mybest
Keyboard komputer

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Keyboard komputer
  4. 10 Keyboard Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Keyboard Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Keyboard Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Keyboard Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Keyboard Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Keyboard Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Keyboard Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2024)

Gaming keyboard merupakan barang yang sangat diperlukan jika Anda seorang gamer. Terdapat banyak merek gaming keyboard terkenal yang dijual di pasaran, seperti Logitech, Corsair, dan Digital Alliance. Namun, banyak istilah dan fitur-fitur dalam gaming keyboard yang dapat membingungkan pemula, terutama saat memilih produk.

Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan gaming keyboard yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Pilih gaming keyboard yang sesuai dan tingkatkan skill bermain game Anda dengan gaming keyboard yang tepat!

Diperbaharui 14/07/2023
Joshua Pandu
Pakar
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang. Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Profil Joshua Pandu
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gaming keyboard

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih gaming keyboard berdasarkan axis, tipe tombol, konektivitas, dan fitur yang terdapat pada keyboard. Bacalah secara menyeluruh agar Anda dapat memilih gaming keyboard yang cocok.

1

Untuk keyboard mekanik, ketahui perbedaan warna tombol axis

Axis merupakan sebuah tombol mekanik (mechanical switch) yang bekerja dengan gaya pegas pada gaming keyboard mekanik. Axis pada keyboard mekanik memiliki empat warna utama, yaitu merah, biru, cokelat, dan hitam. Axis terasa makin berat saat ditekan dengan urutan warna berikut: merah, cokelat, hitam, dan biru.

Red axis, cocok untuk bermain dalam durasi panjang

Red axis, cocok untuk bermain dalam durasi panjang
Sumber: rog.asus.com

Red axis disarankan bagi Anda yang hobi bermain dalam durasi panjang. Warna axis ini juga pilihan tepat bila Anda mencari keyboard yang tidak mudah membuat lelah jari tangan.


Saat Anda menekannya, Anda akan merasakan taktil yang ringan sehingga rasanya seperti tidak menekan tombol. Suara yang dihasilkan pun tenang. Di sisi lain, bagi Anda yang biasa mengetik dengan menekan keyboard kuat-kuat, mungkin sensasinya akan terasa kurang.

Blue axis, kepuasan lebih saat menekan tombol

Blue axis, kepuasan lebih saat menekan tombol
Sumber: rog.asus.com

Jika Anda ingin merasakan taktil yang memuaskan saat mengetik, pilihlah keyboard dengan blue axis. Saat tombol ditekan, tipe ini akan memantul dengan kuat sehingga feel responsnya lebih memuaskan. Selain itu, Anda dapat merasakan kepuasan tersendiri saat menekan dan mengetik.


Namun, suara yang dihasilkan dari keyboard dengan blue axis cenderung lebih kencang. Hal ini membuatnya kurang cocok digunakan di lingkungan yang tenang. Keyboard dengan blue axis cocok untuk lingkungan di mana Anda tidak perlu merasa khawatir dengan suara keras.

Brown axis, seimbang dan mudah digunakan untuk pemula

Brown axis, seimbang dan mudah digunakan untuk pemula
Sumber: rog.asus.com

Jika Anda baru pertama kali menggunakan gaming keyboard, kami sarankan untuk memilih keyboard dengan brown axis. Urutan brown axis berada tepat di antara red dan blue axis. Jadi, tipe ini memiliki taktil yang lebih mantap daripada red axis, tetapi lebih senyap daripada blue axis.


Kalau Anda ragu memilih red axis atau blue axis, Anda dapat mencoba brown axis terlebih dahulu. Apabila Anda menginginkan taktil yang lebih ringan, pilihlah red axis. Di sisi lain, pilihlah blue axis untuk sensasi mengetik yang lebih mantap.

Black axis, respons cepat untuk mengetik dengan kecepatan tinggi

Black axis, respons cepat untuk mengetik dengan kecepatan tinggi
Sumber: shopee.co.id

Pada saat bermain game, kecepatan refleks saat mengetik sangat penting dan dibutuhkan. Gaming keyboard dengan black axis mempunyai respons yang cepat dan suara yang cenderung senyap.


Gaming keyboard ini memang menjawab kebutuhan para player yang ingin mengetik dengan cepat. Akan tetapi, Anda akan lebih cepat lelah saat menggunakan keyboard black axis. Karena itu, keyboard ini cocok untuk pemain tingkat mahir yang sudah terbiasa bermain dan mengenali ritme permainan.

2

Pilih berdasarkan tipe keyboard

Umumnya keyboard gaming tersedia dalam tiga tipe yang berbeda. Nah, untuk memudahkan Anda memilihnya, sebaiknya kenali tipe keyboard gaming terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda dapat menemukan keyboard gaming yang sesuai kebutuhan.

Keyboard membran: Terjangkau dan sempurna untuk pengguna pemula

Keyboard membran: Terjangkau dan sempurna untuk pengguna pemula

Tipe membran direkomendasikan bagi Anda yang biasanya memakai keyboard untuk mengetik pekerjaan di komputer. Tipe membran merupakan tipe tombol yang umum digunakan pada keyboard komputer biasa. Anda yang menginginkan feel yang familier saat bermain game, kami sarankan untuk menggunakan keyboard dengan tipe tombol ini.


Meskipun taktil yang dirasakan kurang nyaman, harganya cukup terjangkau. Tipe membran ini dapat menjadi pilihan awal jika Anda ingin mencoba gaming keyboard. Selain itu, keyboard membran juga merupakan salah satu tipe keyboard yang populer digunakan di Indonesia.

Keyboard pantograf: Senyap, tipis, dan mudah disimpan

Keyboard pantograf: Senyap, tipis, dan mudah disimpan

Anda yang bermain game pada malam hari, gunakanlah keyboard tipe pantograf. Anda tidak perlu khawatir akan mengganggu istirahat keluarga atau tetangga Anda karena suara yang dihasilkan cenderung senyap. Tombol pada keyboard tipe pantograf tidak tenggelam terlalu dalam saat ditekan sehingga suara yang dihasilkan tidak terlalu keras.


Keyboard tipe pantograf juga mudah disimpan karena ukurannya yang tipis. Selain itu, yang menarik dari keyboard ini adalah ketahanannya yang bagus. Akan tetapi, keyboard pantograf kurang populer digunakan sebagai gaming keyboard di Indonesia.

Capacitive keyboard: Dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan

Capacitive keyboard: Dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan

Jika Anda ingin menyesuaikan dan mengatur tombol keyboard sesuai dengan preferensi Anda, pilihlah capacitive keyboard. Capacitive keyboard mempunyai tombol yang sensitif. Hanya dengan tekanan yang ringan, keyboard sudah merespons perintah Anda. Anda tidak akan cepat lelah saat mengetik menggunakan keyboard tipe ini.


Sebagai tambahan, Anda dapat menyesuaikan feel dan kekuatan saat menekan keyboard agar lebih mudah dan nyaman ketika digunakan. Namun, seperti keyboard pantograf, capacitive keyboard juga kurang populer digunakan di Indonesia.


Capacitive keyboard mempunyai harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan tipe keyboard lainnya. Akan tetapi, bukankah harga tersebut sepadan dengan kebebasan mengetik yang didapat?

3

Sesuaikan konektivitas dengan perangkat dan permainan

Konektivitas pada keyboard sangatlah penting karena berpengaruh terhadap kecepatan respons yang dapat dikirim dari keyboard ke PC. Di bawah ini, kami akan menjelaskan mengenai berbagai macam konektivitas keyboard serta kapasitas transmisinya. Pilihlah konektivitas yang cocok dengan permainan dan perangkat Anda!

USB: Bisa digunakan untuk PC dan PlayStation

USB: Bisa digunakan untuk PC dan PlayStation

Kami menyarankan untuk menggunakan konektivitas universal serial bus (USB) jika Anda akan menggunakan keyboard di beberapa perangkat. Konektivitas USB tidak hanya bisa digunakan di personal computer (PC), tetapi juga di game console lain seperti PlayStation. Pengoperasiannya pun sangat mudah, tancapkan saat akan digunakan, lalu cabut saat tidak digunakan.


Akan tetapi, terdapat keterbatasan pada konektivitas USB. Konektivitas USB tidak dapat menangkap banyak perintah secara bersamaan. Untuk itu, sangat jarang keyboard dengan konektivitas USB yang dapat menangkap banyak perintah dalam satu waktu.


Umumnya konektivitas ini hanya dapat membaca enam tombol saat ditekan bersama-sama. Jika game yang Anda mainkan tidak memerlukan banyak perintah secara kolektif, menggunakan keyboard USB bukanlah masalah.

Nirkabel Bluetooth: Nyaman digunakan saat bersantai

Jika Anda ingin bermain game sambil rebahan di sofa atau kasur, pilihlah keyboard dengan konektivitas nirkabel Bluetooth. Anda dapat bermain dengan santai dan bebas tanpa perlu memikirkan kecepatan transmisi yang dikirim.


Akan tetapi, konektivitas ini kurang sesuai dengan permainan FPS karena terdapat delay yang dapat menghambat permainan. Keyboard nirkabel ini cocok untuk permainan massively multiplayer online (MMO) yang santai.

4

Cek fitur unggul lainnya

Untuk merasakan pengalaman bermain game yang memukau, Anda membutuhkan keyboard gaming dengan berbagai fitur unggulan. Nah, berikut ini beberapa fitur unggulan keyboard yang dapat mendukung permainan Anda.

N-Key Rollover dan Anti-Ghosting, untuk permainan yang membutuhkan kecepatan

N-Key Rollover dan Anti-Ghosting, untuk permainan yang membutuhkan kecepatan

Pada permainan yang membutuhkan kecepatan, kesalahan saat menekan atau mengetik sangat fatal. Untuk mencegah hal ini terjadi, pilihlah keyboard yang memiliki fitur N-Key Rollover dan Anti-Ghosting.


  • N-Key Rollover atau disingkat NKRO adalah fitur agar keyboard dapat mengirim banyak pesan secara bersamaan ke PC.
  • Anti-Ghosting adalah sebuah fitur untuk mencegah keyboard salah mengenali perintah.

Dengan kata lain, fitur NKRO dan Anti-Ghosting akan menguntungkan Anda sebagai pemain. Permainan Anda akan menjadi lebih cepat dan akurat.

Makro, mempersingkat waktu untuk aktivasi skill

Makro, mempersingkat waktu untuk aktivasi skill
Sumber: corsair.com

Bermain game menjadi lebih mudah jika keyboard dilengkapi dengan fitur makro. Anda dapat mendaftarkan perintah atau skill yang sering digunakan pada tombol makro dengan satu sentuhan. Jika Anda ingin merasakan sensasi bermain yang lebih mudah, pertimbangkan model keyboard dengan fitur ini.


Terkadang mengetik ID dan password saat log in merupakan pekerjaan yang merepotkan. Dengan menggunakan tombol makro, Anda bahkan dapat mendaftarkan ID atau password. Log in pun menjadi lebih mudah dan cepat.

Tenkeyless, cocok untuk permainan dengan bantuan mouse

Tenkeyless keyboard merupakan keyboard tanpa tombol numerik yang biasa ada di bagian kanan bodi keyboard. Keyboard model ini cocok untuk permainan yang memerlukan mouse. Keyboard ini mudah dibawa-bawa karena memiliki ukuran yang kecil. Selain itu, tenkeyless keyboard hanya memerlukan sedikit ruang sehingga memudahkan Anda untuk berpindah dari keyboard ke mouse.

Backlight, agar keyboard mudah dilihat bahkan saat ruangan gelap

Backlight, agar keyboard mudah dilihat bahkan saat ruangan gelap
Sumber: razer.com

Bagi Anda yang sering bermain di ruangan yang gelap, kami sarankan untuk menggunakan keyboard dengan backlight. Backlight yang menyinari setiap tombol membuatnya terlihat menarik, apalagi di tempat gelap.


Selain itu, model ini sempurna juga digunakan di ruangan yang redup cahaya. Kelebihan lainnya adalah tombolnya tidak dicetak dengan printing sehingga tidak cepat pudar saat sudah lama digunakan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi gaming keyboard terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming keyboard terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

NYK Nemesis

K-01 LegionTKL K-01

NYK Nemesis K-01 Legion 1

Rp145.000

Agak Murah

Harganya terjangkau, tetapi tahan percikan air!

2

Rexus

Gaming Keyboard Battlefire K9E

Rexus Gaming Keyboard Battlefire K9E 1

Rp269.000

Agak Murah

Ekspresikan dirimu dengan empat pilihan warna dual-tone yang keren

3

Sades

Sabre Tenkeyless RGB Backlight Keyboard

Sades Sabre Tenkeyless RGB Backlight Keyboard 1

Rp220.000

Agak Murah

Keycaps tidak mudah pudar berkat teknologi double injection

4

Logitech

G613 Wireless Mechanical Gaming Keyboard

Logitech G613 Wireless Mechanical Gaming Keyboard 1

Rp1.379.000

Menengah

Dengan teknologi LIGHTSPEED untuk mengatasi permasalahan jeda

5

Fantech

MAXFIT67 Keyboard Modular Mechanical

Fantech MAXFIT67 Keyboard Modular Mechanical 1

Rp2.499.000

Agak Mahal

Dilengkapi knob volume yang dapat diprogram

6

Redragon

K530 60% RGB Black Wireless Mechanical Keyboard

Redragon K530 60% RGB Black Wireless Mechanical Keyboard 1

Rp950.000

Menengah

Desain yang ringkas dan minimalis berikan ruang lebih untuk gerakan mouse

7

Digital Alliance

Meca Warrior RGB

Digital Alliance Meca Warrior RGB 1

Rp499.000

Agak Murah

Produk lokal bermutu! Ringan, tetapi kukuh digunakan

8

ASUS

ROG Strix Scope TKL

ASUS ROG Strix Scope TKL 1

Rp1.859.000

Agak Mahal

Tombol CTRL dua kali lebih lebar, meminimalkan kesalahan saat menekan

9

Corsair

K100 RGB Optical-Mechanical Gaming Keyboard

Corsair K100 RGB Optical-Mechanical Gaming Keyboard  1

Rp2.999.000

Agak Mahal

Gaming keyboard untuk para profesional e-sport

10

Razer

BlackWidow V3 Mini HyperSpeed

Razer BlackWidow V3 Mini HyperSpeed 1

Rp2.799.000

Agak Mahal

Terdapat tiga mode koneksi, terhubung dengan beberapa perangkat jadi lebih mudah

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NYK NemesisK-01 LegionTKL K-01

K-01 Legion 1
Sumber: nyk.co.id
K-01 Legion 2
Sumber: nyk.co.id
K-01 Legion 3
Sumber: nyk.co.id
K-01 Legion 4
Sumber: nyk.co.id
Harga referensi
Rp145.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp145.000
Agak Murah

Harganya terjangkau, tetapi tahan percikan air!

Kelebihan:

  • Memiliki kelebihan splashproof design yang membuat keyboard tahan percikan air
  • Harga relatif terjangkau untuk keyboard gaming

Kekurangan:

  • Build quality yang tidak begitu bagus
  • Setelan lampu backlight RGB yang terbatas

Tidak sedikit player yang asyik bermain game sambil menikmati makanan atau minuman favorit. Apakah Anda salah satunya? Nah, apabila Anda mencari keyboard berharga terjangkau yang tahan terhadap percikan air, produk ini layak dipertimbangkan.


Produk ini memiliki lubang untuk mengeluarkan air yang tertumpah di atas keyboard. Kini kekhawatiran Anda karena minuman tepercik ke atas keyboard pun berkurang. Namun, ada baiknya untuk mengeringkannya terlebih dahulu sebelum digunakan kembali, ya.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

RexusGaming Keyboard Battlefire K9E

Gaming Keyboard Battlefire K9E 1
Sumber: rexus.id
Gaming Keyboard Battlefire K9E 2
Sumber: rexus.id
Gaming Keyboard Battlefire K9E 3
Sumber: rexus.id
Gaming Keyboard Battlefire K9E 4
Sumber: rexus.id
Harga referensi
Rp269.000
Agak Murah

Ekspresikan dirimu dengan empat pilihan warna dual-tone yang keren

Kelebihan:

  • Terdapat empat opsi pilihan warna dual-tone yang stylish
  • Dilengkapi dengan rainbow backlight dan keylight

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur penyimpanan setelan RGB backlight
  • Build quality yang tidak begitu bagus

Apakah Anda sedang mencari keyboard stylish untuk melengkapi setup gaming rig Anda? Jika iya, Anda bisa memilih produk ini. Keyboard Rexus ini menawarkan empat pilihan warna yang keren, yaitu Bubblegum Pink, Blushing White, Leather Black, dan Licorice Black. Semua pilihan warna memiliki style dual-tone dengan kombinasi dua warna yang kontras.

No.3

SadesSabre Tenkeyless RGB Backlight Keyboard

Harga referensi
Rp220.000
Agak Murah

Keycaps tidak mudah pudar berkat teknologi double injection

Kelebihan:

  • Memiliki backlight RGB yang terang
  • Adanya braided cable sehingga kabel tidak mudah kusut dan rusak
  • Sudah dilengkapi dengan 25 tombol Anti-Ghosting

Kekurangan:

  • Build quality yang tidak begitu bagus, beberapa tombol mungkin kurang mulus saat ditekan

Seiring berlalunya waktu, huruf pada keyboard akan mulai sedikit memudar. Hal ini dikarenakan gesekan, keringat, atau terlalu sering digunakan dalam waktu yang lama. Apabila Anda menginginkan keycaps yang tidak mudah pudar, cobalah produk ini.


Sabre Tenkeyless RGB Backlight Keyboard sudah melalui pemrosesan finishing dengan double injection pada tombolnya. Dengan demikian, keyboard Anda akan selalu tampak keren meski telah dipakai lama.

No.4

LogitechG613 Wireless Mechanical Gaming Keyboard

Harga referensi
Rp1.379.000
Menengah

Dengan teknologi LIGHTSPEED untuk mengatasi permasalahan jeda

Kelebihan:

  • Cocok digunakan untuk gaming maupun produktivitas sehari-hari
  • Koneksi wireless-nya cepat sehingga membuat permainan lebih menyenangkan
  • Penyetelan aplikasi bawaan yang mudah

Kekurangan:

  • Tidak terdapat lampu backlight sehingga menyulitkan untuk penggunaan di ruangan redup
  • Sandaran tangannya tidak dapat dilepas


Keyboard dengan konektivitas wireless dan Bluetooth sering mengalami masalah jeda. Namun, hal itu tak akan dirasakan bila Anda menggunakan produk ini. Logitech G menanamkan teknologi LIGHTSPEED untuk mengatasi permasalahan jeda, stabilitas, dan konektivitas.


Produsen bahkan mengeklaim bahwa kinerja produk ini bagaikan keyboard dengan kabel! Penggunaan dayanya pun bisa dibilang sangat irit. Baterainya yang bertipe AA dapat bertahan selama 18 bulan lamanya. Dengan kualitas keyboard kabel dalam keyboard nirkabel, kini Anda dapat bermain game lebih leluasa.

No.5

FantechMAXFIT67 Keyboard Modular Mechanical

Harga referensi
Rp2.499.000
Agak Mahal

Dilengkapi knob volume yang dapat diprogram

Kelebihan:

  • Memiliki knob multifungsi untuk mengatur volume dan fungsi makro
  • Lampu backlight RGB yang dapat diprogram

Kekurangan:

  • Keycaps agak buram dan tidak mudah terbaca
  • Terlalu banyak pelumas pada stabilizer sehingga terkadang terasa lengket


Keyboard buatan Fantech ini kami rekomendasikan untuk gamer yang suka memutar musik. Di ujung kanan keyboard terdapat knob volume multifungsi. Anda dapat dengan mudah mengubah volume dan mengubah lagu hanya dalam sekali putaran. Selain itu, knob tersebut juga dapat diprogram seperti tombol makro. Anda dapat menggunakan knob untuk mengganti senjata dalam permainan FPS dan action.

No.6

RedragonK530 60% RGB Black Wireless Mechanical Keyboard

Harga referensi
Rp950.000
Menengah

Desain yang ringkas dan minimalis berikan ruang lebih untuk gerakan mouse

Kelebihan:

  • Ukurannya ringkas dan compact
  • Switch atau axis dapat diganti sesuai selera

Kekurangan:

  • Hanya mendukung switch dari Outemo
  • Opsi pemrogramannya terbatas

Ruang meja yang terbatas terkadang mengganggu pengalaman bermain yang nyaman. Pergerakan mouse biasanya sering terganggu dengan adanya keyboard yang besar dan panjang. Bagi Anda yang memiliki ruang meja sempit, produk dari Redragon ini bisa menjadi pilihan terbaik.


Keyboard ini memiliki desain tenkeyless (TKL) dengan 61 tombol. Bodinya sangat ringkas dengan ukuran 60% dari full-size keyboard. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa menggerakkan mouse saat bermain.

Harga referensi
Rp499.000
Agak Murah

Produk lokal bermutu! Ringan, tetapi kukuh digunakan

Kelebihan:

  • Bobotnya ringan, tetapi tetap kukuh
  • Memiliki sepuluh mode lampu RGB dan dapat diatur lewat aplikasi

Kekurangan:

  • Kualitas caps yang kurang rapi di bagian finishing
  • Tidak terdapat lampu indikator caps lock

Bermain game dengan sesama gamers di satu tempat tentu memberikan kesenangan tersendiri. Namun, membawa-bawa perangkat game tentu terasa merepotkan. Nah, jika Anda mencari keyboard yang ringan dibawa ke mana-mana, produk ini merupakan jawabannya.


Bodinya yang full plastic membuat beratnya hanya 805 gram. Meskipun bodinya berbahan utama plastik, build quality-nya solid dan terasa kukuh. Terlebih, keyboard ini merupakan produk lokal. Pastinya ada kebanggaan tersendiri saat menggunakannya!

No.8

ASUSROG Strix Scope TKL

Harga referensi
Rp1.859.000
Agak Mahal

Tombol CTRL dua kali lebih lebar, meminimalkan kesalahan saat menekan

Kelebihan:

  • Tombol CTRL dua kali lebih besar sehingga meningkatkan keakuratan dan ketepatan dalam permainan FPS
  • Kabel USB Type-C yang dapat dilepas
  • Lampu backlight RGB dapat diatur melalui aplikasi

Kekurangan:

  • Ukurannya tidak seringkas keyboard tenkeyless sejenis
  • Mungkin sedikit tidak nyaman bagi beberapa orang karena tidak terdapat sandaran tangan

Ingin meningkatkan ketepatan dan keakuratan saat bermain game FPS? Produk ini bisa menawarkan solusinya. Bisa dilihat, keyboard ini menawarkan desain yang berbeda pada tombolnya. Produk ASUS ini mempunyai tombol CTRL yang ukurannya dua kali lebih lebar agar dapat mengurangi kesalahan saat menekan. 


Selain itu, keyboard ini pun menyediakan Stealth Key yang dapat mematikan suara dan menyembunyikan semua aplikasi dalam sekali tekan. Nikmati juga RGB Aura Sync backlighting yang menambah keren visualnya!

No.9

CorsairK100 RGB Optical-Mechanical Gaming Keyboard

Harga referensi
Rp2.999.000
Agak Mahal

Gaming keyboard untuk para profesional e-sport

Kelebihan:

  • Performa keyboard yang cepat dan responsif
  • Terdapat sandaran tangan dengan bantalan memory foam yang nyaman
  • Keyboard dapat dikustomisasi dan bisa menyimpan 200 profil

Kekurangan:

  • Harga yang relatif mahal dibandingkan produk lain
  • Dimensi keyboard yang besar sehingga tidak begitu portabel

Bagi Anda seorang profesional di dunia e-sport, produk ini cocok dipilih. Keyboard Corsair ini memiliki performa yang powerful berkat teknologi AXON Hyper-Processing. Fitur tersebut memungkinkan input terproses delapan kali lebih cepat daripada gaming keyboard biasa. Pengalaman bermain pun menjadi lebih intens dan seru.


Selain itu, terdapat juga sandaran tangan magnetic yang dapat dilepas. Sandaran tangan tersebut memiliki tekstur yang lembut dan bantalan memory foam untuk menjaga kenyamanan selama bermain.

No.10

RazerBlackWidow V3 Mini HyperSpeed

Harga referensi
Rp2.799.000
Agak Mahal

Terdapat tiga mode koneksi, terhubung dengan beberapa perangkat jadi lebih mudah

Kelebihan:

  • Build quality yang bagus dan kukuh
  • Memiliki tiga mode koneksi, yaitu USB Type-C, Bluetooth, dan wireless dongle
  • Tombol taktil yang responsif

Kekurangan:

  • Saat dinyalakan, lampu backlight sangat menguras baterai
  • Fitur multi-device hanya mendukung beberapa tipe mouse 

Jika Anda memiliki beberapa gaming rig dan tidak ingin kerepotan gonta-ganti setup, produk ini solusinya. Black Widow V3 Mini HyperSpeed dari Razer dilengkapi dengan tiga mode koneksi. Anda dapat menghubungkan perangkat melalui USB Type-C, wireless dongle, ataupun Bluetooth. Terlebih, Anda juga bisa menghubungkan dan berganti hingga tiga perangkat dengan mudah ketika mode Bluetooth.

Baca juga rekomendasi perangkat gaming lainnya di sini

Selain keyboard, tentunya Anda butuh mouseheadset, dan perangkat gaming lain untuk melengkapi permainan Anda. Kami juga merekomendasikan merek-merek populer dari perangkat gaming tersebut pada artikel-artikel berikut ini. Lengkapi perangkat gaming Anda dan ciptakan lingkungan bermain yang menyenangkan!

Kesimpulan

Apakah Anda menemukan gaming keyboard pilihan Anda dari sepuluh rekomendasi kami di atas? Pilihlah gaming keyboard yang sesuai dengan game yang Anda mainkan agar dapat menunjang performa permainan. Sesuaikanlah pilihan dengan budget yang dimiliki agar hobi tidak mengganggu sirkulasi keuangan Anda. Jadikan tips dari kami sebagai rujukan saat Anda memilih gaming keyboard. Selamat bersenang-senang!

5 Rekomendasi Keyboard Gaming terbaik

No. 1: NYK NemesisK-01 LegionTKL K-01

No. 2: RexusGaming Keyboard Battlefire K9E

No. 3: SadesSabre Tenkeyless RGB Backlight Keyboard

No. 4: LogitechG613 Wireless Mechanical Gaming Keyboard

No. 5: FantechMAXFIT67 Keyboard Modular Mechanical

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Keyboard komputer
  4. 10 Keyboard Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.