mybest
Susu tinggi kalsium

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Makanan & minuman kesehatan
  4. 10 Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist]
  • 10 Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 1
  • 10 Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 2
  • 10 Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 3
  • 10 Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 4
  • 10 Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 5

10 Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist]

Kebutuhan kalsium dapat terpenuhi salah satunya dengan minum susu, khususnya susu berkalsium tinggi. Namun, susu dengan kandungan kalsium tinggi saja ternyata tidak cukup. Anda perlu memperhatikan beberapa kandungan lain, terlebih jika susu tersebut akan dikonsumsi oleh anak-anak, bumil, dan lansia. Lalu, bagaimana Anda tahu susu pilihan Anda tepat dikonsumsi?


Untuk membantu Anda, ikuti pembahasan mengenai cara memilih susu tinggi kalsium bersama nutritionist kami, Leona Victoria. Kami juga menyertakan produk rekomendasi susu tinggi kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang. Beberapa susu high calcium seperti merek Anlene, Ensure, dan HiLo akan kami ulas secara lengkap. Simak informasinya!

Diperbaharui 16/01/2024
Leona Victoria
Pakar
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak. Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Profil Leona Victoria
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa manfaat susu tinggi kalsium?

Apa manfaat susu tinggi kalsium?
Susu tinggi kalsium bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian. Anak-anak dan lansia membutuhkan 1.200 mg kalsium per hari, sedangkan orang dewasa aktif memerlukan 1.000 mg kalsium per hari. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019, angka kecukupan kalsium harian yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

  • Usia 0-3 tahun: 200-650 mg
  • Usia 4-9 tahun: 1.000 mg
  • Usia 10-18 tahun: 1.200 mg
  • Usia 19-49 tahun: 1.000 mg
  • Usia ≥50 tahun: 1.200 mg


Dari data di atas dapat dilihat bahwa angka kebutuhan kalsium harian individu cukup besar. Kebutuhan tersebut cukup sulit dipenuhi jika hanya mengandalkan bahan makanan, bahkan bahan makanan yang tinggi kalsium. Sebagai contoh, ikan teri dan sardine diketahui mengandung kalsium tinggi. Namun, tidak mungkin seseorang mengonsumsi ikan teri atau sardine setiap hari.


Pemenuhan kalsium dari sumber lain seperti kacang almon pun sulit sebab rekomendasi konsumsi almon hanya satu genggam per hari. Sebagai informasi, jumlah tersebut hanya mengandung ±76 mg kalsium. Oleh karena itu, konsumsi susu tinggi kalsium dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut


Pemenuhan kebutuhan kalsium sangat penting, khususnya bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan dan lansia yang rentan osteoporosis. Untuk waktu konsumsi, Anda bisa minum susu tinggi kalsium pada pagi hari, setelah olahraga, ataupun pada malam hari.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria
Ada pendapat bahwa mengonsumsi kalsium pada malam hari lebih efektif untuk pembentukan tulang. Hal ini karena tubuh juga mengeluarkan growth hormone pada malam hari. Selain konsumsi susu tinggi kalsium, Anda juga bisa mempertimbangkan makanan-makanan yang kaya kandungan kalsium. Di antaranya sebagai berikut:

  • Ikan (teri, sarden)
  • Jeruk
  • Kacang-kacangan (kacang almon, kacang mete, kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah)
  • Turunan susu (yoghurt, keju)

Cara memilih Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang

Ada berbagai merek susu berkalsium tinggi di pasaran. Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan tips praktis dalam memilih susu tinggi kalsium untuk kesehatan tulang. Perhatikan secara saksama agar Anda mendapatkan produk yang terbaik.

1

Pilih susu yang minimal menyumbang 30% kalsium dari total AKG

Pilih susu yang minimal menyumbang 30% kalsium dari total AKG
Angka kecukupan gizi (AKG) merupakan jumlah rata-rata zat gizi yang harus dicukupi setiap hari agar mencapai derajat kesehatan optimal. Zat gizi yang dimaksud berupa makronutrien dan mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Susu yang baik biasanya memenuhi 20-30% AKG kalsium per takaran saji. 


Meskipun begitu, ada susu yang jumlah kalsiumnya kurang yaitu hanya 15% AKG. Sementara itu, susu yang diklaim tinggi kalsium paling tidak harus mengandung kalsium sebanyak 30% AKG. Apabila susu difortifikasi kalsium, jumlah kalsiumnya bisa mencapai ≥50% AKG. Untuk mengetahui jumlah kalsium dalam susu yang Anda pilih, perhatikan informasi nilai gizinya. Kami akan mengambil contoh dari produk yang ada di pasaran, dengan detail di bawah ini:


INFORMASI NILAI GIZI
Takaran saji                               35 g
6 sajian per kemasan
============================
JUMLAH PER SAJIAN
Energi total                          130 kkal
--------------------------------------
                                               %AKG
Vitamin dan Mineral
Kalsium               505 mg         45%
============================


Pada contoh di atas, produk terkait diklaim dapat memenuhi 45% kebutuhan kalsium harian jika dikonsumsi. Hal tersebut berlaku jika kebutuhan kalsium harian dihitung sebagai 1.100 mg. Apabila Anda orang dewasa aktif dengan kebutuhan kalsium 1.000 mg, susu ini bisa memenuhi sekitar 50% kebutuhan kalsium harian Anda. Hal ini bisa diketahui dari perhitungan berikut:


  • Jika kebutuhan 1.000 mg:
505 mg/1.000 mg x 100% = 50%

  • Jika kebutuhan 1.100 mg:
505 mg/1.100 mg x 100% = 45%
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Bentuk susu bubuk atau cair tidak akan memengaruhi efektivitasnya dalam menyuplai kalsium bagi tubuh. Namun, sumber susu mungkin berpengaruh. Secara alami, susu hewani memiliki kandungan kalsium lebih tinggi. Sementara itu, susu nabati mungkin saja mengandung kalsium tinggi bila difortifikasi.

2

Untuk anak-anak dan orang dewasa aktif, pilih susu tinggi kalsium yang dilengkapi vitamin D >10% dan tidak terlalu banyak gula tambahan

Untuk anak-anak dan orang dewasa aktif, pilih susu tinggi kalsium yang dilengkapi vitamin D >10% dan tidak terlalu banyak gula tambahan
Tulang adalah jaringan ikat termineralisasi dengan kalsium sebagai komponen utama. Kalsium memberikan kekuatan dan struktur bagi tulang. Oleh sebab itu, asupan kalsium yang memadai penting untuk pertumbuhan tulang. Sebagai informasi, panjang tulang masih bertambah sampai seseorang berusia 16 tahun atau 18 tahun.

Setelah usia 18 tahun, tulang memang sudah tidak bertambah panjang, tetapi kepadatannya masih bertambah sampai awal usia 20-an. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan asupan kalsium terpenuhi saat usia anak-anak sampai usia dewasa awal. Pada orang dewasa aktif pun asupan kalsium tetap penting untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Sayangnya, asupan kalsium yang tinggi saja tidak cukup. Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh hanya bisa menyerap 10-15% kalsium dari makanan. Namun, dengan kondisi vitamin D tercukupi, tubuh bisa menyerap 30-40% kalsium dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih susu tinggi kalsium yang dilengkapi vitamin D >10% AKG. 


Selain itu, pastikan susu yang Anda pilih tidak terlalu banyak mengandung gula tambahan. Adapun untuk menilai adanya gula tambahan, Anda perlu melihat angka sukrosa pada informasi nilai gizi. Jika Anda menemukan beberapa produk dengan kadar kalsium dan vitamin D yang sama, pilihlah yang jumlah "sukrosa"-nya paling kecil.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria
Susu tanpa tambahan gula, umumnya mengandung karbohidrat 15 gram per 200 ml. Sebagai informasi, jumlah karbohidrat total saat Anda makan berat sebaiknya tidak lebih dari 45-50 gram. Sementara itu, asupan karbohidrat saat snack time maksimal 15-30 gram.

Biasanya, susu dengan jumlah karbohidrat total rendah hadir dalam rasa plain. Susu dengan varian rasa, seperti cokelat, vanila, atau stroberi biasanya memiliki karbohidrat total 22-26 gram.

Namun, bila Anda sedang hamil atau menyusui, selain susu tinggi kalsium yang dilengkapi vitamin D, cari yang juga mengandung asam folat, vitamin B12, serta omega-3

Namun, bila Anda sedang hamil atau menyusui, selain susu tinggi kalsium yang dilengkapi vitamin D, cari yang juga mengandung asam folat, vitamin B12, serta omega-3

Dalam masa kehamilan, Anda perlu memastikan kebutuhan kalsium terpenuhi. Tidak hanya itu, ada beberapa mikronutrien lain yang tak kalah penting untuk mencegah stunting. Oleh karena itu, Anda perlu cek informasi nilai gizi dari susunya. Pastikan susu yang Anda pilih mengandung kalsium, vitamin D, asam folat, vitamin B12, serta omega-3.


  • Kebutuhan kalsium

Kebutuhan kalsium ibu hamil dan menyusui memang jauh lebih banyak yakni 1.200 mg per hari. Jika kalsium tidak ditambah selama kehamilan, kebutuhan kalsium untuk pembentukan janin akan diambil dari tulang ibu. Dampaknya, ibu hamil berisiko mengalami keropos tulang.


  • Mikronutrien lain yang tak kalah penting

Di samping kalsium, kebutuhan mikronutrien lain, seperti vitamin D, asam folat, vitamin B12, dan omega-3 juga perlu terpenuhi. Mikronutrien yang disebutkan sebelumnya merupakan jenis yang sangat penting dan sering mengalami defisiensi. Bila tidak dicukupi, ada risiko anak stunting atau malnutrisi sejak lahir. Malnutrisi berarti kekurangan mikronutrien sebab bayi mungkin hanya diberi komponen makronutrien seperti karbohidrat, lemak, dan protein.


Ibu hamil tidak harus memilih susu khusus kehamilan atau khusus ibu menyusui. Susu khusus ibu hamil cenderung tinggi gula sehingga sebetulnya lebih sesuai untuk ibu hamil yang badannya terlalu kurus. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih skim milk atau susu tinggi kalsium dengan tambahan mikronutrien di atas.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Hindari upaya pemenuhan zat besi dari susu sebab kalsium dan zat besi berkompetisi untuk diserap. Jadi, ibu hamil perlu tambahan suplemen zat besi.

3

Untuk lansia, prioritaskan susu tinggi kalsium yang kandungan lemaknya maksimal 1%-2% dan proteinnya >5 gram per takaran saji serta dilengkapi vitamin D

Lansia tidak cukup hanya memilih susu yang tinggi kalsium. Selain tinggi kalsium dan dilengkapi vitamin D, susu untuk lansia juga perlu rendah lemak dan tinggi protein. Simak informasi detailnya di bawah ini.

Pastikan mengandung kalsium untuk menjaga kekuatan tulang

Pastikan mengandung kalsium untuk menjaga kekuatan tulang
Orang dewasa membutuhkan kalsium untuk menjaga kekuatan tulang. Seiring bertambahnya usia, asupan kalsium yang tidak mencukupi dapat menyebabkan osteoporosis atau penyakit tulang rapuh. Penderita osteoporosis berisiko tinggi mengalami patah tulang, terutama pada pergelangan tangan, pinggul, dan tulang belakang. Oleh karena itu, lansia dapat minum susu tinggi kalsium untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsiumnya dan mencegah osteoporosis
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Jika sudah konsumsi susu tinggi kalsium, Anda tidak perlu lagi konsumsi suplemen kalsium.

Untuk menurunkan risiko penyakit kronis, pilih yang kandungan lemaknya maksimal 1%-2% per takaran saji

Untuk menurunkan risiko penyakit kronis, pilih yang kandungan lemaknya maksimal 1%-2% per takaran saji

Pemilihan susu rendah lemak berguna supaya tidak memicu risiko terjadinya penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit kronis lainnya. Sebagai informasi, lemak yang terkandung di dalam susu kebanyakan merupakan lemak jenuh. Asupan lemak jenuh dan lemak trans akan mendorong badan memproduksi lebih banyak low density lipid (LDL) atau "lemak jahat". Hal tersebut bisa membuat kadar "kolesterol jahat" dalam darah meningkat.


Oleh sebab itu, terlalu banyak lemak jenuh dapat menyebabkan kolesterol menumpuk di pembuluh darah. Kondisi ini berisiko memicu serangan jantung atau stroke sebab tekanan darah akan cenderung tinggi jika alirannya terhambat tumpukan kolesterol.

Terutama untuk lansia yang susah makan, cari yang tinggi protein yaitu minimal ≥5 gram per takaran saji

Terutama untuk lansia yang susah makan, cari yang tinggi protein yaitu minimal ≥5 gram per takaran saji

Protein penting bagi lansia sebab biasanya lansia sudah lebih sulit makan dan rentan mengalami sarkopenia. Definisi medis dari sarkopenia adalah hilangnya massa, kekuatan, dan fungsi otot secara bertahap. Kondisi ini umumnya menyerang populasi lanjut usia dan diperkirakan terjadi karena penuaan. Asupan protein dari susu penting untuk menambah massa otot sehingga lansia yang sulit makan punya cukup tenaga untuk beraktivitas. Bila massa otot terus menyusut, lansia akan jadi sulit bergerak.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 08 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kalsium (%AKG)
Ada vitamin D
Kandungan vitamin D
Kandungan gula
Kandungan protein
Kandungan karbohidrat total
Kandungan vitamin B12
Kandungan omega 3
Kandungan asam folat
Kandungan lemak
Karakteristik pengguna
Varian rasa
Pilihan ukuran
No. BPOM
1

Nutrifood

HiLo Active Vanilla

Nutrifood HiLo Active Vanilla  1

Rp79.700

Agak Mahal

Anda bisa bebas bergerak dan gesit setiap hari

45%

600 IU

17 gram

6 gram

23 gram

1,6 mcg

Tidak ada

135 mcg

1.5 gram

Dewasa, remaja

Vanilla

500 gram, 1000 gram

MD 803110070026

2

Kalbe

Prenagen Esensis

Kalbe Prenagen Esensis  1

Rp36.800

Menengah

Menjaga kesehatan reproduksi untuk persiapan kehamilan

35%

10%

15 gram

6 gram

29 gram

30%

25 gram

45%

1 gram

Orang dewasa

French Vanilla, Velvety Choco

180 gram, 360 gram

French Vanilla: MD 805010169281, Velvety Choco: MD 805010157281

3

Abbott

Ensure Gold Vanila

Abbott Ensure Gold Vanila 1

Rp59.700

Menengah

Dapat mengurangi risiko penyakit kanker berkat kandungan anti-karsinogeniknya

50%

14 mcg

1 gram

30 gram

6 gram

25%

Tidak ada

60 mcg

1,5 gram

Lansia

Vanilla

150 gram, 380 gram, 850 gram

ML 567009025512

4

Fonterra

Anmum Materna Chocolate

Fonterra  Anmum Materna Chocolate 1

Rp47.800

Menengah

Nutrisi penting untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin

35%

1,7 mcg

18 gram

9 gram

26 gram

0,9 mcg

60 mg

250 mcg

4,5 gram

Ibu hamil

Cokelat

180 gram, 200 gram, 360 gram, 400 gram

MD 862310040361

5

Ultrajaya Milk Industry

Ultra Milk Low Fat Source of Calcium Plain

Ultrajaya Milk Industry Ultra Milk Low Fat Source of Calcium Plain 1

Rp7.000

Lebih Murah

Susu steril yang membantu meningkatkan performa tulang

30%

30%

Tidak ada

9 gram

13 gram

40%

Tidak ada

Tidak ada

3 gram

Dewasa, remaja, anak-anak

Plain

250 ml, 1 liter

MD 461310336022

6

Fonterra

Anlene Gold 5X Original

Fonterra  Anlene Gold 5X Original 1

Rp35.600

Agak Murah

Lawan masalah tulang dan sendi dengan formula Movemax

50%

7,5 μg

14 gram

10 gram

17 gram

1,20 μg

Tidak ada

40 μg

0,5 gram

Dewasa

Original

170 gram, 240 gram, 620 gram, 885 gram

MD 805010013361

7

Nutrifood

Tropicana Slim Low Fat Milk Macchiato Coffee

Nutrifood Tropicana Slim Low Fat Milk Macchiato Coffee 1

Rp142.000

Lebih Mahal

Kandungannya tinggi serat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung

55%

240 IU

13 gram

6 gram

35 gram

1 mcg

Tidak ada

160 mcg

0,5 gram

Dewasa

Macchiato Coffee

500 gram

MD 805010291187

8

Morinaga

Chil Kid Platinum MoriCare+ Triple Bifi

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Triple Bifi 1

Rp84.500

Agak Mahal

Kaya akan nutrisi yang mendukung kecerdasan otak

40%

30%

17 gram

6 gram

21 gram

80%

137 mg

25%

6 gram

Anak 1-3 tahun

Vanila, Madu

200 gram, 400 gram, 800 gram

Vanila: MD 862210664281, Madu: MD 862210665281

9

Anchor

Boneeto Yummy Choco

Anchor Boneeto Yummy Choco 1

Rp43.700

Menengah

Maksimalkan pertumbuhan tulang pada masa anak-anak

50%

2,1 mcg

25 gram

5 gram

27 gram

0,6 mcg

Tidak ada

39 mcg

4,5 gram

Anak-anak

Yummy Choco

340 gram, 685 gram

MD 272811000400027

10

AB Food & Beverages

Ovaltine 3 in 1

AB Food & Beverages  Ovaltine 3 in 1 1

Rp34.336

Agak Murah

Perpaduan cokelat, malt, dan susu full cream untuk booster energi dan tumbuh tinggi maksimal

40%

Tidak diketahui

Tidak diketahui

19 gram

2 gram

25 gram

25%

Tidak ada

Tidak ada

3 gram

Dewasa, remaja, anak

Cokelat

33 gram, 300 gram, 900 gram

ML 230509058826

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NutrifoodHiLo Active Vanilla

HiLo Active Vanilla  1
Sumber: hilo.co.id
Harga referensi
Rp79.700
Agak Mahal
Harga referensi
Rp79.700
Agak Mahal

Anda bisa bebas bergerak dan gesit setiap hari

Awali hari Anda dengan minum segelas susu HiLo Active. Susu rasa vanila yang enak ini dilengkapi glukosamin, 100% (sesuai AKG) vitamin D, dan mineral organik dari algae merah. Meminum susu ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda sekaligus menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan magnesium serta glukosamin juga dapat menjaga kesehatan sendi. Aktivitas padat tidak akan menghalangi kegesitan Anda dalam bergerak. 

Kalsium (%AKG)45%
Ada vitamin D
Kandungan vitamin D600 IU
Kandungan gula17 gram
Kandungan protein6 gram
Kandungan karbohidrat total23 gram
Kandungan vitamin B121,6 mcg
Kandungan omega 3Tidak ada
Kandungan asam folat135 mcg
Kandungan lemak1.5 gram
Karakteristik pengguna Dewasa, remaja
Varian rasaVanilla
Pilihan ukuran500 gram, 1000 gram
No. BPOMMD 803110070026
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

KalbePrenagen Esensis

Harga referensi
Rp36.800
Menengah

Menjaga kesehatan reproduksi untuk persiapan kehamilan

Untuk Anda yang baru saja menikah dan sedang menanti buah hati, jangan lupa untuk menyediakan susu Prenagen Esensis. Tak perlu khawatir badan akan jadi gemuk bila mengonsumsinya setiap hari karena susu ini rendah lemak. Adanya asam folat juga dapat membantu mengurangi risiko gagal ovulasi. 


Formulanya yang tinggi kalsium, vitamin, serta mineral bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Selain itu, susu ini juga diperkaya zinc yang bisa membantu meningkatkan kesuburan.

Kalsium (%AKG)35%
Ada vitamin D
Kandungan vitamin D10%
Kandungan gula15 gram
Kandungan protein6 gram
Kandungan karbohidrat total29 gram
Kandungan vitamin B1230%
Kandungan omega 325 gram
Kandungan asam folat45%
Kandungan lemak1 gram
Karakteristik pengguna Orang dewasa
Varian rasaFrench Vanilla, Velvety Choco
Pilihan ukuran180 gram, 360 gram
No. BPOMFrench Vanilla: MD 805010169281, Velvety Choco: MD 805010157281
View all
No.3

AbbottEnsure Gold Vanila

Harga referensi
Rp59.700
Menengah

Dapat mengurangi risiko penyakit kanker berkat kandungan anti-karsinogeniknya

Saat usia sudah lanjut, tentu Anda khawatir dengan berbagai penyakit yang menyerang, salah satunya kanker. Jika Anda memiliki turunan penyakit ini, Anda bisa berikhtiar dengan mencoba susu Ensure Gold. Susu ini mengandung senyawa anti-karsinogenik yang dapat mengurangi risiko penyakit kanker. 


Selain itu, susu ini juga mengandung triple protein, yaitu whey, kasein, dan soya, serta mengandung HMB (hidroksi metil butirat). Karena kaya akan nutrisi, susu ini dapat menjaga kekuatan dan meningkatkan daya tahan tubuh lansia setiap hari.

Kalsium (%AKG)50%
Ada vitamin D
Kandungan vitamin D14 mcg
Kandungan gula1 gram
Kandungan protein30 gram
Kandungan karbohidrat total6 gram
Kandungan vitamin B1225%
Kandungan omega 3Tidak ada
Kandungan asam folat60 mcg
Kandungan lemak1,5 gram
Karakteristik pengguna Lansia
Varian rasaVanilla
Pilihan ukuran150 gram, 380 gram, 850 gram
No. BPOMML 567009025512
View all
No.4

Fonterra Anmum Materna Chocolate

Harga referensi
Rp47.800
Menengah

Nutrisi penting untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin

Anmum Materna adalah susu berkalsium tinggi yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil. Dengan kandungan asam folat sebanyak 40%, susu ini berperan penting untuk pertumbuhan janin. Susu ini dilengkapi dengan kandungan omega-3 dan omega-6 yang mendukung perkembangan kehamilan.


Susu ini membantu mencukupi kebutuhan gizi yang meningkat saat hamil dengan sebelas vitamin dan enam mineral penting. Stamina tubuh juga tetap terjaga berkat kandungan protein, zat besi, dan serat pangan yang tinggi. Untuk kesehatan ibu hamil dan janin, pilihlah susu ini.

Kalsium (%AKG)35%
Ada vitamin D
Kandungan vitamin D1,7 mcg
Kandungan gula18 gram
Kandungan protein9 gram
Kandungan karbohidrat total26 gram
Kandungan vitamin B120,9 mcg
Kandungan omega 360 mg
Kandungan asam folat250 mcg
Kandungan lemak4,5 gram
Karakteristik pengguna Ibu hamil
Varian rasaCokelat
Pilihan ukuran180 gram, 200 gram, 360 gram, 400 gram
No. BPOMMD 862310040361
View all
No.5

Ultrajaya Milk IndustryUltra Milk Low Fat Source of Calcium Plain

Harga referensi
Rp7.000
Lebih Murah

Susu steril yang membantu meningkatkan performa tulang

Siapa yang tidak kenal susu Ultra? Ultra Milk adalah susu cair berkalsium tinggi yang telah disterilisasi. Karena kandungan kalsiumnya berasal dari susu segar alami, manfaatnya dapat lebih mudah diserap oleh tubuh. Ultra Milk Low Fat High Calcium juga dilengkapi formula rendah lemak dan kaya manfaat.


Produk ini adalah pilihan sempurna untuk mendukung pola hidup sehat! Anda dapat menjadikannya sebagai suplemen tambahan untuk mempercepat pemulihan patah tulang. Kemasan tetrapack, khususnya yang berukuran 200 ml, membuat susu siap minum ini praktis dan mudah untuk dibawa bepergian.

Kalsium (%AKG)30%
Ada vitamin D
Kandungan vitamin D30%
Kandungan gulaTidak ada
Kandungan protein9 gram
Kandungan karbohidrat total13 gram
Kandungan vitamin B1240%
Kandungan omega 3Tidak ada
Kandungan asam folatTidak ada
Kandungan lemak3 gram
Karakteristik pengguna Dewasa, remaja, anak-anak
Varian rasaPlain
Pilihan ukuran250 ml, 1 liter
No. BPOMMD 461310336022
View all
No.6

Fonterra Anlene Gold 5X Original

Harga referensi
Rp35.600
Agak Murah

Lawan masalah tulang dan sendi dengan formula Movemax

Sedang mencari susu tinggi kalsium untuk mendukung gaya hidup aktif Anda? Formula Movemax dari Anlene Gold 5X adalah pilihannya. Kandungan magnesium, zink, fosfor, dan vitamin D dalam produk ini akan membantu menjaga kepadatan tulang.


Selain itu, fleksibilitas persendian tetap terjaga berkat dukungan kolagen dan vitamin C yang terkandung dalam susu kalsium terbaik ini. Tambahan lagi, cara membuatnya juga sangat praktis karena tidak perlu diseduh dengan air panas.

Kalsium (%AKG)50%
Ada vitamin D
Kandungan vitamin D7,5 μg
Kandungan gula14 gram
Kandungan protein10 gram
Kandungan karbohidrat total17 gram
Kandungan vitamin B121,20 μg
Kandungan omega 3Tidak ada
Kandungan asam folat40 μg
Kandungan lemak0,5 gram
Karakteristik pengguna Dewasa
Varian rasaOriginal
Pilihan ukuran170 gram, 240 gram, 620 gram, 885 gram
No. BPOMMD 805010013361
View all
No.7

NutrifoodTropicana Slim Low Fat Milk Macchiato Coffee

Harga referensi
Rp142.000
Lebih Mahal

Kandungannya tinggi serat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung

Ingin menurunkan kolesterol dengan cara yang enak? Minum saja susu Tropicana Slim Low Fat rasa Macchiato Coffee. Susu ini diformulasikan tanpa tambahan gula pasir dan rendah lemak, tetapi memiliki rasa macchiato coffee yang nikmat. Susu ini juga tinggi kandungan serat pangan larut alami dari tumbuhan chicory sehingga bisa membantu Anda menurunkan kolesterol. Bila kolesterol terkontrol, kesehatan jantung Anda pun terjaga.

Kalsium (%AKG)55%
Ada vitamin D
Kandungan vitamin D240 IU
Kandungan gula13 gram
Kandungan protein6 gram
Kandungan karbohidrat total35 gram
Kandungan vitamin B121 mcg
Kandungan omega 3Tidak ada
Kandungan asam folat160 mcg
Kandungan lemak0,5 gram
Karakteristik pengguna Dewasa
Varian rasaMacchiato Coffee
Pilihan ukuran500 gram
No. BPOMMD 805010291187
View all
No.8

MorinagaChil Kid Platinum MoriCare+ Triple Bifi

Harga referensi
Rp84.500
Agak Mahal

Kaya akan nutrisi yang mendukung kecerdasan otak

Chil Kid Platinum MoriCare+ adalah pilihan terbaik untuk Anda yang peduli dengan perkembangan otak anak. Susu ini memiliki inovasi nutrisi Moricare Zigma yang dapat mendukung kecerdasan otak, daya tahan tubuh, serta tumbuh kembang anak. Selain tinggi kalsium, di dalamnya terdapat alfa laktalbumin, AA DHA, kolina, fostfolipid, triple bifidus, nukleotida, dan serat GOS.

 

Alfa laktalbumin berperan untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak anak, sedangkan kolina berperan untuk memperkuat daya ingat anak. Sementara itu, triple bifidus menggabungkan tiga bakteri baik untuk menjaga saluran cerna anak. Anak bisa tumbuh sehat dan cerdas, deh.
Kalsium (%AKG)40%
Ada vitamin D
Kandungan vitamin D30%
Kandungan gula17 gram
Kandungan protein6 gram
Kandungan karbohidrat total21 gram
Kandungan vitamin B1280%
Kandungan omega 3137 mg
Kandungan asam folat25%
Kandungan lemak6 gram
Karakteristik pengguna Anak 1-3 tahun
Varian rasaVanila, Madu
Pilihan ukuran200 gram, 400 gram, 800 gram
No. BPOMVanila: MD 862210664281, Madu: MD 862210665281
View all
No.9

AnchorBoneeto Yummy Choco

Harga referensi
Rp43.700
Menengah

Maksimalkan pertumbuhan tulang pada masa anak-anak

Susu Boneeto memiliki kalsium sebanyak 500 mg per sajian. Hal ini menjadikannya sempurna untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan tulang pada masa anak-anak! Usia anak-anak adalah fase emas pertumbuhan sekaligus fase dimana anak-anak disibukkan dengan berbagai aktivitas. 


Nah, susu tinggi kalsium ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dalam menjalani aktivitas padat berkat kandungan multivitamin dan mineralnya. Pilihan rasa cokelat yang ditawarkan juga menarik untuk dicoba, lho!

Kalsium (%AKG)50%
Ada vitamin D
Kandungan vitamin D2,1 mcg
Kandungan gula25 gram
Kandungan protein5 gram
Kandungan karbohidrat total27 gram
Kandungan vitamin B120,6 mcg
Kandungan omega 3Tidak ada
Kandungan asam folat39 mcg
Kandungan lemak4,5 gram
Karakteristik pengguna Anak-anak
Varian rasaYummy Choco
Pilihan ukuran340 gram, 685 gram
No. BPOMMD 272811000400027
View all
No.10

AB Food & Beverages Ovaltine 3 in 1

Harga referensi
Rp34.336
Agak Murah

Perpaduan cokelat, malt, dan susu full cream untuk booster energi dan tumbuh tinggi maksimal

Rasa cokelat dari susu Ovaltine tidak perlu diragukan lagi. Produk ini memadukan cokelat, malt, dan susu full cream sehingga selain lezat, nutrisinya juga tinggi. Ovaltine 3 in 1 diperkaya 6 vitamin dan 3 mineral untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mengembalikan metabolisme energi. 


Perpaduan kalsium dan vitamin D di dalamnya juga dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan tulang. Selain memberikan energi tambahan, rutin mengonsumsi susu ini dapat membantu Anda dalam mencapai tinggi badan yang ideal. Menariknya lagi, susu dengan rasa cokelat yang nikmat ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja, lho. Baik dewasa maupun anak-anak pasti menyukainya. 

Kalsium (%AKG)40%
Ada vitamin DTidak diketahui
Kandungan vitamin DTidak diketahui
Kandungan gula19 gram
Kandungan protein2 gram
Kandungan karbohidrat total25 gram
Kandungan vitamin B1225%
Kandungan omega 3Tidak ada
Kandungan asam folatTidak ada
Kandungan lemak3 gram
Karakteristik pengguna Dewasa, remaja, anak
Varian rasaCokelat
Pilihan ukuran33 gram, 300 gram, 900 gram
No. BPOMML 230509058826
View all

5 Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang terbaik

No. 1: NutrifoodHiLo Active Vanilla

No. 2: KalbePrenagen Esensis

No. 3: AbbottEnsure Gold Vanila

No. 4: Fonterra Anmum Materna Chocolate

No. 5: Ultrajaya Milk IndustryUltra Milk Low Fat Source of Calcium Plain

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Makanan & minuman kesehatan
  4. 10 Rekomendasi Susu Tinggi Kalsium untuk Kesehatan Tulang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.