7 Rekomendasi Mineral Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mineral Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Foundation atau alas bedak merupakan dasar riasan yang penting, tetapi tidak semua alas bedak cocok untuk kulit Anda. Saat ini mineral foundation lebih digemari karena kandungan formula berbahan mineral yang natural dan lembut untuk kulit sensitif.

Sederet brand terkenal seperti L’ORÉAL, Oriflame, NYX, Sephora, BareMinerals, dan Etude House mengeluarkan produk yang sangat direkomendasikan. Simak artikel dari kami dan pilih mineral foundation terbaik Anda!

Daftar isi

Cara memilih mineral foundation

Bagaimana cara memilih alas bedak berbahan mineral yang tepat?

Banyak mineral foundation yang bagus, tetapi jangan lupa untuk memerhatikan pilihan shades atau warna yang sesuai kulit Anda. Selain itu, ada alas bedak berbentuk padat maupun cair yang dapat dipilih berdasarkan jenis kulit, dan bagaimana hasil riasannya. Sebelum membeli, Anda perlu memperhatikan beberapa poin di bawah ini.

Pilihlah berdasarkan bentuknya, padat atau cair

Mineral foundation umumnya berbentuk bedak tabur, tetapi kini telah banyak variasi lainnya dalam bentuk krim, liquid, dan bedak padat. Mari, pelajari apa saja jenisnya!

Bedak tabur

Bedak tabur

Berbicara tentang mineral foundation pada umumnya, Anda pasti membayangkannya dalam bentuk bedak tabur. Mineral foundation bentuk bedak tabur dinilai berbahan paling lembut yang tidak menimbulkan iritasi. Jenis ini dikemas dalam wadah jar yang bersekat.

Dengan menggunakan kuas kabuki atau kuas bedak foundation yang tebal dan rapat, Anda dapat mengaplikasikannya dengan halus dan merata ke seluruh wajah.

Bedak padat

Bedak padat

Disebut juga pressed powder atau compact. Paling mudah digunakan dan dibawa ke mana pun, ideal apabila Anda seorang traveller.

Jenis ini memiliki tingkat zat adhesi yang lebih tinggi dibanding dengan jenis bedak tabur. Kulit akan cenderung menjadi kering, tetapi Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan pelembap sebelumnya.

Anda bisa memilih variasi mineral foundation dalam bentuk bedak padat, mulai dari yang tipis transparan, hingga yang mampu menghasilkan riasan matte finish berdaya coverage tinggi.

Liquid atau foundation cair

Liquid atau foundation cair

Liquid foundation atau alas bedak cair memiliki daya tahan yang lama, serta coverage yang tinggi. Teksturnya ada yang mengandung kadar air yang ringan, namun ada juga yang berat atau kental. Liquid foundation dengan tekstur yang berat ini umumnya memiliki kandungan pelembap yang tinggi.

Hasil riasan dari liquid foundation adalah moist. Namun, pengaplikasian foundation cair sedikit sulit untuk pemula. Riasan juga tampak lebih tebal dan cenderung kurang merata. Foundation bentuk cair ini tidak disarankan untuk Anda yang belum terbiasa menggunakan foundation cair.

Krim

Krim

Jenis krim memiliki tekstur berminyak, dan merupakan foundation dengan kandungan pelembap tertinggi. Anda akan mendapatkan hasil riasan yang lembap, serta daya coverage yang tinggi. Beberapa juga mengandung formula kecantikan untuk mencegah kulit kering.

Tingkat zat adhesi terbilang tinggi, tetapi riasan jadi tidak mudah luntur oleh keringat dan sebum apabila dibandingkan dengan foundation jenis bedak. Selain itu, karena berbahan minyak, foundation bentuk krim sedikit sulit dibersihkan dengan sabun pembersih atau air. Anda perlu membersihkan wajah secara lebih saksama untuk mencegah tersumbatnya pori-pori.

Pilihlah berdasarkan hasil akhirnya, efek dewy atau matte

Mineral foundation memiliki efek riasan atau finishing tertentu sesuai keinginan. Apakah Anda menginginkan hasil riasan dengan efek dewy finish atau matte finish? Apa perbedaan keduanya? Kami jelaskan di bawah ini.

Dewy atau natural finish

Dewy atau natural finish

Dewy finish atau natural finish ditandai dengan kulit yang mengilat bercahaya (glowing) berkat kandungan mika dan mutiara. Hasil riasannya menampilkan kulit wajah yang cenderung lebih terang dan tampak sehat natural. Untuk Anda yang menginginkan wajah dengan kesan glowing, Anda akan menyukai finishing tipe ini.

Sementara itu, untuk efek kulit yang lebih bercahaya dan seperti mendapat sentuhan gliter disebut juga dengan luminous finish.

Matte finish

Matte finish

Hasil riasan matte finish ditandai dengan kulit semulus porselen dan pori-pori yang tertutup secara merata. Apabila Anda menginginkan kulit wajah mulus dengan daya coverage yang tinggi, pilihlah foundation yang menghasilkan riasan matte finish.

Pilihlah berdasarkan daya coverage-nya

Pilihlah berdasarkan daya coverage-nya

Anda bebas memilih foundation berjenis krim, cair, padat, maupun bedak tabur. Namun, setiap foundation memiliki tingkat coverage masing-masing, dari yang rendah, medium, hingga tinggi. Apabila berdaya coverage tinggi, foundation akan terasa lebih tebal dan padat di kulit Anda.

Untuk Anda yang menggunakan concealer bersama dengan foundation, maka disarankan memilih foundation dengan daya coverage ringan, agar hasil riasan lebih natural. Namun, apabila Anda menginginkan efek concealer sekaligus foundation dalam satu kosmetik, maka direkomendasikan memilih foundation berdaya coverage tinggi.

Mineral foundation dengan formula tabir surya

Alas bedak dengan fitur UV cut bekerja menangkal sinar ultraviolet dengan kombinasi formula UV absorbent dan UV scattering agent. UV Absorbent melindungi kulit dengan cara menyerap radiasi ultraviolet. Sementara itu, UV scattering agent mencegah radiasi UV mencapai permukaan kulit kita dengan cara menghamburkan sinarnya.

Komponen seperti titanium oksida dan seng oksida adalah formula dari UV scattering agent yang biasanya berbentuk bubuk mineral, dan sudah terkandung di dalam mineral foundation. Dengan demikian, sebagian besar mineral foundation telah memiliki fitur UV cut yang tinggi. Apabila Anda malas menggunakan tabir surya dan ingin melindungi wajah dengan cukup foundation saja, maka mineral foundation berfitur UV cut yang tinggi sangat direkomendasikan.

Pengertian SPF dan PA

Tentang SPF dan PA

Anda pasti sering membaca keterangan numerik seperti SPF 30 / PA ++ yang tertulis pada kemasan kosmetik. Dari keterangan tersebut, Anda bisa mengetahui seberapa besar produk tersebut mampu menangkal sinar ultraviolet.

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, yang merupakan indeks untuk mencegah gelombang ultraviolet B (UVB) yang menyebabkan penuaan, noda hitam, dan juga kulit kering. Semakin tinggi jumlahnya, semakin efektif pula daya kerjanya dalam menangkal gelombang UVB. Nilai maksimumnya adalah 50+ (jumlah SPF lebih besar dari 51).

PA adalah singkatan dari Protection Grade of  UVA, yang menunjukkan seberapa besar daya kerjanya dalam menangkal gelombang ultraviolet A (UVA). Sinar UVA menyebabkan keriput, dan menurunnya elastisitas kulit. Untuk PA, semakin tinggi jumlah “+” yang dimilikinya, maka semakin efektif dalam mencegah UVA. PA ++++ adalah maksimal.

Mineral foundation dengan wewangian

Mineral foundation dengan wewangian

Meski pada umumnya dilabeli fragrance-free, alas bedak berbentuk bedak, cair, dan krim ada juga yang mengandung wewangian.

Apabila Anda ingin mengurangi iritasi pada kulit, hindarilah mineral foundation dengan wewangian. Terkecuali jika kulit tidak tergolong sensitif dan Anda menyukai kosmetik yang harum, maka Anda bebas memilih foundation dengan wewangian.

Cara memilih shades atau warna

Cara memilih shades atau warna

Sebelum memilih foundation jenis apa pun, penting untuk memilih shades yang sesuai dengan warna kulit. Apakah Anda sering mengoleskan foundation di punggung tangan saat memilih warna?

Sesungguhnya, kulit wajah dan punggung tangan yang sering terekspos sinar ultraviolet cenderung memiliki warna yang berbeda. Oleh karena itu, saat memilih warna foundation, cobalah mengoleskannya di area kulit sekitar wajah dan leher.

Warna krem atau beige adalah warna kulit putih kekuningan yang cocok untuk mereka yang ingin menutupi warna kulit kemerahan karena jerawat, alergi, atau iritasi. Sementara itu, warna oker (warna antara kuning dan cokelat) mengandung tone kemerahan yang cocok dipakai untuk menutupi kulit kusam, bintik, pembuluh darah di bawah kulit, dan kantong mata kehitaman. Anda dapat mempelajari macam-macam warna beserta fungsinya sebelum memilih warna foundation.

10 Rekomendasi mineral foundation terbaik

Di bawah ini kami membuat daftar sepuluh mineral foundation terbaik. Produk dipilih dari bahan, keunggulan, harga, popularitas, dan kualitas terbaik pula. Siap memilih mineral foundation yang cocok untuk kulit Anda?

7. Mineral Botanica Original Loose Fondation

7. Mineral Botanica Original Loose Fondation

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 112.000

Mineral foundation tabur yang ramah di kulit dengan fungsi two way cake

Mineral Botanica adalah merek lokal yang produknya dikembangkan dengan bahan berkualitas tinggi, bebas pengawet, dan bebas bahan kimia berbahaya. Produk ini sesuai untuk Anda yang menginginkan kosmetik dengan harga terjangkau dan bahan yang ramah di kulit. Semua produknya juga telah bersertifikat CPKB dan BPOM.

Foundation dari Mineral Botanica berbentuk bedak tabur yang memiliki fungsi sebagai two way cake, yaitu foundation sekaligus bedak. Formulanya mencerahkan serta menutrisi sel kulit, sementara ekstrak adansonia efektif melembapkan kulit. Tersedia dalam tiga warna, yaitu light, natural, dan beige.

6. Etude House Precious Mineral BB Cream Blooming Fit

6. Etude House Precious Mineral BB Cream Blooming Fit

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 408.000

Wajah bercahaya sepanjang hari yang digilai perempuan di Korea

Etude House Precious Mineral BB Cream memiliki kandungan mutiara untuk menjaga kulit tetap cerah dan bercahaya. Hasilnya adalah kulit yang tampak glowing alami. Produk ini memiliki keharuman floral, serta kandungan SPF 30 dan PA ++ yang melindungi wajah Anda dari kerusakan sinar ultraviolet.

Mudah dibaurkan di kulit, krim berbasis mineral ini memiliki tekstur ringan dan daya tahan yang cukup lama. Cocok untuk penggunaan sehari-hari. Apakah Anda menginginkan efek dewy finish yang digandrungi para wanita di Korea? Maka produk ini adalah pilihan yang tepat!

5. Oriflame Giordani Gold Long Wear Mineral Foundation

5. Oriflame Giordani Gold Long Wear Mineral Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 229.000

Foundation cair dengan kandungan mineral vulkanik dari Italia

Produk Oriflame ini, sesuai namanya, merupakan mineral fondation yang tahan lama. Mengandung lima mineral vulkanik yang bersumber langsung dari Gunung Etna, Italia. Produk ini efektif mengencangkan kulit wajah, dan meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas.

Giordani Gold mengklaim produknya dapat meratakan tone kulit, dan menjadikannya tampak awet muda. Selain itu, mineral foundation cair ini memiliki kandungan SPF 15. Pilihan warnanya ada porcelain, light rose, light ivory, natural beige, dan rose beige.

4. Etude House Precious Mineral Magic Cushion

4. Etude House Precious Mineral Magic Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 125.000

Kulit cantik dalam waktu singkat! Mineral cushion dengan formula 6-in-1!

Masih dari merek asal Korea Selatan, yang satu ini berbentuk bedak padat dengan cushion (bantalan) berisi bedak cair. Dengan formula 6-in-1 multifungsi, foundation ini dapat digunakan sebagai essence pelembap, BB cream, makeup base, serta pengontrol minyak. Produk ini juga mengandung tabir surya yang sangat tinggi yaitu, SPF 50 dan PA+++, pas untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Mineral cushion memiliki wangi manis yang kuat, mudah dibaur dengan puff, dan hasilnya natural finish. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mempersingkat waktu makeup. Apabila habis, Anda bisa membeli refill-nya dengan harga yang murah. Hemat dan praktis! Selain itu, ada empat pilihan warna yang serasi untuk kulit perempuan Asia.

3. NYX Mineral Stick Fondation

3. NYX Mineral Stick Fondation

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 217.000

Cream fondation berbentuk stik yang praktis, dengan daya coverage tingkat tinggi!

Brand terkenal NYX tidak mau ketinggalan mengeluarkan inovasi mineral foundation yang praktis. Portabel, mudah disimpan dan mudah dibawa ke mana pun, serta mudah diaplikasikan oleh pemula sekalipun. Untuk cara penggunaanya, Anda bisa menggunakan spons, kuas, atau langsung menyapukan stiknya ke wajah.

Apabila Anda menginginkan mineral foundation yang mampu menutupi setiap kekurangan kulit, NYX Mineral Stick Foundation adalah pilihan yang tepat. Selain memiliki daya coverage yang tinggi, formulanya ringan dan mudah dibaurkan pada kulit wajah. Ada tiga shades untuk Anda, yaitu caramel, cool tan, dan fair.

2. L’ORÉAL PARIS True Match Mineral Foundation

2. L'ORÉAL PARIS True Match Mineral Fondation 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 239.000

Dirancang untuk kulit sensitif, dilengkapi kuas kabuki profesional!

L’ORÉAL PARIS mengklaim produknya aman untuk semua jenis kulit, terutama kulit sensitif. Tidak mengandung bahan kimia berbahaya, talc, serta bebas dari wewangian. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan kuas kabuki profesional untuk meratakan bedak taburnya. Tersedia dalam 12 pilihan warna kulit yang bisa Anda pilih.

Kandungan SPF 19 melindungi wajah dari terik matahari, dengan daya coverage yang mampu bertahan 16 jam! Anda akan mendapatkan efek riasan natural finish yang radiant. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, dan membutuhkan mineral foundation yang melembutkan sekaligus menyamaratakan tone wajah.

1. BareMinerals Original Loose Powder Foundation SPF 15

1. BareMinerals Original Loose Powder Foundation SPF 15

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 693.000

Mineral fondation pemenang banyak penghargaan, dengan 30 pilihan shades!

Nomor satu terlaris di Amerika Serikat! Apabila Anda mencari mineral foundation berbahan alami (bahkan bisa digunakan saat tidur!), maka inilah yang terbaik. Formulanya non-comedogenic, non-acnegenic, hypoallergenic, tanpa paraben dan zat berbahaya lain. Terbuat dari lima bahan mineral pilihan dan kandungan SPF 15 yang direkomendasikan oleh The Skin Cancer Foundation.

BareMinerals memenangkan banyak sekali penghargaan sebagai mineral foundation dan loose powder foundation terbaik selama sepuluh tahun terakhir. Bedak tabur lembutnya memiliki daya coverage tipis hingga tebal dengan efek luminous finish, serta tahan selama 8 jam. Ada 30 pilihan warna kulit yang bisa Anda pilih!

Kesimpulan

Sepuluh mineral foundation di atas adalah yang terbaik. Yang manakah pilihan Anda? Alas bedak adalah kosmetik yang tak bisa dipisahkan dari kebutuhan berias. Dengan bahan mineral yang sangat ramah, Anda bisa menggunakannya sehari-hari tanpa khawatir merusak kulit. Selamat memilih mineral foundation terbaik untuk kesempurnaan riasan Anda!  ♪