• 10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Senar Gitar Klasik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)

Gitar merupakan salah satu alat musik yang sangat digemari. Gitar terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah gitar klasik yang menghasilkan nada yang halus yang lembut. Gitar klasik umumnya dipakai untuk memainkan musik bergenre bossa nova atau jazz


Nah, kali ini kami akan mengulas cara memilih senar khusus gitar klasik. Kami juga akan mengulas produk-produk senar gitar yang bagus dari berbagai merek, di antaranya adalah D’Addario, Yamaha, dan Elixir. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Yuk, simak sampai akhir dan temukan senar gitar klasik terbaik untuk Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Adriano Pandapotan
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Gitaris, Adriano Pandapotan

Profil pakar: Gitaris, Adriano Pandapotan
Adriano Pandapotan
Gitaris
Adriano Pandapotan

Adriano belajar gitar sejak usia 6 tahun dan sempat mengajar gitar di Yamaha. Ia memiliki berbagai pengalaman di bidang musik. Beberapa di antaranya seperti menjadi additional player gitaris untuk band tingkat sekolah serta mengiringi band gereja. Pria yang pernah mengiringi acara di kampus ini juga turut serta mengisi gitar di beberapa lagu band temannya.

Perbedaan gitar klasik dengan gitar akustik lainnya

Perbedaan gitar klasik dengan gitar akustik lainnya

Gitar klasik merupakan gitar yang menghasilkan suara secara akustik. Karena itu, banyak orang yang menganggap bahwa gitar akustik sama dengan gitar klasik. Terlebih lagi, bentuk gitar klasik tak jauh berbeda dengan bentuk gitar secara umum.


Akan tetapi, sebuah gitar akustik belum tentu merupakan gitar klasik. Berikut ini adalah karakteristik utama yang membedakan gitar klasik dan gitar akustik lainnya.


  • Gitar klasik umumnya menggunakan senar nilon;
  • Gitar klasik tidak memiliki varian ukuran body;
  • Gitar klasik memiliki fretboard dengan 12 fret, sedangkan gitar akustik umumnya memiliki 14 fret;
  • Gitar klasik tidak memiliki pick guard karena tidak dimainkan dengan pick gitar;
  • Gitar klasik memiliki tampilan yang lebih sederhana, tanpa adanya hiasan atau sticker pada bodinya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih senar gitar klasik

Sebelum merekomendasikan senar gitar klasik terbaik, kami akan menjelaskan bagaimana memilih senar gitar klasik. Pilihlah senar gitar yang cocok untuk Anda dengan memperhatikan poin-poin berikut ini.

Pilih berdasarkan tension senar

Tension merupakan ketegangan senar gitar. Terdapat tiga ragam pilihan tension pada senar gitar klasik, yaitu light tension, medium tension, dan hard tension

Light tension, untuk nada lembut dan kalem

Light tension, untuk nada lembut dan kalem
Senar tipe light tension atau low tension menghasilkan suara yang paling lirih di antara tension lainnya. Hal ini disebabkan oleh tegangan yang lemah dari jenis senar ini. 

Sekalipun memiliki suara yang lirih, hal ini justru akan membuat gitar Anda lebih awet digunakan. Jadi, apabila gitar Anda cukup lama Anda miliki, senar ini sangat kami rekomendasikan.


Selain itu, senar light tension juga mudah untuk dimainkan sehingga cocok untuk pemula. Senar ini juga menghasilkan bunyi yang jelas sekalipun dipetik dengan halus. Anda yang menyukai teknik timbre atau perubahan irama nada juga cocok menggunakan senar ini.


Kekurangannya adalah karena karakter senar mudah kendur, tidak mudah untuk men-tuning gitar untuk tetap stabil. Jadi, Anda harus sering-sering men-tuning gitar apabila tidak ingin gitar Anda bernada sumbang. Selain itu, karena tegangannya lemah, volume suara yang dihasilkan pun tidak senyaring normal ataupun hard tension.

Medium tension, untuk nada yang stabil dan seimbang

Medium tension, untuk nada yang stabil dan seimbang

Ketika membeli gitar klasik, biasanya Anda akan mendapatkan senar jenis ini. Senar medium tension memiliki tegangan yang berada di antara senar light tension dan hard tension. Jadi, apabila Anda sudah mahir menggunakan senar medium tension, Anda juga dapat dengan mudah beralih ke light atau hard tension. Senar dengan tingkat tegangan moderat ini mampu menghasilkan nada dengan stabil dan seimbang.

Hard tension, untuk nada yang powerful

Hard tension, untuk nada yang powerful
Jenis tegangan yang terakhir adalah hard tension. Seperti namanya, senar ini memiliki tegangan yang kuat dan menghasilkan nada dan volume yang powerful. Akan tetapi, karena tegangannya pula senar ini lebih sulit untuk dimainkan. Butuh kekuatan ekstra agar gitar dapat berbunyi dengan baik.

Apabila Anda suka menggunakan gitar klasik untuk jam session di hall, senar jenis ini kami rekomendasikan untuk Anda. Akan tetapi, ada baiknya Anda memilih gitar dengan leher yang kuat saat menggunakan senar hard tension. Tegangan yang kuat membuat leher dan bridge akan mudah rusak atau melengkung.

Cek material senar

Senar pada gitar klasik yang standar terbuat dari bahan nilon. Akan tetapi, ada juga beberapa jenis material senar lainnya yang berpengaruh terhadap nada yang dihasilkan. Selain itu, masing-masing material memiliki sustain atau perpanjangan nada yang berbeda pula.

Nilon, menghasilkan nada yang kalem, hangat, dan lembut

Nilon, menghasilkan nada yang kalem, hangat, dan lembut
Terdapat dua jenis senar nilon yang dapat digunakan pada gitar klasik, clear nylon dan black nylon. Perbedaannya terdapat pada nada yang dihasilkan. Clear nylon menghasilkan suara yang kalem dan hangat. Sementara itu, black nylon menghasilkan nada yang lebih kalem, lebih hangat, dan lebih lembut dari pada clear nylon.

Perunggu, nada hangat dengan sustain baik

Sekalipun bernama senar perunggu, tetapi sebenarnya senar ini merupakan gabungan dari 80% tembaga dan 20% seng. Oleh karena itu, senar ini sering dikenal juga dengan nama 80/20 bronze, brass, atau gold. Senar ini menghasilkan suara yang bright dengan sustain yang cukup baik. Selain itu, karena tetap menggunakan nilon sebagai inti, nada yang dihasilkan juga hangat.

Kenali karakteristik masing-masing merek

Banyak produsen yang membuat senar gitar dengan spesifikasi berbeda. Mengenali karakteristik setiap brand merupakan salah satu faktor penting dalam memilih senar yang tepat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai karakteristik senar dari berbagai merek yang sudah mendunia.

D’Addario: Suara presisi tinggi, senar standar seluruh dunia

D’Addario adalah merek senar yang populer dari masa ke masa. Merek ini dianggap sebagai world standard string karena suaranya kalem dan mudah untuk dimainkan. Apabila bingung untuk membeli senar pertama Anda, pilihlah produk dari D’Addario agar tidak salah.

Selain itu, proses pengukuran kualitas suara D’Addario dilakukan secara presisi oleh komputer yang memiliki tingkat akurasi tinggi. Senar berpresisi tinggi menghasilkan nada yang juga presisi. Dengan menggunakan senar berakurasi suara tinggi, Anda tentu dapat memainkan gitar dengan pitch nada yang tepat secara konsisten.

Elixir: Tahan lama, antikorosi, dan nyaman

Elixir memiliki senar yang menghasilkan tone atau kontrol nada yang panjang. Selain itu, senar yang diproduksi pun tidak mudah korosi sekalipun dalam ruangan yang lembap. Hal ini akan membuat gitar Anda selalu siap saat ingin digunakan.


Senar yang nyaman buatan Elixir juga akan memudahkan Anda mengontrol sustain dan vibrato. Beberapa produsen gitar yang menggunakan senar Elixir adalah Ibanez dan Taylor. 

Ernie Ball: Menghasilkan nada yang balance dan mudah diaplikasikan pada gitar

Ernie Ball merupakan salah satu produsen senar gitar yang memiliki sejarah panjang. Pabrikan senar gitar ini sudah ada sejak tahun 1962 di Amerika. Awalnya Ernie Ball membuat senar hanya untuk elektrik gitar dan elektrik bass saja. Jadi, jangan heran apabila hanya sedikit produk yang disiapkan untuk gitar klasik.


Ernie Ball hanya memiliki tiga tipe senar gitar untuk gitar klasik. Walaupun terbatas, nada yang dihasilkan dari senar ini memiliki kualitas nada yang balance. Selain itu, beberapa produk juga memiliki ball end yang akan membuat senar terpasang dengan tepat pada bridge

10 Rekomendasi senar gitar klasik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk senar gitar klasik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adriano Pandapotan.

10
TensionMedium hingga hard
MaterialNilon, Perak
9

Ernie BallErnesto Palla Clear & Silver

P02403

Mulai dari Rp 79.000,00

TensionMedium
MaterialNilon, perak
8
TensionLight
MaterialNilon
7
TensionMedium
MaterialNilon
6
TensionHard
MaterialNilon, perak
5
TensionHard
MaterialNilon
4
TensionMedium
MaterialNilon, perak
3

Ernie BallEarthwood Acoustic Guitar Strings

P02069

Mulai dari Rp 100.000,00

TensionLow hingga medium
MaterialNilon, 80/20 bronze
2
TensionMedium
MaterialNilon
1
TensionMedium
MaterialNilon

Tabel perbandingan produk senar gitar klasik terbaik

Gambar produk
1
Yamaha Guitar String Classic 1

Yamaha

2
D’Addario Pro-Arté 1

D’Addario

3
Ernie Ball Earthwood Acoustic Guitar Strings 1

Ernie Ball

4
D'Addario Classic 1

D'Addario

5
D’Addario Pro-Arté 1

D’Addario

6
Orphee NX Classic Guitar Strings 1

Orphee

7
Savarez New Cristal Cantiga 1

Savarez

8
Augustine Classic Black 1

Augustine

9
Ernie Ball Ernesto Palla Clear & Silver 1

Ernie Ball

10
Augustine Regal Red 1

Augustine

Nama produk

Guitar String Classic

Pro-Arté

Earthwood Acoustic Guitar Strings

Classic

Pro-Arté

NX Classic Guitar Strings

New Cristal Cantiga

Classic Black

Ernesto Palla Clear & Silver

Regal Red

Keunggulan

Terjangkau tetapi berkualitas, tepat untuk memulai belajar!

Nyaman dimainkan dengan nada yang kaya dan seimbang

Dilengkapi ball-end, lebih mudah dipasang pada gitar

Senar yang akan menemani Anda dari belajar hingga pro

Pilihan populer untuk nada yang kaya dan hangat

Senar yang lembut tidak akan membuat jari Anda terluka

Kualitas suara jernih serupa dengan kualitas gut string

Volume-nya lirih, tetapi manis dan hangat di telinga

Tidak perlu takut penampilan buruk saat tampil di hall dengan senar ini

Mainkan nada bold, powerful, tetapi tetap hangat khas Augustine

Harga mulai dariRp 50.000,00Rp 150.000,00Rp 100.000,00Rp 115.000,00Rp 160.000,00Rp 18.000,00Rp 249.999,00Rp 150.000,00Rp 79.000,00Rp 150.000,00
TensionMediumMediumLow hingga mediumMediumHardHardMediumLightMediumMedium hingga hard
MaterialNilonNilonNilon, 80/20 bronzeNilon, perakNilonNilon, perakNilonNilonNilon, perakNilon, Perak
Tautan produk

Tips dari gitaris, Adriano Pandapotan, untuk memilih senar gitar yang pas

Tips dari gitaris, Adriano Pandapotan, untuk memilih senar gitar yang pas

Sesuaikan dengan kemampuan bermain gitar Anda saat ini. Apabila baru belajar, Anda bisa menggunakan senar tipe light tension. Apabila baru belajar dan menggunakan hard tension, tangan Anda menjadi cepat lelah dan membuat malas bermain. Namun, jika sudah cukup mampu, Anda bisa mulai menggunakan tipe medium ataupun hard tension untuk kualitas suara yang lebih baik.

Baca juga rekomendasi gitar lainnya di sini

Selain gitar klasik, ada banyak jenis gitar akustik lainnya. Agar Anda tidak penasaran, kami memiliki beberapa artikel rekomendasi lainnya tentang gitar akustik. Jangan lupa untuk membacanya juga, ya!

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan secara singkat sepuluh rekomendasi senar gitar terbaik yang dijual di toko online di Indonesia. Apakah merek, tension, dan materialnya sesuai dengan preferensi Anda?

Senar gitar klasik sangat beragam jenisnya. Masing-masing memiliki karakteristik dan ciri khasnya tersendiri. Pilihlah salah satu dengan mengikuti panduan di atas, dan temukan senar yang paling cocok untuk permainan gitar Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, ada yang murah ada juga yang mahal. Hal ini tergantung dari merek dan kualitas dari gitar listrik itu sendiri.Apakah Anda sedang mencari gitar listrik terbaik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kami juga memberikan sederet produk yang direkomendasikan. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai panduan sebelum membeli. 
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Senar memberikan pengaruh pada kualitas suara gitar akustik sehingga penting untuk memilih senar terbaik. Senar gitar akustik sendiri terdiri dari beberapa jenis. Ada senar nylon yang digunakan pada gitar klasik. Ada juga senar baja antikarat untuk memainkan musik genre rock, blues, dan country.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih senar untuk menemukan senar terbaik yang original untuk gitar akustik Anda. Kami juga merekomendasikan beragam merek senar gitar akustik yang bagus, seperti Elixir, D'addario, Yamaha, dan Martin & Co. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bukan hanya  di tempat hiburan atau studio musik saja, kini Anda pun dapat karaoke di rumah. Agar suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah microphone karaoke.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih microphone karaoke yang bagus dari berbagai merk. Kami juga akan memberikan rekomendasi microphone karaoke mulai dari tipe wireless, Bluetooth, kabel, dan tipe kids atau anak. Microphone karaoke buatan Behringer, Sennheiser, dan SHURE pun akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    Selain piano, pilihan alat musik yang paling banyak diminati saat ini adalah keyboard. Alat musik ini menggabungkan model permainan piano dengan teknologi. Yamaha merupakan merek alat musik top of mind ketika Anda mencari keyboard. Anda mungkin bingung memilihnya dari segi style, fitur, dan harga.Oleh karena itu, kami akan memberikan poin-poin cara memilih keyboard Yamaha. Simak rekomendasi keyboard Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Berbagai keyboard Yamaha dari seri PSR-E, PSR-SX, dan Genios juga ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Bass Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Bassist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bass Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Bassist (Terbaru Tahun 2022)
    Bass adalah instrumen petik dengan suara yang unik. Bass harus dihubungkan dengan amplifier yang membutuhkan daya listrik agar suaranya terdengar jelas. Umumnya orang yang bermain bass bisa bermain gitar. Meski demikian, Anda juga dapat belajar bermain bass dari nol tanpa harus bisa bermain gitar lebih dahulu.  Kali ini kami akan memandu Anda dalam memilih bass untuk pemula. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek bass terbaik, seperti Yamaha, Ibanez, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer sekaligus bassist kami, Dennis Novriandi. Dilanjutkan membacanya, yuk!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori