• 10 Rekomendasi Suplemen Creatine Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Creatine Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Creatine Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Creatine Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Creatine Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Suplemen Creatine Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Di antara sekian banyak jenis suplemen, mungkin Anda pernah mendengar nama creatine. Workout rutin dan konsumsi creatine secara kontinu bisa membuat Anda merasakan meningkatnya performa tubuh. Creatine sendiri memiliki banyak tipe dan aturan mengonsumsi sehingga calon pembeli bisa jadi bingung harus memilih yang mana.

Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan lebih lanjut mengenai efek dan tipe creatine sekaligus merekomendasikan sepuluh produk berkualitas yang dijual di tanah air. Maksimalkanlah workout Anda untuk hasil yang lebih memuaskan!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 7.486 Views
Daftar isi

Manfaat apa yang bisa diperoleh dengan konsumsi creatine?

Creatine merupakan salah satu suplemen baru yang hadir 20 tahun belakangan ini. Efektivitas dan keamanan pemakaiannya telah terbukti ampuh dan banyak digunakan oleh para atlet, misalnya dari cabang olahraga angkat besi. Ayo cek bersama fungsi dan manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari “magic powder” ini!

Meningkatkan kekuatan otot untuk workout lebih intens

Meningkatkan kekuatan otot untuk workout lebih intens
Creatine adalah tipe asam amino yang diproduksi oleh tubuh. Asam amino tersebut bergabung dengan fosfat sehingga menghasilkan energi guna meningkatkan performa latihan. Bagi sports mania, creatine alami yang dihasilkan tubuh atau dari asupan makanan saja tidaklah cukup. Oleh sebab itu, dibutuhkan suplemen creatine sebagai sumber tambahan.
Suplemen creatine memberikan energi ekstra sehingga Anda dapat meningkatkan jumlah repetisi dan durasi pada workout anaerobik. Dengan mengonsumsi creatine, kualitas workout akan meningkat dan hasil lebih optimal dapat tercapai.
Namun, perlu diingat bahwa creatine hanyalah suplemen untuk meningkatkan performa latihan, bukan untuk meningkatkan massa otot ataupun untuk membakar lemak. Dengan mengonsumsi suplemen creatine, Anda dapat melakukan HIIT (high intensity interval training) lebih lama dan sering.

Pemakaian berkelanjutan untuk hasil lebih efektif

Pemakaian berkelanjutan untuk hasil lebih efektif
Creatine paling tepat digunakan untuk melakukan workout anaerobik berintensitas tinggi yang akan menguras tenaga dalam rentang waktu pendek. Dengan kata lain, konsumsi suplemen creatine direkomendasikan bagi Anda yang sedang melakukan latihan beban menggunakan alat gym, sprint, ataupun jenis HIIT lainnya.
Namun, ini bukan berarti bahwa bentuk latihan lain seperti push-up, sit-up, joging, dan maraton dilarang menggunakan creatine. Hanya saja, endurance exercise semacam itu lebih banyak menggunakan siklus TCA (tricarboxylic acid) dan glukosa untuk siklus metabolismenya. Akibatnya, konsumsi creatine tidak terlalu nyata hasilnya, malah mungkin terkesan sia-sia.
Selain itu, suplemen creatine akan memberikan hasil lebih efektif apabila dikonsumsi secara kontinu. Cara pakai creatine pada umumnya memerlukan fase loading untuk mengakumulasi kuantitasnya di dalam otot diikuti dengan latihan rutin dan berkelanjutan. Jika Anda hanya mengonsumsinya sesekali, atau tidak menjalani latihan rutin, hasilnya tidak akan bisa dirasakan. Suplemen ini penting bagi mereka yang aktif melakukan workout berkelanjutan.

Tips memilih suplemen creatine secara tepat

Suplemen creatine yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai jenis. Jika seluruh produk menawarkan manfaat serupa yang dapat diperoleh dari creatine, faktor lain apa saja yang harus dicermati dalam menentukan pilihan terbaik bagi Anda? Simak penjelasan berikut ini!

Pilih berdasarkan tipenya

Dari sekian banyak suplemen creatine yang dijual di toko fisik maupun online, tipe creatine monohydrate adalah yang paling populer. Selain itu, terdapat juga tipe lain yang mencampurkan bahan dasar creatine dengan bahan lainnya untuk memberikan berbagai manfaat. Yuk, telusuri tipe creatine ini satu per satu!

Tipe monohydrate untuk Anda yang berorientasi pada hasil

Tipe monohydrate untuk Anda yang berorientasi pada hasil
Berbicara mengenai tipe creatine, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa monohydrate adalah yang paling populer. Senyawa di dalam monohydrate paling mudah mengikat air untuk diserap otot. Pada beberapa uji klinik, hampir semuanya meneliti monohydrate.
Penggunaan creatine terbagi menjadi dua fase. Pertama adalah fase loading dengan dosis pemakaian di antaranya 3 gram per hari selama sebulan, atau konsumsi 5 gram sebanyak empat kali sehari (total dosis 20 gram per hari) yang diteruskan selama satu minggu. Setelah itu, ketika memasuki fase kedua, yaitu fase maintaining, dianjurkan untuk mengonsumsi creatine dengan dosis 5 gram per hari, terutama selesai workout.
Dengan mengikuti aturan pakai dua fase penggunaan creatine, Anda akan mendapatkan efek optimal. Sebagian orang mungkin menganggap cara konsumsi seperti ini sedikit merepotkan. Akan tetapi, karena ada jaminan efek yang bisa diperoleh, banyak orang memilih untuk mengonsumsi creatine tipe ini. Jika Anda tidak keberatan dengan ketentuan cara minumnya, tipe monohydrate adalah pilihan terbaik.

Creatine hydrochloride untuk yang tak mau repot dengan fase loading

Creatine hydrochloride untuk yang tak mau repot dengan fase loading
Creatine hydrochloride, atau yang sering disingkat dengan HCL, mungkin merupakan tipe terpopuler kedua di dunia creatine. Kenapa tipe ini bisa bisa populer? Apa saja kelebihannya?
Tipe HCL menggunakan creatine yang terikat dengan ethyl ester hydrocloride. Karakteristik HCL adalah mudah diserap tubuh karena dapat kembali ke bentuk creatine semula ketika bereaksi dengan asam lambung. Dengan begitu, kuantitas asupan creatine relatif lebih sedikit daripada tipe monohydrate. Creatine tipe ini juga mudah larut dalam air sehingga Anda bisa mengonsumsinya dengan lebih nyaman layaknya meminum air putih biasa tanpa terlalu terasa tekstur bubuknya.
Dengan kemampuan larut dan daya serap yang baik, otot tidak membutuhkan waktu terlalu lama beradaptasi menyedot creatine sehingga fase loading tidak diperlukan. Bisa dikatakan HCL mengeliminasi kerepotan pengguna creatine. Pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan asupan creatine dengan mudah dan cepat.

Creatine tipe buffered dalam kapsul untuk mencegah radang asam lambung

Creatine tipe buffered dalam kapsul untuk mencegah radang asam lambung
Saat mengonsumsi creatine bubuk, ada kalanya muncul distress gastrointestinal atau yang lebih dikenal dengan sebutan radang asam lambung. Untuk mengatasi risiko semacam itu, pilihlah creatine tipe buffered yang biasanya dikemas dalam kapsul.
Bubuk creatine pada umumnya berasa pahit dan tidak mudah untuk diminum. Dengan kemasan dalam bentuk kapsul, masalah tersebut bisa diatasi. Dan lagi, creatine dalam bentuk kapsul juga lebih praktis dibawa dan lebih gampang dikonsumsi.
Namun, ada juga pendapat berbeda mengenai korelasi antara creatine dengan asam lambung. Creatine disebut-sebut bisa terurai pada kondisi asam yang kuat sehingga mudah bereaksi akibat pengaruh asam lambung. Akan tetapi, ada juga yang menyatakan bahwa tingkat keasaman pada asam lambung adalah sangat kuat sehingga malah mengakibatkan creatine tidak terurai. Jadi, bagi Anda yang mempertimbangkan efek dari asam lambung, pilihlah creatine tipe buffered ini.

Nitrate, malate, dan beragam varian lainnya

Nitrate, malate, dan beragam varian lainnya
Creatine tipe nitrate adalah hasil sintesis kimia dengan ion nitrat. Hal yang paling membedakannya dengan creatine tipe lain adalah jenis ini mudah larut dalam air. Suplemen creatine biasanya direkomendasikan untuk dikonsumsi bersamaan dengan karbohidrat. Jadi, creatine tipe nitrat akan praktis dikonsumsi dengan melarutkannya dalam minuman karbohidrat atau bisa juga ke dalam jus untuk diminum sebelum atau sesudah workout.
Lain lagi dengan creatine tipe malate. Tipe ini merupakan sintesis dengan malic acid yang menghasilkan creatine yang mampu meningkatkan efisiensi penyerapan. Malate tidak membutuhkan fase loading dan disebut-sebut tetap berkhasiat meskipun dikonsumsi dalam dosis kecil.
Selain itu, masih banyak lagi varian creatine yang telah mendapatkan hak paten. Namun, kandungan bahan yang disebutkan di atas biasanya sulit diperoleh asupannya secara terpisah per elemen. Ada yang terkandung dalam suplemen pre-workout atau misalnya dalam produk blend. Jadi, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui tipe-tipe creatine semacam itu.

Soal kualitas, kuantitas, dan harga, produk dari Barat lebih direkomendasikan

Soal kualitas, kuantitas, dan harga, produk dari Barat lebih direkomendasikan
Creatine dipopulerkan oleh negara Barat. Merek dengan kualitas tinggi banyak berasal dari Amerika, Eropa, dan Australia. Beberapa merek yang melegenda di antaranya adalah Optimum Nutrition, Now Foods, dan Universal Nutrition. Harga lebih murah juga pasti ditawarkan apabila membeli produk dalam jumlah banyak. Jika poin-poin di atas menjadi indikator pembeliannya, maka pilihlah produk barat.
Selain produk-produk dari Barat, creatine juga diproduksi negara-negara yang maju secara teknologi, seperti Jepang. Sebut saja produk seperti DNS dan Bulk Sports yang telah populer secara global. Namun, produk negara barat lebih bervariasi soal varian rasa. Sayangnya, Indonesia belum mempunyai produk creatine. Jadi, untuk sementara waktu Anda bisa memilih produk creatine berkualitas dari negara-negara Barat.

Pilihlah Creapure, creatine terlegitimasi dengan tingkat pemurnian tertinggi

Pilihlah Creapure, creatine terlegitimasi dengan tingkat pemurnian tertinggi
Di antara produk yang dijual di pasaran, creatine dengan tingkat kemurnian tertinggi ada pada merek Creapure. Brand Jerman ini dikenal memiliki kontrol dan inspeksi yang sangat ketat sehingga menghasilkan kualitas terbaik. Berbagai review dari para pengguna juga menunjukkan bahwa produk Creapure sangat memuaskan.
Beberapa rekomendasi suplemen yang akan kami perkenalkan selanjutnya menggunakan Creapure di dalamnya. Jadi, jika Anda mengharapkan creatine handal untuk hasil yang membanggakan, rekomendasinya adalah yang ada Creapure-nya.

10 Rekomendasi suplemen creatine terbaik

Pada penjelasan di atas, kami sudah membahas cukup detail mengenai creatine. Namun, realisasi pembelian sepenuhnya diserahkan kepada Anda. Temukanlah produk paling tepat sesuai kebutuhan Anda dari sepuluh suplemen creatine yang telah kami pilihkan berikut ini!
Tipe creatineMonohydrate
Berat/Isi500 gr
TipeMonohydrate
Berat/Isi1.000 gr
TipeMonohydrate
Berat/Isi300 gr

7. Now Sports Creatine Monohydrate Powder

Rp 695.330,00

TipeMonohydrate
Berat/Isi1.000 gr
TipeMonohydrate
Berat/Isi1.000 gr
TipeHydrochloride
Berat/Isi50 gr
TipeHydrochloride, free-acid creatine
Berat/Isi720 gr
TipeMonohydrate
Berat/Isi50 kapsul
TipeBuffered creatine monohydrate
Berat/Isi120 kapsul
TipeMonohydrate
Berat/Isi300 gr

Kesimpulan

Bagaimana rekomendasi suplemen creatine dari kami kali ini? Produk-produk yang kami pilih berfokus pada tipe monohydrate karena paling banyak diteliti dan populer di kalangan pengguna. Selain itu, tipe lain seperti HCL juga diperkenalkan karena pertimbangan cara pakainya yang praktis.
Temukanlah produk creatine original yang cocok demi workout Anda yang lebih “keras”. Namun, tetaplah berhati-hati terhadap barang palsunya, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    192.652 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    110.487 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    268.499 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    215.370 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Meski jerawat terlihat kempis dan sudah sembuh, ternyata bekas jerawat yang tersisa masih menimbulkan masalah. Bekas jerawat sangat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan bisa membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada produk makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi akan lebih baik jika Anda merawat kulit bermasalah tersebut, bukan?Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa memilih serum yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Nah, kami akan menjabarkan tips memilih serum yang mampu bekerja efektif dan tepat untuk kulit wajah Anda. Simak juga rekomendasi produk terbaik untuk mengatasi bekas jerawat seperti The Ordinary, Dr. Jart+, dan lainnya, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    157.763 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    201.185 Views
  • 10 Rekomendasi Tinted Moisturizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tinted Moisturizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tinted moisturizer adalah pelembap yang mengandung pigmen sehingga dapat memberikan warna pada kulit. Untuk Anda yang ingin meratakan warna kulit, tetapi tidak mau terlalu membebaninya dengan menggunakan foundation, tinted moisturizer bisa menjadi solusi.Mungkin masih ada di antara Anda yang belum familier dengan yang namanya tinted moisturizer. Jadi, kali ini kami akan membahas produk terbaik dari berbagai brand terkenal, seperti NARS, Make Over, dan NYX yang dapat menggantikan peran foundation. Namun, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu beberapa tips dalam memilih tinted moisturizer. Yuk, disimak!
    Kosmetik & kesehatan
    3.753 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori