10 Rekomendasi Matras Yoga Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Matras Yoga Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Banyak orang lebih suka yoga di rumah ketimbang pergi ke tempat kebugaran. Ketika itulah, peran matras sangat penting. Merek terkenal Adidas, Liforme, Happyfit, Manduka, Jade, dan Hugger Mugger memproduksi matras terbaik yang bagus untuk yoga dan juga untuk latihan kebugaran lainnya.

Apakah Anda seorang yogi (praktisi yoga) yang membutuhkan matras nyaman untuk yoga di rumah,  atau pemula yang baru ingin memulai? Dalam artikel ini, kami berbagi tips cara memilih matras yoga yang tepat, beserta sepuluh rekomendasi produk terbaik yang siap mendukung gaya hidup sehat Anda!

Daftar isi

Cara memilih matras yoga

Matras yoga dan matras olahraga ada banyak sekali jenisnya! Untuk Anda yang baru memulai yoga dan tidak tahu matras seperti apa yang dibutuhkan, simak poin-poin berikut ini!

Pilih menurut bahan

Ada beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan matras. Setiap bahan memiliki fitur yang berbeda. Mari kita menilai dari segi kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan.

PVC (Polyvinyl Chloride)

PVC (Polyvinyl Chloride)

PVC adalah bahan matras paling populer karena dijual dengan harga relatif rendah, dan memiliki ragam corak dan desain. Matras berbahan PVC dianjurkan bagi pemula yang baru memulai latihan yoga, atau untuk mereka yang hanya menggunakan matras sesekali.

Namun, karena sifat bahannya yang rentan terhadap air, matras PVC tidak bisa dicuci dengan air. Untuk perawatan harian, Anda cukup menyekanya dengan lap yang sedikit dibasahi. Selain itu, bahan PVC memiliki bau yang khas terutama saat dibeli pertama kali. Tidak dianjurkan untuk Anda yang sensitif terhadap bau.

NBR (Nitrile Butadiene Rubber)

NBR (Nitrile Butadiene Rubber)

Bahan matras yang satu ini sangat tahan lama serta memiliki elastisitas yang baik pula. Permukaannya tahan terhadap goresan, dan tidak menyebabkan aus bahkan jika digunakan berolahraga secara intens. NBR sering dipakai sebagai bahan matras di samping PVC. Matras ini cocok untuk pemakaian jangka panjang, meski harganya cenderung tinggi.

PER (Polymer Evironmental Resin)

PER (Polymer Evironmental Resin)

Dibandingkan dengan PVC, bahan PER memiliki bau yang tidak kentara dan tidak menimbulkan dioksin apabila dibakar, sehingga dianggap sebagai bahan yang ramah lingkungan. Selain itu, matras berbahan PER bisa dicuci, maka cocok untuk Anda yang senang menjaga kebersihan. Bobot dan permukaannya memiliki bantalan empuk senyaman matras PVC, tetapi harganya sedikit lebih tinggi dan tidak terlalu banyak beredar di pasaran.

TPE (Thermoplastic Elastomer)

TPE (Thermoplastic Elastomer)

TPE adalah bahan yang bisa didaur ulang dan tidak menimbulkan dioksin apabila dibakar. Elastisitasnya sangat baik, bahkan dengan matras berbahan TPE yang tipis sekalipun, Anda tidak akan merasakan kerasnya lantai. Matras TPE tahan terhadap suhu dingin maupun panas, sehingga nyaman digunakan dalam cuaca apa pun. Meskipun begitu, pada saat awal pemakaiannya Anda akan mencium bau yang khas, maka tidak dianjurkan untuk orang yang sensitif terhadap bau.

Karet alami

Karet alami

Terbuat dari getah pohon karet, matras yang berbahan karet alami memiliki daya tahan yang paling kuat. Sebagaimana TPE, bahan karet alami dikenal paling ramah lingkungan. Sangat tepat dipakai sebagai bahan matras karena tidak menyebabkan tergelincir. Namun, kekurangannya adalah bobot yang berat, sebab lebih tebal dibanding dengan jenis matras lainnya. Selain itu, berhati-hatilah apabila Anda alergi terhadap getah atau bahan karet alami.

Beberapa matras terbaik di industri kebugaran terbuat dari bahan karet alami!

Microfiber

Microfiber

Bahan microfiber terdiri dari serat kimia berbahan poliester, nilon, dan sejenisnya. Ciri-cirinya adalah memiliki kepadatan serat yang tinggi. Matras berbahan microfiber memiliki keunggulan dalam menyerap air sekaligus bisa kering dengan cepat, sebab memiliki fitur bahan yang sama dengan handuk. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan matras pribadi dengan variasi warna menarik dan corak yang sangat modis.

Namun, dibandingkan dengan matras berbahan lainnya, matras microfiber memiliki ketebalan yang tipis. Saat berbaring di atasnya, Anda cenderung merasakan kerasnya lantai secara langsung.

Pilihlah berdasarkan ketebalannya

Pilihlah berdasarkan ketebalannya

Matras umumnya memiliki ketebalan 1 mm hingga 10 mm. Yang paling mudah digunakan sebagai matras yoga atau olahraga adalah yang berketebalan 6 mm, dan yang umum dijual berukuran di atas 6 mm. Ukuran tersebut memiliki tekstur bantalan moderat yang empuk, dengan daya tahan yang kuat, serta mudah digulung dan disimpan. Jika Anda kurang menyukai matras tebal, minimal pilihlah yang berketebalan 6 mm.

Apabila menurut Anda ketebalan 6 mm dirasa kurang memuaskan, misalnya saat dicoba, lutut, pinggang, dan bokong Anda terasa sakit, maka dianjurkan memilih yang lebih tebal. Selain itu, apabila Anda mencari matras yang bisa dilipat dan mudah dibawa travelling, pilihlah matras dengan ketebalan yang lebih tipis.

Pilihlah yang mudah disimpan dan dibawa

Pilihlah yang mudah disimpan dan dibawa

Untuk Anda yang menggunakan matras di rumah, Anda mungkin hanya perlu menggulungnya sekecil mungkin, sehingga penyimpanannya tidak memakan banyak tempat.

Secara umum, ada dua jenis matras yaitu, matras roll-up yang bisa digulung, dan matras yang tidak bisa digulung namun bisa dilipat. Keduanya nyaman, tetapi apabila Anda ingin membawanya ke mana-mana, jenis roll-up sangat dianjurkan. Jangan lupa membeli matras yang sudah menyediakan kelengkapan tas atau sarungnya!

Pilihlah yang berfitur anti-slip

Pilihlah yang berfitur anti-slip

Penting untuk mencegah insiden tidak terduga, seperti jatuh dan terluka akibat matras yang licin. Ada tidaknya fitur anti-slip merupakan faktor yang penting. Matras yoga dibuat dengan bahan yang sebaiknya bukan hanya kuat, tetapi aman melindungi Anda dari tergelincir.

Fitur anti-slip bisa didapat pada permukaan matras atau pada bagian belakang matras. Periksalah keterangan produk matras secara saksama pada laman katalognya sebelum membeli.

10 Rekomendasi matras yoga terbaik

Matras yoga terbaik kami pilih berdasarkan bahan, fungsi, keunggulan, harga, popularitas, dan beberapa di antaranya diakui oleh industri kebugaran sebagai matras terbaik. Sepuluh matras di bawah ini sangat direkomendasi. Pilihlah yang paling tepat untuk Anda!

10. SKLZ Trainer Mat

10. SKLZ Trainer Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.141.000

Matras PVC bergambar ilustrasi keren!

Pada permukaannya yang halus, tampak gambar ilustrasi metode latihan otot yang menjadikan matras ini lain dari yang lain. Selain bergaya, matras berukuran 183 x 61 cm ini cocok untuk Anda yang senang berlatih menggunakan panduan ilustrasi. Tipe roll-up mudah digulung dan disimpan dalam posisi berdiri di sudut rumah Anda.

Matras ini berbahan PVC dengan ketebalan 6 mm, memiliki tekstur bantalan empuk yang cukup, sehingga tidak menyebabkan lutut dan bokong Anda sakit saat melakukan yoga. Meski tidak ada keterangan anti-slip, SKLZ Training Mat merupakan matras yang keren dengan gambar ilustrasi unik, memotivasi Anda untuk latihan kapan pun dan di mana pun.

9. Bean Products Pro Eco GURU or YOGI Premium Yoga Mat

9. Bean Products Pro Eco GURU or YOGI Premium Yoga Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.327.300

Matras ramah lingkungan berbahan paduan karet alami dan PER

Direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan matras berukuran lebar! Diproduksi oleh Bean Products, matras ini terbuat dari campuran unik bahan ramah lingkungan yaitu karet alami dan PER. Selain itu, matras ini bebas dari unsur racun, logam berat, dan lateks yang membuat Anda alergi kulit.

Ukuran dan bahannya sama dengan matras merek terkenal Manduka, tetapi matras ini dirancang dengan bobot yang lebih ringan untuk kemudahan penggunaan. Permukaannya lebar dengan ukuran 180 x 66 cm, plus bantalan ekstra empuk yang dirancang untuk latihan yoga. Matras dari Bean Products menjaga tulang belakang, siku, dan lutut Anda dari cedera. Matras ini menawarkan kenyamanan yang tahan lama untuk mendukung stabilitas latihan yoga Anda.

8. Kettler Pro-Grade TPE Yoga Mat

8. Kettler Pro-Grade TPE Yoga Mat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.192.500

Matras berbahan TPE yang melindungi Anda dari cedera!

Di urutan kedelapan ada Kettler, salah satu merek kebugaran yang produknya laris manis di toko online seperti Tokopedia dan Lazada. Kali ini mereka mengeluarkan matras yoga berkualitas premium dengan pilihan warna hijau-biru dan kuning-ungu. Matras ini memiliki kelenturan fleksibel yang bisa digelar di lantai semen maupun kayu.

Permukaan matras ini tebal dan nyaman, mampu menopang tubuh Anda dan meminimalkan kemungkinan cedera atau nyeri sendi saat melakukan latihan yoga. Selain itu, matras ini berbahan TPE yang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang. Anda juga bisa membersihkannya seminggu sekali dengan menggunakan lap basah.

7. Go Go Active NBR Yoga Mat

7. Go Go Active NBR Yoga Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.028.000

Matras yoga warna-warni neon, plus sarung praktis berwarna senada!

Populer dengan variasi warna-warni neon yang sesuai untuk Anda yang senang tampil modis. Ada enam pilihan warna favorit yang bisa Anda pilih. Matras ini berbahan karet nitril yang memiliki ketebalan 12 mm, dengan permukaan super halus dan sangat empuk, ideal mendukung kegiatan yoga di rumah. Ukuran ekstranya juga ideal untuk Anda yang bertubuh besar.

Khawatir tergilincir saat melakukan yoga? Matras dari Go Go Active dilengkapi anti-slip dan lapisan bawah yang stabil di atas lantai. Keunggulan lainnya dari produk ini adalah Anda mendapatkan tas yoga berwarna senada, dengan carry strap dan saku beritsleting yang sangat praktis untuk menyimpan ponsel.

6. Zura Athulya Mat

6. Zura Athulya Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.994.000

Matras microfiber dengan belasan motif yang super stylish

Athulya berarti tak tertandingi dalam bahasa Sanskerta. Dalam produk rancangan Zura, berarti matrasnya terbuat dari bahan berkualitas tinggi ramah lingkungan tanpa silikon, phthalate, dan racun lainnya. Matras ini dirancang ideal untuk berlatih yoga, bikram, yoga hot, dan pilates absortbent. Koleksi matras menawan dari Zura sangat cocok untuk Anda yang memiliki selera modis.

Zura Athulya Mat memiliki ketebalan 3,5 mm dan dilengkapi tas sarung untuk dibawa travelling. Bebas kerut dan tidak berbau, lapisan atas matras ini berbahan microfiber yang 100% anti-slip, sementara lapisan bawahnya menggunakan bahan karet daur ulang alami. Anda bisa memilih belasan motif keren yang dilukis dengan tinta berbasis air.

5. Manduka eKO Lite Mat Truth Blue

5. Manduka eKO Lite Mat Truth Blue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.343.300

Matras yoga berbahan 100% karet alami yang paling awet!

Manduka eKO Lite Mat adalah matras populer, dibuat untuk para yogi oleh para yogi. Terbuat dari 100% karet alam dengan fitur anti-slip. Meskipun hanya memiliki ketebalan 4 mm, matras ini tetap memberikan Anda kenyamanan bahkan dalam melakukan head stand. Cocok untuk Anda yang mencari matras yang kuat dan tahan lama meski ketebalannya di bawah 6 mm.

Matras ini dirancang dengan inovasi busa closed cell, yang mencegah keringat atau minyak memasuki seratnya, sehingga bebas dari bakteri dan tidak bau. Ada banyak pilihan warna dan tekstur bercorak menarik yang bisa Anda pilih. Selain itu, Manduka mengklaim produk matrasnya memiliki daya tahan paling awet di pasaran. Bahan matrasnya juga dapat didaur ulang untuk mendukung kebersihan lingkungan.

4. Adidas Training Mat

4. Adidas Training Mat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.849.500

Matras tebal yang praktis dibawa ke mana-mana!

Sebagai salah satu merek kebugaran paling terkenal, Adidas tidak mau ketinggalan mengeluarkan matras terbaiknya! Matras ini berukuran 183 x 61 cm, dirancang dengan desain roll-up yang mudah digulung dan disimpan di ruangan terkecil, sekaligus mudah dimuat ke dalam tas olahraga. Adidas juga melengkapi matrasnya dengan tali untuk disampirkan ke bahu Anda. Praktis!

Permukaan ekstra empuknya memiliki ketebalan 10 mm, efektif melindungi tangan, kaki, dan lutut Anda saat melakukan yoga atau latihan otot lainnya. Selain itu, Adidas Training Mat dirancang dengan inovasi busa closed cell untuk meminimalkan jumlah serapan uap air, sehingga tetap segar dan tahan lama. Tidak ada keterangan mengenai bahan dasar di situs resminya, tetapi menurut sejumlah konsumen, matras ini memiliki permukaan yang halus serta tidak berbau!

3. Jade Fusion Mat

3. Jade Fusion Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.450.000

Matras yoga untuk mereka yang “sensitif”!

Jade Fusion Mat adalah salah satu matras tebal terbaik dengan ketebalan 7 mm, sangat bagus untuk yoga restoratif, pilates, latihan kebugaran inti, dan fit silang! Lapisan karet tebal matras ini memberikan kenyamanan ekstra untuk Anda yang memiliki sendi sensitif dan juga aman dipakai oleh ibu hamil. Tersedia dalam corak berwarna sejuk, seperti midnight blue, purple, olive, teal, dan purple.

Produk ini anti-slip, dan sangat kokoh. Jade menawarkan matras yoga yang sangat ideal dengan bahan alami dari pohon karet, tidak mengandung PVC dan karet sintetis lainnya. Dengan membeli matrasnya, Anda juga ikut berkontribusi untuk lingkungan, sebab Jade menanam pohon untuk setiap matras yang terjual, dan sudah lebih dari satu juta pohon yang mereka tanam sejauh ini!

2. Hugger Mugger Para Rubber Yoga Mat

2. Hugger Mugger Para Rubber Yoga Mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.629.000

Matras yoga serbaguna!

Bahan ramah lingkungan? Ya. Anti-slip? Ya. Nyaman untuk lutut dan sendi? Ya. Desain warna-warni yang teduh? Ya! Matras yoga yang satu ini dijamin mendukung stabilitas latihan Anda dalam waktu lama. Hugger Mugger Para Rubber Yoga Mat memiliki ukuran 175 x 60 cm, ketebalan 6 mm, dan berdesain roll-up. Anda juga bisa memesan ukuran XL apabila menginginkan keleluasaan.

Fitur anti-slip yang dimiliki matras ini pasti disenangi para yogi pemula hingga tingkat mahir. Materialnya terbuat dari karet alami yang sustainable dan bisa didaur ulang. Setiap sudutnya memiliki tekstur bantalan empuk yang menjaga matras ini tetap bertahan di lantai untuk latihan yoga paling intens. Harganya memang cukup tinggi, tetapi setara dengan kualitasnya. Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan matras serbaguna yang bisa awet menemani Anda selama bertahun-tahun.

1. Liforme Yoga Mat

1. Liforme Yoga Mat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500.000

Matras yoga terbaik!

Untuk Anda yang menginginkan matras yoga terbaik yang pernah ada! Liforme Yoga Mat terbuat dari karet alami dengan lapisan eco-matte polyurethane. Matras ini memiliki fitur GripForMe yang dirancang dengan material revolusioner, untuk menjaga Anda dari tergelincir saat mandi keringat. Fitur unik lainnya adalah AlignForMe, berupa gambar navigasi untuk kaki dan tangan yang memudahkan Anda mengatur posisi tubuh, bahkan Anda bisa berlatih di tempat paling sempit sekalipun.

Matras ini tidak berbau dan bebas dari unsur logam berat berbahaya. Ukurannya 185 x 68 cm dengan tebal 4 mm, plus ekstra cushion yang dirancang oleh para yogi untuk para yogi. Liforme juga melengkapi matrasnya dengan tas beritsleting yang aman dan praktis dibawa. Butuh matras yoga khusus travelling? Ada Liforme Yoga Travel Mat yang menempati deretan matras tipis terbaik! Meski harganya cukup tinggi, tetapi sangat pantas untuk diinvestasikan.

Kesimpulan

Dari sepuluh produk terbaik pilihan kami, mana yang menjadi pilihan Anda? Sepuluh matras yoga di atas merupakan unggulan di industri kebugaran dan dicintai para yogi. Apakah Anda baru memulai yoga atau sudah menjadi praktisi yoga selama bertahun-tahun? Jangan ragu memiliki salah satu matras favorit di atas! Pilih sesuai kebutuhan dan gunakan untuk latihan sehari-hari di rumah. Selamat berlatih yoga!