• 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Memiliki aquarium indah dengan ikan yang sehat adalah salah satu terapi mata yang menyenangkan. Hal tersebut dipercaya bisa membuat Anda merasa lebih rileks, serta mengurangi tingkat stres. Selain itu, aquarium juga bisa difungsikan sebagai dekorasi ruangan.


Dengan manfaat di atas, banyak orang ingin memiliki aquarium dengan hiasan yang cantik. Namun, sebagian orang masih kesulitan memilih hiasan yang sesuai untuk aquarium-nya. Karena itu, kami akan memberikan tips cara menata aquarium di rumah Anda. Beberapa tanaman hias seperti Java moss, Lilaeopsis brasiliensis, serta batu alam terbaik akan kami ulas dengan lengkap.

  • Pembaharuan terakhir: 19 Maret 2021
  • 24.753 Views
Daftar isi

Cara memilih hiasan aquarium

Aksesori dan hiasan aquarium yang dijual di toko-toko memang sangat menggoda untuk digunakan. Namun, sering kali orang memilih hiasan yang tidak tepat untuk aquarium-nya. Hiasan apa saja yang dapat Anda gunakan untuk memperkaya keindahan pada aquarium? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Pilih bahan yang sesuai dengan selera Anda

Berbagai hiasan indah di aquarium akan membuatnya terlihat seperti habitat asli ikan. Selain itu, hiasan dapat berfungsi sebagai tempat berteduh, berlindung, dan berkembang biak bagi ikan. Apa saja produk hiasan yang dapat digunakan? Berikut ulasannya!

Bahan plastik dan keramik: lebih praktis

Bahan plastik dan keramik: lebih praktis

Hiasan aquarium dari bahan plastik dan keramik cukup populer karena memiliki beragam variasi model. Anda bisa memilih di antara berbagai bentuk dan warna yang cantik. Selain itu, harganya relatif lebih terjangkau dan perawatannya juga lebih mudah. Hanya saja, Anda harus cermat melihat kualitas hiasan berbahan plastik. Hindari penggunaan hiasan dengan kandungan unsur besi atau metal. Sifat besi dan metal yang mudah berkarat ketika terkena air tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan ikan.


Contoh hiasan aquarium berbahan plastik adalah replika tanaman air. Sementara, contoh hiasan berbahan keramik adalah rumah ikan, batu karang, dan lainnya. Anda dapat memilih hiasan dengan banyak warna untuk membuat aquarium menjadi lebih indah.

Bahan kayu driftwood: Anda bisa berkreasi dengannya

Bahan kayu driftwood: Anda bisa berkreasi dengannya

Bagi Anda yang ingin menjadikan aquarium terlihat natural, menggunakan komponen kayu atau driftwood adalah suatu pilihan. Driftwood juga menjadi aksesori penghias aquarium yang cukup murah karena bisa didapat langsung dari alam. Hiasan ini merupakan limbah alam yang dapat Anda temukan dengan mudah di hulu sungai dan pesisir pantai. 


Lantas, apa manfaatnya? Di dalam aquarium, kehadiran driftwood dapat berfungsi sebagai media tumbuh beberapa jenis tanaman air sehingga tampak lebih indah. Selain itu, hiasan ini dapat dimanfaatkan untuk menyembunyikan selang oksigen. Dengan konsep ini, tentunya akan membuat aquarium Anda terlihat lebih natural layaknya habitat asli ikan.

Tambahkan tanaman hidup untuk memperindah aquarium

Tanaman hidup pada aquarium berfungsi untuk memperkaya habitat dan memperindah rumah ikan. Bagi sebagian jenis ikan, tanaman hidup juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Melalui ulasan ini, kami akan menjelaskan jenis tanaman hidup yang dapat memperindah aquarium Anda.

Tanaman ganggang untuk latar belakang aquarium

Tanaman ganggang untuk latar belakang aquarium

Salah satu tanaman yang cocok untuk aquarium air tawar adalah tanaman ganggang. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai habitat ikan yang Anda pelihara. Beberapa ikan kecil seperti guppy dan endlers livebearer akan sangat menyukai kehadiran tanaman ini.


Pilihlah tanaman yang dibutuhkan sesuai jenis ikan yang Anda pelihara. Benamkan akar tanaman ke dalam pasir aquarium agar dapat tumbuh dengan sempurna. Salah satu rekomendasi kami untuk jenis tanaman air ini adalah Hygrophila polysperma dan Java moss. Tanaman ini sangat mudah ditanam dengan tingkat cahaya dan CO2 yang rendah. 

Tanaman lumut atau pakis untuk lantai aquarium

Tanaman lumut atau pakis untuk lantai aquarium

Saat ingin menata aquarium bertema hutan hijau, selain dengan tanaman ganggang dan batang, Anda dapat menggunakan tanaman lumut. Jika tanaman ganggang cocok sebagai latar belakang aquarium, tanaman lumut dapat Anda manfaatkan untuk mempercantik lantai aquarium.


Tanaman lumut atau pakis umumnya memiliki perawatan yang sangat mudah dibandingkan tanaman ganggang. Selain itu, tanaman lumut juga berguna untuk menyamarkan kotoran ikan, serta menjadi tempat persembunyian ikan saat akan bertelur. Beberapa contoh jenis tanaman lumut atau pakis yang dapat Anda jadikan sebagai lantai aquarium di antaranya adalah Hemianthus callitrichoides dan Lilaeopsis brasiliensis. Selain mudah dirawat dan didapatkan, tanaman ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Tambahkan batu untuk menutupi kotoran yang berada di dasar aquarium

Tambahkan batu untuk menutupi kotoran yang berada di dasar aquarium

Penggunaan batu pada aquarium bukan hanya untuk mempercantik aquarium semata. Pada kenyataannya, batu-batu pada aquarium memiliki beberapa manfaat yang membuat habitat ikan menjadi lebih sehat. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjernihkan air dan menyeimbangkan kadar pH air di aquarium. Selain itu, manfaat yang paling terlihat adalah untuk menutupi dasar aquarium dari kotoran ikan.


Bagaimana manfaatnya untuk ikan? Batu-batu pada aquarium dapat berfungsi sebagai tempat bermain dan bersembunyi kelompok ikan kecil. Jenis batu yang dapat Anda gunakan di antaranya adalah batu kali atau batu seiryu.

Tambahkan pasir untuk membuat suasana semakin natural

Tambahkan pasir untuk membuat suasana semakin natural

Bagi Anda yang ingin menghias dan menata aquarium seperti habitat asli ikan, tentunya tidak bisa terlepas dari penggunaan pasir. Selain untuk mempercantik isi aquarium, pasir yang Anda gunakan memiliki banyak manfaat untuk habitat ikan. Di antaranya adalah untuk media tanam, mempercepat pertumbuhan tanaman air, dan menjernihkan air. 


Pasir yang cocok untuk habitat ikan di aquarium tentunya memiliki butiran yang tidak terlalu kecil. Hal ini ditujukan agar pasir yang Anda gunakan tidak larut bersama air sehingga tidak akan membuat isi aquarium menjadi keruh. Untuk itu, pilihlah pasir dengan butiran yang kasar dan berbentuk seperti pecahan kerikil. Salah satu pasir terbaik yang dapat Anda gunakan untuk aquarium adalah jenis pasir silika atau kuarsa (SiO2). Jenis pasir ini mampu mengurai kandungan lumpur, tanah, dan endapan sedimen pada air di aquarium. Selain itu, pasir silika mudah didapat dan memiliki harga yang relatif terjangkau.

Tambahkan lampu hias untuk mempercantik dan menyegarkan habitat ikan

Tambahkan lampu hias untuk mempercantik dan menyegarkan habitat ikan

Cahaya pada aquarium sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman hias dan ikan yang Anda rawat. Sementara itu, aquarium yang diletakkan di dalam ruangan biasanya sulit mendapatkan sinar matahari. Untuk mengantisipasi lambannya pertumbuhan tanaman hias dan ikan, gunakan lampu sebagai sumber pencahayaan alternatif.


Untuk sumber cahaya pada aquarium, Anda dapat menggunakan jenis lampu T5-fluorescent atau LED. Namun, sebaiknya Anda menyesuaikan penggunaan lampu dengan kedalaman air dan habitat tanaman di aquarium


Jika aquarium memiliki air yang dalam dan dipenuhi tanaman dengan kebutuhan pencahayaan yang tinggi, gunakan lampu T5-fluorescent. Jenis lampu ini dapat menghasilkan daya yang tinggi dan menerangi aquarium secara merata. Sementara bagi Anda yang memiliki aquarium dengan air yang dangkal, gunakan lampu LED sebagai lampu hiasnya. Lampu ini memiliki konsumsi daya listrik yang rendah sehingga cocok untuk aquarium yang dangkal. Untuk mempercantik warnanya, tambahkan lensa tank pada lampu LED yang Anda gunakan.

Gunakan wallpaper untuk menghemat biaya

Gunakan wallpaper untuk menghemat biaya

Bagi Anda yang hendak menghemat biaya dan tidak ingin repot dalam menghias aquarium, tentunya ada cara lain yang lebih praktis. Salah satunya adalah dengan memasang wallpaper bertemakan keindahan bawah laut.


Pemasangan wallpaper pada aquarium memang sudah cukup populer di kalangan beberapa orang. Wallpaper juga dianggap sebagai hiasan yang paling murah untuk digunakan, serta memiliki tema pemandangan yang cukup lengkap. Pemasangan wallpaper pada aquarium juga dinilai lebih mudah. Anda dapat melakukannya ketika sedang menguras air aquarium.

10 Rekomendasi hiasan aquarium terbaik

Selain mengulas cara memilih hiasan aquarium, kami telah menyiapkan sepuluh produk hiasan terbaik untuk aquarium Anda. Bagi Anda yang ingin membeli aquarium baru, gunakan saja rekomendasi produk kami di bawah ini, ya!

10
Jenis hiasanLampu
ManfaatMemberi penerangan
9
Jenis hiasanLampu
ManfaatMemberi penerangan
8
Jenis hiasanWallpaper
ManfaatMempercantik
7
Jenis hiasanPlastik dan keramik
ManfaatTempat persembunyian ikan
6
Jenis hiasanTanaman lumut/pakis
ManfaatMenyamarkan kotoran
5

Tree Decoration Artificial Driftwood For Fish

Mulai dari Rp 51.000,00

Jenis hiasanDriftwod
ManfaatMembentuk habitat asli
4
Jenis hiasanTanaman lumut / pakis
ManfaatSebagai karpet aquarium
3
Jenis hiasanPasir
ManfaatMembantu menjernihkan air
2
Jenis hiasanTanaman lumut/pakis
ManfaatMelindungi telur ikan
1
Jenis hiasanTanaman ganggang
ManfaatSebagai background aquarium

Tabel perbandingan produk hiasan aquarium terbaik

Gambar produk
1
Hygrophila polysperma 1

2
Java Moss 1

3
Kandila  Cosmetic Sand 1

Kandila

4
Lilaeopsi brasiliensis 1

5
Tree Decoration Artificial Driftwood For Fish 1

6
Manfaat Hemianthus callitrichoides 1

Manfaat

7
Hiasan Aquarium Rumah Spongebob 1

8
Wallpaper aquarium gambar tanaman 1

9
Shimura Lampu Neon LED 1

Shimura

10
Yamano LED Aquarium Light 1

Yamano

Nama produk

Hygrophila polysperma

Java Moss

Cosmetic Sand

Lilaeopsi brasiliensis

Tree Decoration Artificial Driftwood For Fish

Hemianthus callitrichoides

Hiasan Aquarium Rumah Spongebob

Wallpaper aquarium gambar tanaman

Lampu Neon LED

LED Aquarium Light

Keunggulan

Hidupkan aquarium Anda dengan background berupa tanaman

Telur ikan Anda terjaga dengan aman di dalamnya

Menetralkan kandungan berbahaya pada air aquarium

Mudah dirawat, aquarium Anda cantik seketika

Aquarium terlihat lebih natural, selang oksigen tak lagi mengganggu pemandangan

Karpet indah untuk aquarium Anda

Terlihat lucu dengan tema Sponge Bob Series

Cara mudah dalam menata aquarium

Mempercantik warna di tubuh ikan Anda

Penerangan hemat energi untuk aquarium rumah Anda

Harga mulai dariRp 5.000,00Rp 12.500,00Rp 18.000,00Rp 15.000,00Rp 51.000,00Rp 10.000,00Rp 79.000,00Rp 11.700,00Rp 40.000,00Rp 63.000,00
Jenis hiasanTanaman ganggangTanaman lumut/pakisPasirTanaman lumut / pakisDriftwodTanaman lumut/pakisPlastik dan keramikWallpaperLampuLampu
ManfaatSebagai background aquariumMelindungi telur ikanMembantu menjernihkan airSebagai karpet aquariumMembentuk habitat asliMenyamarkan kotoranTempat persembunyian ikanMempercantikMemberi peneranganMemberi penerangan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pompa air aquarium di sini

Selain hiasan, aquarium yang sehat juga harus terpasang pompa air. Alat ini berfungsi untuk mengalirkan, menyaring, dan menjaga kadar oksigen dalam air. Oksigen dari pompa air tidak hanya penting untuk ikan, tetapi juga untuk tanaman dan bakteri di dalam aquarium. Untuk lebih jelasnya, silakan simak artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Menata aquarium merupakan hobi yang menyenangkan. Untuk mendapatkan aquarium yang indah dengan ikan yang sehat memang membutuhkan waktu dan penyesuaian, terlebih jika Anda menggunakan banyak tanaman hidup.


Namun, jika Anda sudah terbiasa dan mengetahui cara penataan yang tepat, memiliki aquarium yang indah dan sehat akan mudah diwujudkan. Jadi, selamat mencoba, ya! Jangan lupa untuk menggunakan sepuluh rekomendasi hiasan aquarium yang sudah kami ulas di atas.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda memelihara anjing atau kucing, membasmi kutu tentu bukanlah hal yang baru. Parasit yang merugikan hewan dan manusia ini dapat berkembang biak dengan cepat apabila dibiarkan. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan obat kutu anjing dan kucing yang dijual di pasaran atau rumah sakit hewan. Untuk membantu Anda, kami akan membagikan rekomendasi merk obat kutu kucing dan anjing, seperti Hartz, Revolution, dan NexGard. Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak informasinya dan temukan pembasmi kutu yang bagus untuk hewan peliharaan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    117.206 Views
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mungkin sebagian besar dari Anda membiarkan kucing peliharaan berkeliaran di area rumah agar kucing tidak stres. Namun, sebaiknya Anda juga menyediakan kandang untuk kucing sebagai perlindungan. Anda juga bisa menjadikan kandang kucing sebagai tempat bagi kucing untuk tidur.Banyaknya pilihan kandang kucing mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memilih. Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kandang kucing terbaik. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    49.071 Views
  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pasir hamster merupakan benda yang dibutuhkan hamster untuk keperluan toileting. Beberapa orang mungkin tidak menganggap benda ini penting, tetapi hamster akan merasa lebih nyaman apabila Anda menyediakannya. Selain higienis, pasir hamster juga akan memudahkan Anda ketika akan membuang kotoran hamster.Saat ini, pasir hamster tersedia dalam beberapa jenis bahan, seperti kayu, mineral, dan kertas. Kami akan mengulasnya satu per satu serta memberikan tips memilih pasir hamster yang sesuai dengan kebutuhan. Simak juga beberapa rekomendasi pasir hamster yang bisa Anda dapatkan secara online. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    29.436 Views
  • 10 Rekomendasi Rumah dan Tempat Tidur Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rumah dan Tempat Tidur Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai hewan yang gemar tidur, kucing membutuhkan rumah dan tempat tidur yang nyaman. Agar kucing kesayangan Anda bisa tidur dengan nyaman, sediakan tempat tidur yang sesuai dengan karakternya. Ada berbagai tipe tempat tidur kucing yang bisa Anda pilih seperti tipe rumah, body fit, tanpa atap, dan hammock.Banyaknya pilihan mungkin akan membuat Anda bingung. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih rumah dan tempat tidur untuk kucing. Kami juga akan mengulas rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Simak informasinya sampai habis, ya.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    24.005 Views
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda berencana untuk memelihara hamster, Anda harus menyiapkan kandangnya. Kandang hamster tersedia dalam berbagai jenis, misalnya saja kandang kawat, plastik, serta akuarium sederhana. Ukuran kandang juga beragam, lho! Lalu, kandang dengan kriteria seperti apa yang harus dipilih?Untuk memudahkan Anda, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi kandang hamster yang bisa didapatkan secara online. Anda bisa memilih merek, seperti Ferplast, Habitrail, dan lainnya. Kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih kandang hamster sesuai kebutuhan hamster Anda. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    18.912 Views
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kandang Kelinci Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda ingin bepergian sembari membawa kelinci kesayangan? Berarti Anda membutuhkan kandang kelinci portable. Saat ini sudah tersedia beragam kandang kelinci portable yang berbeda bentuk dan materialnya satu sama lain di pasaran. Hal tersebut mungkin bisa membuat Anda sulit memilih produk yang paling tepat.Agar Anda makin mudah menentukan pilihan, pertama-tama kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Kami juga akan memberikan daftar berisi rekomendasi kandang kelinci portable terbaik. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    906 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori