10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Gaming keyboard merupakan barang yang sangat diperlukan bagi Anda yang gemar bermain game. Tidak hanya untuk bermain game, gaming keyboard juga memiliki kelebihan dalam pemakaian PC sehari-hari, misalnya shortcut key yang dapat di-customize, atau tombol yang lebih ringan saat dipakai mengetik.

Gaming keyboard memiliki banyak tipe, misalnya tipe membrane, tipe pantograph, blue axis, brown axis, dan lain-lain. Dalam artikel ini kami akan memberikan tips dalam memilih gaming keyboard yang baik. Periksalah dengan baik kelebihan dan kekurangan gaming keyboard sebelum Anda membelinya.

Daftar isi

Cara memilih gaming keyboard

Pertama-tama, kami akan memberikan tips pada Anda dalam memilih gaming keyboard yang baik. Perbedaan mencolok antara gaming keyboard dan keyboard biasa antara lain, pada gaming keyboard Anda bisa menekan beberapa tombol secara bersamaan. Anda juga bisa mengatur sendiri shortcut key yang Anda inginkan.

Selain itu, terdapat pula beberapa perbedaan pada setiap gaming keyboard. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan fitur apa saja yang ada pada gaming keyboard yang akan Anda beli. Mari kita simak beberapa poin penting berikut ini.

Memilih tipe tombol keyboard

Saat akan membeli gaming keyboard, penting bagi Anda untuk memilih tipe tombol keyboard yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya desktop PC menggunakan keyboard dengan tipe membrane yang memiliki tombol lebih menonjol. Sedangkan keyboard dengan tipe pantograph, memiliki tombol lebih datar dan tidak menonjol, dirancang untuk notebook ataupun laptop. Kabar baiknya, gaming keyboard memiliki kedua tipe ini dan dapat dibeli dengan harga terjangkau.

Kebanyakan tombol gaming keyboard bergerak dengan gaya pegas, bukan dengan tekanan jari. Mekanisme ini disebut dengan mechanical switch. Dibandingkan dengan keyboard biasa, gaming keyboard yang memiliki sistem mechanical switch tidak banyak memberikan beban tekanan pada jari.

Di antara keyboard yang dilengkapi mechanical switch pun terdapat beberapa perbedaan. Di bawah ini kami akan menjelaskan pada Anda dengan lengkap.

Jari tidak mudah lelah dengan red axis

Jari tidak mudah lelah dengan red axis

Sistem mechanical switch pada gaming keyboard memiliki empat tipe dasar, yaitu red axis (tombol merah), brown axis (tombol coklat), black axis (tombol hitam), dan blue axis (tombol biru). Secara berurutan, red axis paling ringan saat digunakan, dan yang paling berat adalah blue axis. Jika digambarkan dalam gram, red axis memiliki berat sekitar 45±15 gram. Beban 45 gram tergolong sangat ringan, sehingga Anda hanya perlu sedikit memencet keyboard untuk mengetik.

Bagi Anda yang menggunakan keyboard dalam waktu yang lama atau menginginkan keyboard yang ringan dioperasikan, disarankan untuk memilih gaming keyboard dengan tipe red axis.

Sensasi menekan tombol lebih berat dengan blue axis

Sensasi menekan tombol lebih berat dengan blue axis

Mungkin Anda berpikir gaming keyboard yang baik adalah gaming keyboard yang tombolnya ringan saat ditekan, namun pada kenyataannya ada beberapa orang yang memiliki selera berbeda. Ada orang yang menyukai sensasi menekan tombol keyboard dengan kuat.

Tombol blue axis memiliki berat rata-rata sekitar 60 gram. Meskipun hanya berbeda 15 gram dengan red axis, namun perbedaannya sangat terasa. Dengan begitu, Anda bisa merasakan sensasi menekan tombol keyboard lebih berat. Bagi Anda yang menyukai sensasi menekan keyboard lebih berat, disarankan untuk memilih gaming keyboard dengan tipe blue axis.

Jika Anda memiliki dana lebih, pilihlah gaming keyboard anti statis

Jika Anda memiliki dana lebih, pilihlah gaming keyboard anti statis

Sejauh ini kami telah memperkenalkan pada Anda jenis-jenis gaming keyboard dengan mechanical switch. Namun, untuk Anda yang ingin mendapat kualitas yang sesuai dengan budget yang lebih besar, kami merekomendasikan Anda untuk memilih gaming keyboard dengan fitur anti statis.

Sesuai namanya, keyboard jenis ini minim kontak mekanik sehingga aman dari gesekan. Dengan fitur ini, mengetik dan menggunakan keyboard terasa lebih ringan dan cepat, bahkan lebih ringan daripada red axis. Selain itu, gaming keyboard anti statis lebih awet daripada yang lain, dan dapat digunakan terus menerus. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan keyboard ringan dengan performa cepat dan bebas masalah.

Perhatikan metode konektivitasnya

Poin berikutnya adalah memilih metode konektivitas. Kelebihan paling menonjol dari gaming keyboard adalah, Anda bisa menekan tombol yang sama secara terus-menerus (fitur simultaneous pushing). Namun, fitur ini dapat berubah tergantung pada metode konektivitasnya.

Konektivitas mudah namun dengan fitur simultaneous pushing terbatas (USB)

Konektivitas mudah namun dengan fitur simultaneous pushing terbatas (USB)

Metode konektivitas dengan USB merupakan metode yang paling umum dan memiliki kelebihan dalam kemudahannya. Hanya dengan memasangkan USB pada komputer, Anda bisa langsung menggunakan keyboard. Terutama bila Anda ingin menggunakan satu keyboard pada beberapa komputer yang berbeda, membeli keyboard dengan metode konektivitas USB lebih dianjurkan.

Namun satu kekurangannya, keyboard dengan USB tidak bisa menangkap banyak perintah secara bersamaan. Biasanya batasan tombol yang bisa dipencet bersamaan hanya 6 tombol saja, meskipun dikombinasikan dengan  N-key rollover (sistem yang memungkinkan menekan banyak tombol secara bersamaan). Namun pada praktiknya, tidak banyak game yang membutuhkan begitu banyak tombol yang perlu dipencet secara bersamaan, sehingga keyboard jenis ini sebenarnya sudah cukup untuk kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan keyboard yang mudah dikoneksikan, tidak ada salahnya memilih keyboard dengan USB.

Dewasa ini terdapat pula cara untuk menekan lebih dari 6 tombol secara bersamaan, yaitu dengan menggunakan driver USB khusus yang bisa mendeteksi seolah keyboard yang digunakan jumlahnya lebih dari satu. Dengan cara ini, Anda bisa melihat berapa tombol yang bisa ditekan pada display yang disebut interlock (untuk mengetahui berapa banyak tombol yang bisa ditekan guna menghindari misoperation).

Koneksi cepat untuk satu komputer (PS/2)

Koneksi cepat untuk satu komputer (PS/2)

Metode konektivitas yang lain adalah menggunakan PS/2. Kelebihan metode ini adalah tidak adanya batasan untuk penggunaan tombol secara bersamaan. Karena jumlah informasi yang dapat dikirim sangat banyak, bahkan saat Anda menggunakan N-key rollover, komputer dapat membaca semua tombol yang Anda tekan secara bersamaan. Saking cepatnya, Anda akan mudah terhindar dari miss saat mengetik atau mengoperasikan keyboard.

Untuk pengguna keyboard yang menginginkan kecepatan input tinggi, kami sarankan memilih gaming keyboard dengan metode konektivitas PS/2. Namun kekurangannya, keyboard tidak akan bisa dikoneksikan jika komputer tidak di-shut down sebelumnya. Hal ini tentu membuat keyboard lebih sulit dikoneksikan daripada USB. Namun, hal ini tidak akan jadi masalah jika gaming keyboard hanya Anda gunakan untuk satu komputer saja.

10 Rekomendasi gaming keyboard terbaik

Di bawah ini kami akan merekomendasikan gaming keyboard terbaik yang bisa Anda beli secara online! Sedikit perbedaan saja dapat berdampak besar pada kenyamanan saat menggunakan keyboard, oleh karena itu pilihlah gaming keyboard yang sesuai dengan keinginan Anda.

10. Smart PS/2 Wired 140 Key Gaming Keyboard

10. Smart PS/2 Wired 140 Key Gaming Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 234.000

Gaming keyboard PS/2 yang kokoh dan tahan air

Gaming keyboard dari Smart ini didesain dengan tombol khusus yang disesuaikan untuk kenyamanan dalam bermain game, terutama game tipe FPS. Keyboard dengan metode konektivitas PS/2 ini juga terbuat dari material ABS yang kokoh, awet dan nyaman digunakan dalam waktu cukup lama.

Selain itu, gaming keyboard ini juga memiliki fitur anti air sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan keyboard awet dan tahan lama. Anda tidak perlu khawatir keyboard akan cepat rusak saat terkena air atau tumpahan minuman. Keyboard ini juga dilengkapi dengan chip terbaru yaitu gaming grade main IC chip sehingga Anda dapat menekan 9 tombol secara bersamaan.

9. A4tech g800MU X7 Gaming Keyboard

9. A4tech g800MU X7 Gaming Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 260.000

Dilengkapi jack mic dan audio, memudahkan komunikasi dengan tim Anda

Keyboard ini merupakan pilihan lain untuk gaming keyboard dengan metode konektivitas USB. Keyboard ini dirancang untuk kenyamanan yang maksimal saat penggunannya. Dengan lapisan rubber orange pada tombol A, S, W, D, up, down, right dan left, Anda dapat bermain lebih nyaman dan jari tidak mudah selip saat menggunakannya.

Dengan kelebihan di atas, keyboard ini sangat ideal untuk Anda yang suka bermain game jenis action atau shooting. Keyboard ini juga dilengkapi dengan input USB, jack mic dan audio sehingga memungkinkan Anda menyambungkan headset langsung pada keyboard. Komunikasi dengan tim di game pun jadi lebih mudah!

8. Digital Alliance K1 Gaming Keyboard

8. Digital Alliance K1 Gaming Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 445.000

Sensasi mengetik lebih clicky, gaming keyboard dengan blue outemu switch

Gaming keyboard dengan harga terjangkau ini dilengkapi dengan blue outemu switch. Dengan switch ini tombol keyboard jadi lebih berat, sehingga Anda bisa merasakan sensasi yang lebih clicky saat menggunakan keyboard ini.

Dilengkapi dengan rainbow LED effect, tampilan keyboard pun lebih eye catching saat digunakan. Kabel tipe braided sepanjang 1,75 meter pun lebih awet dan tidak mudah rusak. Sangat cocok untuk Anda yang mencari keyboard mechanical switch dengan harga terjangkau.

7. Corsair K63RGB Gaming Keyboard

7. Corsair K63RGB Gaming Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.100.000

Dilengkapi tombol multimedia, mudah mengatur lagu tanpa mengganggu game Anda

Jika Anda sering kesulitan mengatur background song saat bermain game, gaming keyboard yang satu ini mungkin dapat mengatasi masalah Anda. Dilengkapi dengan tombol multimedia seperti play, next, previous dan volume, Anda bisa mengatur lagu Anda tanpa mengganggu tombol lain saat bermain game.

Mechanical switch red axis pada keyboard ini pun memungkinkan Anda mengetik dengan ringan, cocok digunakan dalam waktu lama tanpa membuat jari lelah. Dengan metode koneksi USB, keyboard ini mudah dikoneksikan dengan berbagai komputer seperti Windows Vista sampai Windows 10.

6. Cougar Attack X3 Gaming keyboard

6. Cougar Attack X3 Gaming keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.440.000

Gaming keyboard dengan Cherry MX switch, awet hingga 50 juta kali ketikan

Keyboard berteknologi canggih ini dilengkapi dengan switch terbaik yaitu Cherry MX switch yang lebih tahan lama dan lebih responsif terhadap sentuhan. On-the-fly-Mode Switch-nya juga memungkinkan Anda mengganti mode konfigurasi yang ada pada keyboard dengan mudah.

Dengan N-key rollover pada mode USB, Anda bisa memencet beberapa tombol secara bersamaan. Kombinasi tombol yang dapat dipencet bersamaan pun unlimited atau tidak terbatas! Keyboard ini juga dilengkapi bahan anti selip agar mudah dan nyaman saat digunakan.

5. Razer BlackWidow Chroma Gaming Keyboard

5. Razer BlackWidow Chroma Gaming Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.850.000

Keyboard dengan kecepatan tinggi dalam merespon perintah

Dalam bermain game, keyboard yang responsif sangat diperlukan karena terlambat respon sedikit saja akan mempengaruhi performa Anda dalam game. Untuk menjawab kebutuhan gaming tersebut, keyboard ini dilengkapi dengan Razer mechanical switch yang sangat cepat dalam merespon perintah pada keyboard.

Dengan kelebihan tersebut, keyboard ini cocok untuk Anda yang menyukai keyboard dengan respon yang cepat. Dilengkapi pula dengan Razer chroma, Anda dapat mengganti warna backlight pada keyboard dengan pilihan hingga 16 juta warna. Keyboard ini juga dapat dikoneksikan dengan berbagai komputer mulai dari Windows hingga Mac OS X dengan menggunakan USB.

4. Corsair K70 Rapidfire Gaming Keyboard

4. Corsair K70 Rapidfire Gaming Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.995.000

Pergelangan tangan tidak mudah lelah dengan wrist rest pad

Khusus untuk Anda yang sering bermain game dalam waktu lama, tidak ada salahnya mencoba gaming keyboard yang satu ini. Keyboard yang dilengkapi wrist rest sepanjang badan keyboard ini tidak akan membuat pergelangan tangan Anda merasa lelah walaupun bermain game dalam jangka waktu lama.

Dengan Gold contact Cherry MX switch yang memiliki berat 45 gram setiap tombolnya, keyboard ini sangat ringan digunakan dan memiliki kecepatan 40% lebih cepat daripada Cherry MX red switch standar. Keyboard yang dikoneksikan dengan metode USB ini juga sangat cocok untuk game jenis FPS dan MOBA.

3. Logitech G910 Orion Spark Gaming Keyboard

3. Logitech G910 Orion Spark Gaming Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.450.000

Fitur Arx Control untuk menyambungkan keyboard dengan smartphone Anda

Fitur Arx Control merupakan fitur yang memungkinkan Anda memasang smartphone Anda sebagai layar kedua. Dengan fitur ini, smartphone Anda dapat menampilkan in-game-info. Smartphone yang dapat dipasang pun bervariasi mulai android sampai OS. Teknologi canggih ini tentu memberikan kesan yang berbeda saat bermain game.

Keyboard ini juga didesain untuk kenyamanan bermain game. G-keys didesain untuk kecepatan maksimal dan Orian Spark key caps didesain untuk menghindari kesalahan mengetik. Anda juga bisa mengatur (customize) G-keys Anda sendiri hingga 9 pengaturan.

2. Asus ROG Claymore Gaming Keyboard

2. Asus ROG Claymore Gaming Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.950.000

Keyboard dengan numpad yang bisa dilepas, mudah diatur sesuai kebutuhan

Salah satu kelebihan gaming keyboard Asus ROG Claymore yang tidak dimiliki keyboard lain yaitu numpad yang bisa dilepas dan diletakkan di sisi kanan atau kiri keyboard. Anda dapat menyesuaikan posisi numpad sesuai kebutuhan Anda atau melepas numpad jika tidak dibutuhkan. Jika Anda bermain game yang tidak membutuhkan numpad, mungkin keyboard ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Dilengkapi Cherry MX RGB switch, keyboard ini sangat cepat dan responsif. Keyboard ini juga 100% anti-ghosting sehingga lebih akurat saat mengetik dan dilengkapi N-key rollover agar dapat memencet beberapa tombol secara bersamaan. Keren kan?!

1. Razer Deathstalker Ultimate T1 Gaming Keyboard

1. Razer Deathstalker Ultimate T1 Gaming Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.273.000

Gaming keyboard super canggih dengan panel LCD

Jika Anda memiliki dana lebih dan menginginkan keyboard super canggih yang memiliki banyak kelebihan dibanding keyboard lain, maka keyboard inilah jawabannya! Dilengkapi dengan 4.05″ touch screen, Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi hanya dengan sentuhan pada keyboard Anda. Aplikasi yang tersedia antara lain Gmail, Facebook, Game Timer, Screenshot dan lain-lain.

Selain itu terdapat pula 5 tombol gaming tambahan yang dapat dapat Anda program sendiri fungsinya sesuai keinginan Anda. Meskipun keyboard ini dikoneksikan dengan USB, Anda bisa menekan hingga 10 tombol secara bersamaan. Inilah keyboard yang patut Anda coba.

Kesimpulan

Demikianlah tips-tips dari kami dalam memilih gaming keyboard yang baik, serta 10 rekomendasi gaming keyboard terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Apakah Anda telah menentukan pilihan Anda? Bagi Anda para gamer tentu sangat penting memilih gaming keyboard yang baik untuk performa permainan Anda. Jangan lupa juga menghitung budget yang Anda siapkan untuk memilih keyboard yang sesuai.