1. TOP
  2. >
  3. Otomotif
  4. >
  5. Perawatan kendaraan
  6. >
  7. 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023)

Oli mesin sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antarelemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, apakah Anda sudah tahu produk mana yang harus dipilih?


Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mobil yang bagus, seperti Shell, Castrol, dan Pertamina. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Disimak, ya!

Diperbaharui 12-28-2022
Pakar
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif. Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Profil Ayi Adiana
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih oli mesin untuk mobil

Ketika Anda hendak memilih oli mesin mobil yang bagus, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Anda bisa memilih oli yang cocok dengan mesin mobil, jenis bahan dasar oli mesin, dan tingkat kekentalan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan poin-poin di bawah ini sebelum menentukan pilihan!

① Pilih standar oli berdasarkan model mesin

Pilih standar oli berdasarkan model mesin

Produsen mobil kerap kali menyiapkan oli mesin bawaan yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Sayangnya, harga oli mesin semacam ini biasanya lebih mahal jika dibandingkan oli yang dijual secara bebas. Selain itu, ada juga beberapa orang yang memilih oli sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mobilnya.


Dengan kata lain, oli merek mana pun dapat digunakan asalkan sesuai dengan keperluan pemilik kendaraan. Setiap produsen kendaraan pasti merekomendasikan spesifikasi oli mesin yang sesuai dengan kendaraannya masing-masing.


Untuk mengetahui standar yang tepat, Anda bisa melihatnya di buku petunjuk kendaraan. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu melalui internet dan menanyakan langsung kepada montir atau bengkel mobil.


Namun, harap diperhatikan bahwa pemakaian oli mesin mobil bensin dan mesin diesel tidak bisa disamakan. Hal ini karena keduanya mempunyai karakter mesin yang berbeda.

② Tentukan pilihan berdasarkan jenis bahan dasar oli

Di pasaran ada tiga macam jenis bahan dasar oli yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih oli mesin. Ada oli mineral, oli semi-sintetik, dan oli full sintetik. Pahami fitur dari ketiganya dan pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda!

Oli mineral: Pilihan tepat untuk kendaraan dengan mobilitas rendah

Oli mineral: Pilihan tepat untuk kendaraan dengan mobilitas rendah
Sumber: castrol.com

Oli jenis ini sering disebut sebagai oli standar. Oli mineral adalah oli yang tepat bagi kendaraan yang dipakai untuk jarak pendek. Anda bisa menggunakannya untuk mobil yang dikendarai saat weekend saja atau mobil yang dipakai sehari-hari. Saat ini, sudah diproduksi oli mineral dengan level VI (Viscosity Index) atau kadar kekentalan yang tinggi. Oli mineral semacam ini dapat mendukung performa mesin yang lebih baik.


Oli full sintetik adalah produk paling efektif untuk menjaga kualitas mesin lebih awet daripada ketiga jenis oli lainnya. Sayangnya, oli ini mudah menguap dan menurun kualitasnya sehingga Anda harus menggantinya lebih sering.

Oli semi-sintetik: Jadikan kendaaraan dapat berlari lebih kencang

Oli ini merupakan merupakan pengembangan dari oli mineral yang ditambahkan zat aditif berbahan sintetik yang bisa memperlambat penguapan. Oli sintetik campuran direkomendasikan bagi Anda yang mengendarai mobil sedikit lebih berat dibandingkan kebutuhan biasa. Sebagai contoh, Anda harus menempuh jarak yang jauh setiap hari atau melewati jalan tol.

 
Oli semi-sintetik memiliki kualitas menengah dibandingkan dua jenis oli lainnya. Selain itu, oli ini banyak diminati karena memiliki harga serta performa yang seimbang. Jika ingin mesin kendaraan lebih awet, Anda bisa memilih oli semi-sintetik dibandingkan oli mineral.

Oli full sintetik: Cocok untuk kendaraan dengan performa tinggi

Oli full sintetik: Cocok untuk kendaraan dengan performa tinggi
Sumber: castrol.com

Jika Anda menyayangi kendaraan Anda dan tidak mengkhawatirkan biaya, pilihlah oli full sintetik! Jenis ini merupakan oli berkualitas tinggi yang sering digunakan untuk mesin-mesin dengan performa tinggi seperti mobil balap.


Mobil keluaran terbaru juga menggunakan standar oli full sintetik. Di antara ketiga oli tersebut, full sintetik adalah produk paling efektif untuk menjaga kualitas mesin lebih awet. Oli ini juga membantu agar tarikan mesin kendaraan Anda terasa lebih halus.

③ Sesuaikan jenis kekentalan oli dengan kondisi medan saat berkendara

Sesuaikan jenis kekentalan oli dengan kondisi medan saat berkendara

Saat hendak memilih oli kendaraan, tak banyak orang memahami kode yang tertera dalam kemasan oli. Umumnya oli mobil memiliki kode SAE atau Society of Automotive Engineers. SAE merupakan kode untuk mengidentifikasi kekentalan oli.


Pada awalnya, nilai kekentalan dikenal dengan monograde yang cocok untuk kondisi suhu tertentu. Namun, seiring perkembangan teknologi, terciptalah tipe oli multigrade yang cocok untuk range suhu rendah dan tinggi.


Pada kemasan oli biasanya akan tertulis, misalnya, 5W-30 atau 0W-20. Huruf W tersebut merupakan singkatan dari kata winter. Angka sebelum W menunjukkan tingkat kekentalan oli pada suhu dingin. Sementara itu, angka setelah W menunjukkan tingkat kekentalan oli pada suhu panas.


Makin rendah angka sebelum W, maka makin optimal meski berada di daerah bersuhu rendah. Sebaliknya, makin tinggi angka setelah W, maka makin cocok oli tersebut digunakan pada suhu tinggi. Oli semacam ini direkomendasikan bagi Anda yang mengendarai sport car atau minivan.


Namun, ketika Anda berkendara di negara yang memiliki empat musim, pilihlah produk dengan spesifikasi oli lebih luas. Misalnya 0W-40 yang bisa digunakan pada musim dingin dan musim panas. Selain itu, gantilah oli Anda secara berkala sesuai jarak tempuh dan kondisi mesin agar performanya terjaga.

④ Periksa kode standar pada kemasan untuk mengetahui kualitas produk

Periksa kode standar pada kemasan untuk mengetahui kualitas produk

Setiap oli mesin mobil memiliki peringkat menurut standar tertentu. Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki preferensi khusus, memakai oli rekomendasi dari produsen kendaraan Anda sudah cukup. Menurut standar API yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute, terdapat berbagai jenis oli yang dikategorikan menurut level performanya. 


Untuk mesin berbahan bakar bensin, kategori yang digunakan diawali dengan kode S, dimulai dari SA, SB, dan SC. Kini ada juga oli dengan kode SN. Di samping itu, untuk kendaraan bermesin diesel, CF-4 adalah grade tertinggi. 


Jika Anda menginginkan oli ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar, di samping API, pilihlah oli standar ILSAC. ILSAC GF-5 adalah kualitas tertinggi saat ini.


Selain standar API dan ILSAC, ada juga JASO (Japanese Automotive Standards Organization) yang mengategorikan oli kendaraan diesel. Misalnya, kodel DL-1 digunakan untuk kendaraan penumpang dan DH-1/2 digunakan untuk kendaraan lebih berat, seperti bus atau truk.

⑤ Ketahui risiko penggunaan oli yang telah teroksidasi

Ketahui risiko penggunaan oli yang telah teroksidasi

Oli mesin mudah teroksidasi dan menyusut ketika kemasannya dibuka. Oleh karena itu, Anda harus menutup kemasannya sampai tertutup rapat. Pada dasarnya, oksidasi terjadi bila air bercampur dengan oli yang berfungsi sebagai pelumas komponen dalam mesin. Air, debu, dan oksigen menjadi faktor yang memengaruhi performa mesin karena dapat menyebabkan oksidasi pada oli mesin.


Oksidasi oli mobil yang disebabkan oleh oksigen dapat mengubah oli menjadi kental dan menimbulkan endapan. Sementara itu, oksidasi yang disebabkan oleh air menyebabkan oli yang bening berubah menjadi putih susu. Terjadinya oksidasi tersebut akan memengaruhi tenaga yang dihasilkan dan mesin pun bisa mengalami kerusakan.

10 Rekomendasi oli mesin terbaik untuk mobil

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk oli mesin terbaik untuk mobil yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ayi Adiana.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Shell

Helix HX6 10W-40

Shell  Helix  HX6 10W-40 1枚目

Dengan Active Cleansing Technology, menjaga mesin tetap bersih

2

Pertamina Lubricants

Fastron Techno 10W-40

Pertamina Lubricants  Fastron Techno 10W-40 1枚目

Produk lokal yang mampu menjaga mesin dengan maksimal

3

idemitsu

SM/CF 10W-30

idemitsu SM/CF 10W-30 1枚目

Pertahankan kinerja mesin optimal meski dalam keadaan dingin

4

STP

SMO 10W-40

STP  SMO 10W-40 1枚目

Pilihan tepat untuk mobil yang digunakan di daerah iklim tropis

5

Castrol

Magnatec 10W-40

Castrol  Magnatec 10W-40 1枚目

Lindungi keausan mesin 50% lebih baik berkat Dualock Technology

6

TotalEnergies

Quartz 9000 5W-40

TotalEnergies Quartz 9000 5W-40 1枚目

Tahan terhadap oksidasi sehingga interval penggantian oli lebih lama

7

Castrol

GTX Diesel 15W-40

Castrol GTX Diesel 15W-40 1枚目

Bersihkan mesin dari endapan lama dan cegah pembentukan endapan baru

8

Evalube

Helios Super 10W-40

Evalube  Helios Super 10W-40 1枚目

Memiliki kekentalan ganda yang menjaga suhu mesin tetap stabil

9

Daihatsu

Genuine Oil 0W-16

Daihatsu  Genuine Oil 0W-16 1枚目

Dibuat dengan formulasi seimbang, jadikan hemat bahan bakar

10

Repsol

Elite Injection 10W-40

Repsol Elite Injection 10W-40 1枚目

Oli pelumas yang cocok untuk mesin mobil modern

Perincian produk
Close
No.1

Shell Helix HX6 10W-40

Mulai dari Rp82.618,00

Dengan Active Cleansing Technology, menjaga mesin tetap bersih

Kelebihan:

  • Dengan Active Cleansing Technology yang dapat memberikan perlindungan mesin dari keausan
  • Membantu memperpanjang usia mesin
  • Cocok digunakan untuk mesin dengan bahan bakar bensin dan diesel

Kekurangan:

  • Lebih cocok digunakan untuk mobil yang usia mesinnya 5–15 tahun

Shell merilis oli mesin mobil yang dibuat dengan Active Cleansing Technology. Dengan teknologi tersebut, mesin akan terjaga tetap bersih sehingga mesin bekerja lebih efisien. Mesin mobil juga akan lebih tahan lama karena oli akan memberikan perlindungan dari keausan. Hal itu akan memperpanjang umur mesin.


Oli mesin mobil yang dibuat dengan dari bahan dasar semi-sintetik ini tergolong multifuel. Artinya, oli ini cocok untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin atau diesel. Dengan demikian, oli ini cocok untuk Anda yang ingin merawat mesin oli mobil.

No.2

Pertamina Lubricants Fastron Techno 10W-40

Mulai dari Rp49.000,00

Produk lokal yang mampu menjaga mesin dengan maksimal

Kelebihan:

  • Menjadikan mesin lebih tahan lama
  • Dengan teknologi nano guard sehingga memberikan perlindungan maksimal pada mesin

Kekurangan:

  • Penggunaan oli hanya terbatas pada SUV, MPV, sedan, dan hatchback

Pertamina dikenal sebagai perusahaan milik negara yang memproduksi bahan bakar minyak. Di samping itu, Pertamina juga mengeluarkan produk oli mesin yang telah diakui dunia. Dengan kandungan nano guard, oli dari Pertamina ini mampu melindungi setiap sudut mesin sehingga dapat bekerja dengan optimal.


Oli dengan nama Fastron Techno cocok untuk Anda yang mencari produk lokal berkualitas premium. Anda bisa menggunakannya jika memiliki mobil dengan mesin SUV atau MPV. Mobil jenis sedan dan hatchback juga bisa menggunakan oli jenis ini.

No.3

Pertahankan kinerja mesin optimal meski dalam keadaan dingin

Kelebihan:

  • Memiliki tingkat fluiditas tinggi pada suhu rendah sehingga mesin tetap bekerja optimal dalam keadaan dingin
  • Memperpanjang umur mesin dan mengurangi keausan

Kekurangan:

  • Oli lebih disarankan untuk mobil keluaran Jepang, seperti merek Toyota, Honda, dan Nissan

Oli idemitsu yang satu ini memiliki fluiditas tinggi pada suhu rendah. Hal ini berdampak pada kinerja mesin yang optimal meski dalam keadaan dingin. Oleh karena itu, bagi Anda yang tinggal di daerah bersuhu dingin bisa menggunakan oli mesin yang satu ini.


Oli yang diformulasikan di Jepang ini juga akan melindungi mesin pada saat suhu tinggi. Produk dengan pilihan kemasan 1 liter dan 4 liter ini juga akan memperpanjang usia mesin dengan mengurangi keausan.

No.4

Pilihan tepat untuk mobil yang digunakan di daerah iklim tropis

Kelebihan:

  • Memiliki kekentalan yang stabil sehingga dapat melumasi dengan sempurna
  • Menjadikan tarikan mesin selalu ringan dan mulus di segala medan
  • Mencegah oksidasi

Kekurangan:

  • Lebih banyak dijual dalam bentuk paketan dengan Engine Flush sehingga harga lebih mahal

Indonesia termasuk negara yang beriklim tropis. Hal tersebut berpengaruh terhadap berbagai hal termasuk dalam memilih oli mobil. STP mengeluarkan produk oli mobil yang sangat tepat digunakan di daerah iklim tropis karena tahan panas. Oli ini juga memiliki kekentalan yang stabil sehingga dapat melumasi dengan lebih sempurna.


Anda yang ingin mencegah terjadinya oksidasi dan pembentukan deposit pada mesin mobil bisa memakai oli ini. Pasalnya, oli ini mencegah terbentuknya lumpur, tar, dan varnish pada mesin. Mesin juga akan lebih mudah dinyalakan dalam segala kondisi dan medan.

No.5

Castrol Magnatec 10W-40

Mulai dari Rp105.000,00

Lindungi keausan mesin 50% lebih baik berkat Dualock Technology

Kelebihan:

  • Dengan molekul pintar yang menempel seperti magnet yang memberikan lapisan perlindungan ekstra pada mesin
  • Dengan Dualock Technology yang mampu melindungi mesin 50% lebih baik dari keausan
  • Melindungi mesin nonstop sejak dihidupkan

Kekurangan:

  • Hanya cocok digunakan untuk mobil dengan bahan bakar bensin dengan tahun produksi hingga 2010

Anda memiliki mobil berbahan bakar bensin dengan tahun produksi tidak lebih dari 2010? Jika iya, cobalah menggunakan oli mesin dari Castrol yang satu ini. Oli ini dibuat dengan Dualock Technology yang mampu memberikan perlindungan 50% lebih baik terhadap keausan mesin. 


Oli ini juga dibuat dengan molekul pintar yang dapat menempel seperti magnet. Molekul tersebut akan memberikan perlindungan ekstra pada mesin mobil. Mesin akan dilindungi secara nonstop sejak pertama kali dihidupkan.

No.6

Tahan terhadap oksidasi sehingga interval penggantian oli lebih lama

Kelebihan:

  • Memiliki ketahanan oksidasi yang baik sehingga interval penggantian oli lebih lama
  • Mudah mengalir sehingga mengurangi gesekan
  • Membantu penghematan bahan bakar dan mengurangi emisi karbon dioksida

Kekurangan:

  • Oli hanya disarankan untuk kendaraan yang tidak dilengkapi diesel particulate filter

Anda tidak ingin mengganti oli dalam kurun waktu yang singkat? Kami sarankan Anda menggunakan oli mesin dari TotalEnergies. Produk ini tahan terhadap oksidasi sehingga interval penggantian oli lebih lama. Selain itu, oli ini mudah mengalir sehingga dapat mengurangi gesekan. Oli ini juga membantu penghematan bahan bakar sekaligus mengurangi emisi karbon dioksida.

No.7

CastrolGTX Diesel 15W-40

Mulai dari Rp58.000,00

Bersihkan mesin dari endapan lama dan cegah pembentukan endapan baru

Kelebihan:

  • Dengan formula double action, oli mampu membersihkan endapan lama dan mencegah terbentuknya endapan baru di mesin
  • Memperpanjang umur mesin 

Kekurangan:

  • Hanya dapat digunakan untuk mesin mobil diesel

Castrol GTX Diesel 15W-40 dibuat dengan formula double action. Alhasil, dengan menggunakan oli ini, endapan lama pada mesin mobil akan dibersihkan. Di samping itu, oli ini akan mencegah pembentukan endapan baru di mesin. Oli mesin ini cocok digunakan bagi Anda pemilik mesin mobil diesel yang ingin umur mesin makin lama.

No.8

Memiliki kekentalan ganda yang menjaga suhu mesin tetap stabil

Kelebihan:

  • Memiliki kekentalan ganda yang menjadikan suhu mesin lebih stabil
  • Memperkecil terbentuknya deposit
  • Menjaga kebersihan mesin sehingga dapat beroperasi maksimal

Kekurangan:

  • Lebih disarankan untuk mesin yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi serta berteknologi terbaru

Evalube merilis Helios Super 10W-40 yang dibuat dengan Technology Veltec. Oli ini dibuat dengan campuran base oil synthetic, mineral, dan aditif berkualitas tinggi. Alhasil, oli memiliki kekentalan ganda yang dapat menjaga suhu mesin tetap stabil.


Bagi Anda yang tidak ingin mesin mudah kotor bisa memilih produk yang satu ini. Oli ini juga akan memperkecil terbentuknya deposit serta terjadinya emisi gas. Dengan kata lain, oli ini termasuk ramah lingkungan.

No.9

Daihatsu Genuine Oil 0W-16

Mulai dari Rp193.000,00

Dibuat dengan formulasi seimbang, jadikan hemat bahan bakar

Kelebihan:

  • Cool Max Technology memberikan perlindungan menyeluruh dari keausan sejak awal digunakan
  • Memiliki formulasi seimbang untuk mendukung konsumsi bahan bakar dan akselerasi yang lebih baik
  • Menggunakan teknologi aditif terkini sehingga cocok untuk mesin modern

Kekurangan:

  • Hanya direkomendasikan untuk mobil keluaran Daihatsu

Harga bahan bakar yang baru-baru ini naik tentu membuat Anda ingin berhemat, bukan? Kami sarankan Anda untuk memilih oli dari Daihatsu. Produk ini diformulasikan dengan seimbang sehingga mampu menghemat penggunaan bahan bakar. Di samping itu, penggunaan oli ini juga akan meningkatkan akselerasi pada mobil.


Oli yang dibuat dengan Cool Max Technology ini juga akan memberikan perlindungan menyeluruh sejak awal digunakan. Kemudian, adanya teknologi aditif terkini membuat oli ini cocok untuk mesin modern yang dilengkapi dengan After Treatment Device.

No.10

RepsolElite Injection 10W-40

Mulai dari Rp80.000,00

Oli pelumas yang cocok untuk mesin mobil modern

Kelebihan:

  • Memiliki stabilitas termal sehingga mengoptimalkan periode pergantian oli
  • Memiliki viskositas yang rendah dan fluiditas tinggi sehingga mesin terlindungi dengan maksimal

Kekurangan:

  • Lebih disarankan untuk mesin mobil modern dengan aktivitas tinggi

Repsol Elite Injection ditujukan untuk Anda yang memiliki mobil bermesin modern dengan beraktivitas tinggi. Oli ini disarankan oleh perusahaan mobil seperti Mercedes dan VW. Formulanya mampu melindungi mesin dari karat dan aus, serta membuat pemakaiannya lebih tahan lama. Kebersihan mesin pun akan tetap terjaga. Rasakan mesin mobil yang halus sejak dinyalakan dari pertama!

Pertanyaan umum seputar oli mesin untuk mobil

Pertanyaan umum seputar oli mesin untuk mobil

Selain membahas mengenai cara memilih dan merekomendasikan produk, kami juga mengumpulkan beberapa pertanyaan populer oli mesin mobil. Yuk, cari tahu jawabannya bersama di sini!!

Oli Mesran cocok untuk mobil apa saja?

Produk oli Mesran Super SAE 20W-50 cocok dipakai untuk mesin mobil yang diproduksi sekitar 1990-an. Mesin kendaraan tersebut perlu pelumas dengan kualifikasi kinerja tinggi. Produk ini juga bisa dipakai untuk sistem transmisi motor 2 tak.

Kapan oli mesin mobil harus diganti?

Anda dapat mengganti oli mesin mobil berjenis full sintetik setelah mencapai jarak 10.000 km. Jarak tersebut umumnya berlaku setelah pemakaian selama enam bulan. Apabila oli mesin mengandung mineral, Anda perlu menggantinya setelah pemakaian 5.000 km. Sementara itu, oli mesin mobil matic dapat diganti dalam rentang waktu 4–6 bulan setelah pemakaian.


Selain jarak tempuh dan waktu pemakaian, frekuensi penggunaan mobil untuk membawa beban berat juga menjadi patokan penggantian oli mesin. Jika mobil sering dipakai untuk aktivitas tersebut, sebaiknya Anda sering mengecek dipstick oli untuk memastikan kualitas dan kuantitas oli. Hal ini karena oli lebih cepat menguap dan mengental pada mobil yang kerap digunakan untuk mengangkut beban berat.

Apa ciri-ciri oli mesin mobil perlu diganti?

Anda beberapa ciri yang mengindikasikan Anda perlu segera mengganti oli mesin mobil. Misalnya, suara mesin berisik atau terdengar ketukan, oli kotor, dan tercium bau oli di dalam mobil.


Setelah menempuh jarak 10.000 km atau asap knalpot berwarna kehitaman, Anda juga perlu mengganti oli mesin mobil. Selain itu, Anda bisa melihat dari dipstick oli di bagian blok mesin. Jika warna oli sudah mulai menghitam dan mengental, berarti oli mesin mobil Anda perlu diganti.

Baca juga rekomendasi perawatan mobil lainnya di sini

Selain oli mesin mobil, kami juga memiliki artikel mengenai oli motor, pelumas untuk rantai sepeda dan motor. Bila tertarik, silakan buka link di bawah ini agar Anda mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Kesimpulan

Pada artikel ini kami telah merekomendasikan oli mobil yang bagus, baik oli mesin mobil bensin maupun diesel. Dengan berbagai jenis kekentalan, bahan dasar oli, dan kelebihan masing-masing, pilihlah oli sesuai kebutuhan mesin mobil Anda. Jangan lupa untuk selalu mengganti oli secara teratur agar mesin mobil Anda lebih awet dan tahan lama. Happy driving!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer