• 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2020)

Bermain sepatu roda dapat membuat Anda meluncur bebas. Kini, kegiatan tersebut makin digandrungi banyak kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Namun, terdapat banyak sekali jenis sepatu roda di pasaran, mulai dari merek Powerslide, Cougar, LYNX, dan lain-lain. Manakah yang terbaik?


Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan rekomendasi sepatu roda terbaik yang telah kami pilih berdasarkan harga, kenyamanan, dan kemudahan cara pakai. Panduan memilih sepatu roda juga akan dijabarkan dengan detail sehingga pemula pun dapat menemukan produk yang sesuai. Mari temukan sepatu roda yang cocok untuk Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 12 November 2020
  • 32.119 Views
Daftar isi

Cara memilih sepatu roda untuk dewasa dan anak-anak

Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu roda terlebih dahulu.

Pilihlah tipe sepatu roda berdasarkan fitur dan karakteristiknya

Terdapat empat tipe sepatu roda, yaitu inline skate, quad skate, mounting skate, dan roller shoes. Mari kita bahas perbedaan setiap tipe, lengkap dengan fiturnya masing-masing.

Inline skate, sepatu roda dengan variasi terbanyak

Inline skate, sepatu roda dengan variasi terbanyak

Inline skate merupakan sepatu roda yang keempat rodanya disusun secara lurus, dari depan ke belakang. Hal tersebut membuat sepatu roda tidak dapat berdiri tegak dan sulit diseimbangkan.


Akan tetapi, inline skate memungkinkan Anda untuk memiliki banyak variasi gerakan. Jenisnya pun beragam, ada fitness inline skate, aggressive inline skate, freestyle inline skate, dan racing inline skate.


Banyak orang yang mengenal inline skate sebagai roller blade. Namun sebenarnya, roller blade adalah nama merek sepatu roda yang sangat terkenal, termasuk di Indonesia. Karena itu, istilah roller blade kemudian menjadi makin populer.

Quad skate (quad roller), memiliki keseimbangan yang baik. Lebih mudah untuk pemula

Quad skate (quad roller), memiliki keseimbangan yang baik. Lebih mudah untuk pemula

Quad skate adalah sepatu roda yang rodanya diletakkan di empat sudut. Bisa dikatakan bahwa tipe ini adalah yang terbaik bagi pemula karena dapat berdiri tegak dengan sendirinya. Quad skate juga direkomendasikan bagi Anda yang ingin menari menggunakan sepatu roda. Sayangnya, tipe ini tidak dapat melaju dengan cepat dan modelnya relatif terbatas.

Mounting type, sepatu roda yang dipasang pada sepatu

Mounting type, sepatu roda yang dipasang pada sepatu

Tipe ini direkomendasikan kepada Anda yang ingin menikmati berseluncur dengan gaya kasual. Bentuknya hanya berupa rangka yang memiliki roda dan tali pengikat. Untuk menggunakannya, cukup dengan meletakkan sepatu Anda ke atas sepatu roda, lalu ikatlah tali sepatu roda. Keunggulan dari tipe ini adalah banyaknya produk berukuran kecil. Harganya juga relatif lebih terjangkau.


Sepatu roda tipe mounting memiliki range ukuran yang cukup beragam. Dengan demikian, anak-anak dan orang dewasa bisa menggunakan sepatu roda yang sama. Anda hanya perlu mengatur ukuran panjang di bagian telapak kakinya, sesuai dengan panjang telapak kaki Anda. Namun, sebelum Anda membeli, pastikan bahwa ukurannya sesuai dengan ukuran sepatu Anda supaya tidak terasa sesak atau justru terlalu longgar.

Roller shoes, kombinasi sepatu sneakers dan sepatu roda

Roller shoes adalah kombinasi sepatu roda dengan sepatu sneakers. Rodanya terpasang di bagian tumit sol sepatu. Untuk meluncur, Anda cukup menekankan gravitasi tubuh ke bagian belakang sepatu. Banyak roller shoes yang rodanya dapat dilepas sehingga Anda bisa melepasnya jika sudah rusak. Setelah itu, Anda dapat menggunakan roller shoes sebagai sepatu sneakers biasa.


Dengan memiliki roller shoes, Anda tidak perlu membeli dua jenis sepatu. Tentu lebih praktis dan tidak menghabiskan banyak ruang penyimpanan di rumah.


Tipe ini sangat menarik karena dapat digunakan untuk berseluncur kapan saja. Akan tetapi, perhatikanlah situasi tempat Anda akan menggunakan sepatu roda ini. Cukup banyak terjadi kasus orang-orang bertabrakan karena menggunakan roller shoes di tempat yang kurang sesuai. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya tidak memakai sepatu roda ini di tempat yang terlalu ramai.

Pastikan Anda memilih ukuran yang sesuai

Pemilihan ukuran pun merupakan poin penting agar sepatu roda tersebut aman dan nyaman digunakan. Di bawah ini, kami akan memperkenalkan cara untuk memilih ukuran yang tepat.

Cobalah pakai, lalu pilih ukuran yang tepat

Cobalah pakai, lalu pilih ukuran yang tepat

Apabila Anda ingin membeli secara langsung, cara terbaik dalam memilih ukuran adalah dengan mencobanya, lalu memilih yang terasa pas di kaki Anda. Jika ukurannya terlalu besar, Anda tidak dapat meluncur dengan nyaman dan ada kemungkinan Anda akan terluka.


Biasanya, orang-orang akan memilih ukuran yang lebih besar bagi anaknya dengan alasan anak mereka akan cepat tumbuh. Demi keselamatan anak Anda, hindarilah hal tersebut. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kaki anak Anda.

Jika membeli di toko online, pilih yang satu ukuran lebih besar

Jika membeli di toko online, pilih yang satu ukuran lebih besar

Jika Anda ingin membeli di toko online, sebaiknya pilihlah ukuran yang satu nomor lebih besar dari yang biasa Anda pakai. Apabila ukurannya sedikit lebih besar, Anda bisa mengakalinya agar tetap dapat dipakai. Namun, jika ukurannya terlalu kecil, tentunya Anda tidak dapat berbuat apa-apa. Setiap produsen memiliki standar ukuran yang berbeda. Agar dapat memilih ukuran yang sesuai, Anda sebaiknya membaca review dari pembeli lain.

Cek apakah ukuran sepatu roda dapat disesuaikan

Cek apakah ukuran sepatu roda dapat disesuaikan

Bagi Anda yang masih ragu mengenai ukuran, serta yang ingin membeli produk untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama, kami rekomendasikan sepatu roda yang ukurannya dapat disesuaikan. Dengan demikian, Anda bisa mengubah ukuran sepatu roda hanya dengan menerapkan 3-4 langkah mudah. Sepatu roda ini cocok bagi anak-anak yang ukuran kakinya cepat bertambah besar.

Khusus untuk inline skate, pilihlah material yang sesuai dengan penggunaan Anda

Berdasarkan materialnya, terdapat dua jenis inline skate yaitu soft boots dan hard boots. Carilah material yang terasa paling nyaman dan cocok dengan penggunaan Anda.

Soft boots, nyaman dipakai

Soft boots, nyaman dipakai

Soft boots direkomendasikan bagi pemula dan Anda yang menginginkan produk yang mudah dipakai. Inline skate ini terbuat dari material yang lembut sehingga terasa nyaman saat dipakai, seperti sedang memakai sneakers. Bisa dikatakan bahwa soft boots adalah jenis standar inline skate karena lebih banyak dijual di pasaran. 

Hard boots, mampu melindungi pergelangan kaki

Hard boots, mampu melindungi pergelangan kaki

Sementara itu, hard boots cocok digunakan untuk bermain ski, slalom, atau freestyle. Inline skate ini menggunakan material yang keras seperti plastik sehingga dapat mengunci pergelangan kaki dengan pas. Namun, harganya relatif lebih mahal. Selain itu, belum banyak produsen yang memproduksi hard boots. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya terlebih dahulu mencari informasi sebelum membeli suatu produk.

Pilihlah pengunci sepatu roda yang terasa mudah bagi Anda

Ada dua jenis pengunci sepatu roda yaitu buckle dan tali sepatu. Pilihlah yang paling mudah untuk Anda gunakan.

Buckle, lebih mudah dipasang dan dilepas kembali oleh anak-anak

Buckle, lebih mudah dipasang dan dilepas kembali oleh anak-anak

Pengunci jenis buckle direkomendasikan bagi anak-anak karena mudah untuk dipakai dan dilepas. Selain tidak membutuhkan banyak waktu untuk memakainya, sepatu roda ini juga terasa lebih pas pada bagian pergelangan kaki. Ditambah lagi, Anda tak perlu khawatir tali sepatu akan terlepas dari ikatannya. Jadi, anak Anda dapat berseluncur dengan aman.

Untuk mendapat ukuran yang pas, pilih yang menggunakan tali sepatu

Untuk mendapat ukuran yang pas, pilih yang menggunakan tali sepatu

Tidak seperti buckle, sepatu roda dengan tali sepatu tentunya membutuhkan lebih banyak waktu untuk proses pemakaiannya. Selain itu, sepatu roda ini tidak terlalu terasa firm di bagian pergelangan kaki.


Namun, karena bisa dikencangkan dan diikat, sepatu roda ini bisa terasa sangat ngepas dan sesuai dengan kaki Anda. Oleh sebab itu, sepatu roda dengan tali sepatu ini disarankan apabila Anda membutuhkan produk yang pas di kaki.

Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pemula

Bagi pemula, bermain sepatu roda masih terasa sulit dan tidak stabil. Tak sedikit yang merasa ragu, apakah mereka akan bisa berseluncur dengan baik. Anda juga seorang pemula? Jangan khawatir. Berikut ini, kami akan jelaskan berbagai fitur dan perlengkapan tambahan yang bisa meningkatkan keamanan ketika bermain sepatu roda.

Anda bisa menggunakan auxiliary wheels atau roda tambahan

Anda bisa menggunakan auxiliary wheels atau roda tambahan

Sepatu roda dirancang agar Anda bisa berseluncur dengan santai. Bagi para pemula, Anda dapat memasang roda tambahan untuk berlatih berdiri tegak dan berseluncur dengan lancar.


Sepatu roda dengan roda tambahan juga direkomendasikan bagi anak-anak yang masih takut terjatuh atau sulit menyeimbangkan diri. Anda tidak perlu khawatir, roda tambahan ini dapat dilepas. Jadi, jika Anda sudah lancar menggunakan sepatu roda, Anda dapat menggunakannya seperti sepatu roda biasa.

Lebih aman jika memakai helm atau pelindung lainnya

Lebih aman jika memakai helm atau pelindung lainnya

Ketika sedang berseluncur dengan sepatu roda, jangan lupa untuk memakai pelindung seperti helm. Namun, mungkin akan membingungkan bagi pemula untuk memilih pelindung yang diperlukan.


Untuk pemula, Anda sebaiknya menggunakan pelindung yang sudah terdiri dari satu paket, yaitu helm, pelindung lutut, dan pelindung siku. Pelindung ini akan menjaga Anda sehingga dapat meluncur dengan aman dan leluasa.


Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa ada kemungkinan ukuran pelindung tersebut tidak pas untuk Anda. Oleh sebab itu, jika memungkinkan, kami sarankan Anda mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli.

10 Rekomendasi sepatu roda terbaik untuk dewasa dan anak-anak

Berikutnya, kami akan memperkenalkan pilihan sepatu roda terbaik untuk Anda. Semoga salah satunya dapat menjadi produk yang pas bagi Anda.

10

BasecampDouble Roller Quad Skate

Rp 1.129.000,00

TipeQuad skate untuk dewasa
Pengunci Tali sepatu
Ukuran35 sampai 44
9
TipeRoller shoes untuk anak-anak
Pengunci Velcro
Ukuran1, 2, 2.5, 3, 4, 5, 5.5, 6, 6.5, 7, 7.5, 8, 8.5, 12, 12.5, 13.5
8
TipeMounting skate untuk anak-anak
Pengunci Tali sepatu di punggung kaki, pengait di pergelangan kaki
UkuranPanjang minimal: ukuran 31, maksimal: ukuran 36
7
TipeInline skate untuk dewasa
Pengunci Buckle
UkuranSize M: ukuran sepatu 35-38 / Size L: ukuran sepatu: 39-42
6
TipeInline skate untuk dewasa
Pengunci Buckle
Ukuran35/36, 37/38, 39/40, 41/42, 43/44, 45/46
5
TipeInline skate untuk anak-anak
Pengunci Buckle
UkuranSize S: ukuran 26-31 / Size M: ukuran 31-35 / Size L: ukuran 39-42
4
TipeRoller shoes untuk anak-anak
Pengunci Velcro
Ukuran30, 31, 32, 33, 34, 35
3
TipeInline skate untuk dewasa
Pengunci Buckle
Ukuran40, 41, 42, 43
2
TipeInline skate untuk dewasa
Pengunci Buckle
Ukuran35 sampai 44
1
TipeInline skate untuk dewasa
Pengunci Buckle
Ukuran40, 41, 42, 44, 45 

Tabel perbandingan produk sepatu roda terbaik untuk dewasa dan anak-anak

Gambar produk
1
Cougar Destroyer  1

Cougar

2
LYNX SP56 Speed Inline Skate 1

LYNX

3
ROADSHOW Inline Skate RX 4 1

ROADSHOW

4
Balmoral Kids Sepatu Roda Anak TRD-JRD 1

Balmoral Kids

5
Power Aosite Kids Inline Skate 1

Power Aosite

6
Powerslide Imperial One Fluor 80 1

Powerslide

7
Cougar Power Speed 1

Cougar

8
Sepatu Roda 4 untuk Anak 1

9
Aimoge LED Roller Shoes 1

Aimoge

10
Basecamp Double Roller Quad Skate 1

Basecamp

Nama produk

Destroyer

SP56 Speed Inline Skate

Inline Skate RX 4

Sepatu Roda Anak TRD-JRD

Kids Inline Skate

Imperial One Fluor 80

Power Speed

Sepatu Roda 4 untuk Anak

LED Roller Shoes

Double Roller Quad Skate

Keunggulan

Siap mendampingi Anda berseluncur secara ekstrem

Memberi kecepatan layaknya profesional

Desainnya yang futuristik akan membuat Anda terlihat keren

Roller shoes hitam yang bisa dipakai ke sekolah

Rodanya bisa dimodifikasi, lho!

Si "gemuk" yang sangat nyaman

Mampu menopang bobot tubuh hingga 100 kg

Mudah disesuaikan dengan pertumbuhan anak

Wow, ada lampu gemerlap!

Belajar berseluncur jadi terasa lebih mudah

HargaRp 1.850.000,00Rp 3.000.000,00Rp 1.300.000,00Rp 149.970,00Rp 130.000,00Rp 2.352.000,00Rp 420.000,00Rp 113.000,00Rp 450.000,00Rp 1.129.000,00
TipeInline skate untuk dewasaInline skate untuk dewasaInline skate untuk dewasaRoller shoes untuk anak-anakInline skate untuk anak-anakInline skate untuk dewasaInline skate untuk dewasaMounting skate untuk anak-anakRoller shoes untuk anak-anakQuad skate untuk dewasa
Pengunci BuckleBuckleBuckleVelcroBuckleBuckleBuckleTali sepatu di punggung kaki, pengait di pergelangan kakiVelcroTali sepatu
Ukuran40, 41, 42, 44, 45 35 sampai 4440, 41, 42, 4330, 31, 32, 33, 34, 35Size S: ukuran 26-31 / Size M: ukuran 31-35 / Size L: ukuran 39-4235/36, 37/38, 39/40, 41/42, 43/44, 45/46Size M: ukuran sepatu 35-38 / Size L: ukuran sepatu: 39-42Panjang minimal: ukuran 31, maksimal: ukuran 361, 2, 2.5, 3, 4, 5, 5.5, 6, 6.5, 7, 7.5, 8, 8.5, 12, 12.5, 13.535 sampai 44
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tentang berbagai sepeda di sini

Di artikel ini, kami telah mengulas segala hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli sepatu roda. Namun, seandainya ternyata Anda lebih tertarik dengan kegiatan bersepeda, kami juga telah menyediakan berbagai artikelnya. Silakan Anda baca pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengenalkan sepuluh sepatu roda terbaik hanya untuk Anda. Bagaimana? Sudahkah Anda mendapatkan sepasang sepatu roda terfavorit untuk Anda dan anak?


Dengan sepatu roda yang keren dan nyaman, tentu Anda dan anak Anda dapat meluncur dengan lebih percaya diri. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor keamanannya, ya. Selamat bermain sepatu roda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Topi baseball seakan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya sudah bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari saja, tetapi sebagai penunjang style juga. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh topi baseball dari merek-merek ternama, seperti New Era, Adidas, hingga Champion. Sudah siap tampil lebih chic dengan topi baseball?
    Olahraga lainnya
    45.891 Views
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, wireless earphone menjadi barang yang populer. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan saat berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan dengan bentuk telinga sehingga tidak mudah jatuh. Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih earphone untuk olahraga serta merekomendasikan merek-merek populer, seperti Apple, JBL, dan ÉGGEL. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaik. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
    24.970 Views
  • 10 Rekomendasi Bagian-Bagian Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bagian-Bagian Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini skateboard digunakan bukan hanya sekadar untuk bermain trik saja, tetapi juga merupakan sebuah fashion item. Ada berbagai macam produsen skateboard yang dapat Anda temui di pasaran seperti Element, Thrasher, Nomad, Spitfire, dan sebagainya. Anda dapat membeli skateboard yang sudah dirakit atau bisa juga merakitnya sendiri.Kali ini, kami juga akan merekomendasikan bagian-bagian skateboard yang dapat Anda pilih untuk membuat skateboard pribadi Anda sendiri beserta petunjuk cara memilihnya. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda dalam menemukan bagian-bagian skateboard yang bagus dan keren!
    Olahraga lainnya
    27.497 Views
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Olahraga lompat tali atau skipping kini mulai digemari oleh banyak orang. Lompat tali merupakan salah satu olahraga cardio yang paling efektif dibanding jenis olahraga lainnya. Karena itu, memilih tali skipping adalah sesuatu yang harus diperhatikan karena alat ini dapat memengaruhi pola latihan Anda. Brand olahraga seperti Ketler, LP Sport, dan Xiaomi memiliki variasi tali skipping yang beragam. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan tali skipping terbaik, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Sebelum itu, mari simak cara memilih yang akan kami jabarkan berikut ini.
    Olahraga lainnya
    13.791 Views
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai kegiatan olahraga maupun kegiatan rekreasional, tenis meja atau pingpong selalu banyak peminat. Saat bermain pingpong, tentu Anda harus menyiapkan raket dan bola. Namun, tahukah Anda kalau tidak semua bola pingpong itu sama?Sebenarnya, bola pingpong mempunyai berbagai macam ukuran dan fungsi. Selain membagikan tips cara memilih bola pingpong yang baik, pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan bola pingpong dari merek terkenal seperti Nittaku, DHS, dan Butterfly. Bagia Anda yang hobi main tenis meja atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasan ini!
    Olahraga lainnya
    19.080 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa, sih, yang tidak tahu olahraga sepatu roda? Olahraga ini tergolong populer di kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, olahraga yang berasal dari Belanda ini sudah memiliki cabang resminya di beberapa kompetisi olahraga nasional dan internasional. Komunitasnya pun telah menjamur di berbagai kota di Indonesia.Ada beberapa merek sepatu roda kenamaan, seperti R&B, Power Line, dan lainnya. Nah, sebelum membeli, simaklah dahulu tips cara memilih sepatu roda berikut ini agar tidak salah pilih. Anda pun bisa menemukan sepuluh rekomendasi sepatu roda terbaik untuk pemula di sini!
    Olahraga lainnya
    9.274 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori