• 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Gaming keyboard merupakan barang yang sangat diperlukan bila Anda seorang gamer. Terdapat banyak merek gaming keyboard terkenal seperti Logitech, Corsair, Digital Alliance, dan sebagainya, yang dijual di pasaran. Namun, terdapat banyak istilah-istilah dan fitur-fitur dalam gaming keyboard yang dapat membingungkan pemula, terutama saat memilih produk yang tepat.

Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan gaming keyboard terbaik. Pilih gaming keyboard yang sesuai dan tingkatkan skill bermain game Anda dengan gaming keyboard yang tepat!

  • Pembaharuan terakhir: 19 Mei 2020
  • 27.254 Views
Daftar isi

Cara memilih gaming keyboard

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih gaming keyboard berdasarkan axis, jenis tombol, dan fungsi yang terdapat pada keyboard. Bacalah secara menyeluruh agar Anda dapat memilih gaming keyboard yang sesuai dengan Anda.

Keyboard mekanik yang memiliki empat pilihan warna axis

Axis merupakan sebuah tombol mekanik (mechanical switch) yang bekerja dengan gaya pegas pada gaming keyboard mekanik. Axis pada keyboard mekanik memiliki empat warna utama, yaitu merah, biru, cokelat, dan hitam. Axis terasa semakin berat saat ditekan dengan urutan warna berikut: merah, cokelat, hitam, dan biru. Keyboard mekanik adalah tipe keyboard yang paling populer di pasaran Indonesia. Rasakan daya pegas setiap tombol dan dengarkan suaranya saat mengetik. Pilihlah salah satu keyboard yang cocok dengan gaya bermain Anda.

Red axis, cocok untuk bermain dalam durasi panjang

Red axis disarankan bagi Anda yang hobi bermain dalam durasi panjang. Warna axis ini juga pilihan tepat bila Anda mencari keyboard yang tidak mudah membuat lelah jari tangan. Saat Anda menekan tombol, Anda akan merasakan taktil yang ringan sehingga rasanya seperti tidak menekan tombol. Suara yang dihasilkan pun tenang. Di sisi lain, bagi Anda yang biasa mengetik dengan menekan keyboard kuat-kuat, mungkin sensasinya akan terasa kurang.

Blue axis, kepuasan lebih saat menekan tombol

Jika Anda ingin merasakan taktil yang memuaskan saat mengetik, pilihlah keyboard dengan blue axis. Saat tombol ditekan, tipe ini akan memantul dengan kuat sehingga feel responsnya lebih memuaskan. Selain itu, Anda dapat merasakan kepuasan tersendiri saat menekan dan mengetik.


Namun, suara yang dihasilkan dari keyboard dengan blue axis cenderung lebih kencang. Hal ini membuatnya kurang cocok untuk digunakan di lingkungan yang tenang. Keyboard dengan blue axis cocok untuk lingkungan di mana Anda tidak perlu merasa khawatir dengan suara keras.

Brown axis, seimbang dan mudah digunakan untuk pemula

Jika Anda baru pertama kali menggunakan gaming keyboard, kami sarankan untuk memilih keyboard dengan brown axis. Urutan brown axis berada tepat di antara red dan blue axis. Jadi, tipe ini memiliki taktil yang lebih mantap daripada red axis, tetapi lebih senyap daripada blue axis.


Kalau Anda ragu memilih red axis atau blue axis, Anda dapat mencoba brown axis terlebih dahulu. Bila Anda menginginkan taktil yang lebih ringan, pilihlah red axis. Di sisi lain, pilihlah blue axis untuk sensasi mengetik yang lebih mantap.

Black axis, respon cepat untuk mengetik dengan kecepatan tinggi

Pada saat bermain game, kecepatan refleks saat mengetik sangat penting dan dibutuhkan. Gaming keyboard dengan black axis mempunyai respons yang cepat dan suara yang cenderung senyap.


Gaming keyboard ini memang menjawab kebutuhan Anda, player yang ingin mengetik dengan cepat. Akan tetapi, Anda akan lebih cepat lelah saat menggunakan keyboard black axis. Karena itu, keyboard ini cocok untuk pemain tingkat mahir yang sudah terbiasa bermain dan mengenali ritme permainan.

Keyboard membran yang terjangkau dan sempurna untuk pengguna pemula

Keyboard membran yang terjangkau dan sempurna untuk pengguna pemula

Kami merekomendasikan tipe membran bagi Anda yang biasanya menggunakan keyboard untuk mengetik pekerjaan di komputer. Tipe membran merupakan tipe tombol yang umum digunakan pada keyboard komputer biasa. Anda yang menginginkan feel yang familier saat bermain game, kami sarankan untuk menggunakan keyboard dengan tipe tombol ini.


Meskipun taktil yang dirasakan kurang nyaman, harganya cenderung terjangkau. Tipe membran ini dapat menjadi pilihan awal jika Anda ingin mencoba gaming keyboard. Selain itu, keyboard membran juga merupakan salah satu tipe keyboard yang populer digunakan di Indonesia.

Keyboard pantograf yang senyap, tipis, dan mudah disimpan

Anda yang bermain game pada malam hari, gunakanlah keyboard tipe pantograf. Anda tidak perlu khawatir akan mengganggu istirahat keluarga atau tetangga Anda karena suara yang dihasilkan cenderung senyap. Tombol pada keyboard tipe pantograf tidak tenggelam terlalu dalam saat ditekan sehingga suara yang dihasilkan tidak terlalu keras.


Keyboard tipe pantograf juga mudah disimpan karena ukurannya yang tipis. Selain itu, yang menarik dari keyboard ini adalah ketahanannya yang bagus. Akan tetapi, keyboard pantograf kurang populer digunakan sebagai gaming keyboard di Indonesia.

Capacitive keyboard yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan

Jika Anda ingin menyesuaikan dan mengatur tombol keyboard sesuai dengan preferensi Anda, pilihlah capacitive keyboard. Capacitive keyboard mempunyai tombol yang sensitif. Hanya dengan tekanan yang ringan, keyboard sudah merespons perintah Anda. Anda tidak akan cepat lelah saat mengetik menggunakan keyboard tipe ini. Sebagai tambahan, Anda dapat menyesuaikan feel dan kekuatan saat menekan keyboard agar lebih mudah dan nyaman ketika digunakan. Namun, seperti keyboard pantograf, capacitive keyboard juga kurang populer digunakan di Indonesia.


Capacitive keyboard mempunyai harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan tipe keyboard lainnya. Akan tetapi, bukankah harga tersebut sepadan dengan kebebasan mengetik yang didapat?

Pilih konektivitas berdasarkan perangkat dan permainan

Konektivitas pada keyboard sangatlah penting karena berpengaruh terhadap seberapa cepat respons yang dapat dikirim dari keyboard ke PC. Di bawah ini, kami akan menjelaskan mengenai berbagai macam konektivitas keyboard serta kapasitas transmisinya. Pilihlah konektivitas yang cocok dengan permainan dan perangkat Anda!

PS/2 yang memungkinkan transmisi kecepatan tinggi, cocok untuk permainan FPS

Untuk permainan yang membutuhkan respons cepat, seperti FPS (first person shooter), gunakanlah konektivitas PS/2. Jenis ini memiliki transmisi yang paling cepat dan dapat mengirim banyak informasi. Singkatnya, Anda dapat menekan beberapa tombol bersamaan dan responsnya pun sangat cepat. Permainan akan terasa lebih smooth dengan menggunakan PS/2.


Dalam memasang atau melepas konektivitas PS/2, Anda harus mematikan PC terlebih dahulu. Jadi, disarankan untuk menggunakan konektivitas PS/2 pada satu komputer saja.

USB yang bisa digunakan untuk PC dan PlayStation 4

USB yang bisa digunakan untuk PC dan PlayStation 4

Kami menyarankan untuk menggunakan konektivitas USB (universal serial bus) jika Anda akan menggunakan keyboard pada beberapa perangkat. Konektivitas USB tidak hanya bisa digunakan di PC (personal computer), tetapi juga di game console lain seperti PlayStation 4. Pengoperasiannya pun sangat mudah, tancapkan saat akan digunakan, lalu cabut saat tidak digunakan.


Akan tetapi, terdapat keterbatasan pada konektivitas USB. Konektivitas USB tidak dapat menangkap banyak perintah secara bersamaan. Untuk itu, sangat jarang keyboard dengan konektivitas USB yang dapat menangkap banyak perintah dalam satu waktu. Pada umumnya, konektivitas ini hanya dapat membaca enam tombol saat ditekan bersama-sama. Jika game yang Anda mainkan tidak memerlukan banyak perintah secara kolektif, menggunakan keyboard USB bukanlah masalah.

Nirkabel Bluetooth yang nyaman digunakan saat bersantai

Jika Anda ingin bermain game dengan santai sambil rebahan di sofa atau kasur, pilihlah keyboard dengan konektivitas nirkabel Bluetooth. Anda dapat bermain dengan santai dan bebas tanpa perlu memikirkan kecepatan transmisi yang dikirim.


Akan tetapi, konektivitas ini kurang sesuai dengan permainan FPS karena terdapat delay yang dapat menghambat permainan. Keyboard nirkabel ini cocok untuk permainan MMO (massively multiplayer online) yang santai.

N-key rollover dan anti-ghosting untuk permainan yang membutuhkan kecepatan

N-key rollover dan anti-ghosting untuk permainan yang membutuhkan kecepatan

Pada permainan yang membutuhkan kecepatan, kesalahan saat menekan atau mengetik sangatlah fatal. Untuk mencegah hal ini terjadi, pilihlah keyboard yang memiliki fungsi N-key rollover dan anti-ghosting. N-key rollover atau disingkat NKRO adalah sebuah fungsi agar keyboard dapat mengirim banyak pesan secara bersamaan ke PC. Sedangkan anti-ghosting adalah sebuah fungsi untuk mencegah keyboard salah mengenali perintah.


Dengan kata lain, fitur NKRO dan anti-ghosting akan menguntungkan Anda sebagai pemain. Permainan Anda akan menjadi lebih cepat dan akurat.

Fungsi makro yang mempersingkat waktu untuk aktivasi skill

Bermain game menjadi lebih mudah jika keyboard dilengkapi dengan fungsi makro. Anda dapat mendaftarkan perintah atau skill yang sering digunakan pada tombol makro dengan satu sentuhan. Jika Anda ingin merasakan sensasi bermain yang lebih mudah, pertimbangkan model keyboard dengan fungsi makro.


Terkadang, mengetik ID dan password saat log in merupakan pekerjaan yang merepotkan. Dengan menggunakan tombol makro, Anda bahkan dapat mendaftarkan ID atau password. Log in menjadi lebih mudah dan cepat.

Tenkeyless yang cocok untuk permainan dengan bantuan mouse

Tenkeyless keyboard merupakan keyboard tanpa tombol numerik yang biasa ada di bagian kanan bodi keyboard. Keyboard model ini cocok untuk permainan yang memerlukan mouse. Keyboard model ini mudah dibawa-bawa karena memiliki ukuran yang kecil. Selain itu, keyboard ini hanya memerlukan sedikit ruang sehingga memudahkan Anda untuk berpindah dari keyboard ke mouse.

Fungsi backlight agar mudah dilihat bahkan saat di ruangan gelap

Bagi Anda yang bermain di ruangan yang gelap, kami sarankan untuk menggunakan keyboard dengan backlight. Backlight yang menyinari setiap tombol membuatnya terlihat menarik, apalagi di tempat gelap. Selain itu, model ini sempurna juga digunakan di ruangan yang redup cahaya. Kelebihan lainnya dari keyboard model ini adalah, tombolnya tidak dicetak dengan printing sehingga tidak cepat pudar saat sudah lama digunakan.

10 Rekomendasi gaming keyboard terbaik

Di bawah ini kami akan merekomendasikan gaming keyboard terbaik yang bisa Anda beli secara online! Sedikit perbedaan saja dapat berdampak besar pada kenyamanan saat menggunakan keyboard. Karena itu, pilihlah gaming keyboard yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
10
Tipe keyboardMembran
KonektivitasPS/2
N-key RolloverTidak disebutkan
Anti-ghostingTidak disebutkan
Makro
Tombol numerik
Backlight-
9

NYK NemesisNYK K-01 Legion Rainbow TKL Gaming Keyboard

TKL K-01

Rp 118.000,00

Tipe keyboardMembran
KonektivitasUSB
N-key RolloverTidak disebutkan
Anti-ghosting
Makro-
Tombol numerik-
Backlight
8
Tipe keyboardMembran
KonektivitasUSB
N-key RolloverTidak disebutkan
Anti-ghosting
Makro-
Tombol numerik
Backlight
7

Digital AllianceGaming Keyboard Meca Warrior RGB

Meca Warrior RGB

Rp 385.000,00

Tipe keyboardMekanikal (Outemu Blue Axis)
KonektivitasUSB
N-key RolloverTidak disebutkan
Anti-ghostingTidak disebutkan
Makro-
Tombol numerik-
Backlight
6

COUGARATTACK X3 RGB Mechanical Gaming Keyboard

Rp 1.500.000,00

Tipe keyboardMekanikal (Cherry MX)
KonektivitasUSB
N-key Rollover
Anti-ghostingTidak disebutkan
Makro-
Tombol numerik
Backlight
5
Tipe keyboardMekanikal (Cherry MX)
KonektivitasUSB
N-key Rollover
Anti-ghosting
Makro-
Tombol numerik
Backlight
4
Tipe keyboardMekanikal (Cherry MX)
KonektivitasUSB
N-key Rollover
Anti-ghosting
Makro-
Tombol numerik
Backlight
3

LogitechG613 WIRELESS MECHANICAL GAMING KEYBOARD

G613

Rp 1.245.000,00

Tipe keyboardMekanikal (Romer-G Tactile)
KonektivitasBluetooth
N-key RolloverTidak disebutkan
Anti-ghostingTidak disebutkan
Makro
Tombol numerik
Backlight-
2

LogitechG910 RGB MECHANICAL GAMING KEYBOARD

G910

Rp 2.249.000,00

Tipe keyboardMekanikal (Romer-G Tactile)
KonektivitasUSB
N-key RolloverTidak disebutkan
Anti-ghosting
Makro
Tombol numerik
Backlight
1
Tipe keyboardMekanikal (Cherry MX, Brown Axis)
KonektivitasUSB
N-key Rollover
Anti-ghosting
Makro
Tombol numerik
Backlight

Tabel perbandingan produk gaming keyboard terbaik

Gambar produk
1
CORSAIR K95 RGB PLATINUM 1

CORSAIR

2
Logitech G910 RGB MECHANICAL GAMING KEYBOARD 1

Logitech

3
Logitech G613 WIRELESS MECHANICAL GAMING KEYBOARD 1

Logitech

4
ASUS ROG Strix Scope 1

ASUS

5
HyperX Alloy Elite RGB 1

HyperX

6
COUGAR ATTACK X3 RGB Mechanical Gaming Keyboard 1

COUGAR

7
Digital Alliance Gaming Keyboard Meca Warrior RGB 1

Digital Alliance

8
SADES Bladewolf Gaming Keyboard 1

SADES

9
NYK Nemesis NYK K-01 Legion Rainbow TKL Gaming Keyboard 1

NYK Nemesis

10
X7 A4TECH 3xFAST Gaming Keyboard 1

X7 A4TECH

Nama produk

K95 RGB PLATINUM

G910 RGB MECHANICAL GAMING KEYBOARD

G613 WIRELESS MECHANICAL GAMING KEYBOARD

ROG Strix Scope

Alloy Elite RGB

ATTACK X3 RGB Mechanical Gaming Keyboard

Gaming Keyboard Meca Warrior RGB

Bladewolf Gaming Keyboard

NYK K-01 Legion Rainbow TKL Gaming Keyboard

3xFAST Gaming Keyboard

Keunggulan

Awet dan tahan lama, body alumunium sekelas body pesawat

Fitur Arx Control-nya dapat menjadikan smartphone sebagai layar kedua

LIGHTSPEED wireless yang atasi permasalahan jeda

Tombol CTRL dua kali lebih lebar, minimalisir kesalahan saat menekan

Simpan kustomisasi profil Anda dengan on-board memory!

Visual ciamik plus respons lebih cepat!

Produk lokal bermutu! Ringan, tetapi kukuh digunakan

Rasakan sensasi berbeda dengan teknologi sensor suara

Harganya terjangkau, tetapi tahan percikan air!

Komunikasi dengan tim menjadi lebih mudah!

HargaRp 2.149.000,00Rp 2.249.000,00Rp 1.245.000,00Rp 2.000.000,00Rp 2.480.000,00Rp 1.500.000,00Rp 385.000,00Rp 299.000,00Rp 118.000,00Rp 225.000,00
Tipe keyboardMekanikal (Cherry MX, Brown Axis)Mekanikal (Romer-G Tactile)Mekanikal (Romer-G Tactile)Mekanikal (Cherry MX)Mekanikal (Cherry MX)Mekanikal (Cherry MX)Mekanikal (Outemu Blue Axis)MembranMembranMembran
KonektivitasUSBUSBBluetoothUSBUSBUSBUSBUSBUSBPS/2
N-key RolloverTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Anti-ghostingTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Makro------
Tombol numerik--
Backlight--
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perangkat gaming lainnya di sini

Selain keyboard, tentunya Anda butuh mouseheadset, dan perangkat gaming lainnya untuk melengkapi permainan Anda. Kami juga merekomendasikan merek-merek populer dari perangkat gaming tersebut pada artikel-artikel berikut ini. Lengkapi perangkat gaming Anda dan ciptakan lingkungan bermain yang menyenangkan!

Kesimpulan

Apakah Anda menemukan gaming keyboard pilihan Anda dari kesepuluh rekomendasi kami di atas? Pilihlah gaming keyboard yang sesuai dengan game yang Anda mainkan agar dapat menunjang performa Anda. 

Sesuaikanlah pilihan dengan budget yang Anda miliki agar hobi tidak mengganggu sirkulasi keuangan Anda.  Jadikan tips-tips dari kami sebagai rujukan saat Anda memilih gaming keyboard. Selamat bersenang-senang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Laptop telah menjadi perlengkapan yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan sekolah, bekerja, hingga hiburan. Ada banyak jenis laptop dengan spesifikasi yang beragam. Maka dari itu, penting untuk memilih laptop dengan spek yang tinggi. Dengan demikian, aktivitas Anda menggunakan laptop tidak terganggu.Laptop dengan spesifikasi tinggi tidak selalu memiliki harga yang mahal. Kali ini, kami akan mengulas laptop dengan harga 4 jutaan yang memiliki spek terbaik. Setelah itu, ada juga rekomendasi produk yang bisa jadi referensi Anda seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    191.250 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    138.218 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan 2-in-1 laptop dan tablet cukup populer karena dinilai lebih praktis dan fleksibel. Jenis gadget ini memiliki portabilitas yang tinggi seperti tablet sehingga Anda dapat membawanya ke mana pun. Di sisi lain, ada juga keyboard yang memudahkan Anda untuk mengetik.Ada berbagai jenis 2-in-1 laptop dan tablet dengan berbagai keunggulan dan spesifikasinya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara memilih produk 2-in-1 laptop dan tablet. Setelah itu, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik, seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    118.565 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    92.305 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS merupakan merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS memiliki bermacam seri yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, bisnis, hingga gaming. Namun, karena seri laptopnya sangat banyak, hal ini mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, ZenBook, hingga ROG. Simak artikel ini agar tidak salah memilih serta menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    115.442 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop HP Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop HP Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    HP dikenal sebagai salah satu produsen laptop terkenal di Indonesia. Berbagai laptop HP sudah dirilis mulai dari seri untuk pemula sampai seri profesional dengan spesifikasi yang bervariasi. Hal ini dapat membuat sebagian pengguna laptop HP bingung sehingga salah memilih laptop.Mari simak artikel berikut ini apabila Anda membutuhkan panduan cara memilih laptop merek HP. Selain itu, kami juga merekomendasikan sepuluh laptop HP terbaik dari seri OMEN, Envy, HP, Spectre dan Pavilion. Jadi, jangan lupa bookmark artikel ini dan bagikan juga ke kerabat, ya!
    Komputer & kamera
    57.502 Views
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Cases Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Waterproof Camera Cases Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Agar tidak rusak, kamera digital tidak boleh terkena air kecuali merupakan kamera waterproof. Kamera yang tidak memiliki fitur waterproof tentu tidak dapat digunakan ketika hujan mendadak turun. Begitu juga saat Anda harus mengambil foto di tepi laut karena kamera bisa berisiko basah.Waterproof camera cases adalah solusi yang Anda perlukan! Dalam artikel ini, ada tips cara memilih dan  rekomendasi waterproof camera cases terbaik yang telah kami himpun untuk Anda. Beberapa merek di antaranya adalah DiCAPac, Telesin, dan Meikon. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    754 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori