1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023)

Penting halnya untuk memiliki amplifier gitar jika Anda bercita-cita menjadi seorang musisi, terutama gitaris. Amplifier akan memperkuat sinyal sehingga hasil suara gitar jadi lebih baik dan lebih keras. Produknya dibutuhkan untuk memperkuat suara gitar akustik, gitar listrik, ataupun gitar bass. Amplifier gitar mini untuk penggunaan di rumah juga sudah tersedia.


Kali ini kami akan memberikan tips memilih amplifier gitar terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Yamaha, Marshall, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris kami, Adriano Pandapotan. Yuk, dimulai saja!

Diperbaharui 05-31-2022
Pakar
Gitaris
Adriano Pandapotan

Adriano belajar gitar sejak usia 6 tahun dan sempat mengajar gitar di Yamaha. Ia memiliki berbagai pengalaman di bidang musik. Beberapa di antaranya seperti menjadi additional player gitaris untuk band tingkat sekolah serta mengiringi band gereja. Pria yang pernah mengiringi acara di kampus ini juga turut serta mengisi gitar di beberapa lagu band temannya.

Profil Adriano Pandapotan
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu amplifier gitar?

Apa itu amplifier gitar?
Amplifier dalam bahasa Indonesia berarti pengeras suara. Jadi, amplifier merupakan peralatan elektronik yang berguna untuk mengubah sinyal yang dihasilkan senar gitar elektrik menjadi suara yang keras.

Amplifier terdiri dari pre-amp, power amplifier, dan speaker. Pre-amp berguna untuk menangkap sinyal dari gitar, sedangkan power amplifier berfungsi memperbesar sinyal yang ditangkap pre-amp. Sementara itu, speaker merupakan hasil perubahan sinyal menjadi suara. Ketiga hal ini harus Anda perhatikan ketika memilih amplifier gitar.


Sebagai informasi, amplifier gitar dibedakan menjadi dua jenis, yakni amplifier tabung hampa udara dan amplifier transistor. Agar lebih jelas, di bawah kami akan menjabarkan kedua jenis tersebut untuk Anda. Silakan dibaca dan dipahami.


  • Amplifier tabung hampa udara

Amplifier ini menghasilkan nada yang hangat dan kuat. Nada yang dihasilkannya memang tanpa treble atau suara melengking. Namun, bodi tipe ini rapuh dan mudah rusak saat terkena benturan. Jadi, tidak mudah untuk membawa ataupun merawatnya.


  • Amplifier transistor

Amplifier ini menghasilkan nada yang tajam dan keras. Amplifier transistor juga tidak memerlukan perawatan yang khusus. Hal ini menjadikannya lebih banyak dipilih ketimbang amplifier tabung. 


Nada yang dihasilkan amplifier tabung memang lebih bagus daripada transistor dan lebih mudah untuk digunakan. Akan tetapi, harga amplifier transistor lebih bersahabat ketimbang amplifier tabung.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih amplifier gitar

Tiap-tiap amplifier gitar memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing. Anda dapat memilih berdasarkan kegunaan amplifier, lokasi penggunaannya, dan jenis musik yang Anda gemari. Mari simak poin-poin cara memilih selengkapnya dari kami di bawah ini.

① Sesuaikan daya output amplifier gitar dengan lokasi penggunaannya

Sesuaikan daya output amplifier gitar dengan lokasi penggunaannya
Saat memilih amplifier gitar, pastikanlah dahulu area penggunaannya. Hal ini berkaitan dengan daya listrik yang dikeluarkan amplifier (output). Makin besar output produknya, makin keras pula hasil suara yang dihasilkan. Berikut panduan lengkapnya untuk Anda.

  • 10–20 watt

Untuk penggunaan di rumah, carilah amplifier gitar yang mengeluarkan output kecil, sekitar 10 watt hingga 20 watt. Daya output ini cukup untuk pemula yang berlatih di rumah. Sekalipun Anda membeli amplifier dengan ukuran medium, Anda tidak dapat menyetelnya dengan volume maksimum tanpa studio khusus. Apabila menyetelnya dengan suara kecil, suara bas akan sulit diproduksi serta menghasilkan suara yang lirih.


  • 30–50 watt

Untuk penggunaan studio, gunakan amplifier gitar dengan output 30 watt hingga 50 watt. Karena menggunakan ruangan kedap suara atau garasi, Anda tidak perlu takut untuk membuat suara yang bising. Amplifier ini juga dapat menghasilkan suara pada titik tertentu di dalam studio. Produknya pun cocok digunakan di live house sehingga kami sarankan untuk Anda yang sudah mahir.


  • 100 watt

Apabila Anda ingin menggunakan amplifier gitar di hall yang besar, pilihlah produk dengan output 100 watt. Amplifier ini sangat sesuai untuk gitaris semiprofesional, event organizer, atau pemain musik metal. Akan tetapi, karena biasanya ada PA sebagai pengatur audio, suara yang dihasilkan juga tidak dapat dikatakan besar. 

② Perhatikan karakteristik amplifier gitar berdasarkan tipenya

Perhatikan karakteristik amplifier gitar berdasarkan tipenya
Berdasarkan struktur dan ukurannya, ada beragam tipe amplifier gitar. Setiap tipenya memiliki karakter dan fungsi yang berbeda. Karena itu, pahamilah tiap-tiap tipenya dengan saksama. Agar Anda tak salah pilih, berikut akan kami jabarkan lebih dalam.

  • Small amplifier

Tipe ini sangat sempurna bagi pemula dan untuk latihan di rumah. Ada juga produk yang menggunakan tabung kedap udara sekalipun ukurannya kecil. Harganya pun beragam, mulai dari yang wajar hingga yang high-end.


  • Combo amplifier

Tipe ini terdiri dari kepala amplifier dan speaker yang menjadi satu. Pada bagian kepala amplifier sudah terdapat pre-amp dan power amplifier sehingga mudah untuk dibawa. Bentuknya pun praktis dan memiliki hasil suara yang baik. Amplifier ini kami rekomendasikan untuk berlatih maupun pertunjukan live.


  • Modeling amplifier

Tipe ini dilengkapi teknologi digital sehingga dapat menghasilkan suara gitar dan suara amplifier yang terkenal. Anda dapat menikmati berbagai hasil suara, baik distorsi ataupun efek. Tipe ini merupakan amplifier yang dapat digunakan gitaris mahir.


  • Tube amplifier

Amplifier dengan tabung hampa udara ini sangat dicintai oleh banyak gitaris. Akan tetapi, tipe ini memiliki beberapa tabung hampa udara berukuran kecil di atas bodi utamanya. Alhasil, produknya susah untuk digunakan.


Amplifier ini juga tidak digunakan sendiri karena harus dihubungkan dengan speaker besar. Bila Anda ingin menggunakan amplifier ini, sebaiknya Anda menempatkannya di studio. Hal ini karena speaker besar tidak mudah dibawa-bawa setiap saat.


  • Stack amplifier

Tipe ini merupakan kombinasi antara kepala amplifier dan speaker. Anda dapat bebas memilih kepala amplifier dan kabinet favorit Anda. Jadi, Anda bisa menemukan kombinasi yang sesuai keinginan.

③ Ketahui merek-merek amplifier gitar yang populer

Apabila Anda masih bingung memilih berdasarkan ukuran dan tipenya, Anda dapat memilih berdasarkan produsen amplifier gitar. Setiap pabrikan memiliki suara khasnya masing-masing. Yuk, kenali lebih lanjut di bawah ini.

Marshall, hasil suara midrange yang cocok untuk musik rock

Marshall, hasil suara midrange yang cocok untuk musik rock
Berbicara tentang amplifier, tidak salah jika melabeli Marshall sebagai pabrikan standar untuk amplifier. Produknya menghasilkan suara midrange atau suara yang berada di antara suara tinggi (treble) dan rendah (bass) yang baik

Hasil distorsinya juga tajam sehingga amplifier dari Marshall dapat dikategorikan sebagai amplifier musik rock. Apabila Anda menyukai musik hard rock, seperti Deep Purple dan Led Zeppelin, pilihlah amplifier dari Marshall.

VOX, menghasilkan suara hangat tanpa treble

VOX, menghasilkan suara hangat tanpa treble
Amplifier dari VOX memberikan suara yang hangat tanpa treble. Bentuknya yang enak dilihat dan klasik menjadi salah satu alasan produknya populer. Brand ini juga terkenal karena produknya digunakan The Beatles.

Roland, nada cantik yang bening tanpa gangguan

Roland, nada cantik yang bening tanpa gangguan

Amplifier dari Roland menghasilkan nada yang cantik tanpa efek atau gangguan. Salah satu produknya yang terkenal adalah JC-120 yang juga diberi nama Jazz Chorus Guitar Amplifier. Amplifier ini sering terlihat di banyak live house dan studio. Tidak sedikit yang mengatakan apabila Anda menguasai JC-120, Anda akan memproduksi suara yang sama di mana pun. 

Fender, suara luas yang bebas dari noise

Fender, suara luas yang bebas dari noise
Fender juga merupakan pabrikan gitar Stratocaster dan Telecaster. Selain kompatibel dengan kedua gitar ini, amplifier dari Fender menghasilkan suara yang luas dengan nada yang bersih dari noise.

MESA Boogie, memberikan distorsi yang khas untuk musik metal

MESA Boogie, memberikan distorsi yang khas untuk musik metal
MESA Boogie memproduksi amplifier dengan distorsi yang cocok untuk musik metal. Produknya juga memiliki kemampuan untuk menciptakan distorsi yang intensif sekalipun tidak menggunakan pedal efek. Akan tetapi, walaupun terkenal dengan suara distorsinya, Anda masih dapat mendengarkan suara yang datar dan bening, kok. Brand ini menjadi terkenal sejak gitaris Santana menggunakannya. 

④ Kenali jenis gitar dan musik yang Anda mainkan

Kenali jenis gitar dan musik yang Anda mainkan
Jika Anda memilih amplifier berdasarkan gitar yang digunakan, kemungkinan salahnya akan kecil. Kami memiliki beberapa contoh kombinasi gitar dan amplifier yang terkenal di dunia. Anda bisa menggunakannya sebagai panduan untuk memilih amplifier gitar.

  • Gitar Stratocaster 

Gitar ini memiliki suara yang tajam yang khas. Jika Anda ingin memproduksi nada yang bening, amplifier dari Fender merupakan pilihan yang sempurna. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan amplifier dari Marshall apabila ingin menghasilkan nada yang kuat dan mengentak.


  • Gitar Telecaster

Sistem gitar ini mirip dengan gitar Stratocaster, tetapi suara yang dihasilkannya lebih tebal dan renyah. Gitar ini sesuai untuk membuat lagu country atau Southern rock. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan amplifier dari Fender.


  • Gitar Les Paul 

Gitar ini memberikan suara yang bulat dan hangat. Produk dengan efek distorsi seperti amplifier dari Marshall sangat sesuai apabila Anda memainkan nada hard rock. Selain Marshall, Anda juga dapat mencoba amplifier dari VOX untuk hasil suara yang unik.


Apabila Anda memainkan musik metal, amplifier dari MESA Boogie dengan suara midrange yang kuat dan lebar dapat menjadi pilihan. Untuk memainkan musik jaz yang bening, mellow, dan rumit, gunakanlah amplifier dari VOX. Selain jaz, amplifier ini sesuai untuk gitar semiakustik dan akustik.

10 Rekomendasi amplifier gitar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk amplifier gitar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adriano Pandapotan.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yamaha

GA15II

Yamaha GA15II 1枚目

Harga terjangkau untuk latihan main gitar di rumah

2

Marshall

MG15

Marshall  MG15 1枚目

Compact dan lantang untuk latihan hingga mini performance

3

VOX

PATHFINDER 10

VOX PATHFINDER 10 1枚目

Punya saluran headphone, ampli gitar yang bagus buat di kamar

4

Fender

FRONTMAN® 10G

Fender FRONTMAN® 10G 1枚目

Setting mudah untuk pemula yang bermain gitar listrik

5

Laney

Mini STB Lion

Laney   Mini STB Lion 1枚目

Ampli gitar mini dengan fitur yang tidak main-main

6

BOSS

KATANA-100/212 MkII

BOSS KATANA-100/212 MkII 1枚目

Daya output besar untuk melakukan pertunjukan di tempat yang luas

7

Rolland

CUBE-10GX Guitar Amplifier

Rolland CUBE-10GX Guitar Amplifier 1枚目

Multiguna, pas untuk gitar elektrik, akustik, dan bass!

8

Orange

Micro Dark

Orange  Micro Dark 1枚目

Gahar saat memainkan musik rock dan metal

9

Fishman

Loudbox Mini

Fishman Loudbox Mini 1枚目

Spesialis akustikan! Suaranya enak saat dipadukan dengan gitar akustik

10

MESA Boogie

Mark Five: 35™ COMBO

MESA Boogie Mark Five: 35™ COMBO 1枚目

Satu ampli gitar untuk bermain beragam genre musik

Perincian produk
Close
No.1

Harga terjangkau untuk latihan main gitar di rumah

Jika Anda mencari rekomendasi amplifier gitar yang budget friendly, produk ini sangat sesuai untuk Anda. Alat ini memiliki harga yang terjangkau dengan kebutuhan daya 15 watt. Amplifier gitar Yamaha ini siap untuk membantu Anda berlatih hingga tampil di panggung.


Amplifier gitar ini memiliki dua saluran, yaitu clean (volume suara) dan overdrive (gain dan volume suara). Anda juga dapat berlatih dengan diiringi musik dalam format MP3 karena amplifier ini juga disertai dengan AUX. Tidak heran kalau kemampuan bermain gitar Anda bisa berkembang jika berlatih dengan Yamaha GA15II.

No.2

Compact dan lantang untuk latihan hingga mini performance

Marshall MG15 memadukan bentuk yang compact dengan suara yang lantang. Selain mudah dibawa dan tidak makan banyak tempat, produk ini bisa Anda gunakan untuk perform di kerumunan kecil. Produk ini pun cocok untuk Anda yang mencari ampli gitar untuk pertunjukkan di dalam ruangan.


Amplifier gitar Marshall ini juga diberi audio jack dan AUX port. Anda dapat memasang headphone dan menyambungkannya ke audio jack produk ini. Sementara itu, AUX port berfungsi untuk menghubungkannya dengan perangkat MP3 atau ponsel Anda. Jadi, Anda dapat berlatih main gitar dengan suara yang kencang tanpa mengganggu lingkungan di sekitar Anda.

No.3

VOXPATHFINDER 10V9106

Mulai dari Rp1.272.000,00

Punya saluran headphone, ampli gitar yang bagus buat di kamar

Desain dan warna amplifier gitar cenderung monoton. Jika Anda tidak menginginkan hal itu, produk ini bisa dipertimbangkan. VOX Pathfinder 10 memiliki penampilan vintage khas produk VOX dengan desain yang seluruhnya analog. Menggunakan transistor, suara yang dihasilkannya jernih dengan treble yang enak didengar.


Amplifier gitar ini juga memiliki saluran untuk headphone sehingga Anda bisa berlatih tanpa membuat gaduh lingkungan sekitar. Anda mencari ampli gitar yang bagus buat di kamar dan rekaman di studio? Kalau iya, VOX Pathfinder 10 cocok untuk Anda.

No.4

FenderFRONTMAN® 10G2311000000

Mulai dari Rp1.450.000,00

Setting mudah untuk pemula yang bermain gitar listrik

Anda seorang pemula yang baru akan menggunakan amplifier gitar untuk pertama kali? Kalau begitu, kami merekomendasikan produk ini. Fender FRONTMAN® 10G memiliki setting yang mudah dengan knop yang tidak banyak. Hal ini tentu akan memudahkan para pemula saat menggunakannya.


Overdrive ampli dari salah satu amplifier gitar terbaik untuk pemula ini menghasilkan suara distorsi yang kuat. Karena itu, produk ini cocok untuk memainkan musik blues, metal, dan musik yang membutuhkan clean tone.

No.5

Ampli gitar mini dengan fitur yang tidak main-main

Bila Anda butuh rekomendasi amplifier gitar untuk ruangan yang tidak terlalu luas, produk ini bisa dipertimbangkan. Laney Mini STB Lion berukuran mini sehingga cocok diletakkan di kamar yang kecil. Meski begitu, alat ini diberi beragam fitur menarik. Salah satunya adanya koneksi Bluetooth yang memungkinkan jamming menggunakan backing track


Amplifier gitar mini ini bisa dihubungkan ke aplikasi yang mampu memberikan banyak pilihan varian efek/preset suara. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengeksplorasi permainan. Produk ini juga bisa menggunakan daya baterai. Jadi, Anda bisa tetap berlatih meski daya listrik sedang padam.

No.6

BOSSKATANA-100/212 MkII

Mulai dari Rp9.350.000,00

Daya output besar untuk melakukan pertunjukan di tempat yang luas

BOSS KATANA-100/212 MkII memiliki daya output yang besar, yakni 100 watt. Maka dari itu, amplifier gitar ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan pertunjukan di ruang terbuka atau hall yang besar.


Jika Anda seorang performer musik profesional atau gitaris band, inilah produk yang Anda butuhkan. Setting knop suaranya juga lebih detail sehingga Anda dapat mencari jenis suara yang diinginkan. 

No.7

RollandCUBE-10GX Guitar Amplifier

Mulai dari Rp2.320.000,00

Multiguna, pas untuk gitar elektrik, akustik, dan bass!

Salah satu keunggulan Rolland CUBE-10GX Guitar Amplifier adalah memiliki aplikasi CUBE KIT yang menawarkan beragam pilihan preset suara. Anda bisa mendapatkan vintage classic, ultra heave gain machine, bahkan amp untuk gitar elektrik, gitar akustik, dan bass. Jika Anda memainkan beragam jenis alat musik petik, kami menyarankan Anda untuk memilih amplifier gitar ini.

No.8

Gahar saat memainkan musik rock dan metal

Micro Dark dari Orange adalah amplifier gitar mini dengan suara yang maksimal dan distorsi yang mantap. Maka dari itu, alat ini cocok untuk Anda yang suka memainkan musik rock dan metal


Suara yang dihasilkannya berkelas, mulai dari suara bersih hingga rona rock yang kasar. Salah satu ampli gitar mini terbaik ini merupakan pre-amp dengan pencapaian tinggi. Produk ini juga dapat disambungkan dengan kabinet pengeras suara apa pun yang berukuran 8–16 ohm.

No.9

FishmanLoudbox Mini

Mulai dari Rp5.200.000,00

Spesialis akustikan! Suaranya enak saat dipadukan dengan gitar akustik

Apakah Anda mencari rekomendasi amplifier gitar akustik? Anda dapat memilih Fishman Loudbox Mini. Sebagai salah satu brand penyedia amplifier gitar terbaik untuk akustik, Fisman menawarkan kualitas tersendiri. Sound dari ampli ini lebih natural dengan dinamika akustik yang sangat bagus. 


Bentuk alat ini terbilang cukup kecil dengan daya output yang besar, yakni 60 watt. Perpaduan keduanya membuat ampli gitar akustik ini mudah dibawa dan mampu mengeluarkan suara yang keras. Salah satu amplifier gitar akustik terbaik ini cocok untuk Anda yang sering melakukan pertunjukan akustik di outdoor maupun indoor.

No.10

MESA BoogieMark Five: 35™ COMBO

Mulai dari Rp35.067.927,00

Satu ampli gitar untuk bermain beragam genre musik

Tube amplifier yang satu ini dapat dikatakan sebagai amplifier dengan multi-output, yakni 10 watt, 20 watt, dan 35 watt. Jadi, Anda dapat memilih level kerasnya suara gitar sesuai kebutuhan.


Knop pengatur suara pada produk ini lebih kompleks. Dengan begitu, Anda dapat menyetel jenis karakter suara yang ingin dimainkan. Dari musik akustik hingga musik metal, semuanya dapat Anda mainkan dengan satu ampli gitar ini saja. Jika Anda ingin bereksplorasi layaknya profesional, inilah produk yang tepat.

Waktu yang pas untuk menggunakan amplifier gitar

Waktu yang pas untuk menggunakan amplifier gitar

Sebenarnya, gitar elektrik sudah menghasilkan suara sekalipun tidak menggunakan amplifier. Namun, ketika berlatih dengan suara yang kecil, latihan Anda mungkin tidak maksimal. Anda tidak dapat merasakan kekuatan petikan gitar dan vibrato-nya. 


Menggunakan suara kecil juga akan membuat Anda menahan pitch dan mematikan akurasi. Harmonisasi chord musik dan penghayatan lagu pun lebih sulit dilakukan. Anda akan merasa sudah bermain dengan baik ketika berlatih tanpa amplifier. Akan tetapi, saat Anda menghubungkan gitar Anda pada amplifier, bisa jadi hasilnya tidak baik. 


Bila Anda takut berisik saat berlatih di rumah, ada beberapa amplifier yang dilengkapi jack untuk headphone. Anda dapat menggunakan fasilitas ini untuk memperbaiki kemampuan Anda selama berlatih menggunakan amplifier gitar di rumah.

Tips setting amplifier gitar oleh gitaris, Adriano Pandapotan

Tips setting amplifier gitar oleh gitaris, Adriano Pandapotan

Setiap amplifier memiliki kontrol dan setting yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya kontrol clean, overdrive, dan gain akan menentukan jenis suara gitar yang ingin dikeluarkan. Dari situlah setting paling mudah yang bisa Anda coba.

Baca juga rekomendasi produk gitar di sini

Setelah mahir bermain gitar dengan amplifier, saatnya mencoba gitar lainnya untuk amplifier pilihan Anda. Kami sudah menyiapkan rekomendasi berbagai gitar elektrik untuk Anda. Yuk, baca artikel-artikel di bawah ini agar koleksi gitar Anda bertambah!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan tips memilih amplifier gitar terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai untuk permainan gitar Anda? Ada baiknya ketika ingin membeli amplifier, Anda mencobanya terlebih dahulu. 


Anda bisa pergi ke toko alat musik dan meminta pegawai toko untuk menyetelkannya. Setelah Anda mendapatkan yang sesuai keinginan, membeli secara offline maupun online merupakan hal mudah. Jadi, selamat berburu amplifier gitar!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer