mybest
Suplemen creatine

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Rekomendasi Suplemen Creatine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer]
  • 10 Rekomendasi Suplemen Creatine  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer] 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Creatine  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer] 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Creatine  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer] 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Creatine  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer] 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Creatine  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer] 5

10 Rekomendasi Suplemen Creatine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer]

Tidak hanya whey protein, suplemen creatine juga salah satu jenis suplemen yang biasa dikonsumsi agar manfaat dari workout dapat tercapai dengan maksimal. Kini, produk creatine mungkin sudah banyak kita temukan di pasaran. Namun, banyaknya produk di pasaran mungkin membuat Anda bingung dalam memilihnya.


Untuk memudahkan Anda, kami akan membahas cara memilih suplemen creatine yang disusun bersama sport nutrition lecturer, Dionysius Subali. Setelah itu, Anda juga bisa temukan rekomendasi suplemen creatine yang bagus dari berbagai merek, seperti Evolene, Provus, atau FITlife yang telah kami sajikan dalam artikel berikut ini. Selamat membaca!

Diperbaharui 12/03/2024
Dionysius Subali
Pakar
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali

Dionysius Subali adalah seorang dosen yang mendalami bidang nutrisi, pencegahan penyakit metabolik sindrom. Lebih spesifik lagi, Dion mendalami ilmu nutrigenomika, nutrisi olahraga, personalized nutrition dan pangan fungsional. Dion telah menyelesaikan pendidikan program magister di Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya, Jakarta. Salah satu prestasi Dion adalah menjadi grand finalist dari ajang pencarian bakat health influencer The New L-Men of The Year 2021. Di sela kesibukannya, ia juga aktif mengedukasi terkait gaya hidup sehat di sekolah dan universitas. Sejak tahun 2019, Dion juga rutin menjalankan riset di bidang nutrisi bersama dengan Nutrifood Research Center.

Profil Dionysius Subali
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah ada efek samping dari mengonsumsi suplemen creatine?

Pakar
Pakar

Sampai saat ini belum ada penelitian tentang efek samping mengonsumsi creatine dalam dosis besar. Selama dikonsumsi dalam dosis yang ditentukan, creatine tentu saja tidak memberikan efek samping negatif.

Apakah ada efek samping dari mengonsumsi suplemen creatine?

Banyak orang mengaitkan konsumsi creatine dengan permasalahan ginjal. Faktanya, belum ada penelitian lebih lanjut tentang efek samping konsumsi creatine pada ginjal manusia.


Pada prinsipnya, konsumsilah creatine pada dosis yang sudah ditentukan, yaitu sekitar 3-5 gram per hari. Sejauh Anda mengonsumsi dalam dosis yang sudah ditentukan, suplemen creatine sangat aman untuk dikonsumsi.

Apakah creatine bisa membentuk otot?

Pakar
Pakar

Konsumsi creatine tidak serta-merta membentuk otot. Setelah mengonsumsi creatine, Anda akan lebih merasa bertenaga. Nah, efek tersebut membuat Anda sanggup mengangkat beban lebih berat yang berikutnya memicu pembentukan otot.

Apakah creatine bisa membentuk otot?
Pembentukan otot harus diawali dengan microtears pada otot. Microtears terjadi akibat Anda mengangkat beban yang lebih berat atau lebih intens. Microtears sendiri pun tidak langsung membuat otot terbentuk. Anda perlu mengonsumsi protein yang cukup untuk membuat microtears mengalami recovery dan sintesis otot terbentuk.

Bila Anda rutin workout, tetapi tidak meningkatkan bobot beban atau berlatih lebih intens, microtears tentu tidak terbentuk. Manfaat mengonsumsi suplemen creatine pada Anda yang rutin workout adalah untuk meningkatkan stamina. Istilah mudahnya adalah sebagai energy booster instan. 

Bila stamina Anda meningkat, Anda jadi sanggup mengangkat beban lebih berat atau berlatih dengan lebih intens. Jadi, bisa dikatakan bahwa suplemen creatine secara tidak langsung memicu pembentukan otot dengan meningkatkan stamina Anda saat workoutCreatine juga memiliki manfaat lainnya untuk tubuh, di antaranya:


  • Membantu mempertahankan massa otot
  • Sebagai bahan anti-aging
  • Menjaga kesehatan otak.
Dionysius Subali
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali

Efek mengonsumsi creatine terhadap peningkatan stamina hanya terjadi dalam waktu singkat saja, sekitar 30-60 menit. Penggunaan suplemen creatine lebih efektif untuk orang yang melakukan olahraga strength atau olahraga dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat. Efek creatine akan lebih rendah bila Anda mengonsumsi creatine untuk tipe olahraga endurance atau kardio.

Cara memilih Suplemen Creatine

Di pasaran, ada cukup banyak merek yang mengeluarkan produk suplemen creatine. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui poin-poin penting dalam memilih suplemen creatine. Simak pembahasan berikut ini agar Anda mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan. 

1

Prioritaskan untuk memilih jenis creatine monohydrate yang sudah terbukti efektivitasnya dalam pembentukan otot

Pakar
Pakar

Banyak riset yang mengatakan bahwa creatine monohydrate efektivitasnya memang sudah teruji klinis dalam pembentukan otot. Creatine dengan bentuk ini paling umum digunakan dalam suplemen.

Prioritaskan untuk memilih jenis creatine monohydrate yang sudah terbukti efektivitasnya dalam pembentukan otot
Bila Anda mencari suplemen creatine di pasaran, creatine monohydrate adalah bentuk creatine yang paling banyak digunakan. Creatine monohydrate terdiri dari satu molekul creatine dan satu molekul air. Berikut ini adalah keunggulan utama creatine monohydrate.

  • Creatine monohydrate sudah banyak diriset sehingga pembahasan terkait efektivitas suplemen creatine monohydrate pun melimpah. Bisa dibilang bahwa creatine monohydrate sudah potent untuk membantu pembentukan otot.
  • Creatine monohydrate dijual dengan harga lebih terjangkau dibandingkan creatine bentuk lainnya. 

Hanya saja, creatine monohydrate juga memiliki kekurangan tersendiri.


  • Beberapa orang melaporkan masalah terkait bloating atau perut kembung saat fase loading menggunakan creatine monohydrate. Efek bloating tersebut terjadi akibat meningkatnya kandungan air dalam sel.
  • Creatine monohydrate cenderung agak sulit larut di dalam air. Jadi, banyak orang mengonsumsinya secara langsung atau tanpa dilarutkan terlebih dahulu.
Dionysius Subali
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali
Creatine monohydrate adalah struktur kimia alami creatine saat diproduksi. Jadi, bentuk inilah yang banyak digunakan dalam suplemen creatine dibandingkan bentuk lainnya.

Kemudian, ada pula yang mencantumkan "pharmaceutical grade" pada suplemen creatine. Pharmaceutical grade creatine artinya produsen menjamin bahwa creatine tersebut murni tanpa adanya campuran, seperti pewarna, perisa, dan vitamin.

Untuk menambah rasanya yang enak, prioritaskan creatine dengan berbagai rasa; Akan lebih baik lagi bila memilih rasa buah

Pakar
Pakar

Pada dasarnya, creatine tidak memiliki rasa atau aroma yang menonjol. Nah, memberikan variasi dan meningkatkan cita rasa pada creatine akan membuat Anda tidak bosan mengonsumsi creatine.

Untuk menambah rasanya yang enak, prioritaskan creatine dengan berbagai rasa; Akan lebih baik lagi bila memilih rasa buah
Sebenarnya creatine murni memiliki fungsi sama dengan creatine yang memiliki varian rasa. Namun, creatine dengan rasa, terutama rasa buah, menawarkan keunggulan tertentu.

  • Creatine dengan berbagai rasa mempermudah Anda mengonsumsi creatine secara teratur. Produk seperti ini cocok untuk Anda yang kurang suka dengan rasa hambar atau bosan mengonsumsi hal yang sama. 
  • Selain enak, adanya rasa buah dapat memberikan sensasi menyegarkan untuk Anda.

Perlu diingat, mengonsumsi creatine secara teratur juga secara tidak langsung membantu pembentukan otot menjadi lebih baik. Hal tersebut penting terlebih bila Anda juga melakukan latihan fisik atau workout secara rutin.

2

Bila ingin yang cepat larut dalam minuman, pilih micronized creatine

Pakar
Pakar

Micronized creatine memiliki ukuran partikel 20 kali lebih kecil dibandingkan creatine monohydrate. Keduanya sebetulnya sama baiknya dalam membantu pembentukan otot saat berolahraga dan memiliki efek bloating yang sama.

Bila ingin yang cepat larut dalam minuman, pilih micronized creatine
Bila Anda lebih suka mencampur creatine dengan air atau minuman, Anda bisa mempertimbangkan micronized creatine. Micronized creatine adalah creatine monohydrate dalam ukuran partikel 20 kali lebih kecil dibandingkan creatine monohydrate. Hasilnya, micronized creatine jadi lebih mudah larut di dalam air.

Namun, micronized creatine hanya bisa Anda temui dalam bentuk bubuk saja. Sejauh ini belum ada suplemen creatine tablet atau kapsul dengan kandungan micronized creatine.
Dionysius Subali
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali

Creatine micronized ataupun tidak sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Bedanya, creatine micronized lebih mudah larut dan diserap tubuh.

3

Bila Anda ingin mengatur dosis konsumsi creatine, terutama dalam proses loading, pilih creatine bentuk bubuk

Pakar
Pakar
Fase loading saat mengonsumsi creatine bertujuan untuk memaksimalkan penyimpanan creatine di dalam otot. Konsumsi creatine bubuk akan memudahkan Anda menakar dosis yang lebih presisi dalam proses loading.
Bila Anda ingin mengatur dosis konsumsi creatine, terutama dalam proses loading, pilih creatine bentuk bubuk
Di Indonesia, Anda akan lebih sering menemukan suplemen creatine berbentuk bubuk. Dosis yang ditawarkan dalam 1 scoop atau 5 gram bubuk adalah 5 gram creatine. Kelebihan mengonsumsi creatine dalam bentuk bubuk adalah kemudahan mengatur dosisnya. Hal ini tentu sulit didapatkan dari creatine dalam bentuk kapsul. Berikut ini contoh kasusnya.

  • Bila Anda ingin mengonsumsi loading dose sekitar 20 gram per hari, Anda tinggal mengonsumsi 4 scoop saja.
  • Jika Anda hanya ingin mengonsumsi 3 gram creatine, Anda hanya perlu menimbang 3 gram bubuk creatine.

Creatine bubuk juga mudah dicampurkan dengan minuman lainnya, seperti minuman protein atau smoothies. Menariknya lagi, beberapa suplemen creatine bubuk pun menawarkan rasa-rasa yang menarik. Pilihan rasa tersebut tentunya sangat membantu Anda yang kurang menyukai suplemen dengan rasa hambar.

Untuk orang yang tinggi mobilitasnya atau sering travelling, pilih creatine bentuk tablet atau kapsul

Pakar
Pakar
Creatine tablet atau kapsul lebih praktis dibawa dan dikonsumsi oleh Anda yang sering travelling atau mobilitasnya tinggi. Anda tak perlu lagi menakar karena dosisnya sudah ditetapkan dalam satu kapsul.
Untuk orang yang tinggi mobilitasnya atau sering travelling, pilih creatine bentuk tablet atau kapsul
Creatine dalam bentuk tablet atau kapsul lebih mudah dikonsumsi bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi atau sering travelling. Creatine kapsul atau tablet bisa Anda masukkan dalam kotak obat agar lebih mudah dibawa. Creatine dalam bentuk tablet atau kapsul juga sudah memiliki takaran tertentu. Jadi, Anda tak perlu repot menakar lagi seperti halnya pada creatine bubuk.

Meski lebih praktis, Anda mungkin akan kesulitan saat ingin menakar creatine secara spesifik. Contohnya, satu tablet mengandung 3 gram creatine, sedangkan Anda ingin mengonsumsi 5 gram creatine. Mengonsumsi 1 tablet masih kurang, tetapi meminum 2 tablet malah jadi berlebihan. Jadi, perhatikan takaran yang ditawarkan per tablet agar suplemen bisa dikonsumsi dengan lebih presisi.

Dionysius Subali
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali
Creatine bentuk kapsul atau tablet membutuhkan waktu lebih lama untuk diserap tubuh. Hal ini karena tubuh harus mencerna kapsul atau lapisan luar tablet terlebih dahulu sebelum menyerap creatine.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Suplemen Creatine Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Suplemen Creatine terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 08 Maret 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Bentuk suplemen
Jenis creatine
Dosis
Aturan pakai
Isi
Kandungan creatine per saji
Kandungan utama
Varian rasa
No. BPOM
Sertifikasi lainnya
1

Cemerlang Sukses Energi

Muscle First Pro Creatine Tropical Fruit

Cemerlang Sukses Energi Muscle First Pro Creatine Tropical Fruit 1

Rp308.750

Menengah

Telah mendapat tiga sertifikasi sehingga mutunya terjaga

Bubuk

Creatine monohydrate

Tidak diketahui

1 scoop + 150 ml air 5 menit sebelum gym (on gym), 1 scoop + 150 ml air di pagi hari (off gym)

360 gram

Tidak diketahui

Creatine monohydrate

Tropical fruit

MD 267031110523

GMP (Good Manufacturing Product), Halal MUI, BPOM, HACCP, ISO 22000

2

Evolene

Crevolene Anggur

Evolene Crevolene Anggur 1

Rp150.000

Agak Murah

Formulasi optimal hasil observasi fisik atlet Indonesia!

Bubuk

Creatine monohydrate

Tidak diketahui

4 scoop (hari ke 1-4), 1 scoop (hari ke 5-15)

165 gram, 300 gram

5,5 gram

Creatine Monohydrate

Anggur

MD 267031736367

Halal MUI, Labdoor, HACCP, GMP, ISO

3

Provus

Creatine Matrix

Provus Creatine Matrix 1

Rp225.000

Lebih Murah

Kandungannya diklaim murni, dengan bubuk yang sangat halus

Bubuk

Micronized creatine

5 gram

Larutkan dalam 150-200 ml air

120 gram, 300 gram

5 gram

Micronized creatine monohydrate

Unflavoured

MD 662328042463

Tidak diketahui

4

Muscletech

Platinum 100% Creatine

Muscletech Platinum 100% Creatine 1

Rp550.000

Lebih Mahal

Capai target fitness dengan suplemen creatine murni berkualitas

Bubuk

Creatine monohydrate

5 gram

Larutkan dalam 300 ml air dingin lalu minum 30 menit sebelum latihan

400 gram

5 gram

Micronized creatine monohydrate

Tidak diketahui

SI 204211121

Tidak diketahui

5

Ultimate Nutrition

Creatine Monohydrate Capsule

Ultimate Nutrition Creatine Monohydrate Capsule 1

Rp325.000

Menengah

Kapsul dengan formula 100% creatine monohydrate

Kapsul

Creatine monohydrate

5 gram

4 x 1 kapsuk (1-5 hari), 2 x 1 kapsul (6-30 hari)

20 kapsul

5 gram

Creatine monohydrate

Tidak diketahui

SI144305181

Tidak diketahui

6

FITlife

CreaFLEX

FITlife CreaFLEX 1

Rp400.000

Agak Mahal

Meningkatkan performa fisik dan kekuatan otot

Bubuk

Creatine monohydrate

Tidak diketahui

Tidak diketahui

300 gram

5 gram

Creatine monohydrate

Tidak diketahui

MD023182006700068

Halal MUI

7

Optimum Nutrition

Micronized Creatine Capsules

Optimum Nutrition Micronized Creatine Capsules 1

Rp480.000

Agak Mahal

Suplemen creatine tanpa kalori dan karbohidrat

Kapsul

Creatine monohydrate

2,5 gram

3 x 2 kapsul

100 kapsul

2,5 gram

Creatine monohydrate

Tidak diketahui

SI154306491

Tidak diketahui

8

EFX Sports

Kre Alkalyn EFX

EFX Sports Kre Alkalyn EFX 1

Rp390.000

Menengah

Buffered creatine dalam bentuk kapsul, lebih praktis dikonsumsi

Kapsul

Creatine monohydrate

1,5-3 gram

2 x 1 kapsul

120 kapsul

1,5-3 gram

Creatine monohydrate

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

9

NOW Sports

Creatine Monohydrate

NOW Sports Creatine Monohydrate 1

Rp270.000

Menengah

Mendukung proses regenerasi otot dalam latihan intensif

Kapsul

Creatine monohydrate

Tidak diketahui

Tidak diketahui

120 kapsul

Tidak diketahui

Creatine monohydrate

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10

Life Extension

Creatine Capsules

Life Extension Creatine Capsules 1

Rp320.000

Menengah

Menjaga kesehatan fungsi otot dan metabolisme energi

Kapsul

Creatine monohydrate

Tidak diketahui

2 x 2 kapsul

120 kapsul

Tidak diketahui

Creatine monohydrate

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Cemerlang Sukses EnergiMuscle First Pro Creatine Tropical Fruit

Muscle First Pro Creatine Tropical Fruit 1
Sumber: shopee.co.id
Muscle First Pro Creatine Tropical Fruit 2
Sumber: shopee.co.id
Muscle First Pro Creatine Tropical Fruit 3
Sumber: shopee.co.id
Muscle First Pro Creatine Tropical Fruit 4
Sumber: shopee.co.id
Muscle First Pro Creatine Tropical Fruit 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp308.750
Menengah
Harga referensi
Rp308.750
Menengah

Telah mendapat tiga sertifikasi sehingga mutunya terjaga

Jika Anda mencari produk dengan standar kualitas tinggi dan berbagai sertifikasi, maka pilihlah produk ini. Alasannya adalah produk ini telah terbukti kualitasnya dengan memiliki tiga sertifikasi yang diakui. Sertifikasi tersebut yakni ISO, GMP (Good Manufacturing Practice), dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). Selain itu, produk ini juga mengandung maltodextrin sebagai zat tambahan.


Maltodextrin berfungsi untuk mengawetkan, mengentalkan, dan memberikan rasa manis pada makanan dan minuman yang dikemas. Namun, konsumsi berlebihan dari zat ini dapat memiliki efek samping, seperti gangguan pada kesehatan saluran pencernaan dan peningkatan kadar gula darah. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi sesuai kebutuhan.

Bentuk suplemenBubuk
Jenis creatineCreatine monohydrate
DosisTidak diketahui
Aturan pakai1 scoop + 150 ml air 5 menit sebelum gym (on gym), 1 scoop + 150 ml air di pagi hari (off gym)
Isi360 gram
Kandungan creatine per sajiTidak diketahui
Kandungan utamaCreatine monohydrate
Varian rasaTropical fruit
No. BPOMMD 267031110523
Sertifikasi lainnyaGMP (Good Manufacturing Product), Halal MUI, BPOM, HACCP, ISO 22000
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

EvoleneCrevolene Anggur

Harga referensi
Rp150.000
Agak Murah

Formulasi optimal hasil observasi fisik atlet Indonesia!

Inilah suplemen kreatin yang sedang diminati oleh para penggemar olahraga. Crevolene adalah produk kreatin buatan lokal dari merek Evolene. Formula dari suplemen ini telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan diproduksi berdasarkan pengamatan langsung terhadap atlet lokal.


Setiap sajian Crevolene mengandung sekitar 5 gram kreatin monohidrat mikronisasi. Harganya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan produk sejenis. Selain itu, Crevolene juga memiliki rasa anggur yang lezat. Jika Anda mencari suplemen kreatin dengan variasi rasa, Crevolene patut dicoba.

Bentuk suplemenBubuk
Jenis creatineCreatine monohydrate
DosisTidak diketahui
Aturan pakai4 scoop (hari ke 1-4), 1 scoop (hari ke 5-15)
Isi165 gram, 300 gram
Kandungan creatine per saji5,5 gram
Kandungan utamaCreatine Monohydrate
Varian rasaAnggur
No. BPOMMD 267031736367
Sertifikasi lainnyaHalal MUI, Labdoor, HACCP, GMP, ISO
View all
No.3

ProvusCreatine Matrix

Harga referensi
Rp225.000
Lebih Murah

Kandungannya diklaim murni, dengan bubuk yang sangat halus

Suplemen creatine yang satu ini diklaim memiliki kemurnian sampai 99,99%. Tekstur powder-nya juga diklaim halus agar lebih cepat diserap tubuh. Dengan demikian, Anda dapat mencapai saturasi creatine dengan lebih cepat. Tak mengherankan jika produk ini disebut memiliki efektivitas yang lebih tinggi. Produk ini pas dikonsumsi sebagai suplemen pre-workout untuk meningkatkan performa olahraga.

Bentuk suplemenBubuk
Jenis creatineMicronized creatine
Dosis5 gram
Aturan pakaiLarutkan dalam 150-200 ml air
Isi120 gram, 300 gram
Kandungan creatine per saji5 gram
Kandungan utama Micronized creatine monohydrate
Varian rasaUnflavoured
No. BPOMMD 662328042463
Sertifikasi lainnyaTidak diketahui
View all
No.4

MuscletechPlatinum 100% Creatine

Harga referensi
Rp550.000
Lebih Mahal

Capai target fitness dengan suplemen creatine murni berkualitas

Creatine menjadi suplemen penting untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot. Suplemen creatine yang satu ini menawarkan micronized creatine kualitas terbaik. Tiap penyajiannya mengandung 5 gram creatine, sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Formula tanpa rasanya juga menjadikan suplemen ini dapat dikonsumsi bersama suplemen atau minuman lain kesukaan Anda. Pas untuk menemani Anda mencapai target latihan sambil menambah massa otot.

Bentuk suplemenBubuk
Jenis creatineCreatine monohydrate
Dosis5 gram
Aturan pakaiLarutkan dalam 300 ml air dingin lalu minum 30 menit sebelum latihan
Isi400 gram
Kandungan creatine per saji5 gram
Kandungan utamaMicronized creatine monohydrate
Varian rasaTidak diketahui
No. BPOMSI 204211121
Sertifikasi lainnyaTidak diketahui
View all
No.5

Ultimate NutritionCreatine Monohydrate Capsule

Harga referensi
Rp325.000
Menengah

Kapsul dengan formula 100% creatine monohydrate

Suplemen kapsul kreatin monohidrat dari Ultimate Nutrition dapat meningkatkan kinerja fisik dan pemulihan otot Anda. Dikemas dalam bentuk kapsul, Anda dapat mengonsumsi suplemen ini secara lebih praktis. Formula di dalamnya pun berisi 100% creatine monohydrate microcrystalline yang sudah dites oleh HPLC. Dengan demikian, tetap teruji kemurnian di dalamnya.

Bentuk suplemenKapsul
Jenis creatineCreatine monohydrate
Dosis5 gram
Aturan pakai4 x 1 kapsuk (1-5 hari), 2 x 1 kapsul (6-30 hari)
Isi20 kapsul
Kandungan creatine per saji5 gram
Kandungan utamaCreatine monohydrate
Varian rasaTidak diketahui
No. BPOMSI144305181
Sertifikasi lainnyaTidak diketahui
View all
No.6

FITlifeCreaFLEX

Harga referensi
Rp400.000
Agak Mahal

Meningkatkan performa fisik dan kekuatan otot

FITlife CreaFLEX merupakan suplemen kreatin yang dirancang untuk meningkatkan performa fisik dan kekuatan otot. Formula kreatin berkualitas tinggi dengan persentase kemurnian hingga 99% dapat  membantu meningkatkan energi dan daya tahan saat berolahraga. Selain itu, suplemen ini juga mampu mempercepat pemulihan otot setelah latihan intensif. 

Bentuk suplemenBubuk
Jenis creatineCreatine monohydrate
DosisTidak diketahui
Aturan pakaiTidak diketahui
Isi300 gram
Kandungan creatine per saji5 gram
Kandungan utamaCreatine monohydrate
Varian rasaTidak diketahui
No. BPOMMD023182006700068
Sertifikasi lainnyaHalal MUI
View all
No.7

Optimum NutritionMicronized Creatine Capsules

Harga referensi
Rp480.000
Agak Mahal

Suplemen creatine tanpa kalori dan karbohidrat

Jika Anda membutuhkan suplemen creatine tanpa kalori dan karbohidrat, coba pertimbangkan penggunaan kapsul ini. Setiap kapsul mengandung 2,5 gram creatine per porsi. Cara penggunaannya adalah dua kapsul setiap kali makan. Anda dapat memilih suplemen ini sebagai bagian dari rutinitas kesehatan harian Anda atau sebagai tambahan dalam program kebugaran Anda.

Bentuk suplemenKapsul
Jenis creatineCreatine monohydrate
Dosis2,5 gram
Aturan pakai3 x 2 kapsul
Isi100 kapsul
Kandungan creatine per saji2,5 gram
Kandungan utamaCreatine monohydrate
Varian rasaTidak diketahui
No. BPOMSI154306491
Sertifikasi lainnyaTidak diketahui
View all
No.8

EFX SportsKre Alkalyn EFX

Harga referensi
Rp390.000
Menengah

Buffered creatine dalam bentuk kapsul, lebih praktis dikonsumsi

Jika Anda tertarik pada kreatin yang di-buffer, Kre Alkalyn EFX bisa menjadi alternatif yang menarik. Produk ini telah mengalami penyesuaian pH sehingga diklaim dapat meningkatkan penyerapannya dalam tubuh. Hal ini berpotensi memungkinkan tubuh untuk memanfaatkannya dengan lebih efisien. Kre Alkalyn EFX tersedia dalam bentuk kapsul yang praktis untuk dikonsumsi dan dibawa ke mana saja.

Bentuk suplemenKapsul
Jenis creatineCreatine monohydrate
Dosis1,5-3 gram
Aturan pakai2 x 1 kapsul
Isi120 kapsul
Kandungan creatine per saji1,5-3 gram
Kandungan utamaCreatine monohydrate
Varian rasaTidak diketahui
No. BPOMTidak diketahui
Sertifikasi lainnyaTidak diketahui
View all
No.9

NOW SportsCreatine Monohydrate

Harga referensi
Rp270.000
Menengah

Mendukung proses regenerasi otot dalam latihan intensif

Now Sport Creatine Monohydrate adalah pilihan terbaik bagi atlet dan penggiat kebugaran yang ingin meningkatkan performa dan mempercepat pemulihan. Dengan formulasi murni dan kualitas tinggi, kreatin monohidrat ini membantu meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan massa otot. Dengan bentuk kapsul, produk ini dapat mendukung proses regenerasi otot dalam latihan intensif.

Bentuk suplemenKapsul
Jenis creatineCreatine monohydrate
DosisTidak diketahui
Aturan pakaiTidak diketahui
Isi120 kapsul
Kandungan creatine per sajiTidak diketahui
Kandungan utamaCreatine monohydrate
Varian rasaTidak diketahui
No. BPOMTidak diketahui
Sertifikasi lainnyaTidak diketahui
View all
No.10

Life ExtensionCreatine Capsules

Harga referensi
Rp320.000
Menengah

Menjaga kesehatan fungsi otot dan metabolisme energi

Life Extension Creatine Capsules menghadirkan suplemen kreatin berkualitas tinggi dalam kemasan kapsul yang praktis. Produk ini diformulasikan untuk meningkatkan kinerja fisik saat berolahraga. Selain itu, suplemen ini juga dapat menjaga kesehatan fungsi otot dan metabolisme energi. Untuk yang memiliki resistensi terhadap gluten, Anda tidak perlu khawatir. Produk ini juga sudah gluten free.

Bentuk suplemenKapsul
Jenis creatineCreatine monohydrate
DosisTidak diketahui
Aturan pakai2 x 2 kapsul
Isi120 kapsul
Kandungan creatine per sajiTidak diketahui
Kandungan utamaCreatine monohydrate
Varian rasaTidak diketahui
No. BPOMTidak diketahui
Sertifikasi lainnyaTidak diketahui
View all

Bagaimana cara mengonsumsi suplemen creatine?

Pakar
Pakar

Konsumsi creatine bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu creatine loading atau konsumsi creatine dosis normal secara rutin. Tujuan mengonsumsi suplemen creatine adalah membuat kadar creatine dalam otot lebih jenuh agar efeknya lebih maksimal dalam meningkatkan stamina.

Bagaimana cara mengonsumsi suplemen creatine?
Creatine adalah turunan dari asam amino yang sebetulnya diproduksi sendiri oleh tubuh dan disimpan dalam otot rangka. Creatine yang disimpan dalam otot rangka disebut sebagai creatine phospate. Creatine phosphate akan memberikan kapasitas pada sel otot untuk menghasilkan lebih banyak energi. Selain disintesis oleh tubuh, creatine bisa didapatkan dari makanan dan minuman sumber protein, seperti susu, daging merah, dan seafood. Namun, penyimpanan creatine pada otot hanya sekitar 60%-80%.

Bagi Anda yang rutin workout, penyimpanan creatine di otot bisa dimaksimalkan dengan mengonsumsi suplemen creatine. Prinsip suplementasi creatine adalah meningkatkan kejenuhan creatine di dalam otot. Creatine harus jenuh terlebih dahulu di dalam otot, baru Anda bisa merasakan manfaatnya kemudian. Hal ini berkaitan dengan istilah creatine loading dose.


Creatine loading adalah mengonsumsi creatine dalam dosis besar pada kurun waktu singkat, sekitar 5-7 hari. Kemudian, Anda bisa mengonsumsi creatine dalam dosis normal. Namun, pembahasan tentang creatine loading masih menjadi perdebatan. Menurut beberapa riset, konsumsi creatine dalam dosis normal secara rutin selama sebulan sebetulnya bisa mencapai hasil yang diinginkan juga.


Sebagai catatan tambahan, sampai sekarang belum ada riset pada manusia tentang efek samping konsumsi creatine berlebihan. Hanya saja, jika konsumsinya berlebihan, creatine akan dibuang melalui urine. Bila Anda ingin hasil yang aman, sebaiknya konsumsi creatine dalam dosis normal secara rutin. Sebaliknya, untuk hasil cepat, Anda bisa memilih proses creatine loading.
Dionysius Subali
Sport Nutrition Lecturer
Dionysius Subali

Creatine pada otot sifatnya mengikat air seperti garam. Setelah mengonsumsi creatine, Anda sebaiknya segera berolahraga agar creatine tersebut dipakai untuk menghasilkan energi, bukan mengikat air. Bila tidak diiringi dengan olahraga, konsumsi creatine dalam dosis 3-5 gram pada akhirnya akan membuat tubuh Anda gemuk air.

5 Rekomendasi Suplemen Creatine terbaik

No. 1: Cemerlang Sukses EnergiMuscle First Pro Creatine Tropical Fruit

No. 2: EvoleneCrevolene Anggur

No. 3: ProvusCreatine Matrix

No. 4: MuscletechPlatinum 100% Creatine

No. 5: Ultimate NutritionCreatine Monohydrate Capsule

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Rekomendasi Suplemen Creatine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Sport Nutrition Lecturer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.