone

Royal Krone Butter

Landkrone Royal Krone Butter 1枚目

Kombinasi butter dan margarin, aroma lebih kuat, masakan lebih harum

5

Ballantyne Foods

Golden Churn Butter Canned

Ballantyne Foods Golden Churn Butter Canned 1枚目

Rasa butter segar untuk melengkapi sajian spesial Anda

6

Ballantyne Foods

Blue Triangle Pure Creamy Butter Canned

Ballantyne Foods Blue Triangle Pure Creamy Butter Canned 1枚目

Bebas bahan tambahan, aman dikonsumsi untuk seluruh keluarga

7

Indofood

Orchid Butter

Indofood Orchid Butter 1枚目

Produk butter dalam negeri dengan kualitas juara

8

Elle & Vire

Micro Cup Unsalted Gourmet Butter 82% Fat

Elle & Vire Micro Cup Unsalted Gourmet Butter 82% Fat 1枚目

Gourmet butter Prancis yang lezat untuk masakan, baking, dan olesan

9

Corman

Patisy 78 % fat - Vegetable and Butterfat Blend

Corman Patisy 78 % fat - Vegetable and Butterfat Blend 1枚目

Adonan mudah diolah, kunci kelezatan pastry Anda!

10

Lurpak

Lighter Spreadable Slightly Salted

Lurpak Lighter Spreadable Slightly Salted 1枚目

Tetap bisa makan enak saat diet, lebih rendah lemak

Perincian produk
Close
No.1

FonterraAnchor Unsalted Butter

Mulai dari Rp25.000,00

Unsalted butter dengan rasa creamy yang enak

Butter asal New Zealand ini menggunakan pengolahan bebas bahan kimia. Aroma alaminya yang khas dapat langsung tercium begitu Anda membuka kemasannya. Hal ini karena butter dibuat dari pasteurised cream asli New Zealand yang memiliki cita rasa terbaik.


Rasa unsalted-nya lembut, tetapi tetap creamy dan lezat sebagai olesan roti saat sarapan. Anda juga bisa menggunakannya untuk melengkapi bekal si kecil. Kami merekomendasikan kemasan Minidish yang mini untuk dibawa bepergian. Selain itu, butter dari Anchor juga tersedia dalam kemasan foil jika Anda membutuhkan isi lebih besar. Produk ini layak diperhitungkan untuk Anda pencinta tekstur creamy.

No.2

Nourish KitchenGhee (Grass Fed Ghee Clarified Butter) 100 gr

Mulai dari Rp49.900,00

Butter lezat tanpa laktosa dan kasein

Produk ini adalah solusi terbaik jika Anda alergi susu sapi, tetapi ingin merasakan nikmatnya makanan dengan butter. Susu sapi sebagai bahan utama produk ini diiproses secara khusus hingga yang tersisa hanya pure fat. Hasilnya, produk ini menjadi bebas kasein dan laktosa, tentu aman dikonsumsi orang yang alergi susu sapi. Tenang saja, produk ini diklaim tetap harum dan gurih sehingga dapat membuat lidah berdecak.

No.3

Butter terkenal di kalangan penikmat kuliner, untuk nastar dan cake lebih enak

Para penikmat kuliner pasti sudah sangat familier dengan Wijsman Dutch Butter. Wijsman adalah bahan wajib yang membuat rasa dan aroma martabak manis makin lezat dan harum. Tidak hanya martabak, olahan cake, kue kering nastar, atau kue bolu juga menjadi lebih nikmat.


Produk legendaris dari Belanda ini merupakan concentrated butter sehingga kandungan lemaknya lebih tinggi. Proses pembuatan dan pengirimannya membuat produk ini tetap fresh ketika dibuka. Siapa yang dapat menolak makanan dengan Wijsman?

No.4

LandkroneRoyal Krone Butter

Mulai dari Rp24.999,00

Kombinasi butter dan margarin, aroma lebih kuat, masakan lebih harum

Royal Krone Butter diklaim memiliki aroma yang lebih kuat dibandingkan butter biasanya. Royal Krone Butter dibuat dengan kombinasi margarin dan mentega sehingga memiliki warna kuning keemasan yang khas. Masakan Anda pun menjadi lebih harum dan menggoda. Produk dari Landkrone Indo Nutri ini juga sangat cocok untuk membuat cake, kue kering, dan roti. 

No.5

Ballantyne FoodsGolden Churn Butter Canned

Mulai dari Rp73.000,00

Rasa butter segar untuk melengkapi sajian spesial Anda

Golden Churn merupakan butter asal Australia yang dikenal sebagai produk premium di Asia dan Timur Tengah. Rahasianya terletak pada proses pembuatannya. Golden Churn menggunakan pasteurized cream yang membuat rasanya lebih fresh


Butter ini juga tidak menggunakan bahan tambahan lain, hanya air dan garam sehingga rasanya makin menonjol. Cita rasa creamy dari Golden Churn lebih maksimal dengan pengolahan ini. Anda dapat menggunakannya dalam tumisan untuk menghidangkan sajian spesial.

No.6

Ballantyne FoodsBlue Triangle Pure Creamy Butter Canned

Mulai dari Rp85.000,00

Bebas bahan tambahan, aman dikonsumsi untuk seluruh keluarga

Apakah anda mencari butter yang aman untuk seluruh anggota keluarga? Butter asal New Zealand yang dikenal dengan sebutan mentega segitiga biru ini bebas pengawet, perasa, dan pewarna buatan. Kualitas produknya juga tergolong premium serta kaya akan nutrisi dan vitamin. Produk ini aman untuk Anda dan anak-anak sehingga cocok untuk persediaan butter di rumah.

No.7

Produk butter dalam negeri dengan kualitas juara

Orchid Butter merupakan produk keluaran Indofood yang tentu saja tidak kalah enaknya dengan produk luar negeri. Orchid Butter juga mengandung vitamin A dan vitamin E untuk hidangan lebih lezat dan bergizi. Gurihnya rasa butter ini bisa Anda gunakan untuk olesan ataupun memanggang roti.


Indofood juga menyediakan Orchid Butter dengan kemasan 2 kg dengan harga ekonomis jika Anda ingin memasak dalam jumlah besar. Selain itu, produk ini juga tersedia dalam kemasan foil.

No.8

Elle & VireMicro Cup Unsalted Gourmet Butter 82% Fat

Mulai dari Rp3.750,00

Gourmet butter Prancis yang lezat untuk masakan, baking, dan olesan

Butter dari Elle & Vire terkenal dapat dipakai untuk menumis masakan, campuran saus, pastry, hingga cocok untuk kue basah. Lemak yang terkandung di dalamnya juga tergolong lebih rendah. Elle & Vire menggunakan bahan baku krim pilihan dari Prancis. Alhasil, meskipun rendah lemak, rasanya tetap nikmat dalam tiap sajian. 


Kami pun merekomendasikan butter Elle & Vire dalam porsi kecil untuk olesan roti panggang Anda saat sarapan. Unsalted Gourmet Butter ini juga dapat dijadikan MPASI untuk bayi di bawah usia satu tahun.

No.9

CormanPatisy 78 % fat - Vegetable and Butterfat Blend

Mulai dari Rp19.000,00

Adonan mudah diolah, kunci kelezatan pastry Anda!

Produk Corman ini merupakan butter yang memiliki tekstur sangat lembut. Teksturnya tersebut membuat butter ini mudah diolah, baik dijadikan cream ataupun dimasukkan dalam adonan. 


Anda juga dapat menggunakan produk ini untuk pastry. Dengan unsalted butter ini, tekstur pastry akan lebih flaky dan renyah untuk dinikmati. Jadi, bagi Anda yang gemar membuat pastry, butter yang satu ini wajib Anda sediakan di rumah. 

No.10

LurpakLighter Spreadable Slightly Salted

Mulai dari Rp23.500,00

Tetap bisa makan enak saat diet, lebih rendah lemak

Lurpak Lighter Spreadable Slightly Salted, sesuai namanya, memiliki tingkat rasa asin yang tidak setinggi salted butter. Namun, Anda akan tetap merasakan sedikit rasa asin sehingga pas sekali untuk dijadikan olesan roti. Jika dipadukan dengan topping lainnya, seperti meses atau selai, rasanya akan tetap menonjol.


Di sisi lain, produk ini memiliki saturated fat yang diklaim lebih rendah hingga 50%. Saat sedang berdiet, Anda tentu harus menjaga makan, terutama menghindari makanan yang kadar lemaknya tinggi. Sekarang Anda dapat menikmati makan enak tanpa perlu feeling guilty. Gunakan saja light butter ini untuk menambah cita rasa masakan diet Anda.

Cara membuat butter cream

Cara membuat butter cream

Butter cream adalah cream yang biasanya digunakan untuk menghias cake. Ada beragam cara untuk membuat butter cream, mulai dari yang paling sederhana sampai yang menggunakan teknis khusus. Namun, kali ini kami akan membagikan cara yang paling simpel dan mudah untuk Anda coba di rumah.


  1. Siapkan 250 g butter dan 5 sdm susu kental manis vanila. Takaran ini bisa disesuaikan dengan selera Anda. Jika tidak terlalu suka manis, silakan kurangi susu kental manisnya. 
  2. Kocok butter menggunakan mixer dengan kecepatan sedang. Kocoklah butter hingga mengembang, baru kemudian masukan susu kental manisnya. Lalu, kocok lagi hingga butter dan susu kental manis tercampur sempurna. Butter cream pun siap digunakan untuk menghias cake

Selamat mencoba!

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Pada dasarnya butter cream terbuat dari butter dan gula bubuk. Kestabilan dan tekstur butter cream sangat tergantung pada jenis lemak yang dipakai (butter, margarin, atau minyak sayur). Penggunaan mentega (butter) membuat tekstur butter cream lembut dan rasanya lebih spesial

Baca juga rekomendasi bahan-bahan baking lainnya di sini

Selain butter, Anda membutuhkan bahan-bahan lain untuk bakingBahan-bahan untuk keperluan baking, seperti baking powder, margarin, dan tepung terigu, ada dalam tautan di bawah ini. Silakan klik untuk mengetahui informasi lebih banyak tentang produk-produk tersebut.

Kesimpulan

Butter bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk membuat cake yang enak, olesan roti, serta untuk tumisan. Karena jenis butter ada banyak, pilihlah butter yang sesuai dengan keperluan masakan Anda. Jangan lupa juga untuk menyimpan butter dengan benar agar isinya tetap terjaga.


Gunakanlah tips memilih di atas untuk menemukan butter yang tepat untuk Anda. Hadirkan berbagai masakan lezat menggunakan butter yang spesial.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer