10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2018)

Sekarang ini, parfum menjadi hal penting yang dapat membantu menunjang penampilan pria. Banyak merek yang menyediakan parfum khusus untuk pria, seperti Dior, Chanel, Givenchy, Bvlgari, dan lain-lain. Dengan berbagai aroma yang ada, tentunya kaum pria jadi susah dalam memilih parfum yang cocok.

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan poin yang harus diperhatikan dalam pemilihan parfum. Kami juga akan menjelaskan cara efektif untuk memilih parfum yang tepat. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli parfum khusus untuk pria, baca artikel ini sampai selesai ya!

Cara memilih parfum untuk pria

Ada banyak jenis parfum yang beredar, yang akan membuat Anda bingung menentukan mana yang cocok untuk Anda. Pertama-tama, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih parfum.

Periksa kadar parfum dan daya tahan wanginya

Periksa kadar parfum dan daya tahan wanginya

Parfum dibuat dengan mencampur larutan alkohol, atau alkohol dan air suling, dengan wewangian. Ada parfum yang kemasannya bertuliskan eau de toilette, atau eau de cologne, tapi apakah Anda mengetahui arti dan perbedaannya ?

Sebenarnya, nama tersebut dibagi menurut kadar parfum. Parfum dengan kadar konsentrasi tertinggi ditandai dengan kata parfum, lalu (eau de) parfumtoilette, dan terakhir cologne menandai parfum dengan kadar konsentrasi yang lebih rendah. Jika di kemasan tertulis eau de parfum, eau de toilette, eau de cologne, selain menggunakan alkohol, ada penambahan air suling di produk tersebut, sehingga konsentrasi parfum akan berkurang jauh. Pada umumnya, semakin rendah kandungan wewangian, harganya murah, dan aromanya juga lebih ringan. Berikut daya tahan wewangian menurut masing-masing jenisnya.

  • Parfum : 5-12 jam
  • Eau de parfum : 4-6 jam
  • Eau de toilette : 2-5 jam
  • Eau de cologne : 1-2 jam

Ada yang mengatakan bahwa daya konsentrasi yang tinggi merupakan hal penting untuk parfum, agar Anda dapat menggunakannya dalam jangka lama. Namun, kali ini kami ingin merekomendasikan “eau de toilette” kepada Anda, yang mudah ditemukan di toko online.

Pilih aroma yang sesuai

Walau ada parfum yang populer, yang digunakan banyak orang, belum tentu aromanya cocok untuk Anda. Dalam memilih parfum, mengetahui aroma favorit akan membantu Anda dalam menemukan parfum yang tepat. Berikut beberapa aroma yang digunakan dalam parfum pria.

  • Citrus Note : aroma buah jeruk yang segar seperti wangi jeruk dan jeruk limau
  • Green Note : aroma menyegarkan seperti saat Anda memetik daun
  • Floral Note : aroma bunga seperti mawar dan melati, yang mewah dan elegan
  • Oriental Note : aroma eksotis seperti musk
  • Woody Note : aroma pepohonan seperti sandalwood dan cedarwood, yang hangat dan tenang
  • Shipley Note : aroma dari lumut yang tumbuh di oak tree, jeruk bergamot, dengan tambahan aroma bunga
  • Marine Note (Ozone Note) : aroma menyegarkan seperti angin laut

Selain itu, aroma parfum juga akan berubah sebanyak 3 tahap, tergantung dari waktu, yaitu top note, middle note, serta last note. Jadi pastikan Anda memilih dengan tepat.

Top note : aroma yang tercium langsung setelah menempel ke kulit

Top Note : aroma yang tercium langsung setelah menempel ke kulit

Top note adalah aroma wangi yang dapat Anda rasakan hingga 5-10 menit setelah Anda memakai parfum. Wangi citrus seperti lemon dan bergamot memiliki volatilitas tinggi (gampang menguap). Anda akan segera merasakan aroma parfum sesaat setelah Anda menyemprotkannya ke tubuh Anda, tetapi aroma dari top note akan cepat menghilang.

Middle note : aroma yang menenangkan

Middle note : Aroma yang menenangkan

Ketika aroma dari top note sudah mulai menghilang, aroma dari middle note akan tercium selama 30 menit, yang merupakan aroma utama dari parfum tersebut. Jika Anda bertemu dengan orang pada saat aroma parfum sudah memasuki sesi middle note, tubuh Anda akan mengeluarkan aroma terbaik dari parfum yang Anda kenakan. Aroma dari middle note ini akan tahan selama 2 sampai 3 jam.

Last note : aroma yang tercium 2 jam setelah penyemprotan

Last note : aroma yang tercium 2 jam setelah penyemprotan

Last note merupakan wewangian yang muncul di bagian paling akhir. Wewangian ini muncul setelah 2 jam pemakaian, yang wanginya akan tetap sama sampai akhirnya menghilang dengan sendirinya. Jika ada aroma musk atau aroma kayu yang muncul di tahap akhir, maka wangi tersebut akan bertahan sampai setengah hari.

Pilih wewangian yang sesuai dengan tempat, waktu dan acara

Pilih wewangian yang sesuai dengan tempat, waktu dan acara

Sesuaikan parfum dengan tempat, waktu dan juga acara yang akan Anda hadiri. Jika Anda ingin makan malam romantis bersama dengan orang tersayang, atau jika Anda ingin memberikan kesan yang kuat pada saat acara bisnis, pemilihan parfum harus disesuaikan dengan citra yang ingin Anda tampilkan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin pergi dengan orang yang terkasih, lebih baik menggunakan wewangian dengan aroma musk, yang dapat memberikan kesan seksi. Untuk urusan bisnis yang lebih serius, lebih baik menggunakan aroma citrus yang segar.

Pemakaian parfum saat cuaca sedang panas terik juga harus diperhatikan. Dengan suhu yang tinggi, aroma keringat dan parfum akan tercampur. Saat panas dan terik, sebaiknya hindari aroma manis seperti vanilla dan musk. Pilihlah aroma dari green notes dan marine notes.

Beli parfum dengan ukuran yang kecil

Beli parfum dengan ukuran yang kecil

Ketika Anda membeli parfum, tentunya Anda ingin mengetahui wangi bukan hanya dari top note, tapi juga middle note, serta last note.

Namun, akan sulit mengetahui apakah parfum tersebut aromanya sesuai untuk Anda, kecuali Anda menggunakannya selama beberapa jam. Jika Anda tidak yakin dengan pilihan Anda, Anda bisa mencoba dengan membeli parfum yang ukuran botolnya lebih kecil.

Tergantung dari mereknya, ada yang menjual parfum dengan mini coffret, yang dikemas dalam satu set untuk beberapa parfum, dan ada juga yang menjual parfum dalam ukuran sampel. Jadi, jika Anda tertarik dengan satu merek tertentu, Anda bisa mencoba membeli parfumnya dalam bentuk set.

10 Rekomendasi parfum terbaik untuk pria

Sekarang kami akan merekomendasikan 10 parfum terbaik untuk pria. Semoga bisa membantu Anda untuk mendapatkan parfum yang sesuai!

10. BVLGARI Black Eau De Toilette

BVLGARI Black Eau De Toilette

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 829.000

Aroma woody note yang maskulin

Parfum dengan sentuhan woody note ini cocok untuk pria metropolitan. Aromanya yang penuh dengan nuansa kayu, memberikan kesan yang dewasa dan maskulin. Aromanya juga ringan, membuat parfum ini cocok dipakai sehari-hari.

Kemasannya yang didominasi warna hitam dan perak, memberikan kesan mewah. Dengan bentuknya yang unik dan simpel, membuat parfum ini mudah untuk Anda bawa di tas.

9. Dolce & Gabbana Light Blue Pool Homme

9. Dolce & Gabbana Light Blue Pool Homme

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 545.000

Parfum terbaik pria tahun 2008 dengan aroma citrus yang menyegarkan

Parfum dari Dolce & Gabbana ini memenangkan penghargaan sebagai parfum pria terbaik pada tahun 2008. Dengan aroma citrus yang menyegarkan, memberikan kesan maskulin, segar, namun elegan. Cocok untuk Anda yang sering meeting maupun mengikuti kegiatan transaksi bisnis lainnya.

Sesuai dengan nama parfumnya, kemasan dari parfum ini juga didominasi warna biru muda dengan botol yang transparan, memudahkan Anda untuk mengetahui kapan parfum ini akan habis. Aromanya juga bisa bertahan selama 5 jam.

8. GIORGIO ARMANI Eau Pour Homme

8. GIORGIO ARMANI Eau Pour Homme

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.025.000

Aroma klasik yang menyegarkan

Untuk Anda yang menyukai aroma yang klasik, parfum ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Aroma yang dihasilkan merupakan kombinasi dari citrus note, green note, serta woody note, memberikan hasil yang spontan dan menyegarkan.

Desain botolnya juga dikemas secara sederhana, namun tetap terlihat elegan. Tidak heran kalau parfum yang satu ini menjadi favorit banyak orang.

7. Ferrari Scuderia Light Essence Acqua

7. Ferrari Scuderia Light Essence Acqua

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 325.000

Parfum unisex, bisa dipakai oleh pria maupun wanita

Untuk Anda yang menyukai aroma kesegaran laut, parfum yang satu ini bisa Anda coba. Aromanya yang ringan akan memberikan kesegaran untuk Anda.

Selain itu, parfum dari Ferrari ini, selain digunakan oleh pria, bisa juga digunakan oleh wanita. Jadi untuk Anda, para wanita, parfum ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk Anda.

6. Davidoff Champion Energy

6. Davidoff Champion Energy

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 365.000

Halter yang paling ringan !

Parfum dari Davidoff ini memiliki kemasan yang unik, seperti halter, namun tentu saja bebannya sangat ringan. Aromanya yang condong ke aromatic spicy, akan menambahkan kesan sporty dan maskulin, cocok untuk dipakai sehari-hari.

Ketahanan aromanya selama 6-10 jam, akan membuat tubuh Anda terasa wangi sepanjang hari. Untuk Anda yang suka dengan aroma parfum dengan perpaduan citrus, woody, serta spicy, parfum ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda.

5. Calvin Klein CK BE

5. Calvin Klein CK Be

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 450.000

Percaya diri, just be yourself !

Calvin Klein mengeluarkan parfum BE ini dengan tujuan be yourself, supaya pemakai parfum ini bisa menjadi diri sendiri dan percaya diri. Dengan aroma floral, woody, musk, membuat parfum ini juga bisa dipakai oleh wanita.

Sayangnya, aroma dari parfum ini tidak dapat bertahan lama di tubuh Anda. Sehingga, jika Anda ingin wanginya bertahan sepanjang hari, Anda harus menyemprotkan parfum ini lagi ke tubuh Anda, setelah beberapa jam.

4. Issey Miyake L’Eau d’Issey Pour Homme

4. Issey Miyake L'Eau d'Issey Pour Homme

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 550.000

Wangi yang disukai oleh pria maupun wanita

Issey Miyake mengeluarkan beberapa parfum yang disukai oleh para pria, maupun wanita. Khusus untuk pria, yang menjadi favorit adalah L’Eau d’Issey Pour Homme ini. Dengan campuran aroma woody, aquatic serta citrus, akan membuat tubuh Anda mengeluarkan aroma segar sepanjang hari.

Parfum ini memiliki aroma karakter yang kuat, cocok dipakai untuk Anda yang sedang mengadakan pertemuan bisnis dengan rekan kerja, yang dapat memberikan kesan yang serius. Aromanya juga bisa bertahan lama di tubuh Anda, sehingga tidak perlu menyemprotkannya kembali ke tubuh Anda.

3. Hugo Boss Hugo Iced

3. Hugo Boss Hugo Iced

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 765.000

Dengan aroma mint, membuat tubuh terasa segar sepanjang hari

Sesuai dengan namanya, saat Anda menyemprotkan parfum ini di tubuh, Anda akan merasakan sensasi dingin dengan aroma mint yang segar. Dengan aroma yang segar, membuat Anda bersemangat untuk memulai hari Anda.

Parfum ini juga bisa dipakai oleh segala umur, dari remaja hingga dewasa. Aromanya yang ringan, membuat parfum ini cocok dipakai sehari-hari.

2. Penhaligon’s Sartorial

2. Penhaligon's Sartorial

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.150.000

Aroma mewah tercium sepanjang hari

Dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi, parfum ini menghasilkan aroma fresh spicy dengan daya tahan yang cukup lama. Untuk Anda yang suka dengan aroma yang cukup kuat dan maskulin, cobalah parfum ini.

Parfum ini cocok dipakai saat Anda menghadiri acara-acara resmi, yang bisa memberikan kesan yang baik untuk Anda. Dengan aromanya yang memikat, Anda bisa menjadi pusat perhatian.

1. Hermes Terre D’Hermes

1. Hermes Terre D'Hermes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.095.000

Wangi yang  memikat banyak orang

Hermes sudah dikenal banyak orang karena kemewahan parfumnya. Untuk parfum yang satu ini, aroma citrus sangat mencolok, memberikan rasa segar, yang juga dapat menyita perhatian banyak orang. Karena aromanya yang cukup intens, akan lebih cocok dikenakan oleh pria dewasa.

Karena merek Hermes termasuk merek kelas atas, tidak heran kalau kemasannya juga dibuat terlihat mewah dan elegan. Dengan botol yang seperti huruf H, lambang dari Hermes, akan terlihat mewah di meja Anda. Untuk Anda para wanita, jangan ragu membelikan parfum ini untuk pria yang Anda sayangi.

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan parfum

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan parfum

Ada kalanya Anda memilih pergelangan tangan sebagai area untuk menyemprotkan parfum, kemudian langsung digosok-gosokkan ke pergelangan tangan satunya. Namun, ternyata hal ini bisa merusak aroma parfum. Jadi, sebaiknya Anda hindari hal tersebut. Kami juga tidak merekomendasikan pemakaian yang berlebihan di area leher. Karena area leher cukup dekat dengan hidung, membuat Anda mudah mencium aroma parfum, yang dapat mengakibatkan Anda mencium aromanya secara berlebihan. Kami merekomendasikan area perut, karena Anda bisa mencium aroma parfum secukupnya, tanpa berlebihan.

Sebagus apapun parfum Anda, sebaiknya hindari pemakaian berlebihan yang membuat orang lain merasa tidak nyaman. Terutama saat Anda makan dengan orang lain, jangan menyemprotkan parfum secara berlebihan. Jika Anda ingin touch up parfum, semprotkan sedikit ke bagian bawah tubuh, supaya aromanya ringan dan tidak mengganggu.

Setelah Anda membeli parfum favorit, sebaiknya Anda mempelajari cara menggunakan parfum dengan benar, supaya aromanya juga enak dicium.

Periksa merek dan parfumnya

Periksa merek dan parfumnya

Ada berbagai parfum pria dari setiap merek, namun kami akan merangkum karakteristik keharuman dari masing-masing merek. Anda akan lebih menikmati memilih parfum, jika Anda sudah mengetahui karakteristik dari masing-masing parfum.

ALAIN DELON

Dari aroma yang bersih dan tajam, sampai aroma yang manis, aroma yang kaya rasa menjadi hal yang menarik dari merek ini. Karakteristiknya cocok digunakan oleh siapa saja yang tidak menggunakan parfum dalam jumlah banyak.

BVLGARI

BVLGARI dikenal sebagai penjual perhiasan kelas atas. Rasa mewah yang terlihat dari perhiasan, juga dimunculkan ke parfum-parfumnya.

Calvin Klein

Akrab dengan kesan ringan yang ditampilkan CK-ONE, membuat merek ini dikenal mengeluarkan parfum yang kasual dan unisex. Merek dari New York ini memiliki aroma yang memberikan kesan urban yang penuh gaya.

Chanel

Chanel dikenal memberi kebijakan untuk wanita mandiri dalam mendapatkan kecantikan tanpa terbelenggu oleh aturan-aturan lama. Konsep Chanel tersebut juga tertuang di parfum khusus prianya. Dengan aroma yang kuat namun lembut, Anda dapat menarik perhatian banyak orang.

GIVENCHY

Sebagai merek kelas atas, Givenchy memberikan kesan mewah dan elegan. Kesan tersebut juga hadir di aroma parfum Givenchy, yang dapat memberikan nuansa mewah serta intelek.

Kesimpulan

Parfum untuk pria banyak macamnya, namun selera setiap orang tidaklah sama. Ketika memilih parfum, sangat penting untuk mengetahui terlebih dulu aromanya, dari top note sampai last note. Anda juga harus menggunakan parfum yang sesuai dengan keperluan Anda.

Semoga dengan rekomendasi dari kami ini, bisa membantu Anda untuk menemukan parfum yang tepat. Selamat memilih !

Related Posts: