• 10 Merk Sambal Bawang Terenak (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Sambal Bawang Terenak (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Sambal Bawang Terenak (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Sambal Bawang Terenak (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Sambal Bawang Terenak (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Sambal Bawang Terenak (Terbaru Tahun 2022)

Sambal bawang adalah salah satu jenis sambal yang disukai oleh banyak orang. Rasa pedas yang autentik dan menggigit adalah salah satu alasannya. Tidak heran bila saat ini ada banyak produk sambal bawang kemasan yang dijual di pasaran. Anda mau sambal bawang putih atau sambal bawang merah? Semuanya ada!

Sambal bawang Bu Rudy, Finna, dan Sambal Naknan adalah contoh beberapa merek sambal bawang terenak. Selain itu, masih ada banyak produk sambal bawang populer lainnya. Silakan simak artikel kami ini sebab kami punya tips memilih dan rekomendasi sambal enak lainnya untuk Anda.

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa yang membuat sambal bawang spesial?

Apa yang membuat sambal bawang spesial?
Sambal bawang adalah jenis sambal yang menggunakan cabai rawit dan bawang sebagai bahan utamanya. Secara umum, tiap produk sambal juga mengandung garam, gula, dan minyak. Pada beberapa produk terdapat pula bahan tambahan lain, seperti terasi, potongan ikan, kacang, atau dedaunan bumbu masak. Hal itu membuat sambal menjadi lebih kaya rasa.

Biasanya, sambal bawang dihidangkan bersama jenis makanan yang digoreng atau dipanggang. Meski demikian, ada juga sambal bawang yang cocok digunakan sebagai pelengkap nasi putih, mi, atau bakso. Rasa pedas bercampur gurih ini membuat sambal bawang menjadi salah satu sambal favorit orang Indonesia.


Sambal bawang instan yang banyak ditemukan di pasaran adalah sambal bawang yang sudah digoreng. Sambal bawang mentah sendiri juga tidak kalah nikmat dan banyak digemari orang. Namun, atas alasan faktor ketahanan, tidak memungkinkan bagi produsen untuk membuat sambal bawang mentah kemasan.

Cara memilih sambal bawang

Kali ini, kami akan berikan beberapa tips memilih sambal bawang kemasan. Semoga tips dari kami bisa membantu Anda menemukan sambal terbaik yang pas dengan selera. Dengan sambal instan yang enak dan praktis tanpa perlu mengulek, makan pun jadi lebih nikmat!

Pilih jenis cabai sesuai tingkat kepedasan

Standar internasional tingkat kepedasan cabai diukur menggunakan skala Scoville Heat Unit (SHU). Objek penentu jumlah satuan pedas SHU adalah besar kapsaisin yang terdapat di dalam cabai. Makin tinggi angka SHU-nya, makin pedas pula rasa cabainya. Lalu, jenis cabai apa saja yang bisa membuat sambal makin pedas dan lezat untuk dikonsumsi?

Cabai rawit, pedas yang populer di lidah orang Indonesia

Cabai rawit, pedas yang populer di lidah orang Indonesia
Jenis cabai ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama bird’s eye chili peppers. Dengan tingkat SHU 50.000-100.000, cabai ini cukup populer sebagai bumbu masakan. Tidak hanya di tanah air, tetapi juga di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Warna cabai rawit akan berubah dari hijau menjadi merah seiring tingkat kematangannya. Cabai rawit berwarna hijau menjadi jenis cabai rawit yang kurang pedas. Sementara itu, makin merah warna cabai rawit, maka makin kuat tingkat kepedasannya.

Trinidad scorpion, puluhan kali lebih pedas dari cabai rawit!

Trinidad scorpion, puluhan kali lebih pedas dari cabai rawit!
Varian cabai ini memiliki skala SHU hampir menembus angka 1.500.000. Bahkan, cabai ini sempat diakui oleh Guinness World Records sebagai yang terpedas di dunia. Dengan tingkat kepedasan tersebut, cabai ini lebih cocok dikonsumsi oleh maniak sambal.

Meski terkenal sebagai salah satu cabai terpedas di dunia, varietas ini memiliki rasa dasar yang manis seperti buah. Jadi, saat mencicip untuk pertama kali, rasa manis inilah yang lebih dahulu terasa. Setelah itu, rasa pedas baru akan datang menyengat mulut Anda.

Ketahui jenis bawang yang dipakai

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui jenis bawang yang dipakai dalam komposisi sambal. Ada yang menggunakan bawang putih saja, bawang merah saja, atau perpaduan keduanya. Komposisi yang berbeda tentu menciptakan cita rasa yang berbeda pula. 

Bawang putih, membuat masakan sedap secara alami

Bawang putih, membuat masakan sedap secara alami

Bisa dibilang bawang putih adalah salah satu bumbu masak inti. Hampir semua resep masakan di Indonesia atau bahkan dunia menggunakan bawang jenis ini. Aroma bawang putih sangat khas dan kuat, baik saat mentah maupun saat ditumis. Oleh karena itu, bawang putih kerap digunakan untuk menyedapkan masakan secara alami.


Bawang putih juga mengandung banyak nutrisi, lho. Di dalamnya kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan nutrisi lainnya. Hal itu membuat bawang putih dipercaya memiliki banyak manfaat. Bawang putih berkhasiat untuk menjaga kesehatan usus, menurunkan tekanan darah, dan membantu mencegah kanker. Jadi, selain membuat masakan jadi sedap, badan pun jadi lebih sehat!

Bawang merah, rasa dan aroma sambal jadi makin gurih

Bawang merah, rasa dan aroma sambal jadi makin gurih

Bawang merah adalah bumbu dapur yang sudah seperti pasangan bawang putih. Keduanya sering dipasangkan dalam tiap resep masakan. Bawang merah sendiri digunakan untuk menambah rasa gurih masakan. Selain itu, bawang merah goreng juga sering digunakan untuk meningkatkan aroma masakan agar makin sedap.


Dari segi kesehatan, bawang merah juga tak kalah kaya manfaat. Di dalamnya mengandung flavonol dan senyawa polifenol yang tinggi. Selain itu, terkandung juga serat makanan, protein, folat, kalium, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan mangan. Bawang merah dapat berperan sebagai antioksidan, meningkatkan metabolisme, serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Perhatikan komposisi bahan tambahannya

Hampir semua produk sambal yang dijual di pasaran mengandung bahan tambahan. Bahan ini diperlukan untuk berbagai macam tujuan. Tujuan yang umum adalah untuk memperbaiki penampilan, cita rasa, tekstur, atau memperpanjang masa kedaluwarsa. Terdapat dua jenis komposisi tambahan, yaitu bahan alami dan buatan (zat aditif).

Bahan alami untuk sambal yang lebih kaya rasa

Bahan alami untuk sambal yang lebih kaya rasa
Berbagai macam komposisi tambahan yang alami sangat umum ditambahkan ke dalam produk. Hal itu bertujuan agar rasa sambal tidak melulu pedas, tetapi juga bisa lebih kompleks. Salah satu bahan yang populer adalah terasi. Fermentasi ikan atau udang ini ditambahkan untuk menambah asin dan gurih, sekaligus menambah harum aroma sambal.

Rempah-rempah juga sering digunakan karena memiliki aroma dan rasa yang kuat. Hal itu juga dapat membuat sambal lebih menggugah selera. Selain itu, terdapat juga bumbu tambahan seperti cuka dan potongan ikan untuk membuat sambal lebih kaya rasa.

Zat aditif supaya rasa lebih unggul dan tahan lebih lama

Zat aditif supaya rasa lebih unggul dan tahan lebih lama
Zat aditif adalah bahan senyawa kimia yang tidak bisa didapatkan dari bahan alami. Tujuan utama penggunaan ini adalah memperbaiki kelemahan mutu sambal. Kualitas sambal bisa meningkat, rasa lebih lezat, dan lebih tahan lama saat disimpan. Bahan aditif yang aman untuk makanan antara lain adalah MSG (monosodium glutamate) dan sodium benzoat.

MSG merupakan penguat dan penyeimbang rasa makanan. Dengan dosis yang tepat, segala jenis makanan, termasuk sambal, akan menjadi lebih sedap. Lain halnya dengan sodium benzoat. Bahan ini adalah pengawet makanan yang dapat memperpanjang masa pakai jadi jauh lebih lama.

Cek masa kedaluwarsanya

Cek masa kedaluwarsanya

Produk sambal yang lezat pada umumnya melalui proses pengolahan yang singkat agar cita rasanya tetap terjaga keasliannya. Akan tetapi, biasanya produk semacam ini memiliki masa konsumsi relatif lebih singkat, yakni sekitar satu atau dua bulan saja. Terlebih lagi, bila di dalamnya tidak ditambahkan bahan pengawet.


Bila sambal akan segera dikonsumsi, hal itu tentu tidak menjadi masalah. Namun, jika hendak disimpan sebagai stok, Anda perlu mempertimbangkan sambal dengan masa kedaluwarsa yang panjang. Saat ini ada banyak produk sambal yang bisa tahan berbulan-bulan, bahkan hingga satu tahun lamanya. Adanya bahan pengawet, proses pengolahan, atau kemasan yang baik turut memengaruhi hal itu.


Jika Anda lebih menyukai sambal yang minim bahan pengawet, Anda bisa memperpanjang ketahanan sambal dengan menaruhnya di freezer. Cara ini akan membuat sambal lebih awet dan tahan lama. Namun, rasa sambal akan sedikit berkurang karenanya.

10 Rekomendasi sambal bawang terenak

Setelah memahami cara memilihnya, sekarang kami akan merekomendasikan berbagai merk sambal bawang terenak dan terbaik. Silakan pilih produk yang dapat memenuhi ekspektasi rasa pedas Anda!

10
Jenis cabaiRawit
Jenis bawangTidak disebutkan
Komposisi tambahanTidak disebutkan
Masa kedaluwarsaTidak disebutkan
Isi150 g
9
Jenis cabaiRawit
Jenis bawangBawang merah
Komposisi tambahanRempah-rempah
Masa kedaluwarsa±3 bulan
Isi165 g
8

Otentik Sambal IndonesiaLittle Dragon Chili Sambal Bawang Box Sachet

Mulai dari Rp 19.800,00

Jenis cabaiRawit
Jenis bawangBawang merah, bawang putih
Komposisi tambahanPenguat rasa, gula, cuka
Masa kedaluwarsaTidak disebutkan
Isi8 g/saset
7
Jenis cabaiCabai merah
Jenis bawangBawang merah, bawang putih
Komposisi tambahanRempah, penyedap rasa
Masa kedaluwarsa5 bulan
Isi180 g
6

Ikafood PutramasKokita Sambal Rawit Bawang

Mulai dari Rp 24.400,00

Jenis cabaiRawit hijau
Jenis bawangBawang merah, bawang putih
Komposisi tambahanGaram, gula, MSG, sodium benzoat
Masa kedaluwarsa12 bulan
Isi200 g
5

Sambal Bu Djui Sambal Mercon Sambal Bawang

Mulai dari Rp 40.000,00

Jenis cabaiTidak disebutkan
Jenis bawangTidak disebutkan
Komposisi tambahanTidak disebutkan
Masa kedaluwarsaTidak disebutkan
Isi150 g
4
Jenis cabaiTrinidad scorpion
Jenis bawangBawang merah
Komposisi tambahanRempah, penyedap rasa, sodium benzoat
Masa kedaluwarsa12 bulan
Isi140 g
3

Rempah NusantaraSambal Bawang Rempah Nusantara 120 Gram

Mulai dari Rp 22.000,00

Jenis cabaiTidak disebutkan
Jenis bawangBawang putih
Komposisi tambahanPenguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat & guanilat) dan pengawet (natrium benzoat & kalium sorbat)
Masa kedaluwarsaTidak disebutkan
Isi120 g
2
Jenis cabaiTidak disebutkan
Jenis bawangBawang merah
Komposisi tambahanPengatur keasaman asam asetat, penguat rasa (mononatrium l-glutamat), pengawet (natrium benzoat, kalium sorbat)
Masa kedaluwarsa12 bulan
Isi20 g/saset
1
Jenis cabaiRawit
Jenis bawangBawang merah, bawang putih
Komposisi tambahanPenyedap rasa (mononatrium glutamat)
Masa kedaluwarsa1 bulan
Isi150 g

Tabel perbandingan produk sambal bawang terenak

Gambar produk
1
Bu Rudy Sambal Bawang 1

Bu Rudy

2
Finna Uleg Sambal Bawang 1

Finna

3
Rempah Nusantara Sambal Bawang Rempah Nusantara 120 Gram 1

Rempah Nusantara

4
Sumber Pangan Dunia Sambal Naknan Level 5 1

Sumber Pangan Dunia

5
Sambal Bu Djui  Sambal Mercon Sambal Bawang 1

Sambal Bu Djui

6
Ikafood Putramas Kokita Sambal Rawit Bawang 1

Ikafood Putramas

7
Sambel Mertua Sambel Bawang 1

Sambel Mertua

8
Otentik Sambal Indonesia Little Dragon Chili Sambal Bawang Box Sachet 1

Otentik Sambal Indonesia

9
Jebreet  Sambal Bawang 1

Jebreet

10
Sambal Bu Sandra Sambal Bawang 1

Sambal Bu Sandra

Nama produk

Sambal Bawang

Uleg Sambal Bawang

Sambal Bawang Rempah Nusantara 120 Gram

Sambal Naknan Level 5

Sambal Mercon Sambal Bawang

Kokita Sambal Rawit Bawang

Sambel Bawang

Little Dragon Chili Sambal Bawang Box Sachet

Sambal Bawang

Sambal Bawang

Keunggulan

Sambal bawang legenda yang aman dikonsumsi vegetarian

Tersedia kemasan saset yang praktis dan hemat

Diracik dengan resep dan cita rasa asli Indonesia

Superpedas! Maniak sambal masih berani coba sambal ini?

Lebih sehat dengan sedikit minyak

Tampilan bak sambal hijau masakan Padang, tetapi pedasnya mantap!

Tersedia dua level kepedasan yang bisa Anda pilih

Ke luar negeri? Jangan lupa bawa sambal bawang saset ini

Cita rasa sambal ini dijamin langsung jebreet di lidah

Selain dimakan langsung, bisa juga buat bumbu masak, lho!

Harga mulai dariRp 25.000,00Rp 13.500,00Rp 22.000,00Rp 24.900,00Rp 40.000,00Rp 24.400,00Rp 29.000,00Rp 19.800,00Rp 24.500,00Rp 18.995,00
Jenis cabaiRawitTidak disebutkanTidak disebutkanTrinidad scorpion Tidak disebutkanRawit hijauCabai merahRawitRawitRawit
Jenis bawangBawang merah, bawang putihBawang merahBawang putihBawang merahTidak disebutkanBawang merah, bawang putihBawang merah, bawang putihBawang merah, bawang putihBawang merahTidak disebutkan
Komposisi tambahanPenyedap rasa (mononatrium glutamat)Pengatur keasaman asam asetat, penguat rasa (mononatrium l-glutamat), pengawet (natrium benzoat, kalium sorbat)Penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat & guanilat) dan pengawet (natrium benzoat & kalium sorbat)Rempah, penyedap rasa, sodium benzoatTidak disebutkanGaram, gula, MSG, sodium benzoatRempah, penyedap rasaPenguat rasa, gula, cukaRempah-rempahTidak disebutkan
Masa kedaluwarsa1 bulan12 bulanTidak disebutkan12 bulanTidak disebutkan12 bulan5 bulanTidak disebutkan±3 bulanTidak disebutkan
Isi150 g20 g/saset120 g140 g150 g200 g180 g8 g/saset165 g150 g
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sambal lainnya di sini

Apakah ulasan produk sambal bawang di atas cukup menggugah selera Anda? Jika belum, mungkin Anda perlu membaca rekomendasi produk sambal kami yang lain. Silakan klik tautan berikut untuk mencari produk sambal lainnya yang tidak kalah sedap!

Kesimpulan

Dari rekomendasi sambal bawang di atas, apakah sudah ada produk yang Anda pilih? Sambal bawang memang tampak menggugah selera, ya. Terlebih lagi, bila produk tersebut diolah dengan komposisi yang pas dan bahan terbaik. 


Meski sama-sama berjenis sambal bawang, tiap produk tentu memiliki rasa yang unik dan khas. Tenang saja, berbagai merk sambal yang enak sudah kami pilihkan untuk Anda. Anda tinggal menyesuaikannya dengan selera pribadi saja.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bumbu Sate Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bumbu Sate Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Selera sate setiap orang mungkin berbeda, ada yang suka sate ayam, sate kambing, ataupun sate daging lainnya. Apa pun dagingnya, kelezatan sate tak luput dari bumbunya. Meracik bumbu sendiri memang terasa lebih homemade. Namun, saat butuh cepat, bumbu sate instan bisa diandalkan. Banyak bumbu sate instan yang enak di pasaran. Sebut saja bumbu sate Munik dan Enak Eco. Selain kedua merek tersebut, ada beberapa merek lainnya yang akan kami ulas. Kami juga akan berbagi tips memilih bumbu sate terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori