1. TOP
  2. >
  3. Fashion pria
  4. >
  5. Aksesori pria
  6. >
  7. 10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)

Smartwatch menjadi kebutuhan tak terelakkan bagi masyarakat urban, terlebih para pria. Jam tangan pintar ini sangat multifungsi untuk mendukung aktivitas multitasking Anda. Tracking aktivitas harian, menerima telepon, dan berolahraga bisa Anda lakukan dengan smartwatch.


Apakah Anda berminat membeli smartwatch? Kami punya panduan dan ulasan agar Anda menemukan smartwatch terbaik. Beberapa merk smartwatch yang bagus dan terkenal, seperti Xiaomi, Samsung, dan Garmin, akan turut kami review di sini. Yuk, ikuti tips-tips kami.

Diperbaharui 08-14-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih smartwatch untuk pria

Berikut ini adalah panduan memilih smartwatch yang tepat untuk pria. Mari simak satu per satu tips dari kami.

① Pastikan sistem operasinya kompatibel dengan smartphone Anda

Pastikan sistem operasinya kompatibel dengan smartphone Anda

Dalam pengoperasiannya, smartwatch dilengkapi dengan sebuah sistem operasi atau biasa disingkat OS. Agar dapat digunakan, pastikan OS smartwatch pilihan Anda kompatibel dengan smartphone Anda. Ada dua jenis OS yang umum digunakan pada smartwatch, yaitu:


  • WatchOS

WatchOS adalah sistem operasi yang terpasang pada Apple Watch dan hanya bisa digunakan bersama perangkat berbasis iOS. Klik di sini untuk mengetahui detail fitur WatchOS.


  • Wear OS by Google

Wear OS by Google merupakan sistem operasi besutan Google terhubung langsung dengan akun Google. OS ini memiliki keunggulan dapat bekerja pada perangkat berbasis iOS maupun Android. Klik di sini untuk mengetahui detail fitur Wear OS.

② Periksa fitur yang tersedia pada smartwatch

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan fitur yang ditawarkan dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda membutuhkan smartwatch sederhana untuk sekadar memantau kesehatan ataukah untuk menunjang pekerjaan? Mari kenali terlebih dahulu fitur yang diusung smartwatch incaran Anda.

Notifikasi, ketahui pesan yang masuk tanpa perlu memegang smartphone Anda

Notifikasi, ketahui pesan yang masuk tanpa perlu memegang smartphone Anda

Untuk pria yang sering mobile dan dituntut selalu fast response, fitur notifikasi akan membantu mobilitas kerja jadi lebih cepat dan efisien. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui notifikasi, seperti e-mail, WhatsApp, dan chat lainnya langsung dari smartwatch Anda.


Sebagian besar smartwatch saat ini memang sudah dilengkapi dengan fitur notifikasi. Namun, ragam notifikasi yang ditampilkan bisa berbeda-beda bergantung pada model smartwatch Anda.


Pilihlah smartwatch yang menampilkan notifikasi sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa memilih smartwatch yang hanya menampilkan notifikasi pesan dan panggilan masuk. Di sisi lain, Anda juga bisa memilih tampilan notifikasi yang lebih lengkap.

Health care, fitur untuk memantau kesehatan tubuh Anda

Health care, fitur untuk memantau kesehatan tubuh Anda

Fitur yang satu ini merupakan fitur terpopuler yang paling sering dimanfaatkan saat memakai smartwatch. Selain memantau aktivitas olahraga, smartwatch juga membantu memantau kesehatan Anda.


Jika Anda adalah tipe pria yang gemar melakukan latihan fisik, jangan lupa untuk mengecek fitur ini. Fitur ini berfungsi sebagai fitness tracker yang membantu mencatat latihan fisik, detak jantung, hingga kalori yang terbakar


Beberapa model smartwatch terkini bahkan memiliki kecanggihan untuk mengukur tekanan darah dan level oksigen dalam darah. Fitur semacam ini tentu sangat tepat untuk membantu menjaga kesehatan dan mendukung gaya hidup sehat Anda.

GPS, rekam rute serta memandu perjalanan Anda

GPS, rekam rute serta memandu perjalanan Anda

Selanjutnya, gunakanlah smartwatch yang dilengkapi dengan GPS. Fitur navigasi ini dapat membantu mengetahui posisi dan memandu Anda sampai ke tempat tujuan. 


Selain sebagai navigator, GPS juga berfungsi sebagai perekam jejak. Fungsi ini bisa Anda gunakan untuk merekam rute jogging, bersepeda, atau perjalanan Anda. Jika Anda hobi melakukan road trip bersama teman atau pasangan, tentunya keberadaan fitur ini akan sangat berguna.

Cashless, bayar keperluan Anda dalam sekali tap!

Cashless, bayar keperluan Anda dalam sekali tap!

Bila Anda termasuk generasi cashless, pilihlah smartwatch yang mendukung fitur cashless payment ini. Fitur ini akan sangat membantu bila Anda ingin melakukan transaksi lebih cepat atau saat dompet Anda tertinggal, misalnya. 


Beberapa sistem pembayaran yang ada pada smartwatch, di antaranya Apple Pay, Garmin Pay, dan Google Pay. Sayangnya, untuk fitur pembayaran lewat Google Pay belum bisa dilakukan di semua negara.


Cashless payment ini bisa Anda nikmati pada beragam fasilitas. Contohnya, pembayaran moda transportasi Transjakarta dan MRT yang bisa Anda lakukan dengan smartwatch Lyfe Watch.

③ Pertimbangkan fitur waterproof dan dustproof untuk menunjang aktivitas outdoor

Pertimbangkan fitur waterproof dan dustproof untuk menunjang aktivitas outdoor

Saat ingin melakukan olahraga di luar ruangan atau berenang, pilihlah smartwatch yang waterproof dan dustproof. Setiap model smartwatch memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda dan hal ini bisa diketahui melalui kode IP yang tertera.


Kode IP ini dijelaskan dengan dua digit angka, misalnya, IP67. Angka pertama menunjukkan level antidust dan angka kedua menunjukkan level waterproof.


Level antidust digambarkan dengan angka 1–6, sedangkan level waterproof berada pada rentang angka 1–8. Makin tinggi angka yang tertera, maka makin bagus ketahanan smartwatch Anda.


Beberapa produk smartwatch memang dilengkapi fitur waterproof. Namun, meski sudah diklaim waterproof, beberapa merek smartwatch tidak dapat digunakan untuk menyelam atau berenang. Jadi, Anda perlu mencermati deskripsi spesifikasi smartwatch dengan teliti, ya.

④ Cek kapasitas dan daya tahan baterai

Cek kapasitas dan daya tahan baterai

Saat memilih smartwatch, penting untuk mencermati kapasitas baterainya. Mayoritas smartwatch dapat dipakai lebih dari sehari. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut kehabisan daya saat beraktivitas. Namun, jika Anda ingin memiliki smartwatch yang lebih tahan lama, kami merekomendasikan smartwatch dengan baterai berkapasitas besar.


Beberapa smartwatch juga dilengkapi dengan pengaturan mode, seperti mode hemat baterai atau mode kinerja maksimal. Dengan pilihan mode ini, Anda bisa menghemat baterai smartwatch dengan menyesuaikan pemakaiannya pada kebutuhan Anda saja. 

⑤ Sesuaikan desain smartwatch dengan aktivitas Anda

Smartwatch hadir dalam beragam desain yang bisa Anda sesuaikan dengan style Anda. Desain smartwach juga dapat menambah kesan maskulin pada diri Anda, lho. Yuk, pilih smartwatch berdasarkan desainnya!

Kesan formal, ideal dengan display analog

Kesan formal, ideal dengan display analog

Mayoritas smartwatch pria beredar dengan tampilan layaknya jam digital. Namun, beberapa smartwatch lainnya juga memiliki tampilan seperti jam analog.


Untuk kesan formal, misal saat bekerja, Anda bisa memilih smartwatch pria dengan tampilan analogSmartwatch tipe ini memiliki penampilan layaknya jam tangan analog dengan tombol kecil di bagian strap. Desain ini terlihat lebih elegan untuk acara formal.


Namun, ada pula smartwatch hybrid yang memungkinkan Anda untuk memilih display jam analog maupun digital. Dengan smartwatch ini, Anda bisa memiliki dua tampilan hanya dengan satu perangkat.

Tampilan kasual, pilih smartwatch dengan replacable strap

Tampilan kasual, pilih smartwatch dengan replacable strap

Beberapa smartwatch memiliki strap yang bisa digonti-ganti. Anda bahkan bisa mengganti strap smartwatch sesuai mood atau tema OOTD Anda. Ini adalah smartwatch yang sempurna untuk pria yang ingin tampil fashionable.


Carilah strap yang kompatibel dengan smartwatch Anda. Makin bervariasi pilihan strap-nya, makin banyak ide fashion yang dapat Anda ciptakan. Sekarang ini, telah tersedia pilihan strap warna-warni berbahan silikon, maupun strap logam yang tampak lebih mewah.

10 Rekomendasi smartwatch terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk smartwatch terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Huawei

Band 6

Huawei  Band 6 1枚目

Smartwatch rasa personal assistant

2

Xiaomi

Mi Smart Band 6

Xiaomi  Mi Smart Band 6 1枚目

Dengan enam pilihan warna strap yang meriah

3

Aukey

Smartwatch Fitnes Tracker 12 Activity

Aukey  Smartwatch Fitnes Tracker 12 Activity 1枚目

Dengan teknologi Smart Remote Control, angkat telepon dengan smartwatch

4

OASE

Olike Smartwatch Horizon W1

OASE Olike Smartwatch Horizon W1 1枚目

Desain minimalis dengan layar jernih yang full color

5

VYATTA

Fitme Soul Gen II Smartwatch

VYATTA  Fitme Soul Gen II Smartwatch 1枚目

Kostumisasi display smartwatch dengan puluhan pilihan desain

6

Amazfit

Neo Smartwatch

Amazfit Neo Smartwatch 1枚目

Desai retro dengan fitur modern

7

Aolon

Smartwatch T500 Plus + Pro

Aolon Smartwatch T500 Plus + Pro 1枚目

Smartwatch unik dengan game di dalamnya

8

Garmin

Venu Sq

Garmin Venu Sq 1枚目

Smartwatch kaya fitur yang worth it dibawa pulang

9

Samsung

Galaxy Watch4 Bluetooth (40mm)

Samsung Galaxy Watch4 Bluetooth (40mm) 1枚目

Lebih mudah membaca komposisi tubuh Anda

10

FITBIT

Inspire 2 Fitness Trackers

FITBIT  Inspire 2 Fitness Trackers 1枚目

Smartwatch swimproof hingga kedalaman puluhan meter!

Perincian produk
Close
No.1

Smartwatch rasa personal assistant

Ingin smartwatch serba bisa seperti personal assistant? Anda harus coba jam tangan pintar berikut ini. Smartwatch Huawei tidak hanya berfungsi sebagai pelacak kebugaran Anda, tetapi juga bisa berinteraksi dengan ponsel Anda.


Beragam notifikasi hingga ambil foto bisa Anda lakukan dengan dalam pergelangan tangan Anda. Smartwatch pria ini juga mampu membaca 96 mode olahraga yang kemudian akan dianalisis dalam grafik yang mudah Anda baca. Dengan tampilan yang lebih besar dan bezel tipis, Anda bisa melihat layarnya dengan lebih lega.

No.2

Xiaomi Mi Smart Band 6

Mulai dari Rp599.000,00

Dengan enam pilihan warna strap yang meriah

Personalisasi display smartwatch mungkin sudah biasa. Namun, smartwatch Xiaomi menawarkan hal yang menarik dengan pilihan strap yang beragam. Tak hanya tiga, tetapi enam rubber strap yang semua warnanya eye-catching!


Selain menarik dari segi desain, kualitas smartwatch Xiaomi juga tak perlu diragukan lagi. Fitur yang disediakan cukup kompatibel dengan kebutuhan sehari-hari. Memantau kegiatan olahraga, kesehatan, hingga notifikasi jadi lebih mudah. Dengan layar yang lebih besar dari seri pendahulunya, smartwatch ini cocok untuk pria yang suka tampil sporty.

No.3

Aukey Smartwatch Fitnes Tracker 12 Activity500911

Mulai dari Rp699.000,00

Dengan teknologi Smart Remote Control, angkat telepon dengan smartwatch

Untuk Anda yang punya segudang aktivitas padat, kami rekomendasikan smartwatch dari OASE. Smartwatch pria ini bisa menerima banyak notifikasi, termasuk mengangkat telepon. Hal ini tentu akan membantu aktivitas Anda jadi terasa lebih efisien, bukan?


Seperti smartwatch lainnya, jam tangan ini juga akan membantu Anda dalam memantau kesehatan serta aktivitas olahraga. Dengan harga yang terbilang tidak terlalu mahal, smartwatch ini menawarkan beragam fitur dengan baterai yang tahan lama.

No.4

OASEOlike Smartwatch Horizon W1

Mulai dari Rp1.099.000,00

Desain minimalis dengan layar jernih yang full color

Rekomendasi smartwatch pria berikut ditujukan untuk Anda yang mencari jam tangan pintar berdesain minimalis. Dengan desain yang mirip dengan jam tangan pada umumnya, smartwatch Olike cocok dipakai untuk menemani aktivitas sehari-hari.


Tentu saja, Anda masih bisa mengatur display smartwatch hybrid ini seperti jam analog maupun digital. Pengisian daya smartwatch ini tak memerlukan waktu yang terlalu lama. Hanya dalam dua jam, Olike bisa aktif hingga 15 hari. Baterai yang cukup tahan lama, ya!

No.5

VYATTA Fitme Soul Gen II Smartwatch

Mulai dari Rp1.599.000,00

Kostumisasi display smartwatch dengan puluhan pilihan desain

Salah satu hal yang menarik dari sebuah smartwatch adalah keasyikan dalam mengatur display jam Anda. Seperti halnya dengan smartwatch pria VYATTA yang layarnya bisa Anda ganti dengan puluhan pilihan display.


Ditambah dengan bezel yang tipis, wallpaper dan tampilan layar smartwatch ini akan tampak makin lega. Desain smartwatch yang maskulin ini juga didukung dengan premium aluminium body yang kuat dan tahan lama. Jam tangan pintar ini cocok dipakai berolahraga dan sehari-hari.

No.6

AmazfitNeo Smartwatch

Mulai dari Rp599.000,00

Desai retro dengan fitur modern

Smartwatch umumnya memiliki desain full layar yang terkadang tampak monoton. Amazfit hadir dengan penyegaran display jam pintar yang berbeda. Smartwatch pria ini menampilkan desain classic retro yang mengingatkan Anda pada jam tangan era 90-an.


Pada bagian samping, Anda juga akan menemukan empat tombol fisik yang makin menyeimbangkan gaya dan fungsionalitasnya. Berbeda dengan smartwatch kebanyakan yang layarnya perlu diaktifkan, layar smartwatch Amazfit selalu menyala. Tak cuma unggul dengan desain, smartwatch ini juga menawarkan daya baterai yang tahan lama hingga sebulan, lho.

No.7

AolonSmartwatch T500 Plus + Pro

Mulai dari Rp399.000,00

Smartwatch unik dengan game di dalamnya

Jam tangan pintar yang satu ini bisa dibilang memiliki fitur kesehatan dan pendukung olahraga yang sederhana. Namun, smartwatch dengan aplikasi game barangkali hanya ada pada Aolon T500+Pro. Smartwatch unik ini mengusung fitur standar, seperti penghitung saturasi oksigen, pernafasan, dan pengenalan belasan jenis olahraga.


Meski begitu, smartwatch pria ini memiliki keunggulan lain. Misalnya saja, kelebihan dalam pengisian daya yang wireless dan cepat. Aksesori pada smartwatch ini juga tersedia dalam banyak pilihan sehingga dapat Anda custom sesuka Anda.

No.8

GarminVenu Sq010-02427-80

Mulai dari Rp3.199.000,00

Smartwatch kaya fitur yang worth it dibawa pulang

Pencarian merek smartwatch terbaik agaknya bisa berlabuh pada Garmin. Smartwatch pria yang satu ini menawarkan beragam fitur all-in-one untuk segala aktivitas Anda. Mulai dari monitoring level energi, saturasi oksigen, hidrasi, hingga GPS ada pada jam pintar ini.


Smartwatch ini bahkan menawarkan smart notifications yang memungkinkan Anda untuk membalas pesan teks langsung pada layarnya. Smartwatch yang digadang-gadang sebagai pesaing Apple Watch ini juga tahan air sehingga bisa dipakai mandi, spa, hingga berenang. Jika bicara mengenai bodi, Garmin menyematkan Gorilla® Glass 3 yang pastinya kuat, tetapi ringan.

No.9

SamsungGalaxy Watch4 Bluetooth (40mm)

Mulai dari Rp2.999.000,00

Lebih mudah membaca komposisi tubuh Anda

Salah satu indikasi keberhasilan olahraga Anda adalah dengan mengecek komposisi tubuh Anda. Samsung Galaxy Watch4 menghadirkan smartwatch canggih dengan fitur body composition yang dapat membaca massa tubuh Anda. Membuat target workout dijamin makin mudah!


Daily activity dan fitness pun bisa Anda track dengan mudah karena jam pintar ini mampu membaca 90 macam exercises. Untuk urusan kesehatan, smartwatch pria ini juga bisa membaca tekanan darah, irama jantung, dan menganalisis tidur Anda. Dari segi desain, tampilan smartwatch ini bisa Anda custom dengan puluhan desain menarik.

No.10

FITBIT Inspire 2 Fitness Trackers

Mulai dari Rp1.899.000,00

Smartwatch swimproof hingga kedalaman puluhan meter!

Bagi Anda yang hobi berenang, tak mudah menemukan smartwatch bandel yang bisa leluasa dipakai di kolam, bukan? Smartwatch Fitbit diciptakan untuk Anda. Dengan kemampuan waterproof hingga 50 meter, monitoring kegiatan berenang Anda jadi lebih mudah.


Fitbit juga dilengkapi fitur SmartTrack™ yang mampu melacak 20 macam olahraga serta Daily Readiness Score yang menunjukkan score kesiapan workout Anda. Dalam sekali charge, smartwatch dengan baterai tahan lama ini mampu bertahan 10 hari. Jika hilang, menemukan smartwatch ini juga bukan perkara sulit berkat fitur Find With Tile™.

Baca juga rekomendasi jam tangan pria lainnya di sini!

Tak hanya ulasan smartwatch untuk pria, kami juga masih punya artikel menarik lainnya. Di bawah ini kami menyediakan berbagai ulasan menarik mengenai jam tangan pria. Silakan klik link di bawah ini untuk membacanya, ya!

Kesimpulan

Lambat laun, smartwatch menjadi perangkat yang dibutuhkan dalam keseharian. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam satu perangkat kecil ini. Tak hanya fiturnya yang fungsional, smartwatch juga memenuhi kebutuhan style Anda.


Untuk menemukan smartwatch yang sesuai dengan kebutuhan Anda, perhatikan setiap detail spesifikasi yang ditawarkan. Hal yang terpenting, jangan lupa menggunakan panduan memilih dari kami, ya. Selamat memilih smartwatch impian Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer