1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Perawatan ikan
  6. >
  7. 10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023)

Akuarium indah dengan ikan yang sehat bisa menjadi terapi mata yang menyenangkan. Hal ini dipercaya bisa membuat Anda merasa lebih relaks. Selain itu, akuarium juga bisa difungsikan sebagai dekorasi ruangan. Dengan manfaat di atas, banyak orang ingin memiliki akuarium dengan hiasan yang cantik.


Namun, sebagian orang masih kesulitan memilih hiasan yang sesuai untuk akuariumnya. Mari simak tips menata akuarium yang telah kami siapkan. Artikel ini juga telah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Beberapa tanaman hias seperti Java moss, Lilaeopsis brasiliensis, serta hiasan rumah nanas SpongeBob akan diulas lengkap!

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Aquarist and lead educator of public aquarium
Albert Deil

Albert Deil adalah seorang aquarist. Ia bekerja dalam hal perawatan dan konservasi satwa akuatik, terutama ikan, pada sebuah akuarium publik di Jakarta. Sudah lebih dari 20 tahun Albert berkecimpung menangani ikan, baik sebagai hewan peliharaan di rumah maupun di tempat kerja. Minat yang tinggi terhadap sains membuatnya juga aktif dalam kegiatan edukatif. Ia aktif menjadi penggagas dan pembicara seputar hewan akuatik di akuarium publik dan universitas.

Profil Albert Deil
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih hiasan aquarium

Aksesori dan hiasan akuarium yang dijual di toko-toko memang sangat menggoda untuk digunakan. Namun, tidak semua hiasan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, hiasan apa saja yang dapat Anda gunakan untuk memperkaya keindahan akuarium? Simak penjelasannya di bawah ini!

① Pilih bahan yang sesuai dengan selera Anda

Berbagai hiasan indah di akuarium akan membuatnya terlihat seperti habitat asli ikan. Selain itu, hiasan dapat berfungsi sebagai tempat berteduh, berlindung, dan berkembang biak bagi ikan. Apa saja produk hiasan yang dapat digunakan? Berikut ulasannya!

Bahan plastik dan keramik: Perawatannya mudah dan harganya terjangkau

Bahan plastik dan keramik: Perawatannya mudah dan harganya terjangkau

Hiasan akuarium dari bahan plastik dan keramik cukup populer karena memiliki beragam variasi model. Hiasan akuarium berbahan plastik umumnya bisa Anda temui dalam bentuk replika tanaman air. Di sisi lain, hiasan berbahan keramik biasanya tersedia dalam bentuk replika bangunan seperti kastil, rumah-rumahan, atau batu karang buatan.


Meskipun harganya relatif lebih terjangkau dan perawatannya terbilang mudah, berhati-hatilah dalam melihat kualitas hiasan berbahan plastik. Hindari penggunaan hiasan plastik yang memiliki unsur besi karena mudah berkarat ketika terkena air.

Bahan driftwood: Natural dan mudah dikreasikan

Bahan driftwood: Natural dan mudah dikreasikan

Bagi yang ingin menjadikan akuarium terlihat natural, komponen kayu atau driftwood adalah pilihan yang pas. Hiasan ini berasal dari kayu atau dahan pohon yang terbawa air dan mengering alami di hulu sungai dan pesisir pantai.


Di dalam akuarium, kehadiran driftwood dapat berfungsi sebagai media tumbuh beberapa jenis tanaman air sehingga tampak lebih indah. Selain itu, hiasan ini bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan selang aerator. Dengan hiasan akuarium ini, tampilan akuarium Anda pasti akan terlihat lebih natural layaknya habitat asli ikan.

② Taruh tanaman hidup untuk memperindah aquarium

Tanaman hidup pada akuarium berfungsi untuk memperkaya habitat dan memperindah rumah ikan. Bagi sebagian jenis ikan, keberadaan tanaman hidup ternyata bermanfaat untuk kesehatan, lho. Nah, apa saja jenis tanaman hidup yang dapat memperindah akuarium Anda? Mari disimak!

Tanaman perdu atau tinggi untuk latar belakang aquarium

Tanaman perdu atau tinggi untuk latar belakang aquarium

Salah satu tanaman yang cocok untuk akuarium air tawar adalah tanaman perdu. Tanaman air ini memberikan kesan latar yang indah pada bagian belakang akuarium. Selain itu, keberadaan tanaman ini turut membantu menjaga kualitas air agar tetap baik. Bagi ikan, tanaman ini bermanfaat sebagai tempat berlindung. Beberapa ikan kecil, seperti guppy dan endlers livebearer sangat menyukai kehadiran tanaman semacam ini.


Jenis tanaman perdu yang direkomendasikan untuk hiasan akuarium adalah Hygrophila polysperma dan Vallisneria spp. Tanaman tersebut sangat mudah ditanam dengan tingkat cahaya dan CO2 yang rendah.

Tanaman merambat dan moss untuk dasar akuarium

Tanaman merambat dan moss untuk dasar akuarium

Selain tanaman perdu, Anda bisa menggunakan tanaman merambat dan moss untuk menata akuarium bertema hutan hijau. Jika tanaman perdu cocok digunakan sebagai latar belakang, tanaman merambat dan moss pas dimanfaatkan untuk mempercantik lantai akuarium. Selain itu, tanaman jenis ini juga berguna untuk menyamarkan kotoran ikan serta menjadi tempat persembunyian saat akan bertelur.


Contoh jenis tanaman merambat atau moss yang dapat dijadikan dasar akuarium adalah Hemianthus callitrichoidesLilaeopsis brasiliensis, dan Java moss. Perawatan tanaman merambat dapat dioptimalkan dengan injeksi CO2 dan pencahayaan yang baik agar tanaman bisa tumbuh subur dan cepat. Selain mudah dirawat, tanaman ini juga gampang diperoleh dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

③ Gunakan batu untuk menutupi dasar aquarium

Gunakan batu untuk menutupi dasar aquarium

Penggunaan batu pada akuarium bukan hanya untuk mempercantik akuarium semata. Pada kenyataannya, batu-batu pada akuarium memiliki beberapa manfaat yang membuat habitat ikan menjadi lebih sehat. Hal ini disebabkan oleh batu yang bisa menjadi rumah untuk bakteri baik bagi air dan ikan.


Manfaat batu yang paling terlihat jelas adalah untuk menutupi dasar akuarium. Di samping itu, batu-batu pada akuarium juga berfungsi sebagai tempat bermain dan bersembunyi kelompok ikan kecil. Nah, jenis batu hias yang dapat Anda gunakan untuk tujuan di atas yaitu batu kali atau lava rock.

④ Tambahkan pasir untuk membuat suasana makin natural

Tambahkan pasir untuk membuat suasana makin natural

Bagi Anda yang ingin menghias dan menata akuarium layaknya habitat asli ikan, penggunaan pasir mutlak diperlukan. Selain mempercantik akuarium, pasir memiliki banyak manfaat, seperti untuk media tanam, mempercepat pertumbuhan tanaman, dan menjernihkan air. Namun, butiran pasir tidak boleh terlalu kecil agar pasir tidak beterbangan di dalam air dan membuat akuarium menjadi keruh.


Pasir malang adalah salah satu jenis pasir yang banyak dipakai untuk pembuatan aquascape dalam akuarium. Tekstur pasir ini berongga dan mengandung banyak mineral karena berasal dari letusan gunung berapi. Sebetulnya, pasir jenis apa saja, termasuk pasir biasa, bisa digunakan untuk dasar akuarium. Akan tetapi, pastikan pasir tersebut tidak mengandung zat yang berbahaya bagi ikan.

⑤ Beri lampu hias untuk mempercantik dan menyegarkan habitat ikan

Beri lampu hias untuk mempercantik dan menyegarkan habitat ikan

Akuarium yang diletakkan di dalam ruangan biasanya sulit mendapatkan sinar matahari. Sementara itu, cahaya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman hias dan ikan yang Anda rawat. Untuk mengantisipasi lambatnya pertumbuhan tanaman hias dan ikan, gunakan lampu sebagai sumber pencahayaan alternatif.


Jenis lampu T5-fluorescent atau LED dapat digunakan, tetapi sebaiknya sesuaikan dengan kedalaman air dan kepadatan tanaman di akuarium. Jika akuarium memiliki air yang dalam dan dipenuhi tanaman dengan kebutuhan pencahayaan yang tinggi, gunakan lampu T5-fluorescent. Jenis lampu ini memiliki daya yang tinggi sehingga akan menerangi akuarium secara merata.


Sementara itu, bagi yang memiliki akuarium dengan air dangkal, gunakanlah lampu LED sebagai lampu hias. Lampu ini memiliki konsumsi listrik yang rendah sehingga cocok untuk akuarium yang dangkal. Untuk mempercantik warnanya, tambahkan lensa tank pada lampu LED yang Anda gunakan.

⑥ Pasang wallpaper untuk menghemat biaya

Pasang wallpaper untuk menghemat biaya

Bagi yang hendak menghemat biaya dan tidak ingin repot menghias akuarium, tentunya ada cara yang lebih praktis. Salah satunya adalah dengan memasang wallpaper bertemakan keindahan bawah laut atau rimbunnya tanaman air di danau. Pemasangan wallpaper pada akuarium memang cukup populer di kalangan tertentu.


Wallpaper juga dianggap sebagai hiasan yang paling terjangkau untuk digunakan serta memiliki tema pemandangan yang cukup lengkap. Selain itu, pemasangan wallpaper pada akuarium juga dirasa jauh lebih mudah. Anda dapat melakukannya ketika sedang menguras air akuarium.

10 Rekomendasi hiasan aquarium terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hiasan akuarium terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi dari mybest dan bukan dari aquarist Albert Deil.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pasir Malang

 Pasir Malang 1枚目

Tingkatkan kualitas air dan buat tanaman air jadi lebih subur

2

Akar Kayu Rasamala

 Akar Kayu Rasamala 1枚目

Banyak lekukan dan cabang, aquarium tampak alami

3

Tanaman Hemianthus Callitrichoides

 Tanaman Hemianthus Callitrichoides 1枚目

Karpet indah untuk tampilan aquarium yang lebih estetis

4

Yamano

LED Aquarium Light

Yamano LED Aquarium Light 1枚目

Penerangan hemat energi untuk aquarium rumah Anda

5

Hiasan Aquarium Rumah Nanas SpongeBob

 Hiasan Aquarium Rumah Nanas SpongeBob 1枚目

Aquarium bertema SpongeBob, lucu dan unik!

6

Tanaman Java Moss

 Tanaman Java Moss 1枚目

Tempat perlindungan dan persediaan makanan untuk burayak

7

Lava Rock

 Lava Rock 1枚目

Aquarium terlihat jernih, tanaman pun tumbuh sehat

8

Tanaman Lilaeopsi Brasiliensis

 Tanaman Lilaeopsi Brasiliensis 1枚目

Cantik dan mudah perawatannya!

9

Kandila Cosmetic Sand

 Kandila Cosmetic Sand 1枚目

Pasir warna-warni yang membuat aquarium tampak semarak

10

Wallpaper Aquarium Background Aquascape

 Wallpaper Aquarium Background Aquascape 1枚目

Tinggal tempel, menata aquarium jadi lebih mudah

Perincian produk
Close
No.1

Tingkatkan kualitas air dan buat tanaman air jadi lebih subur

Pasir malang adalah pasir berwarna gelap yang berongga dan berpori. Pasir ini merupakan pilihan yang tepat dijasikan sebagai dasar substrat untuk tanaman ataupun media filter dalam akuarium. Anda yang ingin membuat akuarium Anda tampak lebih gelap juga bisa memilihnya. Kini, Anda pun mempunyai alternatif lain untuk menyeimbangkan kualitas air selain pasir silika.

No.2

Banyak lekukan dan cabang, aquarium tampak alami

Pemilihan jenis kayu yang tepat dapat membuat akuarium tampak alami. Kami merekomendasikan kayu rasamala karena bentuknya yang memiliki banyak lekukan dan cabang. Selain harga yang terjangkau, kayu rasamala juga tidak mengeluarkan tanin yang terlalu besar sehingga aman untuk habitat akuarium. Anda dapat memilih ukurannya mulai dari yang kecil hingga yang besar sesuai kebutuhan.

No.3

Tanaman Hemianthus Callitrichoides

Mulai dari Rp9.000,00

Karpet indah untuk tampilan aquarium yang lebih estetis

Hemianthus callitrichoides merupakan tanaman air yang tumbuh merayap dengan daun yang berukuran kecil. Tanaman asal Kuba ini termasuk tanaman akuarium yang sulit tumbuh, tetapi memiliki bentuk yang indah. Dengan ukuran daun yang kecil dan padat, tanaman ini sangat cocok menjadi alas di akuarium.


Tanaman ini membutuhkan asupan cahaya yang cukup tinggi. Jika Anda berhasil merawatnya, tanaman ini akan tumbuh subur dan memberikan warna hijau terang yang indah. Bagi Anda yang menyukai seni dalam menata akuarium, tanaman ini layak untuk dibeli.

No.4

YamanoLED Aquarium LightP600

Mulai dari Rp60.000,00

Penerangan hemat energi untuk aquarium rumah Anda

Bagi Anda yang sedang mencari lampu akuarium dengan konsumsi daya yang rendah, produk ini dapat menjadi pilihan. Lampu ini hanya mengonsumsi daya sebesar 9 W. Meski demikian, lampu LED Yamano ini tetap memiliki penerangan yang baik berkat LED sebanyak 36 buah. Anda dapat mengaplikasikan lampu ini di akuarium dengan panjang sekitar 60 cm.

No.5

Hiasan Aquarium Rumah Nanas SpongeBob

Mulai dari Rp16.500,00

Aquarium bertema SpongeBob, lucu dan unik!

Supaya akuarium di rumah Anda tidak terlihat sepi, tambahkan beberapa aksesori rumah ikan. Salah satunya adalah dengan rumah ikan bertema SpongeBob. Hiasan akuarium unik ini terbuat dari fiber dan memiliki desain yang unik dan lucu.


Selain dapat mempercantik tampilan, produk ini juga dapat menjadi tempat persembunyian ikan kecil atau yang sedang bertelur. Produk ini dapat dipilih jika Anda bosan dengan aksesori ikan yang umum.

No.6

Tempat perlindungan dan persediaan makanan untuk burayak

Dengan adanya tanaman ini di akuarium Anda, burayak atau anak ikan pasti akan merasa nyaman. Tanaman ini sangat ideal sebagai tempat perlindungan dan persediaan makanan burayak. Jika di akuarium Anda sedang terdapat banyak burayak, produk ini wajib masuk daftar belanja. Tanaman yang memiliki warna hijau terang ini juga mudah dirawat sehingga tidak akan menyulitkan para pemula.

No.7

Aquarium terlihat jernih, tanaman pun tumbuh sehat

Kotoran ikan yang tidak terurai dapat membahayakan kesehatan ikan. Karena itu, kami merekomendasikan produk lava rock untuk Anda. Lava rock adalah batuan vulkanik yang bisa berfungsi sebagai media biologis.


Bakteri pada lava rock mampu mengurai zat amonia berbahaya pada kotoran ikan menjadi zat nitrat yang baik untuk tanaman. Dengan produk ini, akuarium terlihat jernih dan tanaman pun akan tumbuh dengan sehat. Biasanya produk ini dijual per satu kilogram.

No.8

Tanaman Lilaeopsi Brasiliensis

Mulai dari Rp5.000,00

Cantik dan mudah perawatannya!

Lilaeopsi brasiliensis merupakan jenis tanaman air yang mirip rumput dan biasanya diletakkan di dasar akuarium sebagai tanaman karpet. Tanaman ini mudah dirawat dan tumbuh menyebar dengan cepat ke samping. Hal ini akan membuat akuarium Anda tampak lebih sejuk. Supaya akuarium Anda enak dipandang, sebaiknya Anda melakukan pemangkasan secara rutin.

No.9

Pasir warna-warni yang membuat aquarium tampak semarak

Jika Anda ingin membuat tampilan akuarium menjadi lebih semarak, produk ini tidak boleh Anda lewatkan. Pasir kandila tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti putih, kuning, biru, dan yang lainnya. Di samping itu, pasir ini juga dapat berfungsi sebagai media untuk tanaman di akuarium. Produk ini dijual dalam kemasan satu kilogram.

No.10

Wallpaper Aquarium Background Aquascape9098

Mulai dari Rp21.800,00

Tinggal tempel, menata aquarium jadi lebih mudah

Sebagian orang menganggap menata akuarium dengan tanaman air terlalu rumit dan membutuhkan biaya yang tinggi. Sebagai solusinya, terdapat cara alternatif yang praktis untuk memperindah akuarium dengan biaya terjangkau. Cara ini adalah dengan memasang wallpaper atau stiker sebagai background akuarium.


Produk ini mempunyai tema habitat air tawar dengan latar tanaman dan kayu alam. Anda akan mendapatkan wallpaper dengan panjang 60 cm. Jadi, sesuaikan dengan ukuran akuarium Anda, ya. Selamat menikmati keindahan akuarium dengan cara yang praktis dan ekonomis!

Cara menghias aquarium

Cara menghias aquarium

Akuarium yang berisi ikan hias dan dihias dengan berbagai hiasan pasti akan menjadi dekorasi rumah yang menawan. Namun, bagi sebagian orang, menghias akuarium merupakan sebuah tantangan tersendiri, terutama bila Anda adalah seorang pemula. Untuk itu, kami akan memaparkan langkah-langkah praktis menghias akuarium yang bisa Anda praktekkan nantinya.


  • Pertama-tama, susun pasir di dasar akuarium dengan ketebalan kira-kira dua hingga tiga sentimeter. Jika Anda hendak menggunakan tanaman, sesuaikan ketebalan pasir 4–5 cm.

  • Setelah pasir tertata dengan baik, lapisi dengan taburan pupuk aquascape yang aman untuk ikan agar tanaman hias bisa tumbuh dengan baik. Lapisi pupuk dengan pasir sekitar setengah hingga satu sentimeter.

  • Selanjutnya, hias akuarium menggunakan berbagai jenis bebatuan yang indah.

  • Isi seperempat bagian akuarium dengan air secara perlahan, lalu taruh tanaman hias yang sudah Anda siapkan.

  • Setelah tanaman selesai ditanam, penuhi akuarium dengan air. Namun, sisakan sekitar lima hingga sepuluh sentimeter untuk memasang peralatan penunjang, seperti pompa, saringan, dan lampu.

  • Jika peralatan penunjang telah terpasang, masukkan ikan hias ke dalam akuarium. Jangan lupa untuk memberi pupuk tiap tiga hari sekali agar tanaman tumbuh subur.

Pertanyaan umum seputar hiasan aquarium

Pertanyaan umum seputar hiasan aquarium

Anda sudah mengetahui cara memilih hiasan akuarium dan mengenal produk-produknya. Kini, kami akan menjawab beberapa hal yang sering ditanyakan seputar hiasan akuarium.

Bagaimana cara membersihkan kotoran ikan di dasar aquarium?

Kotoran akuarium bisa dibersihkan dengan penyaringan mesin filter atau menyedot keluar dari tangki. Namun, sering kali terdapat banyak kotoran tersembunyi yang berkumpul di dasar akuarium. Solusi lainnya adalah menggunakan airstone atau powerhead untuk meniup dan mendorong kotoran di dasar. Arus akan membuat kotoran mengambang sehingga memudahkan filter untuk menyedotnya.

Kapan air aquarium harus diganti?

Air akuarium sebaiknya diganti tiap satu hingga dua minggu sekali dengan jumlah sekitar 10–20% dari total volume. Anda tidak perlu mengeluarkan ikan selama proses pembersihan. Namun, pastikan Anda menyapu perlahan bagian dasar akuarium agar endapan kotoran terangkat.

Baca juga rekomendasi produk aksesori aquarium dan perawatan ikan lainnya di sini

Kesimpulan

Bagi sebagian orang, menata akuarium merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, untuk mendapatkan akuarium yang indah dengan ikan yang sehat tentu membutuhkan waktu dan penyesuaian.


Tidak perlu khawatir! Jika Anda mengikuti tips yang kami berikan, akuarium yang indah dan sehat akan mudah diwujudkan. Jadi, selamat mencoba. Jangan lupa untuk menggunakan sepuluh rekomendasi hiasan akuarium yang sudah kami ulas di atas.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer