• 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Smartwatch merupakan gadget praktis yang bisa digunakan sebagai jam tangan dan dioperasikan bersama smartphone. Fungsi smartwatch sangat beragam, seperti mengukur tekanan darah, detak jantung, jam tidur, dan lainnya. Bahkan, smartwatch terbaru juga dilengkapi dengan fitur pembayaran elektronik maupun kartu kredit. 


Supaya tidak bingung dalam memilih, simaklah cara memilih smartwatch sesuai kebutuhan Anda berikut ini. Kami juga memberikan sepuluh rekomendasi produk smartwatch terbaik dari berbagai merek, seperti Garmin, Samsung, Apple, dan lainnya. Cek artikel ini sampai akhir dan temukan smartwatch yang Anda butuhkan!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Jarwadi MJ
Tina Latief
  • Pembaharuan terakhir: 24 Juni 2020
  • 45.783 Views
Daftar isi

Beragam fungsi smartwatch yang menarik

Beragam fungsi smartwatch yang menarik

Dewasa ini, tingkat popularitas smartwatch semakin menanjak. Akan tetapi, tidak banyak orang yang paham manfaat dan keunggulan sebenarnya dari smartwatch. Oleh karena itu, hal pertama yang akan kami bahas dalam artikel ini adalah pesona dari smartwatch


Fitur utama yang ditonjolkan dari smartwatch adalah fungsinya yang serbaguna. Tidak hanya dapat berfungsi sebagai jam tangan, smartwatch juga dapat dihubungkan dengan smartphone Anda. Notifikasi ponsel pun bisa langsung Anda pantau melalui smartwatch. Tak hanya itu, smartwatch juga dilengkapi fungsi lain seperti manajemen jadwal, fitur pembayaran digital, hingga pemantauan kesehatan yang dapat diatur mandiri.


Saat menggunakan smartwatch, Anda bisa membuat catatan seraya beraktivitas tanpa harus mengeluarkan smartphone. Anda juga bisa mengakses berbagai petunjuk sesuai apa yang Anda butuhkan, misalnya mengakses ramalan cuaca. Apabila Anda ingin melakukan hal-hal kecil tanpa mengeluarkan smartphone, cobalah memakai smartwatch.

Cara memilih smartwatch

Berikut ini beberapa poin yang harus Anda perhatikan saat memilih smartwatch. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Pilihlah produk yang kompatibel dengan smartphone Anda

Pilihlah produk yang kompatibel dengan smartphone Anda

Hampir semua smartwatch sudah terpasang operating system (OS) di dalamnya. Yang perlu Anda ketahui, ada tiga jenis OS yang terpasang pada smartwatch, yakni watchOS, Wear OS by Google, dan Tizen. Pastikan smartwatch yang Anda pilih kompatibel dengan smartphone Anda.


Sebagai contoh, watchOS hanya kompatibel dengan perangkat iOS, seperti Apple Watch atau produk Apple lainnya. Akan tetapi, OS ini tidak kompatibel dengan perangkat Android. Ada juga OS yang dikembangkan oleh Google dengan nama Wear OS atau Android Wear. OS ini dapat menjadi pilihan terbaik karena tidak hanya kompatibel dengan Android, pengguna iOS juga dapat menggunakannya. Selain itu, OS ini dirancang untuk bisa ditautkan dengan akun Google. 


Selanjutnya, ada Tizen yang dikembangkan oleh Samsung sehingga kompatibel dengan Galaxy smartphone. Selain digunakan pada smartwatch, Tizen juga digunakan dalam perangkat IoT (Internet of Things). Pengembangan ini dilakukan dengan harapan bahwa smartwatch dapat kompatibel dengan perangkat IoT di masa depan.

Periksa fitur yang dimiliki smartwatch

Sebelum membeli smartwatch, sebaiknya Anda memeriksa fitur-fiturnya. Jangan sampai sudah membeli smartwatch tetapi tidak ada fitur yang Anda inginkan. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa beberapa poin penting ini.

Periksa fitur notifikasi untuk mendukung fungsi smartphone Anda

Periksa fitur notifikasi untuk mendukung fungsi smartphone Anda

Jika Anda ingin mendapatkan notifikasi smartphone di smartwatch, Anda harus mengecek fitur notifikasi ini. Sebagian besar smartwatch memang telah memiliki fitur notifikasi. Akan tetapi, ragam notifikasi yang terdapat pada smartwatch bergantung dari model atau serinya. 


Pilihlah smartwatch yang dilengkapi dengan notifikasi sesuai kebutuhan. Anda dapat memilih model yang hanya memiliki notifikasi panggilan dan pesan saja. Di sisi lain, Anda bisa memilih smartwatch yang dilengkapi berbagai macam notifikasi layaknya yang ada pada smartphone Anda.

Pilih smartwatch yang dilengkapi dengan fitur pembayaran supaya lebih praktis

Pilih smartwatch yang dilengkapi dengan fitur pembayaran supaya lebih praktis

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan metode pembayaran cashless, kami merekomendasikan smartwatch yang dilengkapi dengan fitur pembayaran. Beberapa produk yang dilengkapi dengan fitur ini di antaranya adalah Apple Watch dan Wena. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua negara menerima pembayaran melalui Google Pay. 


Meski sama-sama bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, metode pembayarannya biasanya bervariasi. Apabila Anda ingin menggunakan smartwatch untuk pembayaran transportasi, Anda bisa memilih model dengan fitur pembayaran di bagian depan seperti Lyfe Watch. Smartwatch jenis ini bisa digunakan untuk membayar bus TransJakarta dan MRT (mass rapid transit). Apabila Anda terbiasa menggunakan Google Pay, pilihlah smartwatch dengan model yang mendukungnya. 

Pilih smartwatch yang dilengkapi fitur healthcare jika ingin diet dan memantau kesehatan

Pilih smartwatch yang dilengkapi fitur healthcare jika ingin diet dan memantau kesehatan

Pilihlah smartwatch dengan fitur kesehatan jika Anda ingin memonitor diet dan kesehatan Anda. Fitur monitoring kesehatan pada smartwatch dapat digunakan untuk merekam jumlah langkah kaki dan detak jantung. Selain itu, ada juga smartwatch yang dapat merekam olahraga dan menghitung kalori yang terbakar.


Ada juga model canggih yang bisa digunakan untuk mengukur tekanan darah dan mencatat menstruasi. Smartwatch dengan fitur kesehatan ini tentunya akan menjadi pilihan tepat untuk memantau kesehatan harian Anda.

Periksa fungsi GPS untuk Anda yang sering bertualang

Periksa fungsi GPS untuk Anda yang sering bertualang

Apabila Anda gemar bertualang, risiko tersesat bisa saja terjadi. Oleh karena itu, pilihlah smartwatch dengan fitur GPS supaya mudah mengetahui lokasi Anda berada. Saat diaktifkan, sistem navigasi smartwatch akan memandu Anda ke tujuan. Sistem ini bekerja seperti sistem navigasi pada mobil. 


Selain dapat memberikan navigasi sesuai tujuan, smartwatch yang dilengkapi GPS ini juga dapat digunakan untuk merekam jejak. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan untuk merekam rute yang Anda gunakan saat berlari atau berjalan di aplikasi peta smartphone Anda.

Untuk olahraga dan kegiatan outdoor, sebaiknya pilih produk yang tahan air dan tahan debu

Untuk olahraga dan kegiatan outdoor, sebaiknya pilih produk yang tahan air dan tahan debu

Jika Anda kerap menggunakan smartwatch untuk melakukan olahraga luar ruangan atau berenang, pilihlah produk yang tahan air dan tahan debuLevel ketahanannya biasanya dituangkan dengan kode IP atau waterproof .


Kode IP adalah dua digit angka yang angka pertamanya menunjukkan tingkat ketahanan debu dan angka kedua menunjukkan ketahanan air. Tingkat ketahanan debu dilambangkan dengan angka satu hingga enam, sedangkan ketahanan air diwakili angka satu hingga delapan. Semakin tinggi angka yang tertulis, semakin kuat kinerja ketahanannya.

Periksa kapasitas dan daya tahan baterainya

Periksa kapasitas dan daya tahan baterainya
Saat memilih smartwatch, Anda harus memerhatikan kapasitas daya baterainya dengan teliti. Sebagian besar model memiliki baterai yang dapat bertahan lebih dari setengah hari. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat memakainya ke tempat kerja atau ke sekolah. Namun, jika Anda berencana menggunakannya berhari-hari, pilihlah model yang baterainya tahan lama.

Beberapa smartwatch memiliki pilihan mode baterai, yaitu mode baterai tahan lama dan mode kinerja maksimal. Model ini dapat menghemat daya baterai sesuai dengan aplikasi smartwatch sehingga lebih nyaman untuk penggunaan jangka panjang.

Sesuaikan desain dengan aktivitas Anda

Smartwatch adalah perangkat elektronik yang praktis, tetapi juga bisa menjadi aksesori yang dapat menunjukkan kepribadian Anda. Pilihlah desain yang sesuai dengan selera Anda tanpa menafikan situasi dan waktu pemakaian.

Untuk penggunaan di kantor, pilih smartwatch dengan display analog

Untuk penggunaan di kantor, pilih smartwatch dengan display analog

Sebagian besar smartwatch diproduksi dengan layar digital, tetapi ada juga yang memiliki tampilan analog. Display digital selalu memberikan kesan kasual. Untuk itu, kami merekomendasikan smartwatch dengan tampilan analog untuk digunakan bekerja. Sedangkan saat libur atau berada di rumah, Anda bisa memakai smartwatch dengan tampilan digital.


Smartwatch jenis ini memiliki penunjuk waktu layaknya jam analog dengan layar kecil dan tombol di bagian band atau strap-nya. Penampilannya yang elegan akan membuat Anda terlihat berkelas saat memakainya dalam pertemuan bisnis. Ada juga smartwatch yang memiliki model hybrid, yaitu memiliki tampilan analog dan digital. Apabila Anda memilih smartwatch hybrid, Anda dapat tampil profesional maupun kasual hanya dengan satu unit smartwatch.

Untuk tampil modis, pilih smartwatch dengan band yang bisa diganti

Untuk tampil modis, pilih smartwatch dengan band yang bisa diganti

Beberapa smartwatch memiliki desain band atau strap yang dapat diganti. Anda tidak harus mengganti strap-nya saat rusak saja, melainkan bisa menggantinya sesuai dengan mood atau warna baju yang dipakai. Apabila Anda menginginkan tampilan yang modis, smartwatch ini adalah pilihan yang sempurna. 


Pastikan juga Anda memeriksa varian band yang kompatibel untuk smartwatch Anda. Semakin beragam pilihannya, akan semakin menarik. Anda bisa memilih band silikon warna-warni hingga band yang terbuat dari logam untuk tampilan berkelas.

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi smartwatch terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan sepuluh produk smartwatch terbaik yang sudah kami rangkum untuk Anda. Jadikan cara memilih di atas sebagai acuan dan temukan produk yang paling sesuai untuk Anda.
10
OSAndroid 5.1
NotifikasiPemantau cuaca, pesan masuk, email
Pembayaran elektronikTidak disebutkan
Pemantauan kesehatanHeart rate, pedometer, monitor tidur
GPS
Ketahanan air/debuTidak disebutkan
Daya tahan baterai± 8 jam
Tipe jamDigital
9

FossilHybrid Smartwatch

Charlie Blush Leather Interchangeable Bezel Box Set

Rp 2.635.500,00

OSTidak disebutkan
NotifikasiSocial media, pesan, email, app alerts, multiple time tones, alarm clock, calendar alerts
Pembayaran elektronikTidak disebutkan
Pemantauan kesehatanPelacakan jumlah langkah, kalori, jarak
GPS
Ketahanan air/debu5 ATM / tidak disebutkan
Daya tahan baterai± 6 bulan
Tipe jamHybrid
8
OS4.1
NotifikasiPesan masuk, panggilan masuk, email
Pembayaran elektronik
Pemantauan kesehatanMonitor detak jantung, monitor olahraga, monitor tidur
GPS
Ketahanan air/debu5 ATM / tidak disebutkan
Daya tahan baterai± 6 hari
Tipe jamDigital
7

FossilGen 5 Smartwatch Garrett HR

Gold-Tone Stainless Steel

Rp 4.324.000,00

OSWear OS
NotifikasiPesan, email, social media, app alerts, multiple time zones, alarm clock, calendar alerts
Pembayaran elektronikTidak disebutkan
Pemantauan kesehatanMonitor detak jantung
GPS
Ketahanan air/debu3 ATM / tidak sebutkan
Daya tahan baterai± 24 jam
Tipe jamDigital
6
OSTizen
NotifikasiTidak disebutkan
Pembayaran elektronik
Pemantauan kesehatanMonitor detak jantung, monitor tingkat stres, penunjang olahraga
GPS
Ketahanan air/debu5 ATM / IP68
Daya tahan baterai± 60 jam sampai 131 jam
Tipe jamDigital
5
OSTidak disebutkan
NotifikasiPanggilan masuk, pesan masuk, email, acara kalender
Pembayaran elektronikTidak disebutkan
Pemantauan kesehatanPengukuran konsumsi oksigen, pengukuran dan pemantauan olahraga, 15 mode latihan profesional, pengukuran detak jantung, pedometer
GPS
Ketahanan air/debu5 ATM / tidak disebutkan
Daya tahan baterai± 2 minggu
Tipe jamDigital
4
OSTidak disebutkan
NotifikasiMembalas pesan teks, menolak panggilan dengan teks (khusus Android), menerima panggilan telepon
Pembayaran elektronik
Pemantauan kesehatanMonitor detak jantung, monitor olahraga
GPS
Ketahanan air/debu10 ATM / tidak disebutkan
Daya tahan bateraiSmartwatch hingga 7 hari, GPS hingga 9 jam, GPS dan musik hingga 4 jam, Mode UltraTrac™ hingga 25 jam
Tipe jamAnalog
3
OSAndroid Wear
NotifikasiPesan masuk, email, panggilan masuk
Pembayaran elektronikTidak disebutkan
Pemantauan kesehatanTidak disebutkan
GPS
Ketahanan air/debuIP67
Daya tahan bateraiTidak disebutkan
Tipe jamDigital
2
OSTizen
NotifikasiPesan, panggilan telepon, kontak, cuaca, pesan suara, pengingat, alarm, jam dunia, email
Pembayaran elektronik
Pemantauan kesehatanMonitor detak jantung
GPS
Ketahanan air/debuIP68
Daya tahan baterai± 4 hari
Tipe jamDigital
1
OSWatchOS 4
NotifikasiPesan, panggilan telepon, pengingat detak jantung
Pembayaran elektronik
Pemantauan kesehatanMonitor detak jantung, monitor siklus menstruasi, monitor olahraga
GPS
Ketahanan air/debu5 ATM / tidak disebutkan
Daya tahan baterai± 1 hari
Tipe jamDigital

Tabel perbandingan produk smartwatch terbaik

Gambar produk
1
Apple Apple Watch Series 5 1

Apple

2
Samsung Gear S3 Classic 1

Samsung

3
ASUS ZenWatch 3 1

ASUS

4
Garmin Fēnix® 5S Plus 1

Garmin

5
Huawei Watch GT 1

Huawei

6
Samsung Galaxy Watch Active2  1

Samsung

7
Fossil Gen 5 Smartwatch Garrett HR  1

Fossil

8
Fitbit Versa 2 1

Fitbit

9
Fossil Hybrid Smartwatch  1

Fossil

10
IQI i4 Air 1

IQI

Nama produk

Apple Watch Series 5

Gear S3 Classic

ZenWatch 3

Fēnix® 5S Plus

Watch GT

Galaxy Watch Active2

Gen 5 Smartwatch Garrett HR

Versa 2

Hybrid Smartwatch

i4 Air

KeunggulanSmartwatch berdesain eksklu...Semakin mudah menerima pang...Semakin cepat dan efisien d...Bertualang semakin menarik ...Teman terbaik saat olahraga...Smartwatch kaya fitur yang ...Kapasitas memori yang besar...Melakukan pembayaran di lua...Sesuaikan bezel smartwatch ...Smartwatch rasa smartphone,...
HargaRp 6.010.000,00Rp 5.125.000,00Rp 3.999.000,00Rp 8.799.000,00Rp 2.199.000,00Rp 3.727.600,00Rp 4.324.000,00Rp 2.999.000,00Rp 2.635.500,00Rp 2.123.000,00
OSWatchOS 4Tizen Android WearTidak disebutkanTidak disebutkanTizenWear OS4.1Tidak disebutkanAndroid 5.1
NotifikasiPesan, panggilan telepon, pengingat detak jantungPesan, panggilan telepon, kontak, cuaca, pesan suara, pengingat, alarm, jam dunia, emailPesan masuk, email, panggilan masukMembalas pesan teks, menolak panggilan dengan teks (khusus Android), menerima panggilan teleponPanggilan masuk, pesan masuk, email, acara kalenderTidak disebutkanPesan, email, social media, app alerts, multiple time zones, alarm clock, calendar alertsPesan masuk, panggilan masuk, emailSocial media, pesan, email, app alerts, multiple time tones, alarm clock, calendar alertsPemantau cuaca, pesan masuk, email
Pembayaran elektronikTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Pemantauan kesehatanMonitor detak jantung, monitor siklus menstruasi, monitor olahragaMonitor detak jantungTidak disebutkanMonitor detak jantung, monitor olahragaPengukuran konsumsi oksigen, pengukuran dan pemantauan olahraga, 15 mode latihan profesional, pengukuran detak jantung, pedometerMonitor detak jantung, monitor tingkat stres, penunjang olahragaMonitor detak jantungMonitor detak jantung, monitor olahraga, monitor tidurPelacakan jumlah langkah, kalori, jarakHeart rate, pedometer, monitor tidur
GPS
Ketahanan air/debu5 ATM / tidak disebutkanIP68IP6710 ATM / tidak disebutkan5 ATM / tidak disebutkan5 ATM / IP683 ATM / tidak sebutkan5 ATM / tidak disebutkan5 ATM / tidak disebutkanTidak disebutkan
Daya tahan baterai± 1 hari± 4 hariTidak disebutkanSmartwatch hingga 7 hari, GPS hingga 9 jam, GPS dan musik hingga 4 jam, Mode UltraTrac™ hingga 25 jam± 2 minggu± 60 jam sampai 131 jam± 24 jam± 6 hari± 6 bulan± 8 jam
Tipe jamDigitalDigitalDigitalAnalogDigitalDigitalDigitalDigitalHybridDigital
Tautan produk

Baca juga rekomendasi smartwatch lainnya di sini!

Selain memberikan rekomendasi smartwatch terbaik secara umum, kami juga sudah menyiapkan artikel mengenai smartwatch berdasarkan mereknya. Tak hanya itu, kami juga mengelompokkan smartwatch berdasarkan penggunanya, seperti smartwatch untuk anak-anak dan untuk wanita. Untuk informasi lengkapnya, silakan baca tautan artikel di bawah ini!

Baca juga rekomendasi Apple Watch band di sini!

Apple Watch merupakan pelopor smartwatch sehingga tidak heran jika banyak yang menjual aksesorinya. Salah satu aksesori yang bisa digonta-ganti adalah band-nya. Jika Anda berencana mengganti Apple Watch band, silakan simak rekomendasi kami pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Smartwatch memiliki berbagai fitur dan desain yang beragam sehingga populer menjadi sebuah gadget maupun item fashion. Selain memperhatikan desain dan fitur, sebaiknya Anda juga memperhatikan manfaat fitur tersebut bagi kegiatan Anda. 


Kami berharap Anda dapat menggunakan artikel ini sebagai dasar dalam memilih smartwatch yang tepat. Pilihlah smartwatch yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Presbiopi atau rabun dekat adalah ketidakmampuan mata untuk melihat atau membaca dengan jelas tulisan yang berada dalam jarak dekat. Biasanya presbiopi menyerang lansia, tetapi kini anak muda pun sudah ada yang mengalami presbiopi. Penderita biasanya harus menggunakan kacamata baca plus untuk bisa melihat dengan jelas.Kacamata baca kini tersedia dalam beragam jenis, harga, dan desain frame yang bervariasi. Saat ini kami akan memperkenalkan 10 produk kacamata baca yang populer. Selain itu, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih kacamata baca dengan tepat. Simak informasinya ya!
    Jam tangan & aksesori
    25.788 Views
  • 10 Rekomendasi Tato Temporer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tato Temporer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat menonton festival musik atau berlibur ke pantai, tentu Anda ingin berpenampilan modis. Sentuhan tato temporer dengan motif menarik di tubuh Anda dapat membuat penampilan Anda berbeda dari biasanya. Namun, banyaknya tato temporer yang dijual di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung menentukan pilihan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepuluh tato temporer yang mudah ditemukan di online shop favorit Anda. Saatnya menemukan tato temporer favorit Anda untuk membuat penampilan menjadi lebih fashionable!
    Jam tangan & aksesori
    19.330 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Militer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Militer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jam tangan militer atau military watch merupakan fashion item populer yang fungsional karena memiliki berbagai fitur tangguh, seperti waterproof, shockproof, dan lain sebagainya. Jenis jam tangan outdoor ini juga hadir dalam berbagai variasi desain, mesin, dan bahan yang dapat dipilih.Anda akan menemukan berbagai jam tangan militer keluaran Garmin, Casio, Luminox, dan sebagainya sehingga bisa saja Anda bingung untuk memilih. Tenang saja, kami akan memberikan rekomendasi jam tangan militer terbaik sekaligus menjelaskan cara memilihnya agar Anda bisa menemukan produk yang paling tepat. Semoga bermanfaat!
    Jam tangan & aksesori
    17.795 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Eiger Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Eiger Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Eiger memang terkenal dengan produk-produknya yang menunjang aktivitas penjelajahan alam ataupun riding. Salah satunya adalah jam tangan Eiger yang kualitasnya sudah tepercaya dan harganya juga cukup bersahabat. Tidak hanya untuk penjelajahan alam, jam tangan Eiger juga dirancang untuk memberikan gaya yang maksimal pada pemakainya.Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tips cara memilih jam tangan Eiger serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Seri mountaineering, riding, serta 1989 ada dalam rekomendasi kami. Jangan sampai ada yang terlewat agar Anda dapat menemukan jam tangan yang pas. Selamat membaca!
    Jam tangan & aksesori
    4.851 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Umumnya, jam tangan terbuat dari bahan logam, plastik, atau kulit. Nah, kali ini kami ingin memperkenalkan jam tangan yang dibuat dari bahan unik, yaitu kayu. Produsen jam tangan kayu lebih jarang terdengar dibanding produsen jam lainnya. Namun, belakangan ini berbagai produsen jam tangan kayu lokal, seperti Matoa, Lancellot, dan Lima, semakin populer.Ada beberapa pilihan jam tangan kayu berdasarkan jenis kayu dan fitur lainnya. Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas tentang pemilihan jam tangan kayu sekaligus memberikan rekomendasi untuk Anda. Simak artikel berikut!
    Jam tangan & aksesori
    11.362 Views
  • 10 Rekomendasi Tali Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tali Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tali kacamata merupakan salah satu pengaman kacamata agar tidak jatuh ketika dipakai. Ada banyak desain yang ditawarkan, seperti tali kacamata dari manik-manik, tali kacamata berdesain simpel untuk laki-laki, hingga sebagai aksesori yang modis. Produk tali kacamata yang ditawarkan pun memiliki panjang yang bervariasi dan terbuat dari bahan yang beragam.Agar Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan merekomendasikan sepuluh tali kacamata terbaik, mulai dari merek yang banyak dikenal seperti Shadez hingga tali kacamata yang handmade. Berani tampil beda dengan tali kacamata yang senada dengan style Anda? Let's check this out!
    Jam tangan & aksesori
    795 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori