mybest
Minuman protein

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Makanan & minuman kesehatan
  4. 10 Casein Protein Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Casein Protein Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Casein Protein Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Casein Protein Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Casein Protein Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Casein Protein Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Casein Protein Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024)

Casein seolah menjadi protein yang terlupakan. Padahal, manfaatnya juga tidak kalah hebat daripada saudaranya, yakni whey. Daya serap kasein yang lambat membuat protein ini bisa dikonsumsi untuk diet dan workout. Lantas, bagaimana cara memilih produk casein protein yang tepat?


Agar Anda menemukan produk yang bagus, kami akan menjelaskan tips memilih casein protein. Review minuman protein kasein dari berbagai merek terbaik, seperti Optimum Nutrition, Dymatize, dan Muscle First juga akan kami berikan. Mari simak ulasannya agar diet dan workout Anda berjalan maksimal! Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.

Diperbaharui 14/07/2023
Mochammad Rizal
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Sekilas mengenai casein protein

Sekilas mengenai casein protein
  • Apa itu casein protein?

Casein protein adalah jenis protein utama dalam susu. Protein inilah yang memberikan warna putih pada susu sapi. Dari segi nutrisi, protein kasein mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, kasein juga memiliki sifat yang mampu berikatan dengan mineral penting seperti fosfor dan kalsium.


  • Apa manfaat casein protein?

Kasein memiliki daya serap yang lambat setelah dikonsumsi. Hal ini karena kasein mengandung lebih banyak zat karbohidrat dan mineral sehingga membutuhkan proses metabolisme yang cukup lama. Dengan demikian, protein ini dapat dipakai oleh tubuh untuk mempertahankan massa otot saat Anda tidur atau berpuasa. Kasein juga berperan penting untuk meningkatkan pertumbuhan otot.


  • Apa perbedaan kasein dan whey?
Kasein dan whey sama-sama merupakan protein dalam susu. Bedanya, porsi whey dalam susu hanya 20%, sedangkan porsi kasein adalah 80%. Dari segi daya serapnya, whey diserap lebih cepat oleh tubuh. Sementara itu, kasein diserap dengan lambat setelah dikonsumi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih casein protein

Di bagian ini, kami akan memberikan tips memilih casein protein. Mari simak panduannya agar Anda menemukan produk yang tepat.
1

Cari kandungan protein minimal 24 gram per saji

Cari kandungan protein minimal 24 gram per saji

Casein protein banyak dikonsumsi untuk kebutuhan diet atau workout. Hal tersebut membuat kadar protein menjadi perhatian penting sebelum membeli. 


Sebagai rekomendasi, belilah minuman kasein dengan kadar protein minimal 24 gram per sajinya. Kadar ini terbilang ideal agar tubuh tetap mendapatkan protein, bahkan pada waktu-waktu Anda belum makan. Namun, tetap sesuaikan dengan kebutuhan protein total harian Anda. Jangan lupa untuk mengonsumsi sumber protein lainnya, seperti ikan, telur, daging, dan kacang-kacangan.

2

Cek jenis casein protein yang digunakan

Cek jenis casein protein yang digunakan
Casein terbagi menjadi dua jenis, yaitu micellar casein dan caseinate. Mari perhatikan karakteristik dari tiap jenis kasein ini.

  • Micellar casein

Micellar casein adalah bentuk alami kasein. Dalam arti lain, bentuk kasein ini sudah tidak mengandung karbohidrat laktosa, lemak, dan whey. Bentuk ini disebut "micellar casein" karena kaseinnya terkandung dalam partikel padat yang disebut micelle. Karena terbungkus dalam micelle, micellar casein sulit larut dalam air. Hal inilah yang membuat kasein murni ini lebih lama diserap tubuh.


  • Caseinate

Caseinate adalah istilah umum untuk kalsium kasein dan natrium kasein. Dibandingkan dengan micellar casein, caseinate lebih mudah larut dalam air dan lebih gampang dikonsumsi. Tipe ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membuat casein shake dengan lebih mudah.


Di dalam tubuh, caseinate membutuhkan metabolisme atau waktu cerna yang lebih lama daripada whey. Meskipun demikian, caseinate tetap bisa menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Selain itu, caseinate juga bermanfaat pada kondisi tertentu, misalnya saat berpuasa, karena proses penyerapannya yang perlahan.

3

Perhatikan nutrisi lain dalam produk

Layaknya memilih minuman protein lain, Anda juga perlu mengecek nutrisi tambahan dalam produk casein protein. Hal ini patut menjadi pertimbangan agar tujuan diet dan workout Anda dapat tercapai.

BCAA, bermanfaat untuk maksimalkan latihan otot

BCAA, bermanfaat untuk maksimalkan latihan otot

BCAA atau branch-chained amino acid adalah tiga asam amino yang memiliki rantai pendek. Terdapat tiga asam amino yang masuk sebagai BCAA, yaitu leucine, isoleucine, dan valine.


Ketiga asam amino ini memiliki fungsi khusus sebagai bahan dasar pembentukan jaringan otot. Karena itu, BCAA populer dalam dunia fitness karena berperan untuk mengoptimalkan pertumbuhan otot. Selain itu, menurut Healthline, tiga asam amino ini juga dapat mengurangi nyeri pada otot setelah latihan.


BCAA banyak dijual dalam suplemen yang terpisah. Agar Anda menemukan suplemen BCAA yang tepat, mari baca pembahasannya pada artikel berikut ini.

Kalsium, berperan penting untuk kontraksi otot

Kalsium, berperan penting untuk kontraksi otot

Manfaat kalsium ternyata tidak hanya dirasakan tulang dan gigi. Pada masa pertumbuhan, kalsium sangat krusial bagi perkembangan tulang, baik penambahan massa, volume, serta kepadatannya.


Namun, setelah masa pertumbuhan usai, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan asupan kalsium lagi. Mineral ini juga diperlukan otot agar bisa berkontraksi maksimal. Pada akhirnya, kontraksi otot penting untuk pergerakan tubuh dan postur. Apabila tubuh kekurangan kalsium dan protein, organ gerak pasif (tulang) dan organ gerak aktif (otot) tidak dapat berfungsi secara optimal.


Kalsium juga dibutuhkan oleh jantung untuk bekerja. Pasalnya, jantung sendiri merupakan organ yang tersusun atas otot-otot.

4

Untuk protein yang dicerna cepat, beli produk yang mengandung whey

Untuk protein yang dicerna cepat, beli produk yang mengandung whey

Whey merupakan "saudara" kasein yang dapat dipakai langsung oleh tubuh. Penyerapan whey di dalam tubuh setelah diminum cukup cepat, yaitu 30–60 menit. Hal ini karena whey memiliki bentuk asam amino yang tidak membutuhkan banyak proses metabolisme untuk diserap oleh tubuh.


Selain produk khusus untuk whey atau kasein saja, ada beberapa produk yang mencampurkan dua jenis protein tersebut. Kombinasi kasein dan whey diklaim dapat memberikan protein yang kompleks bagi tubuh. Dengan adanya whey yang diserap cepat, penggunaan protein bagi otot dapat langsung terjadi beberapa saat setelah diminum.


Kami memiliki artikel khusus mengenai whey protein. Jika Anda juga membutuhkan whey untuk workout, mari simak ulasannya!

5

Temukan varian rasa yang dapat dinikmati jangka panjang

Temukan varian rasa yang dapat dinikmati jangka panjang

Seperti minuman protein lainnya, casein protein powder juga tersedia dalam berbagai rasa. Agar produk dapat dinikmati jangka panjang, pastikan Anda memang memilih rasa yang disukai. Hal ini perlu dipertimbangkan dengan hati-hati karena casein protein dikemas dalam isian yang banyak.


Namun, ada beberapa produsen yang menyediakan kemasan sekali saji dalam bentuk sachet. Kemasan ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba rasanya terlebih dahulu. Rasa cokelat biasanya menjadi favorit banyak kalangan. Namun, Anda juga bisa mengeksplor opsi rasa lainnya, seperti rasa bernuansa pisang, vanila, stroberi, dan karamel.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi casein protein terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk casein protein terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin

Muscle First

Pro Casein Gold Series

Muscle First Pro Casein Gold Series 1

Rp330.000

Lebih Murah

Produk lokal yang dijamin halal

BSN

Syntha-6

BSN  Syntha-6 1

Rp915.000

Agak Mahal

Banyak pilihan rasa sebagai reward setelah latihan

Optimum Nutrition

Gold Standard 100% Casein

Optimum Nutrition Gold Standard 100% Casein 1

Rp625.000

Menengah

100% micellar casein untuk kenyang lebih lama

BXN

Xtreme Blend Casein

BXN Xtreme Blend Casein 1

Rp375.000

Agak Murah

Beragam sumber protein untuk hasil workout yang optimal

Syntrax Nutrition

Trophix

Syntrax Nutrition Trophix 1

Rp650.000

Menengah

Menawarkan glutamine peptide yang bermanfaat untuk otot

Syntrax Nutrition

Matrix

Syntrax Nutrition Matrix 1

Rp400.000

Agak Murah

Rasa yang enak dengan bahan berkualitas tinggi

Rule One Proteins

R1 Casein

Rule One Proteins R1 Casein 1

Rp750.000

Menengah

Kadar kalsium tinggi untuk sehatkan otot dan tulang

Max’s

Casein SR

Max’s Casein SR 1

Rp675.000

Menengah

Satu produk dengan dua jenis kasein sekaligus

Dymatize

Elite Casein

Dymatize Elite Casein 1

Rp875.000

Agak Mahal

Dapatkan asupan protein tinggi hingga 25 gram per saji!

Yamamoto Nutrition

Ultra Casein Complex

Yamamoto Nutrition Ultra Casein Complex 1

Rp1.184.000

Lebih Mahal

Kalorinya rendah, berat badan jadi cepat turun!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Muscle FirstPro Casein Gold Series

Pro Casein Gold Series 1
Sumber: musclefirst.co.id
Harga referensi
Rp330.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp330.000
Lebih Murah

Produk lokal yang dijamin halal

Saat ini, Muscle First menjadi merek suplemen workout yang menjadi favorit banyak orang. Casein protein Muscle First pun menarik untuk dicoba. Selain menawarkan protein per saji hingga 24 gram, produk ini juga bebas gula. Namun, tenang saja. Produk ini menggunakan pemanis dari jagung sehingga rasanya tetap enak.


Sebagai produk lokal, minuman protein tentu sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat kita. Sertifikasi halal sudah dikantongi Muscle First sehingga Anda yang muslim bisa dengan aman meminumnya. Selain itu, karena bukan produk impor, Muscle First memiliki official store sehingga keasliannya sudah terjamin.

Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

BSN Syntha-6

Harga referensi
Rp915.000
Agak Mahal

Banyak pilihan rasa sebagai reward setelah latihan

Setelah latihan cukup berat, minum susu dengan rasa yang enak akan memberikan reward tersendiri. Jika varian rasa produk lain cukup terbatas, Syntha-6 menawarkan rasa minuman kasein yang lebih beragam. Tidak hanya cokelat dan stroberi, ada pula rasa pisang dan cookies & cream.


Formula susu ini juga menarik. Syntha-6 bukanlah susu khusus kasein saja. Dalam produk ini, Anda juga akan mendapatkan whey protein dan putih telur. Jenis kasein di dalamnya pun terdapat dua macam, yakni micellar casein dan caseinate. Dengan formula ini, sintesis protein diharapkan bisa maksimal.

Optimum NutritionGold Standard 100% Casein

Harga referensi
Rp625.000
Menengah

100% micellar casein untuk kenyang lebih lama

Produk ini bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang mencari kasein murni. Karena tidak dicampurkan dengan whey, semua protein di dalamnya akan dicerna dengan lambat untuk menunjang recovery.


Komposisi lain dalam produk ini juga ciamik. Kadar gula dan lemak di dalamnya relatif rendah sehingga kalorinya juga tidak tinggi. Sebaliknya, kadar nutrisi tambahan seperti kalsium terbilang tinggi daripada beberapa produk lain. Untuk menyokong recovery, casein protein ini sudah mengandung BCAA hampir 5 gram.

BXNXtreme Blend Casein

Harga referensi
Rp375.000
Agak Murah

Beragam sumber protein untuk hasil workout yang optimal

Jika Anda mencari minuman protein dengan banyak sumber, produk ini bisa dipertimbangkan. Pada minuman ini, BXN memadukan whey, kasein, dan putih telur. Perpaduan kandungan tersebut diklaim memberikan hasil maksimal berkat cara kerja tiap protein yang berbeda.


Kalori protein blend ini juga rendah. Dengan begitu, Anda bisa meminumnya untuk diet atau memelihara berat badan. Kalori yang rendah tersebut memang disokong oleh kadar gula dan lemaknya yang juga rendah.

Syntrax NutritionTrophix

Harga referensi
Rp650.000
Menengah

Menawarkan glutamine peptide yang bermanfaat untuk otot

Seperti pada produknya yang lain, Syntrax Nutrition mencampurkan glutamine peptide pada produk ini. Glutamine peptide merupakan bentuk asam amino glutamin yang menjadi sumber protein bermanfaat untuk otot.


Glutamine peptide disebutkan lebih stabil daripada glutamin biasa (free-form). Dengan begitu, jenis glutamin ini diklaim lebih maksimal saat dimanfaatkan oleh otot. Pencampuran glutamine peptide ini tentu menarik bagi Anda yang sedang giat meningkatkan massa otot.

Syntrax NutritionMatrix

Harga referensi
Rp400.000
Agak Murah

Rasa yang enak dengan bahan berkualitas tinggi

Banyak minuman protein mengandung pemanis buatan yang disebut maltodextrin. Sayangnya, beberapa orang tidak menyukai rasa dari zat aditif ini. Syntrax Nutrition pun tahu bahwa rasa merupakan faktor penting dalam minuman protein. Sebagai solusinya, Syntrax Nutrition menggunakan bahan yang berkualitas.


Penggunaan bahan yang berkualitas tersebut diklaim memberikan rasa yang enak. Selain itu, mutu tersebut juga membuat bubuk produk ini mudah teraduk. Jika Anda sulit menemukan minuman protein kasein yang enak, produk ini tentu bisa dicoba.

Rule One ProteinsR1 Casein

Harga referensi
Rp750.000
Menengah

Kadar kalsium tinggi untuk sehatkan otot dan tulang

Kalsium berperan penting untuk kontraksi otot. Apabila Anda membutuhkan susu protein kasein yang tinggi kalsium, produk ini dapat dipertimbangkan. Setiap sajiannya, Anda sudah dapat dapat memenuhi kecukupan harian kalsium hingga 50%.


Kadar kalsium tersebut jauh sangat tinggi daripada kebanyakan produk lainnya. Selain tinggi kalsium, kadar protein per sajinya juga sangat memadai, yakni 25 gram. Produk ini juga sudah memegang sertifikasi Good Manufacturing Practices (GMP) sehingga mutunya dijamin baik.

Max’sCasein SR

Harga referensi
Rp675.000
Menengah

Satu produk dengan dua jenis kasein sekaligus

Produk ini bisa dipilih jika Anda mencari micellar casein dan calcium caseinate dalam satu produk. Hal ini terbilang unik karena kebanyakan produk lain hanya menawarkan satu tipe kasein saja.


Campuran tersebut diklaim menyempurnakan proses recovery. Dengan begitu, pembentukan otot diharapkan bisa lebih optimal. Kadar kalsium dalam produk ini juga tinggi. Satu sajian minuman ini dapat memenuhi kecukupan harian kalsium hingga 45%!

DymatizeElite Casein

Harga referensi
Rp875.000
Agak Mahal

Dapatkan asupan protein tinggi hingga 25 gram per saji!

Kebanyakan produk casein hanya menawarkan 22 hingga 23 gram protein per saji. Apakah Anda membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi? Produk Dymatize ini layak dipilih. Setiap sajiannya, Anda akan mendapatkan 25 gram protein. Meski perbedaannya tidak begitu signifikan, kadar tersebut tentu menawarkan daya tarik tersendiri.


Minuman casein protein ini mengandung 100% micellar casein. Dengan demikian, semua proteinnya akan dicerna dengan lambat oleh tubuh. Konsumsi produk ini tidak hanya dengan cara diminum, lho. Bubuk protein ini bisa dijadikan bahan untuk membuat kue demi pengalaman yang lebih menyenangkan.

Yamamoto NutritionUltra Casein Complex

Harga referensi
Rp1.184.000
Lebih Mahal

Kalorinya rendah, berat badan jadi cepat turun!

Produk casein powder ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sedang diet. Kalori per saji susu ini tidak lebih dari 105 kkal. Jika dibandingkan dengan produk casein protein lain, angka tersebut jauh lebih rendah.


Selain rendah kalori, susu ini juga diperkaya dengan vitamin B6. Menurut Medical News Today, vitamin B6 utamanya penting untuk pemanfaatan nutrisi menjadi energi. Meski Anda sedang mengurangi asupan makan, tubuh diharapkan tetap berenergi sepanjang waktu.

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi casein protein

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi casein protein

Dilansir dari Healthline, waktu terbaik meminum casein protein adalah sebelum tidur. Dengan begitu, recovery otot tetap berlangsung saat Anda tidur berkat protein yang diserap lambat. Pada waktu ini pula, terurainya sel-sel otot (muscle breakdown) diharapkan dapat berkurang.


Pilihan waktu lain untuk mengonsumsi casein protein adalah saat akan berpuasa atau saat akan melakukan intermittent fasting. Pastikan tubuh dalam kondisi terhidrasi atau tidak kurang minum agar casein protein dapat diterima tubuh dengan baik.

Tips dari nutritionist kami, Mochammad Rizal

Tips dari nutritionist kami, Mochammad Rizal

Tips mengonsumsi produk casein dan whey protein:

  • Pastikan Anda telah memperhitungkan jumlah kebutuhan protein harian secara tepat. Lalu, sesuaikan konsumsi casein dan whey agar tidak berlebihan.
  • Penting untuk selalu memenuhi kebutuhan air putih selama Anda mengonsumsi protein tambahan berupa produk whey, BCAA, maupun casein.
  • Pilihlah produk casein dan whey yang tidak mengandung tinggi gula agar tidak melebihi batas rekomendasi konsumsi gula harian.
  • Mengonsumsi makanan berprotein selain dari casein dan whey juga dibutuhkan. Hal ini dilakukan untuk membantu memenuhi vitamin, mineral, dan zat gizi lain yang tidak terkandung dalam casein dan whey.

Baca juga rekomendasi produk penunjang workout lainnya di sini

Demi memaksimalkan pembentukan massa otot, pertimbangkanlah penggunaan suplemen lainnya. Makanan setelah latihan, seperti protein bar, juga bisa dikonsumsi. Mari simak artikel yang menarik bagi Anda dengan mengeklik tautan berikut ini.

Kesimpulan

Casein protein memang tidak sepopuler whey. Padahal sifat kasein yang diserap lambat dapat bermanfaat bagi otot. Pemanfaatan kasein untuk otot akan tetap berlangsung meski Anda tidak makan, seperti saat tidur dan berpuasa.

Penting untuk diingat bahwa casein protein powder tetaplah produk pelengkap nutrisi. Agar tujuan diet dan fitness terpenuhi, Anda harus rutin berolahraga dan memperhatikan pola makan. Semoga ulasan mengenai casein protein di atas bermanfaat untuk mengiringi hidup sehat Anda!

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Makanan & minuman kesehatan
  4. 10 Casein Protein Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.