• 10 Rekomendasi Jam Tangan Swatch Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Swatch Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Swatch Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Swatch Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Swatch Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Jam Tangan Swatch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Swatch adalah merek jam tangan asal Swiss. Produk ini populer di kalangan pria dan wanita di seluruh dunia karena memiliki desain yang beragam. Anda dapat memilih jam tangan Swatch dari model simpel, desain unik, warna menarik, dan harga yang bervariasi.


Kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara memilih jam tangan Swatch. Setelah itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh jam tangan Swatch yang bagus. Banyak model yang dapat menjadi pilihan Anda, mulai dari koleksi Originals, Irony, Skin, dan Digital. Jadi, simak terus hingga akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Sekilas tentang jam tangan Swatch

Swatch adalah singkatan dari "Second watch" atau jam tangan second yang dimaksudkan sebagai aksesori kasual sekali pakai. Seiring dengan berjalannya waktu, produsen terus melakukan inovasi untuk menghilangkan kesan jam tangan murahan dari bahan plastik. 


Salah satu kelebihan jam tangan Swatch adalah penggunaan best quality movement. Movement jam tangan adalah mekanisme yang memungkinkan jam terus berdetak dan menunjukan waktu secara akurat. Kualitas ini biasanya hanya ditemukan pada jam tangan mewah. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa jam Swatch mahal.


Selain itu, jam tangan Swatch juga identik dengan kesan berani, fashionable, dan kreatif. Model jam tangan dapat mencapai ratusan desain dengan tema anti-mainstream. Anda dapat menemukan desain unik, mulai dari klasik, bold, hingga original style


Produk Swatch cukup berbeda dibandingkan jam tangan lain asal Swiss yang dikenal memiliki model klasik. Produsen sengaja melakukan hal demikian agar desainer dari seluruh dunia ikut berpartisipasi dalam proses pembuatan. Setiap model jam dirancang untuk menyampaikan pesan dari Swatch tentang kebebasan berkreasi dan joy of life.

Cara memilih jam tangan Swatch

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih jam tangan Swatch. Pembahasan yang lebih detail diharapkan dapat membantu Anda menemukan produk yang sesuai dengan preferensi Anda. Silakan Anda simak poin-poinnya secara saksama.

Pilihlah dari koleksi utama

Jam tangan Swatch menawarkan sekitar lima ratus varian model, mulai dari model simpel hingga unik. Pada umumnya, model-model tersebut dapat digolongkan ke dalam empat jenis koleksi. Dengan mencermati masing-masing keunggulannya, tentu Anda dapat menemukan jam tangan yang sempurna bagi Anda.

Originals: Model melimpah dan cocok untuk para pemula

Jam tangan Swatch Originals adalah salah satu koleksi terpopuler dari merek ini. Swatch Originals dibuat dari bahan plastic-cased. Originals menawarkan sekitar 240 model, mulai dari model Gent yang klasik hingga jam mekanik dari model SISTEM51. Apabila Anda baru mengenal merek Swatch, Anda dianjurkan untuk memilih model dari kategori ini terlebih dahulu.


Jam tangan Swatch Originals tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan desain. Model jam tangan dari koleksi Originals memiliki konsep dasar yaitu pengoptimalan fungsi sekaligus meminimalkan komponen. Beberapa contoh model yang terkenal dari kategori ini adalah Chrono dan Scuba yang memiliki desain sporty.

Irony: Memiliki tampilan mewah dengan kesan luks

Jam tangan Swatch Irony merupakan upgrade dari varian Originals. Varian ini dirancang untuk menghilangkan image jam tangan plastik yang identik dengan kesan murahan. Koleksi Irony memiliki casing yang terbuat dari logam atau metal. Seri ini termasuk produk jam tangan dengan penggerak quartz dan mekanik otomatis. Oleh sebab itu, jam tangan Swatch Irony cocok bagi Anda yang suka dengan tampilan luks.


Model jam tangan Swatch Irony juga memiliki suara detik lebih kecil dibandingkan model yang terbuat dari plastik. Walaupun sebagian jam Irony terbuat dari logam, tetapi ada model yang menggunakan bahan kulit dan stainless steel. Dengan demikian, Anda memiliki lebih banyak pilihan bahan pada koleksi jam tangan Swatch Irony.

Skin: Ringan dan nyaman dipakai

Selain koleksi Originals dan Irony, jam tangan Swatch juga memiliki koleksi Skin. Koleksi Skin sendiri memiliki dua kategori, seperti berikut ini.

  • Skin OriginalVarian Skin Original tampil lebih atraktif dan ukuran yang lebih tipis. Jam tangan ini paling tebal sekali pun hanya 5,7 mm. Oleh sebab itu, jam tangan ini sering kali tidak terlihat saat Anda mengenakan pakaian lengan panjang. Walaupun demikian, jam tangan ini akan tetap terasa nyaman. Kami merekomendasikan Skin bagi Anda yang ingin tampil smart atau stylist tanpa harus memakai jam tangan berat.

  • Skin Chronograph. Tipe jam tangan Skin Chronograph juga memiliki fitur seperti seri Original Skin. Bedanya, Skin Chronograph memiliki fungsi chronograph dengan menambah dua tombol pada sisi jam tangan.

Digital: Fiturnya keren dan senyap

Model jam tangan Swatch yang satu ini tidak banyak ditemukan di pasaran. Varian ini memiliki desain unik yang berbeda dari jam tangan digital pada umumnya. Dengan model tersebut, jam tangan Swatch Digital cocok bagi Anda yang punya style anti-mainstream.


Jam tangan Swatch Digital menawarkan fitur yang memiliki fungsi seperti alarm dan timer. Selain itu, tampilan digital yang tidak menimbulkan suara detik jam membuatnya nyaman saat digunakan.

Koleksi model limited edition sesuai tema dan tren terbaru

Swatch memiliki berbagai model jam dengan desain menarik yang hanya dirilis pada waktu tertentu saja. Ragam koleksi jam Swatch yang dijual all year round memang berkualitas baik. Namun, koleksi jam Swatch limited edition memberikan tampilan yang lebih eksklusif.


Salah satu contoh jam tangan limited edition Swatch adalah ²Q yang dipakai dalam film James Bond, No Time To Die. Selain itu, Swatch juga pernah terpilih sebagai pencatat waktu resmi Olimpiade di Atlanta, Sydney, dan Athena. Bahkan, Swatch juga pernah menjadi official timekeeper Olimpiade Musim Dingin 2018.


Apabila Anda gemar menonton Olimpiade dan mengoleksi Swatch limited edition, Anda dapat berburu seri Swatch Pyeongchang 2018. Sayangnya, Swatch Pyeongchang 2018 masih sulit ditemukan di toko online di Indonesia.

Pilihlah jam tangan dengan motif tali unik

Apabila Anda menyukai model jam berwarna-warni, Anda dapat memilih jam tangan Swatch dengan motif unik. Beberapa jam tangan Swatch memiliki motif multicolored, pada bagian tali maupun dial-nya. Anda dapat mengoleksi beberapa motif untuk menyesuaikan warna jam dengan warna outfit yang Anda kenakan.


Soal harga, Anda tidak perlu khawatir. Di pasaran, ada banyak jam tangan Swatch yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Ada jam tangan motif tali unik dan model lain yang dapat dibeli kurang dari satu juta rupiah.


Namun, jam tangan dengan display yang terlalu ramai terkadang menyulitkan Anda untuk melihat angka jam. Oleh sebab itu, jika Anda akan memilih salah satu model dengan motif yang ramai, sebaiknya motif tersebut hanya ada pada bagian tali jam saja.

Pilihlah jam tangan Swatch dengan model uniseks

Jam tangan Swatch juga memiliki model yang dapat digunakan oleh pria dan wanita. Produk seperti ini biasa dikenal dengan model uniseks. Jam tangan uniseks umumnya memiliki desain sederhana yang bisa dipakai pada situasi tertentu..


Anda dapat membeli jam tangan uniseks untuk diri sendiri atau sebagai hadiah bagi orang yang Anda sayangi. Salah satu kelebihan dari jam tangan uniseks adalah dapat digunakan secara bergantian dengan keluarga atau pasangan.

Pilihlah berdasarkan ukuran pergelangan tangan

Sebelum membeli jam tangan Swatch, Anda perlu mengetahui ukuran pergelangan tangan Anda. Pertama-tama, ukurlah pergelangan tangan Anda menggunakan seutas tali dan penggaris. Setelah mendapatkan angka yang tepat, Anda dapat memperkirakan model jam tangan yang pas untuk pergelangan tangan Anda.


Diameter jam tangan Swatch berkisar antara 25 mm–47 mm. Anda bisa mendapatkan jam tangan dalam beberapa ukuran berbeda. Sayangnya, setiap varian hanya hadir dalam satu ukuran. 


Pada umumnya, ukuran pergelangan tangan berkisar antara 14 cm–18 cm. Bila hasil pengukuran pergelangan tangan Anda antara 14 cm–17 cm, pilihlah jam berdiameter 25 mm–35 mm. Namun, bila Anda memiliki pergelangan tangan lebih besar, pilihlah jam tangan Swatch berdiameter di atas 40 mm.

10 Rekomendasi jam tangan Swatch terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jam tangan Swatch terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10

SwatchPetite Seconde Black

SY23S400

Mulai dari Rp 3.590.000,00

Tahun pembuatan2020
KoleksiIrony
Bahan taliKulit
Ukuran (lebar x tinggi x tebal)42,70 mm x 47,20 mm x 11,70 mm
Ketahanan air3 Bar (30 meter)
Bahan casingStainless steel
9
Tahun pembuatan2020
KoleksiSkin
Bahan taliKulit
Ukuran (lebar x tinggi x tebal)42 mm x 45,60 x 6,70 mm
Ketahanan air3 Bar (30 meter)
Bahan casingStainless steel
8
Tahun pembuatan2020
KoleksiOriginals
Bahan taliSilikon
Ukuran (lebar x tinggi x tebal)25 mm x 31,40 mm x 7 mm
Ketahanan air3 Bar (30 meter)
Bahan casingPlastik
7

SwatchSistem Brushed

YIM400G

Mulai dari Rp 3.850.000,00

Tahun pembuatan2018
KoleksiIrony
Bahan taliStainless steel adjustable
Ukuran (lebar x tinggi x tebal)42 mm x 50,60 mm x 13,80 mm
Ketahanan air3 Bar (30 meter)
Bahan casingStainless steel
6
Tahun pembuatan2020
KoleksiIrony
Bahan taliStainless steel
Ukuran (lebar x tinggi x tebal)25 mm x 28,70 mm x 8 mm
Ketahanan air3 Bar (30 meter)
Bahan casingStainless steel
5
Tahun pembuatan2020
KoleksiSkin Limited Edition
Bahan taliKulit
Ukuran (lebar x tinggi x tebal)42 mm x 45,60 mm x 6,70 mm
Ketahanan air3 Bar (30 meter)
Bahan casingStainless Steel
4
Tahun pembuatan2021
KoleksiOriginals
Bahan taliSilikon
Ukuran (lebar x tinggi x tebal)34 mm x 39,20 mm x 8,75 mm
Ketahanan air3 Bar (30 meter)
Bahan casingPlastik
3

SwatchTouch Night & Pink

SURB102D

Mulai dari Rp 1.180.000,00

Tahun pembuatan2018
KoleksiDigital
Bahan taliSilikon
Ukuran (lebar x tinggi x tebal)39 mm x 52,60 mm x 11,90 mm
Ketahanan air3 Bar (30 meter)
Bahan casingPlastik
2
Tahun pembuatan2019
KoleksiOriginals
Bahan taliSilikon
Ukuran (lebar x tinggi x tebal)34 mm x 39,20 x 8,75 mm
Ketahanan air3 Bar (30 meter)
Bahan casingPlastik
1
Tahun pembuatan2019
KoleksiDigital
Bahan taliSilikon
Ukuran (lebar x tinggi x tebal)39 mm x 52,60 mm x 11,90 mm
Ketahanan air3 Bar (30 meter)
Bahan casingPlastik

Tabel perbandingan produk jam tangan Swatch terbaik

Gambar produk
1
Swatch ColorPusher 1

Swatch

2
Swatch Ashbaya 1

Swatch

3
Swatch Touch Night & Pink 1

Swatch

4
Swatch Mouse Marinière 1

Swatch

5
Swatch James Bond ²Q 1

Swatch

6
Swatch Luminescent Sand 1

Swatch

7
Swatch Sistem Brushed 1

Swatch

8
Swatch Enchanted Pond  1

Swatch

9
Swatch Time to Trovalize 1

Swatch

10
Swatch Petite Seconde Black 1

Swatch

Nama produk

ColorPusher

Ashbaya

Touch Night & Pink

Mouse Marinière

James Bond ²Q

Luminescent Sand

Sistem Brushed

Enchanted Pond

Time to Trovalize

Petite Seconde Black

Keunggulan

Tampilan eye-catching yang futuristik

Model klasik dengan warna hijau mengilap, cocok untuk kado

Jam digital warna burgundy dengan fitur stopwatch

Karakter Mickey Mouse dalam sebuah jam tangan

Hasil kolaborasi dengan film James Bond No Time To Die

Jam tangan berwarna keemasan dengan ukuran yang mungil

Desain cool dengan fitur glows in the dark

Desain penuh bunga dan katak, mirip cerita dari negeri dongeng

Menawarkan kesan classy dengan detail jahitan rapi dan elegan

Tampilan simpel yang elegan dan eksentrik

Harga mulai dariRp 1.599.000,00Rp 710.500,00Rp 1.180.000,00Rp 1.000.000,00Rp 2.474.000,00Rp 2.149.000,00Rp 3.850.000,00Rp 745.000,00Rp 2.245.000,00Rp 3.590.000,00
Tahun pembuatan2019201920182021202020202018202020202020
KoleksiDigitalOriginalsDigitalOriginalsSkin Limited EditionIronyIronyOriginalsSkinIrony
Bahan taliSilikonSilikonSilikonSilikonKulitStainless steelStainless steel adjustableSilikonKulitKulit
Ukuran (lebar x tinggi x tebal)39 mm x 52,60 mm x 11,90 mm34 mm x 39,20 x 8,75 mm39 mm x 52,60 mm x 11,90 mm34 mm x 39,20 mm x 8,75 mm42 mm x 45,60 mm x 6,70 mm25 mm x 28,70 mm x 8 mm42 mm x 50,60 mm x 13,80 mm25 mm x 31,40 mm x 7 mm42 mm x 45,60 x 6,70 mm42,70 mm x 47,20 mm x 11,70 mm
Ketahanan air3 Bar (30 meter)3 Bar (30 meter)3 Bar (30 meter)3 Bar (30 meter)3 Bar (30 meter)3 Bar (30 meter)3 Bar (30 meter)3 Bar (30 meter)3 Bar (30 meter)3 Bar (30 meter)
Bahan casingPlastikPlastikPlastikPlastikStainless SteelStainless steelStainless steelPlastikStainless steelStainless steel
Tautan produk

Cara membedakan jam tangan Swatch asli dan palsu

Ada beberapa cara membedakan jam tangan Swatch asli dan palsu. Cara pertama adalah dengan mengidentifikasi model dan nama jam tangan. Produk jam tangan Swatch asli memiliki ID unik yang diwakili oleh huruf dan angka.


Huruf yang berbeda mewakili seri produk yang berbeda pula. Misalnya, huruf L untuk seri Lady dan huruf G untuk seri Gentleman. Sementara itu, angka yang tercantum pada kode mewakili urutan produksi jam tangan. Makin kecil angka pada kode jam tangan, desain tahun pembuatannya pun makin awal. Kode produk Swatch asli juga tersedia di official website jam tangan Swatch.


Anda juga dapat membedakan keaslian jam tangan Swatch dengan melihat case back atau penutup belakang jam. Jam tangan Swatch mekanik otomatis memiliki case back yang sepenuhnya transparan. Sementara itu, jam tangan asli Swatch lain memiliki case back berbentuk semi-closed. Produk ini memiliki satu penutup baterai melingkar yang terbuka sehingga Anda bisa membukanya dengan mudah.


Sebagian case back jam tangan Swatch asli terbuat dari plastik semi transparan. Dengan demikian, Anda bisa melihat struktur dan operasi movement jam tangan. Penggunaan bahan serta proses produksi dilakukan sangat teliti dan detail sehingga jam tangan Swatch sulit ditiru. Jam tangan Swatch juga memiliki kinerja magnetic shock untuk memaksimalkan perlindungan fitur waterproof agar sulit dipalsukan.


Setiap posisi dial terluar jam tangan Swatch asli terkadang tepat di bawah dan terkadang pada bagian kiri. Selain itu, ada beberapa kata bahasa Inggris yang dicetak sangat kecil “Swatch AG XXXX (four-digit year)”. Empat digit tahun ini menunjukan tahun desain jam tangan Swatch. Kode ini memudahkan pecinta jam tangan Swatch untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang dibeli.

Baca juga rekomendasi produk dari merek jam tangan terbaik lain di sini!

Tidak hanya produk dari Swatch, berbagai merek jam tangan lain juga populer dan laris terjual di Indonesia. Bagaimana cara memilihnya dan produk apa saja yang menjadi rekomendasi kami? Simak penjelasan lebih lanjut melalui artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan jam tangan Swatch terbaik, mulai dari koleksi Originals, Irony, Skin, hingga DigitalJam tangan Swatch dengan ragam model direkomendasikan sebagai pilihan kado bagi orang yang Anda sayangi.

Temukan beragam varian jam tangan Swatch yang bagus hanya bersama kami. Semoga melalui artikel ini, Anda dapat menemukan produk jam tangan Swatch yang cocok dengan selera Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kacamata Terbaik untuk Wajah Bulat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kacamata Terbaik untuk Wajah Bulat (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki wajah bulat memang memiliki tantangan tersendiri untuk menemukan bentuk kacamata yang tepat. Pasalnya, salah memilih bentuk kacamata akan membuat wajah makin terlihat bulat. Untuk menyiasatinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kacamata.Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kacamata terbaik untuk Anda yang memiliki wajah bulat. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk yang bagus dari beragam merek, seperti Giordano, William Palmer, dan Bridges Eyewear. Selamat membaca dan temukan kacamata favorit Anda!
    Aksesori wanita
  • 10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti pernah mengalami kegagalan saat membeli kacamata secara online. Bisa saja ukurannya kekecilan atau modelnya tidak sesuai dengan harapan saat digunakan. Hal ini mungkin terjadi karena ada beberapa hal yang luput dari perhatian saat memilih kacamata.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih frame kacamata yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk bingkai kacamata terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Beberapa di antaranya ada merek lokal yang berkualitas, seperti HSF Eyewear, Sunset Eyewear, dan Bridges Eyewear. Simak informasinya sampai habis, ya!
    Aksesori wanita
  • 10 Gelang Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gelang Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi wanita, memakai gelang emas diyakini bisa mempercantik penampilan. Selain manis dipakai di pergelangan tangan, perhiasan emas juga bisa menjadi investasi. Itulah sebabnya, gelang emas tidak hanya dipakai oleh wanita dewasa saja, tetapi juga remaja.Supaya lebih menarik, pakailah gelang emas model terbaru, misalnya gelang emas rantai, bangle, tali, atau gelang emas mutiara. Kami akan membantu Anda mencari gelang emas yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek Semar Nusantara, Aurum Lab, Hala Gold, dan sebagainya. Sebelumnya, perhatikan beberapa poin cara memilih berikut ini, ya!
    Aksesori wanita
  • 10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Perhiasan emas memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wanita sejak dahulu, terutama kalung emas. Terlebih, model dan bentuk kalung emas wanita sekarang makin cantik dan keren. Ada yang simple, ada juga yang panjangnya menjuntai sehingga cocok untuk wanita berhijab. Untuk remaja, Anda dapat memilih produk yang beratnya 2 gram atau 3 gram.Supaya Anda bisa mendapatkan kalung emas yang bagus untuk wanita, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilihnya. Sepuluh rekomendasi model kalung terbaru dari berbagai merek, seperti UBS Lifestyle dan Hala Gold, juga telah kami siapkan. Yuk, disimak!
    Aksesori wanita
  • 10 Merk Jam Tangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Jam Tangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Selain sebagai penunjuk waktu, jam tangan merupakan aksesori yang wajib dimiliki oleh para wanita. Namun, pemilihan jam tangan ternyata harus disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan pemakai supaya menarik saat dikenakan. Jadi, produk manakah yang tepat untuk dipilih?Untuk memudahkan Anda, kami akan membagikan tips memilih jam tangan yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga akan mengulas beberapa merek jam tangan wanita terbaik, seperti Casio, Alba, atau Alexandre Christie. Jika Anda sedang mencari jam tangan wanita kekinian, simak informasi selengkapnya di sini!
    Aksesori wanita
  • 10 Rekomendasi Gelang Cartier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gelang Cartier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mendengar kata gelang mewah pastinya yang muncul di benak Anda adalah gelang dari merk Cartier. Didirikan pada 1874, Cartier merupakan produsen perhiasan dan jam tangan mewah yang berasal dari Perancis. Tidak hanya emas, Cartier juga membuat produknya dari berbagai logam lain seperti perak dan titanium.Cartier bracelet merupakan salah satu perhiasaan yang dicintai oleh berbagai kalangan, mulai dari bangsawan, selebriti, dan fashionista. Pada artikel kali ini kami akan memperkenalkan tips memilih gelang Cartier yang bagus beserta sepuluh rekomendasi gelang Cartier terbaik. Selamat menikmati artikel ini!
    Aksesori wanita
  • 10 Rekomendasi Aksesoris Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aksesoris Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain pakaian, aksesori rambut wanita juga merupakan penunjang dalam menyempurnakan outfit Anda. Pemilihan aksesoris rambut yang tepat tak hanya membuat rambut lebih rapi, tetapi juga mempertegas style Anda. Namun, banyaknya pilihan aksesori rambut yang bagus mungkin saja membuat Anda bingung memilih.Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih aksesoris rambut berikut rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih. Aksesoris rambut wanita dan anak-anak pun ada dalam rekomendasi kami. Yuk, simak selengkapnya dan buat tampilan Anda makin menawan dengan aksesoris rambut!
    Aksesori wanita
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori