mybest
Serum bulu mata & alis

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Serum Bulu Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Serum Bulu Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Serum Bulu Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Serum Bulu Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Serum Bulu Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Serum Bulu Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Serum Bulu Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Bulu mata yang panjang dan lentik akan membuat mata Anda terlihat cantik. Namun, penggunaan penjepit bulu mata dan eyelash extension dapat membuat bulu mata rapuh dan rontok. Solusinya, Anda dapat menggunakan serum bulu mata. Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi serum bulu mata yang bagus untuk Anda.

Berbagai merek eyelash serum terbaik, seperti Beaudelab, SOMETHINC, dan ERTO'S, akan kami review untuk Anda jadikan referensi. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Simak sampai akhir, ya!
Diperbaharui 05-01-2023
dr. Annisa Anjani
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Lanjut membaca
Ervina Sari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar dalam artikel ini meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Apa itu serum bulu mata?

Apa itu serum bulu mata?

Serum bulu mata merupakan produk perawatan khusus untuk mengatasi kerusakan dan masalah penuaan pada bulu mata. Faktanya, bulu mata Anda tidaklah berbeda dengan rambut. Ketika usia bertambah, bulu mata dapat mengalami masalah penuaan, seperti berkurangnya volume dan melemah.


Bulu mata juga rentan mengalami kerusakan akibat eyelash extension (tanam bulu mata), eyelash perming (keriting bulu mata), dan lainnya. Apabila dibiarkan, hal ini bisa mengakibatkan bulu mata patah dan rontok. Untuk menjaga keindahan dan kesehatan bulu mata Anda, rawatlah dengan serum bulu mata secara rutin.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum bulu mata

Ketika memilih serum bulu mata, hal-hal apa saja yang sebaiknya menjadi pertimbangan Anda? Kami akan menjelaskannya di bawah ini. Silakan disimak, ya.

① Tentukan berdasarkan formulanya

Serum bulu mata mengandung beragam formula. Pilihlah formula yang tepat untuk mengatasi permasalahan bulu mata Anda. Di bawah ini, Anda dapat membaca kandungan yang biasa ditemukan dalam serum bulu mata.

Hair growth serum, memanjangkan dan melebatkan bulu mata

Hair growth serum, memanjangkan dan melebatkan bulu mata

Anda bermasalah dengan rambut bulu mata yang pendek, kurang bervolume, atau jarang-jarang? Jika demikian, carilah serum yang mengandung formula penumbuh rambut. Anda dapat memperbaiki kerusakan bulu mata sekaligus menumbuhkannya untuk hasil terbaik.


Kandungan utama yang terkenal sebagai formula penumbuh rambut, antara lain octapeptide-2, biotin, zinc, coconut oil, dan castor oil. Kandungan procapyl juga dipercaya dapat menstimulasi pertumbuhan rambut baru dan menjadikannya lebih indah. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan kombinasi bahan ini setiap harinya.

Hair repair, mengatasi masalah kerontokan bulu mata

Hair repair, mengatasi masalah kerontokan bulu mata

Bulu mata yang pernah mendapat eyelash extension dan eyelash perming berisiko mengalami kerusakan. Bulu mata yang rusak tentu rentan menjadi rapuh dan rontok. Untuk mengembalikan kekuatan bulu mata, Anda dapat mencari serum bulu mata yang mengandung panthenol. Zat ini dikenal sebagai kandungan hair repair untuk mengatasi kerusakan rambut. 


Selain itu, vitamin E dan ginseng juga diklaim efektif membantu mengembalikan kekuatan rambut. Dengan adanya bahan-bahan tersebut, bulu mata akan lebih ternutrisi sehingga dapat tumbuh dengan lebih baik. 

Formula moisturizing, untuk mencegah kering

Formula moisturizing, untuk mencegah kering

Bulu mata tidaklah berbeda dengan rambut dan kulit Anda. Oleh karena itu, tidak heran jika bulu mata juga dapat mengalami kekeringan. Jadi, pilihlah serum dengan kandungan moisturizing agent untuk melembapkan bulu mata Anda. Kandungan pelembap, seperti hyaluronic acid, jojoba oil, glycerin, ekstrak lidah buaya, dan kolagen bisa menjadi pilihan.

② Pertimbangkan serum yang juga bisa digunakan untuk alis

Pertimbangkan serum yang juga bisa digunakan untuk alis

Selain bulu mata yang panjang, memiliki alis yang lebat juga merupakan impian banyak wanita. Kabar baiknya, produk serum bulu mata ada yang bisa digunakan untuk merawat dan menumbuhkan alis, lho! 


Sebelum membeli, pastikan produk pilihan Anda memiliki keterangan bisa digunakan untuk alis, ya. Informasi tersebut biasanya tercantum pada nama produk, kemasan, ataupun keterangan yang tertera di website resminya

③ Pilih berdasarkan bentuknya

Secara garis besar, serum bulu mata terbagi menjadi tiga bentuk, yakni pen, sikat maskara (mascara wand), dan chip. Bentuk ini dibedakan berdasarkan cara pengaplikasian serum ke bulu mata Anda.

Sikat maskara, menutrisi sekaligus melentikkan bulu mata

Sikat maskara, menutrisi sekaligus melentikkan bulu mata
Anda pasti familier dengan bentuknya yang seperti kuas maskara. Baik pemula maupun orang yang terbiasa menggunakan maskara pasti tidak akan kesulitan memakai aplikator serum ini. Dengan tipe ini, produk dapat teroles merata dari akar hingga ujung bulu mata. Ditambah lagi, bulu mata Anda akan lebih terangkat dan terlihat makin lentik.

Namun, berhati-hatilah jika Anda pengguna eyelash extension. Tipe mascara wand ini bisa saja tersangkut ke bulu mata extension dan membuatnya terlepas. Cobalah untuk mengaplikasikannya secara lembut dan berhati-hati.


Selain itu, tipe ini agak sulit menjangkau bagian bulu mata terdalam. Untuk bagian sudut dalam mata, Anda bisa mencoba menggunakan bagian ujung aplikator.

Chip, lebih nyaman untuk pengguna eyelash extension

Chip, lebih nyaman untuk pengguna eyelash extension
Sumber: somethinc.com
Tipe chip merupakan bentuk kuas seperti spons yang lembut. Dengan tipe ini, Anda bisa lebih mudah mengaplikasikan produk ke bagian akar bulu mata yang sulit dijangkau. Tipe ini tentu lebih aman untuk Anda yang melakukan eyelash extension. Beberapa produk bahkan menggabungkan aplikator chip dan sikat maskara sehingga lebih praktis digunakan.

Kelemahan jenis ini adalah sulit mengatur banyaknya cairan serum yang hendak dioleskan. Tipe ini juga mudah menyerap cairan serum. Cobalah untuk mengurangi kelebihan cairan serum di ujung chip sebelum Anda mengaplikasikannya ke mata.

Pen, mudah diaplikasikan ke bagian akar bulu mata

Pen, mudah diaplikasikan ke bagian akar bulu mata
Aplikator serum bulu mata ini memiliki bentuk ujung kuas yang tipis seperti eyeliner pen. Cara menggunakannya pun bisa lebih presisi, persis seperti saat Anda mengaplikasikan eyeliner ke mata. Berkat ujung kuasnya yang tipis, Anda bisa mengoleskan serum dengan merata di semua bagian. Berhubung kuasnya lembut, tentu risiko iritasi mata menjadi lebih kecil.

Tipe ini juga mudah menjangkau area akar bulu mata. Namun, mungkin Anda akan sedikit kesulitan ketika ingin mengaplikasikannya di ujung bulu mata. Jadi, tipe ini lebih direkomendasikan untuk Anda yang sudah berpengalaman dalam mengaplikasikan makeup mata. 

④ Cek apakah serum aman untuk pengguna eyelash extension

Cek apakah serum aman untuk pengguna eyelash extension

Jika Anda pengguna eyelash extension, pastikan serum bulu mata yang hendak dibeli aman untuk diaplikasikan. Beberapa kandungan serum bulu mata mungkin bisa membuat lem eyelash extension terkelupas


Carilah produk dengan keterangan "ideal for eyelash extension" atau semacamnya. Selain itu, eyelash serum yang aplikatornya berbentuk spons atau pen biasanya lebih ramah untuk eyelash extension. Jika Anda ragu, silakan bertanya pada produsen atau seller yang menjualnya. 

⑤ Pilih yang tidak mengandung pewarna dan pewangi sintetis

Pilih yang tidak mengandung pewarna dan pewangi sintetis

Mata adalah bagian tubuh yang sensitif. Sebisa mungkin, pilihlah serum bulu mata yang tidak mengandung zat aditif pemicu iritasi, seperti pewarna dan pewangi sintetis. Untuk merawat bulu mata, dibutuhkan kesabaran dan penerapan secara rutin. Jadi, pilihlah serum yang hanya mengandung sedikit sekali bahan aditif agar aman digunakan untuk jangka panjang.

⑥ Produk 3-in-1, memanjangkan, menebalkan, dan merawat bulu mata & alis


Berdasarkan penelitian ilmiah, dua kandungan yang paling penting dalam memicu pertumbuhan bulu mata adalah peptides dan biotin. Ibarat pertumbuhan tulang, tanpa kandungan yang tepat maka bulu mata Anda juga tidak akan bertambah panjang, lho!

Karena itu, Eyelash & Eyebrow Serum dari Beaudelab dibuat dengan kandungan Top Combo Biotin & Peptide. Saat kandungan peptide memicu pertumbuhan bulu mata baru, kandungan biotin akan membantu memanjangkan bulu mata. Ditambah lagi, serum bulu mata ini juga mengandung hyaluronic acid untuk melembapkan serta merawat bulu mata yang baru tumbuh.

10 Rekomendasi serum bulu mata terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum bulu mata terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Lash Boss

Rapunzel Serum for Lash and Brow

Lash Boss Rapunzel Serum for Lash and Brow 1枚目

Serum bulu mata viral, rekomendasi beauty influencer Tasya Farasya!

2

Nutrishe

Nutrilash Eyelash & Brow Serum

Nutrishe Nutrilash Eyelash & Brow Serum 1枚目

Kandungan castor oil yang punya sejuta manfaat bagi bulu mata

3

SOMETHINC

ASAP Eyelash & Brow Treatment Serum

SOMETHINC ASAP Eyelash & Brow Treatment Serum 1枚目

Vitamin bulu mata yang dapat memperpanjang dan melebatkan dalam 15 hari

4

Beaudelab

Eyelash & Brow Serum

Beaudelab Eyelash & Brow Serum 1枚目

Salah satu lash serum terbaik untuk melebatkan dan menguatkan bulu mata

5

Noera

Eyelash & Eyebrow Serum

Noera Eyelash & Eyebrow Serum 1枚目

Solusi untuk bulu mata yang lebih tebal, kuat, dan tidak mudah rontok

6

ERTO'S

Eyelash Serum

ERTO'S Eyelash Serum 1枚目

Memanjangkan bulu mata dengan aplikator yang lembut

7

DHC

Eye Lash Serum

DHC  Eye Lash Serum  1枚目

Merawat pertumbuhan bulu mata baru dengan eyelash serum dari Jepang

8

Etude House

My Lash Serum

Etude House My Lash Serum 1枚目

Dilengkapi ginger root extract, menguatkan bulu mata dari akarnya

9

MS Glow

Eye Lash & Brow Serum

MS Glow Eye Lash & Brow Serum 1枚目

Mengandung serpihan emas untuk melindungi bulu mata dari kerontokan

10

Shiseido

Adenovital Eyelash Serum

Shiseido Adenovital Eyelash Serum 1枚目

Bentuk aplikator spons, lembut dan mudah digunakan

Perincian produk
Close
No.1

Lash BossRapunzel Serum for Lash and Brow

Mulai dari Rp65.000,00

Serum bulu mata viral, rekomendasi beauty influencer Tasya Farasya!

Kelebihan:

  • Mengandung banyak bahan bermanfaat, yaitu coconut oil, sweet almond oil, castor oil, vitamin E, dan biotin

Kekurangan:

  • Agak perih jika masuk ke mata menurut pengguna

Serum yang akan kami bahas kali ini merupakan produk yang sedang viral di TikTok. Produk ini juga pernah di-review oleh beauty influencer, Tasya Farasya. Inilah serum bulu mata dari Lash Boss dengan key ingredient biotin yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut.


Banyak yang memberi ulasan bahwa eyelash serum ini benar-benar dapat memanjangkan dan melebatkan bulu mata dalam waktu 3–4 minggu. Bahkan, beberapa orang mengatakan bulu matanya menjadi lentik tanpa perlu memakai maskara. Tak heran jika serum bulu mata dan alis ini banyak diburu oleh skincare enthusiast, ya!

No.2

NutrisheNutrilash Eyelash & Brow Serum

Mulai dari Rp85.000,00

Kandungan castor oil yang punya sejuta manfaat bagi bulu mata

Kelebihan:
  • Isinya banyak mencapai 15 ml sehingga bisa digunakan lebih lama
  • Mengandung banyak bahan bermanfaat, misalnya castor oil, argan oil, rose oil, dan olive oil

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, serum ini terasa perih di mata

Castor oil memiliki reputasi baik dalam menguatkan dan melembapkan rambut, termasuk bulu mata dan alis. Hal itulah yang membuat serum penumbuh bulu mata banyak menggunakan bahan ini. Ditambah dengan VCO, olive oil, dan sederet bahan alami lainnya, bulu mata yang rontok akibat hair extension akan teratasi.


Terbuat dari bahan alami, eyelash serum ini cocok untuk Anda yang ingin menggunakan serum setiap hari tanpa khawatir. Bulu mata serta alis akan tumbuh lebih indah, penuh, dan sehat! 
No.3

SOMETHINCASAP Eyelash & Brow Treatment Serum

Mulai dari Rp79.000,00

Vitamin bulu mata yang dapat memperpanjang dan melebatkan dalam 15 hari

Kelebihan:

  • Cepat menyerap dan tidak perih di mata menurut pengguna
  • Dapat digunakan di bawah maskara
  • Diklaim dapat menambah panjang dan kelebatan bulu mata dalam lima belas hari

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengatakan bulu mata masih mudah rontok meski sudah menggunakan produk ini

Tidak semua serum bulu mata dapat digunakan bersamaan dengan maskara. Namun, berbeda dengan produk ini karena ia dapat digunakan di bawah maskara. Jadi, sembari mempercantik mata, Anda tetap bisa menjaga kekuatan dan kesehatan bulu mata dengan menggunakan produk ini. Maka dari itu, produk ini cocok untuk Anda yang aktif dan praktis.

No.4

BeaudelabEyelash & Brow Serum

Mulai dari Rp149.000,00

Salah satu lash serum terbaik untuk melebatkan dan menguatkan bulu mata

Kelebihan:

  • Mengandung biotin, peptide, dan Panax ginseng yang baik untuk pertumbuhan bulu mata

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang menyebutkan perih jika terkena mata
  • Harga tergolong pricey untuk isi 4 ml

Kombinasi biotin dan peptide akan membuat bulu mata Anda makin lebat, sehat, dan panjang. Tidak hanya itu, terdapat kandungan Panax ginseng yang akan memperkuat akar bulu mata. Alhasil, bulu mata Anda pun tidak mudah rontok lagi. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan bulu mata yang tidak hanya panjang, tetapi juga kuat dan sehat.

No.5

NoeraEyelash & Eyebrow Serum

Mulai dari Rp105.000,00

Solusi untuk bulu mata yang lebih tebal, kuat, dan tidak mudah rontok

Kelebihan:
  • Mengandung collagen dan keratin yang baik untuk kesehatan bulu mata

Kekurangan:

  • Harga tergolong pricey untuk isi 4 ml

Beberapa serum bulu mata memiliki key ingredient yang bisa memberikan manfaat lebih untuk bulu mata. Salah satu serum bulu mata yang kami rekomendasikan adalah produk dari Noera ini. Dengan kandungan collagen dan keratin, bulu mata Anda akan lebih indah dan sehat. Anda yang bulu matanya sering rontok atau tercabut pasti akan merasa sangat terbantu.

No.6

Memanjangkan bulu mata dengan aplikator yang lembut

Kelebihan:
  • Dibandingkan kemasan lamanya, kemasan baru ini menggunakan aplikator yang lebih mudah dipakai
  • Beberapa pengguna mengatakan efek produk cepat terasa, bulu mata jadi lebih panjang, lebat, dan tidak mudah rontok

Kekurangan:

  • Perih jika terkena mata menurut pengguna
  • Menyisakan residu putih setelah mengering yang cukup mengganggu penampilan

Sebuah terobosan dari brand ERTO'S ini akan menutrisi dan memanjangkan bulu mata Anda secara instan. Anda bisa mencoba dan melihat sendiri hasilnya ketika bulu mata Anda yang botak tumbuh dan terlihat lebat kembali. Anda yang bulu matanya rontok karena extension pun pasti akan menyukai produk ini. 


Ini merupakan kemasan versi terbaru dari Eyelash Serum ERTO'S. Pada versi sebelumnya, produk didesain dalam kemasan tube. Kali ini, ERTO'S mengubah kemasannya dalam bentuk botol yang disertai aplikator lembut sehingga lebih mudah dipakai. Silakan pertimbangkan produk ini jika Anda mencari serum yang mudah diaplikasikan ke akar bulu mata!

No.7

Merawat pertumbuhan bulu mata baru dengan eyelash serum dari Jepang

Kelebihan:
  • Memiliki berbagai kandungan yang baik untuk bulu mata, seperti panthenol dan sodium hyaluronate

Kekurangan:

  • Aplikatornya agak keras menurut pengguna


Eyelash serum yang satu ini pernah dinobatkan sebagai produk terlaris nomor 1 di Jepang! Produk ini memiliki tekstur yang cair dengan aplikator sedikit melengkung sehingga lebih mudah dipakai. Kandungan bahan alaminya akan menutrisi dan merawat bulu mata yang akan tumbuh. Selain itu, serum bulu mata ini juga diklaim aman untuk eyelash extension, lho.

No.8

Etude HouseMy Lash Serum

Mulai dari Rp85.000,00

Dilengkapi ginger root extract, menguatkan bulu mata dari akarnya

Kelebihan:
  • Cepat meresap dan tidak lengket
  • Para pengguna mengatakan bulu mata jadi lebih panjang dan lentik

Kekurangan:

  • Efek menguatkan bulu mata kurang terasa karena beberapa pengguna masih mengalami kerontokan bulu mata

Bulu mata yang mudah rontok memang menyebalkan, apalagi jika sampai masuk ke dalam mata. Nah, jika Anda ingin fokus menguatkan akar bulu mata Anda, produk ini adalah salah satu pilihannya. Dengan ginger root extract, serum ini akan membantu menguatkan bulu mata dari akarnya. Adanya kandungan biotin juga akan menutrisi bulu mata Anda.

No.9

MS GlowEye Lash & Brow Serum

Mulai dari Rp79.000,00

Mengandung serpihan emas untuk melindungi bulu mata dari kerontokan

Kelebihan:

  • Mengandung serpihan emas yang membantu mencegah kerontokan bulu mata

Kekurangan:

  • Butuh waktu cukup lama sampai efeknya terlihat menurut beberapa pengguna

Brand lokal Indonesia, MS Glow, juga tak mau ketinggalan. MS Glow mengeluarkan eye makeup series yang salah satu produknya berupa serum bulu mata dan alis. Hadir dengan kemasan transparan, Anda dapat melihat gel bening dengan serpihan emas di dalamnya. 


Serpihan emas ini berfungsi melindungi bulu mata dan alis agar tidak mudah rontok akibat eye makeup ataupun eyelash extension. Silakan pakai dua kali sehari pada mata dan alis yang sudah dibersihkan dan rasakan keampuhannya!

No.10

ShiseidoAdenovital Eyelash Serum

Mulai dari Rp245.000,00

Bentuk aplikator spons, lembut dan mudah digunakan

Kelebihan:
  • Aplikatornya didesain agar mudah digunakan oleh pemula sekalipun

Kekurangan:

  • Harga tergolong pricey untuk isi 6 gram

Serum keluaran brand ternama ini menggunakan aplikator chip yang miring dan meruncing. Dengan demikian, pemula pun mudah mengoleskan serum untuk pertama kalinya. Formula Eyelash Nurturing Complex menjadikan bulu mata Anda lentik sehat. Selain itu, serum bulu mata ini juga mengandung jojoba fruit extract dan glycerin yang baik untuk mata Anda.

Pertanyaan seputar serum bulu mata

Pertanyaan seputar serum bulu mata

Setelah membaca tips dan rekomendasi produk di atas, mungkin masih ada pertanyaan seputar serum bulu mata. Pertanyaan di bawah ini mungkin menjadi hal yang cukup sering ditanyakan. Silakan simak jawaban dari pertanyaan di bawah ini!

Apakah tidak masalah jika serum bulu mata mengenai area di sekitarnya?

Jika Anda menggunakan serum bulu mata yang mengandung formula penumbuh rambut, pastikan Anda mengaplikasikannya tepat di garis bulu mata. Apabila produknya mengenai area lain di sekitar mata, area tersebut bisa bermasalah.


Serum yang digunakan di sekitar area mata semestinya terbuat dari bahan yang cenderung aman. Hal ini disebabkan oleh adanya risiko serum masuk ke mata secara tidak sengaja. Jadi, serum aman berkontak dengan area mata, terutama kulit dan mukosa. Namun, mukosa mata manusia adalah area yang sensitif sehingga penggunaan serum, maskara, dan sebagainya sebaiknya dilakukan secara hati-hati.


Jadi, periksalah terlebih dahulu serum bulu mata Anda tidak menyebabkan reaksi jika mengenai area di luar garis bulu mata. Jika produk tersebut aman mengenai area sekitar, Anda pun bisa lebih percaya diri saat mengaplikasikannya. 

Tips menggunakan serum bulu mata

Tips menggunakan serum bulu mata

Terakhir, kami akan memberikan tips mengaplikasikan serum bulu mata. Kami akan menjelaskan cara pakainya berdasarkan tipe aplikator serum.


  • Aplikator berbentuk sikat maskara

Untuk tipe aplikator sikat maskara, aplikasikan di bagian akar, lalu sisir ke atas hingga mencakup keseluruhan bulu mata. Setelah selesai, putarlah aplikator secara vertikal, kemudian aplikasikan ke bagian kecil seperti di ujung luar dan ujung dalam mata.


  • Aplikator tipe chip

Untuk tipe chip, oleskan secara vertikal mulai dari akar bulu mata dan seluruh rambut bulu mata.


  • Aplikator tipe pen

Untuk tipe pen, aplikasikan di sepanjang garis kelopak mata menuju bagian ujung luar mata seolah Anda mengaplikasikan eyeliner. Akhiri prosesnya dengan menerapkan serum secara merata ke seluruh rambut bulu mata.


Di sisi lain, disarankan pula agar Anda mengoleskan produk serum setelah mencuci muka. Bulu mata yang bersih akan membuat hasilnya jauh lebih baik. Gunakan hingga ke bagian pangkal/akar bulu mata agar bahan aktif menyerap secara optimal.


Amati bila ada reaksi kulit sekitar mata, seperti mata merah, perih, gatal, atau panas. Bila terjadi, kemungkinan ada reaksi alergi atau iritasi. Segera bersihkan serum dengan air bersih dan konsultasi ke dokter.

Baca juga rekomendasi produk riasan mata lainnya di sini

Pada artikel ini, Anda telah membaca tips memilih serum bulu mata terbaik. Nah, mungkin Anda juga ingin mengetahui produk lainnya yang juga dapat mempercantik mata Anda. Di bawah ini, kami telah mengulas artikel mengenai hal tersebut untuk Anda. Silakan klik artikelnya, ya.

Kesimpulan

Jika Anda sering menjepit bulu mata atau menggunakan eyelash extensions, bulu mata akan rapuh dan mudah patah. Jika sudah begitu, akan sulit untuk mengembalikan bulu mata ke kondisi semula. 

Untuk menjaga bulu mata tetap sehat terawat, pastikan bulu mata Anda mendapat nutrisi yang cukup. Dengan serum bulu mata rekomendasi kami di atas, Anda bisa merawat bulu mata dan menjadikannya lebih indah! Selamat menemukan serum terbaik untuk mata Anda.

5 Rekomendasi Serum Bulu Mata terbaik

No. 1Lash BossRapunzel Serum for Lash and Brow

No. 2NutrisheNutrilash Eyelash & Brow Serum

No. 3SOMETHINCASAP Eyelash & Brow Treatment Serum

No. 4BeaudelabEyelash & Brow Serum

No. 5NoeraEyelash & Eyebrow Serum

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer