• 10 Rekomendasi Stroller (Kereta Dorong Bayi) Terbaik yang Berbobot Ringan (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Stroller (Kereta Dorong Bayi) Terbaik yang Berbobot Ringan (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Stroller (Kereta Dorong Bayi) Terbaik yang Berbobot Ringan (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Stroller (Kereta Dorong Bayi) Terbaik yang Berbobot Ringan (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Stroller (Kereta Dorong Bayi) Terbaik yang Berbobot Ringan (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Stroller (Kereta Dorong Bayi) Terbaik yang Berbobot Ringan (Terbaru Tahun 2020)

Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot yang ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan dalam kabin pesawat terbang.

Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Britax, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 11.874 Views
Daftar isi

Cara memilih stroller (kereta dorong bayi) yang berbobot ringan

Dalam memilih kereta dorong bayi atau stroller berbobot ringan, hal terpenting yang perlu diperhatikan tentu saja adalah bobotnya. Namun, ada juga pertimbangan lain di samping bobot stroller, yaitu kepraktisannya saat bepergian menggunakan kendaraan umum, bentuknya, serta fungsi-fungsi lainnya. Mari simak tips berikut ini!

Pilih yang berbobot maksimal 5 kg supaya mudah dibawa

Pilih yang berbobot maksimal 5 kg supaya mudah dibawa
Meski termasuk dalam kategori ringan, bobot stroller tetap bervariasi tergantung model dan merek. Bobot yang ringan menjadi relatif saat Anda perhatikan mereknya. Ada stroller produk Jepang yang benar-benar ringan, ada juga stroller produk negara lain yang masuk kategori ringan walaupun beratnya mencapai 7 hingga 8 kg!
Kami merekomendasikan stroller berbobot maksimal 5 kg bagi Anda yang bepergian dengan transportasi umum seperti bus atau kereta api. Dengan bobot yang ringan tersebut, Anda dapat mendorong ataupun mengangkat stroller dengan mudah. Penggunaan stroller yang berbobot lebih dari 6 kg akan menyulitkan jika Anda perlu memindahkan stroller di satu tangan sekaligus menggendong bayi di tangan lainnya.

Cek kepraktisan pengunaannya

Tujuan penggunaan stroller berbobot ringan adalah untuk memudahkan Anda ketika menaiki transportasi umum. Untuk itu, ada beberapa fungsi penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah penjelasannya.

Ringkas dan mudah dilipat

Ringkas dan mudah dilipat
Stroller yang berbobot ringan dengan fungsi lipat akan memberikan kenyamanan saat Anda bepergian dengan bus atau kereta api. Jika Anda memilih stroller lipat, pastikan stroller tersebut ringkas dan tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Mampu berdiri tanpa dipegang

Mampu berdiri tanpa dipegang
Saat menggendong anak, biasanya tangan tidak dapat bergerak bebas. Di saat seperti itu, stroller yang dapat berdiri tanpa dipegang setelah dilipat akan sangat membantu Anda. Selain itu, stroller tersebut setidaknya harus memiliki rem atau kunci yang bisa menjaganya agar tidak bergerak atau ambruk.

Dapat dibuka, ditutup, dan didorong menggunakan satu tangan

Dapat dibuka, ditutup, dan didorong menggunakan satu tangan
Pernahkah Anda kesulitan melipat atau membuka stroller saat naik atau turun kendaraan umum? Ketika mengalaminya, Anda akan merasa pandangan seluruh penumpang tertuju pada Anda. Apalagi jika tangan Anda penuh dengan barang bawaan, rasa tidak nyaman akan makin terasa. Karena itu, pilihlah stroller yang dapat dioperasikan dengan satu tangan supaya lebih praktis.
Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih stroller berbobot ringan. Jangan hanya sekadar pilih yang ringan, tetapi pilihlah yang berkualitas. Pastikan stroller incaran Anda dapat dioperasikan dengan satu tangan serta memiliki roda yang menggelinding mulus.

Pilih berdasarkan tipenya

Stroller bayi memiliki dua tipe yakni tipe standar dan tipe umbrella. Stroller tipe standar adalah stroller yang ditujukan untuk bayi yang baru lahir. Sementara itu, stroller tipe umbrella ditujukan untuk bayi yang mulai belajar duduk pada usia sekitar tujuh bulan. Pilihlah stroller yang sesuai dengan penggunaan dan pertumbuhan bayi Anda.

Tipe standar untuk bayi mulai usia 1 bulan

Tipe standar untuk bayi mulai usia 1 bulan
Kesan yang didapat saat melihat stroller tipe standar adalah bobotnya yang berat. Namun, akhir-akhir ini sudah mulai banyak produsen yang membuat stroller tipe standar dengan bobot yang ringan.
Apabila Anda ingin membawa bayi Anda bepergian dengan kereta dorong sejak umur satu bulan atau Anda ingin bisa menatap wajah si buah hati sambil mendorong stroller, pilihlah stroller tipe standar. Saat ini, banyak stroller tipe standar dengan berat sekitar 5 kg sehingga Anda dapat mempertimbangkannya untuk menjadi pilihan.

Tipe umbrella yang ringkas dan mudah dibawa

Tipe umbrella yang ringkas dan mudah dibawa
Stroller tipe umbrella ditujukan untuk bayi berusia di atas tujuh bulan yang sudah dapat duduk sendiri. Stroller tipe ini dapat menopang punggung bayi dengan baik. Dibandingkan dengan tipe standar, stroller tipe umbrella biasanya lebih ringan dan memiliki harga yang lebih terjangkau.

Periksa kelengkapan peredam kejut atau suspensi untuk keamanan dan kenyamanan

Periksa kelengkapan peredam kejut atau suspensi untuk keamanan dan kenyamanan
Saat bergerak, stroller akan bergetar dan getaran tersebut akan dirasakan oleh bayi di dalamnya. Terkadang getaran stroller akan cukup besar sehingga dapat mengganggu kenyamanan bayi dan membuatnya ingin keluar. Oleh sebab itu, pilihlah stroller yang dilengkapi peredam kejut atau bersuspensi sehingga bayi tetap nyaman berada di dalamnya.
Hal terpenting adalah keamanan bayi Anda. Pastikan stroller yang Anda pilih sesuai standar keamanan. Untuk produk-produk di Indonesia, pastikan stroller telah memiliki sertifikat SNI atau setidaknya memenuhi standar keamanan negara masing-masing produsennya.

Pilih yang dilengkapi kanopi untuk meminimalkan sengatan matahari

Pilih yang dilengkapi kanopi untuk meminimalkan sengatan matahari
Apabila Anda tinggal di tempat dengan cuaca panas, pastikan stroller bisa melindungi bayi Anda dari cuaca tersebut. Karena posisi bayi di dalam stroller lebih rendah dari posisi wajah Anda, secara tidak langsung bayi akan merasakan panasnya aspal atau permukaan tanah lebih banyak dibandingkan Anda.
Selain itu, pilihlah stroller dengan posisi kursi yang tinggi dan dilengkapi dengan kanopi atau tudung berukuran tepat. Stroller yang memiliki kelengkapan ini dapat meminimalkan risiko bayi untuk terkena sengatan panas atau heatstroke. Lebih baik lagi jika kanopi stroller memiliki kain mesh yang dapat mencegah bayi kepengapan.
Stroller yang dilengkapi dengan kanopi juga dapat membuat bayi Anda terhindar dari terik sinar matahari. Namun, stroller tipe umbrella biasanya memiliki kanopi berukuran kecil. Karena itu, kami menganjurkan Anda untuk membeli kanopi tambahan secara terpisah untuk stroller tipe umbrella.

10 Rekomendasi stroller (kereta dorong bayi) terbaik yang berbobot ringan

Di bagian ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi stroller (kereta dorong bayi) terbaik yang berbobot ringan. Setelah membaca tips cara memilih di atas, tentu Anda sudah tidak bingung lagi untuk memilih produk stroller terbaik, bukan?
Bobot6,8 kg
Reversible handle× (kursi hanya menghadap ke arah depan)
UkuranP: 52 cm, L: 42 cm, T: 20 cm (saat dilipat)
Berat bayi yang dianjurkan0–40 kg
Standar keamananSNI
Fitur atau kelengkapan lainHandel dilapisi busa, pegangan T, 5 mode pengaturan sandaran, roda bersuspensi, high landscape, extra big seat, big storage basket, highly maneuverable front 360° swivel wheels, canopy
Bobot5,8 kg
Reversible handle× (kursi hanya menghadap ke arah depan)
UkuranP: 71 cm, L: 34 cm, T: 102 cm (saat dibuka)<br><br>P: 21 m, L: 56 cm, T: 52 cm (saat dilipat)
Berat bayi yang dianjurkan0–30 kg
Standar keamananTidak disebutkan
Fitur atau kelengkapan lainCanopy with peek-a-boo window, rain cover, carrying strap, carrying bag, cup holder, cooling mat, mosquito net, 4-wheel suspension, removable/washable plush cushioning, exclusive soft drive system/no need to lockfront swivel wheel, five-point safety harness. extended leg rest
Bobot5,3 kg
Reversible handle ✔︎ (kursi dapat menghadap ke arah depan dan ke arah pendorong)
UkuranP: 93,3 cm, L: 48 cm, T: 104,5 cm (saat dibuka)<br><br>P: 105 cm, L: 48 cm, T: 32 cm (saat dilipat)
Berat bayi yang dianjurkan0–15 kg
Standar keamananBSI (British Standards Institution)
Fitur atau kelengkapan lainDouble front swivel wheels lock, single step brake, 5-point harness with shoulder and lower buckle covers, ergonomic infant head support, removable and adjustable hood with window, large storage basket, all wheel suspension
Bobot6 kg
Reversible handle× (kursi hanya menghadap ke arah depan)
UkuranP: 26 cm, L: 48 cm, T: 59 cm
Berat bayi yang dianjurkan0–15 kg
Standar keamananStiftung Warentest
Fitur atau kelengkapan lainContinuous handle and front swivel lockable wheels, push-push-brake: lock and release of the brake even with open shoes, all round suspension, extendable canopy with UV 50+ protection and water repellent coating, 5 point safety harness with strap pads, mesh parent peekaboo window with integrated magnet, meshed fabrics on backrest for more temperature-balancing comfort
Bobot4,7 kg
Reversible handle✔︎ (kursi dapat menghadap ke arah depan dan ke arah pendorong)
UkuranP: 77—90 cm, L: 47 cm, T: 95—100 cm (saat dibuka)<br><br>P: 31 cm, L: 47 cm, T: 93 cm (saat dilipat)
Berat bayi yang dianjurkan0–15 kg
Standar keamananASTM (American Society for Testing and Material)
Fitur atau kelengkapan lainDetachable armbar, adjustable 5-point security harness, footmuf, flat recline position, font and rear mesh canopy windows with 99% UV protection, adjustable calf support, multi position back rest, adjustable carrying strap, big and deep basket
Bobot14,21 pon (± 6,445 kg)
Reversible handle× (kursi hanya menghadap ke arah depan)
UkuranL: 17,7 inci, T: 38,77 inci (saat dibuka)<br><br>L: 17,7 inci, T:9,05 inci (saat dilipat)
Berat bayi yang dianjurkan0–20 kg
Standar keamananINPAA (Infant and Nursery Products Alliance of Australia)
Fitur atau kelengkapan lainAdjustbale seat recline, locking swivel wheel, UV 50+ canopy, backpack
Bobot4,71 kg
Reversible handle✔︎ (kursi dapat menghadap ke arah depan dan ke arah pendorong)
UkuranP: 70 cm, L: 45 cm, T: 100 cm (saat dibuka)<br><br>P: 29 cm, L: 45 cm, T:93 cm (saat dilipat)
Berat bayi yang dianjurkan0–15 kg
Standar keamananTidak disebutkan
Fitur atau kelengkapan lainCat ramah lingkungan, dapat dilipat menggunakan satu tangan, rem kaki (bagian roda belakang), kunci roda, posisi sandaran dapat disesuaikan, lima titik penguncian sabuk, kanopi anti-UV, antiair, antidebu
Bobot± 4,3 kg
Reversible handle× (kursi hanya menghadap ke arah depan)
UkuranP: 75 cm, L: 43 cm, T: 101 cm (saat dibuka)<br><br>P: 38 cm, L: 19 cm, T:33 cm (saat dilipat)
Berat bayi yang dianjurkanDi bawah 20 kg (6–24 bulan)
Standar keamananTidak disebutkan
Fitur atau kelengkapan lain8 wheels, 5-point harness, backpack, antiair
Bobot6,2–6,6 kg
Reversible handle× (kursi hanya menghadap ke arah depan)
UkuranP: 86 cm, L: 44 cm, T: 106 cm (saat dibuka)<br><br>P: 18 cm, L: 44 cm, T: 52 cm (saat dilipat)
Berat bayi yang dianjurkan0–18 kg
Standar keamananTidak disebutkan
Fitur atau kelengkapan lainFlat nest for infants, 5-point harness, 2-position pop-up canopy, a foot cover and a headrest, XXL storage basket
Bobot3,3 kg
Reversible handle× (kursi hanya menghadap ke arah depan)
UkuranP: 76—79 cm, L: 44,5, T: 102,5—104,5 cm (saat dibuka)<br><br>P: 31,5 cm, L: 44,5 cm, T: 9,5 cm (saat dilipat)
Berat bayi yang dianjurkanDi bawah 15 kg (7–36 bulan)
Standar keamananBSI (British Standards Institution)
Fitur atau kelengkapan lainMulti-shockless mechanism, 3D suspension on front wheels, foam handle grip, 2-step brake system

Baca juga rekomendasi stroller jenis lain dan aksesorinya di sini!

Selain stroller (kereta dorong bayi) berbobot ringan yang telah kami bahas di artikel ini, ada juga jenis-jenis stroller lainnya yang akan memberikan kepraktisan dan keamanan bagi Anda saat bepergian dengan bayi.
Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengganti stroller pad di stroller pilihan Anda agar si kecil merasa lebih nyaman. Ingin tahu lebih detail? Simak penjelasannya di artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Berjalan-jalan dengan bayi, baik yang baru lahir atau yang sudah bisa duduk sendiri sangatlah menyenangkan. Anda bisa melakukan tugas dan kebutuhan Anda, bayi Anda pun bisa mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dengan aman dan nyaman. Di saat seperti itu, stroller yang berbobot ringan akan sangat membantu Anda.
Sudah bisa memutuskan stroller seperti apa yang akan Anda beli? Pastikan keamanan dan kenyamanan stroller yang Anda pilih sebelum membelinya, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    117.813 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    57.827 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    49.322 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    37.886 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    36.701 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Ibu & anak
    28.324 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Bouncer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baby Bouncer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Baby bouncer saat ini telah menjadi salah satu alat yang dibutuhkan oleh para orang tua yang baru memiliki bayi. Selain sebagai tempat untuk meletakkan bayi ketika tidur atau ketika ingin bermain, baby bouncer juga dapat digunakan sebagai tempat duduk ketika bayi sudah mulai diberikan MPASI (makanan pendamping ASI).Harga baby bouncer di pasaran cukup bervariasi tergantung merek dan fungsi yang ditawarkan. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih baby bouncer yang baik, dan juga merekomendasikan 10 baby bouncer terbaik untuk bayi Anda dengan membandingkan harga dan fungsinya.
    Ibu & anak
    9.516 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori