• 10 Lip Tint Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Lip Tint Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Lip Tint Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Lip Tint Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Lip Tint Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Lip Tint Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

Lip tint merupakan produk pewarna bibir yang diklaim tahan lama. Lip tint, tidak membuat bibir hitam atau kering. Karena formulanya yang unik, lip tint cocok untuk semua orang, termasuk remaja.

Kini, banyak merek ternama yang mengeluarkan lip tint, seperti SOMETHINC, IMPLORA, dan Emina. Ada produk yang dilengkapi UV filter, ada pula yang bersifat transferproof. Namun, produk manakah yang bagus? Kami akan menjabarkannya untuk Anda sekaligus memperkenalkan rekomendasi lip tint terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. Bacalah artikel ini hingga selesai!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Luella Artistry
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Beauty content creator dan makeup artist, Luella Artistry

Profil pakar: Beauty content creator dan makeup artist, Luella Artistry
Luella Artistry
Beauty content creator dan MUA
Luella Artistry

Luella adalah seorang beauty content creator dan makeup artist. Ia memulai karier di bidang beauty sejak 2017. Berawal dari passion-nya sebagai MUA, Ia terjun lebih dalam lagi ke dunia beauty sebagai content creator.


Luella berpengalaman banyak dalam mencoba berbagai produk skincare dan makeup. Hal tersebut membuat dirinya makin paham bagaimana cara memaksimalkan dan memilih produk sesuai jenis kulit. Ia juga gemar membagikan review dan rekomendasi berbagai produk di media sosial.

Apa itu lip tint?

Apa itu lip tint?

Lip tint merupakan pewarna bibir yang saat ini sedang booming di Korea karena warnanya tahan lama. Warna dari lip tint ini dapat dibuat tipis ataupun pekat, tergantung cara mengaplikasikannya pada bibir. Tak heran, lip tint sering dipakai untuk membuat ombre ataupun kesan full pada bibir.


Meski umumnya lip tint memberikan tampilan glossy, saat ini cukup banyak produk yang menawarkan hasil akhir lebih matte. Menariknya lagi, produk-produk tersebut hadir dengan kandungan-kandungan yang mampu merawat bibir agar tampak lebih sehat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lip tint

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih lip tint. Silakan simak dengan saksama agar Anda bisa menemukan lip tint yang tepat.

Perhatikan hasil akhirnya untuk mendapatkan riasan bibir yang trendi

Salah satu poin penting dalam memilih lip tint adalah memastikan hasil akhir penggunaannya pada bibir. Pastikan Anda memilih lip tint yang dapat membuat bibir terlihat lebih berwarna dan tampak sehat. Anda bisa menciptakan warna bibir gradasi dengan lip tint sehingga tampilan makeup terlihat lebih trendi.

Efek berkilau alami, buat bibir tampak lembap

Efek berkilau alami, buat bibir tampak lembap

Untuk menghasilkan tampilan bibir yang lembap dan segar, silakan gunakan lip tint dengan efek kilau yang pas. Lip tint yang memberi sentuhan glossy alami dapat menutupi kerutan pada bibir. Jadi, bibir Anda pun akan terlihat lebih bersih saat memakai lip tint jenis ini.


Namun, jangan sampai memilih lip tint dengan efek kilau yang berlebihan, ya! Khususnya jika Anda sudah memiliki bibir yang tebal dan plumpy. Hal ini bisa membuat bibir Anda terlihat lebih besar lagi dan menjadi kurang proposional.


Bisa-bisa Anda dianggap baru saja mengonsumsi makanan berminyak. Jika ingin memberikan kesan dewasa pada riasan wajah, sebaiknya Anda menghindari lip tint dengan kilau berlebihan.

Hasil akhir matte, bikin bibir tampak lebih padat

Hasil akhir matte, bikin bibir tampak lebih padat

Lip tint dengan tekstur matte mengandung lebih sedikit minyak sehingga tidak akan memberikan efek berkilau pada bibir. Akan tetapi, lip tint matte sendiri masih dibagi menjadi semi-matte dan velvet-matte. Kedua jenis tersebut menghasilkan tampilan yang berbeda di bibir, mulai dari memberi kesan bold hingga lembut.


  • Semi-matte
Lip tint dengan jenis semi-matte disebut juga sebagai half-matte. Semi-matte merupakan jenis yang paling mendekati tampilan matte pada lipstik. Tidak heran jika jenis ini memberikan kesan bold pada bibir. Sayangnya, karena tidak memberikan kilap, lip tint semi-matte juga tidak memberi kelembapan. Jadi, lip tint jenis ini cenderung membuat bibir kering.

  • Velvet-matte

Lip tint jenis velvet menghasilkan tampilan yang sedikit lebih glossy dibandingkan semi-matte. Karena formulanya lebih creamy, jenis velvet memberikan kilau yang pas sehingga dapat memberikan kesan mewah di bibir.

Sesuaikan warnanya dengan acara yang akan dihadiri

Dengan banyaknya pilihan warna lip tint, Anda bisa menghasilkan beragam jenis riasan. Selain itu, Anda juga bisa memakai warna-warna favorit sesuai dengan acara yang akan dihadiri.

Warna terang dan natural: Cocok untuk daily activity

Warna terang dan natural: Cocok untuk daily activity

Lip tint dengan warna terang dan natural bisa dianggap sebagai lip balm berwarna. Oleh sebab itu, pilihan warna ini sangat cocok bagi pemula. Hebatnya lagi, warna natural seperti ini dapat memberikan kesan cantik alami pada bibir. Anda akan terlihat cantik natural tanpa makeup.


Anda hanya perlu mengaplikasikan lip tint secara tipis-tipis ke bibir. Nah, warna-warna natural ini sangat cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Anda bisa memakainya saat hang out bersama kawan atau ketika pergi ke kampus.

Warna pekat dan tebal: Pas dipakai untuk pergi ke pesta

Warna pekat dan tebal: Pas dipakai untuk pergi ke pesta

Ada teknik khusus yang bisa Anda lakukan saat menggunakan lip tint dengan warna pekat dan tebal (bold). Kami sarankan untuk mengaplikasikan lip tint cair dengan warna seperti ini pada bagian dalam bibir. Alhasil, gradasi warna akan tercipta secara alami. Anda juga bisa menggunakan teknik riasan bibir tiga dimensi untuk memberikan efek melembapkan dan penuh.


Umumnya, warna lip tint yang pekat dan tebal lebih cocok dipakai saat menghadiri acara-acara khusus. Sebagai contoh, warna merah pekat akan memberikan kesan eksotis saat pergi ke pesta. Kemudian, tampilan Anda akan terlihat makin memakau saat ke kondangan dengan memakai lip tint berwarna plum.

Kenali tipe lip tint yang beredar di pasaran

Kenali tipe lip tint yang beredar di pasaran

Berdasarkan bentuknya, lip tint dibagi menjadi dua tipe, yakni padat (stick type) dan cair (liquid type). Perbedaan utama dari kedua bentuk lip tint tersebut ada pada jenis pewarna yang digunakan. Lip tint tipe padat biasanya memanfaatkan pewarna berbahan dasar minyak.


Sementara itu, lip tint tipe cair menggunakan bahan dasar air sebagai pewarnanya. Karena itu, lip tint tipe cair lebih mudah diaplikasikan pada permukaan bibir. Untuk mengetahui kelebihan lain pada setiap tipenya, simak poin-poin di bawah ini.


  • Tipe padat

Lip tint tipe padat mudah dibawa dan diaplikasikan di mana saja. Karena bentuknya seperti lip balm, Anda pasti lebih mudah saat menggunakannya. Untuk penggunaan sehari-hari, kami lebih merekomendasikan lip tint tipe padat. Sayangnya, karena berbahan dasar minyak, daya tahan nya tidak akan sebagus tipe cair. Lip tint tipe padat masih belum banyak ditemui di pasaran sehingga warna yang ditawarkan masih terbatas.


  • Tipe cair

Jika ingin mengaplikasikan pewarna hingga ke sudut atau tepi bibir, sebaiknya gunakan lip tint tipe cair. Alasannya, lip tint cair dilengkapi kuas berujung sempit sehingga dapat menjangkau bagian sudut bibir. Tipe ini juga sangat disarankan bagi Anda yang ingin mendapatkan tampilan makeup lebih maksimal. Tipe ini memiliki dua tekstur, yakni tekstur watery dan gel.

10 Rekomendasi lip tint terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lip tint terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 31 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Bobbi Brown Extra Lip Tint menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Emina Magic Potion memiliki angka penjualan tertinggi.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Luella Artistry.

Gambar produk
1
Emina Magic Potion 1

Emina

2
Y.O.U The Simplicity Love You Tint 1

Y.O.U

3
IMPLORA Cheek and Lip Tint 1

IMPLORA

4
SOMETHINC OMBRELLA Lip Totem Tint 1

SOMETHINC

5
HANASUI Tintdorable Lip Stain 1

HANASUI

6
Purbasari 2in1 Color Tint Cheek & Lip Tint 1

Purbasari

7
SOMETHINC Lipvocado Vegan Lip Treatment Tint 1

SOMETHINC

8
SADA Khelir Cotton Liptint 1

SADA

9
Rosé All Day  Lip Tint Harry Potter Edition 1

Rosé All Day

10
I'M MEME  Color Key Ring Water Gel Tint 1

I'M MEME

Nama produk

Magic Potion

The Simplicity Love You Tint

Cheek and Lip Tint

OMBRELLA Lip Totem Tint

Tintdorable Lip Stain

2in1 Color Tint Cheek & Lip Tint

Lipvocado Vegan Lip Treatment Tint

Khelir Cotton Liptint

Lip Tint Harry Potter Edition

Color Key Ring Water Gel Tint

Keunggulan

Mampu mewarnai bibir para remaja dengan cantik

Tetap cantik saat memakai lip tint meski bibir kering

Produk multifungsi dengan packaging yang menggemaskan

Lip tint yang tidak membuat bibir hitam berkat warna intensnya

Tampil menawan tanpa membuat kantong jebol

Cegah pengaruh buruk sinar matahari dengan UV filter

Warnai bibir lebih rapi dengan lip tint tipe stick

Hasilkan tampilan matte tanpa membuat bibir kering

Lip tint berwarna gelap dan kecokelatan bertema Harry Potter! Mau?

Dilengkapi gantungan, makin mudah dibawa-bawa

Harga mulai dariRp 47.000,00Rp 49.000,00Rp 22.800,00Rp 59.000,00Rp 21.000,00Rp 38.500,00Rp 79.000,00Rp 79.000,00Rp 129.000,00Rp 180.000,00
TipeCairCairCairCairGelCairStickGelCairGel
Hasil akhirSemi-matteGlossyTidak disebutkanJuicy plumpy lips (glossy)GlossyTidak disebutkanNatural stain (glossy)Velvet matteGlossyTidak disebutkan
Warna6 varian4 varian6 varian20 varian6 varian3 varian7 varian6 varian4 varian7 varian
Isi5,5 ml6 gr5,5 gr2,5 ml10 ml5,5 gr4 gr10 ml3 grTidak disebutkan
BPOM✔️✔️✔️✔️✔️✔️✔️✔️✔️✔️
Tautan produk
10

I'M MEME Color Key Ring Water Gel Tint

Mulai dari Rp 180.000,00

TipeGel
Hasil akhirTidak disebutkan
Warna7 varian
IsiTidak disebutkan
BPOM✔️
9

Rosé All Day Lip Tint Harry Potter Edition

Mulai dari Rp 129.000,00

TipeCair
Hasil akhirGlossy
Warna4 varian
Isi3 gr
BPOM✔️
8
TipeGel
Hasil akhirVelvet matte
Warna6 varian
Isi10 ml
BPOM✔️
7

SOMETHINCLipvocado Vegan Lip Treatment Tint

Mulai dari Rp 79.000,00

TipeStick
Hasil akhirNatural stain (glossy)
Warna7 varian
Isi4 gr
BPOM✔️
6

Purbasari2in1 Color Tint Cheek & Lip Tint

Mulai dari Rp 38.500,00

TipeCair
Hasil akhirTidak disebutkan
Warna3 varian
Isi5,5 gr
BPOM✔️
5
TipeGel
Hasil akhirGlossy
Warna6 varian
Isi10 ml
BPOM✔️
4

SOMETHINCOMBRELLA Lip Totem Tint

Mulai dari Rp 59.000,00

TipeCair
Hasil akhirJuicy plumpy lips (glossy)
Warna20 varian
Isi2,5 ml
BPOM✔️
3
TipeCair
Hasil akhirTidak disebutkan
Warna6 varian
Isi5,5 gr
BPOM✔️
2

Y.O.UThe Simplicity Love You Tint

Mulai dari Rp 49.000,00

TipeCair
Hasil akhirGlossy
Warna4 varian
Isi6 gr
BPOM✔️
1
TipeCair
Hasil akhirSemi-matte
Warna6 varian
Isi5,5 ml
BPOM✔️

Apakah penggunaan lip tint aman?

Beberapa orang mungkin akan berpikir bahwa pewarna dari lip tint berbahaya. Namun, apabila Anda memilih produk yang telah lolos uji standar keamanan kosmetik, hal tersebut bukanlah masalah. Jadi, Anda perlu memastikan produk pilihan telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Kandungan bahan pewarna yang tidak cocok membuat kulit bibir kasar

Kandungan bahan pewarna yang tidak cocok membuat kulit bibir kasar

Permasalahan yang timbul dari penggunaan lip tint umumnya adalah ketidakcocokan antara kandungan bahan pewarna dengan kulit bibir. Alhasil, bibir pun bisa menjadi kasar. Perlu diingat, partikel pewarna dari lip tint cair juga lebih kecil dibandingkan jenis padat. Karena itu, pewarna lip tint cair lebih merasuk dan berpotensi tertinggal pada lapisan terdalam kulit.


Untuk menghindari ketegangan pada bibir, usahakan jangan mengaplikasikan lip tint secara langsung ke bibir. Pastikan Anda mengoleskan lip balm sebagai base terlebih dahulu untuk membuat lapisan pelembap. Sama seperti Anda mengaplikasikan foundation sebelum makeup, penggunaan base akan membuat riasan bibir tampak lebih cantik.

Hati-hati dengan terjadinya pigmentasi akibat warna lip tint yang terlalu kuat

Hati-hati dengan terjadinya pigmentasi akibat warna lip tint yang terlalu kuat

Siklus pergantian sel kulit bibir sangatlah pendek, hanya sekitar 3 hari atau 4 hari. Waspadalah jika warna produk yang dipakai tidak kunjung hilang, apalagi setelah Anda mencoba menghapusnya dengan makeup remover. Hal tersebut menandakan bahwa pewarna lip tint tertinggal di bibir dan dapat menyebabkan pengendapan pigmen.


Ketebalan kulit bibir setiap orang berbeda-beda. Ada yang kondisi bibirnya mudah kembali seperti semula, ada yang tidak. Warna lip tint mungkin akan lebih mudah mengendap pada pemilik bibir tipis karena ketiadaan kulit yang terkelupas.


Orang yang kulit bibirnya sulit mengelupas juga akan lebih mudah terkena dampak pigmentasi. Jadi, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggunakan lip tint dengan warna yang sulit hilang. Jangan lupa untuk melakukan mengeksfoliasi bibir agar sel kulit mati di bibir yang terkena pigmen bisa lebih cepat hilang.

Baca juga rekomendasi pewarna bibir lainnya di sini

Selain lip tint, masih ada banyak jenis pewarna bibir yang tidak kalah menarik. Lip cushion, lip gloss, hingga lip balm berwarna merupakan beberapa contohnya. Apabila Anda penasaran dengan fungsi dan keunggulan tiap-tiap produk, segera kunjungi artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Karena warnanya tahan lama, popularitas lip tint pun kian menanjak. Dengan memakai produk ini, Anda tak perlu berulang kali memperbaiki riasan bibir. Praktis dan hemat waktu! Bahkan, pemilihan lip tint yang tepat dapat membuat bibir Anda tampil merona, sehat, dan lembap.


Bagaimana pendapat Anda tentang artikel dan produk rekomendasi yang kami berikan? Semoga Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi dalam berbelanja. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Lip Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lip Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Serum bibir atau lip serum adalah produk perawatan bibir yang populer akhir-akhir ini. Serum dapat membuat bibir lebih kenyal, memperbaiki tekstur, serta memudarkan kerutan di bibir. Beberapa serum juga bisa digunakan sebagai pewarna bibir serta efektif melindungi bibir dari sinar UV.Di sini, kami akan menjelaskan cara memilih serum bibir yang bagus. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan rekomendasi serum bibir terbaik dari merek lokal dan luar negeri, seperti Emina, Sulwhasoo, Beaudelab, dan lainnya. Selamat tinggal bibir hitam!
    Lip color & lip care
  • 10 Lip Balm Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lip Balm Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir yang tampak lembap dan cerah akan membuat penampilan makin segar. Namun, gaya hidup dan paparan sinar ultraviolet dapat mengakibatkan bibir gelap dan kering. Untuk itu, Anda memerlukan lip balm atau pelembap bibir untuk mengatasinya.Kali ini, kami akan menyajikan tips memilih lip balm yang bagus dan ber-BPOM. Berbagai merek lip balm mancanegara, seperti NIVEA dan Vaseline telah kami siapkan. Lip balm lokal, seperti Emina dan Mad juga ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. So, jangan lewatkan informasinya!
    Lip color & lip care
  • 10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Sawo matang merupakan salah satu warna kulit asli orang Indonesia. Ada banyak produk lipstik yang akan mempercantik tampilan Anda yang kulitnya sawo matang atau berbibir hitam. Namun, salah pilih lipstik akan berisiko membuat kulit Anda jadi terlihat kusam dan tidak menarik.Kali ini kami akan membantu Anda memilih warna lipstik untuk kulit sawo matang agar wajah terlihat fresh. Kami juga akan mengulas tips memilih serta rekomendasi produk yang bagus. Anda dapat menemukan produk dari berbagai merek, seperti Y.O.U dan Implora. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Lip color & lip care
  • 10 Lipstik untuk Bibir Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lipstik untuk Bibir Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir yang hitam bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Salah satu cara untuk menyamarkannya adalah menggunakan lipstik yang tepat. Dengan begitu, warna bibir dapat menjadi lebih segar dan memesona. Di antara banyaknya merek dan warna lipstik, manakah lipstik yang bagus untuk bibir gelap?Kali ini kami akan memberikan tips dalam memilih lipstik bagi pemilik bibir gelap. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi lipstik terbaik dari berbagai merek, seperti Wardah, Make Over, dan Maybelline. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. Yuk, dimulai!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022)
    Lipstik adalah salah satu senjata wanita untuk tampil lebih memesona. Akan tetapi, bagaimana jika Anda memiliki bibir yang kering? Mungkin tidak mudah untuk menemukan lipstik yang dapat memperindah bibir kering Anda. Karena itu, kami akan memberikan rekomendasi lipstik terbaik untuk bibir kering. Make Over, Maybelline, dan Wardah adalah beberapa merek lipstik yang bagus untuk bibir kering. Produk-produk berkualitas buatan produsen lain juga ada dalam daftar rekomendasi kami. Namun, pertama-tama simaklah dahulu cara memilih lipstik untuk bibir kering supaya Anda tidak salah memilih.
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik Rollover Reaction Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lipstik Rollover Reaction Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rollover Reaction merupakan merk kosmetik lokal yang populer di kalangan beauty enthusiast tanah air. Selain formula dan variannya yang menarik, kualitas produk ini juga tidak kalah dengan produk internasional. Makeup bibir Rollover Reaction, seperti lip cream, lip gloss, dan lip crayon, merupakan produk unggulan dari brand ini.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih makeup bibir dari Rollover Reaction. Kami juga akan mengulas lipstik Rollover Reaction terbaik untuk Anda. Temukan review lengkap SUEDED! Lip and Cheek Cream, SLICKED! Lip Glass, dan CHUNKY! Lip Cheek Crayon, di sini!
    Lip color & lip care
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori