• 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Gaming keyboard merupakan barang yang sangat diperlukan bagi Anda yang gemar bermain game. Tidak hanya untuk bermain game, gaming keyboard juga memiliki kelebihan dalam pemakaian PC sehari-hari, misalnya shortcut key yang dapat di-customize, atau tombol yang lebih ringan saat dipakai mengetik.

Gaming keyboard memiliki banyak tipe, misalnya tipe membrane, tipe pantograph, blue axis, brown axis, dan lain-lain. Dalam artikel ini kami akan memberikan tips dalam memilih gaming keyboard yang baik. Periksalah dengan baik kelebihan dan kekurangan gaming keyboard sebelum Anda membelinya.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 2.534 Views
Daftar isi

Cara memilih gaming keyboard

Pertama-tama, kami akan memberikan tips pada Anda dalam memilih gaming keyboard yang baik. Perbedaan mencolok antara gaming keyboard dan keyboard biasa antara lain, pada gaming keyboard Anda bisa menekan beberapa tombol secara bersamaan. Anda juga bisa mengatur sendiri shortcut key yang Anda inginkan.
Selain itu, terdapat pula beberapa perbedaan pada setiap gaming keyboard. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan fitur apa saja yang ada pada gaming keyboard yang akan Anda beli. Mari kita simak beberapa poin penting berikut ini.

Memilih tipe tombol keyboard

Saat akan membeli gaming keyboard, penting bagi Anda untuk memilih tipe tombol keyboard yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya desktop PC menggunakan keyboard dengan tipe membrane yang memiliki tombol lebih menonjol. Sedangkan keyboard dengan tipe pantograph, memiliki tombol lebih datar dan tidak menonjol, dirancang untuk notebook ataupun laptop. Kabar baiknya, gaming keyboard memiliki kedua tipe ini dan dapat dibeli dengan harga terjangkau.
Kebanyakan tombol gaming keyboard bergerak dengan gaya pegas, bukan dengan tekanan jari. Mekanisme ini disebut dengan mechanical switch. Dibandingkan dengan keyboard biasa, gaming keyboard yang memiliki sistem mechanical switch tidak banyak memberikan beban tekanan pada jari.
Di antara keyboard yang dilengkapi mechanical switch pun terdapat beberapa perbedaan. Di bawah ini kami akan menjelaskan pada Anda dengan lengkap.

Jari tidak mudah lelah dengan red axis

Jari tidak mudah lelah dengan red axis
Sistem mechanical switch pada gaming keyboard memiliki empat tipe dasar, yaitu red axis (tombol merah), brown axis (tombol coklat), black axis (tombol hitam), dan blue axis (tombol biru). Secara berurutan, red axis paling ringan saat digunakan, dan yang paling berat adalah blue axis. Jika digambarkan dalam gram, red axis memiliki berat sekitar 45±15 gram. Beban 45 gram tergolong sangat ringan, sehingga Anda hanya perlu sedikit memencet keyboard untuk mengetik.
Bagi Anda yang menggunakan keyboard dalam waktu yang lama atau menginginkan keyboard yang ringan dioperasikan, disarankan untuk memilih gaming keyboard dengan tipe red axis.

Sensasi menekan tombol lebih berat dengan blue axis

Sensasi menekan tombol lebih berat dengan blue axis
Mungkin Anda berpikir gaming keyboard yang baik adalah gaming keyboard yang tombolnya ringan saat ditekan, namun pada kenyataannya ada beberapa orang yang memiliki selera berbeda. Ada orang yang menyukai sensasi menekan tombol keyboard dengan kuat.
Tombol blue axis memiliki berat rata-rata sekitar 60 gram. Meskipun hanya berbeda 15 gram dengan red axis, namun perbedaannya sangat terasa. Dengan begitu, Anda bisa merasakan sensasi menekan tombol keyboard lebih berat. Bagi Anda yang menyukai sensasi menekan keyboard lebih berat, disarankan untuk memilih gaming keyboard dengan tipe blue axis.

Jika Anda memiliki dana lebih, pilihlah gaming keyboard anti statis

Jika Anda memiliki dana lebih, pilihlah gaming keyboard anti statis
Sejauh ini kami telah memperkenalkan pada Anda jenis-jenis gaming keyboard dengan mechanical switch. Namun, untuk Anda yang ingin mendapat kualitas yang sesuai dengan budget yang lebih besar, kami merekomendasikan Anda untuk memilih gaming keyboard dengan fitur anti statis.
Sesuai namanya, keyboard jenis ini minim kontak mekanik sehingga aman dari gesekan. Dengan fitur ini, mengetik dan menggunakan keyboard terasa lebih ringan dan cepat, bahkan lebih ringan daripada red axis. Selain itu, gaming keyboard anti statis lebih awet daripada yang lain, dan dapat digunakan terus menerus. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan keyboard ringan dengan performa cepat dan bebas masalah.

Perhatikan metode konektivitasnya

Poin berikutnya adalah memilih metode konektivitas. Kelebihan paling menonjol dari gaming keyboard adalah, Anda bisa menekan tombol yang sama secara terus-menerus (fitur simultaneous pushing). Namun, fitur ini dapat berubah tergantung pada metode konektivitasnya.

Konektivitas mudah namun dengan fitur simultaneous pushing terbatas (USB)

Konektivitas mudah namun dengan fitur simultaneous pushing terbatas (USB)
Metode konektivitas dengan USB merupakan metode yang paling umum dan memiliki kelebihan dalam kemudahannya. Hanya dengan memasangkan USB pada komputer, Anda bisa langsung menggunakan keyboard. Terutama bila Anda ingin menggunakan satu keyboard pada beberapa komputer yang berbeda, membeli keyboard dengan metode konektivitas USB lebih dianjurkan.
Namun satu kekurangannya, keyboard dengan USB tidak bisa menangkap banyak perintah secara bersamaan. Biasanya batasan tombol yang bisa dipencet bersamaan hanya 6 tombol saja, meskipun dikombinasikan dengan N-key rollover (sistem yang memungkinkan menekan banyak tombol secara bersamaan). Namun pada praktiknya, tidak banyak game yang membutuhkan begitu banyak tombol yang perlu dipencet secara bersamaan, sehingga keyboard jenis ini sebenarnya sudah cukup untuk kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan keyboard yang mudah dikoneksikan, tidak ada salahnya memilih keyboard dengan USB.
Dewasa ini terdapat pula cara untuk menekan lebih dari 6 tombol secara bersamaan, yaitu dengan menggunakan driver USB khusus yang bisa mendeteksi seolah keyboard yang digunakan jumlahnya lebih dari satu. Dengan cara ini, Anda bisa melihat berapa tombol yang bisa ditekan pada display yang disebut interlock (untuk mengetahui berapa banyak tombol yang bisa ditekan guna menghindari misoperation).

Koneksi cepat untuk satu komputer (PS/2)

Koneksi cepat untuk satu komputer (PS/2)
Metode konektivitas yang lain adalah menggunakan PS/2. Kelebihan metode ini adalah tidak adanya batasan untuk penggunaan tombol secara bersamaan. Karena jumlah informasi yang dapat dikirim sangat banyak, bahkan saat Anda menggunakan N-key rollover, komputer dapat membaca semua tombol yang Anda tekan secara bersamaan. Saking cepatnya, Anda akan mudah terhindar dari miss saat mengetik atau mengoperasikan keyboard.
Untuk pengguna keyboard yang menginginkan kecepatan input tinggi, kami sarankan memilih gaming keyboard dengan metode konektivitas PS/2. Namun kekurangannya, keyboard tidak akan bisa dikoneksikan jika komputer tidak di-shut down sebelumnya. Hal ini tentu membuat keyboard lebih sulit dikoneksikan daripada USB. Namun, hal ini tidak akan jadi masalah jika gaming keyboard hanya Anda gunakan untuk satu komputer saja.

10 Rekomendasi gaming keyboard terbaik

Di bawah ini kami akan merekomendasikan gaming keyboard terbaik yang bisa Anda beli secara online! Sedikit perbedaan saja dapat berdampak besar pada kenyamanan saat menggunakan keyboard, oleh karena itu pilihlah gaming keyboard yang sesuai dengan keinginan Anda.

10. Smart PS/2 Wired 140 Key Gaming Keyboard

Rp 234.000,00

A4TECH9. A4tech g800MU X7 Gaming Keyboard

G800MU

Rp 260.000,00

8. Digital Alliance K1 Gaming Keyboard

Rp 445.000,00

Digital Alliance7. Corsair K63RGB Gaming Keyboard

Meca Warrior RGB

Rp 1.100.000,00

COUGAR6. Cougar Attack X3 Gaming keyboard

Rp 1.440.000,00

HyperX5. Razer BlackWidow Chroma Gaming Keyboard

Rp 1.850.000,00

ASUS4. Corsair K70 Rapidfire Gaming Keyboard

Rp 1.995.000,00

Logitech3. Logitech G910 Orion Spark Gaming Keyboard

G910

Rp 2.450.000,00

Logitech2. Asus ROG Claymore Gaming Keyboard

G613

Rp 2.950.000,00

CORSAIR1. Razer Deathstalker Ultimate T1 Gaming Keyboard

K95

Rp 4.273.000,00

Kesimpulan

Demikianlah tips-tips dari kami dalam memilih gaming keyboard yang baik, serta 10 rekomendasi gaming keyboard terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Apakah Anda telah menentukan pilihan Anda? Bagi Anda para gamer tentu sangat penting memilih gaming keyboard yang baik untuk performa permainan Anda. Jangan lupa juga menghitung budget yang Anda siapkan untuk memilih keyboard yang sesuai.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    17.371 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    Sering kali orang beranggapan bahwa laptop mahal dengan spesifikasi tinggi adalah yang terbaik. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah apabila Anda menggunakan fungsi-fungsi yang ditawarkan secara maksimal. Namun, jika Anda hanya menggunakan laptop untuk mengetik dan mengecek e-mail, Anda dapat membeli laptop seharga di bawah lima juta rupiah.Banyak perusahaan-perusahaan terkenal yang memproduksi berbagai laptop dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas terbaik, seperti DELL, Toshiba, ASUS, Lenovo, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh laptop seharga di bawah lima juta rupiah dengan kualitas yang bagus hanya untuk Anda. Cek artikel ini sampai selesai, ya!
    Komputer & kamera
    16.074 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    11.725 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    8.055 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera DSLR (digital single-lens reflex) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga Anda jadi lebih berkesan. Di sisi lain, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih mahal harganya dibanding kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga kemungkinan membingungkan Anda.Dari sekian banyak kamera DSLR yang ada di pasaran, Canon memiliki popularitas tinggi. Hal yang sangat wajar mengingat tipenya yang beragam, mulai dari entry level hingga profesional. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR Canon dan merekomendasikan produk terbaiknya. Segera dapatkan kamera DSLR Anda dan hasilkanlah foto yang indah!
    Komputer & kamera
    11.405 Views
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak hanya digunakan untuk kamera digital atau video camera saja, SD Card juga bisa digunakan untuk ponsel karena dapat menyimpan musik atau data multimedia. Ada berbagai macam merek terkenal, seperti Toshiba, SanDisk, Transcend, dan sebagainya yang menawarkan berbagai macam pilihan SD Card. Mungkin Anda akan merasa bingung untuk menentukan mana yang paling pas untuk Anda.Untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara memilih SD Card, serta memperkenalkan sepuluh SD Card terbaik untuk Anda. Mulai dari yang seimbang antara kapasitas dan harganya, sampai model high-grade berkecepatan tinggi. Selamat memilih!
    Komputer & kamera
    9.936 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbicara tentang game, baru-baru ini jumlah produsen game yang merilis game khusus untuk laptop telah meningkat pesat dibandingkan produsen yang merilis game untuk konsol rumahan. Namun, ukuran game yang terlalu besar menjadi kendala sehingga Anda diharuskan untuk memilih laptop yang memadai.Kali ini kami akan memperkenalkan laptop gaming terbaik. Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan pilihan kini Anda tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskan cara memilih laptop yang tepat. Mulai dari segi grafis, memori, kenyamanan saat pemakaian, dan tentu saja harganya. Untuk Anda yang juga sedang berpikir untuk mengganti laptop, selamat membaca artikel dari kami!
    Komputer & kamera
    8.259 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori