• 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020)

Oli mesin sangatlah penting untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, ternyata banyak sekali jenis oli mesin di pasaran. Manakah oli yang tepat untuk mobil Anda?


Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mesin terbaik, seperti Shell, Castrol, atau Pertamina, serta menjelaskan bagaimana cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Jadi, jangan lewatkan dan simak baik-baik artikel di bawah ini!

  • Pembaharuan terakhir: 02 Desember 2019
  • 23.958 Views
Daftar isi

Cara memilih oli mesin mobil

Oli mesin harus dipilih dengan pertimbangan yang matang akan segala kondisi kendaraan Anda. Perhatikan poin-poin di bawah ini untuk menentukan pilihan!

Pilih standar oli tergantung model mesin

Pilih standar oli tergantung model mesin

Sebenarnya, oli mesin yang paling baik dan aman untuk sebuah mobil adalah oli mesin asli yang sudah disiapkan oleh produsen mobil tersebut. Sayangnya, harga oli mesin asli terkadang lebih mahal dibandingkan merek biasa. Selain itu, ada juga beberapa orang yang memilih oli sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mobilnya. Dengan kata lain, oli biasa dari merek pabrik mana pun tetap bisa digunakan asalkan sesuai dengan keperluan pemilik kendaraan.


Untuk mengetahui standar yang tepat, Anda bisa melihatnya di buku petunjuk kendaraan, mencarinya di internet, atau bahkan bertanya di toko aksesori mobil. Setiap produsen kendaraan pasti sudah merekomendasikan spesifikasi oli mesin yang sesuai untuk kendaraannya masing-masing.

Tentukan pilihan berdasarkan tiga jenis bahan dasar oli

Ada tiga jenis bahan dasar oli yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih oli mesin, yaitu oli mineral, oli semi-sintetik, dan oli full sintetik. Pahamilah fitur dari ketiganya dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Oli mineral cukup untuk kendaraan dengan mobilitas rendah

Oli mineral adalah oli yang tepat untuk kendaraan dengan jarak pendek. Misalnya, untuk mobil yang hanya dipakai pada weekend saja atau mobil biasa yang digunakan sehari-hari. Oli jenis ini juga sering disebut sebagai oli standar. Namun, saat ini juga sudah diproduksi oli mineral dengan level VI (Viscosity Index) atau kadar kekentalan yang tinggi. Oli mineral semacam ini akan mendukung performa mesin yang lebih baik. 


Dari ketiga jenis bahan dasar oli, yang memiliki harga paling ramah di kantong adalah oli mineral. Sayangnya, oli ini mudah menguap dan menurun kualitasnya sehingga Anda harus menggantinya lebih sering.

Jika ingin kendaraan Anda berlari lebih kencang, gunakan oli semi-sintetik

Oli sintetik campuran direkomendasikan bagi Anda yang mengendarai mobil sedikit lebih berat dibandingkan kebutuhan biasa. Sebagai contoh, Anda harus menempuh jarak yang panjang setiap harinya atau melewati jalan tol. Oli ini merupakan campuran dari oli mineral dengan oli sintetik yang lebih sering disebut sebagai oli semi-sintetik.


Oli semi-sintetik memiliki kualitas menengah dibandingkan dua jenis oli lainnya. Selain itu, oli ini banyak diminati karena memiliki harga serta performa yang seimbang. Jika ingin mesin kendaraan yang lebih awet, Anda bisa memilih oli semi-sintetik dibandingkan oli mineral.

Untuk pengguna kendaraan berperforma tinggi, gunakan oli full sintetik

Jika Anda menyayangi kendaraan Anda dan tidak mengkhawatirkan biaya, pilihlah oli full sintetik! Jenis ini merupakan oli berkualitas tinggi yang sering digunakan untuk mobil balap.


Di antara ketiga jenis oli yang ada, oli full sintetik adalah yang paling efektif untuk menjaga kualitas mesin lebih awet. Oli ini juga membantu agar tarikan mesin kendaraan Anda terasa lebih halus.

Pilihlah jenis kekentalan oli sesuai kondisi medan menyetir

Pilihlah jenis kekentalan oli sesuai kondisi medan menyetir

Untuk mengetahui tingkat kekentalan oli, Anda dapat memperhatikan notasi yang tertera di kaleng kemasan seperti misalnya 5W-30 atau 0W-20. Angka yang tertera sebelum huruf W menunjukkan tingkat kekentalan oli dan temperatur. Makin rendah angka yang ada di samping W, menunjukkan jika oli tersebut dapat bekerja optimal meski berada di daerah bersuhu rendah. Dengan begitu, mesin mampu bekerja lebih efisien dan hemat bahan bakar.


Di samping itu, dua angka yang terdapat di belakang tanda penghubung menunjukkan kekentalan oli pada temperatur yang tinggi. Makin tinggi angkanya, makin cocok oli tersebut digunakan di lingkungan bercuaca panas dan tetap kuat meski dalam temperatur tinggi sekalipun. Oli ini juga direkomendasikan bagi Anda yang mengendarai sport car atau minivan.


Akan tetapi, ketika Anda berkendara di negara yang memiliki empat musim, pilihlah produk dengan spesifikasi oli yang lebih luas seperti 0W-40 yang bisa digunakan pada musim dingin dan musim panas. Selain itu, gantilah oli Anda secara berkala sesuai dengan jarak tempuh dan kondisi mesin agar performanya terjaga lebih baik. Intinya, yang terbaik adalah memilih oli yang sesuai dengan kriteria mesin kendaraan Anda.

Jika Anda mementingkan kualitas, perhatikan kode standar di kemasannya

Jika Anda mementingkan kualitas, perhatikan kode standar di kemasannya

Setiap oli mesin memiliki peringkat menurut standar tertentu. Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki preferensi khusus, memakai oli rekomendasi dari produsen kendaraan Anda sudahlah cukup.


Menurut standar API yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute, terdapat berbagai jenis oli yang dikategorikan menurut level performanya. Untuk mesin berbahan bakar bensin, kategori yang digunakan diawali dengan kode S, dimulai dari SA, SB, SC hingga yang terkini adalah SN. Di samping itu, untuk kendaraan bermesin diesel, CF-4 adalah grade tertinggi. Jika Anda menginginkan oli ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar, di samping API, Anda bisa menggunakan oli standar ILSAC. ILSAC GF-5 adalah kualitas tertinggi saat ini.


Bicara soal standar selain API dan ILSAC, ada juga JASO (Japanese Automotive Standards Organization) yang mengategorikan oli kendaraan diesel dengan kode DL-1 untuk kendaraan penumpang dan kode DH-1/2 untuk kendaraan yang lebih berat seperti bus atau truk.

Cek tanggal kedaluwarsa dan pilih ukuran oli berdasarkan kebutuhan

Cek tanggal kedaluwarsa dan pilih ukuran oli berdasarkan kebutuhan

Karena oli mesin mudah teroksidasi dan menyusut ketika kemasannya dibuka, penyimpanannya harus dalam keadaan tertutup rapat. Selain itu, Anda juga bisa membeli ukuran yang sesuai kebutuhan saja. Ada ukuran yang cukup untuk sekali pakai seperti kemasan ukuran 4 L dan ada juga kemasan besar sampai 20 L yang bisa digunakan untuk beberapa kali pergantian oli. Yang harus Anda ingat adalah sisa oli yang tidak terpakai bisa terbuang sia-sia, terlebih jika penyimpanannya kurang baik.


Ketika ingin membeli oli berukuran besar, Anda harus mempertimbangkan tanggal kedaluwarsa. Jika tanggal kedaluwarsa masih panjang, Anda boleh membeli oli berukuran besar. Seandainya tidak ada tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasan produk, sebaiknya Anda membeli ukuran yang kira-kira bisa habis dalam waktu dua tahun.

10 Rekomendasi oli mesin terbaik untuk mobil

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh oli mesin terbaik untuk Anda. Pilihlah oli yang tepat untuk mobil Anda sesuai poin-poin cara memilih yang sudah kami jelaskan. Beberapa produk di bawah ini juga tersedia dalam kapasitas yang berbeda-beda.

10
Bahan dasarSemi-sintetik
Standar kualitasAPI SN
Kekentalan10W-40
Kapasitas1 liter
9
Bahan dasarFull sintetik
Standar kualitasAPI SN, SM, SL, SJ
Kekentalan5W-50
Kapasitas4 liter
8
Bahan dasarFull sintetik
Standar kualitasAPI SN
Kekentalan5W-40
Kapasitas1 liter
7
Bahan dasarSemi-sintetik
Standar kualitasAPI SM, SL, SJ, CF
Kekentalan10W-40
Kapasitas946 ml
6
Bahan dasarOli mineral
Standar kualitasAPI CH-4
Kekentalan15W-40
Kapasitas1 liter
5
Bahan dasarOli mineral
Standar kualitasAPI SL, CF
Kekentalan20W-50
Kapasitas4 liter
4
Bahan dasarFull sintetik
Standar kualitasAPI SN
Kekentalan10W-40
Kapasitas4 liter
3
Bahan dasarFull sintetik
Standar kualitasAPI SN , ILSAC GF-5
Kekentalan10W-30
Kapasitas4 liter
2
Bahan dasarFull sintetik
Standar kualitasAPI SL, CF
Kekentalan10W-40
Kapasitas1 liter
1
Bahan dasarFull sintetik
Standar kualitasAPI SN, CF
Kekentalan5W-40
Kapasitas1 liter

Tabel perbandingan produk oli mesin terbaik untuk mobil

Gambar produk
1
Shell Helix Ultra 5W-40 1

Shell

2
Repsol Elite Injection 10W-40 1

Repsol

3
Castrol  Magnatec Stop-Start 10W-30 1

Castrol

4
Pertamina  Fastron Techno SAE 10W-40 1

Pertamina

5
Shell  Helix HX3 20W-50 1

Shell

6
Castrol  GTX Diesel 15W-40 1

Castrol

7
Lucas  Semi-Synthetic 10W-40 1

Lucas

8
Total  Quartz 9000 SN 5W-40 1

Total

9
Mobil 1  FS X2 5W-50 1

Mobil 1

10
Top 1  HP Sport SAE 10W-40 API SN 1

Top 1

Nama produk

Helix Ultra 5W-40

Elite Injection 10W-40

Magnatec Stop-Start 10W-30

Fastron Techno SAE 10W-40

Helix HX3 20W-50

GTX Diesel 15W-40

Semi-Synthetic 10W-40

Quartz 9000 SN 5W-40

FS X2 5W-50

HP Sport SAE 10W-40 API SN

Keunggulan

Menjaga mesin mobil Anda seperti baru keluar dari pabrik!

Oli pelumas untuk mesin mobil modern

Oli terbaik bagi Anda yang sering menghadapi kemacetan!

Produk lokal terfavorit yang maksimal melindungi mesin Anda

Mobil tua Anda akan tangguh kembali seperti mobil baru

Pilihan tepat bagi mobil bermesin diesel

Pelumas yang dapat mengurangi suara bising mobil Anda

Membuat mesin mobil lebih awet dan tahan lama

Rekomendasi untuk para pencinta extreme sport

Mampu bersihkan mesin hingga celah terkecil!

HargaRp 123.000,00Rp 89.000,00Rp 290.000,00Rp 249.500,00Rp 126.900,00Rp 75.000,00Rp 718.300,00Rp 110.000,00Rp 763.200,00Rp 95.000,00
Bahan dasarFull sintetikFull sintetikFull sintetikFull sintetikOli mineralOli mineralSemi-sintetikFull sintetikFull sintetikSemi-sintetik
Standar kualitasAPI SN, CFAPI SL, CFAPI SN , ILSAC GF-5API SNAPI SL, CFAPI CH-4API SM, SL, SJ, CFAPI SNAPI SN, SM, SL, SJAPI SN
Kekentalan5W-4010W-4010W-3010W-4020W-5015W-4010W-405W-405W-5010W-40
Kapasitas1 liter1 liter4 liter4 liter4 liter1 liter946 ml1 liter4 liter1 liter
Tautan produk

Apa pedoman yang digunakan untuk mengganti oli mesin?

Apa pedoman yang digunakan untuk mengganti oli mesin?

Jika Anda berkendara dengan pemakaian standar, proses ganti oli mesin dapat dilakukan saat kendaraan telah melaju sekitar 3.000 km hingga 5.000 km. Akan tetapi, oli mesin yang memiliki tingkat kekentalan yang rendah umumnya lebih cepat berkurang. Jika Anda menggunakan oli yang kekentalannya rendah dan untuk menekan konsumsi bahan bakar untuk eco-cars dan mobil hybrid, gantilah oli mesin Anda lebih cepat.


Jika memungkinkan, alangkah baiknya jika Anda memeriksa warna oli secara berkala dan sebanyak apa oli kendaraan sudah berkurang. Gantilah oli kendaraan Anda sesuai dengan kondisinya. Untuk menjaga agar mesin kendaraan tetap baik dalam jangka waktu yang panjang, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan waktu. Jika oli mesin selalu diganti tepat waktu, kendaraan Anda pasti lebih bertahan lama.

Baca juga rekomendasi oli motor di sini!

Selain oli mobil, kami juga telah merekomendasikan oli motor terbaik untuk Anda. Silakan membacanya lebih lengkap dari artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Di artikel kali ini, kami telah memberikan rekomendasi oli mesin terbaik untuk mobil Anda baik bagi mesin bensin maupun diesel. Dengan berbagai jenis kekentalan, dan kelebihan masing-masing oli, tentukan oli sesuai kebutuhan mesin mobil Anda. Jangan lupa untuk mengingat tips dari kami untuk menentukan cara memilih oli mobil yang tepat, supaya mesin mobil Anda lebih awet dan tahan lama.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fungsi oli sangatlah penting bagi motor. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi gesekan, pendingin, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Namun, masih banyak yang kebingungan dalam memilih oli yang tepat untuk motor. Apakah Anda termasuk salah satunya? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang baik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan oli dari berbagai merek terkenal, seperti Yamalube, Shell, maupun Enduro. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    83.991 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengendara sepeda motor tidak memandang usia dan jenis kelamin. Saat mengendarai motor, peran helm sangat penting supaya kita bisa berkendara dengan aman. Helm juga melindungi kepala kita dari benturan dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.Beragam produsen helm seperti NHK, GM, Shoei, ZEUS, dan INK mengeluarkan helm terbaik dan juga stylish. Di artikel ini, kami akan membagikan informasi untuk Anda tentang cara memilih helm yang tepat, berikut rekomendasi sepuluh produk terbaiknya!
    Mobil & motor
    66.232 Views
  • 10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Goresan pada mobil dapat terjadi karena benturan, gesekan, atau akibat batu dan pasir yang terlempar mengenai mobil. Untungnya, ada produk penghilang goresan mobil untuk mengatasi hal tersebut. Namun, ada begitu banyak produk berkualitas di pasaran seperti merek Mothers, Meguiar's, dan Turtle Wax. Mungkin Anda jadi sedikit bingung menentukan pilihan, bukan?Untuk itu, kami akan merekomendasikan beberapa produk penghilang goresan mobil berjenis compound, wax, serta touch pen. Sebelumnya, simak cara memilih penghilang goresan mobil agar Anda bisa mendapatkan produk yang paling sesuai. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    50.311 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Dengan adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana, pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, Kenwood dan lainnya. Mari temukan speaker mobil yang pas untuk menemani Anda berkendara!
    Mobil & motor
    6.990 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Berbagai produk pengharum mobil seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    31.111 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    Tempat sampah mobil menjadi salah satu aksesoris mobil yang diperlukan untuk menjaga kebersihan mobil. Anda dapat menemukan berbagai produk dengan model gantung, model yang diletakkan di lantai, bahkan model inovatif lainnya. Di samping model yang unik, ada pula tempat sampah yang dilengkapi fitur berguna lainnya.Kali ini, kami akan membantu Anda dalam memilih tempat sampah yang tepat untuk mobil Anda. Kami pun akan menyertakan ulasan sepuluh produk tempat sampah yang telah kami pilih berdasar fungsi dan harganya. Agar Anda tidak salah pilih, baca selengkapnya artikel ini, ya!
    Mobil & motor
    1.748 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori