mybest
Stand gitar

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Stand Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Stand Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Stand Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Stand Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Stand Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Stand Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Stand Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024)

Stand gitar merupakan tempat penyimpanan khusus agar gitar lebih terawat. Ruangan Anda juga jadi lebih rapi. Ada banyak varian produknya di pasaran, seperti stand gitar duduk, stand gitar gantung atau dinding, dan rak gitar. Setiap tipe punya karakteristik yang berbeda.

 

Agar Anda mendapat stand gitar terbaik, kami akan menjelaskan cara memilihnya. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek stand gitar yang bagus, seperti Hercules dan Aroma. Anda bisa menemukan produk untuk gitar listrik, gitar akustik, bass, hingga yang universal. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.
Diperbaharui 14/07/2023
Satriyo Arwanto
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih stand gitar

Kami pertama-tama akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih stand gitar. Bacalah dengan saksama tiap poinnya dan temukan produk yang sesuai dengan keinginan Anda.
1

Tentukan stand gitar berdasarkan tipenya

Stand gitar terbagi menjadi empat jenis berdasarkan perbedaan cara meletakkan gitarnya. Pilihlah jenis stand yang sesuai dengan luas tempat penyimpanan dan jumlah alat musik yang Anda miliki.

Stand gitar duduk, harga terjangkau dan penggunaannya praktis

Stand gitar duduk, harga terjangkau dan penggunaannya praktis
Sumber: herculesstands.com
Simple stand atau stand gitar duduk merupakan tipe yang paling konvensional. Cara memakainya sangat simpel, yaitu cukup dengan meletakkan bodi gitar pada bagian penopang stand.

Stand gitar duduk umumnya dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Tipe ini cocok bagi Anda yang ingin membeli stand gitar untuk pertama kalinya.

Stand gitar long neck, dapat menjaga gitar tidak melengkung

Tipe long neck sekilas mungkin terlihat mirip dengan stand gitar duduk. Namun, pada tipe ini bodi gitar tidak disandarkan, melainkan ditopang dengan adanya bagian kepala stand.


Dipadukan dengan adanya dudukan stand, tipe ini memiliki kestabilan yang baik dan tidak mengakibatkan beban ekstra pada neck gitar. Dengan demikian, potensi gitar menjadi melengkung dapat dihindarkan.

Stand gitar gantung, untuk menempatkan gitar di ruangan yang sempit

Stand gitar gantung atau wall hanger ditempelkan pada dinding. Tidak seperti jenis stand lainnya, tipe ini menopang kepala gitar sehingga leher gitar tidak menahan beban ekstra. Dengan demikian, risiko gitar berubah bentuk dapat diminimalkan.

Jenis stand ini didesain untuk menghemat tempat karena tidak seperti tipe lainnya yang diletakkan di lantai. Jadi, stand gitar gantung direkomendasikan untuk Anda yang tidak memiliki sisa tempat di dalam ruangan.


Jika Anda tidak dapat melubangi dinding, pilih jenis yang bisa dikaitkan pada panel. Selain itu, pastikan Anda telah mengukur dan memasang paku atau baut dengan benar. Karena jika terjadi kesalahan, risikonya gitar Anda bisa terjatuh.

Rak gitar, dapat menyusun rapi beberapa gitar sekaligus

Rak gitar, dapat menyusun rapi beberapa gitar sekaligus
Sumber: k-m.de
Bagi Anda yang memiliki tiga gitar atau lebih, satu stand untuk satu gitar akan memakan banyak tempat. Oleh sebab itu, pilihlah rak gitar karena dapat menyangga beberapa gitar sekaligus. Tipe ini akan menghemat tempat karena hanya dibutuhkan satu stand untuk meletakkan banyak gitar.

Saat ini banyak jasa pembuatan rak gitar yang menawarkan berbagai bentuk dan bahan sesuai dengan keinginan. Jika bosan dengan produk yang ada di pasaran, mungkin Anda bisa mencoba memesan kepada perajin stand.


Meskipun demikian, berhati-hatilah apabila stand mengandung cat atau pernis karena berpotensi membuat lecet gitar jika bergesekan. Guna mencegah hal itu, gunakanlah kain pelindung supaya bodi gitar tetap terlindung.

2

Utamakan stand gitar dengan penyangga bodi yang stabil

Utamakan stand gitar dengan penyangga bodi yang stabil

Gitar elektrik dan bass memiliki bobot yang berat. Oleh sebab itu, penting untuk memilih stand gitar yang dapat menopang bobot alat musik dengan stabil. Stand gitar yang mudah goyah dapat menyebabkan alat musik mudah terjatuh, kemudian lecet. Jadi, pilihlah stand gitar yang bobotnya cukup berat dan tidak mudah goyah.


Anda tentu tidak dapat memastikan kestabilan stand gitar saat memesan secara online. Akan lebih baik jika Anda bisa mengecek langsung ke toko peralatan musik. Periksalah secara detail apabila tidak memungkinkan, misalnya fitur untuk mencegah alat musik agar tidak terjatuh atau selip. Cek juga kesolidan kaki penyangganya.


Beberapa produsen mulai menawarkan stand gitar yang lebih spesifik, seperti stand gitar akustik. Jika Anda ingin membeli stand untuk gitar elektrik, jangan beli seri tersebut ya! Sebaiknya, Anda pastikan terlebih dahulu saat hendak membeli. Sebagai pelengkap, coba cek pula review-nya di internet.

3

Cek ukurannya! Untuk penggunaan di tempat sempit, pilih stand yang compact

Cek ukurannya! Untuk penggunaan di tempat sempit, pilih stand yang compact
Satu hal penting yang tak boleh terlupakan dalam memilih stand gitar adalah mengecek ukurannya. Jika dilihat sekilas, hampir semua produk terlihat berukuran sama. Namun, ada stand gitar yang memiliki kaki-kaki penyangga yang besar dan penopang neck yang panjang. Produknya akan memakan tempat lebih banyak.

Selain itu, setiap stand mungkin akan menyita ruangan jika Anda memiliki lebih dari satu gitar. Jadi, stand gitar yang tidak memakan tempat lebih direkomendasikan bila ruangan Anda sempit. Saat ini sudah ada tipe stand gitar yang dapat dilipat. Anda juga bisa mempertimbangkan stand yang dapat memuat beberapa gitar sekaligus.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi stand gitar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk stand gitar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Paladin

SG16

Paladin SG16 1

Rp125.000

Agak Murah

Triple neck untuk kebutuhan band Anda!

2

SPEEDS

LX 049-32

SPEEDS  LX 049-32 1

Rp75.000

Lebih Murah

Harga terjangkau dan fungsional untuk di rumah

3

Hercules

Mini Guitar StandGS402BB

Hercules Mini Guitar Stand 1

Rp299.000

Agak Mahal

Konstruksinya solid untuk dibawa perform musisi profesional

4

Giant

GS-10

Giant GS-10 1

Rp149.000

Menengah

Dudukan pegasnya mencegah tekanan berlebih pada gitar

5

Aroma

AH-89W

Aroma  AH-89W 1

Rp150.000

Menengah

Stand gitar yang tidak makan banyak tempat

6

Guitto

GGS-02

Guitto GGS-02 1

Rp145.000

Menengah

Stand gitar dengan bentuk unik seperti kepala aligator

7

Ibanez

Pocket TitanPT32

Ibanez Pocket Titan 1

Rp230.000

Menengah

Kukuh, compact, dan ringkas untuk perform di mana pun

8

Delta

Wood Stand for Acoustic Guitar

Delta  Wood Stand for Acoustic Guitar  1

Rp349.000

Agak Mahal

Material kayu menghadirkan kesan klasik

9

Lazer

Double Guitar Stand W/ClampGS-014D

Lazer  Double Guitar Stand W/Clamp 1

Rp239.000

Menengah

Punya dua gitar? Ini produk yang pas untuk Anda

10

König & Meyer

Guardian 5

König & Meyer Guardian 5 1

Rp2.437.964

Lebih Mahal

Susun banyak gitar sekaligus biar jadi lebih rapi

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

PaladinSG16

SG16 1
Sumber: shopee.co.id
SG16 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp125.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp125.000
Agak Murah

Triple neck untuk kebutuhan band Anda!

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau untuk kapasitasnya

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa grip atasnya kurang kuat

Apakah Anda membutuhkan stand gitar untuk kebutuhan band atau studio? Jika iya, kami merekomendasikan produk ini. Biasanya band terdiri dari dua gitar elektrik dan satu gitar bass. Maka dari itu, dibutuhkan stand gitar dengan tiga dudukan seperti pada produk ini. Dengan gitar yang tertata, studio Anda akan tampak makin rapi.


Bagian tiang stand ini bisa disesuaikan dengan panjang bodi dan neck gitar Anda. Ada juga rubber guard di bagian yang menahan bodi gitar sehingga gitar Anda lebih aman dan tidak lecet.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SPEEDS LX 049-32

Harga referensi
Rp75.000
Lebih Murah

Harga terjangkau dan fungsional untuk di rumah

Kelebihan:

  • Ada material busa dan karet sehingga bodi dan neck gitar tidak lecet

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa neck lock tidak kencang

Produk ini menjadi pilihan untuk Anda yang mencari stand gitar dengan harga terjangkau. Anda tidak perlu menyiapkan bujet besar untuk memilikinya. Meski harganya ekonomis, produk ini dilengkapi banyak fitur menarik.


Tiang stand ini bisa dipanjangkan dan dipendekkan untuk disesuaikan dengan gitar Anda. Tidak hanya itu, stand ini punya sistem neck lock yang mengunci bagian leher gitar. Bahkan, Anda dapat mengunci leher gitar bagian bawah.

No.3

HerculesMini Guitar StandGS402BB

Harga referensi
Rp299.000
Agak Mahal

Konstruksinya solid untuk dibawa perform musisi profesional

Kelebihan:

  • Konstruksi kukuh dan dapat dilipat, praktis untuk dibawa


Kekurangan:

  • Dudukannya kecil, tidak bisa untuk gitar akustik

Apakah Anda ingin selalu tampil profesional? Jika iya, kami merekomendasikan produk ini. Tampilan stand gitar Hercules ini terlihat solid dan elegan dengan aksen warna kuning di titik pertemuan tiga tiangnya. Saat ada di panggung dan tidak sedang digunakan, tampilannya terlihat standout. Anda juga mendapatkan tas penyimpanan dalam paket pembeliannya, lho!

No.4

GiantGS-10

Harga referensi
Rp149.000
Menengah

Dudukan pegasnya mencegah tekanan berlebih pada gitar

Kelebihan:

  • Kompatibilitas luas dan dapat dilipat


Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa stand kurang stabil untuk bass

Jika umumnya stand gitar duduk menggunakan busa, produk ini menggunakan pegas rubber. Hal ini membuat gaya tekan dari karet dudukannya makin besar. Dengan begitu, fungsi penahan agar gitar tidak lecet jadi lebih maksimal. Stand gitar ini cocok untuk Anda yang ingin menjaga bodi gitar tetap mulus.

No.5

Aroma AH-89W

Harga referensi
Rp150.000
Menengah

Stand gitar yang tidak makan banyak tempat

Kelebihan:

  • Bisa digunakan untuk tipe gitar apa pun
  • Ada locking system agar gitar tidak jatuh

Kekurangan:

  • Proses instalasi cukup rumit, dibutuhkan orang yang sudah terbiasa

Stand gitar dinding Aroma AH-89W menjadi pilihan yang pas jika kamar Anda tidak terlalu besar. Ukuran yang kecil dan desain tanpa dudukan membuatnya tidak memakan banyak tempat. Anda cukup memasang produk ini di salah satu sisi dinding ruangan. Dengan begitu, ruangan Anda bisa terlihat lebih luas.


Bentuk stand gitar gantung ini juga unik dengan sentuhan kayu yang membuatnya terlihat lebih elegan. Tidak hanya fungsional, produk ini juga menambah nilai estetika untuk kamar Anda.

Harga referensi
Rp145.000
Menengah

Stand gitar dengan bentuk unik seperti kepala aligator

Kelebihan:

  • Sistem foldable, bisa dilipat kecil
  • Struktur triangle untuk kekukuhan penggunaan
  • Bobotnya ringan dan praktis dibawa ke mana-mana


Kekurangan:

  • Dudukannya kecil, tidak bisa untuk gitar akustik

Guitto menawarkan stand gitar dengan desain yang unik dan antimainstream. Produk ini memiliki bentuk menyerupai kepala aligator sehingga memberikan kesan yang beda. Produk ini tentu cocok untuk Anda yang suka tampil nyentrik. Guitto GGS-02 juga bisa dilipat kecil, lho! Saat sedang digunakan ataupun tidak digunakan, stand gitar listrik ini tidak membutuhkan ruang yang luas.

No.7

IbanezPocket TitanPT32

Harga referensi
Rp230.000
Menengah

Kukuh, compact, dan ringkas untuk perform di mana pun

Kelebihan:

  • Desainnya solid dengan konstruksi yang kuat
  • Bobotnya ringan dan bisa dilipat, mudah untuk dibawa

Kekurangan:

  • Dudukannya kecil, tidak bisa untuk gitar akustik

Ibanez PT32 adalah stand gitar portabel yang mudah dimasukkan ke dalam saku tas. Konstruksinya kukuh dan stabil dengan bodi logam yang tipis serta ringan. Sistem penyangga tiga titik dari stand gitar elektrik ini pun dapat dilipat. Dengan begitu, Anda bisa menggantungkannya di tas ransel. Produk ini ideal untuk Anda yang sering melakukan pertunjukkan atau gigs.

No.8

Delta Wood Stand for Acoustic Guitar

Harga referensi
Rp349.000
Agak Mahal

Material kayu menghadirkan kesan klasik

Kelebihan:

  • Menggunakan material yang kukuh dan solid
  • Stand bisa dibongkar sehingga mudah disimpan saat tidak digunakan

Kekurangan:

  • Hanya ditujukan untuk gitar akustik

Apakah Anda ingin membuat gitar akustik Anda terlihat makin klasik? Kalau begitu, Anda bisa mempertimbangkan produk ini. Stand gitar akustik ini terbuat dari kayu sehingga memberikan kesan elegan untuk gitar Anda.


Jika interior ruangan Anda bernuansa desain Scandinavia atau bergaya klasik, stand gitar ini bisa mempercantik ruangan Anda. Material yang digunakan stand gitar kayu ini juga solid sehingga awet digunakan untuk waktu yang lama.

No.9

Lazer Double Guitar Stand W/ClampGS-014D

Double Guitar Stand W/Clamp 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp239.000
Menengah
Harga referensi
Rp239.000
Menengah

Punya dua gitar? Ini produk yang pas untuk Anda

Kelebihan:

  • Tinggi tiangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan


Kekurangan:

  • Tidak bisa menampilkan seluruh bodi dari kedua gitar, kurang cocok untuk men-display gitar


Produk Lazer ini pas untuk Anda yang memiliki dua gitar. Ada dua dudukan yang bisa Anda gunakan untuk meletakkan dua gitar sekaligus. Stand ini pun bisa digunakan untuk gitar elektrik, gitar akustik, atau perpaduan dari keduanya. Selain menghemat tempat penyimpanan, Anda dapat menghemat bujet untuk membeli stand gitar.

No.10

König & MeyerGuardian 5

Guardian 5 1
Sumber: k-m.de
Guardian 5 2
Sumber: k-m.de
Guardian 5 3
Sumber: k-m.de
Guardian 5 4
Sumber: k-m.de
Guardian 5 5
Sumber: k-m.de
Harga referensi
Rp2.437.964
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp2.437.964
Lebih Mahal

Susun banyak gitar sekaligus biar jadi lebih rapi

Kelebihan:

  • Bisa untuk menyimpan lima gitar sekaligus
  • Ada pelindung yang mencegah gitar terbentur

Kekurangan:

  • Hanya bisa digunakan untuk gitar elektrik, kurang cocok untuk menampung koleksi gitar akustik

Apakah Anda punya banyak gitar elektrik? Jika iya, Anda akan cocok dengan produk ini. König & Meyer Guardian 5 didesain untuk menyimpan lima gitar elektrik sekaligus. Dengan rak gitar ini, Anda tidak perlu membeli banyak stand gitar untuk menyimpan gitar kesayangan Anda.


Rak ini memiliki pelindung untuk mencegah gitar berputar atau berbenturan satu sama lain. Selain itu, terdapat bantalan lembut yang terbuat dari plastik elastomer berkualitas tinggi. Bantalan tersebut melindungi gitar agar terhindar dari kerusakan.

Tips dari produser musik kami, Satrio Arwanto

Tips dari produser musik kami, Satrio Arwanto

Sebelum membeli stand gitar, pastikan dahulu Anda membelinya untuk keperluan apa. Apakah Anda hanya ingin memiliki stand gitar untuk di rumah/studio tanpa berpindah-pindah atau untuk keperluan pentas?


Setelah menemukan alasannya, Anda akan lebih mudah memilih stand gitar yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya sesuaikan juga dengan anggaran Anda. Jika Anda berada di daerah yang sering terjadi gempa bumi, sebaiknya hindari penggunaan stand gitar gantung. Risiko gitar rusak parah karena terjatuh saat terjadi gempa sangat besar.

Baca juga rekomendasi perlengkapan gitar lainnya di sini

Masih ada perlengkapan selain stand gitar yang dibutuhkan agar Anda dapat bermain dengan lebih nyaman. Kami telah mengulas berbagai perlengkapan gitar, seperti tuner, pick gitar, dan amplifier gitar. Silakan buka tautan berikut untuk membaca ulasannya.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dan rekomendasi mengenai stand gitar, apakah Anda sudah menemukan produk yang dicari? Stand gitar di pasaran memiliki desain yang bervariasi. Maka dari itu, penting untuk menyesuaikan jenis stand dengan kebutuhan Anda.

Pertimbangkanlah luas tempat menyimpan gitar dan portabilitas produk. Apabila Anda sering bepergian atau tur, pilihlah stand gitar yang ergonomis sehingga mudah dibawa. Sesuaikan juga dengan bujet yang Anda miliki. Semoga ulasan ini membantu Anda, ya.

5 Rekomendasi Stand Gitar terbaik

No. 1: PaladinSG16

No. 2: SPEEDS LX 049-32

No. 3: HerculesMini Guitar StandGS402BB

No. 4: GiantGS-10

No. 5: Aroma AH-89W

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Stand Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.