1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Stroller ringan dan kuat untuk traveling dapat memudahkan Anda saat bepergian dengan bayi. Stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang. Ada berbagai merek stroller ringan yang bagus di pasaran, seperti stroller Pliko, Mothercare, Joie, dan sebagainya.


Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Kami akan membantu Anda menemukan stroller dengan memberikan rekomendasi stroller ringan terbaik, termasuk rekomendasi stroller cabin size. Anda juga dapat menemukan produk stroller ringan dan murah serta stroller ringan yang mudah dilipat. Yuk, baca sampai selesai!

Diperbaharui 12-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih stroller ringan

Dalam memilih stroller berbobot ringan, hal terpenting yang perlu diperhatikan tentu saja adalah bobotnya. Namun, ada juga pertimbangan lain di samping bobot stroller, yaitu kepraktisannya. Mari simak tips berikut ini!

① Pertimbangkan stroller yang berbobot maksimal 5 kg supaya mudah dibawa

Pertimbangkan stroller yang berbobot maksimal 5 kg supaya mudah dibawa
Sumber: mooimom.id
Meski termasuk dalam kategori ringan, bobot stroller tetap bervariasi tergantung model dan merek. Bobot yang ringan menjadi relatif saat Anda perhatikan mereknya. Ada stroller yang masuk kategori ringan walaupun beratnya mencapai 7 hingga 8 kg!

Kami merekomendasikan stroller berbobot maksimal 5 kg bagi Anda yang bepergian dengan transportasi umum, seperti bus atau kereta api. Bobot ringan membuat Anda dapat mendorong ataupun mengangkat stroller dengan mudah. Penggunaan stroller yang berbobot lebih dari 6 kg akan menyulitkan jika Anda perlu memindahkan stroller di satu tangan sekaligus menggendong bayi di tangan lainnya.

② Cek kepraktisan pengunaannya

Tujuan penggunaan stroller berbobot ringan adalah untuk memudahkan Anda ketika menaiki transportasi umum. Untuk itu, ada beberapa fungsi penting yang perlu diperhatikan. Berikut penjelasannya!

Compact, ringkas dan mudah dilipat

Compact, ringkas dan mudah dilipat
Sumber: mooimom.id
Stroller yang berbobot ringan dengan fungsi lipat akan memberi kenyamanan saat Anda bepergian dengan bus atau kereta api. Untuk bepergian dengan pesawat, pilihlah stroller cabin size. Saat Anda membawa stroller lipat, pastikan stroller tersebut ringkas dan tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain. Pertimbangkan juga untuk memilih stroller dengan sistem auto folding yang mudah dilipat secara otomatis.

Rem dan kunci, membuat stroller mampu berdiri tanpa dipegang

Rem dan kunci, membuat stroller mampu berdiri tanpa dipegang
Saat menggendong anak, biasanya tangan tidak dapat bergerak bebas. Di saat seperti itu, stroller yang dapat berdiri tanpa dipegang setelah dilipat akan sangat membantu Anda. Stroller tersebut setidaknya harus memiliki rem atau kunci yang bisa menjaganya agar tidak bergerak atau ambruk. Pilih stroller dengan rem yang praktis agar stroller dapat dikunci hanya dengan sekali klik.

One hand push, stroller dapat dibuka, ditutup, dan didorong menggunakan satu tangan

One hand push, stroller dapat dibuka, ditutup, dan didorong menggunakan satu tangan
Pernahkah Anda kesulitan melipat atau membuka stroller saat naik atau turun kendaraan umum? Ketika mengalaminya, Anda akan merasa pandangan seluruh penumpang tertuju pada Anda. Apalagi jika tangan Anda penuh dengan barang bawaan, rasa tidak nyaman akan makin terasa. Oleh karena itu, pilihlah stroller yang dapat dioperasikan dengan satu tangan supaya lebih praktis.

③ Pilih berdasarkan tipenya

Stroller bayi memiliki dua tipe, yakni tipe standar dan tipe umbrella. Yuk, kenali dua tipe tersebut.

Tipe standar, cocok untuk bayi mulai usia 1 bulan

Tipe standar, cocok untuk bayi mulai usia 1 bulan
Stroller tipe standar umumnya digunakan untuk bayi yang baru lahir. Kesan yang didapat saat melihat stroller tipe standar adalah bobotnya yang berat. Namun, akhir-akhir ini sudah mulai banyak produsen yang membuat stroller tipe standar dengan bobot yang ringan.

Apabila Anda ingin membawa bayi Anda bepergian dengan kereta dorong sejak umur satu bulan, pilihlah stroller tipe standar. Saat ini, banyak stroller tipe standar yang ringan dengan berat sekitar 5–7 kg sehingga Anda dapat mempertimbangkannya untuk menjadi pilihan. Sebagai referensi, Anda bisa membaca artikel di bawah ini mengenai rekomendasi stroller terbaik.

Tipe umbrella, lebih ringkas dan mudah dibawa

Stroller tipe umbrella ditujukan untuk bayi berusia di atas tujuh bulan yang sudah dapat duduk sendiri. Stroller tipe ini dapat menopang punggung bayi dengan baik. Dibandingkan dengan tipe standar, stroller tipe umbrella biasanya lebih ringan dan memiliki harga yang lebih terjangkau.

Agar bayi lebih nyaman, Anda juga dapat mengganti pad atau bantalan stroller dengan yang lebih empuk. Sebagai pertimbangan, silakan baca rekomendasi stroller pad terbaik berikut ini.

④ Periksa kelengkapan peredam benturan atau suspensi untuk keamanan dan kenyamanan

Periksa kelengkapan peredam benturan atau suspensi untuk keamanan dan kenyamanan
Saat bergerak, stroller akan bergetar dan getaran tersebut akan dirasakan oleh bayi di dalamnya. Terkadang getaran stroller akan cukup besar sehingga dapat mengganggu kenyamanan bayi dan membuatnya ingin keluar. Oleh sebab itu, pilihlah stroller yang dilengkapi peredam benturan atau bersuspensi sehingga bayi tetap nyaman berada di dalamnya.

Hal terpenting adalah keamanan bayi Anda. Pastikan stroller yang Anda pilih sesuai standar keamanan. Untuk produk-produk di Indonesia, pastikan stroller telah memiliki sertifikat SNI atau setidaknya memenuhi standar keamanan negara masing-masing produsennya.

⑤ Utamakan stroller yang dilengkapi kanopi untuk meminimalkan sengatan matahari

Apabila Anda tinggal di tempat beriklim tropis seperti Indonesia, pastikan stroller bisa melindungi bayi Anda dari cuaca panas. Posisi bayi di dalam stroller lebih rendah dari posisi wajah Anda. Akibatnya, secara tidak langsung bayi akan merasakan panasnya aspal atau permukaan tanah lebih banyak dibandingkan Anda.

Selain itu, pilihlah stroller dengan posisi kursi yang tinggi dan dilengkapi dengan kanopi berukuran tepat. Hal dapat meminimalkan risiko bayi terkena sengatan panas atau heatstroke. Akan lebih baik jika kanopi dilengkapi dengan UPF (Ultraviolet Protection Factor) yang melindungi bayi dari sinar matahari. Namun, stroller tipe umbrella biasanya memiliki kanopi berukuran kecil sehingga sebaiknya Anda membeli kanopi tambahan.

10 Rekomendasi stroller ringan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk stroller ringan terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pliko

Stroller 379 Sprint RX

Pliko Stroller 379 Sprint RX  1枚目

Alas tambahan pada jok membuat bayi makin nyaman

2

Joie

Stroller pact™ lite

Joie  Stroller pact™ lite 1枚目

Kanopi dengan UPF50+ untuk perlindungan optimal dari sinar matahari

3

PT. Dwi Surya

ChrisOlins Stroller Liverpool Premium

PT. Dwi Surya ChrisOlins Stroller Liverpool Premium 1枚目

Antiribet dengan sistem lipat auto folding

4

BabyZen

Yoyo+ 6+

BabyZen  Yoyo+ 6+ 1枚目

Ringan, kuat, dan muat dalam bagasi kabin pesawat!

5

Babydoes

Olla CX

Babydoes  Olla CX  1枚目

Si kecil lebih leluasa dengan tempat duduk dan foot rest yang adjustable

6

Cocolatte

Pockit RMD Knit

Cocolatte Pockit RMD Knit 1枚目

Super compact! Tak repot lagi bepergian dengan kendaraan umum

7

Baby Jogger

City Tour™

Baby Jogger City Tour™ 1枚目

Dilengkapi tas penyimpanan berbentuk backpack yang super praktis

8

MOOIMOM

One-Hand Fold Stroller

MOOIMOM  One-Hand Fold Stroller 1枚目

Roda berkualitas premium untuk meminimalkan guncangan secara optimal

9

PT Dwi Surya

Labeille Stroller City Reversible Seat Light Weight Travel

 PT Dwi Surya Labeille Stroller City Reversible Seat Light Weight Travel 1枚目

Ringan dan reversible, makin mudah digunakan

10

Mothercare

Jive Stroller Galaxy

Mothercare Jive Stroller Galaxy 1枚目

Tingkatkan keamanan dengan tali bahu yang dapat disesuaikan

Perincian produk
Close
No.1

PlikoStroller 379 Sprint RX

Mulai dari Rp570.000,00

Alas tambahan pada jok membuat bayi makin nyaman

Kelebihan:
  • Sandaran dan footrest dapat disesuaikan, sekaligus terdapat tambahan alas pada jok
  • Mudah dilipat hanya dengan satu tangan
  • Harganya ramah di kantong

Kekurangan:

  • Meski dapat dilipat, produk belum dilengkapi dengan tas sehingga mengurangi kepraktisannya

Bayi Anda sudah bisa duduk sendiri? Stroller yang ringan dan nyaman untuk berjalan-jalan ini mungkin tepat untuk anak Anda. Stroller ini bisa digunakan baik sebagai stroller duduk, rebah, maupun tidur. Dengan begitu, bila si kecil lelah, Anda tinggal mengubah bentuk stroller ini sehingga anak bisa tidur.


Di bagian joknya juga terdapat tambahan alas agar si kecil makin nyaman. Berkat itu pula, produk ini jadi bisa digunakan baik oleh newborn maupun balita. Ditambah lagi, dengan fungsi yang menguntungkan tersebut, harganya tergolong ramah di kantong!

No.2

Joie Stroller pact™ lite

Mulai dari Rp1.549.000,00

Kanopi dengan UPF50+ untuk perlindungan optimal dari sinar matahari

Kelebihan:

  • Kanopi dengan UPF50+ melindungi bayi dari sinar matahari
  • Terdapat suspensi pada semua roda untuk meredam getaran
  • Mudah dilipat dan dilengkapi dengan travel bag


Kekurangan:

  • Rodanya ramping dan kecil, terasa bumpy ketika dikendalikan di atas permukaan tanah yang tidak rata

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga memerlukan perlindungan dari sinar matahari. Karena itu, kami merekomendasikan Stroller Pact Lite dari Joie yang dilengkapi kanopi dengan UPF50+. UPF (Ultraviolet Protection Factor) adalah standar untuk mengukur jumlah radiasi UV yang dapat menembus kain dan mencapai kulit.


Dengan UPF50+, kanopi pada stroller ini mampu memberikan perlindungan lebih optimal untuk kulit si kecil. Agar Anda dapat mengajak bayi berjalan-jalan dengan aman, nyaman, dan terhindar dari heatstroke, produk ini bisa menjadi pilihan tepat!

No.3

PT. Dwi SuryaChrisOlins Stroller Liverpool Premium T800

Mulai dari Rp1.475.000,00

Antiribet dengan sistem lipat auto folding

Kelebihan:

  • Stroller mudah dilipat karena menggunakan sistem auto folding
  • Roda dengan suspensi dan bearing yang mengurangi getaran, bayi lebih nyaman

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, hood-nya tidak dapat melindungi bayi dalam posisi duduk secara optimal

ChrisOlins Stroller Liverpool Premium hadir dengan sistem auto folding yang memudahkan Anda saat melipat atau membuka stroller. Hanya dengan satu langkah, stroller akan terlipat secara otomatis.


Stroller ini juga didukung dengan roda bersuspensi yang mampu meredam getaran sehingga bayi tetap nyaman. Jika Anda mengutamakan kemudahan dan kepraktisan, stroller antiribet ini merupakan produk yang sangat recommended.

No.4

Ringan, kuat, dan muat dalam bagasi kabin pesawat!

Kelebihan:
  • Cabin size stroller yang mudah dilipat dan ringkas
  • Kanopinya extendable dan dilengkapi UPF 50+ sun protection

Kekurangan:

  • Menurut review, rodanya cukup sulit dikendalikan saat melewati jalanan bertekstur lunak dan tidak rata

Sebagai salah satu one touch button foldable stroller, Anda bisa melipat stroller ini hanya dalam waktu yang singkat. Produk ini cocok untuk digunakan oleh para orang tua yang banyak bepergian dengan pesawat. Mudah, nyaman, ringkas, dan fashionable. Stroller ini bahkan muat dimasukkan ke dalam bagasi kabin pesawat.


Stroller ini memiliki rangka yang sangat ringan dan kuat sehingga dapat menopang bobot bayi hingga seberat 18 kg. Untuk keamanan bayi Anda, stroller dari BabyZen Yoyo+ ini juga dilengkapi harness atau sabuk pengaman dengan lima titik.
No.5

Babydoes Olla CX CH-SY 314 SN

Mulai dari Rp849.000,00

Si kecil lebih leluasa dengan tempat duduk dan foot rest yang adjustable

Kelebihan:

  • Tempat duduk dan sandaran kakinya dapat disesuaikan
  • Lebih praktis karena ukurannya yang compact dan dilengkapi tas
  • Roda depannya swivel/dapat berputar stroller lebih gampang diarahkan

Kekurangan:

  • Foot rest adjusting dilakukan secara manual sehingga membutuhkan effort lebih

Olla CX dari Babydoes merupakan stroller berukuran kabin yang compact saat dilipat. Meskipun demikian, tempat duduknya cukup lebar dan dapat disesuaikan. Si kecil bisa duduk dengan lebih leluasa karena foot rest-nya juga adjustable.


Selain itu, produk ini juga dilengkapi tas sehingga stroller lebih mudah dibawa. Untuk Anda yang mencari stroller dengan tempat duduk yang lebar dan praktis dibawa traveling, Olla CX akan menjadi pilihan tepat!

No.6

CocolattePockit RMD Knit8381

Mulai dari Rp2.399.000,00

Super compact! Tak repot lagi bepergian dengan kendaraan umum

Kelebihan:
  • Sangat ringkas saat dilipat sehingga bisa diselipkan di bawah kursi saat bepergian
  • Diklaim mudah dilipat dan dibuka
  • Dilengkapi tas travel agar stroller makin praktis dibawa

Kekurangan:

  • Menurut review, handel agak sulit dikendalikan bila bobot anak mendekati kapasitas maksimal stroller

Guinness Book of Record menetapkan Cocolatte Pockit sebagai The Most Compact Stroller (2014). Pasalnya, stroller ini memang ringkas saat dilipat. Anda dapat menyelipkannya di sela kaki saat duduk di dalam kendaraan umum. seperti bus atau kereta api. Karena itu, produk ini cocok bagi Anda yang sering menggunakan transportasi umum untuk bepergian bersama si kecil.


Keunggulan lainnya adalah 5-point harness atau sabuk pengaman stroller. Tali pengaman pada stroller ini memiliki bantalan di kedua bahu dan di area selangkangan. Si kecil pun makin aman dan nyaman!
No.7

Baby JoggerCity Tour™

Mulai dari Rp3.999.000,00

Dilengkapi tas penyimpanan berbentuk backpack yang super praktis

Kelebihan:
  • Praktis karena dapat dilipat hingga ukuran kecil dan disimpan ke dalam backpack
  • Kanopi dengan UV 50+ melindungi bayi dari sinar matahari

Kekurangan:

  • Beberapa aksesori untuk mengoptimalkan fitur produk harus dibeli secara terpisah

Baby Jogger City Tour adalah pilihan tepat jika Anda menginginkan stroller berdesain compact. Produk ini dapat dilipat dengan satu tangan hingga berukuran kecil dan dimasukkan ke dalam tas. Dengan stroller dan tas penyimpanan berbentuk backpack yang berdesain uniseks, ayah maupun ibu dapat memakainya bersama si kecil untuk ke mana saja!


Anda juga tidak perlu khawatir dengan kenyamanan anak Anda di dalamnya karena kereta dorong ini sudah dilengkapi dengan alas duduk yang empuk. Ditambah dengan UV 50+ canopy yang dimilikinya, si kecil akan terlindungi dari sinar matahari.

No.8

MOOIMOM One-Hand Fold Stroller

Mulai dari Rp3.999.000,00

Roda berkualitas premium untuk meminimalkan guncangan secara optimal

Kelebihan:

  • Meminimalkan guncangan dengan roda berkualitas premium
  • Mudah dilipat karena menggunakan sistem auto folding
  • Sandaran kursi dan kakinya adjustable, bayi bisa mendapatkan posisi ternyaman


Kekurangan:

  • Bobotnya cukup berat untuk ukuran stroller ringan


Apabila Anda mencari stroller yang mampu meredam guncangan secara optimal, produk ini mungkin yang selama ini Anda cari. Stroller dari MOOIMOM ini menggunakan roda berkualitas premium dan desain antiguncang sekelas mobil SUV. Keunggulan ini dapat meminimalkan getaran saat Anda mendorong stroller sehingga bayi akan tetap nyaman.


Selain itu, stroller auto folding ini juga dilengkapi kanopi lebar yang bisa direntangkan hingga empat bagian. Sistem remnya juga praktis hanya dengan sekali injak untuk mengunci stroller. Berbagai fitur yang dimiliki produk ini tentu sangat sayang untuk Anda lewatkan!  

No.9

PT Dwi SuryaLabeille Stroller City Reversible Seat Light Weight Travel8871

Mulai dari Rp529.000,00

Ringan dan reversible, makin mudah digunakan

Kelebihan:

  • Tempat duduknya reversible, bisa menghadap ke depan atau belakang
  • Bobotnya ringan, tidak lebih dari 5 kg
  • Harganya ramah di kantong

Kekurangan:

  • Ada konsumen yang menerima produk dengan cacat minor, seperti adanya retak pada roda


Untuk Anda yang mencari stroller ringan dan murah, Stroller City Reversible Seat Light Weight Travel ini bisa Anda pertimbangkan. Selain praktis dan ramah di kantong, produk ini juga banyak meraih review positif dari para parents. Dengan tempat duduk yang reversible, sandarannya dapat diubah menghadap ke depan atau belakang. Tempat duduknya sendiri cukup lebar dengan berat beban maksimal 25 kg, lho!

No.10

MothercareJive Stroller Galaxy

Mulai dari Rp1.299.000,00

Tingkatkan keamanan dengan tali bahu yang dapat disesuaikan

Kelebihan:

  • Posisi bayi terjaga berkat adanya gesper dengan pengamanan di lima titik dan tali bahu yang adjustable
  • Sandaran kursi adjustable, bayi dapat duduk sesuai posisi ternyaman
  • Swivel wheels di bagian depan yang dapat dikunci, lebih aman

Kekurangan:

  • Tidak dianjurkan untuk newborn
  • Pilihan warnanya terang, akan mudah terlihat kotor bila terkena noda


Jive Stroller Galaxy tidak hanya memiliki gesper di lima titik tetapi juga dilengkapi dengan tali bahu yang adjustable. Dengan tambahan tali ini, bayi makin aman saat bergerak di dalam stroller. Anda pun makin tenang menikmati momen jalan-jalan bersama si kecil.


Roda depannya juga fleksibel untuk diputar ke berbagai arah dan aman karena dapat dikunci. Bagian bawahnya juga dilengkapi keranjang untuk menyimpan keperluan bayi. Dengan keunggulan tersebut, Stroller Mothercare ini termasuk produk berkualitas yang layak Anda pertimbangkan.

Baca juga rekomendasi perlengkapan bayi lainnya di sini

Selain stroller ringan yang telah kami bahas di artikel ini, kami juga membahas perlengkapan bayi lainnya. Misalnya, gendongan jenis hipseat, playmat, dan humidifier terbaik untuk bayi. Ingin tahu lebih detail? Simak penjelasannya di artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Berjalan-jalan dengan bayi, baik yang baru lahir atau yang sudah bisa duduk sendiri, sangatlah menyenangkan. Anda bisa melakukan tugas dan kebutuhan Anda, bayi Anda pun bisa mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dengan aman dan nyaman. Di saat seperti itu, stroller yang berbobot ringan akan sangat membantu Anda.

Apakah sudah bisa memutuskan stroller seperti apa yang akan Anda beli? Pastikan keamanan dan kenyamanan stroller yang Anda pilih sebelum membelinya, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer