• 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2021)

Oli mesin sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, ternyata banyak sekali jenis oli di pasaran. Manakah oli mesin mobil terbaik yang harus dipilih?


Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mobil yang bagus, seperti Shell, Castrol, dan Pertamina. Selain itu, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Disimak, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 09 November 2021
  • 77.003 Views
Daftar isi

Cara memilih oli mesin untuk mobil

Ketika Anda hendak memilih oli mesin mobil yang bagus, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, produk yang cocok dengan model mesin mobil Anda, jenis bahan dasar oli mesin, tingkat kekentalan, dan lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan poin-poin di bawah ini sebelum menentukan pilihan!

Pilih standar oli berdasarkan model mesin

Pilih standar oli berdasarkan model mesin

Produsen mobil kerap kali menyiapkan oli mesin bawaan yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Sayangnya, harga oli mesin semacam ini biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan oli yang terjual secara bebas. Selain itu, ada juga beberapa orang yang memilih oli sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mobilnya.


Dengan kata lain, oli merek mana pun dapat digunakan asalkan sesuai dengan keperluan pemilik kendaraan. Setiap produsen kendaraan pasti merekomendasikan spesifikasi oli mesin yang sesuai untuk kendaraannya masing-masing. Untuk mengetahui standar yang tepat, Anda bisa melihatnya di buku petunjuk kendaraan. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu melalui internet dan menanyakan langsung kepada montir atau bengkel mobil.

Tentukan pilihan berdasarkan jenis bahan dasar oli

Di pasaran, ada tiga macam jenis bahan dasar oli yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih oli mesin. Mulai dari oli mineral, oli semi-sintetik, dan oli full sintetik. Pahami fitur dari ketiganya dan pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda!

Oli mineral: Cocok untuk kendaraan dengan mobilitas rendah

Oli jenis ini sering disebut sebagai oli standar. Oli mineral adalah oli yang tepat bagi kendaraan yang dipakai untuk jarak pendek. Misalnya, untuk mobil yang digunakan saat weekend saja atau mobil biasa yang dipakai sehari-hari. Saat ini, sudah diproduksi oli mineral dengan level VI (Viscosity Index) atau kadar kekentalan yang tinggi. Oli mineral semacam ini dapat mendukung performa mesin yang lebih baik.


Dari ketiga jenis bahan dasar oli, yang memiliki harga paling ramah di kantong adalah oli mineral. Sayangnya, oli ini mudah menguap dan menurun kualitasnya sehingga Anda harus menggantinya lebih sering.

Oli semi-sintetik: Cocok untuk kendaraan agar dapat berlari lebih kencang

Oli ini merupakan campuran dari oli mineral dengan oli sintetik yang lebih sering disebut sebagai oli semi-sintetik. Oli sintetik campuran direkomendasikan bagi Anda yang mengendarai mobil sedikit lebih berat dibandingkan kebutuhan biasa. Sebagai contoh, Anda harus menempuh jarak yang jauh setiap hari atau melewati jalan tol.

 
Oli semi-sintetik memiliki kualitas menengah dibandingkan dua jenis oli lainnya. Selain itu, oli ini banyak diminati karena memiliki harga serta performa yang seimbang. Jika ingin mesin kendaraan lebih awet, Anda bisa memilih oli semi-sintetik dibandingkan oli mineral.

Oli full sintetik: Cocok untuk kendaraan dengan performa tinggi

Jika Anda menyayangi kendaraan Anda dan tidak mengkhawatirkan biaya, pilihlah oli full sintetik! Jenis ini merupakan oli berkualitas tinggi yang sering digunakan untuk mobil balap. Di antara ketiga oli tersebut, full sintetik adalah produk paling efektif untuk menjaga kualitas mesin lebih awet. Oli ini juga membantu agar tarikan mesin kendaraan Anda terasa lebih halus.

Pilihlah jenis kekentalan oli sesuai kondisi medan saat berkendara

Pilihlah jenis kekentalan oli sesuai kondisi medan saat berkendara

Saat hendak memilih oli kendaraan, tak banyak orang memahami kode yang tertera dalam kemasan oli. Umumnya oli mobil memiliki kode SAE atau Society of Automotive Engineers. SAE merupakan kode untuk mengidentifikasi kekentalan oli. Pada awalnya, nilai kekentalan dikenal dengan monograde yang cocok untuk kondisi suhu tertentu. Namun, seiring perkembangan teknologi, terciptalah tipe oli multigrade yang cocok untuk range suhu rendah dan tinggi.


Pada kemasan oli, biasanya akan tertulis, misalnya 5W-30 atau 0W-20. Huruf W tersebut merupakan singkatan dari kata winter. Angka sebelum W menunjukkan tingkat kekentalan oli pada suhu dingin. Sementara itu, angka setelah W menunjukkan tingkat kekentalan oli pada suhu panas.


Makin rendah angka sebelum W, maka makin optimal meski berada di daerah bersuhu rendah. Sebaliknya, makin tinggi angka setelah W, makin cocok oli tersebut digunakan pada suhu tinggi. Oli semacam ini direkomendasikan bagi Anda yang mengendarai sport car atau minivan.


Namun, ketika Anda berkendara di negara yang memiliki empat musim, pilihlah produk dengan spesifikasi oli lebih luas. Misalnya 0W-40 yang bisa digunakan pada musim dingin dan musim panas. Selain itu, gantilah oli Anda secara berkala sesuai jarak tempuh dan kondisi mesin agar performanya terjaga.

Periksa kode standar pada kemasan untuk mengetahui kualitas produk

Periksa kode standar pada kemasan untuk mengetahui kualitas produk

Setiap oli mesin mobil memiliki peringkat menurut standar tertentu. Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki preferensi khusus, memakai oli rekomendasi dari produsen kendaraan Anda sudah cukup. Menurut standar API yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute, terdapat berbagai jenis oli yang dikategorikan menurut level performanya. 


Untuk mesin berbahan bakar bensin, kategori yang digunakan diawali dengan kode S, dimulai dari SA, SB, SC hingga yang terkini adalah SN. Di samping itu, untuk kendaraan bermesin diesel, CF-4 adalah grade tertinggi. Jika Anda menginginkan oli ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar, di samping API, Anda bisa menggunakan oli standar ILSAC. ILSAC GF-5 adalah kualitas tertinggi saat ini.


Selain standar API dan ILSAC, ada juga JASO (Japanese Automotive Standards Organization) yang mengategorikan oli kendaraan diesel. Misalnya kode DL-1 untuk kendaraan penumpang dan kode DH-1/2 untuk kendaraan lebih berat seperti bus atau truk.

Ketahui risiko penggunaan oli yang telah teroksidasi

Ketahui risiko penggunaan oli yang telah teroksidasi

Oli mesin mudah teroksidasi dan menyusut ketika kemasannya dibuka. Oleh karena itu, Anda harus menutup kemasannya sampai tertutup rapat. Pada dasarnya, oksidasi terjadi bila air bercampur dengan oli yang berfungsi sebagai pelumas komponen dalam mesin. Air, debu, dan oksigen menjadi faktor yang memengaruhi performa mesin karena dapat menyebabkan oksidasi pada oli mesin.


Oksidasi oli mobil yang disebabkan oleh oksigen dapat mengubah oli menjadi kental dan menimbulkan endapan. Sementara itu, oksidasi yang disebabkan oleh air menyebabkan oli yang bening berubah menjadi putih susu. Terjadinya oksidasi tersebut akan memengaruhi tenaga yang dihasilkan dan mesin pun bisa mengalami kerusakan.

10 Rekomendasi oli mesin terbaik untuk mobil

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk oli mesin terbaik untuk mobil yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Exxon MobilMobil 1 FS X2 5W-50

Mulai dari Rp 215.000,00

Bahan dasarFull sintetik
Standar kualitasAPI SN, SM, SL, SJ
Kekentalan5W-50
Ukuran1 liter dan 4 liter
9
Bahan dasarSemi-sintetik
Standar kualitasAPI SM, SL, SJ, CF
Kekentalan10W-40
Ukuran946 ml dan 4 liter
8
Bahan dasarOli mineral
Standar kualitasAPI CH-4
Kekentalan15W-40
Ukuran1 liter dan 4 liter
7
Bahan dasarFull sintetik
Standar kualitasAPI SN
Kekentalan5W-40
Ukuran1 liter, 4 liter dan 5 liter
6
Bahan dasarFull sintetik
Standar kualitasAPI SN, CF
Kekentalan5W-40
Ukuran1 liter dan 4 liter
5
Bahan dasarFull sintetik
Standar kualitasAPI SL, CF
Kekentalan10W-40
Ukuran1 liter dan 4 liter
4
Bahan dasarOli mineral
Standar kualitasAPI: SM/CF
Kekentalan10W-30
Ukuran1 liter dan 4 liter
3
Bahan dasarOli mineral
Standar kualitasAPI SL, CF
Kekentalan20W-50
Ukuran1 liter dan 4 liter
2
Bahan dasarFull sintetik
Standar kualitasAPI SN
Kekentalan10W-40
Ukuran1 liter dan 4 liter
1

Pertamina LubricantsMesran Super SAE 20W-50

Mulai dari Rp 26.500,00

Bahan dasarOli mineral
Standar kualitasAPI SG/CD
Kekentalan20W-50
Ukuran800 ml, 1 liter, dan 4 liter

Tabel perbandingan produk oli mesin terbaik untuk mobil

Gambar produk
1
Pertamina Lubricants Mesran Super SAE 20W-50 1

Pertamina Lubricants

2
Pertamina Lubricants Fastron Techno SAE 10W-40 1

Pertamina Lubricants

3
Shell  Helix HX3 20W-50 1

Shell

4
Idemitsu SM/CF 10W-30 1

Idemitsu

5
Repsol Elite Injection 10W-40 1

Repsol

6
Shell Helix Ultra 5W-40 1

Shell

7
Total Energies Quartz 9000 5W-40 1

Total Energies

8
Castrol GTX Diesel 15W-40 1

Castrol

9
Lucas Semi-Synthetic 10W-40 1

Lucas

10
Exxon Mobil Mobil 1 FS X2 5W-50 1

Exxon Mobil

Nama produk

Mesran Super SAE 20W-50

Fastron Techno SAE 10W-40

Helix HX3 20W-50

SM/CF 10W-30

Elite Injection 10W-40

Helix Ultra 5W-40

Quartz 9000 5W-40

GTX Diesel 15W-40

Semi-Synthetic 10W-40

Mobil 1 FS X2 5W-50

Keunggulan

Oli pilihan untuk kendaraan tahun 90-an

Produk lokal terfavorit yang maksimal melindungi mesin Anda

Mobil tua Anda akan tangguh kembali seperti mobil baru

Cocok untuk mobil dari Jepang

Oli pelumas untuk mesin mobil modern

Menjaga mesin mobil Anda seperti baru keluar dari pabrik!

Membuat mesin mobil lebih awet dan tahan lama

Pilihan tepat bagi mobil bermesin diesel

Pelumas yang dapat mengurangi suara bising mobil Anda

Rekomendasi untuk para pencinta extreme sport

Harga mulai dariRp 26.500,00Rp 60.000,00Rp 36.500,00Rp 40.000,00Rp 70.000,00Rp 124.000,00Rp 125.000,00Rp 55.000,00Rp 185.000,00Rp 215.000,00
Bahan dasarOli mineralFull sintetikOli mineralOli mineralFull sintetikFull sintetikFull sintetikOli mineralSemi-sintetikFull sintetik
Standar kualitasAPI SG/CDAPI SNAPI SL, CFAPI: SM/CFAPI SL, CFAPI SN, CFAPI SNAPI CH-4API SM, SL, SJ, CFAPI SN, SM, SL, SJ
Kekentalan20W-5010W-4020W-5010W-3010W-405W-405W-4015W-4010W-405W-50
Ukuran800 ml, 1 liter, dan 4 liter1 liter dan 4 liter1 liter dan 4 liter1 liter dan 4 liter1 liter dan 4 liter1 liter dan 4 liter1 liter, 4 liter dan 5 liter1 liter dan 4 liter946 ml dan 4 liter1 liter dan 4 liter
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar oli mesin untuk mobil

Pertanyaan umum seputar oli mesin untuk mobil

Selain membahas mengenai cara memilih dan merekomendasikan produk, kami juga mengumpulkan beberapa pertanyaan populer oli mesin mobil. Yuk, cari tahu jawabannya bersama di sini!!

Oli Mesran cocok untuk mobil apa saja?

Produk oli Mesran Super SAE 20W-50 cocok dipakai untuk mesin mobil yang diproduksi sekitar tahun 90-an. Mesin kendaraan tersebut perlu pelumas dengan kualifikasi kinerja tinggi. Produk ini juga bisa dipakai untuk sistem transmisi motor 2 tak.

Kapan oli mesin mobil harus diganti?

Anda dapat mengganti oli mesin mobil berjenis full sintetik setelah mencapai jarak 10.000 km. Jarak tersebut umumnya berlaku setelah pemakaian selama enam bulan. Bila oli mesin mengandung mineral, Anda perlu menggantinya setelah pemakaian 5.000 km. Sementara itu, oli mesin mobil matic dapat diganti dalam rentang waktu 4–6 bulan setelah pemakaian.

Apa ciri-ciri oli mesin mobil perlu diganti?

Anda beberapa ciri yang mengindikasikan Anda perlu segera mengganti oli mesin mobil. Misalnya, suara mesin berisik atau terdengar ketukan, oli kotor, dan tercium bau oli di dalam mobil. Setelah menempuh jarak 10.000 km atau asap knalpot berwarna kehitaman, Anda juga perlu mengganti oli mesin mobil.

Baca juga rekomendasi oli lainnya di sini!

Selain oli mesin mobil, kami juga memiliki artikel mengenai oli motor, pelumas untuk rantai sepeda dan motor. Bila tertarik, silakan buka link di bawah ini agar Anda mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami telah merekomendasikan oli mobil yang bagus, baik oli mesin mobil bensin maupun diesel. Dengan berbagai jenis kekentalan, bahan dasar oli, dan kelebihan masing-masing, pilihlah oli sesuai kebutuhan mesin mobil Anda. Jangan lupa untuk selalu mengganti oli secara teratur agar mesin mobil Anda lebih awet dan tahan lama. Happy driving!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oli Terbaik untuk Motor Matic (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Oli Terbaik untuk Motor Matic (Terbaru Tahun 2021)
    Selain sebagai pelumas, oli berfungsi merawat dan menjaga mesin motor agar dapat bekerja secara maksimal. Supaya motor matic Anda memiliki usia yang awet, jangan sampai telat melakukan penggantian oli. Lantas, berapa bulan sekali Anda harus mengganti oli motor? Melalui artikel ini, kami akan mengulas oli motor matic lengkap dengan tips memilihnya. Kami juga akan menampilkan oli motor matic yang bagus dari berbagai merk, seperti Castrol, Eneos, Enduro, dan Evalube. Oli motor matic murah untuk Honda Scoopy, Vario 150, Beat, motor Yamaha, dan sebagainya pun bisa segera Anda beli.
    Perawatan kendaraan
    16.671 Views
  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fungsi oli motor sangatlah penting. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi mengurangi gesekan, mendinginkan, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Akan tetapi, masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih oli untuk motornya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang bagus dan baik. Selain itu, kami juga akan mengulas berbagai merek oli motor terbaik, seperti Yamalube, Shell, ataupun Enduro. Yuk, temukan beragam rekomendasi oli motor di sini!
    Perawatan kendaraan
    180.527 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Berbagai produk pengharum mobil seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
    62.667 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap pengguna motor pasti menginginkan motor yang bersih dan mengilap. Untuk mewujudkannya, motor Anda harus rutin dicuci dengan shampo motor. Namun, memilih shampo motor tidak bisa sembarangan. Sebagai contoh, shampo motor untuk bodi motor dengan cat warna doff tentu berbeda dengan cat warna glossy.Untuk itulah, kami akan membahas cara memilih shampo motor yang tepat. Tidak lupa juga kami merekomendasikan merek shampo motor yang bagus, seperti KIT, Carrera, NOSY, dan masih banyak lagi. Jika ingin motor selalu tampil menawan, Anda tidak boleh ketinggalan menyimak artikel berikut!
    Perawatan kendaraan
    42.625 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sampo mobil adalah produk yang esensial untuk menjaga mobil tetap bersih dan terawat. Berbagai jenis produk sudah dihasilkan oleh merek-merek ternama, seperti Meguiar's dan 3M. Ada produk yang mengandung wax untuk mencegah noda air menempel di mobil. Ada juga yang memberikan kilau ekstra pada cat mobil Anda.Hal ini tentunya membuat konsumen bingung dalam memilih sampo mobil yang paling sesuai. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sampo mobil yang bagus untuk Anda. Kemudian, kami akan memberikan rekomendasi sampo mobil terbaik. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Perawatan kendaraan
    36.227 Views
  • 10 Rekomendasi Pembersih Velg Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembersih Velg Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Velg adalah bagian dari mobil yang paling mudah kotor akibat debu jalanan atau debu dari percikan kampas rem. Kebanyakan orang ingin velg mobilnya tetap berkilau, tetapi kesulitan merawatnya. Maka dari itu, cairan pembersih velg sangatlah berguna. Lewat artikel ini, selain menjelaskan cara memilih pembersih velg, kami juga merekomendasikan produk yang bisa Anda pilih dari merek Sonax, Meguiars, dan lainnya. Jika Anda sudah menemukan produk yang tepat, mencuci mobil tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, bukan? 
    Perawatan kendaraan
    7.392 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori