10 Rekomendasi Serum Bulu Mata Terbaik (Terbaru tahun 2018)

10 Rekomendasi Serum Bulu Mata Terbaik (Terbaru tahun 2018)

Bulu mata lentik adalah hal penting untuk membuat mata Anda terlihat semakin cantik. Namun, penggunaan penjepit bulu mata, eyelash extension, dan sebagainya akan membuat bulu mata Anda lama kelamaan menjadi rusak dan rontok. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan tentang serum bulu mata yang bisa membuat bulu mata Anda semakin panjang dan sehat kembali.

Masalahnya, ada begitu banyak produk serum bulu mata yang dibuat oleh para produsen. Hal ini tentu menyebabkan Anda kesulitan menentukan pilihan. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serum bulu mata dan memberikan rekomendasi produk pilihan kami. Pilihlah yang tepat agar bulu mata Anda semakin sehat dan cantik!

Daftar isi

Cara memilih serum bulu mata

Ketika memilih serum bulu mata, hal-hal apakah yang harus menjadi pertimbangan Anda?  Bila Anda belum tahu, kali ini kami akan menjelaskan 4 poin penting untuk diingat ketika hendak membeli serum bulu mata.

Pilih berdasarkan bentuknya

Secara garis besar, serum bulu mata dibagi menjadi 3 bentuk, yakni brush pen type, mascara brush type, dan chip type. Bentuk ini dibedakan berdasarkan cara pengolesan cairan serumnya pada mata. Karena masing-masing memiliki fitur yang berbeda, pilihlah yang paling sesuai untuk Anda.

Brush pen type

Brush pen type

Bentuk serum bulu mata ini memiliki ujung kuas yang tipis seperti pena. Cara menggunakannya pun persis seolah Anda sedang menggambar eyeliner pada mata Anda. Karena ujung kuasnya yang tipis, Anda bisa mengoleskan serum dengan merata di semua bagian.

Menggunakan serum bulu mata jenis ini akan memberi Anda kemudahan ketika mengaplikasikannya pada akar bulu mata. Namun, sebaliknya Anda akan sedikit kesulitan ketika ingin mengaplikasikannya di ujung bulu mata. Karena kuasnya lembut, tentu resiko membuat iritasi mata menjadi lebih kecil.

Mascara brush type

Mascara brush type

Anda pasti familiar dengan bentuknya yang seperti kuas maskara. Selain itu, Anda yang terbiasa menggunakan maskara pasti tidak akan kesulitan memakai serum jenis ini. Dengan mengaplikasikan serum menggunakan kuas ini, serum dapat teroles merata dari akar hingga ujung bulu mata. Ditambah lagi, bulu mata Anda akan lebih terangkat dan terlihat semakin lentik.

Namun, Anda harus tetap berhati-hati ketika menggunakannya karena Anda bisa tanpa sengaja mengoleskan terlalu dalam hingga mengenai mata Anda. Hal ini bisa menyebabkan mata Anda menjadi iritasi. Selain itu, kuas jenis ini tidak bisa menjangkau bagian bulu mata terdalam seperti yang bisa dilakukan brush pen type.

Chip type

Chip type

Chip type merupakan bentuk kuas seperti spons yang sering kita lihat pada lipstik atau lip gloss. Dengan karakteristik ujungnya yang berbentuk bulat, Anda dapat dengan mudah mengaplikasikan serum bulu mata Anda.

Kelemahan jenis ini adalah Anda sulit mengatur banyaknya cairan serum yang hendak dioleskan. Hal ini dapat menyebabkan cairan serum masuk ke dalam mata akibat terlalu banyak yang menempel di ujung kuas.

Dari ketiga jenis yang sudah kami jelaskan, sebenarnya ada jenis lain lagi seperti comb type atau yang dioles langsung dengan jari. Karena masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, pilihlah yang menurut Anda paling mudah digunakan.

Periksa bahan yang terkandung di dalamnya

Periksa bahan yang terkandung di dalamnya

Pada serum bulu mata, terkandung bahan yang dapa membuat bulu mata tetap sehat, termasuk juga bahan pelembab. Contoh bahan pelembab yang banyak terkandung pada produk serum adalah hyaluronic acid dan polyquaternium-51. Sedangkan yang memiliki kandungan tocopherol acetate, akan bermanfaat juga untuk kulit Anda.

Sekarang sudah banyak serum bulu mata yang ditambahkan kandungan penumbuh rambut sehingga membuat bulu mata Anda lebih lebat dan panjang. Dengan kandungan tersebut, bulu mata Anda akan menjadi lebih padat dan lebat. Namun perlu Anda ketahui, serum bulu mata berbeda dengan tonik bulu mata. Meski demikian, Anda disarankan membeli produk yang berfungsi untuk menyehatkan dan melebatkan bulu mata sekaligus ketimbang memilih produk yang memiliki salah satu fungsi saja.

Jadi, perhatikanlah bahan yang terkandung ketika hendak membeli serum bulu mata. Paling baik jika produk yang Anda gunakan dapat melembabkan dan menumbuhkan bulu mata sekaligus, sehingga bulu mata Anda sehat dan kuat.

Dijamin aman untuk digunakan

Dijamin aman untuk digunakan

Serum bulu mata adalah produk yang bersentuhan langsung dengan mata. Karena itu, Anda harus berhati-hati ketika memilih dan pastikan produk tersebut dinyatakan aman untuk digunakan. Jika produk tersebut aman, Anda bisa mencegah resiko terjadinya iritasi atau bahkan kebutaan pada mata Anda. Serum yang tidak sengaja masuk ke dalam mata memang bisa menyebabkan mata merah, namun jika Anda mencucinya hingga bersih dengan air mengalir, hal itu tidak akan menjadi masalah.

Jika Anda mau mengecek keamanan suatu produk, periksalah apakah tertera tanda dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di keterangannya. Hindari juga produk yang mengandung paraben, pewarna buatan, pewangi buatan, dan sebagainya.

Karena mata adalah bagian tubuh yang sensitif, periksalah apakah serum yang Anda hendak Anda beli mengandung bahan berbahaya.

Memilih berdasarkan harga

Memilih berdasarkan harga

Perlu diakui, pemakaian serum bulu mata tidak terlihat hasilnya secara instan. Malahan, Anda harus rutin menggunakannya setiap hari. Walaupun banyak terkandung bahan yang baik bagi bulu mata Anda, tentu akan tetap membebani Anda jika harganya mahal. Mungkin Anda berpikir menyiasatinya dengan memakai lebih sedikit. Namun hal itu akan mengakibatkan tidak seluruh bulu mata Anda terolesi serum dengan sempurna.

Karena itu untuk bisa memakai serum bulu mata setiap hari, harga yang terjangkau akan menjadi poin penting untuk dipertimbangkan. Kini sudah banyak serum bulu mata dengan harga terjangkau, jadi masukkanlah harga sebagai pertimbangan Anda selain bahan, keamanan, dan modelnya.

Carilah serum bulu mata yang memiliki kandungan bahan-bahan terbaik dengan harga terjangkau.

10 Rekomendasi serum bulu mata terbaik

Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi serum bulu mata terbaik untuk Anda. Kami sudah memilihnya dengan mempertimbangkan bahan, keamanan, harga, dan sebagainya. Jadikanlah sebagai referensi agar Anda dapat menemukan serum bulu mata yang tepat.

10. FEG Eyelash Enhancer

10. FEG Eyelash Enhancer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 115.000

Terbuat dari bahan natural dan aman untuk mata Anda

Untuk Anda yang sering mengalami kerontokan bulu mata, produk inilah jawabannya. Serum bulu mata ini akan membuat bulu mata Anda lebih kuat, tidak mudah patah, dan mengurangi rontok. Dengan demikian, bulu mata Anda terlihat akan lebih panjang, lebat, dan lentik.

Produk ini mengandung asam amino alami yang membuat bulu mata Anda tumbuh lebih cepat. Selain itu, serum ini tidak mengandung pewarna buatan, pewangi buatan, paraben, sulfat, atau bahan-bahan lain yang beresiko mengiritasi mata Anda. Sebagai tambahan, serum ini juga dapat Anda gunakan untuk menebalkan alis, lho. Praktis, bukan?

9. Spectral Lash Eyelash Stimulator

9. Spectral Lash Eyelash Stimulator

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 550.000

Memanjangkan bulu mata hingga 25% dalam 4 minggu

Bulu mata yang lentik dan sehat tentu akan menambah kecantikan Anda. Nah, produk serum keluaran DS Laboratories ini mengklaim dapat memanjangkan bulu mata Anda hingga 25% hanya dalam waktu 4 minggu saja! Sangat cocok untuk Anda yang ingin memanjangkan bulu mata dalam waktu singkat.

Selain itu, produk ini bekerja dengan baik untuk bulu mata atas dan bawah Anda, serta tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Spectral Lash sendiri memiliki kandungan peptida kompleks yang akan merangsang pertumbuhan bulu mata Anda. Hasilnya, bulu mata Anda akan lebih tebal, panjang, dan sehat.

8. Nature Republic Botanical Eyelash Serum

8. Nature Republic Botanical Eyelash Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 253.000

2 cara pemakaian dengan 2 jenis aplikator

Brand keluaran Korea Selatan ini memberi solusi untuk Anda yang bingung menentukan jenis kuas untuk mengoleskan serum bulu mata Anda. Dengan gabungan chip type dan mascara brush type, Anda akan semakin mudah memakai serum ini.

Sesuai namanya, produk ini memiliki kandungan bahan-bahan alami yang aman bagi mata. Beberapa kandungannya antara lain ekstrak kedelai, glycerin, asam amino, dan sebagainya. Kandungan molekul peptida di dalamnya juga akan membuat bulu mata Anda lebih panjang dan lebat.

7. Shiseido Adenovital Eyelash Serum

7. Shiseido Adenovital Eyelash Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 270.000

Ujung aplikator lancip untuk penggunaan yang lebih mudah

Produk serum keluaran brand ternama ini menggunakan aplikator jenis chip type untuk mengoleskan produknya. Ujung aplikatornya sengaja dibuat meruncing untuk memudahkan Anda ketika mengoles serum favorit Anda. Jenis ini cocok untuk Anda yang ingin akar bulu mata Anda sehat dan kuat terlebih dahulu, lho.

Produk ini juga tidak mengandung pewarna dan pewangi buatan. Selain itu, terkandung juga jojoba fruit extract dan glycerin yang baik untuk mata Anda. Kini memiliki bulu mata yang indah bukan sekedar angan-angan lagi, bukan?

6. Etude House My Lash Serum

6. Etude House My Lash Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Kandungan bahan natural untuk bulu mata yang tidak mudah rontok

Bulu mata yang mudah rontok memang menyebalkan, terasa mengganggu apalagi bila sampai masuk ke mata. Nah, untuk Anda yang menginginkan bulu mata tidak mudah rontok, produk satu ini bisa jadi pertimbangan Anda.

Etude House My Lash Serum ini mengandung bahan-bahan yang baik bagi kesehatan bulu mata Anda. Contohnya kandungan glycerinaloe barbandesis extract, panax ginseng root extract, dan sebagainya. Namun sayangnya produk ini masih mengandung paraben, sehingga Anda disarankan memakai secukupnya saja.

5. DHC Relian Eyelash Tonic

5. DHC Relian Eyelash Tonic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 80.900

Harga terjangkau dengan manfaat maksimal

Anda bisa mengenakan serum ini sebagai base sebelum Anda memakai maskara favorit Anda. Kandungan bahan-bahan natural dalam serum ini akan membuat bulu mata Anda semakin lebat dan panjang. Akar bulu mata juga akan semakin kuat berkat kandungan aloe barbandesis leaf juice, panax ginseng root extract, dan olive leaf extract.

Tenang saja, produk yang satu ini juga tidak mengandung pewarna, pewangi buatan, maupun paraben di dalamnya. Selain itu, aplikatornya dirancang melengkung agar serum yang Anda aplikasikan dapat merata dari akar hingga ujung bulu mata. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kemudahan.

4. Revitalash Advanced Eyelash Conditioner

4. Revitalash Advanced Eyelash Conditioner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.299.000

Beragam bahan natural untuk mengembalikan vitalitas bulu mata Anda

Menggunakan penjepit bulu mata atau melakukan lash extension berulang kali pasti membuat bulu mata Anda menjadi rusak dan rapuh. Nah, kembalikanlah vitalitas bulu mata Anda dengan produk satu ini! Kandungan bahan alaminya sangat banyak dengan manfaat luar biasa bagi pemulihan bulu mata Anda.

Serum ini juga akan meningkatkan kelembaban dan kekuatan dari tiap helaian bulu mata Anda. Mata Anda akan terlihat semakin bersinar dan cantik berkat bulu mata lebat nan panjang milik Anda. Yang pasti, produk ini mudah Anda gunakan karena aplikator brush pen type yang dimilikinya.

3. Pulchra Oilash Serum

3. Pulchra Oilash Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 73.999

Menebalkan bulu mata dan alis dengan satu produk

Untuk Anda yang ingin memiliki serum untuk bulu mata dan alis sekaligus, produk ini merupakan pilihan tepat. Serum ini mampu menebalkan dan merangsang pertumbuhan bulu baru pada bulu mata dan alis Anda.

Selain itu, produk ini juga akan menutrisi helaian bulu mata Anda agar tidak mudah rontok akibat penggunaan maskara atau eyelash extension terlalu sering. Namun kekurangannya, aplikatornya terpisah dari botol serum sehingga Anda harus rajin membersihkan sehabis memakainya agar selalu bersih terjaga.

2. Ertos Eyelash Serum

2. Ertos Eyelash Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 104.900

Panjangkan bulu mata secara instan dengan aman

Sebuah terobosan dari brand Ertos ini akan memanjangkan dan melentikkan bulu mata Anda secara instan. Anda bisa mencoba dan melihat sendiri hasilnya ketika bulu mata Anda yang botak tumbuh dan terlihat lebat kembali.

Jika terkadang Anda ragu akan keamanan produk yang dijual secara online, hal itu tidak berlaku untuk produk ini. Sebab, serum ini diklaim aman dan tanpa efek samping karena telah mengantongi izin dari BPOM. Manfaat lainnya, produk ini dapat membuat bulu mata Anda lebih hitam. Cocok untuk Anda yang menyukai bulu mata hitam lebat.

1. Natural Riches Pure Organic Cold Pressed Castor Oil

1. Natural Riches Pure Organic Cold Pressed Castorl Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 275.000

Kandungan castor oil yang baik bagi bulu mata Anda

Produk ini mengandung castor oil yang berfungsi untuk menguatkan dan melembabkan bulu mata Anda. Hal ini disebabkan castor oil memiliki kandungan vitamin E yang kaya serta mineral dan protein lainnya.

Berbagai bahan alami tadi akan mengembalikan kekuatan dan keindahan bulu mata Anda. Sehingga produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang menyukai produk-produk organik. Rasakan perubahan pada bulu mata Anda yang semakin tebal dan sehat!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan penjelasan cara memilih serum bulu mata dan 10 produk yang kami rekomendasikan untuk Anda. Bagaimana menurut Anda?

Jika Anda sering menjepit bulu mata atau menggunakan eyelash extension terlalu sering, bulu mata Anda akan rapuh dan mudah patah. Jika sudah begitu, akan sulit untuk mengembalikannya ke kondisi semula.

Untuk menjaga bulu mata Anda tetap sehat terawat, Anda harus memastikan bulu mata Anda mendapat nutrisi yang cukup. Karena itu, pilihlah dengan hati-hati serum bulu mata seperti yang sudah kami jelaskan, dan milikilah mata yang cantik!