1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023)

Gitar merupakan salah satu alat musik yang sangat digemari. Gitar terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah gitar klasik yang menghasilkan nada yang halus yang lembut. Gitar klasik umumnya dipakai untuk memainkan musik bergenre bossa nova atau jazz.


Nah, kali ini kami akan mengulas cara memilih senar khusus gitar klasik. Kami juga akan mengulas produk-produk senar gitar nylon yang bagus dari berbagai merek, di antaranya adalah D’Addario, Yamaha, dan Orphee. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Yuk, simak sampai akhir dan temukan senar gitar klasik terbaik untuk Anda!

Diperbaharui 12-28-2022
Pakar
Gitaris
Adriano Pandapotan

Adriano belajar gitar sejak usia 6 tahun dan sempat mengajar gitar di Yamaha. Ia memiliki berbagai pengalaman di bidang musik. Beberapa di antaranya seperti menjadi additional player gitaris untuk band tingkat sekolah serta mengiringi band gereja. Pria yang pernah mengiringi acara di kampus ini juga turut serta mengisi gitar di beberapa lagu band temannya.

Profil Adriano Pandapotan
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Perbedaan gitar klasik dengan gitar akustik lainnya

Perbedaan gitar klasik dengan gitar akustik lainnya

Gitar klasik merupakan gitar yang menghasilkan suara secara akustik. Karena itu, banyak orang yang menganggap bahwa gitar akustik sama dengan gitar klasik. Terlebih lagi, bentuk gitar klasik tak jauh berbeda dengan bentuk gitar secara umum.


Akan tetapi, sebuah gitar akustik belum tentu merupakan gitar klasik. Berikut ini adalah karakteristik utama yang membedakan gitar klasik dan gitar akustik lainnya.


  • Gitar klasik umumnya menggunakan senar nilon;
  • Gitar klasik tidak memiliki varian ukuran body;
  • Gitar klasik memiliki fretboard dengan 12 fret, sedangkan gitar akustik umumnya memiliki 14 fret;
  • Gitar klasik tidak memiliki pick guard karena tidak dimainkan dengan pick gitar;
  • Gitar klasik memiliki tampilan yang lebih sederhana, tanpa adanya hiasan atau sticker pada bodinya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih senar gitar klasik

Sebelum merekomendasikan senar gitar klasik terbaik, kami akan menjelaskan bagaimana memilih senar gitar klasik. Pilihlah senar gitar yang cocok untuk Anda dengan memperhatikan poin-poin berikut ini.

① Pilih berdasarkan tension senar

Tension merupakan ketegangan senar gitar. Terdapat tiga ragam pilihan tension pada senar gitar klasik, yaitu light tension, medium tension, dan hard tension.

Light tension, untuk nada lembut dan kalem

Light tension, untuk nada lembut dan kalem
Senar tipe light tension atau low tension menghasilkan suara yang paling lirih di antara tension lainnya. Hal ini disebabkan oleh tegangan yang lemah dari jenis senar ini. Sekalipun memiliki suara yang lirih, hal ini justru akan membuat gitar Anda lebih awet digunakan. Jadi, apabila gitar Anda cukup lama Anda miliki, senar ini sangat kami rekomendasikan.

Selain itu, senar light tension juga mudah untuk dimainkan sehingga cocok untuk pemula. Senar ini juga menghasilkan bunyi yang jelas sekalipun dipetik dengan halus. Anda yang menyukai teknik timbre atau perubahan irama nada juga cocok menggunakan senar ini.


Kekurangannya adalah karena karakter senar mudah kendur, tidak mudah untuk men-tuning gitar untuk tetap stabil. Jadi, Anda harus sering-sering men-tuning gitar apabila tidak ingin gitar Anda bernada sumbang. Selain itu, karena tegangannya lemah, volume suara yang dihasilkan pun tidak senyaring normal ataupun hard tension.

Medium tension, untuk nada yang stabil dan seimbang

Medium tension, untuk nada yang stabil dan seimbang

Ketika membeli gitar klasik, biasanya Anda akan mendapatkan senar jenis ini. Senar medium tension memiliki tegangan yang berada di antara senar light tension dan hard tension.


Jadi, apabila Anda sudah mahir menggunakan senar medium tension, Anda dapat dengan mudah beralih ke light atau hard tension. Senar dengan tingkat tegangan moderat ini mampu menghasilkan nada dengan stabil dan seimbang.

Hard tension, untuk nada yang powerful

Hard tension, untuk nada yang powerful
Jenis tegangan yang terakhir adalah hard tension. Seperti namanya, senar ini memiliki tegangan yang kuat dan menghasilkan nada dan volume yang powerful. Akan tetapi, karena tegangannya pula senar ini lebih sulit untuk dimainkan. Butuh kekuatan ekstra agar gitar dapat berbunyi dengan baik.

Apabila Anda suka menggunakan gitar klasik untuk jam session di hall, senar jenis ini kami rekomendasikan untuk Anda. Akan tetapi, ada baiknya Anda memilih gitar dengan leher yang kuat saat menggunakan senar hard tension. Tegangan yang kuat membuat leher dan bridge akan mudah rusak atau melengkung.

② Cek material senar

Senar pada gitar klasik yang standar terbuat dari bahan nilon. Akan tetapi, ada juga beberapa jenis material senar lainnya yang berpengaruh terhadap nada yang dihasilkan. Selain itu, tiap-tiap material memiliki sustain atau perpanjangan nada yang berbeda pula.

Nilon, menghasilkan nada yang kalem, hangat, dan lembut

Nilon, menghasilkan nada yang kalem, hangat, dan lembut
Terdapat dua jenis senar nilon yang dapat digunakan pada gitar klasik, clear nylon dan black nylon. Perbedaannya terdapat pada nada yang dihasilkan.

  • Clear nylon menghasilkan suara yang kalem dan hangat.
  • Black nylon menghasilkan nada yang lebih kalem, lebih hangat, dan lebih lembut dari pada clear nylon.

Perunggu, nada hangat dengan sustain baik

Sekalipun bernama senar perunggu, tetapi sebenarnya senar ini merupakan gabungan dari 80% tembaga dan 20% seng. Oleh karena itu, senar ini sering dikenal juga dengan nama 80/20 bronze, brass, atau gold.


Senar ini menghasilkan suara yang bright dengan sustain yang cukup baik. Selain itu, karena tetap menggunakan nilon sebagai inti, nada yang dihasilkan juga hangat.

③ Kenali karakteristik tiap-tiap merek

Banyak produsen yang membuat senar gitar dengan spesifikasi berbeda. Mengenali karakteristik setiap brand merupakan salah satu faktor penting dalam memilih senar yang tepat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai karakteristik senar dari berbagai merek yang sudah mendunia.

D’Addario: Suara presisi tinggi, senar standar seluruh dunia

D’Addario: Suara presisi tinggi, senar standar seluruh dunia
Sumber: daddario.com
D’Addario adalah merek senar yang populer dari masa ke masa. Merek ini dianggap sebagai world standard string karena suaranya kalem dan mudah untuk dimainkan. Apabila bingung untuk membeli senar pertama Anda, pilihlah produk dari D’Addario agar tidak salah.

Selain itu, proses pengukuran kualitas suara D’Addario dilakukan secara presisi oleh komputer yang memiliki tingkat akurasi tinggi. Senar berpresisi tinggi menghasilkan nada yang juga presisi. Dengan menggunakan senar berakurasi suara tinggi, Anda tentu dapat memainkan gitar dengan pitch nada yang tepat secara konsisten.

Ernie Ball: Menghasilkan nada yang balance dan mudah diaplikasikan pada gitar

Ernie Ball merupakan salah satu produsen senar gitar yang memiliki sejarah panjang. Pabrikan senar gitar ini sudah ada sejak 1962 di Amerika. Awalnya Ernie Ball membuat senar hanya untuk elektrik gitar dan elektrik bass saja. Jadi, jangan heran apabila hanya sedikit produk yang disiapkan untuk gitar klasik.


Ernie Ball hanya memiliki tiga tipe senar gitar untuk gitar klasik. Walaupun terbatas, nada yang dihasilkan dari senar ini memiliki kualitas nada yang balance. Selain itu, beberapa produk juga memiliki ball-end yang akan membuat senar terpasang dengan tepat pada bridge

10 Rekomendasi senar gitar klasik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk senar gitar klasik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adriano Pandapotan.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yamaha

Guitar String Classic

Yamaha Guitar String Classic 1枚目

Terjangkau tetapi berkualitas, tepat untuk memulai belajar!

2

Orphee

SC Classic Guitar Strings

Orphee SC Classic Guitar Strings  1枚目

Senar yang lembut tidak akan membuat jari Anda terluka

3

D'Addario

Classic Nylon Student Strings

D'Addario Classic Nylon Student Strings 1枚目

Senar yang akan menemani Anda dari belajar hingga pro

4

PHILTER

CX Medium Tension Clear Nylon

PHILTER CX Medium Tension Clear Nylon 1枚目

Tampil percaya diri di hall dengan senar ini

5

Legacy

Classic Guitar Strings

Legacy Classic Guitar Strings 1枚目

Mainkan nada bold, powerful, tetapi tetap hangat

6

D’Addario

Pro-Arté

D’Addario Pro-Arté 1枚目

Nyaman dimainkan dengan nada yang kaya dan seimbang

7

Augustine

Classic Black

Augustine Classic Black 1枚目

Volume-nya lirih, tetapi manis dan hangat di telinga

8

Ernie Ball

Ernesto Palla Black & Gold Ball-End Nylon Classical Guitar Strings

Ernie Ball Ernesto Palla Black & Gold Ball-End Nylon Classical Guitar Strings 1枚目

Dilengkapi ball-end, lebih mudah dipasang pada gitar

9

Savarez

New Cristal Cantiga

Savarez New Cristal Cantiga 1枚目

Kualitas suara jernih serupa dengan kualitas gut string

10

OLYMPIA

Classic Guitar Strings

OLYMPIA Classic Guitar Strings 1枚目

Pilihan ideal untuk semua jenis gitar

Perincian produk
Close
No.1

YamahaGuitar String Classic

Mulai dari Rp50.000,00

Terjangkau tetapi berkualitas, tepat untuk memulai belajar!

Kelebihan:

  • Merek tepercaya, kualitas terjamin
  • Mudah ditemukan di e-commerce 

Kekurangan:

  • Tidak tersedia tipe hard tension

Salah satu merek senar gitar nylon terbaik adalah Yamaha. Alat-alat musik dari Yamaha terkenal karena harganya yang terjangkau, tetapi tetap berkualitas tinggi. Demikian pula dengan senar gitar klasik yang banyak digunakan untuk senar gitar nylon Yamaha C315 ini.


Senar medium tension dari Yamaha ini bisa dipilih karena akan memudahkan para pemula untuk memainkannya. Saat sudah mahir, Anda dapat mulai mengganti senar Anda ke light tension atau hard tension.

No.2

OrpheeSC Classic Guitar Strings SC55

Mulai dari Rp47.500,00

Senar yang lembut tidak akan membuat jari Anda terluka

Kelebihan:

  • Lapisan permukaan dipoles dan diberi nano-coated sehingga terasa smooth saat dimainkan
  • Menggunakan 612 nylon multifillament sehingga memiliki elastisitas tinggi

Kekurangan:

  • Tidak tersedia jenis light tension yang lebih cocok untuk pemula

Rekomendasi senar gitar nylon berikut ini ditujukan jika Anda sudah terbiasa memainkan gitar. Hal ini karena tekstur senar supersoft yang ditawarkan oleh Orphee. Dengan begitu, jari-jemari Anda pun tidak mudah terluka meski sering memainkannya. Selain itu, kualitas senar akan tetap terjaga karena terbungkus secara terpisah antara satu senar dengan senar yang lain. 

No.3

D'AddarioClassic Nylon Student StringsEJ27N

Mulai dari Rp130.000,00

Senar yang akan menemani Anda dari belajar hingga pro

Kelebihan:

  • Medium tension, pas untuk pemula yang akan belajar gitar
  • Lebih awet dibandingkan merek lain menurut beberapa konsumen

Kekurangan:

  • Tidak terdapat nomor senar yang jelas, pemula mungkin mengalami kesulitan saat memasang 

Anda bisa mempertimbangkan merek D'Addario sebagai senar gitar yang bagus untuk gitar klasik. Seri Classic dari D'Addario yang satu ini memiliki nama lain yaitu student strings. Anda yang masih belajar memainkan gitar klasik dapat menjadikan senar ini sebagai pilihan Anda. 


Walaupun dinamai student strings, Anda masih tetap dapat menggunakannya ketika sudah pro. Nada yang dihasilkan dengan senar ini terdengar hangat dan penuh, tone-nya pun long-lasting

No.4

PHILTERCX Medium Tension Clear NylonP02403

Mulai dari Rp100.000,00

Tampil percaya diri di hall dengan senar ini

Kelebihan:

  • Tegangannya medium, nyaman dimainkan oleh siapa saja bahkan pemula
  • Diklaim mempunyai intonasi dan feel yang konsisten

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi ball-end, perlu diikat kuat saat dipasang

Sesuai dengan namanya, senar ini memiliki inti nylon monofilament yang dilapisi dengan perak. Lapisan ini terdapat pada senar bass, sedangkan senar treble tetap hanya menggunakan nylon monofilament. Hasilnya? Nada yang dihasilkan menjadi kaya dan lembut. Dengan medium tension, Anda bisa memainkan gitar klasik dengan nyaman. Jadi, pemula pun dapat menggunakan senar ini saat perform.

No.5

LegacyClassic Guitar StringsA106

Mulai dari Rp35.000,00

Mainkan nada bold, powerful, tetapi tetap hangat

Kelebihan:

  • Harga relatif terjangkau dibandingkan produk rekomendasi lainnya

Kekurangan:

  • Kurang pas untuk memainkan genre musik flamenco yang identik dengan suara renyah

Senar nilon dari Legacy ini memiliki nada yang bold, tetapi hangat. Nada yang dihasilkan pun balance sehingga Anda dapat memainkan berbagai genre lagu dengan senar ini.


Walaupun tidak terdengar renyah, nada yang dimainkan akan full-body. Menariknya lagi, harga yang ditawarkan oleh Legacy tidak akan bikin kantong Anda bolong. Jika budget Anda terbatas, jangan ragu untuk memilih senar ini.

No.6

D’AddarioPro-ArtéEJ45

Mulai dari Rp185.000,00

Nyaman dimainkan dengan nada yang kaya dan seimbang

Kelebihan:

  • Nada tinggi yang dihasilkan manis dan lembut
  • Senar bass-nya terbuat dari inti nilon multifilamen dan dililit silver-plated copper, berikan respons yang hangat dan konsisten

Kekurangan:

  • Harga relatif pricey dibandingkan merek dengan tipe yang sama

EJ45 Pro-Arté merupakan salah satu tipe senar dengan penjualan terbanyak dari D’Addario. Hal ini karena senarnya dapat menghasilkan nada yang balance dan projection yang dinamis. Selain itu, senar ini juga nyaman untuk dimainkan siapa saja.


Suara senar juga beresonansi cukup baik dan memiliki kualitas yang hampir sama seperti versi hard tension-nya. Jika Anda menyukai senar yang nyaman dimainkan, pilih saja produk ini.

No.7

AugustineClassic Black

Mulai dari Rp150.000,00

Volume-nya lirih, tetapi manis dan hangat di telinga

Kelebihan:

  • Diklaim memiliki daya tahan yang kuat dan timbre yang jernih

Kekurangan:

  • Perlu sering-sering men-tunning karena senar mudah kendur

Anda sering bermain gitar klasik di acara kumpul-kumpul keluarga? Anda perlu mempertimbangkan senar dengan light tension ini. Meskipun menghasilkan suara yang relatif lebih lirih, senar ini menghasilkan nada yang hangat dan tone yang sempurna. Anda yang menyukai lagu dengan tone manis dan lyrical akan menyukai nada-nada yang dihasilkannya.

No.8

Ernie BallErnesto Palla Black & Gold Ball-End Nylon Classical Guitar StringsP02049

Mulai dari Rp95.000,00

Dilengkapi ball-end, lebih mudah dipasang pada gitar

Kelebihan:

  • Pemasangan lebih cepat dan mudah berkat desain ball-end
  • Merek ini sudah digunakan lebih dari 60 tahun, kualitasnya bisa diandalkan

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan senarnya mudah putus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, senar dengan material nilon menghasilkan suara yang kalem dan hangat. Akan tetapi, tidak demikian dengan senar keluaran Ernie Ball yang satu ini. Walaupun memiliki suara yang hangat, hasil nadanya tetap nonjok saat didengarkan. 


Selain itu, senar ini juga memiliki ball-end sehingga lebih mudah dipasang pada gitar. Untuk Anda yang sering kesusahan memasang senar pada bridge, senar ini bisa menjadi pilihan Anda.

No.9

SavarezNew Cristal Cantiga510CR

Mulai dari Rp250.000,00

Kualitas suara jernih serupa dengan kualitas gut string

Kelebihan:
  • Suara bass yang dihasilkan terdengar dalam, suara treble-nya pun jernih

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk musik flamenco karena karakter bass-nya deep

Savarez New Cristal Cantiga memiliki karakter suara yang jernih dan senar bass yang bergetar berat di dalam tabung resonansi. Alhasil, senar ini akan membuat suasana makin sexy. Di sisi lain, senar treble-nya yang terbuat dari bahan nilon yang transparan memiliki lentingan suara yang jernih.


Jika dibandingkan senar merek lain, senar Savarez relatif lebih mudah dimainkan dan berpresisi tinggi. Jadi, Anda tetap dapat menjaga permainan gitar dengan pitch nada stabil. Senar ini cocok digunakan untuk memainkan nada-nada lagu klasik yang deep ketimbang permainan intens musik flamenco.

No.10

OLYMPIAClassic Guitar StringsHQC-2845H

Mulai dari Rp71.000,00

Pilihan ideal untuk semua jenis gitar

Kelebihan:
  • Diklaim awet dan cocok untuk semua jenis gitar klasik

Kekurangan:

  • Perlu pelindung jari jika ingin bermain dalam waktu lama agar jari tidak terasa sakit

Kami merekomendasikan produk ini jika Anda mencari senar hard tension untuk gitar klasik. Senar dari OLYMPIA ini menawarkan senar berkualitas tinggi dengan harga yang cukup bersahabat. Bahannya yang terbuat dari nilon dilapisi perak ideal untuk semua jenis gitar klasik dan style permainan gitar. Senar-senar ini juga dirancang sedemikian rupa sehingga awet dipakai, memiliki suara jernih dan bass yang dalam.

Tips dari gitaris, Adriano Pandapotan, untuk memilih senar gitar yang pas

Tips dari gitaris, Adriano Pandapotan, untuk memilih senar gitar yang pas

Sesuaikan dengan kemampuan bermain gitar Anda saat ini. Apabila baru belajar, Anda bisa menggunakan senar tipe light tension. Apabila baru belajar dan menggunakan hard tension, tangan Anda menjadi cepat lelah dan membuat malas bermain. Namun, jika sudah cukup mampu, Anda bisa mulai menggunakan tipe medium ataupun hard tension untuk kualitas suara yang lebih baik.

Baca juga rekomendasi gitar lainnya di sini

Selain gitar klasik, ada banyak jenis gitar akustik lainnya. Agar Anda tidak penasaran, kami memiliki beberapa artikel rekomendasi lainnya tentang gitar akustik. Jangan lupa untuk membacanya juga, ya!

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan secara singkat sepuluh rekomendasi senar gitar terbaik yang dijual di toko online di Indonesia. Apakah merek, tension, dan materialnya sesuai dengan preferensi Anda?

Senar gitar klasik sangat beragam jenisnya. Masing-masing memiliki karakteristik dan ciri khasnya tersendiri. Pilihlah salah satu dengan mengikuti panduan di atas, dan temukan senar yang paling cocok untuk permainan gitar Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer