• 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Apakah Anda sedang mencari layar proyektor? Alat satu ini penting untuk digunakan di berbagai kegiatan, seperti menonton film, main games, hingga presentasi di kantor. Layar proyektor terdiri dari berbagai jenis model, ukuran, dan harga. Saat memilihnya, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kali ini kami akan berbagi tips dalam memilih layar proyektor dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Merek terkenal seperti Brite juga akan kami ulas untuk Anda. Bagi Anda yang sedang mencari layar proyektor, sebaiknya baca artikel ini sampai habis agar tidak salah pilih. Selamat membaca, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 29 Juli 2020
  • 8.262 Views
Daftar isi

Cara memilih layar proyektor

Dalam memilih layar proyektor, ada empat poin yang perlu diperhatikan. Keempat poin itu adalah modelnya, rasio, jenis bingkai, dan ukuran layar. Kami akan menjelaskan poin-poin tersebut secara lebih mendetail. Selamat membaca!

Pilih berdasarkan model layarnya

Poin pertama yang harus Anda perhatikan adalah model layarnya. Ada empat tipe layar proyektor, yaitu tipe electric, manual, tapestry, dan portable projector screen. Tiap jenis layar memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda. Oleh sebab itu, pahamilah perbedaan dari setiap model layar sebelum membelinya.
Berikut akan kami paparkan karakteristik dari masing-masing tipe. Silakan baca dan tentukan jenis layar sesuai kebutuhan penggunaan Anda.

Electric projector screen: Lebih modern karena pengaplikasiannya menggunakan remote control

Electric projector screen: Lebih modern karena pengaplikasiannya menggunakan remote control
Layar proyektor tipe pertama adalah electric projector screen yang sering disebut juga motorized screen atau tipe elektrik. Layar tipe ini memiliki keunggulan karena dapat digulung dan dibentang secara otomatis. Bisa dibilang layar proyektor elektrik ini lebih melindungi layar dari debu dan sinar matahari.
Anda dapat menutup layar ini secara otomatis dari jarak jauh hanya dengan menggunakan remote control. Namun, karena menggunakan listrik, layar proyektor ini memiliki beberapa kekurangan. Contohnya komponen dari layar ini memiliki bobot yang berat sehingga tidak ringkas saat dipakai bekerja. Ditambah lagi, harganya lebih mahal dibandingkan tipe yang lain.

Manual projector screen: Mudah dipasang, mudah digunakan, dan harganya ekonomis

Manual projector screen: Mudah dipasang, mudah digunakan, dan harganya ekonomis
Tipe selanjutnya adalah manual projector screen atau tipe layar yang digulung dan dibentang secara manual. Ada dua jenis layar untuk tipe ini. Layar yang pertama cara membukanya adalah dengan menarik tali di bagian sisi layar. Sementara pada layar tipe kedua, Anda harus menarik handel di bagian bawah layar. Setelah handel ditarik, layarnya dapat terbuka ke atas secara otomatis.
Layar tipe ini memiliki kelebihan yakni mudah disimpan dan tidak mengganggu kondisi interior sekalipun diletakkan di dalam ruangan. Selain itu, dibandingkan dengan tipe elektrik, tipe manual juga lebih efektif dipakai untuk bekerja karena lebih ringan dan mudah dipasang. Harga layar tipe ini juga lebih terjangkau dibandingkan layar elektrik. Jika Anda ingin membeli layar proyektor dengan harga yang lebih ekonomis, pilihlah tipe ini.

Tapestry projector screen: Ringan dan mudah dipindahkan

Tapestry projector screen: Ringan dan mudah dipindahkan
Layar tipe tapestry tidak dapat digulung dan dibentang sebagaimana dua tipe sebelumnya. Penggunaan layar tipe ini umumnya dengan cara menggantungnya di dinding. Oleh sebab itu, jika Anda memperhatikan keindahan interior ruangan, sebaiknya pilih tipe layar yang bingkainya tidak mencolok.
Keunggulan lain dari tipe ini adalah bobotnya ringan sehingga nyaman untuk dibawa bepergian. Apabila Anda membutuhkan layar untuk dipakai berpindah-pindah ruangan, layar tipe ini bisa Anda gunakan.

Floor rising screen: Mudah dipasang dan didirikan di lantai

Floor rising screen: Mudah dipasang dan didirikan di lantai
Tipe terakhir adalah floor rising screen atau disebut juga freestanding. Sesuai namanya, layar proyektor ini dapat berdiri tanpa menggunakan penyangga, bahkan tidak membutuhkan proses instalasi yang merepotkan. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan layar tipe manual. Dengan demikian, boleh dikatakan bahwa layar tipe ini adalah tipe yang paling mudah digunakan.
Sayangnya, tipe ini harus diletakkan di lantai untuk menggunakannya. Jadi, tipe ini lebih banyak menyita tempat dibandingkan tipe layar yang digantung di dinding. Namun, banyak juga layar tipe ini yang dapat dilipat dan disimpan.

Pilihlah layar berdasarkan rasionya

Pilihlah layar berdasarkan rasionya
Saat memilih layar proyektor, Anda perlu mempertimbangkan rasio bidangnya atau perbandingan antara panjang dan lebar layar. Apabila Anda ingin menggunakan layar proyektor untuk di rumah, gunakanlah layar tipe lebar (rasio 16:9) atau tipe standar (rasio 4:3). Layar tipe lebar (wide type) merupakan ukuran yang sesuai untuk menonton film sehingga sangat cocok dipakai sebagai home theatre.
Sementara untuk kebutuhan presentasi di sekolah atau tempat kerja, gunakanlah widescreen projector atau WXGA dengan rasio 16:10. Dengan layar berukuran seperti TV tabung dan memakai tripod, Anda akan dapat melihat presentasi dari output layar PC seperti power point dengan lebih mudah.

Pilihlah berdasarkan jenis bingkai layarnya

Pilihlah berdasarkan jenis bingkai layarnya
Ada dua tipe bingkai layar proyektor yaitu produk dengan bingkai berwarna hitam dan produk tanpa bingkai. Layar yang berbingkai hitam membuat gambar terlihat lebih jernih. Sebaliknya, layar tanpa bingkai membuat gambar terlihat kurang jernih. Namun, layar tanpa bingkai lebih mudah menyatu dengan interior ruangan.
Kami merekomendasikan layar proyektor berbingkai hitam untuk menonton film. Sementara itu, gunakanlah layar tanpa bingkai di tempat yang fashionable seperti di kafe, non-portable screen, atau kantor.

Pilih ukuran layar sesuai dengan jarak pandang

Pilih ukuran layar sesuai dengan jarak pandang
Orang sering berpikir bahwa layar besar cocok dipakai di ruangan besar, sebaliknya layar kecil untuk ruangan kecil. Namun, hal tersebut tidaklah selalu benar. Dalam menentukan layar yang sesuai dengan luas ruangan, terdapat rumus jarak pandang dibagi tiga. Contohnya, jika jarak layar dari kursi seseorang adalah 240 cm, layar tipe 80 inci adalah rekomendasinya.
Apabila mengaplikasikan rumus di atas, Anda dapat menentukan apakah jarak layar dengan tempat duduk terlalu dekat. Rumus juga dapat menentukan ukuran layar terbaik yang tepat dipakai di ruangan sempit, tetapi panjang. Dengan menggunakan rumus jarak pandang tersebut, Anda dapat memilih ukuran layar yang sesuai dengan luas ruangan.

10 Rekomendasi layar proyektor terbaik

Berikut ini adalah sepuluh layar proyektor pilihan kami. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya dengan mempertimbangkan poin-poin yang sudah dibahas sebelumnya.
10
ModelTripod projector screen
Ukuran70 × 70 inci
BobotTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitam
9
ModelTapestry projector screen
Ukuran86,61 × 47,24 inci
BobotTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitam
8
ModelManual projector screen
Ukuran40 inci
BobotTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitam
7
ModelElectric projector screen
Ukuran70 inci
BobotTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitam
6
ModelTapestry projector screen
Ukuran60 inci
Bobot11 kg
Jenis bingkaiTanpa bingkai
5
ModelFloor rising screen
Ukuran47,24 × 35,43 inci
Bobot11 kg
Jenis bingkaiBingkai hitam
4

Screen Projector Manual Wall 60″

Rp 470.000,00

ModelManual projector screen
Ukuran60 inci
BobotTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitam
3
ModelElectric projector screen
Ukuran70 inci
Bobot14 kg
Jenis bingkaiBingkai hitam
2
ModelElectric projector screen
Ukuran300 inci
BobotTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitam
1
ModelManual projector screen
Ukuran120 inci
Bobot20 kg
Jenis bingkaiBingkai hitam

Tabel perbandingan produk layar proyektor terbaik

Gambar produk
1
Brite Manual Screen 1

Brite

2
Super Big Motorized Screen 300″ 1

3
Brite Tension Motorized Screen 1

Brite

4
Screen Projector Manual Wall 60″ 1

5
Brite Floor Handy Pull Up Screen 1

Brite

6
Layar Proyektor Tirai 60″ 1

7
LeTaec Motorized Layar Proyektor 70” 1

LeTaec

8
Screen Pojector Portable 40″ 1

9
Matt White Projector Screen 100″ 1

10
Tripod Screen Projector 70″ 1

Nama produk

Manual Screen

Super Big Motorized Screen 300″

Tension Motorized Screen

Screen Projector Manual Wall 60″

Floor Handy Pull Up Screen

Layar Proyektor Tirai 60″

Motorized Layar Proyektor 70”

Screen Pojector Portable 40″

Matt White Projector Screen 100″

Tripod Screen Projector 70″

Keunggulan

Auto-lock system, cegah layar tergulung tiba-tiba di tengah-tengah presentasi!

Layar superbesar andalan si penyelenggara acara profesional!

Layar membentang sempurna untuk home theatre di rumah

Instalasi praktis membuat layar dapat digantung di mana saja!

Tak perlu repot dengan pemasangannya! Pakai saat menonton, simpan jika tidak diperlukan

New type non-woven fabric hasilkan gambar jernih tanpa memerlukan bingkai hitam

Meeting lebih smooth dengan layar berkendali jarak jauh!

Produk compact dengan beragam rasio layar, fleksibel untuk berbagai kegiatan!

Layar tapestry dengan cost and performance yang mumpuni!

Instalasi cepat dan praktis, cukup tancap, bentangkan, dan geser!

HargaRp 1.725.000,00Rp 4.375.000,00Rp 3.748.500,00Rp 470.000,00Rp 2.175.000,00Rp 56.316,00Rp 1.280.000,00Rp 480.000,00Rp 300.000,00Rp 390.000,00
ModelManual projector screenElectric projector screenElectric projector screenManual projector screenFloor rising screenTapestry projector screenElectric projector screenManual projector screenTapestry projector screenTripod projector screen
Ukuran120 inci300 inci70 inci60 inci47,24 × 35,43 inci60 inci70 inci40 inci86,61 × 47,24 inci70 × 70 inci
Bobot20 kgTidak disebutkan14 kgTidak disebutkan11 kg11 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitamBingkai hitamBingkai hitamBingkai hitamBingkai hitamTanpa bingkaiBingkai hitamBingkai hitamBingkai hitamBingkai hitam
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk proyektor terbaik di sini!

Setelah menemukan produk layar proyektor yang tepat, tentu Anda juga harus menemukan proyektor yang cocok. Kombinasi kedua produk tersebut dapat membuat gambar dan video terlihat tajam. Silakan baca dan temukan proyektor terbaik Anda di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Kali ini kami telah meringkas bagaimana cara memilih layar proyektor dan merekomendasikan sepuluh produk yang berkualitas. Apakah Anda telah menemukan layar yang cocok dengan kebutuhan?
Sebelum membeli, pastikan Anda memperhatikan poin-poin penting dalam memilih produk. Selain itu, dalam menemukan layar proyektor yang dibutuhkan, carilah layar yang sesuai dengan ukuran ruangan, tujuan pemakaian, dan sesuai pula dengan anggaran Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    271.950 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    182.418 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    148.028 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    144.128 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Banyak produsen yang menawarkan catok pelurus rambut, seperti Philips, Elov, BaByliss, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produk. Nah, berikut ini akan kami bahas beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Mari simak artikel berikut ini dan temukan catok pelurus rambut terbaik untuk Anda! Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    125.677 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda dapat menikmati pengalaman browsing di dunia internet yang bebas dari kendala, seperti putusnya koneksi atau buffering, dengan menjaga kestabilan koneksi internet di rumah dengan memasang wireless router. Wireless router adalah solusi untuk mendapatkan kualitas jaringan ketika menggunakan internet. Namun, sekarang ini sudah banyak produsen menjual wireless router dengan berbagai fitur dan keunggulan yang bervariasi sehingga sulit bagi pembeli untuk menentukan wireless router yang pas sesuai kebutuhan.Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana memilih wireless router, membandingkan produk yang terbaik dari sisi performa dan harga, serta merekomendasikan produk yang terbaik untuk Anda. Selain itu, juga akan dijelaskan tips memasang wireless router. Temukan wireless router terbaik Anda yang dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakan internet.
    Elektronik rumah tangga
    108.400 Views
  • 10 Rekomendasi Lampu Pintar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lampu Pintar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ingin menggunakan peralatan rumah tangga berteknologi IoT (Internet on Things) sehingga ruangan semakin berwarna? Smart LED-lah pilihannya. Smart LED (Light Emitting Diode) dilengkapi dengan Bluetooth di dalam bohlam sehingga dapat diatur dengan smartphone. Ada beberapa model yang dapat diatur melalui suara seperti Philips dan Xiaomi. Ada pula produk dengan harga terjangkau seperti Arbit dan Bardi. Kami akan memperlihatkan cara memilih lampu pintar dan merekomendasikan produk yang dapat diperoleh secara online. Produk di bawah dipilih berdasarkan kualitas, ulasan, dan harganya. Selamat menentukan lampu pintar favorit Anda!
    Elektronik rumah tangga
    6.720 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori