• 10 Matras Yoga Terbaik - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Matras Yoga Terbaik - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Matras Yoga Terbaik - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Matras Yoga Terbaik - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Matras Yoga Terbaik - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Matras Yoga Terbaik - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)

Yoga adalah salah satu olahraga gerak badan yang menggabungkan latihan pernapasan dan pikiran. Salah satu perlengkapan yang tak boleh Anda lewatkan saat melakukan yoga adalah matras. Matras yoga sangat dibutuhkan, baik oleh pemula maupun yogi profesional. Anda bisa memilihnya berdasarkan ketebalan, bahan, serta ukuran.


Anda dapat menemukan berbagai merek matras yoga yang bagus, seperti Lululemon, Alo Yoga, dan Manduka. Kettler dan Miniso juga masuk dalam rekomendasi kami. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih matras yoga yang nyaman digunakan. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Kalyana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Yoga instructor, Kalyana

Profil pakar: Yoga instructor, Kalyana
Kalyana
Yoga instructor
Kalyana

Kalyana adalah seorang praktisi yoga bersertifikasi RYT 200 dari Yoga Alliance. Ia memulai yoga sejak tahun 2017. Menurutnya, yoga terasa sangat membantu dalam mengurangi kecemasan, membuat pikiran lebih positif, dan menyehatkan badan.


Kalyana gemar membagikan tips seputar yoga dan journaling di Instagram-nya. Kalyana juga beberapa kali membagikan tips yoga melalui YouTube Yoganesia. Kesibukan Kalyana sehari-hari adalah mengajar yoga di studio, perkantoran, dan individual.

Perbedaan matras yoga dengan matras workout/olahraga

Banyak orang mengira matras yoga sama dengan matras olahraga. Namun, keduanya adalah produk yang berbeda, lho. Perbedaannya terletak pada bagian ketebalan, bahan, dan jenis penggunaan.


Matras yoga dirancang untuk olahraga berintensitas rendah dengan ketebalan rata-rata 3–6 mm atau lebih tipis. Bahan yang umum digunakan untuk matras yoga adalah PVC dan natural rubber. Beberapa matras yoga juga memiliki tekstur serta antiselip.


Sebaliknya, matras olahraga dibuat untuk olahraga berintensitas tinggi dengan ketebalan antara 2–5 mm. Tujuan matras olahraga adalah memberikan bantalan yang empuk untuk mencegah cedera karena tergelincir, melompat, ataupun terjatuh. Matras olahraga biasanya digunakan untuk melakukan latihan core, seperti plank dan sit up. Bahan yang digunakan biasanya adalah foam dengan lapisan vinyl.


Itulah perbedaan matras yoga dan workout. Jadi, Anda harus memilih matras yang tepat agar olahraga yoga Anda dapat berlangsung dengan nyaman dan lebih aman.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih matras yoga

Kini ada banyak produk matras yoga yang beredar di pasaran. Jika Anda masih bingung memilih matras yoga yang pas untuk digunakan, simaklah poin berikut ini. Selain soal harga, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih matras yoga.

Kenali berbagai material yang digunakan untuk matras yoga

Ada beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan matras. Tiap-tiap bahan tersebut memiliki fitur yang berbeda. Kenali kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap bahan agar Anda dapat menemukan matras yang sesuai.

PVC (polyvinyl chloride): Ekonomis dan punya banyak pilihan warna

PVC (polyvinyl chloride): Ekonomis dan punya banyak pilihan warna
PVC adalah bahan matras paling populer karena dijual dengan harga relatif terjangkau dan cukup ringan. Pilihan warnanya pun cukup beragam. Bahan PVC menjadi pilihan yang digemari pemula yang baru ingin mencoba yoga.

Namun, bahan PVC cenderung kurang tahan lama dan mudah terkelupas. Oleh karena itu, Anda harus menyimpan matras berbahan PVC dengan baik, seperti terhindar dari benda tajam. Kekurangan lainnya adalah bahan PVC memiliki bau yang khas saat pertama kali Anda beli.

NBR (nitrile butadiene rubber): Bahannya lebih tebal dan tahan lama

NBR (nitrile butadiene rubber): Bahannya lebih tebal dan tahan lama

Bahan matras yang satu ini dikenal sangat tahan lama dan memiliki elastisitas yang baik. Permukaan matras jenis ini tahan goresan dan tidak menyebabkan aus, bahkan jika digunakan berolahraga secara intens.


Matras ini lebih cocok untuk pemakaian jangka panjang. Matras NBR rata-rata memiliki ketebalan 10 mm sehingga cukup digemari yogi pemula karena empuk dan ringan. Lalu, matras ini juga bisa digunakan untuk olahraga lainnya.

PER (polymer environmental resin): Ramah lingkungan tanpa bau yang menyengat

PER (polymer environmental resin): Ramah lingkungan tanpa bau yang menyengat

Jika dibanding dengan PVC, material PER memiliki bau yang tidak kentara dan tidak menimbulkan dioksin apabila dibakar. Dengan demikian, matras PER dianggap sebagai bahan yang ramah lingkungan. Namun, jika dibandingkan material PVC dan NBR, material PER tidak terlalu banyak dijual di pasaran. 

TPE (thermoplastic elastomer): Elastisitas tinggi! Kerasnya lantai di bawah matras tidak akan terasa

Material TPE juga ramah lingkungan karena dapat didaur ulang dan tidak mengeluarkan dioksin saat terbakar. Jenis material ini memiliki beberapa fitur, seperti sulit tergelincir, ringan, dan Anda tidak akan merasakan kerasnya lantai meskipun tipis. Meski baru dibeli, matras ini tidak berbau sehingga direkomendasikan untuk Anda yang sensitif terhadap bau. 

Natural rubber: Ramah lingkungan dan tidak membuat Anda tergelincir

Natural rubber: Ramah lingkungan dan tidak membuat Anda tergelincir

Natural rubber adalah bahan yang terbuat dari getah pohon karet. Matras berbahan natural rubber memiliki daya tahan yang kuat dan lebih ramah lingkungan. Bahan natural rubber sangat tepat dipakai sebagai bahan matras karena tidak menyebabkan tergelincir.


Kekurangannya adalah bobot yang berat sebab lebih padat dibandingkan jenis matras lainnya. Selain itu, berhati-hatilah apabila Anda alergi terhadap getah atau bahan karet alami. 

Sesuaikan ukuran dan ketebalan matras yoga

Ukuran dan ketebalan matras yoga akan memengaruhi kenyamanan Anda dalam melakukan berbagai asana. Kami akan memaparkan beberapa ketentuan ukuran dan ketebalan matras yang cocok untuk Anda gunakan.

Ketebalan matras yoga menentukan keempukannya

Ketebalan matras yoga menentukan keempukannya

Matras umumnya memiliki ketebalan 1 mm hingga 10 mm. Ketebalan mana yang paling nyaman untuk digunakan?


  • Matras dengan ketebalan 3–5 mm merupakan matras yang umum digunakan. Matras ini sudah terbilang cukup empuk untuk digunakan, terutama untuk pemula. Di samping itu, cengkeraman Anda masih terasa cukup mantap di atasnya.

  • Matras dengan ketebalan 8–10 mm sangat pas untuk Anda yang membutuhkan matras empuk. Matras yang lebih empuk akan memberikan bantalan yang baik untuk persendian Anda. Namun, matras yang terlalu empuk membuat cengkeraman Anda kurang mantap karena telapak tangan dan kaki Anda tenggelam di dalamnya.

  • Matras dengan ketebalan kurang dari 2 mm lebih cocok dibawa bepergian karena dapat dilipat. Matras ini memang tidak empuk, tetapi kaki dan tangan Anda dapat mencengkeram dengan lebih baik. Matras yang cenderung tipis ini lebih banyak digunakan oleh para yogi.


Ketebalan matras yang dianjurkan sebetulnya adalah 3–5 mm. Ketebalan ini sudah cukup membuat Anda merasakan lantai. Di sisi lain, matras dengan ketebalan 3–5 mm juga mudah dilipat dan dibawa.

Ukuran matras yoga harus sesuai tinggi tubuh Anda

Selain ketebalannya, ukuran matras yoga juga beragam. Matras yoga memiliki panjang berkisar antara 172–180 cm dan lebar antara 60–70 cm. Anda dapat menyesuaikan panjang dan lebar matras yoga dengan tubuh Anda.


Apabila Anda memilih tubuh yang lebih tinggi dari 180 cm, Anda dapat memilih matras yoga yang lebih panjang. Demikian halnya untuk Anda yang memiliki ukuran tubuh ekstra. Anda dapat memilih matras yoga yang lebih lebar. Pemilihan ukuran matras yang tepat akan membuat Anda makin nyaman saat melakukan asana.


Matras yoga dengan ukuran ekstra sayangnya cukup jarang Anda temui di marketplace di Indonesia. Anda dapat membelinya langsung dari situs merek perlengkapan yoga tersebut, seperti Alo Yoga dan Lululemon.

Pilih matras yoga yang mudah disimpan dan dibawa

Pilih matras yoga yang mudah disimpan dan dibawa

Kebanyakan matras yoga memang dapat digulung atau biasa disebut dengan tipe roll-up. Matras rolled-up memang sangat menghemat ruang penyimpanan, terutama untuk penggunaan di rumah. Anda dapat menyelipkannya di sisi lemari atau tempat lainnya.


Kemudahan untuk menggulung matras yoga bergantung dari ketebalan matras. Matras dengan ketebalan 3–5 mm memang sangat mudah untuk digulung. Namun, matras yang lebih tipis lebih mudah untuk dilipat. Model matras lipat lebih cocok dibawa saat bepergian karena mudah dimasukkan ke dalam tas.


Selain itu, perhatikan juga berat matras Anda. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, berat matras bergantung pada material yang digunakan. Matras yoga dengan bahan PVC cenderung lebih ringan dibandingkan matras berbahan natural rubber. Kami sarankan agar Anda memperhatikan berat matras yang ditawarkan, terutama jika Anda ingin membawanya untuk latihan di luar rumah.

Pertimbangkan matras yoga yang memiliki fitur anti-slip

Tak hanya bahan matras yang awet dan kuat, desain antiselip juga penting untuk dipertimbangkan. Matras dengan desain antiselip akan menjaga Anda dari risiko tergelincir saat melakukan berbagai asana

Desain antiselip dapat berada di permukaan atas ataupun di bawah matras. Desain antiselip di atas matras dapat membantu Anda meningkatkan cengkeraman dan menjaga keseimbangan. Sebaliknya, desain antiselip di bagian bawah matras akan menjaga agar matras tetap pada tempatnya.


Untuk mengetahui ada atau tidaknya desain antiselip, lihatlah pada bagian informasi pengenalan produknya di internet. Jadi, pastikan Anda membaca informasi produk secara detail, ya.

10 Rekomendasi matras yoga terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk matras yoga terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Kalyana.

10
MaterialPVC
Ukuran185 cm × 60 cm
Ketebalan3 mm, 4,5 mm
BeratTidak disebutkan
Fitur anti-slip✔︎
Metode menyimpanRoll-up, lipat
9

Liforme Yoga Mat White Magic

Mulai dari Rp 3.150.000,00

MaterialNatural rubber, eco-polyurethane
Ukuran185 cm x 68 cm
Ketebalan4.2 mm
Berat2,5 kg
Fitur anti-slip✔︎
Metode menyimpanRoll-up
8

Nirvana Yoga Mat - Batik

Mulai dari Rp 1.999.000,00

MaterialNatural rubber
Ukuran185 cm x 66 cm
Ketebalan5 mm
Berat2,5 kg
Fitur anti-slip✔︎
Metode menyimpanRoll-up
7

The Republic of SvargaMatras Suede Maza

Mulai dari Rp 999.000,00

MaterialSuede, rubber
Ukuran183 cm x 68 cm
Ketebalan1 mm, 3 mm
Berat3 kg
Fitur anti-slipTidak disebutkan
Metode menyimpanRoll-up
6
MaterialPVC
Ukuran180 cm x 61 cm
Ketebalan2,5 mm
Berat1 kg
Fitur anti-slip✔︎
Metode menyimpanRoll-up, lipat
5
MaterialTPE
Ukuran173 cm x 61 cm
Ketebalan6 mm
BeratTidak disebutkan
Fitur anti-slip✔︎
Metode menyimpanRoll-up
4
MaterialPolyurethane leather, rubber
Ukuran189 cm x 67 cm
Ketebalan5 mm
Berat2,7 kg
Fitur anti-slipTidak disebutkan
Metode menyimpanRoll-up
3

Lululemon The Reversible Mat

Mulai dari Rp 1.882.000,00

Material61% natural rubber, 17% synthetic rubber, 15% polyurethane, 5% polyester, 2% nylon
Ukuran180 cm x 66 cm
Ketebalan5 mm
Berat2,38 kg
Fitur anti-slip✔︎
Metode menyimpanRoll-up
2
MaterialNBR
Ukuran180 cm x 61 cm
Ketebalan10 mm
Berat1,4 kg
Fitur anti-slipTidak disebutkan
Metode menyimpanRoll-up
1
MaterialPVC
Ukuran173 cm x 61 cm
Ketebalan3 mm, 5 mm
BeratTidak disebutkan
Fitur anti-slip✔︎
Metode menyimpanRoll-up, lipat

Tabel perbandingan produk matras yoga terbaik

Gambar produk
1
Miniso Yoga Mat Anti Slip 1

Miniso

2
Happyfit  Matras NBR 10 mm 1

Happyfit

3
Lululemon  The Reversible Mat 1

Lululemon

4
Alo Yoga Warrior Mat 1

Alo Yoga

5
Kettler  Premium Yoga Matras 1

Kettler

6
Manduka  Pro-Travel Yoga Mat 1

Manduka

7
The Republic of Svarga Matras Suede Maza 1

The Republic of Svarga

8
Nirvana  Yoga Mat - Batik 1

Nirvana

9
Liforme  Yoga Mat White Magic 1

Liforme

10
Tortue Stickymat 1

Tortue

Nama produk

Yoga Mat Anti Slip

Matras NBR 10 mm

The Reversible Mat

Warrior Mat

Premium Yoga Matras

Pro-Travel Yoga Mat

Matras Suede Maza

Yoga Mat - Batik

Yoga Mat White Magic

Stickymat

Keunggulan

Harganya sangat terjangkau dan tetap anti-slip

Yoga mat yang sangat empuk serta elastis

Kedua sisinya bisa digunakan secara bergantian, praktis!

Yoga mat yang aman tanpa PVC dan formaldehida

Fleksibel, dapat diletakkan di permukaan apa pun

Lebih tipis, lebih mudah dilipat, dan mudah dibawa bepergian

Matras basah? Cengkeraman malah makin mantap!

Motif batiknya khas Nusantara yang sangat memukau

Didesain oleh pelatih yoga bertaraf internasional

Daya rekatnya tinggi, tak perlu khawatir tergelincir saat latihan

Harga mulai dariRp 89.900,00Rp 260.000,00Rp 1.882.000,00Rp 2.011.400,00Rp 449.500,00Rp 1.275.000,00Rp 999.000,00Rp 1.999.000,00Rp 3.150.000,00Rp 729.000,00
MaterialPVCNBR61% natural rubber, 17% synthetic rubber, 15% polyurethane, 5% polyester, 2% nylonPolyurethane leather, rubberTPEPVC Suede, rubberNatural rubberNatural rubber, eco-polyurethanePVC
Ukuran173 cm x 61 cm 180 cm x 61 cm180 cm x 66 cm189 cm x 67 cm173 cm x 61 cm180 cm x 61 cm183 cm x 68 cm185 cm x 66 cm185 cm x 68 cm185 cm × 60 cm
Ketebalan3 mm, 5 mm10 mm5 mm5 mm6 mm2,5 mm1 mm, 3 mm5 mm4.2 mm3 mm, 4,5 mm
BeratTidak disebutkan1,4 kg2,38 kg2,7 kgTidak disebutkan1 kg3 kg2,5 kg2,5 kgTidak disebutkan
Fitur anti-slip✔︎Tidak disebutkan✔︎Tidak disebutkan✔︎✔︎Tidak disebutkan✔︎✔︎✔︎
Metode menyimpanRoll-up, lipatRoll-upRoll-upRoll-upRoll-upRoll-up, lipatRoll-upRoll-upRoll-upRoll-up, lipat
Tautan produk

Gunakan juga alas microfiber sebagai tambahan matras yoga

Gunakan juga alas microfiber sebagai tambahan matras yoga

Salah satu perlengkapan yang sering dibawa oleh para yogi adalah handuk. Handuk tersebut terbuat dari bahan microfiber yang dapat menyerap keringat dengan lebih cepat. Handuk microfiber tak hanya sekadar untuk mengelap keringat, tetapi bisa dipakai sebagai tatakan di atas matras yoga


Fungsinya adalah untuk menyerap keringat yang berjatuhan agar tidak membuat matras licin. Apabila Anda mengikuti kelas vinyasa, bikram, dan ashtanga, pastikan Anda membawa handuk untuk melapisi matras, ya.

Cara merawat matras yoga

Cara merawat matras yoga

Yoga mat dapat menjadi sarang bakteri karena keringat Anda yang menumpuk di dalamnya. Selain keringat, kulit mati dan kotoran pun dapat menumpuk di atas yoga mat. Oleh karena itu, penting sekali menjaga kebersihan matras Anda.


  • Anda dapat menyeka yoga mat dengan kain untuk menghilangkan keringat.

  • Gunakan kain lembap untuk membersihkan kotoran pada permukaan matras. Anda dapat mencampurkan 50% air dan 50% cuka untuk menghilangkan kotoran.

  • Gunakan mat spray untuk menghilangkan bau pada matras yoga. Mat spray diformulasikan khusus agar tidak merusak bahan matras. Kini sudah tersedia berbagai produk mat spray untuk matras kesayangan Anda.

  • Pastikan yoga mat Anda benar-benar kering sebelum digulung dan disimpan.

  • Hindari mencuci yoga mat seperti mencuci baju, apalagi menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

  • Simpan yoga mat di tempat yang sejuk dan terhindar dari impitan serta benda tajam.

Jangan lupa untuk mengganti matras yoga Anda jika dirasa sudah tidak nyaman digunakan. Matras yang sudah tidak empuk, licin, dan sobek dapat mengganggu sesi latihan yoga Anda.

Baca juga rekomendasi perlengkapan yoga lainnya di sini

Selain matras, kami juga telah mengulas beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk latihan yoga, seperti yoga block dan pakaian yoga. Jika Anda membutuhkannya, silakan simak ulasannya pada laman di bawah ini.

Kesimpulan

Dari sepuluh produk terbaik pilihan kami, apakah Anda menemukan produk yang sesuai? Ada banyak jenis matras yoga yang tersedia di pasaran. Semua produknya dibedakan berdasarkan berbagai hal, mulai dari bahan, ketebalan, hingga desainnya.


Memilih matras yoga yang nyaman sangat penting, baik untuk pemula maupun para yogi. Terakhir, jangan lupa sesuaikan harga matras yoga dengan budget Anda, ya. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda menemukan produk yang diinginkan. Selamat berlatih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Saat akan memulai berlatih yoga, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah matras yoga atau yoga mat. Merek peralatan olahraga ternama, seperti Berwyn dari Ace Hardware, Kettler, Miniso, dan Adidas telah memproduksi matras yoga andalan mereka. Bahkan, sekarang sudah banyak produsen yang menjual matras yoga dengan harga murah.Kami akan memperkenalkan cara memilih matras yoga bagi pemula dan memberikan rekomendasi matras yoga yang bagus dan tebal. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras yoga yang paling nyaman bagi Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin bugar atau mungkin ingin menurunkan berat badan? Kalau begitu, coba lakukan olahraga jalan cepat, lari, atau jogging dengan treadmill. Dengan memiliki treadmill, Anda dapat berolahraga kapan pun tanpa harus ke gym. Apabila Anda tertarik untuk membeli treadmill, kami akan membagikan cara memilih treadmill yang bagus.Rekomendasi merek treadmill terbaik, seperti Jaco, Total Fitness, dan Xiaomi akan Anda temukan, lengkap dengan harganya. Beberapa treadmill murah, tetapi tidak murahan akan Anda temukan juga. Selain itu, simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda.
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lari merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak digemari. Apabila ingin menekuni olahraga ini, gunakanlah peralatan yang menunjang. Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan adalah jam tangan lari atau running watch. Pastikan fitur-fitur yang ada pada running watch mendukung kegiatan berlari Anda, misalnya GPS yang akurat dan pemutar musik. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih running watch. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek running watch yang bagus, seperti Garmin, SUUNTO, dan Polar. Temukan produk yang paling sesuai untuk menemani kegiatan jogging rutin ataupun profesional Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Alat Fitness Rumahan Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Alat Fitness Rumahan Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Home gym sedang menjadi tren karena memudahkan Anda untuk berolahraga di rumah tanpa perlu pergi ke tempat gym. Berbagai alat gym untuk di rumah pun mudah Anda temui di e-commerce. Dumbbell, gym ball, treadmill, dan static bike merupakan beberapa alat gym rumahan yang bisa Anda miliki.Kami akan memberikan tips memilih alat fitness rumahan untuk beragam olahraga. Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT, turut memberikan komentarnya, lho. Kemudian, ada rekomendasi alat fitness home gym yang bagus dari merek Happyfit, Kettler, Xiaomi Kingsmith, SPEEDS, dan lainnya. Baca, yuk!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Fitness merupakan gaya hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai salah satu faktor utamanya. Selain sebagai lifestyle, banyak wanita melakukannya untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Karena itu, kini banyak sekali sepatu fitness untuk wanita yang bisa Anda temukan di pasaran. Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih sepatu fitness yang bagus untuk wanita. Kami juga menyediakan sepuluh rekomendasi sepatu fitness terbaik dari sejumlah merek, seperti adidas, Nike, dan Puma. Jika Anda sedang mencari sepatu fitness yang tepat, bacalah dahulu ulasan dari kami!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memilih sepatu fitness? Berbagai merek terkenal, seperti ASICS, PUMA, atau Nike memang bisa membuat Anda bingung ketika memilihnya. Ditambah lagi, ada banyak produk dengan desain dan warna menarik yang mudah Anda jumpai di berbagai gerai online.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu fitness yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Kami juga akan memperkenalkan rekomendasi sepatu fitness yang bagus dan berkolaborasi dengan fitness coach kami, Akbar Kharisma. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Treadmill Terbaik untuk Training dan Diet (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Treadmill Terbaik untuk Training dan Diet (Terbaru Tahun 2022)
    Treadmill sangat bermanfaat untuk membantu membakar kalori saat Anda dalam program training atau diet. Anda akan menemukan berbagai jenis treadmill di pasaran, misalnya keluaran iReborn, Idachi, atau TOTAL HEALTH GYM. Seluruh produk tersebut berbeda spesifikasi, fitur, dan harga sehingga mungkin membuat Anda bingung memilih.Agar tidak salah pilih, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi treadmill terbaik untuk Anda. Pilihlah produk yang dapat menunjang kegiatan olahraga Anda secara maksimal. Setelah itu, berolahragalah dengan rutin agar bisa mendapatkan tubuh sehat dan ramping idaman Anda.
    Gym & fitness
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori