mybest
Sambal kemasan

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Sambal
  4. 10 Rekomendasi Sambal Bawang Terbaik
  • 10 Rekomendasi Sambal Bawang Terbaik  1
  • 10 Rekomendasi Sambal Bawang Terbaik  2
  • 10 Rekomendasi Sambal Bawang Terbaik  3
  • 10 Rekomendasi Sambal Bawang Terbaik  4
  • 10 Rekomendasi Sambal Bawang Terbaik  5

10 Rekomendasi Sambal Bawang Terbaik

Sambal bawang adalah salah satu jenis sambal yang disukai oleh banyak orang. Rasa pedas yang autentik dan menggigit adalah salah satu alasannya. Tidak heran bila saat ini ada banyak produk sambal bawang kemasan yang dijual di pasaran. Anda mau sambal bawang putih atau sambal bawang merah? Semuanya ada!

Sambal bawang Bu Rudy, Finna, dan Naknan adalah contoh beberapa merek sambal bawang terenak. Selain itu, masih ada banyak produk sambal bawang populer lainnya. Silakan simak artikel kami ini sebab kami punya tips memilih sambal bawang yang enak untuk Anda.

Diperbaharui 07/11/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa yang membuat sambal bawang spesial?

Apa yang membuat sambal bawang spesial?
Sambal bawang adalah jenis sambal yang menggunakan cabai rawit dan bawang sebagai bahan utamanya. Secara umum, tiap produk sambal juga mengandung garam, gula, dan minyak. Pada beberapa produk terdapat pula bahan tambahan lain, seperti terasi, potongan ikan, kacang, atau dedaunan bumbu masak. Hal itu membuat sambal menjadi lebih kaya rasa.

Biasanya, sambal bawang dihidangkan bersama jenis makanan yang digoreng atau dipanggang. Meski demikian, ada juga sambal bawang yang cocok digunakan sebagai pelengkap nasi putih, mi, atau bakso. Rasa pedas bercampur gurih ini membuat sambal bawang menjadi salah satu sambal favorit orang Indonesia.


Sambal bawang instan yang banyak ditemukan di pasaran adalah sambal bawang yang sudah digoreng. Sambal bawang mentah sendiri juga tidak kalah nikmat dan banyak digemari orang. Namun, atas alasan faktor ketahanan, tidak memungkinkan bagi produsen untuk membuat sambal bawang mentah kemasan.

Cara memilih sambal bawang

Kali ini, kami akan berikan beberapa tips memilih sambal bawang kemasan. Semoga tips dari kami bisa membantu Anda menemukan sambal terbaik yang pas dengan selera. Dengan sambal instan yang enak dan praktis tanpa perlu mengulek, makan pun jadi lebih nikmat!

1

Pilih jenis cabai sesuai tingkat kepedasan

Standar internasional tingkat kepedasan cabai diukur menggunakan skala scoville heat unit (SHU). Objek penentu jumlah satuan pedas SHU adalah besar kapsaisin yang terdapat di dalam cabai. Makin tinggi angka SHU-nya, makin pedas pula rasa cabainya. Lalu, jenis cabai apa saja yang bisa membuat sambal makin pedas dan lezat untuk dikonsumsi?

Cabai rawit, pedas yang populer di lidah orang Indonesia

Cabai rawit, pedas yang populer di lidah orang Indonesia
Jenis cabai ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama bird’s eye chili peppers. Dengan tingkat SHU 50.000100.000, cabai ini cukup populer sebagai bumbu masakan. Tidak hanya di tanah air, tetapi juga di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Warna cabai rawit akan berubah dari hijau menjadi merah seiring tingkat kematangannya. Cabai rawit berwarna hijau menjadi jenis cabai rawit yang kurang pedas. Sementara itu, makin merah warna cabai rawit, maka makin kuat tingkat kepedasannya.

Trinidad scorpion, puluhan kali lebih pedas dari cabai rawit!

Trinidad scorpion, puluhan kali lebih pedas dari cabai rawit!
Varian cabai ini memiliki skala SHU hampir menembus angka 1.500.000. Bahkan, cabai ini sempat diakui oleh Guinness World Records sebagai yang terpedas di dunia. Dengan tingkat kepedasan tersebut, cabai ini lebih cocok dikonsumsi oleh maniak sambal.

Meski terkenal sebagai salah satu cabai terpedas di dunia, varietas ini memiliki rasa dasar yang manis seperti buah. Jadi, saat mencicip untuk pertama kali, rasa manis inilah yang lebih dahulu terasa. Setelah itu, rasa pedas baru akan datang menyengat mulut Anda.

2

Ketahui jenis bawang yang dipakai

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui jenis bawang yang dipakai dalam komposisi sambal. Ada yang menggunakan bawang putih saja, bawang merah saja, atau perpaduan keduanya. Komposisi yang berbeda tentu menciptakan cita rasa yang berbeda pula. 

Bawang putih, membuat masakan sedap secara alami

Bawang putih, membuat masakan sedap secara alami

Bisa dibilang bawang putih adalah salah satu bumbu masak inti. Hampir semua resep masakan di Indonesia atau bahkan dunia menggunakan bawang jenis ini. Aroma bawang putih sangat khas dan kuat, baik saat mentah maupun saat ditumis. Oleh karena itu, bawang putih kerap digunakan untuk menyedapkan masakan secara alami.


Bawang putih juga mengandung banyak nutrisi, lho. Di dalamnya kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan nutrisi lainnya. Hal itu membuat bawang putih dipercaya memiliki banyak manfaat. Bawang putih berkhasiat untuk menjaga kesehatan usus, menurunkan tekanan darah, dan membantu mencegah kanker. Jadi, selain membuat masakan jadi sedap, badan pun jadi lebih sehat!

Bawang merah, rasa dan aroma sambal jadi makin gurih

Bawang merah, rasa dan aroma sambal jadi makin gurih

Bawang merah adalah bumbu dapur yang sudah seperti pasangan bawang putih. Keduanya sering dipasangkan dalam tiap resep masakan. Bawang merah sendiri digunakan untuk menambah rasa gurih masakan. Selain itu, bawang merah goreng juga sering digunakan untuk meningkatkan aroma masakan agar makin sedap.


Dari segi kesehatan, bawang merah juga tak kalah kaya manfaat. Di dalamnya mengandung flavonol dan senyawa polifenol yang tinggi. Selain itu, terkandung juga serat makanan, protein, folat, kalium, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan mangan. Bawang merah dapat berperan sebagai antioksidan, meningkatkan metabolisme, serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

3

Perhatikan komposisi bahan tambahannya

Hampir semua produk sambal yang dijual di pasaran mengandung bahan tambahan. Bahan ini diperlukan untuk berbagai macam tujuan. Tujuan yang umum adalah untuk memperbaiki penampilan, cita rasa, tekstur, atau memperpanjang masa kedaluwarsa. Terdapat dua jenis komposisi tambahan, yaitu bahan alami dan buatan (zat aditif).

Bahan alami, untuk sambal yang lebih kaya rasa

Bahan alami, untuk sambal yang lebih kaya rasa
Berbagai macam komposisi tambahan yang alami sangat umum ditambahkan ke dalam produk. Hal itu bertujuan agar rasa sambal tidak melulu pedas, tetapi juga bisa lebih kompleks. Salah satu bahan yang populer adalah terasi. Fermentasi ikan atau udang ini ditambahkan untuk menambah asin dan gurih, sekaligus menambah harum aroma sambal.

Rempah-rempah juga sering digunakan karena memiliki aroma dan rasa yang kuat. Hal itu juga dapat membuat sambal lebih menggugah selera. Selain itu, terdapat juga bumbu tambahan seperti cuka dan potongan ikan untuk membuat sambal lebih kaya rasa.

Zat aditif, untuk rasa lebih unggul dan tahan lebih lama

Zat aditif, untuk rasa lebih unggul dan tahan lebih lama
Zat aditif adalah bahan senyawa kimia yang tidak bisa didapatkan dari bahan alami. Tujuan utama penggunaan ini adalah memperbaiki kelemahan mutu sambal. Kualitas sambal bisa meningkat, rasa lebih lezat, dan lebih tahan lama saat disimpan. Bahan aditif yang aman untuk makanan antara lain adalah MSG (monosodium glutamate) dan sodium benzoat.

MSG merupakan penguat dan penyeimbang rasa makanan. Dengan dosis yang tepat, segala jenis makanan, termasuk sambal, akan menjadi lebih sedap. Lain halnya dengan sodium benzoat. Bahan ini adalah pengawet makanan yang dapat memperpanjang masa pakai jadi jauh lebih lama.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Sambal Bawang Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Sambal Bawang terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 07 November 2023).
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Rudy Abadi Bersama

Bu Rudy Sambal Bawang

Rudy Abadi Bersama Bu Rudy Sambal Bawang 1

Rp27.000

Menengah

Sambal bawang legendaris dari Surabaya

2

Finna

Uleg Sambal Bawang

Finna Uleg Sambal Bawang 1

Rp13.700

Agak Murah

Tersedia kemasan saset yang praktis dan hemat

3

Bamboe

Sambal Bawang

Bamboe Sambal Bawang  1

Rp10.000

Agak Murah

Sambal bawang ala Madura dalam kemasan ekonomis

4

Naknan

Sambal Bawang Level 1, 3, 5

Naknan Sambal Bawang Level 1, 3, 5 1

Rp9.900

Agak Murah

Pilih sendiri level pedasnya sesuka Anda

5

Heinz ABC

ABC Sambal Bawang Pedas

Heinz ABC  ABC Sambal Bawang Pedas 1

Rp8.100

Agak Murah

Aroma dan rasa gurih dari bawang gorengnya khas dan menggugah selera

6

Mr. Crispy

Sambal Bawang

Mr. Crispy Sambal Bawang  1

Rp39.000

Agak Mahal

Varian sambal best seller dari Mr. Crispy

7

Seriboe Rempah Nusantara

Sambal Bawang Rempah Nusantara

Seriboe Rempah Nusantara Sambal Bawang Rempah Nusantara  1

Rp25.000

Menengah

Diracik dengan resep dan cita rasa asli Indonesia

8

Sambel Mertua

Sambel Bawang

Sambel Mertua Sambel Bawang 1

Rp30.000

Menengah

Ada dua level kepedasan yang bisa Anda pilih

9

Sambal Bu Djui

Sambal Mercon Sambal Bawang

Sambal Bu Djui  Sambal Mercon Sambal Bawang 1

Rp40.000

Agak Mahal

Lebih sehat dengan sedikit minyak

10

By NCC

Sambal Bawang Pedas

By NCC Sambal Bawang Pedas 1

Rp49.000

Agak Mahal

Sambal bawang tanpa bahan pengawet dan aroma bawang yang pungent

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Rudy Abadi BersamaBu Rudy Sambal Bawang

Bu Rudy Sambal Bawang 1
Sumber: shopee.co.id
Bu Rudy Sambal Bawang 3
Sumber: shopee.co.id
Bu Rudy Sambal Bawang 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp27.000
Menengah
Harga referensi
Rp27.000
Menengah

Sambal bawang legendaris dari Surabaya

Berbicara sambal bawang botolan yang enak, top of mind tentu saja sambal Bu Rudy  Merek ini termasuk perintis sambal botolan yang terkenal di Surabaya. Saking legendaris dan terkenalnya, sambal Bu Rudy kerap dijadikan oleh-oleh khas dari Kota Surabaya. Hadir dalam kemasan botol plastik, sambal bawang ini memiliki harga yang terjangkau.

Selain menggunakan cabai dan bawang bermutu tinggi, produk ini hanya mengandung komposisi tambahan nonhewani. Hal itu membuat produk ini sangat cocok dikonsumsi oleh para vegetarian. Oleh karena bahan bakunya yang segar, sambal ini hanya mampu bertahan satu bulan di dalam suhu ruangan. Jadi, pastikan mengonsumsinya segera, ya!
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

FinnaUleg Sambal Bawang

Harga referensi
Rp13.700
Agak Murah

Tersedia kemasan saset yang praktis dan hemat

Anda butuh sambal bawang dengan kemasan yang ringkas? Produk dari Finna ini mungkin bisa jadi pilihan. Finna tidak hanya memproduksi sambal bawang uleg dengan kemasan jar, tetapi juga kemasan saset. Inilah salah satu rekomendasi sambal enak dalam kemasan praktis yang patut Anda coba. Produk ini sangat cocok dibawa saat bepergian, seperti saat traveling atau naik gunung.

No.3

BamboeSambal Bawang

Harga referensi
Rp10.000
Agak Murah

Sambal bawang ala Madura dalam kemasan ekonomis

Merek Bamboe terkenal akan produk bumbu masak instannya yang lezat dan ada di mana-mana. Selain bumbu masaknya yang beragam, Bamboe juga memiliki lini sambal kemasan yang bisa dicoba. Salah satu varian sambalnya adalah sambal bawang ala Madura.


Kesederhanaan rasa sambal ini justru akan membuatnya pas untuk disandingkan dengan berbagai masakan Indonesia. Hadir dalam kemasan saset yang ekonomis, sambal bawang ini pas untuk porsi sekali makan.

No.4

NaknanSambal Bawang Level 1, 3, 5

Harga referensi
Rp9.900
Agak Murah

Pilih sendiri level pedasnya sesuka Anda

Sambal bawang Naknan cocok dijadikan sambal keluarga karena memiliki tiga level tingkat kepedasannya. Level 1 tingkat sedang, level 3 pedas, dan level 5 sangat pedas. Anda yang penikmat pedas bisa coba level lima, sedangkan anggota keluarga lain bisa coba level satu dahulu. Selain dijadikan pelengkap lauk, Anda juga dapat menjadikannya sebagai bumbu masak, lho. Membuat nasi goreng pedas atau mi goreng pedas, pasti enak! 


Bagaimana dengan keamanannya? Tenang! Sambal kemasan ini terbuat dari bahan-bahan pilihan dan dikemas pabrikan yang terkontrol kebersihannya sehingga keamanan terjamin. Yuk, sediakan sambal ini di dapur Anda untuk dinikmati keluarga yang selera kepedasannya berbeda-beda.

No.5

Heinz ABC ABC Sambal Bawang Pedas

Harga referensi
Rp8.100
Agak Murah

Aroma dan rasa gurih dari bawang gorengnya khas dan menggugah selera

Saus sambal bawang ini akan membuat cita rasa makanan Anda tidak hanya pedas, tetapi juga gurih. Sambal ABC ini menggunakan bahan tambahan bawang sehingga aroma dan cita rasanya pun makin unik. Terlebih lagi, bawang yang dipakai merupakan bawang lokal yang sudah dikenal berkualitas, yakni bawang dari Brebes. Yakin tidak penasaran dengan cita rasanya?

No.6

Mr. CrispySambal Bawang

Harga referensi
Rp39.000
Agak Mahal

Varian sambal best seller dari Mr. Crispy

Mr. Crispy merupakan brand sambal kemasan yang variannya banyak serta memiliki branding kekinian. Hadir dalam kemasan jar yang modern, mutu dan kualitas sambal di dalamnya dipastikan aman dan terjamin. 


Jika Anda bingung memilih varian sambal Mr. Crispy mana yang sebaiknya dipilih, Anda bisa mempertimbangkan sambal bawangnya. Pasalnya, sambal bawang dari merek ini merupakan varian sambal yang terlaris dan memiliki banyak penggemar. Banyak pembeli yang bahkan melakukan repeat order setelah mencobanya! Anda tertarik mencobanya juga?

No.7

Seriboe Rempah NusantaraSambal Bawang Rempah Nusantara

Harga referensi
Rp25.000
Menengah

Diracik dengan resep dan cita rasa asli Indonesia

Rempah Nusantara adalah salah satu produsen makanan Indonesia yang dikenal menggunakan rempah lokal. Selain bumbu masak instan, Rempah Nusantara juga memproduksi berbagai jenis sambal siap santap, lho. 


Oleh karena itu, kurang lengkap rasanya bila sambal bawangnya ini tidak kami rekomendasikan untuk Anda. Dijamin, resep dan rempah yang diracik akan memenuhi standar kelezatan lidah Indonesia Anda. Pastinya sambal ini sangat cocok dimakan saat acara makan-makan bersama keluarga tersayang. 

No.8

Sambel MertuaSambel Bawang

Harga referensi
Rp30.000
Menengah

Ada dua level kepedasan yang bisa Anda pilih

Selain kejenakaan nama produknya, rasa cabai yang pedas dari produk ini juga mampu membuat para penggemar sambal ketagihan. Sambal ini memiliki dua level kepedasan, yaitu level tiga dan level lima yang bisa dipilih sesuai selera. Sambal ini memiliki umur simpan sampai sekitar tiga bulan. Agar lebih terjamin kualitasnya, setelah sambal dibuka, Anda bisa menyimpannya di kulkas.

No.9

Sambal Bu Djui Sambal Mercon Sambal Bawang

Harga referensi
Rp40.000
Agak Mahal

Lebih sehat dengan sedikit minyak

Sebagian orang sangat menghindari minyak dengan alasan kesehatan. Nah, bila Anda salah satunya, produk ini sangat cocok untuk Anda pilih. Sambal Bu Djui ini tidak mengandung minyak berlebih sehingga lebih aman untuk Anda konsumsi. Rasanya sangat nikmat dan menggugah selera, terlebih bila digunakan untuk bakso mercon atau ayam mercon. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sambal ini sebagai bumbu nasi goreng pedas, lho.

No.10

By NCCSambal Bawang Pedas

Harga referensi
Rp49.000
Agak Mahal

Sambal bawang tanpa bahan pengawet dan aroma bawang yang pungent

Untuk cita rasa sambang bawang rumahan yang aroma bawangnya berasa, cek produk ini. Sambal Bawang Pedas By NCC merupakan produk sambal bawang homemade yang dibuat tanpa tambahan pengawet. Kualitas sambal ini tak perlu diragukan karena produknya dibuat oleh para profesional yang berpengalaman di bidang food and beverage.

5 Rekomendasi Sambal Bawang terbaik

No. 1: Rudy Abadi BersamaBu Rudy Sambal Bawang

No. 2: FinnaUleg Sambal Bawang

No. 3: BamboeSambal Bawang

No. 4: NaknanSambal Bawang Level 1, 3, 5

No. 5: Heinz ABC ABC Sambal Bawang Pedas

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Sambal
  4. 10 Rekomendasi Sambal Bawang Terbaik

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.