• 10 Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Kebutuhan kalsium dapat terpenuhi dengan minum susu. Artikel ini akan membahas susu berkalsium tinggi terbaik untuk kesehatan tulang. Mulai dari susu tinggi kalsium untuk anak hingga untuk lansia akan kami bahas secara lengkap. Ada juga pembahasan susu tinggi kalsium untuk ibu hamil. 


Selanjutnya, kami akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi susu tinggi kalsium yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti Anlene Gold Plus, HiLo Teen, dan Tropicana Slim dapat Anda temukan dalam rekomendasi kamiArtikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Mochammad Rizal. Simak baik-baik, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Mochammad Rizal
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Mochammad Rizal

Profil pakar: Nutritionist, Mochammad Rizal
Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah ahli gizi yang memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Rizal aktif mengedukasi masyarakat terkait diet dan gizi melalui media sosial, seminar, buku, dan media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan pengurus Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), yaitu organisasi profesi gizi dalam bidang olahraga dan kebugaran.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu berkalsium tinggi untuk kesehatan tulang

Ada berbagai merek susu berkalsium tinggi di pasaran. Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan tips praktis dalam memilih susu tinggi kalsium. Perhatikan secara saksama agar Anda mendapatkan produk yang terbaik.

Ketahui kadar kalsium yang terkandung

Ketahui kadar kalsium yang terkandung
Setiap orang memiliki kebutuhan kalsium yang berbeda-beda. Usia, jenis kelamin, ukuran tubuh, dan aktivitas sehari-hari dapat menjadi faktor yang mempengaruhi. Saat hamil, kebutuhan kalsium wanita juga bertambah±200 gram dari kebutuhan kalsium harian. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019, angka kecukupan kalsium harian yang dianjurkan adalah sebagai berikut: 


  • Usia 0–3 tahun: 200–650 mg 
  • Usia 4–9 tahun: 1.000 mg
  • Usia 10–18 tahun: 1.200 mg
  • Usia 19–49 tahun: 1.000 mg
  • Usia ≥50 tahun: 1.200 mg

Apakah susu berkalsium tinggi sudah dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian? Untuk menjawabnya, Anda perlu melihat persentase Angka Kecukupan Gizi atau %AKG pada kemasannya. %AKG menunjukkan jumlah kalsium harian yang terpenuhi dalam tiap sajian. Sebagai contoh, produk dengan kadar kalsium 50% memenuhi kebutuhan kalsium harian sebesar 50% per sajian. Kebutuhan kalsium harian akan terpenuhi 100% jika meminumnya sebanyak dua sajian.


Susu berkalsium tinggi yang dijual di pasaran umumnya memiliki kadar kalsium lebih dari 20% per sajian. Susu tinggi kalsium untuk anak dan lansia biasanya memiliki nilai yang lebih tinggi, yaitu lebih dari 40% per sajian. Perlu diingat, konsumsi kalsium yang terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat menimbulkan masalah. Oleh karena itu, minumlah susu tinggi kalsium sesuai saran penyajian pada kemasannya.

Sesuaikan dengan usia

Tidak kalah penting, usahakan untuk memilih susu sesuai dengan usia Anda. Dengan demikian, manfaat yang didapatkan oleh tubuh dapat lebih optimal. Berikut adalah macam-macam susu tinggi kalsium sesuai dengan kelompok usia. 

Susu untuk usia muda: Mendukung pertumbuhan badan dan perkembangan otak

Susu untuk usia muda: Mendukung pertumbuhan badan dan perkembangan otak

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, golongan anak-anak ada pada usia 6–10 tahun. Sementara itu, usia remaja ada pada rentang usia 10–18 tahun. Usia anak dan remaja merupakan masa penting dalam pertumbuhan manusia. Pada masa ini, tulang, gigi, dan fungsi organ mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. 


Oleh karena itu, pilihlah susu yang tinggi kalsium, protein, zat besi, dan vitamin D. Kandungan tersebut dapat mendukung pertumbuhan tubuh dan tentunya berperan penting dalam mengoptimalkan tinggi badan. Untuk perkembangan otak, Anda juga dapat memilih susu dengan kandungan omega-3, kolina, atau asam folat. Susu Zee dan HiLo Teen adalah produk yang dapat Anda pilih.

Susu untuk usia dewasa: Menjaga kekuatan tulang dan stamina tubuh

Susu untuk usia dewasa:  Menjaga kekuatan tulang dan stamina tubuh

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggolongkan usia dewasa dalam rentang usia 19-59 tahun. Usia 49–59 tahun juga dapat dikategorikan sebagai masa pra lanjut usia. Pada fase ini, umumnya secara perlahan tubuh berhenti mengalami pertumbuhan. Untuk usia dewasa, Anda membutuhkan asupan untuk menjaga kekuatan tubuh.


Untuk itu, pastikan susu tinggi kalsium yang Anda pilih juga diperkaya mineral penting lainnya. Magnesium, zink, dan kalium adalah jenis mineral yang baik untuk kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, penting juga memilih produk yang kaya vitamin dan protein, seperti Entrasol Active. Dengan demikian, imunitas dan stamina tubuh tetap terjaga.

Susu untuk usia lanjut: Mempertahankan kepadatan tulang dan kelenturan sendi

Susu untuk usia lanjut: Mempertahankan kepadatan tulang dan kelenturan sendi

Adapun yang termasuk kelompok lansia menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah usia 60 tahun ke atas. Pada usia lanjut, tubuh mulai mengalami penurunan fungsi. Selain itu, tubuh juga rentan terserang masalah, seperti pengeroposan tulang (osteoporosis). Masalah persendian dan pencernaan juga sering dialami oleh kelompok usia ini. 


Melihat kondisi tersebut, dibutuhkan susu dengan kandungan zat gizi yang lebih kompleks, contohnya Anlene Gold Plus. Risiko munculnya permasalahan tulang dapat berkurang dengan kalsium, vitamin D, fosfor, atau magnesium. Sementara itu, kandungan kolagen dan vitamin C baik untuk kesehatan persendian. Untuk kelancaran metabolisme dan sumber energi, perhatikan juga kandungan protein dan serat.

Perhatikan kandungan lemaknya

Kandungan lemak pada susu berkalsium tinggi juga perlu Anda perhatikan. Secara garis besar ada dua jenis susu berdasarkan kandungan lemaknya. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Berikut adalah penjelasan lengkapnya. 

Susu rendah lemak, pilihan terbaik pada saat diet

Susu rendah lemak, pilihan terbaik pada saat diet

Susu rendah lemak atau low-fat umumnya memiliki kadar lemak kurang dari atau sama dengan 5 gram per sajian. Salah satu varian dari susu rendah lemak adalah susu skim. Susu skim disebut juga dengan susu nonfat karena memiliki kandungan lemak yang paling rendah, bahkan hingga 0%. 


Susu rendah lemak tidak memicu obesitas jika diminum sesuai anjuran. Jadi, susu ini sempurna untuk Anda yang ingin menjaga berat badan. Anda juga perlu memperhatikan kandungan gula dalam susu skim atau low fat agar tidak melebihi batas asupan rekomendasi.


Ada juga susu rendah lemak yang juga bebas gula. Selain baik untuk diet, susu jenis ini aman untuk penderita diabetes. Tropicana Slim Skim Milk adalah salah satu contoh produknya.

Susu full cream, baik untuk menambah energi dan berat badan

Susu full cream, baik untuk menambah energi dan berat badan

Susu full cream berasal dari susu segar hasil perahan sapi, tanpa adanya pengurangan atau penambahan kandungan. Susu full cream umumnya mengandung lemak setidaknya 8 gram per sajian. Berbeda dengan susu low-fat, susu jenis ini teksturnya cenderung lebih kental. Selain itu, rasanya juga lebih legit karena adanya kandungan gula yang cukup tinggi. 


Susu tinggi lemak lebih cocok untuk Anda yang ingin menambah berat badan. Susu tinggi lemak berguna juga sebagai asupan tambahan untuk anak-anak yang sulit makan. Di samping itu, lemak juga berperan penting dalam pembentukan energi. Alhasil, susu tinggi lemak dapat mempercepat pemulihan energi. Anda yang kelelahan dan membutuhkan tenaga ekstra dapat menjadikannya sebagai alternatif.


Namun, perlu diperhatikan untuk mengonsumsi susu full cream sesuai anjuran. Hal ini dilakukan untuk mencegah penumpukan lemak yang dapat berakibat buruk pada kesehatan, seperti penyakit jantung atau stroke.

Pilih bentuk susu yang sesuai kebutuhan

Pilih bentuk susu yang sesuai kebutuhan

Dari segi bentuk, ada dua jenis susu berkalsium tinggi yang dijual di pasaran, yaitu bubuk dan cair. Susu bubuk diproses melalui spray drying dengan menyemprotkan gas panas sehingga susu cair menjadi serbuk. Proses ini menyebabkan nutrisi yang terdapat dalam susu menjadi berkurang. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena susu bubuk telah difortifikasi dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.


Susu bubuk cenderung memiliki masa simpan yang lebih lama, bahkan setelah dibuka. Meski begitu, Anda harus menyimpannya ke dalam wadah yang tertutup agar lebih tahan lama. Sementara itu, susu cair memang memiliki nutrisi alami yang lebih banyak daripada susu bubuk. Ditambah lagi, susu cair dengan proses UHT difortifikasi lagi dengan vitamin dan mineral.


Konsumsinya pun lebih efisien karena dapat langsung diminum, tetapi harus segera dihabiskan setelah dibuka. Susu cair yang telah dibuka tidak boleh disimpan terlalu lama karena mudah menjadi basi. Lalu, bagi Anda yang menginginkan susu segar, Anda dapat memilih susu pasteurisasi. Susu pasteurisasi hanya dipanaskan sebentar untuk membunuh bakteri jahat sehingga lebih alami dan menyegarkan.

10 Rekomendasi susu berkalsium tinggi terbaik untuk kesehatan tulang

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu berkalsium tinggi terbaik untuk kesehatan tulang yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.

10
Isi350 gram
Rekomendasi usia 3–12 tahun
BentukBubuk
Kadar kalsium 45% per sajian
Lemak total 3 gram per sajian
9

Ultrajaya Milk IndustryUltra Milk Low Fat High Calcium

Mulai dari Rp 7.000,00

Isi250 ml, 1000 ml
Rekomendasi usia Tidak disebutkan
BentukCair
Kadar kalsium 40% per sajian
Lemak total 3 gram per sajian
8

LactasoyUHT Soy Milk Hi-Calcium

Mulai dari Rp 32.000,00

Isi1000 ml
Rekomendasi usia Tidak disebutkan
BentukCair
Kadar kalsium 60% per sajian
Lemak total 8 gram per sajian
7
Isi350 gram
Rekomendasi usia 19–50 tahun
BentukBubuk
Kadar kalsium 60% per sajian
Lemak total 2 gram per sajian
6

Nutrifood IndonesiaTropicana Slim Skim Milk Fiber Pro Plain

Mulai dari Rp 117.700,00

Isi500 gram
Rekomendasi usia Tidak ada keterangan
BentukBubuk
Kadar kalsium 75% per sajian
Lemak total 0 gram per sajian
5
Isi35 gram, 400 gram, 800 gram
Rekomendasi usia 1 tahun ke atas
BentukBubuk
Kadar kalsium 50% per sajian
Lemak total 1,5 gram per sajian
4
Isi200 gram, 400 gram
Rekomendasi usia Masa kehamilan
BentukBubuk
Kadar kalsium 35% per sajian
Lemak total 4,5 gram per sajian
3
Isi1000 ml
Rekomendasi usia 5 tahun ke atas
BentukCair
Kadar kalsium 37% per sajian
Lemak total 3,5 gram per sajian
2

Nutrifood Indonesia HiLo Teen Chocolate

Mulai dari Rp 95.700,00

Isi500 gram, 750 gram, 1000 gram
Rekomendasi usia 12–17 tahun
BentukBubuk 
Kadar kalsium 55% per sajian
Lemak total 4 gram per sajian
1
Isi175 gram, 250 gram, 650 gram, 900 gram
Rekomendasi usia 51 tahun ke atas
BentukBubuk
Kadar kalsium 75% per sajian
Lemak total 1 gram per sajian

Tabel perbandingan produk susu berkalsium tinggi terbaik untuk kesehatan tulang

Gambar produk
1
Fonterra  Anlene Gold Plus 1

Fonterra

2
Nutrifood Indonesia  HiLo Teen Chocolate 1

Nutrifood Indonesia

3
Sanitarium So Good Almond Unsweetened 1

Sanitarium

4
Fonterra  Anmum Materna 1

Fonterra

5
Frisian Flag  KOMPLETA Cokelat 1

Frisian Flag

6
Nutrifood Indonesia Tropicana Slim Skim Milk Fiber Pro Plain 1

Nutrifood Indonesia

7
Kalbe  Entrasol Active  1

Kalbe

8
Lactasoy UHT Soy Milk Hi-Calcium 1

Lactasoy

9
Ultrajaya Milk Industry Ultra Milk Low Fat High Calcium 1

Ultrajaya Milk Industry

10
Kalbe Zee Reguler Honey Milk  1

Kalbe

Nama produk

Anlene Gold Plus

HiLo Teen Chocolate

So Good Almond Unsweetened

Anmum Materna

KOMPLETA Cokelat

Tropicana Slim Skim Milk Fiber Pro Plain

Entrasol Active

UHT Soy Milk Hi-Calcium

Ultra Milk Low Fat High Calcium

Zee Reguler Honey Milk

Keunggulan

Lawan masalah tulang dan sendi dengan formula Movemax

Maksimalkan pertumbuhan tulang pada masa remaja

Nikmatnya susu almond bebas laktosa

Nutrisi penting untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin

Cara praktis untuk penuhi kebutuhan gizi seluruh anggota keluarga

Bebas lemak dan gula, pilihan tepat penderita diabetes!

Cegah munculnya penyakit degeneratif sedari dini

Bebas dari aroma langu khas kedelai, Anda pasti suka!

Susu steril yang membantu meningkatkan performa tulang

Kaya akan nutrisi yang mendukung kecerdasan otak

Harga mulai dariRp 33.500,00Rp 95.700,00Rp 54.400,00Rp 45.590,00Rp 30.000,00Rp 117.700,00Rp 55.043,00Rp 32.000,00Rp 7.000,00Rp 41.000,00
Isi175 gram, 250 gram, 650 gram, 900 gram500 gram, 750 gram, 1000 gram1000 ml 200 gram, 400 gram35 gram, 400 gram, 800 gram500 gram350 gram1000 ml 250 ml, 1000 ml350 gram
Rekomendasi usia 51 tahun ke atas 12–17 tahun 5 tahun ke atas Masa kehamilan 1 tahun ke atas Tidak ada keterangan 19–50 tahun Tidak disebutkan Tidak disebutkan3–12 tahun
BentukBubukBubuk CairBubuk Bubuk BubukBubukCair Cair Bubuk
Kadar kalsium 75% per sajian55% per sajian37% per sajian35% per sajian50% per sajian75% per sajian60% per sajian60% per sajian40% per sajian45% per sajian
Lemak total 1 gram per sajian4 gram per sajian3,5 gram per sajian4,5 gram per sajian1,5 gram per sajian0 gram per sajian2 gram per sajian8 gram per sajian3 gram per sajian3 gram per sajian
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar susu berkalsium tinggi

Pertanyaan umum seputar susu berkalsium tinggi

Kami telah merangkum pertanyaan yang sering muncul terkait susu berkalsium tinggi. Untuk Anda yang masih penasaran dengan susu berkalsium tinggi, jawabannya ada di bawah ini, ya.

Apakah minum susu tinggi kalsium bisa meninggikan badan?

Selama masa pertumbuhan, kecukupan asupan kalsium dapat mendukung tumbuh kembang anak dengan optimal. Kalsium berperan dalam meningkatkan kepadatan tulang, struktur tulang, dan mengoptimalkan tinggi badan anak-anak. Konsumsi susu tinggi kalsium terbukti dapat mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan anak-anak dan remaja.


Namun, perlu diingat bahwa konsumsi kalsium terlalu banyak juga tidak baik bagi anak. Selain itu, konsumsi kalsium yang cukup juga perlu diimbangi dengan olahraga rutin supaya tumbuh kembang anak tetap optimal.

Bahaya mengonsumsi terlalu banyak kalsium

Bahaya mengonsumsi terlalu banyak kalsium

Kadar kalsium dalam darah yang normal adalah sekitar 8,8-10,4 mg/dL. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan peluang osteoporosis. Namun, terlalu berlebihan mengonsumsi kalsium juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Kondisi di mana kadar kalsium dalam darah melebihi ambang batas normal disebut dengan hiperkalsemia


Hiperkalsemia membuat tubuh kesulitan menyerap mineral, seperti seperti zink, magnesium, dan fosfat. Hal itu mengakibatkan melemahnya tulang dan gigi. Pada kondisi yang lebih parah, hiperkalsemia dapat mengganggu fungsi ginjal dan memicu terbentuknya batu ginjal. Selain itu, kondisi ini juga berisiko menyebabkan gangguan kinerja jantung dan otak. 


Gejala hiperkalsemia cukup beragam, mulai dari gangguan pencernaan, detak jantung abnormal, sering merasa haus, hingga susah berkonsentrasi. Anda juga perlu waspada jika merasa mudah lelah atau mengalami nyeri pada tulang, otot, dan sendi. Apabila Anda rutin mengonsumsi asupan tinggi kalsium dan mengalami gejala tersebut, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga rekomendasi susu lainnya di sini

Untuk Anda yang masih penasaran, kami memiliki banyak rekomendasi merek susu yang bagus. Ada susu diet, susu tinggi protein, susu ibu menyusui, dan masih banyak lagi. Berbagai merek susu terkenal, seperti HiLo, Greenfields, dan Tropicana Slim juga telah kami bahas. Yuk, buka link-nya di bawah ini!

Kesimpulan

Kalsium memang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas. Pilihlah susu berkalsium tinggi dengan bentuk sesuai kebutuhan Anda. Baca labelnya untuk mengetahui jumlah kalsium yang terkandung di dalamnya. Jangan lupa untuk memilih rasa yang Anda sukai.


Selesai sudah pembahasan kali ini mengenai susu berkalsium tinggi. Semoga Anda menemukan susu yang sesuai kebutuhan. Ingat selalu untuk memilih susu yang sehat untuk dikonsumsi.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minuman kolagen dikenal sangat baik untuk kulit. Ketika mendengar mengenai minuman kolagen, mungkin tebersit pertanyaan-pertanyaan ini di benak Anda. Adakah merek minuman kolagen yang bagus dan cocok untuk remaja? Adakah produk yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui?Menjawab kebimbangan tersebut, kami akan memberikan penjelasan mengenai minuman kolagen. Kami juga akan menjelaskan cara memilih minuman kolagen hingga mengulas berbagai merek terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Temukan ulasan mengenai Byoote, Ms Glow, Noera, dan lain sebagainya di artikel ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda sedang dalam program diet? Jika iya, susu diet dapat membantu program penurunan berat badan Anda. Susu untuk diet umumnya dirancang sebagai meal replacement saat pagi dan malam agar asupan kalori lebih terkontrol. Susu diet biasanya mengandung protein tinggi dan rendah lemak.Kali ini, kami punya cara memilih susu diet yang bagus untuk Anda. Tak cuma itu, kami juga menyediakan rekomendasi merek susu diet terbaik, seperti WRP, Tropicana Slim, dan L-Men. Simak juga tips dari biotechnologist agar Anda menemukan susu diet yang efektif. Penasaran? Langsung saja simak ulasan kami, ya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Memasuki usia 6 tahun, pertumbuhan anak, baik dari segi fisik, kognitif, maupun psikologis, berkembang dengan sangat pesat. Agar tumbuh kembangnya optimal, susu pertumbuhan dapat menjadi pilihan untuk melengkapi asupan gizi anak. Dari sekian banyak merek susu yang ada di pasaran, seperti Bebelac, Dancow, PediaSure, dan Friso, manakah yang terbaik?Kali ini kami akan memberikan tips memilih susu pertumbuhan yang bagus untuk anak usia 6 tahun ke atas. Simak juga tips memilihnya dari dokter umum, dr. Aldila Ardine. Mari pilih susu anak yang mendukung kecerdasan dan perkembangannya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Merk Mass Gainer Terbaik untuk Bulking (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Mass Gainer Terbaik untuk Bulking (Terbaru Tahun 2022)
    Mass gainer menjadi penyelamat bagi pria dan wanita yang kurus. Dengan kalori dan proteinnya yang tinggi, mass gainer bermanfaat dalam bulking agar berat badan menjadi ideal. Tak heran, banyak merek berlomba-lomba menawarkan mass gainer yang bagus.Pada artikel ini, kami akan membagikan tips memilh mass gainer untuk bulking. Review mass gainer terbaik untuk bulking juga akan kami sajikan. Anda bisa mempertimbangkan produk Evolene, Muscle First, atau L-Men yang harganya murah. Beberapa produk juga halal sehingga aman untuk umat muslim. Mari simak ulasannya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang sedang workout, mengonsumsi makanan saja tidak cukup memaksimalkan pertumbuhan massa otot. Di sinilah minuman protein berperan sebagai minuman penambah massa otot. Dengan mengonsumsi minuman tinggi protein sesuai timing, pertumbuhan massa otot Anda akan lebih cepat.Di pasaran terdapat banyak jenis minuman berprotein tinggi, misalnya whey casein dan soy. Ada banyak pula merek minuman protein yang bagus, seperti L-Men, Vectorlabs, dan Muscle First yang bisa dipilih. Nah, kami telah menyiapkan tips memilih dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Selamat membaca!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Susu Diabetes Terbaik - Ditinjau oleh Ahli Gizi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Susu Diabetes Terbaik - Ditinjau oleh Ahli Gizi (Terbaru Tahun 2022)
    Susu merupakan sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Namun, tidak semua jenis susu aman dikonsumsi oleh diabetesi atau penderita diabetes. Saat ini ada banyak produsen susu yang memasarkan susu untuk diabetesi. Produk dari merek Diabetasol, Tropicana Slim, dan Anlene adalah beberapa contohnya.Karena itu, kami akan memberikan beberapa tips memilih susu yang bagus dan aman untuk penderita diabetes. Kami juga merangkum beberapa rekomendasi produk susu diabetes terbaik yang rendah gula serta rendah lemak. Ada juga komentar dari ahli gizi kami, Leona Victoria. Selamat membaca!
    Makanan & minuman kesehatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori