• 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Lip tint merupakan produk pewarna bibir dari Korea yang diklaim tahan lama. Penggunaan lip tint bahkan tidak membuat bibir hitam dan bibir kering. Karena formulanya yang unik, lip tint cocok untuk semua orang, termasuk untuk remaja.

Kini telah banyak merk ternama seperti Etude House, Innisfree, Tony Moly hingga Emina yang mengeluarkan lip tint. Ada produk yang dilengkapi Aloe vera, ada pula yang bersifat waterproof. Namun, produk manakah yang bagus? Kali ini kami akan menjabarkan cara memilih sekaligus memperkenalkan rekomendasi lip tint terbaik. Untuk lebih lengkapnya, bacalah artikel ini hingga selesai!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Lily Kanaya
Dessy Lubis
Winda Trisuci
  • Pembaharuan terakhir: 15 Maret 2021
  • 163.936 Views
Daftar isi

Apa itu lip tint?

Apa itu lip tint?

Lip tint merupakan pewarna bibir yang saat ini sedang booming di Korea karena warnanya tahan lama. Berdasarkan bentuknya, lip tint dibagi menjadi dua tipe yakni padat (stick type) dan cair (liquid type).


Perbedaan utama dari kedua bentuk lip tint tersebut ada pada jenis pewarna yang digunakan. Lip tint tipe padat biasanya memanfaatkan pewarna berbahan dasar minyak. Sementara itu, lip tint tipe cair menggunakan bahan dasar air sebagai pewarnanya. Karena itu, lip tint tipe cair lebih mudah diaplikasikan pada permukaan bibir.

Cara memilih lip tint

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih lip tint. Silakan simak dengan saksama agar Anda bisa menemukan lip tint yang tepat.

Perhatikan hasil akhirnya untuk mendapatkan riasan bibir yang trendi

Salah satu poin penting dalam memilih lip tint adalah memastikan hasil akhir penggunaannya pada bibir. Pastikan Anda memilih lip tint yang dapat membuat bibir terlihat lebih berwarna dan tampak sehat. Anda bahkan bisa menciptakan warna bibir gradasi dengan lip tint sehingga tampilan makeup terlihat lebih trendi.

Agar bibir tampak lembap, pilih yang memberikan efek berkilau alami

Agar bibir tampak lembap, pilih yang memberikan efek berkilau alami

Untuk menghasilkan tampilan bibir yang lembap dan segar, silakan gunakan lip tint dengan efek kilau yang pas. Lip tint yang memberi sentuhan glossy alami dapat menutupi kerutan pada bibir. Jadi, bibir Anda pun akan terlihat lebih bersih saat memakai lip tint jenis ini.


Namun, jangan sampai memilih lip tint dengan efek kilau yang berlebihan, ya! Bisa-bisa Anda dianggap baru saja mengonsumsi makanan berminyak. Jika ingin memberikan kesan dewasa pada riasan wajah, sebaiknya Anda menghindari lip tint dengan kilau berlebihan.

Agar bibir tampak lebih padat, pilih yang menghasilkan warna matte

Agar bibir tampak lebih padat, pilih yang menghasilkan warna matte

Lip tint dengan tekstur matte mengandung lebih sedikit minyak sehingga tidak akan memberikan efek berkilau pada bibir. Akan tetapi, lip tint matte sendiri masih dibagi menjadi semi-matte, velvet, dan soft-matte. Ketiga jenis tersebut menghasilkan tampilan yang berbeda di bibir, mulai dari memberi kesan bold hingga lembut.


  • Semi-matte
Lip tint dengan jenis semi-matte disebut juga sebagai half-matte. Semi-matte merupakan jenis yang paling mendekati tampilan matte pada lipstik. Tidak heran jika jenis ini memberikan kesan bold pada bibir. Sayangnya, karena tidak memberikan kilap, lip tint semi-matte juga tidak memberi kelembapan. Oleh sebab itu, lip tint jenis ini cenderung akan membuat bibir kering.

  • Velvet

Lip tint jenis velvet menghasilkan tampilan yang sedikit lebih glossy dibandingkan semi-matte. Karena formulanya lebih creamy, jenis velvet memberikan kilau yang pas sehingga dapat memberikan kesan mewah di bibir.


  • Soft-matte

Ciri khas dari lip tint soft-matte adalah dapat memberikan tampilan yang paling lembut di antara jenis lainnya. Tekstur matte yang lembut dari jenis ini membuatnya berkilau saat diaplikasikan pada bibir. Lebih dari sekadar glossy, lip tint jenis ini cenderung memberi kesan halus di bibir.

Gunakan warna favorit untuk menonjolkan pesona

Dengan banyaknya pilihan warna lip tint, Anda bisa menghasilkan beragam jenis riasan. Selain itu, Anda juga bisa memakai warna-warna favorit yang dapat menonjolkan kepribadian.

Warna terang dan natural: Cocok untuk semua jenis riasan

Warna terang dan natural: Cocok untuk semua jenis riasan

Lip tint dengan warna terang dan natural bisa dianggap sebagai lip balm berwarna. Oleh sebab itu, pilihan warna ini sangat cocok bagi pemula. Selain memberikan kesan natural pada bibir, warna seperti ini mudah dipadukan dengan berbagai riasan dan busana. Karena itu, warna-warna natural bisa dipakai ke semua acara.


Hebatnya lagi, warna natural seperti ini dapat memberikan kesan cantik alami pada bibir. Anda akan terlihat cantik natural tanpa makeup. Anda hanya perlu mengaplikasikan lip tint secara tipis-tipis ke bibir.

Warna pekat dan tebal: Dapat menghasilkan gradasi warna yang cantik

Warna pekat dan tebal: Dapat menghasilkan gradasi warna yang cantik

Ada teknik khusus yang bisa Anda lakukan saat menggunakan lip tint dengan warna pekat dan tebal (bold). Kami sarankan untuk mengaplikasikan lip tint cair dengan warna seperti ini pada bagian dalam bibir. Dengan begitu, gradasi warna secara alami akan tercipta di bibir Anda. Terakhir, Anda bisa menggunakan teknik riasan bibir tiga dimensi untuk memberikan efek melembapkan dan penuh.


Sayangnya, lip tint dengan warna bold memiliki kelemahan saat diaplikasikan ke seluruh area bibir. Pemakaian seperti ini menghasilkan warna yang tidak merata dan tampak tidak natural. Jika Anda belum terbiasa menggunakan lip tint dengan warna bold, harap perhatikan hal ini, ya.

Pastikan warnanya tahan lama dan tidak mudah pudar

Pastikan warnanya tahan lama dan tidak mudah pudar

Meski dianggap tahan lama dan sulit pudar, ada beberapa produk lip tint yang warnanya mudah hilang akibat gesekan. Selain itu, hal yang juga sering terjadi adalah perubahan warna lip tint saat awal dan akhir pemakaian. Meski Anda menyukai warna suatu lip tint, tentu tetap merepotkan jika warnanya tidak tahan lama. Jadi, kami sarankan untuk memastikan warna lip tint pilihan Anda tidak mudah pudar.

Hati-hati dengan terjadinya pigmentasi akibat warna lip tint yang terlalu kuat

Hati-hati dengan terjadinya pigmentasi akibat warna lip tint yang terlalu kuat

Siklus pergantian sel kulit bibir sangatlah pendek, hanya sekitar tiga atau empat hari. Waspadalah bila warna lip tint yang dipakai tidak kunjung hilang, apalagi jika Anda telah mencoba menghapusnya dengan makeup remover. Hal tersebut menandakan bahwa pewarna lip tint tertinggal di bibir dan dapat menyebabkan pengendapan pigmen.


Ketebalan kulit bibir setiap orang berbeda-beda. Ada yang kondisi bibirnya mudah kembali seperti semula, ada yang tidak. Warna lip tint mungkin akan lebih mudah mengendap pada pemilik bibir tipis karena ketiadaan kulit yang terkelupas.


Orang yang kulit bibirnya sulit mengelupas juga akan lebih mudah terkena dampak pigmentasi. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggunakan lip tint dengan warna yang sulit hilang.

Pilih tipe yang disukai dan mudah digunakan

Pilih tipe yang disukai dan mudah digunakan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lip tint dibagi menjadi dua tipe yaitu padat (stick) dan cair (liquid). Lip tint tipe padat mudah dibawa dan diaplikasikan di mana saja. Karena bentuknya seperti lip balm, Anda pasti lebih mudah saat menggunakannya. Untuk penggunaan sehari-hari, kami lebih merekomendasikan untuk memakai lip tint tipe padat.


Sementara itu, bila Anda ingin mengaplikasikan pewarna hingga ke sudut atau tepi bibir, sebaiknya gunakan lip tint cair. Hal ini dikarenakan lip tint cair dilengkapi dengan kuas berujung sempit sehingga dapat menjangkau bagian sudut bibir. Lip tint tipe ini juga sangat disarankan bagi Anda yang ingin mendapatkan tampilan makeup lebih maksimal.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi lip tint terbaik

Sekarang kami akan memberikan sepuluh rekomendasi lip tint terbaik dari berbagai merk. Pilihlah lip tint yang paling sesuai dengan selera dan kondisi bibir Anda!
10
TipeCair
Hasil akhirMatte
Warna8 varian
Isi3,5 gr
9
TipeCair
Hasil akhirSemi-matte
Warna6 varian
Isi5,5 ml
8
TipeCair
Hasil akhirMatte
Warna3 varian
Isi8,3 ml
7
TipeCair
Hasil akhirVelvet
Warna3 varian
Isi5,5 gr
6

MaybellineColor Sensational Lip Tint

Mulai dari Rp 119.000,00

TipeCair
Hasil akhirSemi-matte
Warna5 varian
Isi4,5 ml
5

FocallureLip and Cheek Dual-Use Liquid

Mulai dari Rp 129.045,00

TipeCair
Hasil akhirVelvet
Warna7 varian
Isi12 gr
4
TipeCair
Hasil akhirGlossy
Warna10 varian
Isi4 gr
3

Y.O.UThe Simplicity Love You Tint

Mulai dari Rp 45.000,00

TipeCair
Hasil akhirSoft-matte
Warna6 varian
Isi6 gr
2

Etude HouseDear Darling Water Gel Tint

Mulai dari Rp 35.000,00

TipeCair
Hasil akhirVelvet
Warna10 varian
Isi10 gr
1
TipePadat
Hasil akhirGlossy
Warna7 varian
Isi2,3 gr

Tabel perbandingan produk lip tint terbaik

Gambar produk
1
Bobbi Brown Extra Lip Tint 1

Bobbi Brown

2
Etude House Dear Darling Water Gel Tint 1

Etude House

3
Y.O.U The Simplicity Love You Tint 1

Y.O.U

4
Innisfree Vivid Oil Tint 1

Innisfree

5
Focallure Lip and Cheek Dual-Use Liquid 1

Focallure

6
Maybelline Color Sensational Lip Tint 1

Maybelline

7
Purbasari 2in1 Color Tint 1

Purbasari

8
Tony Moly Delight Tony Tint 1

Tony Moly

9
Emina Magic Potion Lip Tint 1

Emina

10
Madame Gie Magnifique Lip Tint 1

Madame Gie

Nama produk

Extra Lip Tint

Dear Darling Water Gel Tint

The Simplicity Love You Tint

Vivid Oil Tint

Lip and Cheek Dual-Use Liquid

Color Sensational Lip Tint

2in1 Color Tint

Delight Tony Tint

Magic Potion Lip Tint

Magnifique Lip Tint

Keunggulan

Warnai bibir lebih rapi dengan lip tint tipe stick

Hasilkan bibir lebih kenyal dengan warna buah-buahan

Tetap cantik saat memakai lip tint meski bibir kering

Kaya akan kandungan minyak, tetapi tidak lengket

Produk multifungsi dengan kandungan Aloe vera

Warna-warna cerah yang dikemas dalam botol unik

Cegah pengaruh buruk sinar matahari

Hasilkan tampilan matte tanpa membuat bibir kering

Mewarnai bibir remaja dengan cantik

Warna awet dan menawan tanpa membuat kantong jebol

Harga mulai dariRp 345.000,00Rp 35.000,00Rp 45.000,00Rp 150.000,00Rp 129.045,00Rp 119.000,00Rp 38.500,00Rp 28.000,00Rp 46.000,00Rp 23.000,00
TipePadatCairCairCairCairCairCairCairCairCair
Hasil akhirGlossyVelvetSoft-matteGlossyVelvetSemi-matteVelvetMatteSemi-matteMatte
Warna7 varian10 varian6 varian10 varian7 varian5 varian3 varian3 varian6 varian8 varian
Isi2,3 gr10 gr6 gr4 gr12 gr4,5 ml5,5 gr8,3 ml5,5 ml3,5 gr
Tautan produk

Apakah penggunaan lip tint aman?

Apakah penggunaan lip tint aman?

Beberapa orang mungkin akan berpikir bahwa pewarna dari lip tint berbahaya. Namun, bila Anda memilih produk yang telah lolos uji standar keamanan kosmetik, hal tersebut bukanlah masalah. Permasalahan yang timbul dari penggunaan lip tint umumnya adalah ketidakcocokan antara kandungan bahan pewarna dengan kulit bibir. Alhasil, bibir pun bisa menjadi kasar.


Perlu diingat, partikel pewarna dari lip tint cair juga lebih kecil dibandingkan jenis padat. Oleh sebab itu, pewarna lip tint cair lebih merasuk dan berpotensi tertinggal pada lapisan terdalam kulit.


Untuk menghindari ketegangan pada bibir, usahakan jangan mengaplikasikan lip tint secara langsung ke bibir. Pastikan Anda mengoleskan base terlebih dahulu untuk membuat lapisan pelembap. Sama seperti Anda mengaplikasikan foundation sebelum makeup, penggunaan base akan membuat riasan bibir tampak lebih cantik.

Baca juga rekomendasi pewarna bibir lainnya di sini

Selain lip tint, masih ada banyak jenis pewarna bibir yang tidak kalah hebat. Lip cushion, lip gloss, hingga lip balm bewarna merupakan beberapa contohnya. Bila Anda penasaran dengan fungsi dan keunggulan masing-masing produk, segera kunjungi artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Karena warnanya tahan lama, popularitas lip tint pun kian menanjak. Dengan memakai produk ini, Anda tak perlu berulang kali memperbaiki riasan bibir. Praktis dan hemat waktu! Pemilihan lip tint yang tepat bahkan dapat membuat bibir Anda tampil merona, sehat, dan lembap.


Bagaimana pendapat Anda tentang artikel dan produk rekomendasi yang kami berikan? Semoga Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi dalam berbelanja. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Serum Bibir Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Bibir Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Serum bibir atau lip serum adalah produk perawatan bibir yang populer akhir-akhir ini. Serum dapat membuat bibir lebih kenyal, memperbaiki tekstur, serta memudarkan kerutan di bibir. Beberapa serum juga bisa digunakan sebagai pewarna bibir serta efektif melindungi bibir dari sinar UV.Di sini kami akan menjelaskan cara memilih serum bibir yang bagus. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan rekomendasi serum bibir terbaik dari merk lokal dan luar negeri, seperti Emina, Clarins, Dior, Ms. Glow, dan lainnya. Selamat tinggal bibir hitam!
    Lip color & lip care
    195.613 Views
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bibir yang tampak lembap dan cerah akan membuat penampilan Anda makin segar. Namun, gaya hidup dan paparan sinar ultraviolet dapat mengakibatkan bibir gelap dan kering. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan pelembap bibir untuk mengatasi bibir gelap dan kering.Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan tips memilih lip balm yang bagus dan ber-BPOM. Berbagai merk lip balm mancanegara, seperti Nivea, dan Vaseline telah kami siapkan. Kami juga akan mengulas lip balm lokal, seperti Wardah, Emina, dan Tiff Body. So, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Lip color & lip care
    182.858 Views
  • 10 Rekomendasi Lipstik Waterproof Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lipstik Waterproof Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lipstik waterproof cukup diminati oleh orang Indonesia. Lipstik ini memudahkan Anda agar tidak perlu melakukan touch up dalam waktu beberapa jam. Bahkan, ada beberapa produk yang tahan lama dan tidak akan luntur meski dipakai saat makan. Lipstik waterproof hadir dalam berbagai tipe, baik cream, stick, maupun liquid.  Jika Anda tertarik untuk membeli lipstik waterproof yang bagus, simaklah tips dari kami. Temukan juga tips tambahan dari makeup artist, Renata Aprianti. Jangan ketinggalan juga untuk membaca rekomendasi lipstik waterproof terbaik dari berbagai merk, seperti Revlon, NYX, dan Make Over. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
    53.913 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Bibir Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Bibir Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masker bibir atau lip mask memiliki manfaat untuk merawat bibir dalam waktu singkat. Penggunaan lip mask dapat mengatasi berbagai permasalahan, seperti bibir hitam, bibir kering, atau sekadar ingin memerahkan bibir. Ragam masker bibir pun kini makin banyak, mulai dari patch, tint, sheet, hingga lip sleeping mask.Dengan banyaknya pilihan, manakah yang bagus? Nah, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih masker bibir terbaik beserta sepuluh produk rekomendasinya. Merk lip mask yang terbukti aman seperti Bioaqua, Zozu, hingga Etude House bisa ditemukan dalam daftar rekomendasi kami. Penasaran? Yuk, disimak!
    Lip color & lip care
    83.491 Views
  • 10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lipstik matte masih menjadi must-have item untuk para wanita. Lipstik matte dinilai lebih nyaman digunakan, tahan lama, dan cocok dipakai kapan saja. Berbagai brand makeup mengeluarkan lipstik matte populer, di antaranya Make Over, Luxcrime, Emina, Rollover Reaction, Wardah, hingga L’Oréal.Untuk membantu Anda memilih lipstik matte yang bagus, kami telah merangkum tips memilih lipstik matte. Beragam review lip matte terbaik dari berbagai merk juga sudah kami sediakan di sini. Mari, temukan rekomendasi lipstik matte yang bagus dan tahan lama bersama kami!
    Lip color & lip care
    82.491 Views
  • 10 Rekomendasi Lipstik Innisfree Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lipstik Innisfree Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi penggemar kosmetik asal Korea pasti tidak asing dengan merek Innisfree. Brand ini masuk ke Indonesia tahun 2017 dan terkenal dengan beragam varian sheet mask berbahan dasar alami. Saat ini Innisfree tidak hanya memiliki produk skincare, tetapi juga kosmetik yang salah satunya adalah produk lipstik.Melalui artikel ini, kami akan menjabarkan cara memilih lipstik Innisfree. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produknya yang mungkin bisa jadi pilihan Anda. Yuk, simak penjelasan kami sampai selesai dan temukan lipstik yang paling cocok Anda kenakan!
    Lip color & lip care
    1.886 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori