• 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Jika Anda bercita-cita menjadi seorang musisi terutama gitaris, Anda tentunya membutuhkan perlengkapan musik yang memadai. Salah satu benda yang sangat penting saat bermain gitar adalah amplifier. Amplifier merupakan peralatan untuk memperkuat sinyal sehingga hasil suara lebih baik dan lebih keras.

Ada beberapa merek amplifier yang terkenal seperti Marshall, Roland, dan Fender. Akan tetapi, untuk Anda yang seorang pemula tentunya akan sulit untuk menemukan amplifier yang terbaik. Oleh karena itu, kali ini kami memberikan Anda tips memilih amplifier terbaik serta merekomendasikan beberapa produk untuk Anda. Simak artikel kami berikut ini!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Jolene Marie
  • Pembaharuan terakhir: 10 November 2020
  • 33.799 Views
Daftar isi

Tentang amplifier gitar

Tentang amplifier gitar
Amplifier dalam bahasa Indonesia berarti pengeras suara. Jadi, amplifier merupakan peralatan elektronik yang berguna untuk merubah sinyal yang dihasilkan senar gitar elektrik menjadi suara yang keras.

Amplifier terdiri dari pre-amp, power amplifier, dan speaker. Pre-amp berguna untuk menangkap sinyal dari gitar. Power amplifier berguna untuk memperbesar sinyal yang ditangkap pre-amp. Sementara itu, speaker merupakan hasil perubahan sinyal menjadi suara. Ketiga hal ini merupakan hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih amplifier.


Amplifier gitar dibedakan menjadi dua tipe. Tipe pertama adalah amplifier tabung hampa udara. Tipe yang kedua adalah amplifier transistor. 


Amplifier tabung hampa udara menghasilkan nada yang hangat dan kuat. Nada yang hangat di sini berarti nada yang dihasilkan tanpa treble atau suara melengking saat keluar dari speaker. Akan tetapi, amplifier jenis ini memiliki bodi yang rapuh dan mudah rusak saat terkena benturan. Oleh karena itu, tidak mudah untuk membawanya ataupun merawatnya. 


Sementara itu, amplifier transistor menghasilkan nada yang tajam dan keras. Amplifier transistor juga tidak memerlukan perawatan yang khusus. Hal ini menjadikan amplifier transistor lebih dipilih dibandingkan amplifier tabung. 

Cara memilih amplifier gitar

Ada berbagai jenis amplifier gitar dengan karakteristik dan fungsi masing-masing. Anda dapat memilih berdasarkan kegunaan amplifier, lokasi penggunaannya, dan jenis musik yang Anda gemari.

Sesuaikan dengan lokasi penggunaannya

Sesuaikan dengan lokasi penggunaannya
Ketika memilih amplifier gitar, Anda juga harus memastikan tempat Anda akan menggunakannya. Hal ini berkaitan dengan jumlah daya listrik yang dikeluarkan amplifier (output). Makin besar output, makin keras pula hasil suara yang dihasilkan.

Untuk penggunaan di rumah, cari amplifier yang mengeluarkan output kecil sekitar 10 hingga 20 watt. Ukuran output 10 watt cukup untuk para pemula berlatih di rumah. Sekalipun Anda membeli amplifier dengan ukuran medium, Anda yang tidak memiliki studio khusus tidak dapat menyetelnya dengan volume maksimum. Apabila menyetelnya dengan suara kecil, suara bas akan sulit diproduksi serta menghasilkan suara yang lirih.


Untuk penggunaan studio, gunakan amplifier dengan output 30 hingga 50 watt. Karena menggunakan ruangan kedap suara atau garasi, Anda tidak perlu takut untuk membuat suara yang bising. Amplifier ini juga dapat menghasilkan suara pada titik tertentu di dalam studio. Amplifier jenis ini juga dapat digunakan di live house sehingga juga kami sarankan untuk Anda yang sudah mahir.


Apabila Anda ingin menggunakan amplifier pada hall yang besar, pilih amplifier dengan output 100 watt. Amplifier dengan output besar ini sangat sesuai untuk Anda gitaris semiprofesional, event organizer, atau pemain musik metal. Akan tetapi, karena biasanya ada PA sebagai pengatur audio, suara yang dihasilkan juga tidak dapat dikatakan besar. 

Perhatikan tipe amplifier

Perhatikan tipe amplifier
Amplifier gitar memiliki berbagai tipe dengan macam-macam struktur dan ukuran. Setiap amplifier memiliki karakter dan fungsi yang berbeda. Oleh karena itu, perhatikan setiap tipe dengan hati-hati, ya!

Tipe yang pertama adalah small amplifier. Small amplifier sangat sempurna untuk pemula dan untuk latihan di rumah. Ada juga tipe yang menggunakan tabung kedap udara sekalipun kecil. Harganya pun beragam, mulai dari yang wajar hingga yang high-end.


Tipe selanjutnya adalah combo amplifier. Amplifier tipe ini terdiri dari kepala amplifier dan speaker yang menjadi satu. Pada bagian kepala amplifier sudah terdapat pre-amp dan power amplifier sehingga mudah untuk dibawa. Bentuknya pun praktis dan memiliki hasil suara yang baik. Amplifier ini kami rekomendasikan untuk berlatih maupun pertunjukan live.


Yang ketiga adalah tipe modeling amplifier. Amplifier ini dilengkapi dengan teknologi digital sehingga dapat menghasilkan suara gitar dan suara amplifier yang terkenal. Anda dapat menikmati berbagai hasil suara baik distorsi ataupun efek. Modeling amplifier merupakan amplifier yang dapat digunakan oleh para gitar mahir.


Selanjutnya ada tipe tube amplifier. Amplifier dengan tabung hampa udara ini sangat dicintai oleh banyak gitaris. Akan tetapi, amplifier ini memiliki beberapa tabung hampa udara berukuran kecil di atas bodi utamanya. Alhasil, amplifier ini susah untuk digunakan.


Amplifier ini juga tidak digunakan tersendiri karena harus dihubungkan pada speaker besar. Apabila ingin menggunakan amplifier ini, ada baiknya Anda menggunakannya di studio. Ini karena speaker besar tidak mudah dibawa-bawa setiap saat.


Tipe yang terakhir adalah stack amplifier. Amplifier tipe ini merupakan kombinasi antara kepala amplifier dan speaker. Anda dapat dengan bebas memilih kepala amplifier dan kabinet favorit Anda. Jadi, Anda dapat menemukan kombinasi yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Pilih berdasarkan pabrikan amplifier

Apabila Anda masih bingung memilih berdasarkan ukuran dan tipe, Anda dapat memilih berdasarkan pabrikan pembuat amplifier. Setiap pabrikan memiliki suara khas masing-masing, lho!

Marshall, hasil suara midrange yang cocok untuk musik rock

Marshall, hasil suara midrange yang cocok untuk musik rock
Berbicara tentang amplifier, tidak salah apabila mengatakan Marshall merupakan pabrikan standar untuk amplifier. Amplifier ini menghasilkan suara midrange atau suara yang berada di antara suara tinggi (treble) dan rendah (bass) yang baik. 

Selain itu, hasil distorsinya juga tajam sehingga amplifier dari Marshall dapat dikategorikan sebagai amplifier musik rock. Apabila Anda menyukai musik hard rock seperti Deep Purple dan Red Zeppelin, pilih amplifier dari Marshall!

VOX, menghasilkan suara hangat tanpa treble

VOX, menghasilkan suara hangat tanpa treble
Amplifier VOX memberikan suara yang hangat tanpa treble. Bentuknya yang enak dilihat dan klasik menjadi salah satu alasan popularitasnya. Amplifier ini juga terkenal karena band The Beatles menggunakannya. 

Roland, nada cantik yang bening tanpa ganguan

Roland, nada cantik yang bening tanpa ganguan

Amplifier dari Roland menghasilkan nada yang cantik dan tanpa efek atau gangguan. Salah satu amplifier yang terkenal adalah JC-120 yang juga diberi nama Jazz Chorus Guitar Amplifier. Amplifier ini sering terlihat di banyak live house dan studio. Ada beberapa orang yang mengatakan apabila Anda menguasai JC-120, Anda akan memproduksi suara yang sama di mana pun. 

Fender, suara luas yang bebas dari noise

Fender, suara luas yang bebas dari noise
Fender juga merupakan pabrikan gitar Stratocaster dan Telecaster. Selain kompatibel dengan kedua gitar ini, amplifier Fender juga menghasilkan suara yang luas dengan nada yang bening dari noise

MESA Boogie

MESA Boogie
Amplifier gitar MESA Boogie memproduksi distorsi yang cocok dengan musik metal. Amplifier ini juga memiliki kemampuan untuk menciptakan distorsi yang intensif sekalipun tidak menggunakan pedal efek. Akan tetapi, walaupun terkenal dengan suara distorsinya, Anda masih dapat mendengarkan suara yang datar dan bening, kok. Amplifier ini menjadi terkenal sejak gitaris Santana menggunakannya. 

Kenali jenis gitar dan musik yang Anda mainkan

Kenali jenis gitar dan musik yang Anda mainkan
Apabila memilih amplifier berdasarkan gitar yang Anda gunakan, kemungkinan salahnya akan kecil. Kami memiliki beberapa contoh kombinasi gitar dan amplifier yang terkenal di dunia. Yang pertama adalah amplifier klasik dari Fender dan gitar Stratocaster. Selain itu, ada juga amplifier Marshall dan VOX yang sesuai dengan gitar Les Paul. Berikut ini, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi berdasarkan contoh di atas.

Gitar Stratocaster memiliki suara yang tajam yang khas. Jika Anda ingin memproduksi nada yang bening, amplifier Fender merupakan pilihan yang sempurna. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan amplifier Marshall apabila ingin menghasilkan nada yang kuat dan mengentak.


Gitar Telecaster memiliki sistem yang mirip dengan gitar Stratocaster, tetapi suara yang dihasilkan lebih tebal dan renyah. Gitar ini sesuai untuk membuat lagu country atau Southern rock. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan amplifier dari Fender.


Gitar Les Paul memberikan suara yang bulat dan hangat. Amplifier dengan efek distorsi seperti amplifier dari Marshall sangat sesuai apabila Anda memainkan nada hard rock. Selain Marshall, Anda juga dapat mencoba amplifier VOX untuk hasil suara yang unik.


Apabila Anda memainkan musik metal, amplifier MESA Boogie dapat menjadi pilihan Anda. Amplifier ini menghasilkan suara midrange yang kuat dan lebar.


Sementara itu, untuk Anda pemain musik jazz, VOX merupakan amplifier yang kami sarankan untuk Anda. Musik jazz yang bersuara bening, mellow, dan rumit sesuai dengan amplifier ini. Amplifier VOX akan menghasilkan suara yang enak didengarkan. Oleh karena itu, selain jazz, amplifier ini juga sesuai untuk gitar semiakustik dan akustik.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

YamahaGitar Akustik Elektrik

APX500II

Rp 4.000.000,00

10 Rekomendasi amplifier gitar terbaik

Kami sudah memberikan ulasan hal-hal penting yang harus diperhatikan saat memilih amplifier gitar. Berikut ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi amplifier gitar yang dapat Anda pilih.

10
TipeModeling combo
Output10 W
Ukuran360 mm x 183,5 mm x 140 mm
Berat2,8 kg
AksesoriX
9

MESA BoogieMark Five: 35 Combo

Rp 24.255.000,00

TipeTube combo
Output10 W, 25 W, 35 W
Ukuran460 mm x 476 mm x 292 mm
Berat20 kg
AksesoriFootswitch, cover
8
TipeCombo
Output15 W
Ukuran291 mm x 189 mm x 300 mm
Berat5 kg
AksesoriX
7
TipeModeling combo
Output20 W
Ukuran375 mm x 292 mm x 185 mm
Berat5,2 kg
AksesoriX
6
TipeSmall
Output1 W
Ukuran110 mm x 140 mm x 60 mm
Berat0,34 kg
AksesoriKabel penghubung
5
TipeStack
Output20 W
Ukuran165 mm × 135 mm X 95 mm
Berat0,78 kg
AksesoriX
4
TipeCombo
Output10 W
Ukuran380 mm x 260 mm x 170 mm
Berat4,8 kg
AksesoriX
3
TipeCombo
Output35 W
Ukuran440 mm × 400 mm X 230 mm
Berat11 kg
AksesoriX
2
TipeTube combo
Output85 W
Ukuran505 mm x 673 mm x 219 mm
Berat29 kg
AksesoriFootswitch, cover
1

RolandJC-120 Jazz Chorus Guitar Amplifier

Rp 14.240.000,00

TipeCombo
Output120 W
Ukuran760 mm x 280 mm x 622 mm
Berat28 kg
AksesoriX

Tabel perbandingan produk amplifier gitar terbaik

Gambar produk
1
Roland JC-120 Jazz Chorus Guitar Amplifier 1

Roland

2
Fender '65 Twin Reverb 1

Fender

3
Orange Crush 35RT 1

Orange

4
VOX Pathfinder 10 1

VOX

5
Orange Micro Dark 1

Orange

6
Marshall  MS-2 1

Marshall

7
Blackstar ID:Core Stereo 20 V2 1

Blackstar

8
Yamaha  GA15II 1

Yamaha

9
MESA Boogie Mark Five: 35 Combo 1

MESA Boogie

10
Yamaha THR10X 1

Yamaha

Nama produk

JC-120 Jazz Chorus Guitar Amplifier

'65 Twin Reverb

Crush 35RT

Pathfinder 10

Micro Dark

MS-2

ID:Core Stereo 20 V2

GA15II

Mark Five: 35 Combo

THR10X

Keunggulan

"King of Clean", raja dari semua amplifier gitar

Seri klasik dan legendaris untuk penyuka benda vintage

Amplifier terbaik di dunia untuk latihan Anda

Amplifier dengan gaya vintage yang keren

Rock atau metal? Guncangkan dunia dengan amplifier ini!

Si mini dengan suara yang luar biasa!

Amplifier entry level berkualitas tinggi bagi pemula

Latihan di rumah akan terasa sempurna dengan amplifier ini!

Bermain musik apa pun, gunakan amplifier Mesa Boogie ini!

Bermain di dalam atau di luar ruangan, bisa!

HargaRp 14.240.000,00Rp 26.400.000,00Rp 4.118.000,00Rp 1.500.000,00Rp 2.596.000,00Rp 575.000,00Rp 2.200.000,00Rp 1.155.000,00Rp 24.255.000,00Rp 3.700.000,00
TipeComboTube comboComboComboStackSmallModeling comboComboTube comboModeling combo
Output120 W85 W35 W10 W20 W1 W20 W15 W10 W, 25 W, 35 W10 W
Ukuran760 mm x 280 mm x 622 mm505 mm x 673 mm x 219 mm440 mm × 400 mm X 230 mm380 mm x 260 mm x 170 mm165 mm × 135 mm X 95 mm110 mm x 140 mm x 60 mm375 mm x 292 mm x 185 mm291 mm x 189 mm x 300 mm460 mm x 476 mm x 292 mm360 mm x 183,5 mm x 140 mm
Berat28 kg29 kg11 kg4,8 kg0,78 kg0,34 kg5,2 kg5 kg20 kg2,8 kg
AksesoriXFootswitch, coverXXXKabel penghubungXXFootswitch, coverX
Tautan produk

Waktu membutuhkan amplifier

Waktu membutuhkan amplifier

Sebenarnya, gitar elektrik sudah menghasilkan suara sekalipun tidak menggunakan amplifier. Akan tetapi, ketika berlatih menggunakan suara yang kecil, latihan Anda mungkin tidak maksimal. Anda tidak dapat merasakan kekuatan petikan gitar dan vibrato-nya. 


Selain itu, menggunakan suara kecil akan membuat Anda menahan pitch dan juga mematikan akurasi. Harmonisasi chord musik dan penghayatan lagu pun akan lebih sulit dilakukan. Anda akan merasa sudah bermain dengan baik ketika berlatih tanpa amplifier. Akan tetapi, saat Anda menghubungkan gitar Anda pada amplifier, bisa jadi hasilnya jadi tidak baik. 


Apabila Anda takut berisik saat berlatih di rumah, ada beberapa amplifier yang dilengkapi dengan jack untuk headphone. Anda dapat menggunakan fasilitas ini untuk memperbaiki kemampuan Anda selama berlatih menggunakan amplifier di dalam rumah.

Baca juga rekomendasi gitar di sini

Setelah mahir memainkan gitar dengan amplifier, saatnya Anda mencoba gitar dengan model lainnya untuk amplifier yang sudah dibeli. Bagi Anda yang merasa sudah saatnya menambah koleksi gitar elektrik Anda, berikut kami berikan beberapa produk rekomendasi untuk Anda. 

Kesimpulan

Kami sudah memberikan beberapa tips memilih amplifier terbaik untuk Anda. Jadi, apakah Anda sudah menemukan amplifier yang sesuai untuk permainan gitar Anda? Ada baiknya ketika ingin membeli amplifier, Anda mencoba terlebih dahulu. 


Anda dapat pergi ke toko musik terdekat dan meminta pegawai toko untuk menyetelkannya untuk Anda. Setelah Anda mendapatkan yang sesuai dengan keinginan Anda, membeli secara offline maupun online merupakan hal mudah. Jadi, selamat berburu amplifier gitar!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    154.086 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Senar berperan penting dalam hasil suara gitar akustik. Jenisnya pun beragam, ada yang berbahan phosphor bronze, 80/20 bronze, dengan ketebalan yang juga berbeda-beda. Bingung harus memilih yang mana?Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih senar untuk gitar akustik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan kepada Anda rekomendasi produk terbaik seperti dari Martin, Elixir, dan D'Addario. Memilih senar yang tepat akan membuat pertunjukan Anda makin istimewa!
    Musik
    33.107 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    43.215 Views
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Karena itu, dalam artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik untuk Anda. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek-merek terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan mikrofon tipe dinamik terbaik, ya!
    Musik
    8.548 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    56.377 Views
  • 10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa jenis alat musik seperti gitar, bass, ukulele, dan lainnya perlu disetem dengan nada yang tepat agar tidak sumbang. Namun, terkadang menyetem peralatan musik tidak selalu mudah karena ada gangguan dari suara di sekitar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda membutuhkan tuner supaya dapat menyetem alat musik dengan lebih mudah dan akurat.Ada beragam merek tuner seperti D'Addario, KORG, dan sebagainya yang bisa ditemukan di pasaran. Masing-masing merek mempunyai fitur dan desain yang berbeda. Agar tidak membingungkan Anda, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih tuner yang tepat. Selanjutnya, kami juga memberikan rekomendasi produk yang bisa dijadikan pilihan. Yuk, simak ulasan selengkapnya!
    Musik
    2.655 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori