• 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Memiliki akuarium indah dengan ikan yang sehat adalah salah satu terapi mata yang menyenangkan. Hal tersebut dipercaya bisa membuat Anda merasa lebih relaks, serta mengurangi tingkat stres. Selain itu, akuarium juga bisa difungsikan sebagai dekorasi ruangan. Dengan manfaat di atas, banyak orang ingin memiliki akuarium dengan hiasan yang cantik.


Namun, sebagian orang masih kesulitan memilih hiasan yang sesuai untuk akuariumnya. Karena itu, kami akan memberikan tips cara menata akuarium di rumah Anda. Beberapa tanaman hias seperti Java moss, Lilaeopsis brasiliensis, serta hiasan rumah nanas SpongeBob akan kami ulas dengan lengkap.

  • Pembaharuan terakhir: 27 Oktober 2021
  • 32.241 Views
Daftar isi

Cara memilih hiasan aquarium

Aksesori dan hiasan akuarium yang dijual di toko-toko memang sangat menggoda untuk digunakan. Namun, tidak semua hiasan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, hiasan apa saja yang dapat Anda gunakan untuk memperkaya keindahan akuarium? Simak penjelasannya di bawah ini!

Pilih bahan yang sesuai dengan selera Anda

Berbagai hiasan indah di akuarium akan membuatnya terlihat seperti habitat asli ikan. Selain itu, hiasan dapat berfungsi sebagai tempat berteduh, berlindung, dan berkembang biak bagi ikan. Apa saja produk hiasan yang dapat digunakan? Berikut ulasannya!

Bahan plastik dan keramik: Perawatannya mudah dan harganya terjangkau

Bahan plastik dan keramik: Perawatannya mudah dan harganya terjangkau

Hiasan akuarium dari bahan plastik dan keramik cukup populer karena memiliki beragam variasi model. Anda bisa memilih di antara berbagai bentuk dan warna yang cantik. Selain itu, harganya relatif lebih terjangkau dan perawatannya juga lebih mudah.


Hanya saja, Anda harus cermat melihat kualitas hiasan berbahan plastik. Hindari penggunaan hiasan plastik yang memiliki unsur besi karena mudah berkarat ketika terkena air. Contoh hiasan plastik adalah replika tanaman air, sedangkan hiasan berbahan keramik, misalnya rumah ikan dan batu karang.

Bahan driftwood: Natural dan mudah dikreasikan

Bahan driftwood: Natural dan mudah dikreasikan

Bagi yang ingin menjadikan akuarium terlihat natural, komponen kayu atau driftwood adalah pilihan yang pas. Driftwood merupakan hiasan akuarium dari kayu yang sangat terjangkau karena bisa didapat langsung dari alam. Hiasan ini merupakan limbah alam yang dapat Anda temukan dengan mudah di hulu sungai dan pesisir pantai.


Di dalam akuarium, kehadiran driftwood dapat berfungsi sebagai media tumbuh beberapa jenis tanaman air sehingga tampak lebih indah. Selain itu, hiasan ini dapat dimanfaatkan untuk menyembunyikan selang oksigen. Dengan hiasan akuarium ini, tampilan akuarium Anda pasti akan terlihat lebih natural layaknya habitat asli ikan.

Taruh tanaman hidup untuk memperindah aquarium

Tanaman hidup pada akuarium berfungsi untuk memperkaya habitat dan memperindah rumah ikan. Bagi sebagian jenis ikan, keberadaan tanaman hidup ternyata bermanfaat untuk kesehatan, lho. Nah, apa saja jenis tanaman hidup yang dapat memperindah akuarium Anda? Mari disimak!

Tanaman ganggang untuk latar belakang aquarium

Tanaman ganggang untuk latar belakang aquarium

Salah satu tanaman yang cocok untuk akuarium air tawar adalah tanaman ganggang. Tanaman ini dapat digunakan sebagai habitat ikan yang Anda pelihara. Beberapa ikan kecil, seperti guppy dan endlers livebearer sangat menyukai kehadiran tanaman ini.


Jenis tanaman ganggang yang direkomendasikan untuk hiasan akuarium adalah Hygrophila polysperma dan Java moss. Tanaman tersebut sangat mudah ditanam dengan tingkat cahaya dan CO2 yang rendah. Sebagai tambahan informasi, Java moss sering kali digunakan sebagai hiasan akuarium ikan cupang.

Tanaman lumut atau pakis untuk lantai aquarium

Tanaman lumut atau pakis untuk lantai aquarium

Selain tanaman ganggang, Anda dapat menggunakan tanaman lumut untuk menata akuarium bertema hutan hijau. Jika ganggang cocok digunakan sebagai latar belakang, tanaman lumut cocok untuk mempercantik lantai akuarium. Selain itu, tanaman lumut juga berguna untuk menyamarkan kotoran ikan, serta menjadi tempat persembunyian saat akan bertelur.


Contoh jenis tanaman lumut atau pakis yang dapat dijadikan lantai akuarium, yaitu Hemianthus callitrichoides dan Lilaeopsis brasiliensis. Tidak seperti tanaman ganggang, perawatan lumut atau pakis umumnya lebih mudah. Selain mudah dirawat, tanaman ini juga gampang diperoleh, serta dijual dengan harga cukup terjangkau.

Gunakan batu untuk menutupi kotoran di dasar aquarium

Gunakan batu untuk menutupi kotoran di dasar aquarium

Penggunaan batu pada akuarium bukan hanya untuk mempercantik akuarium semata. Pada kenyataannya, batu-batu pada akuarium memiliki beberapa manfaat yang membuat habitat ikan menjadi lebih sehat. Salah satu manfaat batu akuarium adalah untuk menjernihkan dan menyeimbangkan kadar pH air.


Manfaat lain yang paling terlihat jelas adalah untuk menutupi dasar akuarium dari kotoran ikan. Di samping itu, batu-batu pada akuarium juga berfungsi sebagai tempat bermain dan bersembunyi kelompok ikan kecil. Nah, jenis batu hias yang dapat Anda gunakan untuk tujuan di atas yaitu batu kali atau lava rock.

Tambahkan pasir untuk membuat suasana makin natural

Tambahkan pasir untuk membuat suasana makin natural

Bagi Anda yang ingin menghias dan menata akuarium layaknya habitat asli ikan, penggunaan pasir mutlak diperlukan. Selain mempercantik akuarium, pasir memiliki banyak manfaat, seperti untuk media tanam, mempercepat pertumbuhan tanaman, dan menjernihkan air. Namun, butiran pasir tidak boleh terlalu kecil agar pasir tidak larut bersama air dan membuat akuarium menjadi keruh.


Pasir malang adalah salah satu jenis pasir yang banyak dipakai untuk pembuatan aquascape dalam akuarium. Tekstur pasir ini berongga dan mengandung banyak mineral karena berasal dari letusan gunung berapi. Sebetulnya, pasir jenis apa saja, termasuk pasir biasa, bisa digunakan untuk dasar akuarium. Akan tetapi, pastikan pasir tersebut tidak mengandung zat yang berbahaya bagi ikan.

Beri lampu hias untuk mempercantik dan menyegarkan habitat ikan

Beri lampu hias untuk mempercantik dan menyegarkan habitat ikan

Akuarium yang diletakkan di dalam ruangan biasanya sulit mendapatkan sinar matahari. Sementara itu, cahaya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman hias dan ikan yang Anda rawat. Untuk mengantisipasi lambatnya pertumbuhan tanaman hias dan ikan, gunakan lampu sebagai sumber pencahayaan alternatif.


Jenis lampu T5-fluorescent atau LED dapat digunakan, tetapi sebaiknya sesuaikan dengan kedalaman air dan kepadatan tanaman di akuarium. Jika akuarium memiliki air yang dalam dan dipenuhi tanaman dengan kebutuhan pencahayaan yang tinggi, gunakan lampu T5-fluorescent. Jenis lampu ini memiliki daya yang tinggi sehingga akan menerangi akuarium secara merata.


Sementara itu, bagi yang memiliki akuarium dengan air dangkal, gunakanlah lampu LED sebagai lampu hias. Lampu ini memiliki konsumsi listrik yang rendah sehingga cocok untuk akuarium yang dangkal. Untuk mempercantik warnanya, tambahkan lensa tank pada lampu LED yang Anda gunakan.

Pasang wallpaper untuk menghemat biaya

Pasang wallpaper untuk menghemat biaya

Bagi yang hendak menghemat biaya dan tidak ingin repot menghias akuarium, tentunya ada cara yang lebih praktis. Salah satunya adalah dengan memasang wallpaper bertemakan keindahan bawah laut. Pemasangan wallpaper pada akuarium memang cukup populer di kalangan tertentu.


Wallpaper juga dianggap sebagai hiasan yang paling terjangkau untuk digunakan serta memiliki tema pemandangan yang cukup lengkap. Selain itu, pemasangan wallpaper pada akuarium juga dirasa jauh lebih mudah. Anda dapat melakukannya ketika sedang menguras air akuarium.

10 Rekomendasi hiasan aquarium terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hiasan akuarium terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Jenis hiasanWallpaper
ManfaatMemperindah akuarium
9
Jenis hiasanPasir
ManfaatMembantu menjernihkan air
8
Jenis hiasanTanaman lumut / pakis
ManfaatSebagai karpet aquarium
7
Jenis hiasanBatu
ManfaatMenguraikan kotoran
6
Jenis hiasanTanaman lumut/pakis
ManfaatTempat perlindungan burayak
5

Hiasan Aquarium Rumah Nanas SpongeBob

Mulai dari Rp 16.500,00

Jenis hiasanPlastik dan keramik
ManfaatTempat persembunyian ikan
4
Jenis hiasanLampu
ManfaatMemberi penerangan
3
Jenis hiasanTanaman lumut/pakis
ManfaatMenyamarkan kotoran
2
Jenis hiasanDriftwood
ManfaatMemperindah akuarium
1
Jenis hiasanPasir
ManfaatMemperbaiki kualitas air

Tabel perbandingan produk hiasan aquarium terbaik

Gambar produk
1
Pasir Malang 1

2
Akar Kayu Rasamala 1

3
Tanaman Hemianthus Callitrichoides 1

4
Yamano LED Aquarium Light 1

Yamano

5
Hiasan Aquarium Rumah Nanas SpongeBob 1

6
Tanaman Java Moss 1

7
Lava Rock 1

8
Tanaman Lilaeopsi Brasiliensis 1

9
Kandila Cosmetic Sand 1

10
Wallpaper Aquarium Background Aquascape 1

Nama produk

Pasir Malang

Akar Kayu Rasamala

Tanaman Hemianthus Callitrichoides

LED Aquarium Light

Hiasan Aquarium Rumah Nanas SpongeBob

Tanaman Java Moss

Lava Rock

Tanaman Lilaeopsi Brasiliensis

Kandila Cosmetic Sand

Wallpaper Aquarium Background Aquascape

Keunggulan

Tingkatkan kualitas air dan buat tanaman air jadi lebih subur

Banyak lekukan dan cabang, aquarium tampak alami

Karpet indah untuk tampilan aquarium yang lebih estetis

Penerangan hemat energi untuk aquarium rumah Anda

Aquarium bertema SpongeBob, lucu dan unik!

Tempat perlindungan dan persediaan makanan untuk burayak

Aquarium terlihat jernih, tanaman pun tumbuh sehat

Cantik dan mudah perawatannya!

Pasir warna-warni yang membuat aquarium tampak semarak

Tinggal tempel, menata aquarium jadi lebih mudah

Harga mulai dariRp 2.500,00Rp 6.800,00Rp 9.000,00Rp 60.000,00Rp 16.500,00Rp 3.000,00Rp 3.000,00Rp 5.000,00Rp 17.500,00Rp 21.800,00
Jenis hiasanPasirDriftwoodTanaman lumut/pakisLampuPlastik dan keramikTanaman lumut/pakisBatuTanaman lumut / pakisPasirWallpaper
ManfaatMemperbaiki kualitas airMemperindah akuariumMenyamarkan kotoranMemberi peneranganTempat persembunyian ikanTempat perlindungan burayakMenguraikan kotoranSebagai karpet aquariumMembantu menjernihkan airMemperindah akuarium
Tautan produk

Cara menghias aquarium

Cara menghias aquarium

Akuarium yang berisi ikan hias dan dihias dengan berbagai hiasan pasti akan menjadi dekorasi rumah yang menawan. Namun, bagi sebagian orang, menghias akuarium merupakan sebuah tantangan tersendiri, terutama bila Anda adalah seorang pemula. Untuk itu, kami akan memaparkan langkah-langkah praktis menghias akuarium yang bisa Anda praktekkan nantinya.


  • Pertama-tama, susun pasir di dasar akuarium dengan ketebalan kira-kira dua hingga tiga sentimeter.

  • Setelah pasir tertata dengan baik, taburkan pupuk aquascape yang aman untuk ikan ke dalamnya agar tanaman hias bisa tumbuh dengan baik.

  • Selanjutnya, hias akuarium menggunakan berbagai jenis bebatuan yang indah.

  • Isi seperempat bagian akuarium dengan air secara perlahan, lalu taruh tanaman hias yang sudah Anda siapkan.

  • Setelah tanaman selesai ditanam, penuhi akuarium dengan air. Namun, sisakan sekitar lima hingga sepuluh sentimeter untuk memasang peralatan penunjang, seperti pompa, saringan, dan lampu.

  • Jika peralatan penunjang telah terpasang, masukkan ikan hias ke dalam akuarium. Jangan lupa untuk memberi pupuk tiap tiga hari sekali agar tanaman tumbuh subur.

Pertanyaan umum seputar hiasan aquarium

Pertanyaan umum seputar hiasan aquarium

Anda sudah mengetahui cara memilih hiasan akuarium dan mengenal produk-produknya. Kini, kami akan menjawab beberapa hal yang sering ditanyakan seputar hiasan akuarium.

Bagaimana cara membersihkan kotoran ikan di dasar aquarium?

Kotoran bisa dibersihkan dengan menyendoknya keluar dari tangki, tetapi cara ini tentu akan memakan waktu lama. Solusi lainnya adalah menggunakan airstone atau powerhead untuk meniup dan mengaduk pasir. Arus akan membuat kotoran mengambang sehingga memudahkan filter untuk menyedotnya.

Kapan air aquarium harus diganti?

Air akuarium sebaiknya diganti setiap dua minggu, dengan jumlah minimum 25% dari total volume. Anda tidak perlu mengeluarkan ikan selama proses ini, tetapi pastikan Anda mengaduk kerikil agar endapan kotoran di dasar akuarium terangkat.

Baca juga rekomendasi produk aksesori aquarium dan perawatan ikan lainnya di sini

Selain hiasan akuarium, kami juga memiliki rekomendasi produk untuk perawatan ikan Anda. Terdapat beberapa produk, seperti pompa aquarium, filter aquarium, dan yang lainnya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Bagi sebagian orang, menata akuarium merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, untuk mendapatkan akuarium yang indah dengan ikan yang sehat tentu membutuhkan waktu dan penyesuaian.


Tidak perlu khawatir! Jika Anda mengikuti tips yang kami berikan, akuarium yang indah dan sehat akan mudah diwujudkan. Jadi, selamat mencoba. Jangan lupa untuk menggunakan sepuluh rekomendasi hiasan akuarium yang sudah kami ulas di atas.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bila Anda memiliki anjing peliharaan, mengajak anjing berjalan-jalan adalah suatu keharusan agar anjing terhindar dari stres. Saat melakukan kegiatan ini, tentunya Anda membutuhkan harness atau tali anjing. Produk ini memiliki beberapa bentuk dengan kelebihan yang berbeda-beda. Bentuk manakah yang paling sesuai untuk anjing Anda?Kami akan memberikan tips untuk memilih harness agar Anda mudah menemukan produk yang tepat. Bukan hanya itu, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi harness terbaik yang mungkin Anda sukai. Anda akan menjumpai merek Ferplast, Puppia, dan Rabbitgoo. Sudah siap menyimak informasinya? Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    13.210 Views
  • 10 Rekomendasi Pet Carrier Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pet Carrier Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memelihara kucing? Tentu ada kalanya Anda ingin membawa kucing pergi bersama, seperti jalan-jalan naik sepeda, mobil, atau pesawat, bukan? Pada saat seperti itu, Anda memerlukan tempat khusus yang biasa disebut dengan pet cargo kucing atau pet carrier.Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih pet carrier untuk kucing. Kami juga telah mengulas sepuluh rekomendasi pet carrier terbaik yang bisa Anda beli secara online. Anda akan menemukan produk keluaran POW, Ibiyaya, dan sebagainya dalam artikel ini. Simak terus selengkapnya, ya!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    13.633 Views
  • 10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, makin banyak orang yang memelihara anjing. Oleh karena itu, kebutuhan akan kandang anjing baik untuk anjing besar maupun anjing kecil tentu meningkat. Apalagi, kandang anjing kadang digunakan sebagai tempat tidur dan beristirahat oleh anjing Anda.Terdapat beragam kandang anjing dengan berbagai ukuran, bahan, warna, serta harga beredar di pasaran. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi kandang anjing terbaik. Anda bebas memilih kandang anjing berkualitas dalam artikel ini untuk anjing kesayangan Anda. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    19.963 Views
  • 10 Rekomendasi Pet Tag Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pet Tag Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai pemilik anjing, pernahkah terpikirkan bahwa anjing Anda dapat melarikan diri dan tersesat? Jika sampai hilang, tentunya anjing tidak dapat berbicara untuk memberitahukan tempat tinggalnya. Untuk menghindari hilangnya anjing Anda, ada baiknya Anda memberikan pet tag pada kalungnya.Pet tag dapat ditulisi informasi mengenai kontak yang dapat dihubungi bila anjing sampai hilang. Di pasaran sudah terdapat pet tag dengan beragam desain, ukuran, warna, atau bentuk yang berfungsi juga sebagai aksesori. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh produk pet tag terbaik. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    1.743 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Tempat makan untuk kucing idealnya didesain agar kucing dapat makan dengan nyaman. Terdapat berbagai macam bahan tempat makan, seperti dari keramik, stainless steel, dan plastik. Kebiasaan dan nafsu makan kucing dapat berubah bergantung pada pilihan tempat makannya. Tempat makan seperti apa yang paling tepat untuk kucing Anda?Di artikel ini kami akan memberikan informasi cara memilih tempat makan yang tepat untuk kucing. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, di antaranya dari merek Catit, Petkit, dan Savic. Simak artikel lengkapnya, yuk!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    13.151 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mainan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mainan kucing dapat membuat kucing Anda lebih aktif bergerak, bersemangat, dan terhindar dari stres. Ada beragam jenis mainan kucing lucu yang dapat Anda temukan, seperti cat teaser, bola, boneka untuk digigiti, dan lain sebagainya. Namun, manakah yang paling bagus untuk dijadikan mainan kucing Anda?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan kucing kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh mainan kucing terbaik, di antaranya ada mainan kucing bunyi dan mainan berbentuk tikus. Simak dan temukanlah mainan kucing yang dapat menyenangkan hati kucing kesayangan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    25.125 Views
  • 10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kalung anjing merupakan aksesori yang bisa memudahkan saat mengajak anjing Anda berjalan-jalan. Ada berbagai desain kalung anjing yang dijual di pet shop ataupun online shop. Namun, banyaknya kalung anjing yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi kalung anjing terbaik kepada Anda. Kalung dengan fitur tambahan seperti yang dilengkapi dengan LED juga turut kami ulas. Jadi, bagi Anda yang memelihara anjing di rumah, simak terus artikel ini, ya!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    5.661 Views
  • 10 Rekomendasi Pet Carrier Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pet Carrier Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2021)
    Pet carrier sangat diperlukan untuk bepergian dengan anjing Anda. Tas ini berguna ketika Anda ingin bepergian baik menggunakan transportasi pribadi maupun umum, seperti pesawat, bus, dan kereta, serta saat pergi ke klinik hewan. Apakah Anda memiliki masalah untuk memilih produk pet carrier yang sesuai?Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih pet carrier yang tepat. Pastikan memilih produk yang memenuhi aspek keamanan, ukuran, visibilitas, kemudahan untuk digunakan dan dibawa, serta memiliki ventilasi. Jadi, pet carrier manakah yang terbaik? Pahami sebelum membeli, ya!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    2.017 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kurang lengkap rasanya bila memelihara hamster tanpa menempatkan mainan hamster lucu dalam kandangnya. Ada banyak mainan berdesain menarik, mulai dari mainan hamster kayu, mainan rumah-rumahan, dan sebagainya yang siap menghiasi kandang.Dalam artikel ini, ada tips cara memilih plus rekomendasi mainan hamster terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan makin mudah menentukan produk yang paling tepat dimiliki. Mainan hamster di Shopee, Lazada, atau situs lainnya akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca dan memilih produk!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    1.703 Views
  • 10 Rekomendasi Batu Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Batu Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Aquascape adalah seni menghias aquarium menggunakan tanaman air, kayu, dan batu sehingga tercipta pemandangan bawah air yang indah. Batu merupakan salah satu part penting dalam aquascape. Karena itu, kami akan merekomendasikan batu aquascape terbaik di artikel ini. Batu seiryu hitam, dragon stone, serta batu besi merupakan beberapa jenis batu aquascape yang muncul di rekomendasi produk. Batu-batu tersebut memiliki keunikan tersendiri. Kira-kira batu jenis apa yang sebaiknya dipilih? Untuk membantu Anda menemukan batu aquascape yang bagus, kami telah mengumpulkan informasi yang sebaiknya diperhatikan. Silakan Anda baca tiap-tiap poinnya dengan saksama.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    341 Views
  • Artikel populer

  • 10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda memelihara anjing atau kucing, membasmi kutu tentu bukanlah hal yang baru. Parasit yang merugikan hewan dan manusia ini dapat berkembang biak dengan cepat apabila dibiarkan. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan obat kutu anjing dan kucing yang dijual di pasaran atau rumah sakit hewan. Untuk membantu Anda, kami akan membagikan rekomendasi merk obat kutu kucing dan anjing, seperti Hartz, Revolution, dan NexGard. Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak informasinya dan temukan pembasmi kutu yang bagus untuk hewan peliharaan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    140.451 Views
  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pasir hamster merupakan benda yang dibutuhkan hamster untuk keperluan toileting. Beberapa orang mungkin tidak menganggap benda ini penting, tetapi hamster akan merasa lebih nyaman apabila Anda menyediakannya. Selain higienis, pasir hamster juga akan memudahkan Anda ketika akan membuang kotoran hamster.Saat ini, pasir hamster tersedia dalam beberapa jenis bahan, seperti kayu, mineral, dan kertas. Kami akan mengulasnya satu per satu serta memberikan tips memilih pasir hamster yang sesuai dengan kebutuhan. Simak juga beberapa rekomendasi pasir hamster yang bisa Anda dapatkan secara online. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    41.217 Views
  • 10 Rekomendasi Kandang Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kandang Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka memelihara ayam, penting untuk Anda mengenal jenis-jenis kandang ayam. Jenis ayam pun berbeda-beda, ada ayam hias, seperti bekisar, ada juga ayam ternak yang dimanfaatkan telur atau dagingnya. Anda perlu menyesuaikan jenis ayam dan kandangnya, apakah perlu kandang ayam tradisional atau kandang modern. Bahan kandang ayam pun bermacam-macam, seperti bambu, kayu, atau baja ringan.Kami akan mengupas tuntas tentang kandang ayam dan memberikan tips serta rekomendasi produk yang bagus. Beberapa jenis kandang, seperti umbaran, baterai, dan kurungan, akan kami ulas untuk Anda. Simak selengkapnya di bawah ini!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    1.807 Views
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda berencana untuk memelihara hamster, Anda harus menyiapkan kandangnya. Kandang hamster tersedia dalam berbagai jenis, misalnya saja kandang kawat, plastik, serta akuarium sederhana. Ukuran kandang juga beragam, lho! Lalu, kandang dengan kriteria seperti apa yang harus dipilih?Untuk memudahkan Anda, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi kandang hamster yang bisa didapatkan secara online. Anda bisa memilih merek, seperti Ferplast, Habitrail, dan lainnya. Kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih kandang hamster sesuai kebutuhan hamster Anda. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    25.242 Views
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dalam memelihara kelinci, memakai kandang yang praktis dan mudah dibersihkan merupakan sebuah pilihan yang cerdas. Kandang kelinci memiliki berbagai macam jenis dan tipe. Misalnya, ada yang memiliki ukuran besar agar kelinci dapat bersantai dan ada juga jenis tray agar mudah dibersihkan.Kali ini, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kandang kelinci. Kami juga akan merekomendasikan kandang kelinci yang praktis dan mudah dibersihkan. Dengan demikian, kandangnya tidak hanya nyaman untuk kelinci, tetapi juga untuk pemiliknya. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    24.455 Views
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mungkin sebagian besar dari Anda kerap kali membiarkan kucing peliharaan berkeliaran di area rumah agar kucing tidak stres. Namun, sebaiknya Anda juga menyediakan kandang untuk kucing sebagai tempat perlindungan. Anda juga bisa menjadikan kandang kucing sebagai tempat bagi kucing untuk tidur.Banyaknya pilihan kandang kucing yang bagus mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memilih. Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kandang kucing terbaik, misalnya dari merek Lucky. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan anabul kesayangan Anda.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    61.650 Views
  • 10 Rekomendasi Kalung Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kalung Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain meningkatkan keamanan, kalung kucing juga membuat peliharaan kesayangan Anda tampil makin lucu. Kini sudah banyak produk yang bagus di pasaran. Ada yang diberi nama, lonceng, bahkan antikutu. Anda juga bisa menambahkan GPS untuk selalu melacak kucing.Agar Anda mendapat yang sesuai kebutuhan, kami akan membagikan cara memilih kalung kucing. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi kalung kucing yang bagus dari berbagai merek. Ada produk dari Beaphar, Gentle Pup, dan lainnya. Tiap produknya pun sudah kami ulas, lho. Untuk kucing lokal atau Anggora, semuanya cocok. Yuk, dimulai saja pembahasannya!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    159 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori