10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?

Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!

Daftar isi

Yang harus diketahui tentang amplifier gitar

Yang harus diketahui tentang amplifier gitar

Amplifier gitar adalah alat elektronik yang digunakan untuk memperkuat sinyal lemah yang dihasilkan pickup gitar listrik, bas, maupun gitar akustik, sehingga bisa menghasilkan suara melalui pengeras suara. Amplifier gitar bisa membuat suara gitar Anda terdengar lebih enak dan lebih berwarna. Umumnya, amplifier juga bisa digunakan untuk memberi efek pada suara gitar, seperti efek menggema dan distorsi.

Sebuah amplifier gitar terdiri dari preamp, power amp, dan pengeras suara. Preamp menangkap sinyal dari pickup gitar dan membentuk suaranya; masuk ke power amp, yang menjadikannya sinyal dengan voltase lebih besar, hingga bisa diteruskan ke dalam pengeras suara. Pengeras suara merubah sinyal elektronik menjadi energi suara.

Dulu, amplifier gitar dibuat dengan teknologi tabung yang menghasilkan suara yang dinamis dan distorsi yang alami. Seiring perkembangan jaman, amplifier juga menggunakan teknologi transistor, yang lebih mudah perawatannya dan tidak mahal. Ada pula produsen amplifier yang menggunakan paduan keduanya, dan ada pula yang menggunakan teknologi digital untuk amplifier gitar.

Cara memilih amplifier gitar

Anda bisa memilih amplifier gitar berdasarkan fungsi, bentuk dan tipe, serta jenis musik yang dimainkan. Kualitas amplifier yang baik akan berpengaruh pula pada karakter suara gitar yang dihasilkan. Begitu pula dengan jenis musik yang dimainkan, dan juga tujuan atau fungsi amplifier: untuk studio, latihan, atau pertunjukan.

Sesuaikan dengan lokasi penggunaannya

Sesuaikan dengan lokasi penggunaannya

Bila dilihat dari lokasi penggunaannya, maka dalam memilih amplifier, Anda perlu mempertimbangkan besar kecilnya amplifier, terutama ukuran jumlah daya listrik yang digunakan (dalam satuan watt).

Penggunaan di rumah

Bagi gitaris pemula yang akan menggunakan amplifier untuk latihan, di rumah atau di mana saja, maka yang diperlukan adalah amplifier yang tidak mengeluarkan volume suara yang terlalu keras. Amplifier gitar berkekuatan sekitar 10 watt akan sesuai untuk penggunaan ini. Pengeras suara dari amplifier kecil seperti ini biasanya hanya satu dan berukuran sekitar 8 inci.

Penggunaan di studio

Gitaris yang berlatih di studio bisa menggunakan volume suara yang lebih keras, karena studio biasanya kedap suara. Selain studio, biasanya para musisi menggunakan garasi rumah untuk mendapatkan efek seperti studio. Untuk hasil seperti itu, dibutuhkan amplifier gitar berkekuatan 30-50 watt. Biasanya dilengkapi dengan satu pengeras suara 12 inci atau 4 pengeras suara 10 inci.

Penggunaan di panggung pertunjukan

Kapasitas amplifier yang besar akan diperlukan pada saat festival musik, pertunjukan langsung, dan untuk jenis-jenis musik tertentu seperti musik rock dan metal. Untuk semua keperluan itu, dibutuhkan amplifier gitar berkekuatan 100 watt, dengan satu atau lebih kabinet pengeras suara berukuran 8 x 10 inci.

Memilih berdasarkan bentuk dan tipe

Memilih berdasarkan bentuk dan tipe

Amplifier gitar terdiri dari bermacam-macam tipe berdasarkan struktur, ukuran, dan lain-lain. Silakan simak jenis-jenisnya di bawah ini.

Combo amplifier

Pada combo amplifier, preamp, power amp, dan pengeras suaranya dibuat dalam satu kotak kayu. Ini membuat combo amplifier praktis. Amplifier jenis ini pun ada yang cukup kecil dan beroperasi dengan baterai sehingga bisa dibawa di bahu.

Modelling amplifier

Jenis amplifier ini menggunakan teknologi digital untuk mengolah suara. Dengan program yang dimasukkan ke dalamnya, amplifier ini bisa menghasilkan berbagai jenis gaya suara dalam satu alat saja. Modelling amplifier biasanya ringan dan tidak mahal.

Amplifier tabung

Amplifier ini memakai tabung hampa, sebuah dioda yang berbentuk seperti filamen bola lampu. Tabung inilah yang menerima sinyal listrik dari gitar dan merubahnya menjadi suara. Suara yang dihasilkan amplifier dengan tabung ini sangat responsif, dinamis, dan hangat.

Pada ujung nadanya juga terdapat gaya overdrive (distorsi) yang alami. Pemakaian tabung menyebabkan amplifier ini berat bobotnya. Amplifier ini juga membutuhkan perawatan yang lebih cermat. Meskipun begitu, amplifier jenis ini sangat disukai para gitaris.

Stack amplifier

Stack amplifier  terdiri dari sebuah head amplifier (terdiri dari preamp dan power amp) yang ditumpuk di atas dua kabinet pengeras suara. Bila disusun di atas satu kabinet pengeras suara, biasanya amplifier tersebut disebut setengah stack.

Fitur suara dari produsen amplifier

Masing-masing produsen membuat berbagai amplifier dengan jenis yang berbeda-beda. Namun, tetap ada karakter yang khas pada suara yang dihasilkan dari setiap produsen tersebut.

Marshall

Marshall

Amplifier gitar dari Marshall telah dikenal di seluruh dunia sejak lama. Berasal dari Inggris, amplifier Marshall banyak digunakan oleh gitaris-gitaris band Inggris terkemuka seperti Deep Purple, The Who, dan Led Zeppelin. Amplifier Marshall hingga kini terkenal dengan penggunaan teknologi tabungnya (valve), yang menghasilkan suara klasik gitar listrik yang kuat dan efek distorsi yang baik.

Vox

Vox

Seperti Marshall, amplifier gitar Vox juga berasal dari Inggris. Dikenal dengan memberikan suara gitar yang bersih dengan suara treble yang sangat intensif. Amplifier gitar Vox yang paling terkenal adalah tipe AC-30. Gitaris-gitaris The Beatles dan Queen sering menggunakan amplifier gitar Vox ini.

Roland

Roland
Amplifier gitar Roland terkenal dengan hasil suara yang jernih dan kaya. Produk amplifier gitar paling terkenal dari Roland adalah Jazz Chorus. Sejak pertama muncul, tahun 1975 hingga sekarang, Jazz Chorus masih merupakan amplifier yang banyak digunakan para gitaris musik jazz.

Fender

Fender

Fender adalah produsen amplifier dari Amerika Serikat yang juga memproduksi gitar-gitar terkenal seperti Stratocaster dan Telecaster. Suara yang dihasilkan oleh amplifier gitar Fender terkenal sangat jernih. Produk amplifier Fender yang paling banyak digunakan antara lain adalah Bassman, Twin Reverb, dan Blackface.

Mesa Boogie

Mesa Boogie

Amplifier gitar Mesa Boogie menjadi terkenal setelah dipakai oleh gitaris kelas dunia Santana. Suara gitar yang dihasilkan  amplifier ini merata dan  bersih. Amplifier ini terkenal memiliki suara distorsi yang intensif meskipun gitaris tidak menggunakan efek. Sangat cocok untuk memainkan musik metal. Sayangnya, amplifier merek ini masih jarang ada di Indonesia.

Memilih sesuai jenis gitar/musik yang dimainkan

Memilih sesuai jenis gitar/musik yang dimainkan

Untuk benar-benar memilih amplifier yang sesuai dengan jenis gitar atau musik yang dimainkan tidaklah mudah. Masing-masing gitar dan amplifier memiliki karakter khas. Cocok atau tidaknya suatu gitar dengan amplifier tertentu tergantung dari selera Anda. Berikut, kami akan memaparkan pasangan amplifier gitar dan jenis gitar atau jenis musik yang sering ditemui di dunia musik.

Dengan gitar Stratocaster

Gitar Stratocaster adalah gitar model klasik dari Fender yang biasanya digunakan untuk musik rock ‘n roll. Para gitaris kaliber yang menggunakannya adalah Jimi Hendrix, George Harrison, Billy Corgan, dan banyak lagi. Perpaduan gitar Stratocaster ini dengan amplifier keluaran Fender dan Marshall merupakan perpaduan yang sudah banyak dikenal di dunia musik.

Dengan gitar Telecaster

Gitar Telecaster terkenal dengan suara “twang”-nya. Gitar ini cocok untuk musik country, blues, dan soul. Bruce Springsteen, Keith Richards, dan Bob Dylan dikenal sering memakai gitar tipe ini. Amplifier yang terkenal cocok dipakai dengan gitar Telecaster adalah amplifier dari Fender dan Vox.

Dengan gitar Les Paul

Gitar Les Paul dari produsen Gibson tak kalah terkenal dari Stratocaster dan Telecaster. Gitar ini sangat cocok untuk jenis musik rock dan blues, dengan suara yang hangat. Gitaris kelas dunia yang menggunakannya antara lain Slash dan Gary Moore. Dipadukan dengan amplifier Marshall, gitar ini akan menghasilkan distorsi yang kuat namun halus.

Untuk musik metal

Jenis musik metal memiliki warna suara yang kuat. Amplifier yang biasanya banyak digunakan untuk musik metal adalah dari Mesa Boogie, Marshall, Blackstar, dan banyak lagi. Amplifier tersebut menyebarkan suara gitar dengan kuat.

Untuk musik jazz

Musik jazz memiliki nada-nada lembut dan suara gitar yang bersih. Di akhir lagu biasanya nada menjadi agak panjang. Untuk musik jazz diperlukan amplifier gitar yang sesuai, seperti beberapa jenis amplifier dari Fender (Reverb, Blues Junior), dan Roland (Jazz Chorus, Cube).

10 Rekomendasi amplifier gitar terbaik

Sekarang, Anda telah mengetahui bagaimana cara memilih amplifier gitar yang baik. Bagaimana, apakah Anda ingin mulai berlatih gitar dengan menggunakan alat tersebut? Di bawah ini adalah 10 rekomendasi kami untuk amplifier gitar terbaik. Selamat membaca!

10. Yamaha GA15II

10. Yamaha GA15II
Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.279.000

Latihan di rumah akan terasa sempurna dengan amplifier ini!

Amplifier gitar Yamaha GA15II sangat sesuai untuk Anda yang baru pertama kali memakai amplifier untuk berlatih. Alat ini cocok untuk latihan di rumah. Dengan kapasitas 15 watt amplifier gitar ini akan membantu Anda berlatih hingga siap tampil.

Amplifier gitar ini memiliki dua saluran: 1 Clean (volume suara) dan 1 Overdrive (Gain dan volume suara). Anda juga dapat berlatih dengan diiringi musik dalam format MP3 karena amplifier ini juga disertai dengan AUX. Tidak heran kalau kemampuan gitar Anda semakin jauh berkembang jika Anda berlatih dengan Yamaha GA15II ini.

9. Blackstar ID Core Stereo 20 V2

9. Blackstar ID Core Stereo 20 V2
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.950.000

Amplifier entry level berkualitas tinggi bagi pemula

Amplifier gitar Blackstar ID Core Stereo 20 V2 adalah combo amplifier dengan kapasitas 2 x 10 watt. Dikenal sebagai amplifier entry level, dengan spesifikasi pemula, produk ini memberikan hasil dengan kualitas tinggi. Alat ini juga memiliki fitur yang lebih dari cukup untuk latihan di rumah atau di studio.

Set kontrolnya sederhana juga intuisif, dalam menghasilkan nada yang luar biasa. Dengan 6 saluran suara klasik dan 12 efek stereo, amplifier gitar ini cocok untuk digunakan berlatih setiap hari. Amplifier ini memiliki dua pengeras suara berukuran 5 inci. Kedua pengeras suara ini menyempurnakan suara gitar yang Anda hasilkan.

8. Marshall  Mini Amplifier MS-2

8. Marshall MS-2 Mini Amplifier
Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 550.000

Si mini dengan suara yang, herannya, luar biasa!

Marshall merupakan salah satu amplifier klasik di dunia, suara yang dihasilkan memuaskan. Amplifier Marshall MS-2 ini sangat sesuai untuk para pemula, baik untuk latihan di rumah hingga tampil di sesi kecil, seperti di taman atau kafe. Memiliki kapasitas 1 watt, bentuk mini (11 x 6 x 14 cm), dan bisa dioperasikan dengan 1 baterai 9 volt membuatnya mudah dibawa kemana-mana.

Amplifier mini ini memiliki jepitan untuk dikaitkan ke sabuk dan juga colokan untuk headphones. Meskipun ukurannya mini, amplifier ini menghasilkan suara jernih dan kuat. Seperti amplifier Marshall lainnya, Marshall MS-2 menghasilkan suara khas dengan dengungan pada musik rock dengan sangat baik. Anda harus memiliki amplifier mini ini bila Anda suka berlatih gitar di mana pun dan kapan pun.

7. Orange Micro Dark

7. Orange Micro Dark
Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 4.349.000

Rock atau metal? Guncangkan dunia dengan amplifier ini!

Amplifier Micro Dark dari Orange adalah amplifier gitar mini yang menghasilkan suara yang maksimal. Amplifier ini merupakan amplifier hybrid yang menggunakan sirkuit tabung dan transistor dengan kapasitas 20 watt. Warna hitam yang klasik pada alat ini membuatnya terlihat garang meskipun kecil.

Alat ini sesuai untuk musik metal, suara yang dihasilkannya berkelas mulai dari suara bersih hingga rona rock yang kasar. Amplifier ini merupakan preamp dengan pencapaian tinggi, dapat disambungkan dengan kabinet pengeras suara apapun dengan ukuran 8-16 Ohm.

6. Marshall MG10CF

6. Marshall MG10CF
Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.450.000

Ingin jadi gitaris rock? Berlatihlah dengan amplifier ini!

Combo amplifier ini sesuai untuk berlatih sendiri dan untuk sesi latihan bersama teman-teman. Amplifier ini memiliki saluran MP3, sempurna untuk Anda yang ingin berlatih diiringi musik MP3 kesukaan Anda. Berlatih tanpa menimbulkan suara berisik atau perekaman langsung juga bisa dilakukan dengan amplifier ini berkat fitur line-out headphones-nya.

Amplifier gitar Marshall MG10CF ini memiliki kapasitas 10 watt dan dua saluran untuk Clean dan Overdrive yang dilengkapi kontrol Contour yang menghaluskan hasil suara yang Anda inginkan. Cocok untuk musik hard rock, alat ini menggunakan teknologi transistor dan memiliki satu pengeras suara berukuran 6,5 inci.

5. VOX Pathfinder 10

5. VOX Pathfinder 10
Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 975.000

Amplifier dengan gaya vintage yang keren

Amplifier gitar Vox Pathfinder 10 memiliki penampilan vintage yang khas Vox. Amplifier tipe combo ini memiliki kapasitas 10 watt. Desain amplifier ini seluruhnya analog, menggunakan transistor sehingga menghasilkan suara yang jernih dengan treble yang enak dan responsif.

Amplifier ini juga memiliki saluran untuk headphones sehingga Anda bisa berlatih tanpa membuat berisik lingkungan Anda. Jika Anda mencari amplifier yang bisa digunakan untuk berlatih, tampil secara langsung di lingkungan kecil dan juga rekaman studio, Vox Pathfinder 10 ini cocok untuk Anda.

4. Orange Crush 35RT

4. Orange Crush 35RT
Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 4.679.100

Amplifier terbaik di dunia untuk latihan Anda

Orange Crush 35RT pada tahun 2015 memenangkan gelar Guitar Amplifier of The Year di Music Industry Award. Ini membuat amplifier ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Amplifier ini seluruhnya analog, menggunakan transistor dan sangat cocok untuk berlatih gitar.

Memiliki kapasitas 35 watt dan pengeras suara sebesar 10 inci, amplifier ini menghasilkan suara yang jernih, renyah dan bisa mencapai distorsi yang sangat tinggi. Loop dengan efek buffer membuat amplifier ini bisa dipadukan dengan berbagai jenis kabel dan efek gitar. Anda menginginkan yang terbaik untuk latihan Anda? Amplifier ini mungkin untuk Anda.

3. Roland Cube 20GX

3. Roland Cube 20GX
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 2.550.000

Canggih, amplifier ini bisa diprogram sesuai keinginan Anda

Roland Cube merupakan amplifier gitar jenis modelling yang menggunakan teknologi digital untuk mengolah suara. Amplifier ini cocok untuk semua jenis musik, memiliki tiga saluran terpisah: JC Clean (menghasilkan suara jernih), Lead (6 pilihan suara mulai Overdrive hingga Extreme), dan Solo (bisa diprogram sesuai keinginan).

Roland Cube memiliki kapasitas 20 watt dan satu pengeras suara berukuran 8 inci. Amplifier ini cocok untuk digunakan dalam studio. Alat ini bisa disinkronisasikan dengan gawai Anda yang berbasis iOS sehingga Anda bisa merekam saat berlatih.

2. Fender ‘65 Twin Reverb Reissue

2. Fender ‘65 Twin Reverb Reissue
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 21.650.000

Menyukai benda vintage? Anda akan menyukai ’65 Twin Reverb yang legendaris ini

Fender ’65 Twin Reverb ini diproduksi kembali dan memiliki sentuhan vintage. Merupakan amplifier combo dengan sirkuit tabung, alat ini memiliki kapasitas 85 watt dengan 2 pengeras suara Jensen berukuran 12 inci. Suara yang dihasilkan oleh amplifier ini didesain semirip mungkin dengan Twin Reverb pendahulunya. Alat ini menghasilkan suara yang jernih seperti kristal hingga suara pecah overdrive yang keren.

Pertama kali dipasarkan pada pertengahan tahun 60-an, amplifier ini mempertahankan reputasinya dan merupakan amplifer yang tidak boleh dilewatkan. Amplifier ini paling sesuai digunakan untuk musik blues dan rock. Perbedaannya dengan Twin Reverb yang asli ialah amplifier ini menggunakan transistor, bukan tabung pada diodanya.

1. Roland Jazz Chorus JC-120

1. Roland Jazz Chorus JC-120
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 12.960.000

King of Clean”, raja dari semua amplifier gitar

Amplifier Jazz Chorus JC-120 dari Roland adalah salah satu amplifier legendaris yang sangat dikenal oleh para gitaris dunia. Terkenal dengan hasil suara yang sangat jernih dan murni, amplifier ini dijuluki dengan sebutan “King of Clean”.

Berkapasitas 120 watt dengan dua pengeras suara 12 inci, amplifier ini menggunakan sirkuit transistor yang mengeluarkan nada lembut dan indah “JC tone”. Band-band besar seperti The Police, The Cure, dan Metallica sudah membuktikannya. Kini saatnya Anda juga mencoba amplifier ini!

Perlunya pemakaian amplifier

Jadi, Anda suka main gitar? Maka Anda akan perlu berlatih dan berlatih. Anda akan memerlukan amplifier untuk meningkatkan permainan gitar Anda. Menggunakan amplifier akan membuat Anda lebih peka pada musik yang Anda hasilkan. Teknik petikan gitar, vibrato, harmoni permainan, dan lain-lain akan lebih terdengar jika Anda memakai amplifier.

Jika berlatih di rumah (atau di mana saja) membuat Anda khawatir dengan kebisingan yang dihasilkan, Anda bisa menggunakan headphones pada amplifier saat latihan untuk mencegah kebisingan. Latihan berjalan lancar, kebisingan pun tidak ada.

Kesimpulan

Nah, kami telah menampilkan cara memilih amplifier gitar dan 10 rekomendasi amplifier gitar terbaik. Namun, cara terbaik untuk mendapatkan amplifier gitar yang sesuai dengan selera Anda adalah dengan mencobanya secara langsung. Anda bisa langsung bertanya tentang fungsi dan tipe amplifier yang Anda coba, dan membandingkannya satu sama lain. Selamat berlatih gitar dengan amplifier dan jadilah gitaris yang handal!