• 10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu aksesori penting penunjang penampilan pria adalah ikat pinggang. Tidak berlebihan bila dikatakan bahwa ikat pinggang kulit merupakan salah satu simbol style seorang pria. Karena itu, tidak jarang para pria mengutamakan produk ikat pinggang kulit asli yang branded dan original.


Namun, beberapa orang sering melakukan kesalahan dalam memilih ikat pinggang yang bagus. Nah, untuk menemukan ikat pinggang kulit yang tepat, kami punya tips dan triknya. Kali ini, kami akan mengulas beragam ikat pinggang kulit terbaik, mulai dari merek BOSTANTEN, Pierre Cardin, Garut Kulit, hingga Levi's. Yuk, simak bersama!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Radit Mananta
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 April 2022
Daftar isi

Tabel perbandingan produk ikat pinggang kulit terbaik untuk pria

Gambar produk
1
BOSTANTEN Ikat Pinggang Pria Hitam Kulit Sapi Asli 1

BOSTANTEN

2
Mekafa Mexa Dark Brown 1

Mekafa

3
Garut Kulit  Formal Belt Kulit Asli 1

Garut Kulit

4
Kenes Leather Sabuk Pria Custom 1

Kenes Leather

5
Louis Andreano  Ikat Pinggang Pria Reversible 1

Louis Andreano

6
BRODO Stereo Leather 34 Inch Black 1

BRODO

7
Lombardi Giovanni Ikat Pinggang Elastis Kombinasi 1

Lombardi Giovanni

8
Pierre Cardin Ikat Pinggang Pria Kulit  1

Pierre Cardin

9
Levi Strauss & Co. Levi's® Men'S S&H Collection Belt 1

Levi Strauss & Co.

10
Hamlin Hamlin Nuby Ikat Pinggang Pria Material Kulit 1

Hamlin

Nama produk

Ikat Pinggang Pria Hitam Kulit Sapi Asli

Mexa Dark Brown

Formal Belt Kulit Asli

Sabuk Pria Custom

Ikat Pinggang Pria Reversible

Stereo Leather 34 Inch Black

Ikat Pinggang Elastis Kombinasi

Ikat Pinggang Pria Kulit

Levi's® Men'S S&H Collection Belt

Hamlin Nuby Ikat Pinggang Pria Material Kulit

Keunggulan

Ikat pinggang yang praktis dan lebih presisi dalam berbagai ukuran

Produk berkualitas kelas internasional buatan para pengrajin lokal

Semua bisa tampil rapi, bahkan Anda yang berbodi plus size!

Lebih personal dengan sabuk kulit bergrafir nama

Satu untuk semua, ikat pinggang 2-in-1 dengan gesper rotatable

Warna senada untuk look yang simpel

Aksesori unik bagi Anda yang berjiwa muda

Atur ukuran sabuk sepresisi mungkin dengan satu sentuhan saja

Si penambah kece penampilan celana jeans Anda

Japanese style untuk pelengkap outfit sehari-hari dan couple look Anda

Harga mulai dariRp 380.000,00Rp 237.000,00Rp 225.000,00Rp 200.000,00Rp 399.000,00Rp 350.000,00Rp 238.000,00Rp 1.099.000,00Rp 549.900,00Rp 1.570.500,00
Material strapKulit sapiKulit sapiKulit asliHigh quality premium leatherKulit sapiGenuine leatherElastic nylon, kulit sapiLeatherGrain leatherLeather
WarnaHitam/CokelatCokelatHitam, Cokelat Tua, Cokelat MudaBlack, Dark BrownHitam/CokelatHitamBlack, Brown, Blue, Cream, GreenHitamRegular Black, Dark BrownBrown
Material gesperLogam antikaratBesiTidak disebutkanKuninganTidak disebutkanTidak disebutkanMetalTidak disebutkanTidak disebutkanMetal
Panjang M (110 cm), L (115 cm), XL (120 cm), XXL (125 cm)L (110 cm), XL (120 cm), XXL (130 cm)125 cm, 175 cm120 cm110–115 cm111,5 cmS (95 cm), M (100 cm), L (105 cm), XL 110 cm110 cm, 115 cm, 130 cmTidak disebutkan110 cm
GayaFormal, semiformalInformalFormalFormal, semiformalSemiformal, informalSemiformal, informalInformalFormal, semiformal, informalSemiformal, informalInformal
Lebar3,5 cm3,8 cm4 cm3,5 cm, 4 cm3,3 cm4 cmTidak disebutkan3,5 cm4 cm3,8 cm
Tautan produk

Cara memilih ikat pinggang kulit untuk pria

Memilih ikat pinggang tidak cuma soal merek dan harga. Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan agar penampilan Anda makin optimal. Nah, ikuti poin-poin yang sudah kami rangkum di bawah ini, ya!

Gunakan material kulit asli agar lebih awet

Gunakan material kulit asli agar lebih awet

Ikat pinggang kulit secara umum dibagi menjadi dua jenis berdasarkan jenis kulitnya yaitu kulit asli dan kulit sintetis. Ikat pinggang mana yang sebagaiknya dipilih? Sudah pasti ikat pinggang yang terbuat dari kulit asli. Kulit asli sebagai bahan utama sabuk dapat berasal dari hewan-hewan berikut:


  • Kulit sapi


Kulit hewan ternak yang satu ini memang paling umum digunakan sebagai bahan ikat pinggang. Sabuk berbahan kulit sapi asli memiliki tekstur yang akan makin baik bila lebih sering digunakan. Selain awet, harganya pun lebih bersahabat di kelas kulit asli. Bila memungkinkan, pilihlah produk dari bahan kulit sapi muda atau calf karena teksturnya lebih lembut dan fleksibel.


  • Kulit buaya


Bagi sebagian orang, fashion item dari kulit buaya merupakan sebuah prestise. Kulit buaya bertekstur keras dan tebal sehingga lebih sulit diproses. Karena sulitnya proses produksi dan kelangkaannya, tidak heran bila harganya pun mahal. Permukaan kasar dengan pola yang khas menjadi keunikannya tersendiri. Namun, ikat pinggang berbahan kulit buaya masih sangat jarang di pasaran Indonesia.


  • Kulit ular


Sabuk berkulit ular barangkali merupakan salah satu fashion item eksotis yang hanya digemari oleh kalangan tertentu. Jadi, tidak mengherankan jika produknya pun sangat jarang di pasaran. Kulit ular juga terkenal akan tekstur unik dan polanya yang cantik, tergantung jenis ular yang digunakan.


Perhatikan pula bahwa kualitas umumnya berbanding lurus dengan harga. Karena itu, jangan mudah tergiur dengan sabuk kulit asli yang berharga murah karena bisa jadi produk tersebut berbahan kulit sintetis. Meski bukan berarti tidak berkualitas, nyatanya ikat pinggang berbahan kulit sintetis cenderung mudah melar dan tergores. Karena cepat rusak, Anda pun harus berganti ikat pinggang lebih sering.

Cari yang nyaman digunakan

Bagi sebagian orang, ikat pinggang hanya dikenakan pada momen-momen tertentu. Namun, bagi sebagian lainnya, ikat pinggang barangkali dikenakan sepanjang hari. Misalnya, bagi orang yang sehari-harinya bekerja kantoran. Karena itu, pilihlah produk yang paling nyaman dikenakan.

Jahitan yang halus dan rapi untuk menunjang penampilan

Salah satu poin penting dalam memilih ikat pinggang adalah jahitannya. Pilihlah ikat pinggang dengan jahitan yang halus. Beberapa ikat pinggang memiliki jahitan pada kedua sisinya dan terkadang bentuknya bervariasi, bahkan berwarna mencolok. Nah, jahitan besar berisiko membuat tekstur kulit mengendur. Selain itu, model ikat pingang seperti itu lebih cocok untuk style kasual.


Di sisi lain, terdapat pula ikat pinggang yang tak memiliki jahitan sama sekali. Meski dipengaruhi juga oleh modelnya, tipe sabuk seperti ini kebanyakan lebih cocok untuk outfit informal. Untuk tampilan formal dan bisnis, sebaiknya Anda menggunakan ikat pinggang dengan jahitan yang halus.

Lebar berkisar 3–4 cm agar lebih mudah dikenakan

Ikat pinggang memiliki lebar yang beragam. Ukuran lebar ikat pinggang juga memengaruhi kesan yang ditampilkan. Untuk tampilan formal dan keperluan bisnis, ikat pinggang yang tidak terlalu lebar adalah pilihan yang paling ideal. Ukuran paling ideal yang dimaksud adalah ikat pinggang dengan lebar sekitar 3 cm.


Meski begitu, ikat pinggang dengan lebar 3 cm–4 cm merupakan ukuran paling umum yang beredar di pasaran. Ukuran tersebut juga tidak akan melebihi besarnya lubang sabuk pada celana Anda. Jika Anda memilih ikat pinggang dengan lebar 4 cm atau lebih, hal itu justru akan menimbulkan kesan kasual.

Ukuran adjustable supaya melingkar lebih pas pada pinggang

Ukuran adjustable supaya melingkar lebih pas pada pinggang

Ikat pinggang yang adjustable tentu akan tampak lebih fit dan bagus ketika dikenakan. Biasanya terdapat beberapa lubang pengait yang berjejer di sepanjang sabuk. Untuk tampilan yang terlihat stylish dan ideal, kaitkanlah pin pada lubang yang terletak di jajaran tengah. 


Namun, jika ikat pinggang tidak adjustable, kemungkinan pin akan terlalu dekat dengan ujung ikat pinggang atau sebaliknya. Bila sudah seperti ini, ikat pinggang Anda akan tampak aneh dan tampak kurang ideal. Karena itu, perhatikanlah pula panjang strap sabuk pilihan Anda supaya dapat melingkar dengan pas di pinggang.

Sesuaikan warna ikat pinggang dengan sepatu

Sesuaikan warna ikat pinggang dengan sepatu

Memilih ikat pinggang dengan warna mencolok untuk penampilan formal bukanlah ide yang tepat. Sebaiknya, pilihlah ikat pinggang warna hitam atau cokelat untuk kesan formal. Bila Anda ragu memilih ikat pinggang warna cokelat, kami sarankan Anda memilih warna hitam yang multifungsi. 


Selanjutnya, sesuaikan warna ikat pinggang dengan sepatu Anda. Ini adalah trik untuk Anda yang ingin tetap fashionable dibalik kesan formal. Lebih modis lagi bila Anda mampu menyesuaikan corak ikat pinggang yang senada dengan sepatu yang Anda pakai.


Untuk sepatu hitam, pemilihan ikat pinggang mungkin akan lebih mudah. Namun, untuk sepatu warna cokelat, mungkin Anda akan sedikit kesulitan. Kuncinya, pilihlah ikat pinggang dengan warna yang selaras dengan sepatu Anda untuk menonjolkan kesan fashionable.

Utamakan gesper berbentuk kotak dengan pin

Gesper merupakan bagian depan ikat pinggang yang berfungsi sebagai pengikat. Desain gesper yang paling ideal untuk tampilan formal adalah yang berbentuk persegi panjang dengan pin pengait. Paling tidak, Anda harus mempunyai satu ikat pinggang dengan model seperti ini.


Selain tipe ini, ada juga gesper tanpa pin pengait atau adjustable buckle yang bisa Anda gunakan. Ikat pinggang tipe ini dapat Anda kencangkan dengan cara menjepitkan sabuk ke dalam gesper. Tipe gesper semacam ini sebenarnya memudahkan Anda untuk memasang sabuk di pinggang dengan presisi. Sebagai catatan tambahan, sebaiknya hindarilah desain yang terlalu mencolok, ya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi ikat pinggang kulit terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk ikat pinggang kulit terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

HamlinHamlin Nuby Ikat Pinggang Pria Material Kulit

Mulai dari Rp 1.570.500,00

Material strapLeather
WarnaBrown
Material gesperMetal
Panjang 110 cm
GayaInformal
Lebar3,8 cm
9

Levi Strauss & Co.Levi's® Men'S S&H Collection Belt

Mulai dari Rp 549.900,00

Material strapGrain leather
WarnaRegular Black, Dark Brown
Material gesperTidak disebutkan
Panjang Tidak disebutkan
GayaSemiformal, informal
Lebar4 cm
8

Pierre CardinIkat Pinggang Pria Kulit

A 0111714308BLA

Mulai dari Rp 1.099.000,00

Material strapLeather
WarnaHitam
Material gesperTidak disebutkan
Panjang 110 cm, 115 cm, 130 cm
GayaFormal, semiformal, informal
Lebar3,5 cm
7

Lombardi GiovanniIkat Pinggang Elastis Kombinasi

Mulai dari Rp 238.000,00

Material strapElastic nylon, kulit sapi
WarnaBlack, Brown, Blue, Cream, Green
Material gesperMetal
Panjang S (95 cm), M (100 cm), L (105 cm), XL 110 cm
GayaInformal
LebarTidak disebutkan
6

BRODOStereo Leather 34 Inch Black

Mulai dari Rp 350.000,00

Material strapGenuine leather
WarnaHitam
Material gesperTidak disebutkan
Panjang 111,5 cm
GayaSemiformal, informal
Lebar4 cm
5

Louis Andreano Ikat Pinggang Pria Reversible

LA-543

Mulai dari Rp 399.000,00

Material strapKulit sapi
WarnaHitam/Cokelat
Material gesperTidak disebutkan
Panjang 110–115 cm
GayaSemiformal, informal
Lebar3,3 cm
4

Kenes LeatherSabuk Pria Custom

Mulai dari Rp 200.000,00

Material strapHigh quality premium leather
WarnaBlack, Dark Brown
Material gesperKuningan
Panjang 120 cm
GayaFormal, semiformal
Lebar3,5 cm, 4 cm
3

Garut Kulit Formal Belt Kulit Asli

Mulai dari Rp 225.000,00

Material strapKulit asli
WarnaHitam, Cokelat Tua, Cokelat Muda
Material gesperTidak disebutkan
Panjang 125 cm, 175 cm
GayaFormal
Lebar4 cm
2
Material strapKulit sapi
WarnaCokelat
Material gesperBesi
Panjang L (110 cm), XL (120 cm), XXL (130 cm)
GayaInformal
Lebar3,8 cm
1

BOSTANTENIkat Pinggang Pria Hitam Kulit Sapi Asli

Mulai dari Rp 380.000,00

Material strapKulit sapi
WarnaHitam/Cokelat
Material gesperLogam antikarat
Panjang M (110 cm), L (115 cm), XL (120 cm), XXL (125 cm)
GayaFormal, semiformal
Lebar3,5 cm

Baca juga rekomendasi fashion untuk pria lainnya di sini!

Kami tak hanya menyajikan ulasan ikat pinggang kulit untuk Anda. Di bawah ini, kami juga memiliki ulasan produk fashion pria untuk dipadukan dengan ikat pinggang kulit. Produk-produk berkulitas berikut ini tentu yang sayang untuk Anda lewatkan. Yuk, klik link di bawah ini untuk melihat informasinya!

Kesimpulan

Fashion pria kini tak kalah pentingnya dengan fashion wanita. Tak hanya outfit atau setelan jas, aksesori seperti ikat pinggang juga sangat penting sebagai aksen tambahan. 


Pada artikel di atas, kami sudah menyajikan beragam tips memilih ikat pinggang kulit terbaik. Kini, giliran Anda memilih produk mana yang sesuai untuk merepresentasikan gaya Anda. Temukan fashion item terbaik Anda bersama kami. Semoga tips dari kami membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Smartwatch menjadi kebutuhan tak terelakkan bagi masyarakat urban, terlebih para pria. Jam tangan pintar ini sangat multifungsi untuk mendukung aktivitas multitasking Anda. Tracking aktivitas harian, menerima telepon, dan berolahraga bisa Anda lakukan dengan smartwatch.Apakah Anda berminat membeli smartwatch? Kami punya panduan dan ulasan agar Anda menemukan smartwatch terbaik. Beberapa merk smartwatch yang bagus dan terkenal, seperti Xiaomi, Samsung, dan Garmin, akan turut kami review di sini. Yuk, ikuti tips-tips kami.
    Aksesori pria
  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Topi menjadi salah satu aksesori yang kerap digunakan pria saat beraktivitas di luar ruangan. Selain untuk melindungi kepala, mengenakan topi dapat membuat tampilan Anda makin keren. Nah, di pasaran sendiri, ada banyak sekali jenis topi pria yang dapat Anda beli. Bingung memilih model dan warna topi yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas model topi pria yang keren dan sedang tren. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek topi pria terbaik, seperti Eiger, Adidas, Animous, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Aksesori pria
  • 10 Merk Dompet Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Dompet Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Dompet kulit menjadi salah satu jenis dompet favorit para pria karena memberi kesan berwibawa, keren, dan stylish. Selain itu, dompet kulit juga terkenal lebih awet dan tahan lama. Apakah Anda juga penggemar dompet jenis ini?Nah, kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dompet kulit yang bagus untuk pria. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi merek dompet kulit terbaik untuk pria, seperti Fossil, Eiger, dan Voyej. Ada juga produk dompet kulit asli yang pastinya menarik untuk Anda miliki. Mari simak artikel berikut dan temukanlah dompet pria terbaik untuk Anda!
    Aksesori pria
  • 10 Merk Clutch Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Clutch Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Clutch bag merupakan tas pegang yang mirip dompet dan ukurannya bervariasi. Anda yang melek fashion tentunya sudah tidak asing dengan clutch bag. Fashion item ini tidak hanya diminati oleh wanita, tetapi juga banyak digunakan oleh kaum pria. Clutch bag biasanya dipakai saat ke pesta atau dijadikan tempat menyimpan barang saat bepergian.Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih clutch bag pria yang keren. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek clutch bag yang bagus. Ada clutch bag dari brand Hush Puppies, Buccheri, dan KEE INDONESIA yang mungkin akan Anda sukai.
    Aksesori pria
  • 10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tetap aktif bergerak merupakan kebutuhan masyarakat zaman sekarang agar tetap sehat. Smartband hadir untuk melengkapi gaya hidup sehat Anda sehari-hari. Fitur-fiturnya dirancang untuk mendata detak jantung, pembakaran kalori, deteksi gerakan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan kesehatan.Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih smartband terbaik yang sesuai kebutuhan. Selanjutnya, berbagai merek smartband yang bagus, seperti Huawei, Xiaomi, dan Samsung ada dalam rekomendasi kami. Ayo simak artikel ini dan jangan sampai ada poin yang terlewatkan, ya!
    Aksesori pria
  • 10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kerjaan Anda menuntut untuk berpindah-pindah tempat dari outdoor ke indoor atau sebaliknya? Mungkin inilah saatnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan kacamata photochromic. Kacamata yang lebih familier disebut kacamata transisi ini bisa menangkal silaunya sinar UV. Jadi, Anda tidak perlu repot bergonta-ganti dari kacamata baca ke kacamata hitam. Ada banyak model dan fungsi kacamata photochromic yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membelinya. Untuk itu, kami telah menyiapkan tips memilih kacamata photochromic yang bagus untuk Anda. Kacamata transisi bermerek, seperti Oakley, Ray-Ban, dan Shimano juga turut kami ulas di sini. Simak ulasannya, yuk!
    Aksesori pria
  • 10 Rekomendasi Jam Lanccelot Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jam Lanccelot Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Lanccelot merupakan perusahaan jam tangan lokal yang mengusung kekayaan alam dan budaya Indonesia. Nama Lanccelot sendiri diambil dari nama kesatria Inggris, Lancelot, yang terkenal akan semangat dan jiwa disiplinnya. Brand yang cukup dikenal dengan jam tangan kayunya ini ingin membawa nama Indonesia ke pasar global dengan produk-produknya.Ada berbagai produk jam tangan dari Lanccelot yang dapat Anda pilih, baik berdasarkan serinya, model, material, maupun harganya. Agar Anda tidak bingung, kami akan mengulas tentang jam tangan Lanccelot dan juga merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Jadi, ikuti terus pembahasannya, ya!
    Aksesori pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori