10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.

Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!

Daftar isi

Cara memilih senar gitar klasik

Sebelum merekomendasikan senar gitar klasik terbaik, terlebih dahulu kami akan menjelaskan bagaimana memilih produk yang tepat. Pilihlah senar gitar yang cocok untuk Anda dengan memperhatikan poin-poin berikut ini.

Pilih berdasarkan tension-nya

Tension menunjukkan ketegangan senar gitar. Terdapat tiga ragam pilihan tension pada senar gitar klasik, yaitu light tension, normal tension, dan hard tension. Bandingkan masing-masing karakternya dan pilihlah yang terbaik menurut Anda.

Light tension, untuk nada lembut dan kalem

Light tension, untuk nada lembut dan kalem

Senar tipe light tension, atau yang sering juga disebut low tension, memiliki tegangan yang lemah. Senar dengan tension ini mudah untuk dimainkan tanpa memerlukan tenaga yang terlalu besar. Bisa dikatakan bahwa tangan wanita yang gemulai pun dapat memainkan senar tipe ini dengan mudah.

Nada yang dihasilkan senar light tension memiliki ciri khas yang lembut dan kalem sehingga cocok untuk pemula. Selain itu, senar ini juga bereaksi dengan baik dan akan mengasilkan bunyi yang jelas dengan petikan halus sekalipun. Pas untuk Anda yang ingin menikmati permainan gitar dengan teknik timbre/perubahan warna suara.

Di sisi lain, kelemahan senar dengan light tension adalah tuning-nya yang sulit untuk tetap stabil dikarenakan karakter senar yang mudah kendur sehingga nada bertendensi false. Selain itu, nada harmonik juga sulit dihasilkan dengan senar light tension. Apabila Anda akan banyak melakukan performance harmonik, sebaiknya gunakanlah senar dengan tension yang lebih kuat. Namun, senar gitar klasik tipe ini cukup sulit didapatkan di toko online di Indonesia.

Normal tension, untuk nada yang stabil dan seimbang

Normal tension, untuk nada yang stabil dan seimbang

Senar normal tension, atau yang biasa juga disebut medium tension, memiliki tingkat ketegangan senar sedang di antara light dan hard tension. Senar dengan tingkat tegangan moderat ini mampu menghasilkan nada dengan stabil dan seimbang.

Secara umum, senar normal tension dipasang sepaket pada gitar klasik sewaktu pertama kali dibeli. Selama merasa nyaman dan tidak memiliki masalah menggunakan senar ini, Anda dapat terus menggunakan pemakaiannya untuk sementara waktu.

Hard tension, untuk nada yang powerful

Hard tension, untuk nada yang powerful

Sementara itu, senar hard atau high tension memiliki ciri khas tingkat ketegangan yang kuat. Dengan senar tipe ini, Anda bisa menghasilkan nada yang powerful. Senar ini lebih direkomendasikan bagi Anda yang ingin jam session di hall besar daripada dimainkan secara gentle.

Suara yang dihasilkan senar tipe hard tension juga tidak mudah pecah meski dimainkan dengan tenaga kuat. Anda akan tetap bisa mendengar kualitas nada impresif. Namun, karena membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk menekan senarnya, disarankan untuk terlebih dahulu terbiasa menggunakan tipe tension lain sebelum menggunakan tipe hard tension.

Apabila Anda ingin menggunakan senar hard tension, sebaiknya diikuti dengan penggunaan gitar yang memiliki neck kuat supaya tidak berisiko melengkung. Selain itu, jika untuk sementara waktu Anda tidak akan memainkan gitar, disarankan untuk melonggarkan ketegangan senar dan merawatnya dengan cermat.

Cek material senar

Senar pada gitar klasik yang standar terbuat dari bahan nylon. Akan tetapi, belakangan ini terdapat juga senar berbahan fluorcarbon dan titanium yang sudah mulai banyak digunakan. Ada juga sebagian kecil senar yang terbuat dari bagian usus hewan. Telusuri perbedaannya dan temukan senar yang mudah Anda gunakan!

Nylon, untuk nada lembut dan suara timbre hangat

Nylon, untuk nada lembut dan suara timbre hangat

Nylon string adalah senar standar gitar klasik. Apabila Anda bingung dalam memilih senar, kami merekomendasikan untuk mencoba senar nylon terlebih dahulu. Dengan suara yang kalem dan hangat, Anda dapat memainkan segala genre musik tanpa kesulitan.

Namun demikian, karakteristik material nylon mengakibatkan tendensi nada yang semakin blur jika senarnya semakin tebal. Oleh sebab itu, ada juga pengguna gitar yang mengombinasikannya dengan bahan material lain sebagai pengganti nylon untuk senar yang tebal.

Fluorcarbon, diameter tipis dan suara jernih

Fluorcarbon, diameter tipis dan suara jernih

Fluorcarbon string diciptakan untuk mengatasi bunyi blur pada senar nylon. Senar ini direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan suara lebih jernih dan bright daripada bahan nylon.

Senar fluorcarbon memiliki permukaan yang keras dan durability yang kuat. Senar jenis ini menghasilkan suara yang stabil sehingga disukai pemain gitar, seperti halnya dengan senar nylon. Namun, perlu diperhatikan bahwa senar fluorcarbon memiliki tension yang lebih tinggi daripada nylon sehingga memiliki kecenderungan lebih sulit untuk ditekan guna menghasilkan nada jernih.

Titanium, berkarakter nada nylon yang bersuara lebih bright

Titanium berkarakter nada nylon yang bersuara lebih bright

Titanium string adalah senar yang tercipta dengan mencampurkan bahan titanium ke dalam nylon supaya lebih kuat. Senar ini memiliki karakteristik suara di antara nylon dan fluorcarbon sehingga sempurna bagi yang ingin mengombinasikan suara bright dari fluorocarbon dan suara yang elegan dari nylon.

Meskipun lebih keras daripada nylon, senar ini cenderung butuh waktu lebih lama untuk bisa stabil dibandingkan senar fluorocarbon.

Gut string yang kaya harmoni suara, cocok untuk permainan solid

Gut string yang kaya harmoni suara, cocok untuk permainan solid

Gut string terbuat dari usus binatang seperti sapi atau domba. Sebelum kehadiran senar nylon, gut merupakan senar yang populer digunakan. Gut string direkomendasikan bagi Anda yang ingin memainkan nada mencolok seperti timbre yang memiliki harmonisasi suara yang lembut.

Senar gut sangat rapuh karena terbuat usus binatang. Perawatan senar ini cukup sulit karena mudah putus dan kualitasnya yang cepat berubah seiring berubahnya kelembapan ataupun temperatur tempat penyimpanan. Namun demikian, tidak sedikit orang yang memilih senar tipe ini karena menginginkan suaranya yang memikat.

Nylgut, kualitas suara gut dengan material nylon

Nylgut, kualitas suara gut dengan material nylon

Nylgut adalah senar berbahan nilon yang dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan nada layaknya senar berbahan gut. Senar ini cocok bagi Anda yang menginginkan senar dengan kualitas hampir setara gut, tetapi tidak mau repot oleh perawatannya yang sulit.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh senar nylgut hampir setara dengan gut. Tingkat kejernihan suaranya pun mirip. Secara umum, permukaan senar ini lebih kesat daripada yang berbahan nilon sehingga jari tidak gampang terpeleset saat Anda memetik senar gitar. Berkat permukaan senar yang tidak licin, Anda bisa memainkan teknik-teknik gitar yang sulit dengan lebih baik.

Kenali karakteristik masing-masing merek

Banyak produsen yang membuat senar gitar dengan spesifikasi berbeda. Mengenali karakteristik setiap brand merupakan salah satu faktor penting dalam memilih senar yang tepat. Berikut adalah penjelasan mengenai karakteristik senar dari berbagai merek yang sudah mendunia.

D’Addario: suara presisi tinggi, senar standar seluruh dunia

D'Addario: suara presisi tinggi, senar standar seluruh dunia

D’Addario adalah brand senar yang populer dari masa ke masa. Merek ini dianggap sebagai world standard string karena suaranya kalem dan mudah untuk dimainkan. Apabila bingung untuk membeli senar pertama Anda, pilihlah produk dari D’Addario agar tidak salah.

Selain itu, proses pengukuran kualitas suara D’Addario dilakukan secara presisi oleh komputer yang memiliki tingkat akurasi tinggi. Senar berpresisi tinggi menghasilkan nada yang juga presisi. Dengan menggunakan senar berakurasi suara tinggi, Anda tentu dapat memainkan gitar dengan pitch nada yang tepat secara konsisten.

Augustine: tone yang merdu dan romantis

Augustine: tone yang merdu dan romantis

Augustine adalah brand pertama di dunia yang memproduksi senar nylon untuk gitar klasik. Dikarenakan suaranya yang cenderung sweet dan romantis, senar ini cocok untuk memainkan lagu bernuansa mellow.

Dalam proses pembuatan senar ini, Andrés Segovia yang disebut-sebut sebagai bapak gitar klasik modern juga diikutsertakan agar Augustine dapat menghasilkan kualitas suara seperti yang beliau inginkan. Seri senar yang terus di-update untuk mengatasi kelemahannya membuat senar ini semakin menghasilkan presisi tone yang lebih baik.

Savarez: terkenal akan inovasi dan keunikannya

Savarez: terkenal akan inovasi dan keunikannya

Savarez adalah produsen asal negara Perancis yang dikenal menghasilkan senar unik dan inovatif. Merek ini menjual beragam senar gitar, misalnya yang digunakan oleh gitaris flamenco terkenal, Mr. Tomatito, ataupun senar berbahan fluorocarbon yang memiliki suara yang renyah. Savarez direkomendasikan bagi yang menginginkan tone unik yang tidak bisa didapatkan dari brand lain!

Banyaknya ragam seri yang dijual membuat nampaknya banyak orang mengombinasikan string dari Savarez. Bereksperimenlah mencari kombinasi senar terbaik yang paling tepat untuk Anda. Have fun!

Hannabach: kaya variasi tension

Hannabach: kaya variasi tension

Senar Hannabach memiliki karakter yang kaya akan variasi tension. Jika secara umum hanya terdapat tiga variasi tension, yaitu light, normal, dan hard tension, Hannabach memiliki lima variasi tegangan. Jadi, senar ini direkomendasikan bagi yang menginginkan lebih banyak pilihan tingkat tension untuk memfasilitasi permainan gitar Anda.

Kualitas suara yang dihasilkan Hannabach memiliki kemiripan dengan D’Addario. Senar ini juga responsif dan dapat menghasilkan bunyi bahkan hanya dengan sentuhan yang ringan sehingga mudah untuk digunakan oleh pemula sekalipun.

10 Rekomendasi senar gitar klasik terbaik

Selanjutnya kami akan merekomendasikan sepuluh senar terbaik hanya untuk Anda pencinta gitar klasik. Kesepuluh urutan senar tersebut semuanya memiliki material fluorocarbon dan nylon yang banyak dijual di toko online di Indonesia. Telitilah satu per satu dan jadikan panduan dalam membeli!

10. Hannabach Silver Special 815 HT

10. Hannabach Silver Special 815 HT

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 245.000

Lapisan perak untuk nada dan tampilan mewah sekaligus mencegah karat

Hannabach adalah brand Jerman yang memproduksi dawai musik tidak hanya untuk gitar saja, tetapi juga untuk alat musik lain seperti bass dan ukulele. Hannabach 815 Silver Special High Tension adalah salah satu senar terlarisnya karena memiliki lapisan perak khusus pada senar jenis bass untuk memberikan suara rendah berkualitas tinggi sekaligus mencegah korosi.

Sementara itu, jenis senar pada bagian treble terbuat dari nylon berkualitas baik sehingga nada tinggi bisa presisi. Senar ini cocok bagi Anda yang menginginkan improvisasi teknik bermain gitar. Harganya mungkin cukup mahal, tetapi sebanding dengan suara mewah yang dihasilkan!

Tension Hard tension
Material Nylon

9. Augustine Classic Black

9. Augustine Classic Black

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 130.000

Tiga senar bass-nya meresonansi nada sweet yang kencang sekaligus warm

Augustine Classic Black memiliki rentang diameter senar treble yang mirip dengan seri medium tension-nya. Dengan demikian, apabila Anda memetik senar treble, sulit membedakan senar versi mana yang sedang dimainkan karena nadanya sama-sama sweet. Perbedaaan suara baru akan sedikit terasa ketika Anda memetik tiga senar bass-nya.

Dengan diameter senar yang lebih tipis, hal ini berarti tegangan senar lebih kecil sehingga bunyi suara bass-nya lebih keras. Namun demikian, ciri khas warm sound dari senar light tension ini masih bisa jelas terdengar saat dipetik halus.

Tension Light tension
Material Nylon

8. Savarez 520R Normal Tension

8. Savarez 520R Normal Tension

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 225.000

Senar responsif menghasilkan nada renyah

Di antara banyaknya brand senar gitar klasik, merek Savarez dikenal memiliki karakteristik nada yang ringan dan bright. Senarnya juga terasa lebih responsif dan mendukung untuk gaya permainan cepat. Hanya saja, senar yang tipis ini sedikit mengorbankan durability-nya sehingga frekuensi mengganti senar menjadi lebih sering.

Senar yang satu ini juga cocok untuk memainkan nada-nada tinggi yang mengutamakan treble dan dapat menghasilkan suara dengan stabil. Kami merekomendasikan Savarez 520R untuk Anda yang mengutamakan speed dan nada bright dalam bermain gitar.

Tension Normal tension
Material Nylon

7. Savarez Tomatito T50R

7. Savarez Tomatito T50R

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 269.000

Nikmati beat flamenco sesungguhnya

Sesuai dengan namanya, senar gitar buatan Savarez ini tercipta dari hasil kerja sama perusahaan asal Perancis ini dengan Mr. Tomatito, pemain gitar flamenco profesional asal Spanyol. Supervisi dari Mr. Tomatito menghasilkan senar yang memiliki tendensi nada bright dan dry, ciri khas musik flamenco.

Senar gitar ini dibuat tipis demi mengutamakan respons jari untuk tapping cepat sehingga permainan gitar kaya nada bisa tercipta. Tangan pemain gitar pemula juga tidak akan cepat lelah sekaligus terhindar dari jari sakit saat menekan senar.

Tension Normal tension
Material Nylon

6. Savarez Alliance Corum 500AR

6. Savarez Alliance Corum 500AR

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 396.000

Berkat fluorcarbon, suara bright tidak perlu tenaga kuat

Berbeda dengan senar Tomatito yang ditujukan untuk permainan tempo cepat, Savarez Alliance Corum lebih ditujukan untuk teknik permainan gentle. Senar ini terdiri dari dua kombinasi tipe, yaitu fluorocarbon yang menghasilkan suara bright, dan nylon yang menghasilkan suara berat yang kalem.

Volume suara terdengar cukup jelas hanya dengan petikan pelan sehingga Anda yang memiliki tenaga tidak terlalu kuat pun dapat memainkan gitar tanpa kesulitan. Selain itu, tingkat ketegangan senarnya juga cocok bagi yang menginginkan balance dalam bermain gitar.

Tension Normal tension
Material Fluorocarbon (senar treble), nylon (senar bass)

5. D’Addario EJ46 Pro-Arté

5. D'Addario EJ46 Pro-Arté

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.000

Pilihan populer untuk nada yang kaya dan hangat

D’Addario adalah salah satu merek senar gitar yang populer secara global. Salah satu senar gitar klasik keluarannya, Pro-Arté, diproduksi dengan teknologi modern menggunakan mesin laser terkomputerisasi demi penentuan ketebalan dan tension yang tepat untuk menghasilkan nada presisi. Cocok untuk Anda yang menginginkan pitch yang konsisten.

Material clear nylon terbuat dari dikemas dalam packaging yang antikarat sehingga senar akan selalu fresh saat dikeluarkan layaknya baru selesai diproduksi. Inti senar nylon ini juga dilapisi silver plate agar suara yang dihasilkan tetap konsisten, berkarakter rich dan warm.

Tension Hard tension
Material Nylon

4. D’Addario EJ45

4. D'Addario EJ45

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 39.900

Nyaman dimainkan dengan nada yang kaya dan seimbang

EJ45 Pro-Arté merupakan salah satu tipe senar dengan penjualan terbanyak dari D’Addario. Hal ini karena senarnya dapat menghasilkan nada yang balance dan projection yang dinamis, serta nyaman dimainkan siapa saja. Selain itu, suara senar ini juga beresonansi cukup baik dan memiliki kualitas yang hampir sama seperti versi hard tension-nya.

Tension Normal tension
Material Nylon

3. Augustine Regal Red

3. Augustine Regal Red

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 130.000

Rasakan nada romantis di telinga dengan senar yang lembut

Senar Regal Red dari merek Augustine memiliki nada sweet yang romantis sehingga atraktif untuk lagu-lagu mendayu. Meskipun demikian, senar ini tetap bisa digunakan untuk lagu genre lain. Hanya saja, suara yang dihasilkan mungkin tidak begitu renyah dan kurang pas untuk teknik permainan intens.

Meskipun tension-nya normal, senar ini relatif terasa lembut saat ditekan seperti memainkan senar light tension. Tuning senar juga dapat dilakukan dengan mudah dengan akurasi pitch yang presisi. Berbeda dengan seri Classic Red yang memiliki senar treble level medium, versi Regal Red memiliki senar treble yang extra hard sehingga denting gitar dapat beresonansi lebih kuat.

Tension Normal tension
Material Nylon

2. D’Addario EXP45

2. D'Addario EXP45

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Composite core untuk suara yang lebih natural

Berbeda dengan tipe EJ yang memiliki jenis suara warm, D’Addario EXP45 mampu menghasilkan bunyi yang lebih natural. Total set tension senar ini sedikit lebih rendah dari tipe EJ yang berarti senarnya dapat berbunyi bulat meskipun Anda menekannya tidak terlalu kuat.

Selain itu, lapisan composite core pada senar bass-nya memastikan string ini memiliki konsistensi dalam menghasilkan suara berat yang kalem sekaligus menjaga senar dari korosi supaya dapat terus dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Tension Normal tension
Material Nylon

1. Savarez New Cristal Cantiga 510CR

1. Savarez New Cristal Cantiga Normal Tension 510CR

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 220.000

Kualitas suara jernih serupa dengan kualitas gut string

Savarez New Cristal Cantiga memiliki karakter suara yang jernih dengan senar bass yang bergetar berat di dalam tabung resonansi sehingga membuat suasana semakin sexy. Di sisi lain, senar treble-nya yang terbuat dari bahan nilon yang transparan memiliki lentingan suara yang jernih. Bahkan ada yang mengatakan kualitas suaranya menyerupai gut string!

Jika dibandingkan dengan senar merek lain, produk ini relatif lebih mudah dimainkan dan berpresisi tinggi sehingga Anda dapat menjaga permainan gitar dengan pitch nada stabil. Cocok digunakan untuk memainkan nada-nada lagu klasik yang deep ketimbang permainan intens musik flamenco.

Tension Normal tension
Material Nylon

Baca juga rekomendasi gitar dan aksesorinya di sini!

Selain senar gitar klasik yang telah kami bahas kali ini, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli gitar jenis akustik dan aksesorinya. Silakan simak penjelasan lebih lanjut di artikel berikut ini!

Kesimpulan

Pada artikel ini kami telah menjelaskan secara singkat sepuluh rekomendasi senar gitar terbaik yang dijual di toko online di Indonesia. Apakah merek, tension, dan materialnya ada yang sesuai dengan preferensi Anda?

Senar gitar klasik sangat beragam jenisnya. Masing-masing memiliki karakteristik dan ciri khasnya tersendiri. Pilihlah salah satu dari ragam tersebut dengan mengikuti panduan di atas, dan temukan senar yang paling cocok untuk permainan gitar Anda!