• 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2022)

Bermain sepatu roda dapat membuat Anda meluncur bebas. Kini, kegiatan tersebut makin digandrungi banyak kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Di pasaran, terdapat banyak sekali jenis sepatu roda yang bagus, mulai dari merek Flying Eagle, Cougar, hingga LYNX. Kira-kira, manakah yang terbaik?


Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan rekomendasi sepatu roda terbaik yang telah kami pilih berdasarkan harga, kenyamanan, dan kemudahan cara pakai. Panduan memilih sepatu roda juga akan dijabarkan dengan detail sehingga pemula pun dapat menemukan produk yang sesuai. Mari temukan sepatu roda yang cocok untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih sepatu roda untuk dewasa dan anak-anak

Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu roda yang tepat terlebih dahulu. Cara memilih berikut ini penting untuk Anda jadikan panduan sebelum menentukan pilihan terbaik. Terutama jika Anda masih awam dan belum terlalu familiar dengan sepatu roda.

Ketahui tipe sepatu roda berdasarkan fitur dan karakteristiknya

Terdapat tiga tipe sepatu roda yang mudah dijumpai, yaitu inline skate, quad skate, dan roller shoes. Setiap tipenya memiliki karakter spesial yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas perbedaan setiap tipe, lengkap dengan fiturnya masing-masing.

Inline skate: Sepatu roda dengan variasi terbanyak

Inline skate: Sepatu roda dengan variasi terbanyak

Inline skate merupakan sepatu roda yang keempat rodanya disusun secara lurus, dari depan ke belakang. Hal tersebut membuat sepatu roda tidak dapat berdiri tegak dan sulit diseimbangkan.


Akan tetapi, inline skate memungkinkan Anda untuk memiliki banyak variasi gerakan. Jenisnya pun beragam, ada fitness inline skate, aggressive inline skate, freestyle inline skate, dan racing inline skate.


Banyak orang yang mengenal inline skate sebagai roller blade. Namun sebenarnya, roller blade adalah nama merek sepatu roda yang sangat terkenal, termasuk di Indonesia. Karena itu, istilah roller blade kemudian menjadi makin populer.

Quad skate (quad roller): Memiliki keseimbangan yang baik dan lebih mudah dipakai untuk pemula

Quad skate (quad roller): Memiliki keseimbangan yang baik dan lebih mudah dipakai untuk pemula

Quad skate adalah sepatu roda yang rodanya diletakkan di empat sudut. Bisa dikatakan bahwa tipe ini adalah yang terbaik bagi pemula karena dapat berdiri tegak dengan sendirinya. Quad skate juga direkomendasikan bagi Anda yang ingin menari menggunakan sepatu roda. Sayangnya, tipe ini tidak dapat melaju dengan cepat dan modelnya relatif terbatas.

Roller shoes, kombinasi sepatu sneakers dan sepatu roda

Roller shoes adalah kombinasi sepatu roda dengan sepatu sneakers. Rodanya terpasang di bagian tumit sol sepatu. Untuk meluncur, Anda cukup menekankan gravitasi tubuh ke bagian belakang sepatu. Banyak roller shoes yang rodanya dapat dilepas sehingga Anda bisa melepasnya jika sudah rusak. Setelah itu, Anda dapat menggunakan roller shoes sebagai sepatu sneakers biasa.


Tipe ini sangat menarik karena dapat digunakan untuk berseluncur kapan saja. Akan tetapi, perhatikanlah situasi tempat Anda akan menggunakan sepatu roda ini. Cukup banyak terjadi kasus orang-orang bertabrakan karena menggunakan roller shoes di tempat yang kurang sesuai. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya tidak memakai sepatu roda ini di tempat yang terlalu ramai.

Pilih material yang sesuai dengan penggunaan Anda

Berdasarkan jenis boots-nya, terdapat dua jenis sepatu roda, yaitu soft boots dan hard boots. Carilah material yang terasa paling nyaman dan cocok dengan tujuan penggunaan Anda.

Soft boots, nyaman dipakai

Soft boots, nyaman dipakai

Soft boots direkomendasikan bagi pemula dan Anda yang menginginkan produk yang mudah dipakai. Boots sepatu roda ini terbuat dari material yang lembut sehingga terasa nyaman saat dipakai, seperti sedang memakai sneakers. Sayangnya, pilihan sepatu roda dengan soft boots di marketplace Indonesia lebih sedikit jika dibandingkan hard boots.

Hard boots, mampu melindungi pergelangan kaki

Hard boots, mampu melindungi pergelangan kaki

Sementara itu, hard boots cocok digunakan untuk bermain ski, slalom, atau freestyle. Boots tipe ini menggunakan material yang keras seperti plastik sehingga dapat mengunci pergelangan kaki dengan pas. Namun, harganya relatif lebih mahal. Biasanya, sepatu roda yang menggunakan hard boots adalah tipe inline skate.

Pastikan pengunci sepatu rodanya mudah dikenakan oleh Anda

Ada dua jenis pengunci sepatu roda yang banyak digunakan, yaitu buckle dan tali. Keduanya sama-sama dapat mengunci sepatu dengan optimal. Perbedaannya ada pada cara pemakaiannya saja. Utuk itu, pilihlah yang paling mudah Anda gunakan.

Buckle, lebih mudah dipasang dan dilepas kembali oleh anak-anak

Buckle, lebih mudah dipasang dan dilepas kembali oleh anak-anak

Pengunci jenis buckle direkomendasikan bagi anak-anak karena mudah untuk dipakai dan dilepas. Selain tidak membutuhkan banyak waktu untuk memakainya, sepatu roda ini juga terasa lebih pas pada bagian pergelangan kaki. Ditambah lagi, Anda tak perlu khawatir tali sepatu akan terlepas dari ikatannya. Jadi, anak Anda dapat berseluncur dengan aman.

Untuk mendapat ukuran yang pas, pilih yang menggunakan tali sepatu

Untuk mendapat ukuran yang pas, pilih yang menggunakan tali sepatu

Tidak seperti buckle, sepatu roda dengan tali sepatu tentunya membutuhkan lebih banyak waktu untuk proses pemakaiannya. Selain itu, sepatu roda ini tidak terlalu terasa firm di bagian pergelangan kaki.


Namun, karena bisa dikencangkan dan diikat, sepatu roda ini bisa terasa sangat pas dan sesuai dengan kaki Anda. Oleh sebab itu, sepatu roda dengan tali sepatu ini disarankan apabila Anda membutuhkan produk yang pas di kaki.

10 Rekomendasi sepatu roda terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu roda terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

DecathlonOxelo Play 3 Kids Skate

Mulai dari Rp 390.000,00

TipeInline skate
Dewasa/anak-anakAnak-anak
PengunciBuckle
BootsHard
9
TipeRoller shoes
Dewasa/anak-anakAnak-anak
PengunciTali
BootsSoft (pendek)
8

Power SuperbSepatu Roda Inline Skate

Mulai dari Rp 148.000,00

TipeInline skate
Dewasa/anak-anakDewasa dan anak-anak
PengunciBuckle, tali, dan velcro
BootsSoft
7
TipeInline skate
Dewasa/anak-anakDewasa
PengunciBuckle
BootsHard (pendek)
6
TipeInline skate
Dewasa/anak-anakDewasa
PengunciBuckle dan tali
BootsHard
5
TipeInline skate
Dewasa/anak-anakDewasa
PengunciBuckle
BootsSoft
4
TipeInline skate
Dewasa/anak-anakDewasa
PengunciBuckle dan tali
BootsSoft
3

ImpalaQuad Skate Marawa Rose Gold

Mulai dari Rp 2.375.000,00

TipeQuad skate
Dewasa/anak-anakDewasa
PengunciTali
BootsSoft
2

Flying EagleFBS Fastblade Inline Skate

6001

Mulai dari Rp 1.300.000,00

TipeInline skate
Dewasa/anak-anakDewasa
PengunciBuckle dan tali
BootsHard
1

LabedaSlalom Inline Skate Black

237

Mulai dari Rp 550.000,00

TipeInline skate
Dewasa/anak-anakDewasa
PengunciBuckle
BootsHard

Pastikan Anda memilih ukuran yang sesuai

Pastikan Anda memilih ukuran yang sesuai

Pemilihan ukuran merupakan poin penting agar sepatu roda dapat digunakan dengan aman dan nyaman. Apabila Anda membeli secara langsung, Anda dapat memilih ukuran adalah dengan mencobanya. Namun, jika membeli secara online, Anda harus mengukur panjang kaki dulu dan menyesuaikan dengan size chart yang ada. Jika Anda merasa ragu, jangan sungkan untuk chat dengan seller.


Biasanya, orang tua akan memilih ukuran yang lebih besar bagi anaknya dengan alasan anak mereka akan cepat tumbuh. Hal tersebut mungkin tidak masalah untuk sepatu biasa. Namun, pada sepatu roda hal tersebut tidak berlaku. 


Sebaiknya pilih ukuran yang pas untuk anak Anda. Selain tidak nyaman, ukuran sepatu roda yang lebih besar dari telapak kaki cenderung membahayakan si kecil. Terutama saat mereka belum memiliki kontrol diri yang baik saat memakainya.

Cara memakai dan bermain sepatu roda

Memakai sepatu roda tidak segampang memakai sepatu biasa. Begitu juga cara memainkannya. Diperlukan latihan yang serius serta kepercayaan diri untuk dapat bersepatu roda dengan lancar. Apabila Anda masih pemula, ikutilah beberapa panduan berikut. Bahkan bila perlu, ajaklah seseorang yang lebih berpengalaman untuk melatih Anda.

Pakai sepatu beserta peralatan lengkapnya

Pakai sepatu beserta peralatan lengkapnya

Bagi pemula, bermain sepatu roda masih terasa sulit dan tidak stabil. Untuk memastikan keamanan, pakailah sepatu roda beserta pelindungnya dengan benar. Setelah itu, Anda baru akan benar-benar siap untuk meluncur.


  1. Gunakan helm atau pelindung lainnya. Untuk pemula, Anda sebaiknya menggunakan pelindung yang sudah terdiri dari satu paket, yaitu helm, pelindung lutut, dan pelindung siku. 
  2. Pasang roda tambahan bila perlu. Bagi para pemula, Anda dapat memasang roda tambahan untuk berlatih berdiri tegak dan berseluncur dengan lancar. Sepatu roda dengan roda tambahan juga direkomendasikan bagi anak-anak yang masih takut terjatuh atau sulit menyeimbangkan diri.

Mulailah berdiri dan melangkah perlahan

Mulailah berdiri dan melangkah perlahan

Setelah semuanya terpakai dengan benar, berusahalah untuk mulai berdiri. Jika Anda masih takut, boleh berpegangan pada benda yang kuat atau minta bantuan orang lain. Selanjutnya, perhatikan langkah-langkah berikut ini.


  1. Atur posisi tubuh dengan benar. Bukalah kaki selebar bahu. Setelah itu, tekuk sedikit lutut Anda sehingga posisi tubuh setengah jongkok. Jaga keseimbangan Anda, jangan sampai jatuh sebelum mulai berjalan.
  2. Melangkah perlahan seperti bebek. Tetap dengan posisi tubuh tadi, mulailah lagkahkan kaki satu per satu. Ambil langkah kecil ke kanan, ke kiri, dan seterusnya. Pastikan Anda menyadari setiap langkahnya dan tak perlu tergesa-gesa.
  3. Setelah lancar berjalan, mulailah belajar meluncur. Caranya dengan memperlebar langkah Anda dan biarkan tubuh mengikuti laju sepatu roda. Rasakan ayunannya kemudian ambil langkah selanjutnya dengan kaki yang bergantian.
  4. Jangan lupa untuk belajar berhenti. Setelah belajar berjalan dan meluncur, pelajari juga cara berhenti yang benar. Caranya adalah meluncurlah dengan memosisikan sepatu sejajar antara kanan dan kiri. Setelah itu, letakkan salah satunya sedikit di depan kaki lainnya, lalu tekan bagian tumit. Makin keras Anda menekan tumit, makin lekas juga Anda berhenti.

Kapan sebaiknya anak diizinkan bermain sepatu roda?

Kapan sebaiknya anak diizinkan bermain sepatu roda?

Seorang anak dapat bermain sepatu roda saat sudah mampu menjaga keseimbangannya dengan baik. Dikutip dari situs SehatQ, mulai umur di atas 3 tahun mereka sudah bisa berlatih sepatu roda


Namun, untuk lebih amannya, Anda bisa mengajari anak bermain saat kemampuan motorik kasarnya mulai matang, yakni usia 5-6 tahun. Pastikan anak selalu memakai pelindung tubuh dan bermain di lokasi yang aman.

Baca juga rekomendasi alat untuk meluncur lainnya di sini

Meluncur di jalanan menggunakan sepatu roda memang sangat menyenangkan. Namun, selain sepatu roda, terdapat berbagai alat untuk meluncur lainnya, seperti skuter dan hoverboard. Kalau Anda penasaran dengan barang-barang tersebut, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah mengenalkan sepuluh sepatu roda terbaik hanya untuk Anda. Bagaimana tanggapan Anda? Sudahkah Anda mendapatkan sepasang sepatu roda yang bagus untuk Anda dan buah hati?


Dengan sepatu roda yang keren dan nyaman, tentu Anda dan anak Anda dapat meluncur dengan lebih percaya diri. Sebelum membeli, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor keamanannya, ya! Selamat bermain sepatu roda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini wireless earphone menjadi barang yang populer untuk digunakan saat berolahraga. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan ketika berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga.Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan earphone dengan bentuk telinga agar tidak mudah jatuh. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih earphone yang bagus untuk olahraga. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek populer, seperti Apple, Éggel, dan SoundPEATS. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaiknya.
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Topi baseball menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari, tetapi juga sebagai penunjang style. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik untuk perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Anda akan menemukan berbagai jenis topi baseball yang bagus, mulai dari merek branded hingga topi brand lokal. Salah satu merek topi baseball terkenal yang akan kami rekomendasikan adalah Ralph Lauren, Puma, dan EIGER. Penasaran dengan merek topi lainnya? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain pingpong adalah salah satu opsi untuk mencari keringat atau berekreasi. Akan tetapi, Anda tentu membutuhkan bola pingpong yang bagus agar permainan berjalan sesuai ekspektasi. Ada yang cocok untuk main santai hingga serius. Manakah yang harus Anda pilih?Bola pingpong atau bola tenis meja terbuat dari bahan plastik. Namun, tergantung pada merek dan harga, karakteristiknya berbeda-beda. Karena itu, kami akan memandu Anda memilih bola pingpong terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk untuk Anda. Ada Nittaku, DHS, dan lainnya. Bila Anda hobi pingpong atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasannya, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan banyak terlihat pengguna skuter listrik di perkotaan, baik di taman, trotoar, maupun di jalan raya. Skuter yang juga disebut skuter elektrik atau otoped listrik ini makin dilirik karena keren, canggih, dan nyaman dikendarai. Skuter listrik juga ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi seperti kendaraan bermotor. Jika Anda berencana membeli skuter listrik dalam waktu dekat, simaklah artikel ini hingga tuntas. Kami akan membagikan tips memilih skuter listrik yang bagus sekaligus merekomendasikan produk skuter listrik terbaik di pasaran. Produk merek Skutis, Segway, dan Xiaomi ada di antaranya. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Raket menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga badminton dan tenis. Salah satu komponen raket yang harus mendapatkan perawatan adalah bagian grip. Jika grip raket sudah rusak dan tidak nyaman saat digenggam, sebaiknya Anda segera menggantinya. Namun, bagaimana cara memilih grip raket yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih grip raket, baik untuk pemain pemula maupun atlet profesional. Produk dari merek grip raket terbaik, seperti Li-Ning, Adidas, Yonex akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Jadi, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pingpong atau tenis meja adalah olahraga lintas generasi yang bisa dimainkan secara serius ataupun fun. Selain bola, bet, dan net, elemen utama yang harus ada dalam permainan ini adalah meja pingpong. Kualitas meja pingpong yang bagus bisa menjadi jaminan keseruan permainan Anda.Merek meja pingpong, seperti DONIC, Powerspin, dan Cornilleau mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, bagaimana dengan merek lainnya? Di artikel ini kami akan memberikan tips membeli meja pingpong terbaik dan merekomendasikan produknya. Meja pingpong mini juga ada, lho!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Skateboard Grip Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skateboard Grip Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Grip tape merupakan bagian penting dari skateboard yang membuat alas kaki Anda bisa berpijak dengan kuat di atas skateboard. Saat ini, sudah banyak ukuran dan desain grip tape yang dijual di pasaran. Kira-kira, manakah grip tape yang paling cocok untuk skateboard Anda, ya? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan skateboard grip tape yang bagus untuk Anda. Beberapa rekomendasi yang akan kami ulas mencakup merek Jessup dan Grizzly. Ada juga berbagai desain grip tape, seperti yang transparan atau clear, bahkan bertema anime. Yuk, simak terus artikel ini. 
    Olahraga lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori