• 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sejak kemunculan Apple Watch, banyak produsen yang turut meramaikan pasar smartwatch. Ada beberapa merek seperti Huawei, Samsung, dan Sony yang produk smartwatch-nya tidak kalah bagus dengan Apple. Smartwatch ialah gadget praktis yang bisa digunakan sebagai jam tangan ataupun dioperasikan bersama smartphone.

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mengetahui lebih dalam lagi tentang cara memilih smartwatch dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Kali ini kami akan membagikan tips cara memilih smartwatch serta rekomendasi produk smartwatch terbaik. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi saat ingin membeli smartwatch.
  • Pembaharuan terakhir: 26 November 2019
  • 8.163 Views
Daftar isi

Cara memilih smartwatch

Harga smartwatch terbilang tidak murah sehingga Anda perlu memilihnya dengan sebaik mungkin. Jika sembarangan memilih, bisa-bisa smartwatch pilihan Anda malah tidak dapat berguna dengan optimal! Mari simak terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli smartwatch.

Pilihlah produk yang kompatibel dengan smartphone Anda

Pilihlah produk yang kompatibel dengan smartphone Anda
Hampir semua smartwatch sudah terpasang operating system (OS) di dalamnya. Namun, bukan berarti smartwatch Anda bisa dioperasikan dengan seluruh jenis smartphone. Jadi, pastikan smartwatch yang Anda pilih kompatibel dengan smartphone Anda.
Sebagai contoh, di dalam Apple Watch sudah terpasang OS yang hanya kompatibel dengan iPhone dan produk Apple lainnya. Ada juga OS yang dikembangkan oleh Google, dengan nama Wear OS (disebut juga Android Wear). OS ini tidak hanya memiliki kompatibilitas yang lebih baik dengan Android, tetapi juga dapat digunakan bersama dengan iOS. Selain itu, kerja sama antara Samsung dan Intel menghasilkan OS bernama Tizen yang kompatibel dengan Android maupun iOS.

Pilihlah tipe digital bila Anda menginginkan fitur yang beragam

Pilihlah tipe digital bila Anda menginginkan fitur yang beragam
Smartwatch memiliki dua tipe yakni tipe digital dan tipe analog. Tipe digital memuat banyak pilihan fitur di bagian bodi jamnya. Sementara itu, tipe analog memiliki tombol fitur yang terdapat di bagian band atau strap-nya. Meski tipe analog lebih terlihat natural sebagaimana tampilan jam umumnya, tipe digital lebih unggul dari segi fiturnya. Jika Anda ingin menggunakan smartwatch dengan banyak fitur, pilihlah yang bertipe digital.
Meskipun begitu, ada juga smartwatch bertipe analog yang memungkinkan Anda untuk bisa menggunakan uang elektronik. Akan tetapi, tipe analog dengan fitur ini masih cukup jarang ditemui. Meski begitu, tipe analog tidak bisa dikatakan kalah dari tipe digital. Bila Anda cenderung lebih menyukai tipe analog, ada baiknya Anda memeriksa spesifikasi detailnya terlebih dahulu.

Periksa fitur-fitur dasar yang dimiliki smartwatch

Pada dasarnya, smartwatch dioperasikan bersama-sama dengan smartphone. Namun, sekarang sudah banyak juga smartwatch yang bisa optimal fungsinya meski tanpa smartphone. Anda dapat memilih smartwatch berdasarkan fitur-fitur dasarnya.

Periksa ada tidaknya fitur panggilan masuk dan e-mail pada smartwatch

Periksa ada tidaknya fitur panggilan masuk dan e-mail pada smartwatch
Terdapat fitur dalam smartwatch yang memungkinkan Anda untuk menerima notifikasi jika terdapat pesan dan panggilan masuk di smartphone. Biasanya, notifikasi untuk panggilan dan pesan tidak dibedakan, tetapi ada pula produk yang dapat membedakan antara notifikasi keduanya. Jadi, pastikan Anda telah memeriksa fitur ini terlebih dahulu. Untuk Anda yang merasa terganggu dengan notifikasi pesan masuk, sebaiknya memilih smartwatch yang hanya dilengkapi fitur notifikasi panggilan masuk.
Ada juga smartwatch yang memungkinkan Anda untuk membuat panggilan telepon ke smartphone atau membalas pesan singkat. Untuk Anda yang banyak urusan atau kerap menggunakan smartwatch saat bekerja, manfaatkanlah fitur ini.

Perhatikan tingkat ketahanan air yang dimiliki

Perhatikan tingkat ketahanan air yang dimiliki
Saat berenang sambil mengenakan smartwatch, fitur antiair (water resistant) sangat diperlukan. Fitur ini memiliki berbagai variasi, bahkan ada yang menjadikan smartwatch cukup tangguh untuk dibawa menyelam. Untuk olahraga air, pilihlah smartwatch dengan level waterproof IPX5 ke atas atau yang bisa tahan di kedalaman 50 m. Bila Anda hanya menginginkan fungsi antiair biasa, IPX4 saja sudah cukup.
Selain itu, jika Anda banyak beraktivitas di luar ruangan, pastikan smartwatch Anda juga memiliki fitur antidebu (dust resistant). Untuk fitur seperti water resistant dan dust resistant yang pas dalam kondisi cuaca di Indonesia, biasanya memiliki sertifikasi IP57 ke atas.

Perhatikan juga fitur yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan

Perhatikan juga fitur yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan
Jika Anda ingin menggunakan smartwatch untuk menjaga kesehatan, pastikan smartwatch Anda dapat memonitor berbagai aspek kesehatan. Contoh yang paling sederhana ialah adanya pedometer untuk menghitung jumlah langkah kaki. Selain itu, banyak juga model dengan fitur yang bisa mengukur detak jantung dan denyut nadi melalui heart rate monitor. Terdapat juga model yang dapat merekam durasi latihan dan kalori yang terbakar, bahkan bisa dipadukan dengan aplikasi lainnya.

Periksa kapasitas daya dan ketahanan baterainya

Periksa kapasitas daya dan ketahanan baterainya
Saat memilih smartwatch, Anda juga harus memerhatikan kapasitas daya baterainya dengan teliti. Sebagian besar model memiliki baterai yang dapat bertahan lebih dari setengah hari. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir baterainya habis saat dikenakan ke tempat kerja atau ke sekolah. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan model yang daya baterainya dapat bertahan selama beberapa hari.
Pada tipe analog, baterai jam analognya dapat bertahan selama beberapa bulan, tetapi pengoperasian smartwatch membutuhkan daya yang lebih besar. Meski tidak seboros daya smartwatch tipe digital, tetapi tetaplah pertimbangkan kapasitas daya baterai yang dimiliki tipe analog. Salah satu smartwatch tipe analog yang layak Anda pilih juga akan kami ulas pada rekomendasi produk di bawah ini.

10 Rekomendasi smartwatch terbaik

Sekarang, saatnya kami memperkenalkan rekomendasi produk-produk smartwatch terbaik yang sudah kami rangkum untuk Anda. Silakan mengacu pada cara memilih di atas dan temukanlah produk yang paling sesuai bagi Anda.
OSAndroid 5.1
FiturGPS, heart rate monitor, pedometer, splash resistant IP55, incoming reception notification
Tipe jamDigital
Daya tahan bateraiPower safe on (18-48 jam), Flight mode on (4-12 jam), Aktif (2-6 jam)
OSAndroid Wear 2.0
FiturIncoming reception notification, heart rate monitor, water and dust resistant IP68, barometer
Tipe jamDigital
Daya tahan baterai± 2 hari
OSOriginal OS
FiturPurepulse heart rate, notification and quick replies, water resistant to 50 m depth<br>
Tipe jamDigital
Daya tahan baterai± 4 hari
OSOriginal OS
FiturIncoming reception notification, water and dust resistant IP57, aplikasi untuk kesehatan dan fitness
Tipe jamDigital
Daya tahan baterai± 4 hari
OSTizen
FiturSwimming tracking, gyro sensor, barometer, water resistant
Tipe jamDigital
Daya tahan baterai3-4 hari
OSOriginal OS
FiturMonitor heart rate, smart notifications, barometer, water resistant, saving battery mode
Tipe jamDigital
Daya tahan baterai± 14 hari
OSAndroid Wear
FiturIncoming reception notification, water resistant dust resistant IP67, quick charge
Tipe jamDigital
Daya tahan baterai± 2 hari

3. Nokia Steel Activity & Sleep Watch

Rp 1.800.000,00

OSOriginal OS
FiturWaterproof, pedometer, calorie consumption record, sleep monitoring
Tipe jamAnalog
Daya tahan baterai± 8 bulan
OSTizen 2.3.2
FiturIncoming reception notification, waterproof-dustproof, heart rate monitor
Tipe jamDigital
Daya tahan baterai± 4 hari
OSWatchOS 4
FiturIncoming reception notification, waterproof 50 m, heart rate monitor, emergency SOS, calorie consumption record
Tipe jamDigital
Daya tahan baterai± 18 jam

Baca juga rekomendasi Apple Watch Band di sini!

Smartwatch keluaran Apple yakni Apple Watch memang sudah cukup terkenal sehingga tidak heran bila aksesorinya banyak dijual di pasaran. Bila Anda membeli Apple Watch, Anda mungkin ingin sekaligus mencari band-nya agar penampilan Anda semakin stylish. Oleh karena itu, kami juga membahas mengenai Apple Watch Band. Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Smartwatch memiliki berbagai fitur yang bisa Anda nikmati. Misalnya untuk menerima pesan, memonitor kesehatan, dan berbagai aktivitas olahraga.
Produk yang terbaik tak harus memiliki fitur paling lengkap, melainkan memiliki fitur yang Anda butuhkan. Smartwatch sangat membantu untuk Anda yang aktif berolahraga, sibuk urusan kerjaan, atau ingin disiplin hidup sehat. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Presbiopi atau rabun dekat adalah ketidakmampuan mata untuk melihat atau membaca dengan jelas tulisan yang berada dalam jarak dekat. Biasanya presbiopi menyerang lansia, tetapi kini anak muda pun sudah ada yang mengalami presbiopi. Penderita biasanya harus menggunakan kacamata baca plus untuk bisa melihat dengan jelas.Kacamata baca kini tersedia dalam beragam jenis, harga, dan desain frame yang bervariasi. Saat ini kami akan memperkenalkan 10 produk kacamata baca yang populer. Selain itu, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih kacamata baca dengan tepat. Simak informasinya ya!
    Jam tangan & aksesori
    6.157 Views
  • 10 Rekomendasi Tato Temporer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tato Temporer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat menonton festival musik atau berlibur ke pantai, tentu Anda ingin berpenampilan modis. Sentuhan tato temporer dengan motif menarik di tubuh Anda dapat membuat penampilan Anda berbeda dari biasanya. Namun, banyaknya tato temporer yang dijual di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung menentukan pilihan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepuluh tato temporer yang mudah ditemukan di online shop favorit Anda. Saatnya menemukan tato temporer favorit Anda untuk membuat penampilan menjadi lebih fashionable!
    Jam tangan & aksesori
    4.308 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Militer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Militer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jam tangan militer atau military watch merupakan fashion item populer yang fungsional karena memiliki berbagai fitur tangguh, seperti waterproof, shockproof, dan lain sebagainya. Jenis jam tangan outdoor ini juga hadir dalam berbagai variasi desain, mesin, dan bahan yang dapat dipilih.Anda akan menemukan berbagai jam tangan militer keluaran Garmin, Casio, Luminox, dan sebagainya sehingga bisa saja Anda bingung untuk memilih. Tenang saja, kami akan memberikan rekomendasi jam tangan militer terbaik sekaligus menjelaskan cara memilihnya agar Anda bisa menemukan produk yang paling tepat. Semoga bermanfaat!
    Jam tangan & aksesori
    4.313 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Seiko Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Seiko Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Seiko berhasil mencetak sejarah sebagai salah satu merek jam tangan terbaik di dunia. Hal ini terlihat dari banyaknya model jam yang sudah dilengkapi dengan fitur canggih, seperti tenaga surya, mekanik, hingga radio control. Anda pun lebih leluasa dalam memilih.Meskipun begitu, ada juga konsumen yang malah dibuat stres karena pilihannya terlalu banyak. Terlebih lagi, jika Anda belum mengetahui keistimewaan setiap model jam tangan Seiko. Nah, untuk menjawab kebingungan Anda, berikut ini rekomendasi jam tangan Seiko terbaik yang ada di online shop!
    Jam tangan & aksesori
    3.614 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Analog G-Shock Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Analog G-Shock Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Casio berhasil mengeluarkan satu produk jam yang dikenal memiliki fungsi yang mumpuni, desain kokoh, serta daya tahan yang teruji, yaitu G-Shock. Pada umumnya, masyarakat lebih mengenal G-Shock sebagai produsen jam tangan digital, namun nyatanya G-Shock juga memiliki produk jam tangan analog dengan fungsi dan ketahanan yang sama seperti jam tangan digital yang mereka keluarkan.Kali ini, kami akan menerangkan kepada Anda beberapa produk jam tangan analog dari G-Shock yang layak untuk Anda miliki. Produk-produk yang akan kami sebutkan memiliki fungsi dan harga menarik, yang bisa dipakai untuk pria maupun wanita, yang tentunya sayang untuk dilewatkan oleh Anda para kolektor jam tangan, ataupun Anda yang sedang membutuhkan jam tangan baru. Yuk, disimak!
    Jam tangan & aksesori
    2.384 Views
  • 10 Rekomendasi Gantungan Kunci Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gantungan Kunci Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2020)
    Gantungan kunci dapat digunakan pada tas atau kunci yang Anda miliki. Beberapa wanita menggunakan gantungan kunci ini sebagai bagian aksesori kesehariannya. Anda dapat memilih gantungan kunci dengan beragam desain dan bahan baku yang dikeluarkan oleh para desainer ternama.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh gantungan kunci terbaik untuk Anda, khususnya para wanita. Gantungan kunci yang ada pada umumnya mudah untuk digunakan dan memiliki berbagai desain, motif, hiasan, warna, dan harga. Pilihlah gantungan kunci sesuai selera Anda dan sesuaikan dengan penggunaannya.
    Jam tangan & aksesori
    228 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori