1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Vitamin & suplemen
  6. >
  7. 10 Suplemen Creatine Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Suplemen Creatine Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Suplemen Creatine Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Suplemen Creatine Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Suplemen Creatine Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Suplemen Creatine Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Suplemen Creatine Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Untuk mengiringi sesi workout dan latihan fisik, konsumsi suplemen perlu dipertimbangkan. Salah satu suplemen untuk fitness dan olahraga yang banyak dikonsumsi adalah suplemen creatine. Secara medis, suplemen creatine juga memberikan banyak manfaat bagi Anda.


Kali ini kami akan memaparkan lebih jauh tentang cara memilih suplemen creatine terbaik untuk Anda. Setelahnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk dari merek yang bagus, seperti GNC, Muscle First, atau Evolene. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Mari simak pembahasannya dari kami hingga tuntas!
Diperbaharui 12-06-2022
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Sekilas mengenai suplemen creatine

Sekilas mengenai suplemen creatine
Creatine sebenarnya adalah senyawa turunan asam amino yang terkandung di dalam tubuh, terutama pada sel-sel otot. Sekitar 95% creatine disimpan di dalam otot. Senyawa ini membantu otot menghasilkan energi saat Anda melakukan angkat beban atau latihan dengan intensitas tinggi. Dalam jumlah kecil, creatine juga terdapat di dalam jantung, otak, dan jaringan tubuh lain.

Karena berperan penting dalam produksi energi, creatine pun tersedia dalam bentuk suplemen untuk latihan fisik. Menurut tulisan dalam WebMD, creatine merupakan suplemen paling populer untuk latihan. Suplemen ini telah banyak dikonsumsi oleh sport mania hingga atlet profesional untuk meningkatkan kualitas sesi olahraga mereka.

Apa saja manfaat suplemen creatine?

Apa saja manfaat suplemen creatine?

Salah satu manfaat utama suplemen creatine adalah meningkatkan massa otot. Riset dalam jurnal Molecular and Cellular Endocrinology membuktikan bahwa kombinasi suplemen creatine dan latihan resistensi membantu meningkatkan massa otot. Suplemen creatine disebutkan dapat menurunkan kadar myostatin, yakni jenis protein yang menghambat pertumbuhan otot.


Selain untuk meningkatkan massa otot, suplemen creatine memiliki beberapa manfaat lain. Berikut ini manfaat lain dari suplemen creatine.

  • Menaikkan performa latihan fisik
  • Membantu atlet untuk menoleransi beban latihan yang berat
  • Mempecepat recovery setelah menjalani latihan intens
  • Meningkatkan kekuatan

Creatine bahkan tidak hanya berperan dalam penunjang latihan dan aktivitas fisik. Senyawa ini juga memiliki manfaat sebagai obat gagal jantung, depresi, gangguan bipolar, parkinson, reumatik, dan berbagai distrofi otot.


Dengan manfaatnya yang beragam, tak heran suplemen creatine amat populer di jagat binaraga. Setelah mengetahui khasiat creatine, mari kita simak ulasan berikutnya mengenai cara memilih suplemen creatine.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen creatine

Ada cukup banyak merek yang mengeluarkan suplemen creatine. Simak pembahasan berikut ini agar Anda mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

① Temukan suplemen creatine berdasarkan tipenya

Suplemen creatine terdiri atas beberapa jenis, yakni creatine monohydrate, creatine hydrochloride (HCL), dan buffered creatine. Apa saja perbedaan ketiga jenis suplemen creatine tersebut? Simak uraian selengkapnya di bawah ini!

Creatine monohydrate, paling populer dan banyak diteliti oleh ahli

Creatine monohydrate merupakan bentuk creatine yang paling populer. Jenis ini terdiri dari satu molekul creatine dan satu molekul air. Pada banyak riset, hampir semuanya menggunakan creatine monohydrate. Artinya, banyak pembahasan terkait efektivitas suplemen creatine merujuk pada manfaat jenis ini. Dengan efektivitasnya yang sudah terbukti, bentuk ini menjadi standar suplemen creatine.

Kelebihan creatine monohydrate:

  • Efektivitasnya sudah dibuktikan oleh banyak riset
  • Harganya relatif murah
  • Mudah ditemukan dalam berbagai produk
  • Membantu menghasilkan energi pada aktivitas atau olahraga yang membutuhkan tenaga besar

Kekurangan creatine monohydrate:

  • Dikaitkan dengan efek samping berupa perut kembung, terutama pada fase loading
  • Dapat menimbulkan masalah batu ginjal, kram otot, dehidrasi, dan gangguan pada hati


Cukup banyak produk yang menggunakan creatine monohydrate, contohnya merek Muscle First. Evolene yang merupakan merek lokal juga menggunakan creatine monohydrate melalui produknya, yaitu Crevolene. Karena punya efek samping, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan tenaga ahli sebelum mengonsumsi suplemen creatine.

Creatine hydrochloride, diklaim lebih cepat diserap tubuh

Creatine hydrochloride (HCL) merupakan tipe creatine terpopuler kedua setelah monohydrate. Jenis ini terdiri dari satu molekul creatine dan molekul hydrochloride. Hal ini menyebabkan creatine hydrochloride lebih mudah larut dalam air.

Dengan struktur molekul serupa, jenis ini cenderung lebih stabil. Daya serap yang cepat juga berpeluang menurunkan efek samping creatine, seperti sakit perut.


Kelebihan creatine hydrochloride:

  • Berpotensi lebih cepat diserap tubuh
  • Risiko efek samping lebih kecil

Kekurangan creatine hydrochloride:

  • Cenderung lebih mahal dibandingkan creatine monohydrate


Di Indonesia, cukup sulit menemukan produk yang menggunakan HCL. Satu produk yang bisa Anda pertimbangkan yakni Cell-Tech Creactor dari MuscleTech.

Buffered creatine, pH-nya disesuaikan untuk hasil latihan yang optimal

Buffered creatine atau Kre-Alkalyn adalah jenis creatine yang diproses dengan bubuk alkali untuk menyesuaikan pH-nya. Penyesuaian pH tersebut diharapkan dapat mengurangi hancurnya creatine saat masuk ke dalam lambung


Dengan begitu, penyerapannya ke otot bisa lebih optimal dengan efek samping yang lebih minim. Potensi manfaat ini tentu menarik bagi sports mania. Namun, tipe buffered creatine belum bisa dibilang lebih efektif dibandingkan creatine monohydrate.


Kelebihan buffered creatine:

  • Diklaim efektif untuk meningkatkan kualitas latihan
  • Risiko efek samping lebih minim

Kekurangan buffered creatine:

  • Belum tentu lebih efektif dibandingkan creatine monohydrate
  • Harganya cenderung lebih mahal dibandingkan creatine monohydrate


Produk yang menggunakan buffered creatine juga cukup sulit dicari. Bila penasaran, Anda bisa mencoba Kre Alkalyn dari EFX Sports.

② Pilih bentuk suplemen yang mudah Anda konsumsi

Suplemen creatine utamanya tersedia dalam dua bentuk, yakni kapsul dan bubuk. Keduanya bisa Anda nikmati dengan cara yang tentu berbeda. Pilihlah bentuk suplemen creatine yang sesuai dengan kebutuhan dan kesibukan Anda.

Bentuk bubuk, banyak varian rasa dan bisa diminum dengan shaker

Bentuk bubuk, banyak varian rasa dan bisa diminum dengan shaker

Layaknya suplemen pembentuk otot lain, suplemen creatine juga banyak tersedia dalam bentuk bubuk. Untuk mengonsumsinya, Anda perlu melarutkan beberapa scoop bubuk creatine ke dalam shaker. Setelah itu, aduklah larutan tersebut atau yang dikenal dengan istilah shaking


Beberapa suplemen creatine bubuk diproduksi dengan varian rasa tertentu. Namun, ada juga produk yang tidak memiliki rasa (unflavored). Ingatlah untuk tidak melarutkan bubuk kreatin dengan air panas karena dapat merusak kualitas zat gizi yang terkandung.

Bentuk kapsul, cara praktis dalam mengonsumsi suplemen

Bentuk kapsul, cara praktis dalam mengonsumsi suplemen

Bila Anda membutuhkan cara praktis, suplemen creatine dalam bentuk kapsul bisa dipertimbangkan. Layaknya mengonsumsi obat, suplemen creatine berbentuk kapsul bisa langsung diminum dengan air putih. Waktu yang Anda keluarkan cenderung ringkas karena tak ada ritual shaking seperti suplemen berbentuk bubuk.

③ Pertimbangkan creatine yang micronized

Pertimbangkan creatine yang micronized

Suplemen creatine yang micronized kian populer dalam jagat binaraga. Pada produk micronized, partikel creatine di dalam suplemen sudah diproses agar ukurannya menjadi sangat kecil atau mikro. 


Karena berukuran mikro, produknya cenderung lebih stabil dan mudah dicerna. Hal ini dapat mengurangi efek samping berupa rasa tak nyaman di perut dan kembung.


Beberapa merek sudah menyediakan suplemen creatine yang micronized. Anda bisa mencoba produk dari Optimum Nutrition, Evolene, dan GNC.

④ Prioritaskan produk tanpa pemanis buatan

Prioritaskan produk tanpa pemanis buatan

Beberapa produk suplemen creatine mengandung pemanis buatan, seperti sukralosa. Penggunaan pemanis ini memang menambah kenikmatan dalam mengonsumsinya. Namun, beberapa orang yang sensitif perlu berhati-hati dengan pemanis buatan. Konsumsi pemanis buatan berisiko menimbulkan efek samping tertentu, seperti perut kembung dan sakit perut. 


Untuk menghindari suplemen creatine yang mengandung pemanis buatan, Anda harus mengecek daftar komposisinya dengan cermat. Jika membeli secara online, tanyakan terlebih dahulu daftar komposisi suatu produk pada seller-nya.

10 Rekomendasi suplemen creatine terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen creatine terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cemerlang Sukses Energi

Muscle First Pro Creatine Gold Series

Cemerlang Sukses Energi Muscle First Pro Creatine Gold Series 1枚目

Mutunya terjamin baik karena memegang tiga sertifikat sekaligus!

2

Evolene

Crevolene

Evolene Crevolene 1枚目

Formulasi optimal yang didapatkan dari observasi fisik atlet Indonesia!

3

GNC

PP Creatine Monohydrate

GNC PP Creatine Monohydrate 1枚目

Bentuknya kapsul, antiribet saat Anda akan melakukan workout

4

Provus

Creatine Matrix

Provus Creatine Matrix 1枚目

Hasil dari pengujian yang kompleks agar cocok dengan kebutuhan sports mania

5

Optimum Nutrition

Micronized Creatine

Optimum Nutrition Micronized Creatine 1枚目

Mengandung 100% micronized creatine sehingga lebih mudah diserap tubuh

6

RSP Nutrition

Creatine Mono

RSP Nutrition Creatine Mono 1枚目

Terjamin murni berkat predikat pharmaceutical grade!

7

EFX Sports

Kre Alkalyn

EFX Sports Kre Alkalyn 1枚目

Buffered creatine dalam bentuk kapsul, lebih praktis dikonsumsi

8

MuscleTech

VaporX5 Next Gen

MuscleTech  VaporX5 Next Gen 1枚目

Diperkaya dengan betaine dan beta-alanine untuk hasil latihan yang optimal

9

Ultimate Nutrition

Creatine Monohydrate

Ultimate Nutrition Creatine Monohydrate 1枚目

Pilih bubuk atau kapsul, Anda yang menentukan sendiri

10

MuscleTech

Cell-Tech Creactor

MuscleTech Cell-Tech Creactor 1枚目

Mudah larut dalam air dan lebih mudah diserap tubuh

Perincian produk
Close
No.1

Cemerlang Sukses EnergiMuscle First Pro Creatine Gold Series

Mulai dari Rp75.000,00

Mutunya terjamin baik karena memegang tiga sertifikat sekaligus!

Jika Anda mencari produk yang bermutu tinggi dengan berbagai sertifikasi, pilih saja produk ini. Pasalnya, produk ini terjamin kualitasnya karena mengantongi tiga sertifikasi. Mulai dari ISO, GMP (Good Manufacturing Practice), hingga HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). Selain itu, produk ini juga mengandung zat tambahan berupa maltodextrin.


Maltodextrin berguna untuk mengawetkan, mengentalkan, serta memberi rasa manis dalam makanan dan minuman kemasan. Namun, zat ini memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan, seperti terganggunya kesehatan saluran pencernaan dan meningkatnya gula darah. Karena itu, konsumsilah sesuai kebutuhan Anda, ya.

No.2

Formulasi optimal yang didapatkan dari observasi fisik atlet Indonesia!

Ini dia suplemen kreatina yang tengah digandrungi sport mania. Crevolene merupakan suplemen creatine produksi merek dalam negeri, yakni Evolene. Formula dari produk ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Evolene juga memproduksi suplemen ini berdasarkan observasi fisik terhadap atlet tanah air.


Tiap satu sajian Crevolene mengandung sekitar 5 gram micronized creatine monohydrate. Harganya relatif ekonomis dibandingkan beberapa produk lain. Selain itu, Crevolene hadir dengan rasa yang lezat, yakni rasa anggur. Jika Anda ingin menikmati suplemen kreatina yang memiliki rasa, produk ini sangat pas untuk dicoba.

No.3

GNCPP Creatine Monohydrate

Mulai dari Rp1.039.990,00

Bentuknya kapsul, antiribet saat Anda akan melakukan workout

Jika Anda menyukai kepraktisan, kami merekomendasikan produk creatine dari GNC. Hal ini karena bentuknya yang berupa kapsul tentu membuat Anda tidak repot saat akan melakukan latihan fisik. Agar hasilnya optimal, Anda disarankan untuk meminum air sebanyak delapan gelas sehari. Satu botol creatine ini dapat mendukung latihan fisik Anda sekitar tujuh belas kali.

No.4

Hasil dari pengujian yang kompleks agar cocok dengan kebutuhan sports mania

Rekomendasi suplemen creatine berikutnya dari kami adalah Provus Creatine Matrix. Produk ini diklaim terbuat dari 100% creatine murni tanpa bahan campuran lain. Dengan teksturnya yang halus, suplemen creatine ini bisa diserap tubuh dengan baik. Produk ini juga bebas gluten serta bisa dikonsumsi oleh vegetarian dan vegan.

No.5

Optimum NutritionMicronized Creatine

Mulai dari Rp290.000,00

Mengandung 100% micronized creatine sehingga lebih mudah diserap tubuh

Optimum Nutriton (ON) memiliki suplemen kreatina yang sangat populer, yakni Micronized Creatine. Sesuai namanya, ON menjagokan teknologi micronized sehingga bubuk yang dihasilkan sangat halus. Creatine yang digunakan pun memiliki tingkat kemurnian berkualitas tinggi.

Suplemen kreatina ini sudah melalui proses uji yang menyatakan bahwa bebas dari bahan-bahan terlarang. Dengan diiringi asupan gizi seimbang dan latihan beban yang rutin, produk ini juga dapat membantu proses recovery. Dengan kelebihan ini, suplemen creatine ON patut dipertimbangkan untuk mengiringi sesi workout Anda.

No.6

RSP NutritionCreatine Mono

Mulai dari Rp445.000,00

Terjamin murni berkat predikat pharmaceutical grade!

Suplemen creatine ini bisa menjadi pilihan jika Anda mencari produk yang kemurniannya sudah terjamin. Produk RSP Creatine Mono ini memiliki label "pharmaceutical grade". Artinya, suplemen creatine ini sudah memenuhi standar farmasi terkait kemurniannya.


Selain memegang standar "pharmaceutical grade", produk ini juga diklaim mudah diserap karena sudah micronized. Dengan demikian, produk ini punya efek samping yang minim sehingga tidak menimbulkan rasa kurang nyaman di perut. Dua kelebihan tersebut membuat produk ini pantas untuk mengiringi sesi workout Anda.

No.7

Buffered creatine dalam bentuk kapsul, lebih praktis dikonsumsi

Creatine monohydrate memang menjadi jenis yang paling populer. Namun, apabila Anda penasaran dengan buffered creatine, Kre Alkalyn EFX bisa dipertimbangkan. Produk yang menggunakan buffered creatine sudah mengalami penyesuaian pH. 


Penyesuaian pH ini diklaim dapat mengoptimalkan penyerapannya di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh Anda bisa menggunakannya dengan baik. Produk ini juga hadir dalam bentuk kapsul yang praktis untuk dikonsumsi dan dibawa ke mana-mana.

No.8

Diperkaya dengan betaine dan beta-alanine untuk hasil latihan yang optimal

Bicara soal suplemen fitness, Muscletech tentu tidak bisa Anda abaikan. Selain creatine, Muscletech juga menonjolkan kandungan lain untuk memaksimalkan hasil latihan fisik, seperti betaine dan beta-alanine. Betaine bermanfaat untuk memperbaiki komposisi tubuh dan beta-alanine membantu mengurangi kelelahan otot. Untuk hasil latihan yang optimal, produk ini layak dipilih.


Selain betaine dan beta-alanine, produk ini juga mengandung L-arginine, kafeina, taurin, serta ekstrak hawthorn berry dan lengkuas. Taurin memiliki efek antioksidan yang penting untuk mencegah kerusakan sel sehingga bermanfaat dalam proses recovery setelah berolahraga berat. Dalam dunia olahraga, L-arginine juga berperan dalam meningkatkan kinerja saat berolahraga.

No.9

Ultimate NutritionCreatine Monohydrate

Mulai dari Rp325.000,00

Pilih bubuk atau kapsul, Anda yang menentukan sendiri

Produk suplemen kreatina lain yang juga sangat populer adalah Creatine Monohydrate dari Ultimate Nutrition. Suplemen creatine ini tersedia dalam dua bentuk, yakni kapsul dan bubuk. Untuk setiap sajian bubuknya, Anda bisa mendapatkan 5 gram creatine. Sementara itu, satu sajian kapsulnya mengandung 4,5 gram creatine.


Kelebihan lain dari suplemen kreatina ini adalah hadir dalam bentuk micronized. Creatine yang sudah micronized berpotensi lebih mudah diserap oleh tubuh. Produk ini sudah banyak dipakai para gym mania. Anda tentu juga harus mencobanya!

No.10

MuscleTechCell-Tech Creactor

Mulai dari Rp500.000,00

Mudah larut dalam air dan lebih mudah diserap tubuh

Rekomendasi suplemen creatine hydrochloride dari kami, yaitu Cell-Tech Creactor dari MusleTech. Jenis HCL disebut-sebut lebih cepat diserap oleh tubuh. Bubuknya juga lebih mudah tercampur dengan air saat Anda mengaduknya menggunakan shaker.


Tak sampai di situ saja, risiko efek samping dari produk ini juga berpotensi lebih minim. Hal ini memang menjadi klaim manfaat lain dari creatine HCL. Jika Anda mencari suplemen creatine hydrochloride (HCL), produk ini bisa dipertimbangkan.

Pertanyaan umum seputar suplemen creatine

Pertanyaan umum seputar suplemen creatine

Anda mungkin masih memiliki pertanyaan seputar suplemen creatine. Untuk itu, kami akan menjawab beberapa pertanyaan umum terkait suplemen populer ini. Mari simak jawabannya sebelum Anda membeli suplemen creatine idaman untuk mengiringi latihan.

Apa saja efek samping dari mengonsumsi suplemen creatine?

Risiko efek samping suplemen creatine tergolong kecil jika dikonsumsi sesuai anjuran. Namun, creatine yang dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Beberapa di antaranya adalah gagal ginjal, gangguan fungsi hati, dehidrasi, kram otot, serta gangguan pencernaan.


Suplemen ini juga dikaitkan dengan perut kembung akibat penumpukan cairan di dalam tubuh. Biasanya perut yang kembung setelah mengonsumsi suplemen creatine terjadi pada fase yang disebut loading. Fase loading merupakan tahapan konsumsi suplemen dosis tinggi untuk menaikkan suplai creatine dalam tubuh.

Bagaimana aturan dalam mengonsumsi suplemen creatine?

Layaknya mengonsumsi suplemen lain, pemakaian suplemen creatine harus diiringi dengan asupan air putih yang cukup. Anda pun sebaiknya menghindari minuman berkafeina saat mengonsumsi suplemen creatine. Menurut Mayo Clinic, kafeina dapat menurunkan efficacy dari creatine sehingga hasilnya kurang optimal.


Banyak orang juga menemukan manfaat suplemen creatine yang diawali dengan fase loading. Artinya, Anda bisa memulai penggunaan suplemen dengan dosis tinggi agar tubuh menyimpan lebih banyak creatine


Dosis fase loading biasanya sekitar 20 gram per hari selama 5–7 hari. Dosis 20 gram tersebut dibagi menjadi empat kali konsumsi dalam 1 hari atau 5 gram dalam satu penyajian. Fase loading kemudian dilanjutkan dengan fase pemeliharaan, yaitu 2–10 gram per hari.

Bolehkah minum suplemen creatine setiap hari?

Suplemen creatine boleh dikonsumsi setiap hari asalkan disesuaikan dengan dosis kebutuhan sehari-hari dan aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan. Bahkan, dilansir dari Healthline, riset yang mengkaji pemakaian suplemen creatine selama 4 tahun tidak menemukan adanya efek negatif.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya untuk menunjang latihan fisik di sini

Anda mungkin memerlukan produk selain suplemen creatine untuk mengiringi latihan fisik. Kami juga punya ulasan produk suplemen lain untuk berolahraga yang bisa Anda simak. Yuk, baca pembasahan selengkapnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Suplemen creatine dapat dipertimbangkan untuk mengoptimalkan sesi workout. Suplemen ini pada dasarnya juga aman untuk dikonsumsi. Agar lebih yakin, diskusikan dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk membeli suplemen creatine

Penting untuk diketahui bahwa suplemen tetaplah pelengkap ritual aktivitas fisik. Imbangi juga usaha Anda dengan mengonsumsi makanan sehat dan tidur yang cukup. Jangan lupa pula untuk mencukupkan kebutuhan air putih. Semoga upaya Anda segera membuahkan hasil!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer