• 10 Rekomendasi Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout (Terbaru Tahun 2020)

Bagi Anda yang sedang workout, konsumsi makanan saja tidaklah cukup untuk memaksimalkan pertumbuhan massa otot. Di sinilah protein berperan untuk membantu pertumbuhan massa otot tersebut. Dengan mengonsumsi protein sesuai timing, pertumbuhan massa otot Anda akan lebih cepat dibandingkan ketika tidak mengonsumsinya.

Demi menyokong workout, terdapat banyak jenis protein yang dijual di pasaran. Whey, casein, dan soy merupakan salah satu dari sekian banyak jenisnya. Ada banyak merek minuman protein terbaik, seperti L-Men platinum, Mutant Miccelar, dan Puritan’s Pride yang membuat calon pembeli bingung. Simak artikel rekomendasi dari kami mengenai minuman protein populer para binaragawan/wati.
  • Pembaharuan terakhir: 05 Desember 2019
  • 5.901 Views
Daftar isi

Cara memilih minuman protein yang tepat untuk workout

Olahraga atau latihan rutin adalah hal terpenting untuk membentuk massa otot. Namun, meningkatkan performa latihan merupakan hal yang sulit apabila nutrisi tidak tercukupi. Di sini bubuk protein berperan sebagai asupan energi yang dapat diserap otot secara instan, kapan saja, dan di mana saja. Simak cara memilihnya berikut ini!

Pilih produk dengan kandungan tinggi protein

Protein diperlukan bagi mereka yang berolahraga rutin untuk menjaga dan meningkatkan massa otot. Kandungan protein yang semakin tinggi di dalam kemasan merupakan poin primer di dalam memilih. Hal sekundernya adalah rasa, harga, dan jenis. Pemilihan tersebut di antaranya tergantung dari kegemaran, finansial, ataupun ketahanan mereka terhadap laktosa.

Untuk memperbesar massa otot, protein dalam bentuk bubuk adalah yang terbaik

Untuk memperbesar massa otot, protein dalam bentuk bubuk adalah yang terbaik
Protein pada umumnya berbentuk bubuk yang dikemas dalam wadah botol ataupun kantong plastik. Jika Anda sedang workout untuk memperbesar massa otot dan mengencangkan tubuh, protein dalam bentuk bubuk adalah yang terbaik. Alasannya, efisiensi asupan protein paling optimal ada di dalam bentuk tersebut.
Selain bentuk bubuk, protein juga terdapat di dalam bentuk jelly, protein bar, ataupun minuman. Meski terasa nikmat ketika dikonsumsi, zat-zat lainnya, seperti lipid (zat lemak) dan karbohidrat juga terdapat di dalam kemasan. Mengonsumsi tambahan zat lain di samping protein bagi sebagian orang dapat menyia-nyiakan usaha diet dan penurunan berat badan mereka.
Mengonsumsi protein dalam bentuk di atas tentu tidak menjadi masalah. Namun, bentuk bubuk dianggap sebagai yang paling efisien. Jadi, jika Anda menggunakan protein sebagai suplemen makanan pada masa latihan, pilihlah produk dalam bentuk bubuk.

Perbedaan protein berjenis concentrate dan isolate

Perbedaan protein berjenis concentrate dan isolate
Orang dewasa membutuhkan jumlah protein sebesar berat badan (kg) x 1,5 gram protein, atau berat bedan (kg) x 2-3 gram protein. Jumlah kebutuhan protein ini sulit tercapai hanya dengan makanan saja. Untuk memenuhi defisit tersebut, Anda memerlukan suplemen dengan protein berkualitas tinggi. Jika hanya asal-asalan memilih protein yang ternyata memiliki kualitas rendah, kita tidak dapat merasakan khasiat yang maksimal. Jadi, pilihlah bubuk protein dengan kandungan protein setidaknya 70%.
Protein memiliki dua jenis metode purifikasi. Concentrate adalah metode yang memiliki kandungan protein sebesar 70%, sedangkan isolate adalah metode yang memiliki tingkat purifikasi lebih tinggi sebesar 80-90%. Anda dapat memilih berdasarkan metode pemurniannya, lalu periksalah berapa gram kandungan protein yang terdapat di dalam takaran 100 gram atau per sajinya. Pilih produk yang memiliki kandungan protein berkualitas tinggi.

Weight gainer memiliki kandungan protein yang rendah

Weight gainer memiliki kandungan protein yang rendah
Weight gainer atau gainer adalah suplemen yang mengandung karbohidrat dan kalori tinggi untuk membantu Anda mendapatkan massa otot tambahan. Dengan demikian, Anda senantiasa di dalam keadaan anabolik. Gainer diperlukan bagi si kurus untuk menambah berat badan sehingga proses pembentukan massa otot dapat lebih mudah tercapai.
Dikarenakan lebih banyak karbohidrat ketimbang protein, gainer tidak direkomendasikan bagi mereka yang lebih mementingkan protein. Rata-rata gainer hanya mengandung 5 gram kandungan protein di setiap 30 gram penyajian (sekitar 17% kandungan protein). Kandungan tersebut tentu saja sedikit. Satu butir telur bahkan mengandung jumlah protein yang lebih banyak.
Tidak seperti karbohidrat, protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Waktu mencerna lebih lama, berarti lapar lebih lama yang berimplikasi kepada berat badan lebih ideal. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, sebaiknya lebih memprioritaskan membeli protein, sedangkan asupan karbohidrat dapat diperoleh dari sumber makanan lain.

Pilih produk berdasarkan bahan dasarnya

Protein kemasan memiliki ragam jenis bahan dasar. Sebagian di antaranya mungkin terdengar asing di telinga, seperti protein tumbuhan, protein telur, ataupun protein daging sapi. Namun, secara umum terdapat tiga jenis protein, yaitu whey, casein, dan soy. Apa perbedaan dari masing-masing bahan tersebut dan apa saja keuntungannya? Simaklah penjelasannya.

Whey. Injeksi nutrisi instan untuk pertumbuhan massa dan sintesis otot

Whey. Injeksi nutrisi instan untuk pertumbuhan massa dan sintesis otot
Whey berasal dari endapan susu sapi yang merupakan bagian dengan kandungan protein tertinggi. Whey direkomendasikan bagi yang sedang melatih otot. Whey juga mengandung asam amino esensial atau BCAA yang berperan dalam menyintesis dan menumbuhkan otot. Fungsi BCAA, selain membantu whey meningkatan massa otot, juga mengurangi nyeri otot setelah berolahraga dan membantu menurunkan berat badan.
Whey baik dikonsumsi satu jam setelah makan. Akan tetapi, mengonsumsinya setelah berolahraga adalah waktu yang terbaik. Pada masa ini, nutrisi otot telah kehilangan energinya sehingga dibutuhkan asupan protein sesegera mungkin. Rasa whey relatif lebih lezat daripada jenis lainnya agar mudah dikonsumsi. Selain itu, whey protein juga memiliki ragam rasa, seperti cokelat, vanila, stroberi, ataupun plain.
Whey protein memiliki dampak besar karena kontribusinya di dalam dunia suplemen dan pembentukan otot tubuh. Bagi mereka yang berkecimpung di dalam dunia olahraga, whey merupakan investasi pembelian yang aman. Namun, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap susu, intoleransi laktosa, dan vegetarian, kami sarankan pembelian produk selain whey.

Casein. Nutrisi otot tanpa henti

 Casein. Nutrisi otot tanpa henti
Casein juga berasal dari susu sapi. Rata-rata casein memiliki kandungan 80% susu. Protein di dalam casein bersifat lambat cerna yang membutuhkan 5-7 jam untuk dapat dicerna dan terserap sempurna oleh tubuh. Penyerapan lambat memungkinkan otot senantiasa ternutrisi sehingga kebanyakan orang mengonsumsinya pada waktu sebelum istirahat. Selain itu, Anda juga mendapatkan bonus ekstra BCAA di dalam kandungannya.
Rekomendasi terbaik menggunakan casein adalah pada saat whey dikonsumsi secara primer. Hasil uji klinis membuktikan bahwa whey merupakan protein cepat cerna dan direkomendasikan untuk diminum sesegera mungkin setelah workout. Sementara itu, casein adalah protein lambat cerna yang diserap oleh tubuh secara perlahan-lahan. Penggunaan bersamaan memungkinkan tubuh untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih efisien, ketimbang penggunaan terpisah.

Soy. Sumber protein utama para vegetarian

Soy. Sumber protein utama para vegetarian
Ada yang berpendapat bahwa soy tidak memiliki kegunaan seoptimal whey protein atau malah tidak berguna sama sekali untuk workout. Namun, kegunaan soy terus diteliti. PDCAAS, yaitu metode penelitian untuk mengevaluasi kualitas protein yang dapat diserap manusia, memberikan sertifikat lulus uji. Soy protein terbukti memiliki kualitas protein setara telur dan daging. BCAA di dalamnya juga termasuk yang tinggi konsentrasinya.
Protein di dalam soy protein dicerna dan diserap oleh otot dengan speed lambat. Keuntungannya adalah otot senantiasa ternutrisi dan BCAA-nya menyuplai secara konstan asam amino ke tubuh Anda pada saat tidur. Kandungan protein lambat cerna di dalam soy protein dianggap memiliki efek yang sama dengan casein. Good point-nya adalah harga soy protein lebih murah. Sekitar 80-90% kandungan protein juga sudah terkandung dalam produk soy protein.
Sebagai bonus, terdapat banyak khasiat lain secara medis yang didapat dari soy. Kedelai dikenal akan manfaatnya untuk menurunkan kolesterol, mencegah penyakit kardiovaskular, penyeimbang hormon estrogen pada perempuan, dan membantu proses pembakaran lemak.

Pilih minuman protein yang mudah dikonsumsi

Pada saat Anda sudah lelah berolahraga, penyajian yang gampang dan tidak memerlukan banyak waktu adalah yang terpenting. Faktor rasa juga tak kalah penting demi meningkatkan nafsu mengonsumsinya. Berikut ini adalah tips bagaimana memilihnya!

Pilih varian rasa minuman protein sesuai selera Anda!

Pilih varian rasa minuman protein sesuai selera Anda!
Kebutuhan konsumen yang beraneka-ragam membuat produsen berlomba-lomba menciptakan rasa yang unik. Banyak produk protein berasa lezat yang dapat dijadikan snack di sela makan berat. Dari ketiga jenis protein, whey adalah juaranya. Whey protein memiliki varian rasa beragam, seperti chocolate, vanilla, strawberry, dan juga rasa lain yang unik seperti lemon soda, cola, dan lain-lain.
Soy protein, di sisi lain, masih tetap memiliki rasa kedelai yang sulit hilang meskipun sudah dicampurkan oleh rasa lain. Sementara casein, dibandingkan dengan jenis lain, soy lebih sulit larut dengan air. Ketika dioplos dengan air, bubuknya berubah menjadi gumpalan yang agak sulit untuk diminum. Soal rasa, aroma susu pada casein lebih tercium dibandingkan jenis protein lain. Namun demikian, ada juga sebagian produk soy protein dan casein yang gampang dikonsumsi dan berasa lezat. Jadi, pilihlah yang sebagian tersebut.
Oh ya, semakin tinggi kandungan protein di dalam suatu produk, rasa dasar dari protein itu juga semakin kuat. Hal ini berlaku juga untuk protein yang plain. Kekurangan tersebut menuntut kreativitas Anda untuk meracik rasa protein supaya lezat diminum. Campurannya bisa berupa jus buah, sayur, susu, gula, atau minuman favorit Anda lain. Namun bagi sebagian orang yang sedang berhitung kalori, air merupakan campuran terbaik.

Cek daya larut!

Cek daya larut!
Proses penyajian protein untuk sekali konsumsi adalah 20-30 gram bubuk yang dilarutkan ke dalam air, susu, atau cairan lain. Beda produk beda pula kemudahan larutnya. Oleh sebab itu, berusahalah sedapat mungkin memilih bubuk protein yang cepat larut di dalam air. Apabila bubuk protein cenderung menjadi gumpalan, direkomendasikan melarutkannya dengan protein shaker ataupun blender. Shaker biasanya dilengkapi dengan saringan.

10 Rekomendasi produk protein untuk yang sedang workout

Selanjutnya, kami merekomendasikan produk casein, soy protein, dan whey protein terbaik yang dapat Anda temukan dengan mudah di toko online. Berdasarkan tips cara memilih yang sudah kami paparkan di atas, pilihlah minuman protein yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
Berat1.800 gr
Kandungan protein77 %
RasaChocolate, vanilla
Berat1.800 gr
Kandungan protein70 %
RasaVanilla ice cream, chocolate milk
Berat900 gr, 1.800 gr
Kandungan protein73 %
RasaCookies & cream, creamy vanilla, dan 6 rasa lainnya

7. Asahi Dear-Natura Active Soy Protein Soy Milk Flavor

Rp 399.000,00

Berat360 gr
Kandungan protein67 %
RasaSoy milk

6. Puritan’s Pride Soy Protein Isolate Powder Chocolate

Rp 449.000,00

Berat793 gr
Kandungan protein77 %
RasaChocolate, natural, vanilla
Berat910 gr
Kandungan protein72 %
RasaChocolate, vanilla, strawberry
Berat908 gr, 2.270 gr, dan 4.540 gr
Kandungan protein70 %
RasaTriple chocolate, vanilla ice cream, cookies & cream, dan 1 rasa lainnya
Berat2.500 gr
Kandungan protein90 %
RasaChocolate smooth, cookies & cream, salted caramel, dan 11 rasa lainnya

2. L-Men Platinum Suplemen Fitness & Susu Whey Protein

Rp 380.000,00

Berat800 gr
Kandungan protein70 %
RasaChoco latte
Berat450 gr, 900 gr, 2.270 gr, 2.720 gr, dan 4.535 gr
Kandungan protein77 %
RasaDouble rich chocolate, vanilla ice cream, cookies & cream dan 23 rasa lainnya

Kesimpulan

Setelah membaca sepuluh rekomendasi produk tersebut, masih bingung produk yang cocok? Jika masih bingung, tidak ada salahnya Anda mencoba semua dari ketiga jenis produk minuman protein.
Whey sebagai senjata utama untuk menutrisi otot pasca-workout, casein sebagai penutrisi tanpa henti ketika tubuh sedang beristirahat, dan soy sebagai sumber protein sekaligus pembakar lemak agar badan terlihat kering berotot. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk mengatasi flu, terdapat beberapa obat yang dapat Anda beli tanpa harus pergi berobat ke dokter. Namun, Anda mungkin bingung memilih yang paling tepat di antara banyaknya merek dan varian. Efek terbaik dari obat tersebut bisa diperoleh jika Anda memilih obat yang sesuai dengan simtom yang muncul.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak membeli obat flu, serta menjelaskan varian yang cocok dengan gejala yang Anda alami. Setelahnya, Anda juga dapat membaca rekomendasi obat flu terbaik, mulai dari Panadol, Bodrex, Rhinos SR, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    70.808 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang dijual bebas di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah produk yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Kosmetik & kesehatan
    94.940 Views
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan masih banyak lagi.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Hal ini juga termasuk merek-merek yang tersedia di pasaran. Maka, pilihlah sesuai selera Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    123.058 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    130.141 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    104.804 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit untuk disembuhkan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pemakaian produk perawatan wajah, terutama pelembap, yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Saat ini tersedia banyak merek pelembap seperti The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya yang memiliki kandungan untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat dan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Mari gunakan produk yang cocok dengan kondisi kulit untuk mengatasi jerawat di wajah secara maksimal!
    Kosmetik & kesehatan
    103.699 Views
  • 10 Rekomendasi Lip & Cheek Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lip & Cheek Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lip & cheek adalah produk kosmetik yang dapat digunakan sebagai pewarna bibir sekaligus perona pipi. Hanya dengan memilikinya di barisan koleksi kosmetik Anda, berdandan akan terasa lebih mudah. Memiliki berbagai tekstur, mulai dari tipe gel yang menyegarkan, tipe oil, hingga tipe krim yang klasik, makeup item ini pun memiliki beragam warna.Dari banyaknya pilihan, Anda pasti ingin mencari yang paling pas dengan diri Anda, bukan? Di artikel ini, kami akan mengulas berbagai produk rekomendasi dari merek-merek populer, seperti Canmake, The Balm, Rollover Reaction, dan sebagainya. Tentu saja kami juga akan memberikan tips cara memilih lip & cheek yang tepat.
    Kosmetik & kesehatan
    1.161 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori