• 10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)

Walaupun ikat pinggang biasanya tidak terlihat mencolok saat dikenakan karena tertutup kemeja atau jas, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Agar penampilan tetap keren, pertimbangkanlah ukuran, tipe gesper, dan materialnya dengan cermat. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran, baik itu produksi luar maupun dalam negeri, mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.

Pada artikel ini kami akan membagikan tips dan trik dasar menemukan sabuk kulit terbaik untuk pria sekaligus memberikan sepuluh produk rekomendasi. Selain untuk dipakai sendiri, pilihan produk ini juga bisa dijadikan inspirasi hadiah untuk orang yang Anda kasihi.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 7.391 Views
Daftar isi

Cara memilih ikat pinggang kulit untuk pria

Sebelum memilih produk yang diinginkan, pelajarilah terlebih dahulu poin-poin dasar dalam memilih ikat pinggang kulit untuk pria. Meskipun tidak sulit, bacalah terlebih dahulu panduan simpelnya berikut ini!

Pilih material kulit asli agar awet dipakai

Pilih material kulit asli agar awet dipakai
Ikat pinggang kulit secara umum terbuat dari dua jenis bahan, yaitu kulit asli (genuine leather) dan kulit sintetis (synthetic leather). Apabila Anda bingung dalam memilih, pilihlah yang menggunakan bahan kulit asli. Material kulit sintetis memang memiliki keunggulan harga yang murah dan lebih banyak dijual, tetapi lubang pengaitnya cepat melar. Selain itu, kulit imitasinya pun cepat rusak sehingga perlu diganti lebih sering.
Ikat pinggang dengan material kulit asli dapat dipakai lebih awet. Teksturnya pun akan berubah menjadi lebih bagus. Saat memilih ikat pinggang kulit pertama kali, direkomendasikan untuk memilih material kulit sapi. Jika Anda memiliki budget lebih, pilihlah kulit sapi kualitas tinggi berbahan kip atau calf. Di atasnya lagi, Anda bisa memilih cordovan yang terbuat dari kulit kuda.

Pilih ikat pinggang dengan jahitan yang halus

Pilih ikat pinggang dengan jahitan yang halus
Selain materialnya, perhatikan juga kerapian jahitannya. Sebisa mungkin, pilihlah ikat pinggang kulit dengan jahitan yang halus.
Apabila Anda memperhatikan ikat pinggang kulit dengan saksama, di bagian pinggirnya akan terlihat jahitan dengan pola yang bisa bervariasi pada tiap belt. Ada ikat pinggang yang memiliki pola jahitan besar dengan benang berwarna yang cocok untuk busana casual. Jahitan semacam ini juga kurang mampu menonjolkan ciri khas tekstur kulit sehingga tidak cocok untuk tujuan bisnis.
Selain ikat pinggang kulit yang ada jahitannya, ada juga yang tidak memiliki jahitan sama sekali. Akan tetapi, tipe seperti ini juga lebih cocok untuk pemakaian casual. Bagi penggunaan yang bersifat bisnis, pilihlah jahitan yang tidak terlalu mencolok.

Pilih hitam atau cokelat? Sesuaikan dengan warna sepatu

Pilih hitam atau cokelat? Sesuaikan dengan warna sepatu
Untuk situasi bisnis atau urusan pekerjaan, pilihlah ikat pinggang dengan warna tidak terlalu mencolok. Warna yang secara umum cocok untuk situasi ini adalah hitam dan cokelat. Apabila Anda bingung memilih di antara dua warna ini, pilihlah warna hitam yang bisa dipakai untuk berbagai suasana.
Bagi Anda yang ingin tetap tampil fashionable saat bekerja, sesuaikanlah warna ikat pinggang dengan sepatu yang dikenakan. Sepatu hitam tidak memberikan perbedaaan nuansa warna mencolok. Akan tetapi, jika warnanya cokelat, pilihlah belt dengan warna yang selaras agar penampilan Anda lebih fashionable.

Pilih yang lebarnya sekitar 3 cm

Pilih yang lebarnya sekitar 3 cm
Pilihan lebar ikat pinggang sangat beragam. Namun, untuk penampilan formal, disarankan menggunakan ikat pinggang kulit yang ukurannya kecil.
Lebar yang ideal adalah sekitar 3 cm. Jika kurang dari 3 cm akan menambah kesan fashionable dalam berpakaian. Sebaliknya, lebar lebih dari 4 cm akan lebih berkesan casual. Ikat pinggang kulit secara umum memiliki rentang lebar 3-3,5 cm. Jika Anda bingung menentukan, pilihlah sabuk di antara rentang lebar tersebut.

Pilih desain yang simpel, hindari pola bentuk rajutan atau embossed

Pilih desain yang simpel, hindari pola bentuk rajutan atau embossed
Ikat pinggang kulit terbaik untuk tujuan bisnis adalah yang memiliki desain simpel. Style yang tersedia pun beragam, termasuk yang embossed atau yang memiliki pola berbentuk rajutan. Sebisa mungkin, pilihlah sabuk yang permukaannya mulus dan polos tanpa dekorasi. Penggunaan enamel pada gesper masih oke, tetapi sebaiknya dihindari jika digunakan bersama material suede.

Pilih gesper bentuk kotak dengan tipe pin

Pilih gesper bentuk kotak dengan tipe pin
Buckle atau gesper adalah kepala sabuk yang terbuat dari metal dan berfungsi menahan sabuk tetap pada posisinya. Pada ikat pinggang kulit yang dipakai untuk aktivitas formal, bentuk yang paling tepat adalah gesper persegi panjang dengan satu pin untuk dimasukkan ke dalam lubang ikat pinggang. Ada baiknya untuk memiliki setidaknya satu sabuk tipe ini di rumah.
Selain dari tipe buckle yang memiliki pin, Anda juga dapat memilih tipe yang tanpa pin sehingga tidak perlu melubangi sabuk. Apapun tipenya, buckle berfungsi untuk mengaitkan sabuk dengan kuat supaya tidak lepas. Selain itu, banyak juga brand yang memiliki buckle bercorak, tetapi sebaiknya hindari desain yang terlalu mencolok.

Pilih sabuk yang panjangnya bisa diatur sendiri

Pilih sabuk yang panjangnya bisa diatur sendiri
Selain dari ikat pinggang bertipe fixed yang tidak dapat disetel, terdapat pula belt yang adjustable. Dengan memilih sabuk yang bisa disetel, Anda bisa mengatur panjang sabuk sesuai dengan ukuran lingkar perut sehingga bisa memaksimalkan busana Anda agar semakin stylish.
Sebagai contoh, ada ikat pinggang yang pemakaiannya akan terlihat lebih stylish jika pinnya terpasang di lubang paling tengah. Pada sabuk yang tidak dapat disetel, posisi pin bisa jadi masuk di lubang yang paling ujung atau di posisi yang membuat belt kelihatan kurang fashionable. Agar terhindar dari hal tersebut, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih sabuk yang panjangnya bisa diatur.

10 Rekomendasi ikat pinggang kulit terbaik untuk pria

Setelah Anda mengetahui tips dan trik dasar cara memilih ikat pinggang kulit untuk pria, pada bagian ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk ikat pingggang dari kulit terbaik tahun ini.
WarnaHitam
Lebar4 cm
GesperAutomatic・rectangular
Adjustable
WarnaCokelat
Lebar3,7 cm
GesperPin・rectangular
Adjustable
WarnaHitam
Lebar4 cm
GesperAutomatic・rectangular
Adjustable
WarnaBlack, coffee
Lebar3,5 cm
GesperAutomatic・rectangular
AdjustableTidak disebutkan
WarnaBrown coffee
Lebar3,4 cm
GesperAutomatic・rectangular
Adjustable✔️
WarnaHitam
Lebar3,5 cm
GesperAutomatic・rectangular
Adjustable✔️

4. Classic Retro Double Pin Buckle Belt

Rp 127.000,00

WarnaCoffee
Lebar3,8 cm
GesperPin・rectangular
Adjustable×
WarnaBlack
Lebar4 cm
GesperPin・rectangular
Adjustable×
WarnaBlack, coffee, brown
Lebar4 cm
GesperPin・rectangular
Adjustable×

1. Ikat Pinggang Pria Kulit Asli Full Black

Rp 100.000,00

WarnaHitam
Lebar3,7 cm
GesperPin・rectangular
AdjustableTidak disebutkan

Kesimpulan

Pada artikel ini kami telah merekomendasikan sepuluh ikat pinggang kulit pilihan terbaik tahun ini yang dijual di Indonesia. Ikat pinggang kulit yang umumnya dipakai untuk tujuan bisnis memang tersembunyi di balik jas, tetapi bukan berarti Anda dapat memilih asal-asalan. Pukau rekan kerja dan juga klien dengan style busana termasuk belt yang classy. Carpe diem!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Converse Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Converse Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika ada pertanyaan merek sepatu yang tak lekang oleh zaman, mungkin yang akan langsung tebersit di pikiran Anda adalah Converse, terutama seri Chuck Taylor-nya. Baik pria maupun wanita, mungkin pernah membeli sepatu Converse. Hal ini menjadi bukti bahwa Converse bisa diterima oleh semua kalangan dan berbagai generasi.Converse memiliki beberapa jenis model dan tipe. Mungkin banyak di antara Anda yang ingin membeli sepatu Converse, tetapi bingung model apa yang sebaiknya Anda pilih. Di dalam artikel ini, kami akan membahas sepatu Converse mulai dari jenis-jenisnya hingga rekomendasi produk terbaiknya. Oleh karena itu, simak baik-baik artikel ini, ya!
    Fashion
    22.646 Views
  • 10 Rekomendasi Sandal Pria Terbaik yang Modis (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sandal Pria Terbaik yang Modis (Terbaru Tahun 2020)
    Tak hanya wanita, kini pria pun ingin tampil modis dari ujung kepala hingga ke ujung kaki. Salah satu penunjangnya adalah sandal yang modis. Saat ini, sudah banyak online shop menjual berbagai sandal modis untuk pria yang mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya.Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sandal pria yang modis serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik kepada Anda. Berbagai merek, seperti Crocs, Fipper, Eiger, dan lainnya dengan beragam bahan yang nyaman pun akan kami ulas. Simak terus artikel kami, ya!
    Fashion
    14.951 Views
  • 10 Rekomendasi Bra Tanpa Kawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bra Tanpa Kawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tentunya tidak sedikit dari pengguna bra yang merasa bahwa bra berkawat sering kali membuat dada terasa sesak. Untuk para pengguna bra yang merasa sepereti itu, bra tanpa kawat adalah jawaban paling tepat agar payudara tidak terlihat kendur namun tetap tidak membuat dada terasa sesak.Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih bra tanpa kawat serta memperkenalkan rekomendasi produk bra tanpa kawat yang bisa dibeli di toko online dan lainnya. Tanpa adanya kawat pada bra, dada akan terasa lebih lapang dan tidak sesak. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Fashion
    12.602 Views
  • 10 Rekomendasi Busana Muslim Gamis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Busana Muslim Gamis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi para hijaber, busana muslim seperti gamis merupakan pilihan yang dapat diandalkan untuk segala acara. Bentuknya yang berupa long dress atau gaun berpotongan A-line dinilai cocok untuk berbagai bentuk tubuh. Menyambut Lebaran atau hari spesial lainnya, pastinya Anda ingin tampil maksimal demi mengesankan keluarga dan rekan-rekan, bukan?Artikel ini kami persembahkan untuk Anda yang mengikuti trend hijab kekinian dan mencari gamis terbaik. Anda dapat memilih dari gamis batik hingga brokat, serta dari merek terbaik seperti Tuneeca, Zoya, Bibiq, dan sebagainya. Siap tampil memukau dengan gamis?
    Fashion
    10.743 Views
  • 10 Rekomendasi Topi Terbaik Untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Topi Terbaik Untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    Dari yang awalnya bertujuan untuk melindungi kepala, kini topi berubah menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki. Para pria mengenakan topi supaya tampil lebih gaya, sekaligus menunjukkan fashion statement mereka. Pemakaian topi jenis tertentu juga bisa memperkuat citra diri yang hendak ditampilkan.Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa jenama ternama yang memproduksi topi untuk pria, mulai dari Adidas, Champion, hingga Eiger. Tak lupa juga, kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis topi serta bagaimana cara memilih topi terbaik. Siapkan diri Anda untuk pembahasan lebih jauh.
    Fashion
    10.284 Views
  • 10 Rekomendasi Body Bag/Sling Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Body Bag/Sling Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    Belakangan ini, tas dengan model sling bag banyak digemari para pria berbagai usia. Hal ini tak lepas dari desainnya yang membebaskan tangan untuk bergerak sehingga nyaman digunakan. Merek ternama, seperti Eiger, Urban Factor, dan sebagainya berlomba menyajikan desain yang variatif.Namun, selain berdasarkan desain, masih banyak yang menjadi pertimbangan dalam memilih sling bag. Pada kesempatan ini, kami akan membagikan tips apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam memilih sling bag, serta produk terbaik yang bisa jadi referensi. Agar tidak salah pilih, mari simak ulasan kami di bawah ini, ya!
    Fashion
    18.328 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sandal Wanita Terbaik untuk Kerja (Terbaik Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Sandal Wanita Terbaik untuk Kerja (Terbaik Tahun 2020)
    Apakah Anda memilih sepatu sandal sebagai pelengkap busana untuk pergi ke kantor? Sepatu sandal dapat menjadi teman setia bagi wanita karier yang menemani aktivitas harian tanpa lelah. Hak dan sol sepatu sandal dirancang senyaman mungkin untuk mencegah lelah meski Anda banyak berjalan, bahkan ada yang mampu mengurangi nyeri lutut! Sepatu sandal juga mendukung penampilan agar Anda lebih bergaya di kantor.Bookmark artikel ini apabila Anda mencari sepatu sandal terbaik untuk kerja yang dapat dijadikan koleksi. Beberapa merek sepatu terbaik yang bisa didapatkan di dalam negeri, seperti BATA, Amazara, Beajove, Gabino, Vionic Shoes, dan Dr. Kevin dapat dibeli dengan mudah di toko online. Mari memilih sepatu sandal wanita yang nyaman dan modis untuk dipakai ke kantor!
    Fashion
    2.025 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori