mybest
Proyektor

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Apakah Anda sedang mencari layar proyektor? Alat satu ini penting untuk digunakan di berbagai kegiatan, seperti menonton film, main games, hingga presentasi di kantor. Layar proyektor terdiri dari berbagai jenis model, ukuran, dan harga. Saat memilihnya, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kami akan memberikan tips cara memilih layar proyektor yang bagus. Sejumlah merek seperti Pixelscreen, Inforce, dan Ezzrale kami sajikan pada rekomendasi produk. Bagi Anda yang sedang mencari layar proyektor terbaik, sebaiknya baca artikel ini sampai habis agar tidak salah pilih. Selamat membaca, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih layar proyektor

Dalam memilih layar proyektor, ada empat poin yang perlu diperhatikan. Keempat poin itu adalah modelnya, rasio, jenis bingkai, dan ukuran layar. Kami akan menjelaskan poin-poin tersebut secara lebih mendetail. Selamat membaca!
1

Pilih berdasarkan model layarnya

Poin pertama yang harus Anda perhatikan adalah model layarnya. Ada dua jenis layar proyektor yang umum dijumpai, yaitu layar proyektor motorized (otomatis) dan layar proyektor manual. Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. Oleh sebab itu, pahamilah perbedaan dari setiap model layar sebelum membelinya. Simak penjelasan berikut ini, ya!

Layar proyektor motorized: Lebih modern karena menggunakan remote control

Layar proyektor motorized: Lebih modern karena menggunakan remote control
Layar proyektor motorized disebut juga layar proyektor otomatis karena layarnya dapat digulung dan dibentang secara otomatis. Bisa dibilang, layar proyektor jenis ini lebih melindungi layar dari debu dan sinar matahari. Anda dapat menutup layar ini secara otomatis dari jarak jauh hanya dengan menggunakan remote control.

Karena menggunakan motor listrik, layar proyektor ini memiliki beberapa kekurangan. Komponen dari layar ini memiliki bobot yang berat sehingga tidak ringkas saat dipakai bekerja. Harganya pun umumnya lebih mahal dibanding jenis layar proyektor manual.

Layar proyektor manual: Mudah dipasang, mudah digunakan, dan harganya ekonomis

Layar proyektor manual: Mudah dipasang, mudah digunakan, dan harganya ekonomis
Disebut layar proyektor manual karena untuk membentangkan layar harus dengan cara ditarik. Tinggi rendahnya layar dapat diatur karena biasanya terdapat fitur self-lock controller. Layar jenis ini paling umum dijumpai di ruang kelas atau kantor, dan lainnya. Harganya juga cukup terjangkau apabila dibandingkan dengan jenis layar proyektor motorized.

Selain itu, ada beberapa tipe layar proyektor manual yang umum beredar di pasaran. Fungsinya beragam dan tidak hanya bergantung pada media dinding. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak penjelasan berikut!


  • Tipe tripod. Layar proyektor ini mempunyai tiang atau kaki penyangga sehingga layar dapat terbentang kokoh. Karena tidak digantung permanen pada dinding, layar ini dapat dipindah sesuai keinginan.

  • Tipe portabel. Layar proyektor ini dapat berdiri sendiri tanpa perlu tiang tripod dan tidak membutuhkan media dinding untuk digantung. Terdapat rangka penyangga yang membuat layar ini dapat berdiri tegak.

  • Tipe foldable. Layar proyektor ini dapat dilipat seperti kain dan dimasukkan ke dalam tas. Bahannya berbeda dengan layar tipe lainnya agar tidak mudah kusut. Pemasangannya dapat ditempel pada dinding atau dikaitkan ke tiang.
2

Pilihlah layar berdasarkan rasionya

Pilihlah layar berdasarkan rasionya
Sumber: pixelscreen.id
Saat memilih layar proyektor, Anda perlu mempertimbangkan rasio bidangnya atau perbandingan antara panjang dan lebar layar. Apabila Anda ingin menggunakan layar proyektor untuk di rumah, gunakanlah layar tipe lebar (rasio 16:9) atau tipe standar (rasio 4:3). Layar tipe lebar (wide type) merupakan ukuran yang sesuai untuk menonton film sehingga sangat cocok dipakai sebagai home theatre.

Sementara itu, untuk kebutuhan presentasi di sekolah atau tempat kerja, gunakanlah widescreen projector atau WXGA dengan rasio 16:10. Dengan layar berukuran seperti TV tabung dan memakai tripod, Anda akan dapat melihat presentasi dari output layar PC seperti power point dengan lebih mudah.

3

Pilihlah berdasarkan jenis bingkai layarnya

Ada dua tipe bingkai layar proyektor yaitu produk dengan bingkai berwarna hitam dan produk tanpa bingkai. Layar yang berbingkai hitam membuat gambar terlihat lebih jernih. Sebaliknya, layar tanpa bingkai membuat gambar terlihat kurang jernih. Namun, layar tanpa bingkai lebih mudah menyatu dengan interior ruangan.

Kami merekomendasikan layar proyektor berbingkai hitam untuk menonton film. Sementara itu, gunakanlah layar tanpa bingkai di tempat yang fashionable seperti di kafe, non-portable screen, atau kantor.

4

Pilih ukuran layar sesuai dengan jarak pandang

Pilih ukuran layar sesuai dengan jarak pandang
Orang sering berpikir bahwa layar besar cocok dipakai di ruangan besar, sebaliknya layar kecil untuk ruangan kecil. Namun, hal tersebut tidaklah selalu benar. Dalam menentukan layar yang sesuai dengan luas ruangan, terdapat rumus jarak pandang dibagi tiga. Contohnya, jika jarak layar dari kursi seseorang adalah 240 cm, layar tipe 80 inci adalah rekomendasinya.

Apabila mengaplikasikan rumus di atas, Anda dapat menentukan apakah jarak layar dengan tempat duduk terlalu dekat. Rumus juga dapat menentukan ukuran layar terbaik yang tepat dipakai di ruangan sempit, tetapi panjang. Dengan menggunakan rumus jarak pandang tersebut, Anda dapat memilih ukuran layar yang sesuai dengan luas ruangan.

5

Ketahuilah bahan layar proyektor

Ketahuilah bahan layar proyektor

Layar proyektor umumnya berbahan matte white. Namun, sebenarnya ada sejumlah bahan layar proyektor lainnya, seperti soft gray, polyester, dan PVC. Simak penjelasannya berikut ini.


  • Matte white adalah bahan layar proyektor yang paling umum dijumpai. Berupa kain putih bersih dengan ketebalan tertentu dan memiliki tekstur permukaan yang kesat. Bahan ini menghasilkan gambar terbaik ketika di ruangan gelap dan kurang direkomendasikan untuk ruangan yang terang.

  • Soft gray atau silver merupakan layar proyektor matte silver. Permukaannya lebih halus dibanding bahan matte white. Bahan ini mampu menghasilkan proyeksi gambar yang lebih tajam dan dapat digunakan di ruangan dengan pencahayaan terang. Layar ini sangat bagus untuk menonton film atau bermain game yang banyak menampilkan level gelap. Secara harga, soft gray lebih mahal dibanding matte white.

  • Polyester adalah bahan layar proyektor yang bentuknya seperti kain pada umumnya. Bahan ini dapat dilipat, disetrika, dan mudah dibersihkan. Bahan lainnya yang masih dalam kelompok polyester adalah PET. Polyester umumnya dijumpai untuk jenis layar proyektor lipat yang praktis.

  • PVC merupakan bahan layar proyektor yang baik dalam menyerap proyeksi cahaya dan menampilkannya kembali. Permukaannya cukup halus dibanding bahan layar lainnya dan dapat dilipat. Layar proyektor berbahan PVC juga biasanya lebih mudah dibersihkan.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi layar proyektor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk layar proyektor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Tripod Screen Projector 70

 Tripod Screen Projector 70 1

Rp350.000

Menengah

Ukuran standar yang paling populer dan banyak digunakan

2

Lejiada

Kain Layar Proyektor Anti-Light

Lejiada Kain Layar Proyektor Anti-Light 1

Rp69.000

Lebih Murah

Gambar tajam hingga 4K, mudah dipasang, dan ekonomis

3

Layar Proyektor Lipat

 Layar Proyektor Lipat 1

Rp79.500

Lebih Murah

Fleksibel, bisa dilipat, dan dibawa ke mana saja

4

Screen Projector Motorized

 Screen Projector Motorized 1

Rp1.350.000

Agak Mahal

Lebih smooth dengan layar berkendali jarak jauh!

5

Screen Projector Motorized 120"

 Screen Projector Motorized 120" 1

Rp2.100.000

Lebih Mahal

Layar besar, andalan si penyelenggara acara profesional!

6

Inforce

Wall Screen Projector 84

Inforce Wall Screen Projector 84 1

Rp484.000

Menengah

Auto-lock system, cegah layar tergulung tiba-tiba

7

Pixelscreen

Manual Wall Screen Projector

Pixelscreen Manual Wall Screen Projector 1

Rp385.000

Menengah

Lebih awet berkat material berkualitas tinggi

8

Ezzrale

Layar Proyektor Tripod 70

Ezzrale Layar Proyektor Tripod 70 1

Rp500.000

Menengah

Rangka tripod kukuh dan layar juga bisa digantung

9

Pixelscreen

Motorized Wall Screen

Pixelscreen Motorized Wall Screen 1

Rp1.550.000

Agak Mahal

Film lebih hidup, cocok untuk home theater

10

Ezzrale

Layar Proyektor Portable

Ezzrale Layar Proyektor Portable 1

Rp620.000

Menengah

Tinggal tarik layar ke atas dan siap digunakan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Tripod Screen Projector 70

Tripod Screen Projector 70 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp350.000
Menengah
Harga referensi
Rp350.000
Menengah

Ukuran standar yang paling populer dan banyak digunakan

Layar proyektor tripod 70 inci adalah tipe yang paling banyak dijumpai. Tipe ini begitu populer karena ukurannya yang ideal, serta kemudahannya untuk dipindahkan. Menggunakan layar dengan tripod, Anda bisa menggunakan satu produk saja untuk beberapa acara atau ruangan secara bergantian.


Selain mudah dipindahkan, proses bongkar pasang layar juga praktis. Ukuran ini memang paling ideal digunakan untuk presentasi. Namun, Anda juga tetap bisa menggunakannya untuk menonton video ataupun film.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

LejiadaKain Layar Proyektor Anti-Light

Harga referensi
Rp69.000
Lebih Murah

Gambar tajam hingga 4K, mudah dipasang, dan ekonomis

Mengeluh gambar di layar proyektor kurang tajam? Anda perlu mencoba produk ini. Layar proyektor anti-light dari merek Lejiada menawarkan gambar yang tajam dan beresolusi tinggi hingga 4K. Dipakai di ruangan yang terang juga tetap tajam karena berbasis anti-light. Anda akan merasakan sensasi seperti menonton di layar televisi.


Kain layar proyektor menggunakan bahan PET warna abu-abu sehingga mampu menampilkan hasil proyeksi yang lebih tajam. Produk ini sangat cocok untuk menayangkan film atau game yang membutuhkan detail dan akurasi warna tinggi. Tersedia dalam beragam ukuran yang bisa Anda sesuaikan sesuai kebutuhan.

No.3

Layar Proyektor Lipat

Harga referensi
Rp79.500
Lebih Murah

Fleksibel, bisa dilipat, dan dibawa ke mana saja

Sedang mencari layar proyektor yang fleksibel dibawa ke mana saja? Produk ini adalah jawabannya. Memakai bahan 100% serat poliester, layar ini dapat dilipat tanpa khawatir kusut. Terdapat lubang dan pengait pada pinggiran layar untuk dipasang pada dinding atau tiang. Jika Anda berencana untuk membuat pesta kebun di halaman rumah, layar ini cocok digunakan untuk menghidupkan suasana. Dipakai untuk acara nobar bola atau balapan, juga asyik, lho!
No.4

Screen Projector Motorized

Harga referensi
Rp1.350.000
Agak Mahal

Lebih smooth dengan layar berkendali jarak jauh!

Malas menaikturunkan layar proyektor? Pilihlah yang otomatis. Hanya dengan menekan tombol pada remote, Anda bisa menaikturunkan layar dari jarak jauh. Kebersihan dan keawetan layar juga meningkat karena menjadi mudah digulung. Anda juga akan terbantu karena tak perlu repot menggulung layar secara manual saat berberes ruangan. Sama seperti layar proyektor dinding manual, jenis otomatis ini dapat dipakai untuk berbagai kebutuhan.
No.5

Screen Projector Motorized 120"

Harga referensi
Rp2.100.000
Lebih Mahal

Layar besar, andalan si penyelenggara acara profesional!

Apabila Anda mempunyai usaha Event Organizer (EO), memiliki layar proyektor besar tentu merupakan keharusan. Layar proyektor motorized berukuran 120 inci ini perlu Anda miliki untuk perlengkapan EO. Produk ini sangat tepat dipasang di aula, auditorium, dan gedung besar lainnya.

Ukurannya yang besar dipastikan membuat pengunjung dapat menyimak dengan lebih jelas. Membentangkan dan menggulung layar selebar tiga meter ini tentu mudah karena berjenis motorized. Gunakan untuk acra resepsi pernikahan, launching produk, ulang tahun, live music, dan lainnya.

No.6

InforceWall Screen Projector 84

Harga referensi
Rp484.000
Menengah

Auto-lock system, cegah layar tergulung tiba-tiba

Saat presentasi tiba-tiba layar proyektor tergulung sendiri? Tentu hal ini sangat mengganggu penampilan dan menyita waktu Anda. Untuk menghindarinya, pilihlah layar proyektor dengan fitur auto lock. Produk Inforce ini dilengkapi auto locking system yang mencegah layar tergulung sendiri dan sekaligus untuk mengatur ketinggian layar. 

Bahan layar menggunakan matte white yang tebal dengan gulungan layar terbuat dari baja. Layar ini berukuran 84 inci yang cocok digantung di berbagai ruangan ukuran menengah hingga sedang. Produk ini tersedia dalam rasio 4:3 (lebar ke samping) dan 1:1 (sama sisi) yang bisa dipilih sesuai keinginan.

No.7

PixelscreenManual Wall Screen Projector

Harga referensi
Rp385.000
Menengah

Lebih awet berkat material berkualitas tinggi

Layar proyektor merupakan salah satu properti yang kerap digunakan di kantor ataupun sekolah. Untuk itu, memilih produk yang berkualitas dan awet adalah suatu keharusan. Jika Anda mencari produk yang tahan lama untuk kantor atau sekolah, jatuhkan pilihan pada produk ini, ya.


Layar proyektor produksi Pixelscreen ini dibuat menggunakan bahan matte white yang tebal sehingga lebih awet. Rangka dan roll-nya pun terbuat dari besi yang kukuh, membuatnya lebih tahan lama. Dengan memilih produk ini, budget untuk membeli prasarana operasional pun bisa dihemat.

No.8

EzzraleLayar Proyektor Tripod 70

Harga referensi
Rp500.000
Menengah

Rangka tripod kukuh dan layar juga bisa digantung

Memilih layar proyektor tripod haruslah mempertimbangkan kualitas material yang digunakan. Hal itu bertujuan agar layar proyektor tidak mudah roboh. Produk dari merek Ezzrale ini menggunakan tiang tripod yang kukuh sehingga memberi rasa aman. Material layarnya bertekstur halus dan kuat sehingga tidak mudah robek. 


Produk ini cocok dipakai di ruangan yang tidak memiliki space dinding yang cukup untuk menggantung layar proyektor. Dapat dipasang di ruang kelas, kantor, atau rumahan. Tetap ingin memasangnya pada dinding? Layar ini juga bisa digantung tanpa tripod, lho!

No.9

PixelscreenMotorized Wall Screen

Harga referensi
Rp1.550.000
Agak Mahal

Film lebih hidup, cocok untuk home theater

Apabila Anda mencari layar proyektor motorized untuk kebutuhan home theater, produk dari Pixelscreen ini bisa dipertimbangkan. Warna full hitam pada bingkai dan rol membuat film yang ditayangkan menjadi lebih dramatis. Anda tidak perlu capek menaikturunkan layar karena produk ini tipe motorized yang dikendalikan lewat remote control.


Pixelscreen menyediakan banyak pilihan ukuran, mulai dari 70 hingga 300 inci. Untuk home theater, idealnya Anda bisa memilih ukuran 84 inci ke atas. Sesuaikanlah ukuran layar dengan luas ruangan Anda. Dipakai untuk meeting? Tetap oke dan menambah kesan elegan!

No.10

EzzraleLayar Proyektor Portable

Layar Proyektor Portable 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp620.000
Menengah
Harga referensi
Rp620.000
Menengah

Tinggal tarik layar ke atas dan siap digunakan

Ingin layar proyektor yang dapat berdiri sendiri tanpa memerlukan tripod ataupun dinding? Cobalah produk ini. Layar proyektor portabel merek Ezzrale ini sangat praktis. Anda hanya perlu meletakkannya di meja, lantai, atau permukaan datar lainnya. Lalu, tarik layarnya ke atas dan layar pun siap digunakan.


Layar proyektor ini dapat berdiri karena memiliki penopang kaki-kaki dan rangka lipat. Namun, ukuran layarnya lebih kecil dari tipe layar proyektor lainnya. Ezzrale menyediakan ukuran 40 dan 50 inci yang cocok Anda aplikasikan di ruangan kecil dan sedang. Karena praktis, mungil, dan bisa dilipat, layar tipe ini cocok dibawa bepergian dengan komunitas kecil Anda.

Baca juga rekomendasi produk proyektor terbaik di sini!

Setelah menemukan produk layar proyektor yang tepat, tentu Anda juga harus menemukan proyektor yang cocok. Kombinasi kedua produk tersebut dapat membuat gambar dan video terlihat tajam. Silakan baca dan temukan proyektor terbaik Anda di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Kami telah meringkas bagaimana cara memilih layar proyektor dan merekomendasikan sepuluh produk yang berkualitas. Apakah Anda telah menemukan layar yang cocok dengan kebutuhan?

Sebelum membeli, pastikan Anda memperhatikan poin-poin penting dalam memilih produk. Selain itu, dalam menemukan layar proyektor yang dibutuhkan, carilah layar yang sesuai dengan ukuran ruangan, tujuan pemakaian, dan sesuai pula dengan anggaran Anda. Selamat memilih!

5 Rekomendasi Layar Proyektor terbaik

No. 1: Tripod Screen Projector 70

No. 2: LejiadaKain Layar Proyektor Anti-Light

No. 3: Layar Proyektor Lipat

No. 4: Screen Projector Motorized

No. 5: Screen Projector Motorized 120"

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.