1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Makanan & minuman kesehatan
  6. >
  7. 10 Susu Terbaik untuk Program Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Susu Terbaik untuk Program Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Susu Terbaik untuk Program Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Susu Terbaik untuk Program Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Susu Terbaik untuk Program Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Susu Terbaik untuk Program Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Susu Terbaik untuk Program Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Saat akan menjalankan program hamil, tubuh memerlukan beragam nutrisi dalam jumlah yang memadai. Pemenuhan nutrisi yang tepat akan membantu mempersiapkan kehamilan yang sehat. Selain melalui makanan, Anda juga dapat memperoleh asupan nutrisi dari susu untuk program kehamilan.


Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips memilih susu program hamil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan sepuluh produk susu promil terbaik dari berbagai merek, seperti Prenagen, Anmum, dan Lactamil. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Ikuti terus informasinya sembari memilih susu promil yang sesuai kebutuhan Anda!

Diperbaharui 12-09-2022
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu untuk program hamil

Anda mungkin ingin mengetahui merek susu program hamil terbaik dan efektif untuk kehamilan. Namun, sebelum merekomendasikan produk-produk terbaik pilihan kami, simak dulu poin-poin dan tips memilih susu promil berikut.

① Perhatikan kandungan dalam susu untuk program hamil

Agar mendapatkan produk susu yang tepat, Anda perlu mengetahui kandungan yang terdapat di dalamnya. Karena itu, mari pahami berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk program hamil.

Asam folat: Membantu meningkatkan kesuburan

Asam folat: Membantu meningkatkan kesuburan

Dosis asam folat yang dianjurkan untuk program hamil ialah 400 mikrogram per hari. Kebutuhan asam folat ini wajib diperhatikan dan dipenuhi, setidaknya 1 bulan sebelum hamil. Nah, susu persiapan kehamilan yang mengandung asam folat dapat membantu para calon ibu untuk mencukupi kebutuhan tersebut.


Beberapa manfaat asam folat, yaitu:

  • Berperan dalam tumbuh kembang calon bayi serta mencegah cacat janin
  • Meningkatkan kualitas sel telur dan fungsi ovarium sehingga peluang hamil jadi lebih besar
  • Mencegah keguguran dan menurunkan risiko mengalami preeklamsia


Preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan dengan gejala tekanan darah meningkat, adanya bengkak, serta peningkatan kadar protein di urin. Preeklamsia yang dialami oleh ibu dapat meningkatkan risiko eklamsia atau kejang saat kehamilan. Selain itu, ada risiko bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR).

Zat besi: Menyuplai sel darah merah bagi sistem reproduksi

Zat besi: Menyuplai sel darah merah bagi sistem reproduksi

Zat besi merupakan mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Menariknya mineral ini juga merupakan faktor penting untuk menyukseskan program hamil, lho. Kekurangan zat besi ternyata memicu anovulasi atau tidak terjadinya ovulasi pada wanita sehingga memperkecil peluang terjadinya kehamilan.


Selain itu, kekurangan sel darah merah atau anemia bisa menyebabkan kualitas sel telur yang dihasilkan menjadi buruk. Jika hal tersebut terjadi, kehamilan biasanya tidak akan bertahan lama atau rentan terjadi keguguran. Itu sebabnya susu yang mengandung zat besi sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan.

Vitamin: Penting untuk mencegah risiko preeklamsia

Vitamin: Penting untuk mencegah risiko preeklamsia

Mengonsumsi vitamin saat menjalani program hamil akan menunjang kesehatan diri dan janin. Ada banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh saat menjalankan program hamil, seperti A, C, D, E, serta B kompleks. Vitamin-vitamin tersebut penting untuk menjaga kesehatan ibu dan perkembangan janin, terutama pada awal kehamilan.


Penuhilah kebutuhan vitamin sejak merencanakan kehamilan hingga masa menyusui agar terhindar dari risiko preeklamsia atau toxemia. Gejala tersebut umumnya muncul pada kehamilan yang memasuki usia 20 minggu atau lebih.

Kalsium: Membentuk tulang dan gigi yang kuat

Kalsium: Membentuk tulang dan gigi yang kuat

Dalam merencanakan kehamilan, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak kalsium untuk persiapan hadirnya buah hati. Kalsium berfungsi untuk mencegah pengeroposan tulang pada calon ibu hamil. Bagi janin, kalsium berperan untuk perkembangan jantung, saraf, otot, serta membentuk tulang dan gigi yang kuat.

Zink: Mineral untuk melindungi kandungan

Zink: Mineral untuk melindungi kandungan

Kebutuhan zink atau mineral seng pada wanita yang merencanakan kehamilan terbilang tinggi. Hal ini karena calon ibu perlu memasok zink guna menunjang pembentukan otak dan fungsi DNA pada janin.


Kekurangan zink dapat menyebabkan masalah kandungan, seperti keguguran, janin tidak berkembang, cacat, dan kelahiran prematur. Salah satu manfaat susu promil bagi ibu hamil adalah mencukupi kebutuhan tubuh ibu akan mineral tersebut.

② Ketahui varian rasa pada produk susu untuk program hamil

Berikut ini akan kami jelaskan cara memilih varian rasa susu untuk program hamil. Bagi Anda yang belum ataupun sudah terbiasa mengonsumsi susu, mari pahami produk yang baik untuk kondisi Anda.

Produk dengan varian rasa, untuk Anda yang tidak menyukai rasa susu original

Produk dengan varian rasa, untuk Anda yang tidak menyukai rasa susu original

Mengonsumsi susu untuk program hamil bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Selain kaya akan nutrisi, susu untuk promil menawarkan banyak varian rasa. Anda yang belum terbiasa mengonsumsi susu pun akan lebih mudah menentukan pilihan. Pilihlah sesuai selera Anda, misalnya rasa cokelat, moka, atau stroberi.


Akan tetapi, perlu Anda perhatikan bahwa susu dengan varian rasa mengandung tambahan gula dan zat pewarna. Anda diperbolehkan mengonsumsinya dalam batas wajar, yaitu 400–600 ml per hari. Konsumsi berlebihan akan menimbulkan karies gigi dan kondisi tersebut dapat bertambah parah jika terjadi pada ibu hamil.

Produk dengan rasa plain, untuk Anda yang terbiasa mengonsumsi susu

Produk dengan rasa plain, untuk Anda yang terbiasa mengonsumsi susu

Bagi Anda yang rutin mengonsumsi susu sehari-hari, menambahkan produk susu dalam program hamil tentu bukan hal yang sulit. Produk dengan rasa plain adalah yang terbaik untuk Anda. Rasa asli susu yang gurih alami dan berwarna putih ini memiliki kandungan gizi yang tidak tercampur dengan bahan perisa.


Berbagai nutrisi dalam segelas susu rasa plain yang Anda konsumsi akan terserap dengan maksimal. Sebaliknya, campuran gula tambahan pada susu akan memperlambat proses penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Jadi, pilihlah yang terbaik demi menyambut calon buah hati, ya!

10 Rekomendasi susu terbaik untuk program hamil

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu terbaik untuk program hamil yang ditentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Fonterra

Anmum Materna

Fonterra Anmum Materna 1枚目

Susu produksi New Zealand dengan inovasi Nuelipid

2

Kalbe

Prenagen Esensis

Kalbe Prenagen Esensis 1枚目

Susu khusus program hamil yang rendah lemak

3

Sarihusada

SGM Bunda Pro-gress Maxx

Sarihusada SGM Bunda Pro-gress Maxx 1枚目

Cukup satu gelas sehari, asupan nutrisi pun tercukupi

4

Nutricia

Lactamil Pregnasis

Nutricia Lactamil Pregnasis 1枚目

Dilengkapi formula ACTIDuobio+, zat gizi ibu dan bayi pun terpenuhi

5

Tempo Scan Pacific

Susu vidoran Ibunda

Tempo Scan Pacific Susu vidoran Ibunda 1枚目

Meningkatkan kesuburan dengan kandungan minyak hati ikan cod

6

Prima Dairy Mubarok

Diamoms

Prima Dairy Mubarok Diamoms 1枚目

Berbahan dasar susu kambing, cocok untuk yang alergi susu sapi

7

Kalbe

Prenagen Lova

Kalbe Prenagen Lova 1枚目

Susu dengan ekstrak daun katuk yang harganya ramah di kantong

8

Frisian Flag

Mama Tahap 0 SUPRIMA

Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA 1枚目

Bisa disajikan hangat atau dingin tanpa mengurangi nilai gizinya

9

Indofood

SUN Pregnancy Milk Powder

Indofood SUN Pregnancy Milk Powder 1枚目

Penuhi asupan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan

10

Mead Johnson

Enfamama A+

Mead Johnson Enfamama A+ 1枚目

Susu rasa coklat yang tinggi asam folat

Perincian produk
Close
No.1

Susu produksi New Zealand dengan inovasi Nuelipid

Kelebihan:

  • Rasanya diklaim enak dan tidak bikin enek
  • Tinggi asam folat, mencegah terjadinya cacat pada calon bayi

Kekurangan:

  • Kurang praktis karena sebaiknya dipindahkan ke wadah penyimpanan setelah kemasan dibuka

Sebagai calon ibu, Anda pasti mendambakan buah hati yang cerdas. Karena itu, susu Anmum Materna bisa menjadi pilihan Anda. Produk ini mengutamakan inovasi Nuelipid. Nuelipid merupakan gabungan berbagai zat gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dengan cara meningkatkan gangliosida (GA). Sebagai informasi, GA memiliki peran penting dalam perkembangan otak janin.

No.2

Susu khusus program hamil yang rendah lemak

Kelebihan:

  • Tinggi asam folat, mencukupi kebutuhan asam folat harian selama menjalani promil
  • Rendah lemak, tidak meningkatkan berat badan secara berlebihan saat persiapan kehamilan

Kekurangan:

  • Tidak tersedia kemasan kaleng, perlu dipindahkan ke wadah penyimpanan setelah dibuka

Di antara sekian banyak produk Prenagen, Esensis adalah susu yang dikhususkan untuk program hamil. Zat gizi dalam susu ini diformulasikan untuk meningkatkan kesuburan wanita sehingga berpeluang lebih besar pada terjadinya kehamilan.


Anda disarankan untuk mengonsumsi susu ini setidaknya 4 bulan sebelum persiapan kehamilan supaya hasilnya lebih optimal. Susu ini juga direkomendasikan untuk Anda yang mengalami kekurangan berat badan saat menjalankan kehamilan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena produk ini rendah lemak.

No.3

SarihusadaSGM Bunda Pro-gress Maxx

Mulai dari Rp25.200,00

Cukup satu gelas sehari, asupan nutrisi pun tercukupi

Kelebihan:

  • Kandungan vitamin B-nya lengkap, tidak perlu menambahkan suplemen lain
  • Tinggi zat besi, cegah anemia saat promil

Kekurangan:

  • Meski bisa disajikan dingin, susu ini tetap perlu dilarutkan dengan air hangat terlebih dahulu

Waspadai risiko terserang anemia apabila Anda memiliki keluhan menstruasi terlalu deras. Untuk mencegahnya, Anda perlu mengasup zat besi saat menjalankan program hamil. SGM Bunda disebut sebagai produk complinutri karena tinggi zat besi, asam folat, kalsium, serta mengandung minyak ikan.


Untuk dosis, Anda cukup meminum susu ini satu gelas per hari. Perlu diingat, kesehatan janin sangat dipengaruhi oleh kesehatan ibunya. Karena itu, sangat penting memberi perhatian terlebih dahulu kepada kesehatan Anda sebelum memiliki janin dalam kandungan.

No.4

NutriciaLactamil Pregnasis

Mulai dari Rp48.700,00

Dilengkapi formula ACTIDuobio+, zat gizi ibu dan bayi pun terpenuhi

Kelebihan:

  • Memiliki kandungan vitamin B kompleks yang lengkap
  • Selain memenuhi kebutuhan gizi, susu ini dapat menjaga ketahanan tubuh

Kekurangan:

  • Kurang praktis karena perlu dilarutkan menggunakan air hangat terlebih dahulu

Keunggulan susu Lactamil Pregnasis ialah dilengkapi formula ACTIDuobio+. Formula ini mengandung zat gizi ganda untuk bunda dan buah hati sejak masa persiapan kehamilan. Anda yang masih bingung dalam menentukan pilihan bisa mencoba produk yang telah memiliki kandungan lengkap ini.


Nutricia menyarankan produk ini untuk dikonsumsi sejak merencanakan kehamilan hingga awal kehamilan. Dengan kandungan tinggi vitamin B6, produk ini juga dapat mengurangi gejala mual dan muntah saat kondisi hamil muda.

No.5

Tempo Scan PacificSusu vidoran Ibunda

Mulai dari Rp39.400,00

Meningkatkan kesuburan dengan kandungan minyak hati ikan cod

Kelebihan:

  • Punya pilihan rasa yang jarang ditemui pada susu promil merek lain, yaitu kombinasi Vanilla-Kacang Hijau

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan kemasan lainnya

Wanita yang sedang berada dalam usia subur berisiko terkena polycystic ovarian syndrome (PCOS). PCOS dapat membuat hormon tidak seimbang sehingga bisa memicu ketidaksuburan kandungan. Untuk mencegahnya, dibutuhkan asupan zat gizi dari minyak hati ikan cod. Zat gizi di produk ini juga berperan dalam mengoptimalkan perkembangan janin.


Diperkaya dengan minyak hati ikan kod, vidoran Ibunda menjadi susu ibu hamil pertama yang memiliki kandungan ini. Selain kaya akan omega-3, minyak hati ikan kod juga merupakan sumber vitamin A dan vitamin D alami. Para calon ibu, mari cegah PCOS dengan memilih asupan zat gizi terbaik untuk Anda dan buah hati!

No.6

Prima Dairy MubarokDiamoms

Mulai dari Rp58.500,00

Berbahan dasar susu kambing, cocok untuk yang alergi susu sapi

Kelebihan:

  • Proteinnya diklaim lebih cepat diserap oleh pencernaan dibandingkan protein susu sapi

Kekurangan:

  • Hanya ada satu pilihan kemasan saja

Susu Diamoms ini kami rekomendasikan untuk Anda yang alergi terhadap susu sapi. Berbahan dasar susu kambing, produk ini memiliki kandungan laktosa sedikit lebih rendah daripada susu sapi. Dengan demikian, pencernaan orang dengan lactose-intolerant akan lebih aman saat mengonsumsinya.


Bukan hanya itu, tekstur protein susu kambing yang terbentuk oleh aktivitas dalam lambung juga lebih lembut. Alhasil, protein yang terkandung di dalam susu ini jadi lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

No.7

Susu dengan ekstrak daun katuk yang harganya ramah di kantong

Kelebihan:

  • Kemasannya kecil, cocok untuk mencoba rasa
  • Pilihan rasa yang ditawarkan cukup banyak

Kekurangan:

  • Tidak tersedia dalam kemasan yang lebih besar
  • Perlu dilengkapi dengan tambahan asupan selain vitamin A, C, D, dan B9

Produk ini sebenarnya ditujukan untuk bumil, tetapi zat gizi di dalamnya juga baik dikonsumsi saat promil. Keunggulan produk ini ialah kandungan ekstrak daun katuk dalam varian Cokelat dan Stroberi. Daun katuk dipercaya memiliki banyak manfaat, khususnya dalam produksi ASI. Daun ini juga merupakan sumber protein untuk pertumbuhan jaringan, plasenta, dan otak janin.


Kandungan zat besi dan zink di dalamnya bermanfaat untuk kesehatan bumil dan janin. Jika calon ibu sehat, peluang untuk mendapatkan kehamilan yang sehat juga lebih besar. Dengan segala manfaat yang dimilikinya, harga produk ini relatif terjangkau, lho. Jadi, susu Prenagen Lova merupakan pilihan tepat apabila memiliki anggaran terbatas.

No.8

Frisian FlagMama Tahap 0 SUPRIMA

Mulai dari Rp28.000,00

Bisa disajikan hangat atau dingin tanpa mengurangi nilai gizinya

Kelebihan:

  • Dapat dikonsumsi hingga masa menyusui, tidak perlu repot mengganti susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi
  • Kandungan DHA-nya tertinggi di antara kategori produk sejenis

Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu pilihan kemasan dan rasa

Sebagai calon ibu, Anda memerlukan asupan zat gizi lebih besar dibandingkan kebutuhan gizi harian. Untuk memenuhinya, produk susu ini mengombinasikan zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro terdiri dari sumber protein, karbohidrat, dan lemak. Sementara itu, zat gizi mikro terdiri dari asam folat, multivitamin, serta nutrisi lainnya.


Frisian Flag mengeklaim produknya dapat disajikan hangat ataupun dingin. Susu ini juga dapat dikombinasikan dengan bahan minuman lain, lho! Jadi, produk ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang mudah bosan dengan penyajian yang biasa.

No.9

IndofoodSUN Pregnancy Milk Powder

Mulai dari Rp26.000,00

Penuhi asupan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan

Kelebihan:

  • Memiliki dua varian rasa yang tidak membuat enek
  • Nutrisinya dapat memenuhi kebutuhan gizi selama promil

Kekurangan:

  • Hanya ada satu pilihan kemasan saja
  • Meski mengandung banyak nutrisi, susu ini belum dilengkapi vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin B7

Seribu hari pertama kehidupan manusia dimulai sejak berada dalam kandungan disebut juga periode emas. Dalam periode ini sel-sel otak buah hati Anda akan berkembang dengan pesat. SUN Pregnancy Milk Powder turut mendukung pemenuhan gizi pada periode emas ini.


Kandungan zat besinya dapat mencegah terjadinya anemia, pendarahan, dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Sementara itu, kandungan asam folat dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf. Vitamin B6 dan serat juga terdapat di dalam produk ini.

No.10

Mead JohnsonEnfamama A+

Mulai dari Rp133.000,00

Susu rasa coklat yang tinggi asam folat

Kelebihan:

  • Tidak perlu tambahan suplemen vitamin B karena kandungannya sudah lengkap
  • Mengandung serat pangan inulin yang membantu menjaga kesehatan pencernaan

Kekurangan:

  • Tidak tersedia ukuran kecil, kurang cocok untuk tes rasa

Jika Anda sudah lama menanti-nantikan kehamilan, sebaiknya Anda banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat. Enfamama A+ merupakan susu yang mengandung asam folat tinggi dan dapat dijadikan pilihan. Selain asam folat, produk ini mengandung asam lemak DHA, kolin, kalsium, protein, serat, dan zat besi.


Semua zat gizi tersebut bermanfaat selama masa kehamilan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat. Bagi Anda yang belum terbiasa mengonsumsi susu, produk ini adalah pilihan yang tepat. Di samping zat gizinya yang melimpah, susu promil ini memiliki rasa yang enak di lidah!

Pertanyaan umum seputar susu untuk program hamil

Pertanyaan umum seputar susu untuk program hamil

Tips memilih susu untuk program hamil dan rekomendasi produk-produk terbaiknya telah kami berikan. Kini, kami akan membahas beberapa hal yang sering ditanyakan mengenai susu promil. Yuk, disimak!

Apakah minum susu hamil bisa mempercepat kehamilan?

Susu hamil bisa menjadi salah satu faktor untuk mempercepat kehamilan jika kekurangan zat gizi adalah penyebabnya. Dengan meminum susu hamil, zat gizi terpenuhi sehingga tubuh menjadi sehat dan peluang terjadinya kehamilan pun meningkat.


Namun, perlu dipahami bahwa kehamilan merupakan proses kompleks yang melibatkan banyak faktor. Konsumsi susu hamil tidak bisa menjadi alasan utama untuk mempercepat kehamilan. Susu hamil hanya memberikan kecukupan zat gizi bagi ibu hamil dan mempersiapkan status gizi ibu selama proses kehamilan.

Bagaimana cara menyuburkan kandungan agar cepat hamil?

Pada intinya, Anda harus menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan tubuh agar kandungan siap untuk proses kehamilan. Untuk itu, jadikanlah pola makan sehat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup sebagai gaya hidup sehari-hari. Mengurangi stres dan beban pikiran juga penting.


Pastikan Anda mengonsumsi asupan gizi seimbang, terutama memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Selain itu, batasilah konsumsi makanan serta minuman yang mengandung gula dan lemak berlebihan.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk ibu hamil di sini

Selain merekomendasikan susu untuk program hamil, kami telah menyiapkan beberapa artikel lainnya yang dapat Anda jadikan referensi. Terdapat juga rekomendasi produk vitamin, asam folat, dan snack untuk ibu hamil. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Menjalankan program hamil membutuhkan asupan nutrisi yang sama besarnya dengan ibu hamil. Namun, perlu diingat bahwa susu bukanlah konsumsi pokok. Anda tetap harus menerapkan pola hidup sehat dengan makanan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup.


Setelah membaca artikel di atas, semoga Anda bisa menemukan susu yang tepat untuk menunjang program hamil Anda. Selamat berjuang untuk segera memiliki buah hati, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer