• 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Apakah Anda sedang mencari layar proyektor? Alat satu ini penting untuk digunakan di berbagai kegiatan, seperti menonton film, main games, hingga presentasi di kantor. Layar proyektor terdiri dari berbagai jenis model, ukuran, dan harga. Saat memilihnya, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kami akan memberikan tips cara memilih layar proyektor yang bagus. Sejumlah merek seperti Pixelscreen, Inforce, dan Ezzrale kami sajikan pada rekomendasi produk. Bagi Anda yang sedang mencari layar proyektor terbaik, sebaiknya baca artikel ini sampai habis agar tidak salah pilih. Selamat membaca, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Tabel perbandingan produk layar proyektor terbaik

Gambar produk
1
Tripod Screen Projector 70 1

2
Lejiada Kain Layar Proyektor Anti-Light 1

Lejiada

3
Layar Proyektor Lipat 1

4
Screen Projector Motorized 1

5
Screen Projector Motorized 120" 1

6
Inforce Wall Screen Projector 84 1

Inforce

7
Pixelscreen Manual Wall Screen Projector 1

Pixelscreen

8
Ezzrale Layar Proyektor Tripod 70 1

Ezzrale

9
Pixelscreen Motorized Wall Screen 1

Pixelscreen

10
Ezzrale Layar Proyektor Portable 1

Ezzrale

Nama produk

Tripod Screen Projector 70

Kain Layar Proyektor Anti-Light

Layar Proyektor Lipat

Screen Projector Motorized

Screen Projector Motorized 120"

Wall Screen Projector 84

Manual Wall Screen Projector

Layar Proyektor Tripod 70

Motorized Wall Screen

Layar Proyektor Portable

Keunggulan

Ukuran standar yang paling populer dan banyak digunakan

Gambar tajam hingga 4K, mudah dipasang, dan ekonomis

Fleksibel, bisa dilipat, dan dibawa ke mana saja

Lebih smooth dengan layar berkendali jarak jauh!

Layar besar, andalan si penyelenggara acara profesional!

Auto-lock system, cegah layar tergulung tiba-tiba

Lebih awet berkat material berkualitas tinggi

Rangka tripod kukuh dan layar juga bisa digantung

Film lebih hidup, cocok untuk home theater

Tinggal tarik layar ke atas dan siap digunakan

Harga mulai dariRp 350.000,00Rp 69.000,00Rp 79.500,00Rp 1.350.000,00Rp 2.100.000,00Rp 484.000,00Rp 385.000,00Rp 500.000,00Rp 1.550.000,00Rp 620.000,00
ModelTripodFoldableLipatMotorizedMotorizedDindingManual dindingTripodMotorizedPortabel
Pilihan ukuran70 inci60, 84, 72, 100, 133 inci70, 100, dan 120 inci70, 72, 100, dan 120 inci120 inci70 inci70, 84, 96, dan 120 inci70 inci70, 84, 96, 150, 200, dan 300 inci40 dan 50 inci
BahanMatte whitePETPoliesterMatte whiteMatte whiteMatte whiteMatte whiteMatte whiteMatte whiteMatte white
BobotTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanBervariasi tergantung ukuran layarTidak disebutkanTidak diketahuiTidak disebutkanTidak disebutkanBervariasi tergantung ukuran layar5 kg
Rekomendasi penggunaanKantor, sekolah, kampus, dan gedungRumah dan auditoriumRumah, hajatan, dan outdoorKantor, kampus, dan rumahKantor, sekolah, kampus, dan rumahKantor, sekolah, dan kampusKantor, kampus, sekolahKantor, sekolah, kampus, dan gedungKantor, kampus, dan rumahan. rumahanKantor, kampus, dan rumah
Tautan produk

Cara memilih layar proyektor

Dalam memilih layar proyektor, ada empat poin yang perlu diperhatikan. Keempat poin itu adalah modelnya, rasio, jenis bingkai, dan ukuran layar. Kami akan menjelaskan poin-poin tersebut secara lebih mendetail. Selamat membaca!

Pilih berdasarkan model layarnya

Poin pertama yang harus Anda perhatikan adalah model layarnya. Ada dua jenis layar proyektor yang umum dijumpai, yaitu layar proyektor motorized (otomatis) dan layar proyektor manual. Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. Oleh sebab itu, pahamilah perbedaan dari setiap model layar sebelum membelinya. Simak penjelasan berikut ini, ya!

Layar proyektor motorized: Lebih modern karena menggunakan remote control

Layar proyektor motorized: Lebih modern karena menggunakan remote control
Layar proyektor motorized disebut juga layar proyektor otomatis karena layarnya dapat digulung dan dibentang secara otomatis. Bisa dibilang, layar proyektor jenis ini lebih melindungi layar dari debu dan sinar matahari. Anda dapat menutup layar ini secara otomatis dari jarak jauh hanya dengan menggunakan remote control.

Karena menggunakan motor listrik, layar proyektor ini memiliki beberapa kekurangan. Komponen dari layar ini memiliki bobot yang berat sehingga tidak ringkas saat dipakai bekerja. Harganya pun umumnya lebih mahal dibanding jenis layar proyektor manual.

Layar proyektor manual: Mudah dipasang, mudah digunakan, dan harganya ekonomis

Layar proyektor manual: Mudah dipasang, mudah digunakan, dan harganya ekonomis
Disebut layar proyektor manual karena untuk membentangkan layar harus dengan cara ditarik. Tinggi rendahnya layar dapat diatur karena biasanya terdapat fitur self-lock controller. Layar jenis ini paling umum dijumpai di ruang kelas atau kantor, dan lainnya. Harganya juga cukup terjangkau apabila dibandingkan dengan jenis layar proyektor motorized.

Selain itu, ada beberapa tipe layar proyektor manual yang umum beredar di pasaran. Fungsinya beragam dan tidak hanya bergantung pada media dinding. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak penjelasan berikut!


  • Tipe tripod. Layar proyektor ini mempunyai tiang atau kaki penyangga sehingga layar dapat terbentang kokoh. Karena tidak digantung permanen pada dinding, layar ini dapat dipindah sesuai keinginan.

  • Tipe portabel. Layar proyektor ini dapat berdiri sendiri tanpa perlu tiang tripod dan tidak membutuhkan media dinding untuk digantung. Terdapat rangka penyangga yang membuat layar ini dapat berdiri tegak.

  • Tipe foldable. Layar proyektor ini dapat dilipat seperti kain dan dimasukkan ke dalam tas. Bahannya berbeda dengan layar tipe lainnya agar tidak mudah kusut. Pemasangannya dapat ditempel pada dinding atau dikaitkan ke tiang.

Pilihlah layar berdasarkan rasionya

Saat memilih layar proyektor, Anda perlu mempertimbangkan rasio bidangnya atau perbandingan antara panjang dan lebar layar. Apabila Anda ingin menggunakan layar proyektor untuk di rumah, gunakanlah layar tipe lebar (rasio 16:9) atau tipe standar (rasio 4:3). Layar tipe lebar (wide type) merupakan ukuran yang sesuai untuk menonton film sehingga sangat cocok dipakai sebagai home theatre.

Sementara itu, untuk kebutuhan presentasi di sekolah atau tempat kerja, gunakanlah widescreen projector atau WXGA dengan rasio 16:10. Dengan layar berukuran seperti TV tabung dan memakai tripod, Anda akan dapat melihat presentasi dari output layar PC seperti power point dengan lebih mudah.

Pilihlah berdasarkan jenis bingkai layarnya

Ada dua tipe bingkai layar proyektor yaitu produk dengan bingkai berwarna hitam dan produk tanpa bingkai. Layar yang berbingkai hitam membuat gambar terlihat lebih jernih. Sebaliknya, layar tanpa bingkai membuat gambar terlihat kurang jernih. Namun, layar tanpa bingkai lebih mudah menyatu dengan interior ruangan.

Kami merekomendasikan layar proyektor berbingkai hitam untuk menonton film. Sementara itu, gunakanlah layar tanpa bingkai di tempat yang fashionable seperti di kafe, non-portable screen, atau kantor.

Pilih ukuran layar sesuai dengan jarak pandang

Pilih ukuran layar sesuai dengan jarak pandang
Orang sering berpikir bahwa layar besar cocok dipakai di ruangan besar, sebaliknya layar kecil untuk ruangan kecil. Namun, hal tersebut tidaklah selalu benar. Dalam menentukan layar yang sesuai dengan luas ruangan, terdapat rumus jarak pandang dibagi tiga. Contohnya, jika jarak layar dari kursi seseorang adalah 240 cm, layar tipe 80 inci adalah rekomendasinya.

Apabila mengaplikasikan rumus di atas, Anda dapat menentukan apakah jarak layar dengan tempat duduk terlalu dekat. Rumus juga dapat menentukan ukuran layar terbaik yang tepat dipakai di ruangan sempit, tetapi panjang. Dengan menggunakan rumus jarak pandang tersebut, Anda dapat memilih ukuran layar yang sesuai dengan luas ruangan.

Ketahuilah bahan layar proyektor

Ketahuilah bahan layar proyektor

Layar proyektor umumnya berbahan matte white. Namun, sebenarnya ada sejumlah bahan layar proyektor lainnya, seperti soft gray, polyester, dan PVC. Simak penjelasannya berikut ini.


  • Matte white adalah bahan layar proyektor yang paling umum dijumpai. Berupa kain putih bersih dengan ketebalan tertentu dan memiliki tekstur permukaan yang kesat. Bahan ini menghasilkan gambar terbaik ketika di ruangan gelap dan kurang direkomendasikan untuk ruangan yang terang.

  • Soft gray atau silver merupakan layar proyektor matte silver. Permukaannya lebih halus dibanding bahan matte white. Bahan ini mampu menghasilkan proyeksi gambar yang lebih tajam dan dapat digunakan di ruangan dengan pencahayaan terang. Layar ini sangat bagus untuk menonton film atau bermain game yang banyak menampilkan level gelap. Secara harga, soft gray lebih mahal dibanding matte white.

  • Polyester adalah bahan layar proyektor yang bentuknya seperti kain pada umumnya. Bahan ini dapat dilipat, disetrika, dan mudah dibersihkan. Bahan lainnya yang masih dalam kelompok polyester adalah PET. Polyester umumnya dijumpai untuk jenis layar proyektor lipat yang praktis.

  • PVC merupakan bahan layar proyektor yang baik dalam menyerap proyeksi cahaya dan menampilkannya kembali. Permukaannya cukup halus dibanding bahan layar lainnya dan dapat dilipat. Layar proyektor berbahan PVC juga biasanya lebih mudah dibersihkan.

10 Rekomendasi layar proyektor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk layar proyektor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

EzzraleLayar Proyektor Portable

Mulai dari Rp 620.000,00

ModelPortabel
Pilihan ukuran40 dan 50 inci
BahanMatte white
Bobot5 kg
Rekomendasi penggunaanKantor, kampus, dan rumah
9
ModelMotorized
Pilihan ukuran70, 84, 96, 150, 200, dan 300 inci
BahanMatte white
BobotBervariasi tergantung ukuran layar
Rekomendasi penggunaanKantor, kampus, dan rumahan. rumahan
8
ModelTripod
Pilihan ukuran70 inci
BahanMatte white
BobotTidak disebutkan
Rekomendasi penggunaanKantor, sekolah, kampus, dan gedung
7
ModelManual dinding
Pilihan ukuran70, 84, 96, dan 120 inci
BahanMatte white
BobotTidak disebutkan
Rekomendasi penggunaanKantor, kampus, sekolah
6
ModelDinding
Pilihan ukuran70 inci
BahanMatte white
BobotTidak diketahui
Rekomendasi penggunaanKantor, sekolah, dan kampus
5
ModelMotorized
Pilihan ukuran120 inci
BahanMatte white
BobotTidak disebutkan
Rekomendasi penggunaanKantor, sekolah, kampus, dan rumah
4
ModelMotorized
Pilihan ukuran70, 72, 100, dan 120 inci
BahanMatte white
BobotBervariasi tergantung ukuran layar
Rekomendasi penggunaanKantor, kampus, dan rumah
3
ModelLipat
Pilihan ukuran70, 100, dan 120 inci
BahanPoliester
BobotTidak disebutkan
Rekomendasi penggunaanRumah, hajatan, dan outdoor
2

LejiadaKain Layar Proyektor Anti-Light

Mulai dari Rp 69.000,00

ModelFoldable
Pilihan ukuran60, 84, 72, 100, 133 inci
BahanPET
BobotTidak disebutkan
Rekomendasi penggunaanRumah dan auditorium
1
ModelTripod
Pilihan ukuran70 inci
BahanMatte white
BobotTidak disebutkan
Rekomendasi penggunaanKantor, sekolah, kampus, dan gedung

Baca juga rekomendasi produk proyektor terbaik di sini!

Setelah menemukan produk layar proyektor yang tepat, tentu Anda juga harus menemukan proyektor yang cocok. Kombinasi kedua produk tersebut dapat membuat gambar dan video terlihat tajam. Silakan baca dan temukan proyektor terbaik Anda di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Kami telah meringkas bagaimana cara memilih layar proyektor dan merekomendasikan sepuluh produk yang berkualitas. Apakah Anda telah menemukan layar yang cocok dengan kebutuhan?

Sebelum membeli, pastikan Anda memperhatikan poin-poin penting dalam memilih produk. Selain itu, dalam menemukan layar proyektor yang dibutuhkan, carilah layar yang sesuai dengan ukuran ruangan, tujuan pemakaian, dan sesuai pula dengan anggaran Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Anker, Aukey, dan Energea.Di artikel ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone dapat membuat Anda lebih nyaman saat mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain games. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tiap produk headphone tentu berbeda-beda. Begitu pula dengan koneksinya, baik yang berkabel maupun nirkabel. Selain itu, desain yang beragam juga memengaruhi kebocoran suara. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih headphone dengan kualitas suara terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Anda akan menjumpai produk merek Sony, JBL, dan Logitech. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop memang sudah punya sistem pendinginnya sendiri. Meski begitu, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus dibantu cooling pad. Produknya dapat menurunkan suhu laptop saat kepanasan. Bekerja atau gaming pun jadi lebih nyaman.Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel ini, seperti merek Cooler Master, Havit, dan lainnya. Kami berkolaborasi dengan software engineer, Yosua Surojo, dalam artikel ini. Yuk, lanjut scroll ke bawah agar Anda bisa menemukan cooling pad laptop sesuai kebutuhan!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Flashdisk SanDisk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Flashdisk SanDisk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Flashdisk menjadi salah satu benda yang paling dibutuhkan saat ini karena berguna untuk menyimpan data digital. Jika berbicara tentang flashdisk, merk SanDisk termasuk yang unggul di bidangnya. Produknya tersedia dalam beberapa seri, seperti Extreme, Ultra dan Cruzer. Kapasitas flashdisk juga beragam, mulai dari 16 GB, 64 GB, hingga 256 GB. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai cara memilih flashdisk SanDisk yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk flashdisk SanDisk terbaik. Kami harap Anda dapat menemukan produk yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Simak terus artikel berikut!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori