• 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Apakah Anda sedang mencari layar proyektor? Alat satu ini penting untuk digunakan di berbagai kegiatan, seperti menonton film, main games, hingga presentasi di kantor. Layar proyektor terdiri dari berbagai jenis model, ukuran, dan harga. Saat memilihnya, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kali ini kami akan berbagi tips dalam memilih layar proyektor dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Merek terkenal seperti Brite juga akan kami ulas untuk Anda. Bagi Anda yang sedang mencari layar proyektor, sebaiknya baca artikel ini sampai habis agar tidak salah pilih. Selamat membaca, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 2.037 Views
Daftar isi

Cara memilih layar proyektor

Dalam memilih layar proyektor, ada empat poin yang perlu diperhatikan. Keempat poin itu adalah modelnya, rasio, jenis bingkai, dan ukuran layar. Kami akan menjelaskan poin-poin tersebut secara lebih mendetail. Selamat membaca!

Pilih berdasarkan model layarnya

Poin pertama yang harus Anda perhatikan adalah model layarnya. Ada empat tipe layar proyektor, yaitu tipe electric, manual, tapestry, dan portable projector screen. Tiap jenis layar memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda. Oleh sebab itu, pahamilah perbedaan dari setiap model layar sebelum membelinya.
Berikut akan kami paparkan karakteristik dari masing-masing tipe. Silakan baca dan tentukan jenis layar sesuai kebutuhan penggunaan Anda.

Electric projector screen: Lebih modern karena pengaplikasiannya menggunakan remote control

Electric projector screen: Lebih modern karena pengaplikasiannya menggunakan remote control
Layar proyektor tipe pertama adalah electric projector screen yang sering disebut juga motorized screen atau tipe elektrik. Layar tipe ini memiliki keunggulan karena dapat digulung dan dibentang secara otomatis. Bisa dibilang layar proyektor elektrik ini lebih melindungi layar dari debu dan sinar matahari.
Anda dapat menutup layar ini secara otomatis dari jarak jauh hanya dengan menggunakan remote control. Namun, karena menggunakan listrik, layar proyektor ini memiliki beberapa kekurangan. Contohnya komponen dari layar ini memiliki bobot yang berat sehingga tidak ringkas saat dipakai bekerja. Ditambah lagi, harganya lebih mahal dibandingkan tipe yang lain.

Manual projector screen: Mudah dipasang, mudah digunakan, dan harganya ekonomis

Manual projector screen: Mudah dipasang, mudah digunakan, dan harganya ekonomis
Tipe selanjutnya adalah manual projector screen atau tipe layar yang digulung dan dibentang secara manual. Ada dua jenis layar untuk tipe ini. Layar yang pertama cara membukanya adalah dengan menarik tali di bagian sisi layar. Sementara pada layar tipe kedua, Anda harus menarik handel di bagian bawah layar. Setelah handel ditarik, layarnya dapat terbuka ke atas secara otomatis.
Layar tipe ini memiliki kelebihan yakni mudah disimpan dan tidak mengganggu kondisi interior sekalipun diletakkan di dalam ruangan. Selain itu, dibandingkan dengan tipe elektrik, tipe manual juga lebih efektif dipakai untuk bekerja karena lebih ringan dan mudah dipasang. Harga layar tipe ini juga lebih terjangkau dibandingkan layar elektrik. Jika Anda ingin membeli layar proyektor dengan harga yang lebih ekonomis, pilihlah tipe ini.

Tapestry projector screen: Ringan dan mudah dipindahkan

Tapestry projector screen: Ringan dan mudah dipindahkan
Layar tipe tapestry tidak dapat digulung dan dibentang sebagaimana dua tipe sebelumnya. Penggunaan layar tipe ini umumnya dengan cara menggantungnya di dinding. Oleh sebab itu, jika Anda memperhatikan keindahan interior ruangan, sebaiknya pilih tipe layar yang bingkainya tidak mencolok.
Keunggulan lain dari tipe ini adalah bobotnya ringan sehingga nyaman untuk dibawa bepergian. Apabila Anda membutuhkan layar untuk dipakai berpindah-pindah ruangan, layar tipe ini bisa Anda gunakan.

Floor rising screen: Mudah dipasang dan didirikan di lantai

Floor rising screen: Mudah dipasang dan didirikan di lantai
Tipe terakhir adalah floor rising screen atau disebut juga freestanding. Sesuai namanya, layar proyektor ini dapat berdiri tanpa menggunakan penyangga, bahkan tidak membutuhkan proses instalasi yang merepotkan. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan layar tipe manual. Dengan demikian, boleh dikatakan bahwa layar tipe ini adalah tipe yang paling mudah digunakan.
Sayangnya, tipe ini harus diletakkan di lantai untuk menggunakannya. Jadi, tipe ini lebih banyak menyita tempat dibandingkan tipe layar yang digantung di dinding. Namun, banyak juga layar tipe ini yang dapat dilipat dan disimpan.

Pilihlah layar berdasarkan rasionya

Pilihlah layar berdasarkan rasionya
Saat memilih layar proyektor, Anda perlu mempertimbangkan rasio bidangnya atau perbandingan antara panjang dan lebar layar. Apabila Anda ingin menggunakan layar proyektor untuk di rumah, gunakanlah layar tipe lebar (rasio 16:9) atau tipe standar (rasio 4:3). Layar tipe lebar (wide type) merupakan ukuran yang sesuai untuk menonton film sehingga sangat cocok dipakai sebagai home theatre.
Sementara untuk kebutuhan presentasi di sekolah atau tempat kerja, gunakanlah widescreen projector atau WXGA dengan rasio 16:10. Dengan layar berukuran seperti TV tabung dan memakai tripod, Anda akan dapat melihat presentasi dari output layar PC seperti power point dengan lebih mudah.

Pilihlah berdasarkan jenis bingkai layarnya

Pilihlah berdasarkan jenis bingkai layarnya
Ada dua tipe bingkai layar proyektor yaitu produk dengan bingkai berwarna hitam dan produk tanpa bingkai. Layar yang berbingkai hitam membuat gambar terlihat lebih jernih. Sebaliknya, layar tanpa bingkai membuat gambar terlihat kurang jernih. Namun, layar tanpa bingkai lebih mudah menyatu dengan interior ruangan.
Kami merekomendasikan layar proyektor berbingkai hitam untuk menonton film. Sementara itu, gunakanlah layar tanpa bingkai di tempat yang fashionable seperti di kafe, non-portable screen, atau kantor.

Pilih ukuran layar sesuai dengan jarak pandang

Pilih ukuran layar sesuai dengan jarak pandang
Orang sering berpikir bahwa layar besar cocok dipakai di ruangan besar, sebaliknya layar kecil untuk ruangan kecil. Namun, hal tersebut tidaklah selalu benar. Dalam menentukan layar yang sesuai dengan luas ruangan, terdapat rumus jarak pandang dibagi tiga. Contohnya, jika jarak layar dari kursi seseorang adalah 240 cm, layar tipe 80 inci adalah rekomendasinya.
Apabila mengaplikasikan rumus di atas, Anda dapat menentukan apakah jarak layar dengan tempat duduk terlalu dekat. Rumus juga dapat menentukan ukuran layar terbaik yang tepat dipakai di ruangan sempit, tetapi panjang. Dengan menggunakan rumus jarak pandang tersebut, Anda dapat memilih ukuran layar yang sesuai dengan luas ruangan.

10 Rekomendasi layar proyektor terbaik

Berikut ini adalah sepuluh layar proyektor pilihan kami. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya dengan mempertimbangkan poin-poin yang sudah dibahas sebelumnya.
ModelTripod projector screen
Ukuran70 × 70 inci
BobotTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitam
ModelTapestry projector screen
Ukuran86,61 × 47,24 inci
BobotTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitam
ModelManual projector screen
Ukuran40 inci
BobotTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitam
ModelElectric projector screen
Ukuran70 inci
BobotTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitam
ModelTapestry projector screen
Ukuran60 inci
Bobot11 kg
Jenis bingkaiTanpa bingkai
ModelFloor rising screen
Ukuran47,24 × 35,43 inci
Bobot11 kg
Jenis bingkaiBingkai hitam
ModelManual projector screen
Ukuran60 inci
BobotTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitam
ModelElectric projector screen
Ukuran70 inci
Bobot14 kg
Jenis bingkaiBingkai hitam
ModelElectric projector screen
Ukuran300 inci
BobotTidak disebutkan
Jenis bingkaiBingkai hitam
ModelManual projector screen
Ukuran120 inci
Bobot20 kg
Jenis bingkaiBingkai hitam

Baca juga rekomendasi produk proyektor terbaik di sini!

Setelah menemukan produk layar proyektor yang tepat, tentu Anda juga harus menemukan proyektor yang cocok. Kombinasi kedua produk tersebut dapat membuat gambar dan video terlihat tajam. Silakan baca dan temukan proyektor terbaik Anda di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Kali ini kami telah meringkas bagaimana cara memilih layar proyektor dan merekomendasikan sepuluh produk yang berkualitas. Apakah Anda telah menemukan layar yang cocok dengan kebutuhan?
Sebelum membeli, pastikan Anda memperhatikan poin-poin penting dalam memilih produk. Selain itu, dalam menemukan layar proyektor yang dibutuhkan, carilah layar yang sesuai dengan ukuran ruangan, tujuan pemakaian, dan sesuai pula dengan anggaran Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    67.536 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    28.608 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bluetooth headset adalah headset nirkabel yang praktis digunakan bukan hanya dalam urusan pekerjaan, melainkan juga untuk keperluan pribadi. Namun, beberapa variasi fitur dan harga bluetooh headset dapat membuat bingung pengguna dalam memilih produk yang tepat.Artikel berikut ini membahas cara memilih bluetooth headset yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih produk. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth headset terbaik dari Jabra, Bose, JBL, Samsung, dan Plantronics. Selamat menyimak!
    Elektronik rumah tangga
    32.217 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, Anda dapat membeli kulkas yang berukuran kurang dari 100 liter. Anda akan menemukan beragam tipe kulkas mini, seperti kulkas satu pintu, kulkas yang dilengkapi peredam kebisingan, atau berdaya listrik kecil. Apakah Anda jadi bingung dalam menentukan pilihan?Untuk membantu Anda, kami akan merekomendasikan berbagai kulkas mini terbaik, seperti keluaran Sanken, Panasonic, Electrolux, dan sebagainya. Simaklah beberapa tips dari kami untuk menemukan kulkas mini yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Elektronik rumah tangga
    19.104 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, salah satunya menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    34.578 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Ada berbagai produsen yang menawarkan catok pelurus rambut terbaik, seperti Philips, Panasonic, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan material pelat pemanas di antaranya keramik, titanium, atau teflon. Kali ini kami akan membagi beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut sekaligus memperkenalkan sepuluh produk terbaik yang akan menyempurnakan penampilan Anda. Anda dapat membeli produk-produk catok pelurus tersebut secara online di Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak.
    Elektronik rumah tangga
    31.190 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini berbagai macam produk mesin cuci telah hadir dengan teknologi yang canggih. Mesin cuci top loading atau bukaan atas merupakan salah satu jenis mesin cuci 1 tabung. Mesin cuci tipe ini memiliki fitur pencucian dan pengeringan dalam 1 tabung yang sama.Produsen ternama, seperti LG, Samsung, Sharp, Polytron, dan sebagainya berlomba-lomba menawarkan produk dengan fitur-fitur unggulan. Agar Anda tak salah pilih, kami akan mengulas poin yang perlu diperhatikan dalam memilih mesin cuci top loading. Tak lupa, kami juga mengulas 10 mesin cuci top loading terbaik versi kami.
    Elektronik rumah tangga
    11.931 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori